Cara Meningkatkan Traffic Blog & Mempertahankannya

traffic blogAda banyak artikel yg membahas tentang cara meningkatkan traffic blog / web. Masing-masing memiliki cara yg berbeda-beda mengingat pengalaman masing-masing Blogger/Webmaster juga tidak sama. Nah pada kesempatan ini Buka Rahasia Blogspot akan membagi sedikit insight & pengalaman mengenai usaha menaikkan traffic blog. Pada artikel terdahulu, saya pernah membahas tentang cara meningkatkan jumlah pageview blog. Apakah sama? Tidak. Traffic jauh lebih kompleks dibanding jumlah pageview, meski usaha-usaha  meningkatkannya hampir sama. Traffic blog digunakan sebagai bahan analisis blog/website secara utuh untuk mengetahui banyak hal, dari tingkat pengunjung (visitor), pageview, hingga trends yg sedang berlaku. Traffic adalah tujuan utama dari berbagai usaha yg dilakukan blogger/webmaster. Oleh karena itu, artikel ini akan lumayan panjang :p, meskipun intinya adalah merangkum 10 poin penting usaha meningkatkan traffic blog.

Apakah Traffic Blog/Website itu?

Traffic blog/website adalah jumlah data yg dikirim/diterima pengunjung dari/ke sebuah blog/website. Traffic itu ditentukan dari jumlah visitor dan jumlah halaman yg dikunjungi. Blog/web menggunakan data ini untuk mengetahui traffic yg datang dan pergi (incoming and outgoing traffic), halaman mana saja yg paling banyak dikunjungi (popular), topik mana saja yg menjadi trend, serta mengetahui tingkat pengunjung serta popularitas blog/web secara keseluruhan. Data ini kemudian digunakan untuk mengevaluasi struktur blog/web, menentukan topik, melihat kelemahan-kelemahan, dsb.

So, traffic blog/web jauh lebih dari sekedar indikator keramaian blog. Apabila kita bisa memanfaatkan data traffic dengan baik, kita dapat memperbaiki banyak hal serta terus meningkatkan traffic tersebut. Salah satu layanan analisis traffic yg paling dikenal tentu saja adalah Alexa. Kita dapat melihat kondisi-kondisi blog/web dalam hal jumlah visitor, reach, pageview, search, demografi pengunjung, search trend, bounce rate, dll. Layanan analisis traffic lain yg lebih complex dan memiliki deep analysis adalah Google Analytics.

Tips Meningkatkan & Mempertahankan Traffic

Cara-cara meningkatkan traffic blog sangat banyak. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri. Tips yg saya sampaikan berikut memuat cara-cara organik dan (maaf) saya tidak memuat cara-cara super singkat seperti link scheme, traffic exchange, spamming, hingga spam link referrer yg sangat dibenci search engine & pengunjung karena merugikan serta hanya menghasilkan traffic sementara. Di samping itu, saya sendiri belum pernah mempraktekannya. Cara-cara di bawah juga merupakan sebagian dari cara meningkatkan pageview blog.
1. Konten adalah raja, so sebelum befokus pada publikasi serta promosi blog beserta isinya, persiapkan segalanya dengan matang. Isi dengan konten berkualitas serta tidak menipu/membingungkan pengunjung. Beri pengunjung artikel yg berarti. Meskipun sekedar berbagi pengalaman pribadi, jika ada nilai (value) bagi pengunjung, maka dia akan suka serta menengok-nengok artikel lainnya.
2. Pastikan konten unik, original, updated, dan up to date. Konten unik serta original memiliki kesempatan besar mempertahankan pengunjung agar kembali lagi melihat update artikel selanjutnya. Jangan pernah mengisi blog dengan artikel-artikel copas, karena ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan pengunjung terhadap blog dan penulisnya. Updated berarti konten di dalam blog selalu di update, pengunjung menyukai hal-hal baru, apalagi jika mereka telah berlangganan. Sedangkan up to date berarti konten blog masih & terus memiliki kesinambungan dengan masa kini (tidak basi). Simak tips selengkapnya dalam Cara Menghadapi Google Fresh (Panda Update).
3. Pelajari trending topic atau topik-topik yg banyak digandrungi pengunjung. Cara paling mudah adalah dengan mengevaluasi blog sendiri, kira-kira artikel mana yg paling banyak dikunjungi. Lihat tema/niche dari artikel tersebut, pelajari, tambah dan kembangkan dalam artikel-artikel lain.
4. Rajin blogwalking memberikan efek terhadap traffic blog. Tetapi ada hal yg perlu diperhatikan. Ketika berkomentar, jangan asal bilang "kunjung balik ya!", atau hanya sekedar meninggalkan url atau link blog saja. Dengan cara itu, efeknya tidak besar, justru hanya akan memberikan dampak buruk bagi kredibilitas blog. Isilah dengan komentar berkualitas sesuai topik, baca artikelnya benar-benar. Sebagai identitas komentator, cukup tinggalkan link blog dengan anchor text nama/identitas jelas pada tempatnya. Buat si pemilik blog tertarik & ingin tahu siapa sobat dan bagaimana blog sobat.
5. Maksimalkan penggunaan social media. Social media kini menjadi sarana promosi terbesar. Perkenalkan blog & konten melalui social media. Share link blog/artikel. Sebagai contoh gunakan fasilitas auto publish artikel ke Facebook. Agar lebih maksimal buat serta perkuat brand blog dengan Facebook Page, Google+ Page, akun twitter, LinkedIn, Orkut, dll. Aktiflah pada social media tersebut dengan menciptakan komunikasi langsung, tawaran-tawaran, ide/gagasan, berita singkat, dll. Jangan hanya sekedar share link blog/artikel. Simak selengkapnya tips meningkatkan traffic melalui Facebook.
6. Gunakan social media share tools pada blog. Pengunjung yg menyukai artikel blog dapat dengan mudah menemukan tools yg dapat digunakan untuk membagikan konten/blog kesukaan mereka ke social media. Contoh social share widget adalah: Facebook Like Box, Facebook Like Button, Follow Button, Tweet Button, Google +1 Button, serta widget share buttons lainnya. Konten yg selalu di share memiliki efek signifikan tehadap traffic.
7. Struktur blog sangat berpengaruh dalam meningkatkan pageview. Pengunjung yg melihat tawaran konten lain yg menarik perhatiannya memberikan efek pada peningkatan pageview dan pengurangan bounce rate. Gunakan internal linking & deep linking serta widget yg bersifat navigatif (menu). Simak selengkapnya dalam artikel tips meningkatkan pageview
8 Buat brand serta kredibilitas blog dan diri sobat. Branding memiliki efek besar bagi pengunjung. Sebuah brand yg terlihat unik akan menimbulkan kesan & terpatri dalam ingatan pengunjung meskipun mereka tidak secara sengaja merekamnya dalam memori. Salah satu upaya branding adalah membuat visual image blog dengan logo. Jadi, buatlah logo blog yg unik supaya pengunjung dapat mengenalinya sebagai blog sobat ketika melihatnya. Buat identitas unik lainnya, misalnya gaya berbicara dalam artikel, ide-ide unik, insight, dll. Yang kedua, kredibilitas baik akan membuat pengunjung terkesan. Tampillah sebagai diri sobat & sebagai pemilik blog yg credible. Jangan bersembunyi. Meskipun sobat menggunakan nama samaran, setidaknya tunjukkanlah sobat ada sebagai pemilik blog. Tuliskan "about me" sebagai informasi mengenai diri sobat. Kepercayaan sangat penting bagi pengunjung.
9. Sebar luaskan artikel blog melalui situs social bookmark serta promosikan blog melalui direktori blog. Keduanya bukan hanya sebagai media link building dalam SEO saja. Maksimalkan sebagai sarana promosi artikel & Blog. Buat judul  serta deskripsi yg jelas serta menarik.
10. Ujung tombak traffic yg maksimal adalah mudahnya blog serta konten ditemukan di search engine. Seperti kita tahu, search engine (khususnya Google) adalah sumber traffic terbesar sehingga kita tidak dapat mengabaikannya begitu saja. Itulah mengapa webmaster/blogger berbondong-bondong berlomba meningkatkan SEO bagi blog/web mereka. Lakukan usaha SEO yg maksimal. Pelajari cara meningkatkan SEO serta tips SEO lainnya.

Poin penting dari 10 tips di atas adalah usaha yg terus-menerus & tidak berhenti. Seperti halnya SEO, me-manage & me-maintain blog adalah kegiatan seorang blogger yg dilakukan secara rutin. Jika dilakukan secara denmikian, niscaya traffic blog dapat meningkat & dipertahankan. Blog kemudian dengan sendirinya dapat eksis di dunia maya dalam jangka waktu lama.

Good luck and have a nice blogging, dudes!

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Cara Meningkatkan Traffic Blog & Mempertahankannya
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 442 Comment(s):

choky bembenk said...

kreeeenn cuyyy...

yOu said...

Bingung kang mau ngucapin terima kasih dimana.. nyasar disini aja... mau ucapin terima kasih coz semua konten/tutor HTML/JavaScript dari blog ini sangat membantu dan membuat saya faham bagaimana cara edit HTML atau lainnya... saya banyak-banyak terima kasih... cuma tinggal peringkat di Search engine blog saya masih sangat dibawah... gmna caranya ya kang? semua tahapan trick seo dari akang udah dipraktekin v masih tetep z.. mohon posting lagi cara lainnya kang... yang terupdate

Unknown said...

@obat: pengunjung memang sangat penting, semakin banyak pengunjung juga berpengaruh baik. tapi, jangan terlalu terobsesi dengan jumlah pengunjung. why? karena jika blog/web anda berfokus pada bisnis/online marketing, fokus utama adalah konversi, bukan? yaitu jumlah pengunjung yg akhirnya memutuskan untuk melakukan transaksi.
saya menyarankan anda berfokus pada bagaimana cara pengunjung tertarik pada produk, di antaranya adalah cara penawaran, desain website/blog agar terlihat profesional & terpercaya, dll. Sedangkan pada konten, boleh2 saja menyisipi dengan artikel menarik lain, tetapi jangan menggunakan tema yg terlalu jauh dari produk. Misalnya tentang penyakit2 tertentu dan sebisa mungkin diarahkan ke produk. Anda bisa pula mengangkat tema2 kesehatan. setelah itu, perkuat SEOnya.

solusi promosi said...

nice gan atas inponya

threex-hans.com said...

tips yang bagus sob,,, cara mempertahankan traffic gmana sob??? :D

riza said...

...iya nih.... memang sulit mempertahankan trafic....

Berbagi Kreativitas said...

Gak ada bosen-bosennya kalo sudah bicara soal Traffic, seperti postingan sahabat ini pasti menjadi acuan penting bagi Saya, yang alhamdulillah setiap waktu kewaktu mendapatkan peningkatan dan tentu gak sampai disitu sajakan gan..?? Kalo udah meningkat segala upaya harus dipikirkan agar tetap terjaga dan makin meningkat pula. Nice post sahabat Salam

Jackysan Lombok said...

wahh....
lengkap gan.. ane kadang2 kurang perhatiin yang point nomor 3... heheh e:D
Thanks yaaa

ICAH BANJARMASIN said...

Info yang sangat bermanfaat nih bang....salam kenal ya bang,moga makin akrab slalu.

Unknown said...

@you: terima kasih banyak :)
oke insya Allah saya akan share lagi kalo waktu udah mengijinkan.

@Berbagi:
Terima kasih banyak sobat. yup, bener banget. mempertahankan jauh lebih penting dan kompleks daripada meningkatkan traffic.

@Jackysan: yup, silahkan dicoba & dipraktekkan, Jack.

@all: thanks for your comments, semoga bermanfaat. :)

stefany said...

terima kasih infonya ya..
memang kalau bagi pemula seperti saya musti bersabar..hehe

Haris Diningrat said...

emang betul gan. Kontenlah rajanya. Tidak akan betah banyak traffik kalo kontennya tidak berkualitas dan kopas. Jadi ane lebih condong ke tingkatin kualitas konten. Thanks gan infonya.

pcbolong said...

blog walking :D kunjungi blog saya juga ya.. www.sempagmu.blogspot.com dan download ebook sepuasnya

Unknown said...

conten blog yang menarik mas, tambah ilmu. terutama saya yang baru melek blog. nice blog gan

amril said...

walaupun saya baru mengunjungi blog ini tapi saya sangat suka karena saya nggak rugi mendaptkan ilmu yang penting ini...makasih banyak ya...

Hasimas : Hacking Tutorial said...

yap, bener mas. Blog sya saat ini mengusung tentang tips komputer dan hacking. yah, setelah mengikuti tips² dari buka rahasia, pengunjung di blog saya semkin meningkat tiap hari , begitu juga rank alexa, semakin bagus tiap harinya, makasih ya mas :)

Krinyo FU said...

infonya okey gan, saya mesti banyak belajar maklum agak lemot tenteng blog.

Yogi Haris said...

Huhuhuhuhuh agak mabok saya baca tutor-nya nhh, tapi emang mantepp dahh ahh,

ambil sedikit kutipan diatas "SEO, me-manage & me-maintain blog adalah kegiatan seorang blogger yg dilakukan secara rutin." nahh itu dia yang harus setiap saat setiap hari dibaca oleh para blogger, pasti om azmi juga surfing dulu, biar dapet elmu-nya hehehehe :).

kalau ane bingung surfing mendingan surfing disini buka-rahasia. :).

kalau boleh tukerlink om biar lebih mantebb, nanti saya PM via Facebook. #agakngawurrdikit :D

Ryansblog said...

thanks buat tips'y gan jangan lupa mampir di blog aku

zefryzepo said...

thanks tipsnya....jangan lupa kunjungi juga blog ku ya...

elgehady said...

jujur bro, aku masih sangat ga ngeerti dan ga paham masalh spam dan cara meningkatkan trafik blog, yang aku lakukan cuma masukkan tulisan ke web2 penyeedia tulisan masuk,...itupun ga efektif aku lihat,...
pastinya makasih buat tipsnya,...

Unknown said...

mas aku mau tanya? kemarin secara tiba-tiba naik begitu cepat padahal sebelumnya belum ada,apakah ada pengaruh di kemudian hari mungkin mas bisa lihat di blogku.aku masih bingung mas masalah alexa....

Unknown said...

maksutnya traffic alexa mas...hehehehe...sampai kliru nulis...

Unknown said...

thanks, bgt tips nya..
sgt bermanfaat bagi saya..
T.O.P B.G.T

rumah jepara said...

thanks.......good job

dhinz said...

sangat membantu neeh gan, saya coba praktekkan deh...dan ingin PRnya cepet naik......

rumah joglo said...

info yang bagus langsung ke TKP gan...makasih gan...

ayogi said...

memang banyak cara untuk tingkatkan trafic website, dan trimakasih infonya gan. klu saya pake traffic exchange.

Newbiexose said...

sangat bermanfaat dan menambah semangat gan, terima kasih atas ilmunya

Money Blogging said...

makasih infonya bro

printer corner said...

salam kenal masbro....

Uzumaki Lovers said...

Terima kasih tipsnya mas,, serta salam kenal. Sangat bermanfaat bagi blogger newbie seperti saya.

Ahmad Halim Sholeh said...

ane masih newbe gan, mohon bimbingannya ya..nice info....

anang said...

saya masih belajar, mohon bantuannya..

Angelica said...

artikelnya sama kayak nama blognya, Buka rahasia.. jadinya kebuka the tuh cara mneningkatkan traffic..

Trima kasih gan.. Smoga tambah sukses the.. :)

Unknown said...

ya terima kasih banyak buat semuanya. keep on blogging and thanks for dropping by and commenting. :)

Download Game Gratis said...

Mantapz Gan....
terimakasih panduannya.
*)Lagi2 komen
hehe, cz ane suka postingan2.ya
mudah dipahami, so banyak postingan dri blog ini yg saya bookmark deh.
hehe

adsloko said...

saya ucapin banyak terimakasih, sangat membantu infonya. saya juga kurang suka dengan mendatangkan trafic instan tapi cepat ilang.

nice share and keep spirit to launch
my blogwalking
greets

sukorejoi said...

walaupun mata aga kriyep" tapi tetep saya habisin tu tadi bacanya sob heheh

maklum masih newbie dalam hal ginian

i like tu artikel sobb

http://bwitv.blogspot.com/

ferdian said...

mantap gan tipsnya..thanks

Unknown said...

pelajaran yang sangat luarbiasa yang saya dapatkan di buka rahsia, mank luar biasa mantap, saya yang seorang pemula pun jadi mantap ngejar trafic blog, karna semua cara dah di jelaskan secara gamblang di postingan ini, sperti nama blog ini, buka rahasia, dan tidak ada yang di tutupi...mantap sobat....

Dahlan Dahi said...

Artikel tulus yang berguna. Sesuai rekomendasinya, buatlah konten blog yang memiliki value bagi user. Tx

dahlandahi.blogspot.com

aqinselalu said...

sangat membangun.. bagi saya yang seorang newbie dalam ngeblog... ilmu yang barusan didapat akan berusaha diamalkan... trimakasih tips nya :D

zeydhan said...

Wahhh,, mantab nih gan. mesti diterapin nih... :D
btw mampir gan, www.soft-gaming.blogspot.com

bizInfo said...

Thank's atas sharingnya ...artikel yang menarik ..salam

free software said...

mengerti aku sekarng,
aku pernah jumpa blog yang sblumnya pengjungnya begitu banyak dan alexa ranknya bgus, eh tiba-tiba skrang kredibilitasnya kurang...

Sinto said...

Makasih gann ya sangat bermanfaat Nih buat saya aku COba dulu semua trikx

Rude Boy said...

cocok nih ilmu dan infonya buat blogger newbie sperti saya,,,,

:-)

Agam trueblue said...

okesip mantap :)

Newbiexpose said...

Sangat menarik gan, padat informasinya dan mudah dimengerti walaupun oleh newbie spt saya, trims

fajri saputra said...

terima kasih infonya gan, semoga membantu

galoenk said...

thanks dharingnya gan...

Unknown said...

makasih,, sangat bermanfaat banget....
salam dari rizal-pc.blogspot.com

sik asik said...

dari sekian trik diatas, rasanya ane emang belum ngelakuin semuanya. makasih sharenya gan.

lirik lagu said...

ooh, begitu banyaknya cara meningkatkan traffic, ijin kopas ke local disk gan. buat di prin + baca2 di rumah

odobmairp said...

sip, kontennya bagus..
visit my blog please

ricoronaldo said...

pertamax bro
jangan lupa mampir ke http://ronaldorico.blogspot.com/

Yuyut Wahyudi said...

SEO emang susah-susah gampang yaa, gampang teorinya susah prakteknyaa... Tapi masih tetep belatih...

Jepara Printer said...

terima kasih gan,,,
kunjungi juga http://printer-jepara.blogspot.com/

samehada said...

mas kalo blogspot itu lama ke index ama google brapa lama ya???terima kasih..

arivin said...

terima kasih banyak http://buka-rahasia.blogspot.com..
cara mudah keindex google gimana?

KreatifLogo said...

lagi berusaha keras ni gan........
buat ngikutin posting agan ini...
thnks tipsnya.......

Sekilas Info Menarik said...

nice info gan,, ak masih newbie lagi belajar lbih banyak :)
thanks :)

mas gendon said...

artikelnya lengkap dan detail banget, sebagai pemula ini sangat membantu buat blog saya. Makasih banget dengan infonya

Unknown said...

Mantap Banget Artikelnya ..
Ini Baru Artikel yang berkualitas .
Saya Mendapat Pelajaran Beharga Setelah Membaca Artikel ne .Thx Infonya

PC Galeri said...

Ngk ada software untuk membantu meningkatkan traffic blog kita sehingga bisa tau dimana kekurangannya,,,
Udah bolak balik cari cara masih aja urutan blogku antah barantah,,
Terus melihat rank nya darimana sih?? dan taunya dari mana??
Bukankah beda keywoard beda urutannya di pencarian google,,COntohnya ane pakek keyword "pc galeri" dapat urutan ke empat tapi pas pakek keyword "harga komputer", antah barantah hasilnya

Ozi Priawadi said...

mantappp....!! pengen banget belajar meningkatkan traffic blog, baru bikin blog 1 bulan yang lalu. hehe,,
Mohon bantuannya...

kamarblogger said...

keren gan tipsnya..sangat bermanfaat.kalo ane dah pake yang lewat social media buat promosiin blog :D

Anonymous said...

INFORMASI NYA MENARIK SOB,,,PATUUT UNTUK DI LAKSANAKAN...NICE INFO GAN!

DITUNGGU KEDATANGANNYA...TQ

deni said...

bener baget gan. cara diatas udah saya terpin...lumyan lah visitor say sekarang.thanks gan..

Desain Grafis said...

Mantap tipsnya kawan , semoga blogku traffiknya meningkat

EricMeireles said...

wiiih keren gan, semoga blog saya sukses seperti blog anda... thx :)

Rina As said...

Boleh menambahkan sedikit,
Pakai situs social bookmark seperti reddit, stumbleupon dan lannya. Saya coba situs ini hasilnya bagus, setiap kali submit saya mendapatkan trafik kurang lebih 100 trafik dari USA. menurut saya pas untuk blog yang memasang GA ataupun Chitika dan affiliasi amazon
Nice share agan..

Unknown said...

saya masih belajar gan, nyubi.. masih mendalalami SEO

http://www.mbojonet.blogspot.com/

Unknown said...

bila dah traffik tinggi masaalah tuk memaintaikannya mmg satu perkara yg begitu sulit sekali...aku bc sampai habis isinya terima kasih sahabat.

Unknown said...

wah, pdhl ak udh sering blogwalking, msh ja pengunjungnya cuma 100an per hari

Ade si Gembelt said...

Wah keren banget man content+blognya....

Tiyo Harwin said...

thanks gan infonya :)
salam kenal ..
kalo ada waktu singgah ke blog saya ..
coment and follow ..
http://peluru-tajam.blogspot.com/

osfona said...

makasih mas info dan ilmunya. trafik blog saya sering naik turun :(

Universal Gadget said...

Ini nii yang tak cari2.. lengkap to the point ga ribet kayak yg laen caranya,,
makasii kang,, saya baru di dunia blog
salam kenal

ARAS Andisetya said...

Makasih tips nya. Coba terapin dulu. Tapi, yg praktisan dikit ada g? Hehehehe,,, Salam jumpa

Nadia Erlina Marfianti said...

bagus gan artikel ente..
semoga dapat ane terapkan pada blog ane..
sep.. :D

kalo mau download macem2..
kaya game android, materi kuliah, dll
masuk aja ke blog ane http://benadialod.blogspot.com/

imaniah said...

Makasih MAs infonya...udah saya terapin.
lumayan..

deedyienz said...

bagus infonya..keren
http://deedyienz.blogspot.com

Waroeng Moslem said...

Jujur ya gan...beberapa langkah yang di sebutkan dalam posting ini aku masih belum paham caranya......
bisa ga gan posting in cara meningkatkan trafik yang agak sedikit tapi samgat berpengaruh besar pada trafik ???

Unknown said...

@refinish:
Sebenarnya hal itu sudah banyak diperbincangkan. Akan tetapi akan lebih baik jika anda menggunakan beberapa konten unik pada halaman yg sama, beri variasi serta gunakan diksi yg agak berbeda. Solusi yg lain ada saling link back, memberikan backlink antar situs dengan harapan Google dapat membacanya sebagai situs yg berkaitan/berhubungan.

@Waroeng:
Jika demikian, sobat silahkan fokus pada poin terakhir, yaitu meningkatkan SEO-nya. Search engine merupakan sumber traffic berkualitas terbesar.

OneWayz.Net said...

mkasih gan infonya. .
bermanfaat buat menambah wawasan ane. .

Unknown said...

sip, sama2 :)

Unknown said...

Infonya sangat bermanfaat, tapi saya pernah lihat artikel ini sebelumnya, lalu terbesit dalam pikiran saya,

blog ini yang copy atau mereka yang copy? Tapi hal perlu di pentingin deh, yang penting bermanfaat.

Kalo boleh tanya? Blog saya kan saya pasang iklan, tetapi kalo di klik tidak dapat komisi. Padahal nge-click nya dari IP Addres yang berbeda, kenapa yah? Jika ada jawaban tolong yah, komentar di blogku.

Maaf merepotkan.

Mencoba Online said...

wahhh thanks gan tips nya :)

Unknown said...

@haris: hmm, silahkan dicek saja, sobat. di history websitenya duluan mana posting artikelnya, ntar anda bakal tau kok mana yg copas.
Saya kurang memahami tentang PPC, karena saya tidak bermain disitu. Tetapi yg jelas itu permasalahannya jelas di cookie browser, meskipun IP beda2 tapi record cookie sudah ada maka yg lain akan dihitung sebagai click fraud. Hati2 aja, soalnya kalo enggak jujur bisa2 tidak akan menghasilkan apa2 kecuali di banned sama perusahaan PPC.

lirik lagu sik asik said...

ane juga ga ngerti kenapa ya blog ane trafficnya naek turun, ga stabil. sama posisi di googlenya juga kadang naik kadang turun. perlu banyak belajar lagi nih.
thaks infonya gan

tips bisnis online said...

tapi mnurut sya belajar seo yang lmayan sullit,n btuh wakta lma

satu untuk semua said...

oke bos , keren bgt artikelnya. visit me jga

Semar Bingung said...

Gan, artikelnya benar-benar sangat bermanfaat. Setelah membaca artikel ini saya menjadi semakin tahu. Dan berkat artikel ini pula saya mendapatkan sebuah ilmu baru. Terimakasih.

Anonymous said...

mantab bro tulisanmu ;p semangat berkarya ;p

nuzil said...

mempertahankan trafik memang lebih susah om di bandingkan mendapatkan trafik..
om, tau alamat direktori2 blog gak ??
mohon infonya dnk..

salam olahraga

Unknown said...

@nazil: alamat2 direktori silahkan dilihat di: direktori blog

Reza @osfona.com said...

ijin untuk diamalkan :D

tracer said...

good content ,,, , i like it! i'll try do it..

zulnafrizen said...

mantaf..bagus artikelnya sangat bermanfaat..

plis cek juga www.nezuz.com

Unknown said...

informasi ini menarik dan bermanfaat nice blog boss

askep said...

kurangin tidur banyakin nyepam di social boookmark seperti sekilasinfo.net dan infogue.com... haha just kidding

soup4pc said...

makasih infonya, sekalian mau tanya? selain backlink sampai skrg saya masih bingung cara masang metatag di blog saya. soalnya kebetulan dapat template gratisan, trs mau masukin metatag di dalam temlatenya ngikutin tutorial2 yg ada selalu gagal terus ketika di save. kira2 miminnya blog ini pnya masukan/artikel gak ya buat nambahin metatag. soalnya lgi puyeng akut dgn masalah metatag :(

Unknown said...

baca artikel saya tentang meta tags di > cara memasang meta tags di Blogger

Anonymous said...

thanks bnget atas infonya ya.... sangat bermanfaat sekali bagi saya.... nitip alamat ya
http://dollarku-melimpah.blogspot.com/

Unknown said...

Thanks infonya, sangat berguna bagi newbie seperti saya.

Keep Share said...

iya mas , ana termasuk blogging pemula , trafik dan index di googlepun masih teramat kecil sekali , thanks buat infonya mas , bantu ana dengan berkunjung dan berkomentar balik ya mas , aku ada di http://anstand14.blogspot.com , kalo ada waktu luang mampir ya mas , thanks.. [kawan muda]

Basith Kuncoro Adji said...

Kalau blog sudah tinggi trafficnya yang terpenting memang harus mempertahankannya, setuju banget :D

goesadi said...

terima kasih atas infonya bro, saya baru di blog jadi info ini sangat bermamfaat bagi saya dalam meningkatkan pungunjung ke blog saya yang baru

Anonymous said...

info bagus gan


salam kenal
www.adib21.com

kumkum said...

info lengkap bgt ... langsung ke tkp

yayat said...

terimakasih gan infonya, buat info / artikel yang mengenai blog lagi

koplak said...

saya mau tanya, mengenai postingan di blog yang utama harus di utamain yang kaya gimananya gan ?

Zulfans Web said...

Mantab gan smbilan blog walking neh

Cara Aqiqah said...

klo dari pengunjung setia yah sudah pasti dari bobot artikel nya, klo visitor dari search engin yah harus mengikuti trend keyword yang sedang berlaku.

Arimurti said...

untuk Admin....Makasih Y infonya ini sangat bermanfaat buat saya Blogger pemula yang masih meraba-raba..dan belum begitu mengetahui strategi dalam dunia Blog....

Salam Kenal Y

barangbangsemplak said...

saya masih bingung dalam hal meningkatkan traffic ini,,,tapi saya akan berusaha untuk menjadikan blog saya dengan memiliki banyak pengunjung ..tks gan

Matari Cargo Express said...

singgah di blog usaha aku ya agan2,siapa tau bermanfaat

andri suryono said...

artikelnya sangat bermamfaat terimakasih

GIS adn Tourism said...

Ini yang mantab artikelnya.
terima kasih om !!

Fiel Kautsar said...

Wah mantep banget mas infonya. Suwun yo mas. Nuhun pisan.

Faerez said...

Makasih banyak gan, ini membantu dalam pengelolaan blog seperti saya . .. suwun ,, :-)

Adi Wijaya said...

thanks gan,, sangat membantu informasinya..

sekedar wawasan said...

ane setuju banget dengan tips : konten adalah raja... tentunya harus konsisten update n nyari yg poipuler pasti akan banyak pengunjung

Unknown said...

makasi gan

visite balik blog saya

http://androidappmarkets.blogspot.com/

Anonymous said...

thanks infonya.
sangat berguna buat newbie seperti saya.
ditunggu kujungan baliknya ke:
www.ranggadanang.co.cc

Unknown said...

info yang sangat menarik,,,,tq info nya ,,,

1000 Unik said...

Makasi ya atas infonya...

Unknown said...

thank men,,,,kueren banget infonya

weny said...

kalau teknik ini di terapkan pada toko online apa bisa?

smartpulsa-88 said...

Makasih banyak Boss atas ngilmunya
sukses slalu.....

kreatif bisnis said...

wah mantap,,,,, thx infonya..

Terbaru di 2012 said...

tipsnya menarik banget gan, makasih banyak..
mudah2an berkat tips disini blog-blog ane bisa mantap di SE. salam kenal, dan kalau ada waktu mampir ya gan ke blog ane :)

Fairuz Hilwa Shahab said...

wah menarik juga nih :)
perlu ana coba

wawashahab.blogspot.com

Ewing said...

mantap bro, dicoba deh.. main ke sini ya?
http://aangewing.blogspot.com/

Fabi Fuu said...

mantap... sip... siap dipraktekan...
kalo bisa ke sini yach..,
http://ebookbiologi.blogspot.com

Habib said...

harus ekstra sabar ya biar trafic'y naik terus...

Unknown said...

wah infonya cukup memotivasi saya gan buat terus belajar ngeblog...

rizal said...

thanks gan lengkap banget .. kunjung balik ya http://rizalblogs.info

deyvinchi said...

info keren bray. cukup tuh kalo buat ningkatin trafik blog. ane jga gunain tu trik.. trims buat sharenya..sukses sllu bwt blo9gnya...
knjungi blog ane jg ya...lam knl...

Febri said...

Makasih infonya gan.

Spaniard Blog said...

Thanks Gan !!
Tinggal ane praktekin tutorial dari agan !!
Mudah-mudahan Blog ane UP terus deh ~

Hafid said...

good suggestion, terutama poin no 8. karena banyak artikel yg bermanfaat. ijin copy link. makasih

Unknown said...

sdah sya praktekin neeh

makasih infonyaa

gaulhost said...

mantab dan lengkap sekali mas...sangat bermanfaat
salam kenal ya http://gaulhost.com

Artis Kampungan said...

bagus kang blog nya.
mampir ke blog ku yaxh kang
http://artiskampung.blogspot.com

Unknown said...

saya blogger baru dan belum mengerti mengucapkan terima kasih, akan saya praktekkan :D

rumamedan said...

Terima kasih, article sangat membantu saya

Dapur Iklan Gratis said...

Terima Kasih atas informasinya.

Erta Jayanti said...

terima kasih artikelnya sangat membantu, tapi saya masih bingung juga apa beda traffic dengan pageview :)

Unknown said...

@Erta: silahkan lihat Cara Meningkatkan Jumlah Pageview Blog untuk melihat perbedaan antara traffic dan pageview

oban said...

sangat berguna sekali artikelnya, buat ane sebagai newby.ini jadi bahan pertimbangan ku.
jangan lupa mampinr ya ke http://www.riilsa.com
blognya newby :'(

Unknown said...

mkasih bnyak ats inf0 nya

link a akn saya psang di article-compilation.blogspot.com

jng lupa back link nya ea:)

djiesoft said...

iya benar... thanks infonya ya...

bimo said...

Saya termasuk yang beruntung mampir di blog ini, pengetauan saya terhadap SEO dan dunia blogging bertambah, makasih ya..salam kenal

Agung B said...

artikel-artikel anda sangat membantu, saya memang blogger pasif tetapi tertarik dengan ilmu2 blogging dan tentunya bisa jadi passive income .. bagusnya sih active income ya.. :)
Two tumbs Up for U boss !

Cerita Petang said...

wpppppw keren kali solusinya

teman teman mampir ke blog saya ya .olnya baru down . thx yea all

Anonymous said...

Like this yo...
Infonya sangat membantu...
Baru belajar neh gan...
Mampir ya,kalo bisa dikasih masukan....
Tengkiu...

http://teddysharox.blogspot.com/

Download Game Baru said...

wah, pengunjung blog q lagi ada penurunan nih. kayaknya perlu mengamalkan ajaran pak dosen yang satu ini lagi nih.
makasih pak dosen, hehe

salman said...

jdi semangat nih gan..
mkasih ya gan.. sukses slalu gan..
slam knal :D

CarajualPulsa said...

pengen banget punya blog kayak gini...

tobadak said...

makasih tipsnya gan,, sangat membantu nih buat saya yg lg nyari cara meningkatkan traffic dgn alami,,

Unknown said...

Nice Information Gan, ^_^ siap2 di praktekkan ne..heheh

Teddy theFlusher said...

mantab gan...

mampir yah...

http://theflusherblog.blogspot.com/

newbie neh..

mungkin agan2 ada masukan...

NeoPulsagram said...

Nice info gan

Ane coba dlu ya

Rimbo News said...

makasih tipsnya, sangat bermanfaat untuk saya yang masih belajar ngeblog :D

Mustarif said...

terima kasih infonya,akan saya coba ,biar blog saya traficght nya tinggi juga. www.pak-arif.co.cc

Ferry Maulana said...

thanks saya coba deh :)

kiswah said...

Perlu belajar untuk meningkatkan traffic blognya sendiri ^^

AYAHE MELA said...

Terimakasih Sob artikelnya. Kebetulan tadi pas lagi di Google Tanya Jawab dan kebetulan juga pas lagi nyari referensi untuk hal tersebut.

Unknown said...

waaah mas makasih infonya...

ijin ambil info-infonya yah :)

kalo ada yang suka blog kuliner buka aja blog aku
supertravellerbanndungjakarta.blogspot.com

Unknown said...

thankss infonya www.blognyadikka.com

naraka said...

Thanks for your info... Blog walking is the best

wanaguss said...

Tks sharingnya.
Ijin untuk menyimak.

zulfa said...

Setuju gan..

cintablogsaya said...

tips nya kren2 gan....membantu banget buat gw ama tmen2 di sini...kebetulan lg ada tugas kelompok.....salam kenal gan..

Anonymous said...

salam kenal Gan, tapi apakah cara ini bisa digunakan pada wordpress Gan ?

TEMBANG KENANGAN said...

I LOPH U PULLL dah gue ma nie blog,,dari dulu selalu kasih motivasi dan ilmu yang lain dari pada yang lain,,sukses selalu sahabat,,

Blog Padang said...

terima kasih informasinya tentang cara meningkatkan traffic blog juragan sangat membantu buat saya.

Unknown said...

wah, bagus juga kata kata nya nih, tapi yg paling susah bagi saya adalah tahap SEO,,

Sutha Aryasa said...

wah sangat bermanfaat ga, ,thanks ilmunya ya. .

herly said...

thanks infonya gan???

joe said...

wahhh keren nih,,niche share

Aji said...

Sebenarnya sudah dilakukan semua tips diatas,SEO On page,SEO Of Page,dll tapi rangking Ane kok naik turun ya Bro?

Unknown said...

sukaaaaaaaaaaaaaaaaaaa bgt ama isi blog nya...

dadali007 said...

Wahhh,,, articel sangat berguna bagi saya yg nubie ini Gan... apalagi saya yg masih baru terjun kedunia bisnis online... thanks bgt atas inpohnya Gan :) ...
Salam saudagartiket.com

Dangdut Seksi said...

Sebelumnya saya ucapkan makasih banget artikelnya. Dan perlu anda tau, meski saia jarang koment, namun blog anda sudah saya bookmark, karena dari sekian banyak tips blog, andalah yang terbaik menurut saya. Saya cuma ingin tanya dan mungkin ada sedikit hubungannya dengan tema di atas, bahwa sejak februari lalu peringakat alexa blog saya selalu turun, dulu yang sudah mendekati 1juta, sekarang menyentuh ke angka 1.445 ribu,padahal kalo saya periksa di google analitiknya, waktu bulan feb sampai sekarang pengunjung blog semakin meningkat dan bahkan untuk ke2 kalinya page view capai angka 1000 lebih dan visitor capai angka 500an lebih (mungkin bagi anda sedikit), namun kenapa alexa tidak kunjung naik, hanya 2 kali saja naiknya. ini sangat berbeda ketika sebelum februari yang page viwnya hanya sekitar 200-an sedangkan visitornya hanya 70-an, namun peringakat alexa semakin naik. memang ketika tanggal 18-28 saya kosong tidak update blog karena ada pergi ke LN. Sebelum berankat, peringkat alexa sekitar 1.000.086, tapi begitu pulang langsung menurun sampe 1.100 (juta), lalu saya akftif ngeblog lagi dengan sering update blog hampir seminggu 5 kali, namun peringkat alexanya tetap saja tidak bisa naik, padahal pengunjung semakin rame dibanding ketika belum ke LN. pertanyaan saya, mengapa rangking alexa saya turun ketika pengunjung meningkat??mohon dijawab sejelasnya karena saya yakin masnya yang sudah ahli pasti tau, agar saya semangat ngeblognya..terimakasih

alamfay said...

Keren Bang, sangat membantu.

Kunjungi juga ya http://blog.alamfay.com/

technology said...

mantep om article nya :)

Wendy Cungwanara said...

wah emg susah ya bisa eksis di google,kalo TS kayanya uda lama nih makanya muncul di pejwan google trs pas ane pake keyword cara menaikkan traffic

btw kunjungi ane jg ya :)

http://gratisongkoskirim.blogspot.com/

Muhammad Hidayat said...

Sangat Bermanfaat Tipsnya, :)

ivan said...

info penting nih mas...

ijin belajar disini ya... :)

asaldotcom said...

aq masih new be nih mas.. jd gmn ya yg mantab..??

sikumbang81 said...

seperti tipsnya agan..rajin2lah blogwalking..salam kenal..

Napitoe said...

wah, ini cara yang manjur ni.
tengs gan. salam blogger, salam kenal + pertemanan

Anonymous said...

apakah jumlah follower pada sebuah blog itu juga mempengaruhi blog kita pada hasil pencarian search engine???
mohon pencerahannya.

Gretonger said...

Thanks gan,, coba dulu ya,,,
mampir juga ke blog q ya..

oke69 said...

wah infonya cocok banget buat pemula seperti saya,
mkasih bnyak gan.

Lowongan Kerja HHRMA said...

terimakasih banyak infonya...
mau coba dulu...
masalahnya blogku ga pernah muncul di google kalo cari dengan kata kunci yang diinginkan...

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap