15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Ala Seorang Blogger

Kualitas SEO sebuah blog tidak hanya ditentukan oleh template, pemilihan keyword global, atau link building berkualitas, meskipun pada akhirnya poin-poin tersebut sama pentingnya; namun bisa saya bilang semua itu akan sia-sia jika kita tidak memikirkan konten, atau dalam hal ini, artikel blog. Artikel blog adalah menu utama, yang harus dipikirkan terlebih dahulu melebihi yang lainnya. Percuma anda punya berbagai macam trik SEO yang telah dan siap diluncurkan, namun blog anda tidak memiliki artikel memadai untuk melakukan eksekusi SEO tersebut. 

Selain itu, kekayaan keyword natural sebenarnya tidak terletak pada meta deskripsi, title, dan bagian-bagian yang dipaksakan untuk memperbanyak keyword, karena itu justru bisa melukai SEO blog. Kekayaan keyword natural justru didapat dari berbagai kombinasi konten artikel; semakin artikel bagus, berkualitas, banyak dan memperhatikan aspek-aspek penting SEO, semakin kaya variasi keyword natural sebuah blog.

Berdasarkan argumentasi di atas, bisa kita lihat bahwa artikel blog memiliki perbedaan signifikan dengan jenis-jenis artikel lainnya. Seorang penulis artikel bisa saja membuat artikel yang demikian panjang dengan isi yang sangat jelas, lugas, menyentuh, kreatif, deskriptif, informatif, solutif, analogis, metaforis, mendayu-dayu dan seterusnya. Tapi belum tentu dia bisa menulis artikel blog. Why? Karena ada satu poin yang belum disentuh: sisi SEO artikel. Inilah yang membedakan anda, saya sebagai penulis blog (blogger) dan penulis media lainnya. 
Artikel blog tentu saja harus tetap memberikan perhatian penuh pada pembaca, memberikan solusi, menghibur, informatif, dan memegang teguh prinsip-prinsip kepenulisan, tapi tidak bisa lepas dari konteks SEO, dimana kita memperjuangkan artikel berkualitas yang ditulis agar bisa muncul dengan baik di SERP, sehingga tidak sia-sia.
Berikut beberapa tips dalam proses penulisan artikel Blog yang memperhatikan aspek-aspek SEO



A. Hal-hal yang perlu Dilakukan Sebelum Posting/ Menulis Artikel Blog

Pada tahap ini, jangan membuka peralatan apapun untuk menulis, jangan buka MS word, notepad, atau post editor di  dashboard. Ada saatnya, tapi bukan sekarang.

1. Memilih topik yang tepat
Memilih topik post adalah salah satu aspek penting yang tidak bisa disepelekan. Ini garis besarnya: jika anda menginginkan topik yang paling banyak dicari, maka anda harus menentukan topik yang diinginkan pembaca. Ini bukan berarti anda lepas dari niche atau bidang kepenulisan yang anda sukai, tapi topik yang dipilih (setidaknya untuk saat ini) memiliki nilai atau value untuk pembaca yang menginginkannya. 

Akan lebih hebat lagi jika topik yang dipilih bisa bertahan lama dan bahkan merupakan "topik abadi". Syarat utamanya adalah artikel tersebut harus unik dan original. Sehingga pembaca hanya akan, setidaknya dalam waktu tertentu, mendapati pembahasan atau solusi pada topik tersebut hanya dalam artikel anda. Meskipun topik yang anda pilih sama dengan beberapa artikel blog lain, anda harus menentukan bahwa apa yang ada di dalam artikel anda berbeda dengan yang lainnya. Inilah yang disebut unik dan original. You have something to offer that others don't, anda punya sesuatu untuk diberikan dimana yang lain tidak memilikinya.

2. Melakukan analisis kompetisi
Selalu perhatikan apa yang dilakukan blog kompetitor, yaitu blog yang memiliki niche, topik, atau ruang tema sejenis dengan blog anda; termasuk di antaranya adalah: strategi artikel yang mereka gunakan, artikel apa yang mereka tulis dan post, bagaimana peringkat SERP artikel-artikelnya, dan lain sebagainya. Jadikan poin-poin tersebut sebagai petunjuk. 

Yang saya maksud dengan "petunjuk" bukan berarti meniru atau bahkan copas artikel mereka. Menjadikan sebagai petunjuk berarti mencari celah apa saja yang belum diisi, mencontoh strategi penulisan agar bagus di SERP, dan melihat peluang-peluang emas yang belum diambil oleh blog-blog kompetitor. Kesalahan terbesar blog-blog yang cuma menjadi "pengikut tanpa arah" adalah mereka melihat suatu artikel bagus kemudian copas habis-habisan isinya, sedkit modifikasi, lalu menerbitkannya seketika; tidak jarang dalam waktu yang hampir bersamaan setelah artikel asli diterbitkan. Ini yang membuat search engine segera curiga, penulis artikel asli curiga, dan akhirnya tidak hanya SEO-nya saja yang jelek, tapi juga predikat blog tersebut di mata blogger lain. Apalagi saat ini algoritma spam Blogger mulai mentarget blog-blog copas secara bertahap, tanpa laporan DMCA (contoh: terselubung, jiplakers). Makin runyam.

3. Melakukan cek dan prediksi trend
Trend berkaitan dengan apa yang sedang hangat diperbincangkan, dicari, menjadi fokus perhatian, atau hal yang menjadi topik tak terpisahkan dari kehidupan (biasa saya sebut sebagai trend abadi). Pastikan anda selalu mengikuti berbagai trend yang sedang terjadi, menjadi perbincangan banyak orang, dan paling banyak disebutkan. Selalu libatkan diri anda dalam berbagai social media, forum, dan lain-lain. Membuat artikel/post yang sesuai dengan trend tidak hanya akan membawa banyak pengunjung dan pembaca, tapi juga akan menunjukkan pada search engine bahwa blog anda benar-benar dinamis dan menyediakan konten yang selalu segar dan baru kepada pembaca. 

Prediksi berkaitan dengan analisa terhadap trend apa yang akan segera terjadi dalam waktu terdekat. Kemampuan melakukan prediksi ini tentu berkaitan dengan kedekatan anda dengan berbagai media serta trend yang terjadi saat ini, sebab trend sekarang menunjukkan apa yang segera menjadi trend di waktu mendatang. Sebagai contoh, saat trend Korea (korean wave) mulai tercium baunya sejak medio 2010, saya telah menulis beberapa artikel untuk klien beberapa waktu sebelumnya. Bisa ditebak, pada saat trend ini booming, artikel-artikel tersebut sudah berada di ranking atas SE karena sebelumnya telah mendapatkan optimasi dan selangkah lebih maju dari-dari artikel-artikel sejenis setelahnya.

4. Menentukan kelayakan artikel: memperhatikan pengunjung dan SEO
Pada akhirnya, strategi ini melibatkan dua fokus: kebutuhan pengunjung dan kebutuhan SEO (dalam hal ini search engine). Keduanya bersifat sinergis, sebab apa yang biasanya bermanfaat dan menjawab kebutuhan pengunjung adalah apa yang dibutuhkan oleh search engine. Apakah artikel yang akan anda tulis memiliki kriteria untuk keduanya? Termasuk di antaranya adalah: trend dan keyword. Sah-sah saja sebenarnya menulis artikel blog apapun, termasuk "kegiatan saya sebelum mandi pagi" atau "nama-nama kucing saya", tapi apakah itu penting untuk menjawab kebutuhan pengunjung umum, dan apakah keyword tersebut bisa menjadi keyword penting di search engine? You have to think about it in the first place. Jika layak, lanjutkan. Jika tidak, terserah anda...

Note: Ingat, topik yang sedang kita bicarakan adalah Artikel SEO Friendly, bukan artikel diari atau curhat. :)

5. Analisis Keyword
Jadi anda akhirnya memutuskan untuk menulis sebuah artikel blog. Tapi, stop! Tunggu dulu. Anda harus memikirkan kata-kata penting (baca: keyword) yang harus anda gunakan. Analisis keyword melatih kemampuan anda menggunakan dan mengolah kata-kata dan rangkaian kata "yang paling dicari" oleh pengunjung di search engine. Ada berbagai macam strategi dan alat untuk melakukan analisis keyword. Anda bisa memulai dengan analisis keyword sederhana ini. Menentukan keyword secara efektif akan membuat artikel yang ditulis tidak sia-sia dan kandas di persaingan SERP dan menghindarkan artikel dari pembanjiran keyword yang merusak artikel serta melukai SEO blog yang sudah anda bangun (penalti/banned).

B. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Menulis Artikel Blog

Sebagai penulis blog, wajib hukumnya memperhatikan hal-hal teknis dan non teknis, terutama hal-hal yang berkaitan dengan SEO.

6. Merancang judul artikel blog
"Judul adalah mahkota tulisan", kata orang (siapa ya orangnya?). Benar adanya menurut saya, baik untuk pengunjung maupun search engine. Bagi SE, dalam beberapa kasus umum, judul memiliki bobot keyword tinggi, sehingga perlu diperhatikan keyword apa yang menjadi target dan harus digunakan. Pastikan keyword penting ada di dalam judul, namun hindari pengulangan atau pembanjiran keyword. Di sisi lain, anda tetap harus memperhatikan pengunjung, pastikan judul anda cukup menjelaskan isi artikel (cukup deskriptif dan jelas), dan variatif. 

Judul yang memperhatikan keyword dan kreatif memiliki nilai plus untuk search engine sekaligus pengunjung. Jika anda ingin memperkuat keyword, pastikan beberapa keyword ada di depan. Jika susunan title tag anda adalah nama blog:judul artikel (default blogger), pastikan untuk mengubah susunan title tag tersebut. Namun perhatikan kebutuhan dan daya tarik judul agar tetap menarik dan membuat penasaran pembaca. Baca Judul Artikel anda Membosankan?

7. Mengoptimalkan Permalink
Permalink Blogger (khususnya) memiliki batasan jumlah karakter, tergantung panjang kata yang anda gunakan (meski sekarang batasan karakter lebih panjang dari sebelumnya), namun ada kalanya terputus di tengah judul artikel. Pastikan permalink anda terisi keyword penting dan tidak terputus dengan mengeditnya menggunakan fitur blogger custom permalink, hindari fungsi automatic permalink. Pada WordPress, edit permalink lebih mudah lagi, anda bisa mengutak-atiknya langsung pada permalink editor di bawah kolom judul. Tidak semua kata harus masuk ke dalam permalink, jika perlu hilangkan kata-kata yang termasuk stop words seperti dan, yang, di, dan sejenisnya. Kadang saya menghindari kata-kata tidak penting lainnya dan hanya memasukkan 4 sampai 5 kata penting.

Kadang saya juga melakukan uji coba dengan menggunakan keyword yang sama sekali beda, tapi itu untuk kebutuhan uji coba (dan terkadang "menyindir: http://buka-rahasia.blogspot.com/2013/01/enyah-kau-spammer-komentar-blog.html), tapi itu bukan pokok.

8. Buka artikel dengan keyword-keyword penting
Terkadang poin ini disalahartikan sebagai mengulang judul pada paragraf pertama, sebenarnya maksudnya bukan itu. Sering saya melihat artikel yang bunyinya begini, "Halo, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas [judul artikel]", bahkan [judul artikel] seringkali ditulis beberapa kali di paragraf pertama. Poinnya bukan itu. Kita bisa menulis paragraf perkenalan dengan lebih kaya, komunikatif, dan kreatif. Poinnya adalah penekanan dan variasi keyword, bukan pengulangan susunan keyword, misalnya, "Hai, sobat Blogger! Dulu kita kesusahan mengatur permalink artikel blog untuk kepentingan SEO, tapi sekarang, karena ditambahkannya fitur Blogger Custom permalink, mengatur isi URL halaman post lebih gampang, dan optimasi permalink jadi maksimal".

Ada kalanya saya sama sekali tidak membahas tentang topik yang dibicarakan pada paragraf pertama. Tapi sekali lagi itu untuk uji coba, basa-basi, dan sesekali tidak memperhatikan SEO. Bagi saya ini penting untuk naturalisasi keseluruhan konten blog (http://buka-rahasia.blogspot.com/2013/07/cara-membuat-facebook-comment-like-box-responsive.html) .

9. Penggunaan format heading, bold, italic, underline
Dalam konteks platform Blogger, heading memiliki 3 jenis tingkatan: heading (h2), subheading (h3), dan minor heading (h4). Heading sudah jelas merupakan judul blog (jika menggunakan h2), terkadang judul blog menggunakan h1 dan h3, semua tergantung template anda. Pastikan anda menggunakan sub judul pada artikel untuk memisah beberapa poin penting. Bagi search engine, ini merupakan penekanan penting dan ejawantah atau pemecahan judul utama (judul artikel). Jika halaman artikel anda menggunakan H2 sebagai judul, maka sub judul harus di bawahnya (h3 dan h4). Di WordPress, fitur ini bahkan hingga H6, namun H5 dan H6 dianggap kecil bobotnya, sehingga saya sarankan tidak digunakan di dalam post.

Penggunaan format bold (cetak tebal), italic (cetak miring), dan underline (garis bawah) juga memiliki fungsi penekanan, ketiganya di-markup oleh tag b, tag i, dan tag u. Pastikan menggunakan salah satu dari ketiga format tersebut untuk memberikan penekanan pada kalimat, kata, atau keyword penting. Yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu berlebihan.

Penggunaan bold, italic, dan underline melalui styling (CSS) tidak saya anjurkan, karena tidak dibaca Google. Gunakan langsung fitur bold, italic, dan underline di atas post editor atau gunakan fungsi control di keyboard (CTRL+B/I/U), karena menggunakan tag HTML dan bukan styling.

Kedua jenis penekanan tersebut membuat pembaca lebih mudah melakukan sorting atau perunutan konten serta memberikan fokus pada sesuatu yang ditekankan. Bagi search engine, penggunaan tag heading, bold, italic, dan underline memberikan informasi bahwa suatu kata, kalimat, atau bagian tertentu memiliki nilai penting sehingga diberi bobot lebih.

10. Meta Deskripsi
Pastikan untuk selalu mengisi meta deskripsi post di dalam fitur search description, letaknya di panel/sidebar kanan bawah. Yang perlu diperhatikan adalah meta deskripsi harus unik, jangan asal comot dari artikel. Jika sama, maka tidak ada variasi keyword yang seharusnya penting. Lihat meta deskripsi sebagai fitur tambahan yang menguntungkan, jangan malas-malasan mengisinya. Sediakan beberapa menit untuk merancang meta deskripsi unik serta memiliki rangkaian keyword penting. Simak: Menggunakan dan Mengoptimalkan Meta Deskripsi Blogger. Saya tidak menyarankan penggunaan meta deskripsi dinamis dan otomatis, sebab tampak tidak profesional, hanya pengulangan judul, spammy, berbahaya bagi SEO blog, dan tentu menunjukkan kemalasan pemilik blog.

11. Internal & external linking
Linking menuju posting lain yang bersifat referensial sangat penting. Bagi pengunjung, link-link di dalam post menunjukkan sekaligus mendorong pengunjung pada artikel lain yang menjadi referensi, baik artikel-artikel di dalam blog sendiri maupun blog/website lain. Mereka bisa mendapatkan sumber informasi lebih mendalam pada suatu topik atau tema yang berkaitan dengan topik di dalam artikel yang dibacanya.

Internal linking membuat search engine mudah menemukan (memetakan) dan memberi bobot (pass pagerank) pada artikel lain yang dirujukkan. Internal linking juga memiliki manfaat dalam menunjukkan otoritas blog anda serta mengurangi bounce rate (dengan cara menambah pageview).

External linking bagi Google juga penting, sebab Google akan melihat anda memiliki referensi kemana saja, referensi atau linkback ke situs berkualitas atau menjadi sumber akan membuat artikel anda natural, sebab anda merujukkan hasil research atau pengutipan sumber dengan jelas. Bagi pengunjung eksternal linking memberikan kesan bahwa blog/situs anda memiliki hubungan dengan situs lain, dan tidak menyendiri. Pastikan dengan benar kapan anda harus menofollow sebuah link eskternal apabila memang anda tidak yakin dengan kualitasnya. Tapi perhatikan bahwa anda harus memberikan penghargaan dofollow pada suatu link sumber dimana anda mengambil atau mengutip konten sebagai wujud atribusi kepada sumber aslinya. Jangan takut pass pagerank atau memberikan backlink, justru tidak wajar jika sebuah blog tidak memiliki link keluar sama sekali.

12. Anchor text
Anchor text adalah teks dimana sebuah link disisipkan. Saya sarankan untuk lebih membuat variasi terhadap anchor text, hindari anchor text yang selalu exact, atau sesuai dengan keyword yang ditarget, buat variasi dengan kata-kata lain yang memungkinkan. Upayakan meminimalisir atau bahkan tidak menggunakan anchor text yang terdiri dari hanya satu kata saja. Penguin telah menunjukkan kegarangannya dan kita mesti mewaspadai ini. Bahkan menurut saya, saat ini variasi dengan sebaris kalimat sebagai anchor text justru tampak wajar dan tidak mengada-ada.
Selengkapnya:
13. Penggunaan gambar dan media visual lain
Penggunaan gambar juga memberikan nilai tersendiri terhadap search engine, selain tentu untuk pengunjung. Search engine akan melihat konten anda kaya, karena juga menggunakan media gambar sebagai bagian dari konten. Gambar bisa digunakan sebagai infographic, sebuah media untuk menyampaikan ide, gagasan, analisis, tutorial, dll dalam bentuk gambar. Atau anda bisa menggunakan gambar untuk menunjukkan poin penting, misalnya menunjukkan bagian tertentu dari sebuah software. Terlebih lagi jika anda menggunakan video anda untuk menjelaskan, membahas, atau menunjukkan suatu hal penting, maka value artikel anda lebih tinggi lagi.

14. Mengoptimalkan ukuran file gambar
Loading halaman web/blog masih menjadi isu penting bagi search engine. Oleh karena itu, sebisa mungkin optimalkan media (terutama gambar) agar tidak mengganggu loading halaman artikel. Format gambar juga penting, jika anda hanya butuh gambar statis, tidak transparan, gunakan saja format ekstensi JPG, karena lebih ringan dan biasanya memiliki ukuran file lebih kecil. Kompres gambar dengan berbagai tool yang tersedia, jika terpaksa harus menggunakan PNG untuk mengejar trasparansi dan kualitas, gunakan PNG compressor ini. Gunakan GIF jika memang benar-benar dibutuhkan untuk menampilkan animasi dan lakukan optimasi (menambah kecepatan atau melakukan kompresi) jika memungkinkan.

15. Optimasi nama file gambar dan atribut ALT
Seperti dulu yang pernah saya bahas, nama file gambar (atau file apapun) yang kita upload akan memiliki direct link/url, sama seperti halaman web. Jika kita memberi nama file dengan baik dan benar sesuai konsep optimasi keyword, maka file tersebut tidak akan sia-sia ketika kita sisipkan ke dalam konten. Jadi pastikan untuk meluangkan waktu melakukan rename/memberi nama file dengan keyword penting sebelum diupload.
http://hostinggambar/ggglll/nama-file-akan-sangat-baik-diisi-keyword.jpg.
Jangan lupa pula menyisipkan alt text berisi keyword penting ke dalam tag gambar, fungsinya adalah sebagai text (dan anchor text jika diapit atribut link), sehingga teks tersebut akan terbaca juga oleh Google.
Simak selengkapnya di sini:
That's it. Silahkan tinggalkan komentar, masukan, atau apapun via komentar. Have a nice blogging!

© copyright Ahmad Khoirul Azmi, published only for buka-rahasia.blogspot.com.

15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Ala Seorang Blogger
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 54 Comment(s):

Afrid Fransisco said...

kangen nih mas ama artikel mas.

bermanfaat banget buat aku

Ahmad Khoirul Azmi said...

Halo, Afrid. Thanks dan sukses terus!

Agung Talaga said...

Saking lamanya saya menunggu postingan baru dari blog ini, jadi pas baca informasi di atas sangat antusias sekali untuk mulai menerapkannya pada blog saya. Saking semangatnya juga, semua link tautan pada informasi di atas langsung dibuka pada tab baru dan ujung2nya harus butuh beberapa hari untuk mulai memahami betul apa yang Bang Azmi sampaikan di atas. Saya izin copy di word ya Bang...??

Hayardin Putra said...

Insya Allah Mas ke 15 Tips yang Mas Bahas di atas akan saya pelajari baik baik dan sedikir demi sedikit akan mempraktekkannya. Terimakasih banyak Mas Atas Artikelnya yang sangat Super...

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Agung:
Hahaha, segitunya Gung. Thanks. Saya sudah menepati janji untuk posting setelah lebaran :D
Kebetulan memang ada banyak rujukan di artikel kali ini, silahkan saja gung, simpan sepuasnya. :)

@Hayardin:
Halo, lama tidak kelihatan :)
Silahkan divoba sob, Insya Allah ada sedikit yang bisa diambil. Terima Kasih.

Agung Talaga said...

@Bang Azmi : Sebetulnya udah cukup puas dengan apa yang Bang Azmi jelaskan di atas tentang tip menulis artikel seo friendlynya tapi namanya juga kebutuhan referensi akan materi-materi seperti ini makanya musti disave baik2 untuk jaga2 jgn sampai suatu saat pengen dibaca lagi tapi ada kendala koneksi nantinya untuk mengunjungi kembali halaman ini. :-)

Dwi Sugiarto said...

Saya masih bingung memposisikan SEO antara kebutuhan dan Hambatan.saya butuh artikel bisa masuk hal 1 disisi lain saya tidak bisa bebas menulis karena harus memikirkan seo dari pemilihan kata kunci,persaingan seo on page.kesannya lebih mementingkan mesin pencari dari pada fungsi berbagi.Jadi kalau saya mau menulis artikel yang sebenarnya bermanfaat namun karena Local Monthly kecil saya jadi malas menuliskannya.
Jadi saya menulis untuk siapa?mesin pencari atau manusia?

kazegami4rt said...

Minta izin buat menerapkan trik ini ya :)
Salam kenal juga Mas Azmi :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

Sebenarnya saya sudah memberikan batasan yang jelas mengenai artikel di atas, dan dalam konteks apa artikel tersebut dibicarakan. Ketika kita berbicara mengenai SEO friendly, berarti kita juga berpikir tentang SEO dan search engine. Itupun faktor penentunya tetaplah pengunjung dan kebutuhan artikel. Jika anda tidak menginginkan artikel anda tidak mengacu pada SEO, buatlah artikel dengan sebebas-bebasnya. Itu dua pilihannya, silahkan anda mau fokus kemanana. Tapi yang jelas, jika anda ingin membuat artikel sebebas anda, maka jangan berpikir tentang SEO, halaman 1, bahkan pengunjung yang banyak, sebab itu tidak butuh analisis dan research.
Jadi itu semua masalah pilihan,

Adeel Qamar said...

Terima kasih untuk artikel rinci. Hal ini penting untuk menggunakan kata kunci, berani, judul dan link referance. Ini tidak akan membuat artikel keluar berdiri tetapi juga akan memastikan seo terbaik untuk blog Anda.

Iskaruji dot com said...

Mampir komentar Sob...
Tips yang menarik untuk pencerahan bagi kita semua tentang optimasi tulisan bagi mesin pencarian, walaupun dampaknya selalu menimbulkan pertanyaan yang sama sejak mulai adanya tulisan tentang SEO. Yupzz..selalu pertanyaan seperti itu.

Kebetulan saya mulai mengenal "tulisan" sejak masih doyan amplop beserta isinya Rp 25.000,- dari koran ketika tulisan saya di muat. Saat itu optimasinya hanya dengan menebak jalan pikiran editor agar tulisan saya bisa dimuat. Jika mujur, maka tulisan saya bisa dimuat. Bahkan saya tidak pernah berpikir jenis manusia apa yang mungkin membaca tulisan saya. Karena percuma saja saya menulis bagus namun tidak diterbitkan oleh editor. Mubazir ongkos kirim pos. Karena editor yang pastinya lebih tahu manusia mana yang mungkin membaca tulisan saya.

Ketika mulai mengenal blog, ternyata jauh lebih kompleks masalahnya. Saya tidak hanya dituntut menjadi penulis, melainkan juga sebagai editor, penerbit, sales marketing, bahkan pemegang saham utama atas "blog" saya. Maju mundurnya ada ditangan saya. Dan SEO hanyalah "seupil" dari hal yang harusnya saya pelajari ketika memulai ngeblog. Sayangnya, yang seupil ini selalu menimbulkan pertanyaan sama, "???"

Jika saya boleh menyimpulkan,

Sungguh kasiannya diriku yang selalu mimpi makan gethuk, namun terpaksa harus makan singkong rebus terus hanya karena memang tidak mau mencoba dan belajar membuat gethuk

Anehnya saya masih doyan "gethuk". Lalu mengapa saya selalu susah bikin gethuk?

Karena selalu ada pertanyaan di kepala saya, untuk apa saya mencabut singkong? Untuk bikin gethuk apa untuk kenyang?

Demikianlah komentar saya Sob. karena nyambungnya dikit, boleh tidak diterbitkan. Yang penting bisa tersampaikan. Lebih bagus lagi jika bisa dijabarkan lebih lanjut dalam postingan agar bisa menjadi pembuka jalan bagi sahabat semua untuk bikin "Gethuk"..

Terima Kasih...

Ahmad Khoirul Azmi said...

Hi, Adeel. Thanks for stopping by. You didn't have to translate your comment into Indonesian. Kindly comment using English and it will be understood well by me :)

I couldn't agree more :) Strong keywords, title tags, and link references are some of important things in SEO, and making an article stand out among the "crowds" (millions of crowds, indeed) does need SEO efforts.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Mas Is:
Terima kasih untuk cerita dan runutannya. Justru sangat relevan untuk masalah "mengapa harus menulis artikel SEO friendly?"

Dan benar, banyak yang menyampaikan keluhan dan pertanyaan seperti analogi njenengan di atas: "untuk apa saya mencabut singkong? untuk bikin getuk atau bikin kenyang?" Seperti komentar salah satu sobat blogger di atas.

Sungguh itu pertanyaan mendasar yang sebenarnya hanya bisa dijawab dengan kesadaran (yang didasari kebutuhan). Maka pertanyaan respon saya adalah, "Seberapa besar keinginan saya untuk membuat getuk? Mampukah keinginan saya itu mendorong saya untuk merealisasikan getuk itu?"

Terkadang kita merasa sangat nyaman berada di zona aman, sehingga ketika ada wacana yang menyentuh sesuatu yang belum kita ketahui dan lakukan (sepenting apapun itu), biasanya kita akan menolak wacana tersebut, dan memilih untuk bertahan berada di zona aman, karena prinsipnya "kalo saya tidak tahu, saya tidak perlu repot-repot. Kalo saya tahu, pasti saya harus repot. Maka saya putuskan untuk tidak mempelajarinya agar tidak repot."

Dengan kata lain, kadang kita malas untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya penting untuk kemajuan diri kita sendiri, dan analogi mas Is di atas sangat mengena. :)

Baik, mas, Insya Allah saya akan bahas mengenai topik "membuat getuk" tersebut, dan semoga bisa memberikan sedikit gambaran mengapa begini dan begitu. Saya akan gunakan analogi getuk ala mas Iskaruji di atas karena cukup mewakili dan mengena. Terima kasih untuk masukannya dan segera saya realisasikan penerbitannya.

Seperti biasa, salam buat sobat-sobat Blogger di gunung sisi selatan sana :)

Jalu Akbar said...

Maaf nih mas OOT, tapi mau nannya nih, sejak sebulan terakhir ini pengunjung blog saya turun yang sebelumnya 1000-2000/hari sekarang cuma 100-400 pengunjung dengan banyak bantuan dari facebook. ada solusinya gk mas atau alasannya bisa begitu? tolong ya mas di jawab, terimakasih sebelumnya

infosaja.com said...

Saya jadi makin mengerti ini mas untuk menulis artikel seonya,apalagi bacaan ini sedang mau saya baca berulang-ulang agar pemahaman semakin kuat.Karena agak susah kalau dibaca sekali saja.Ini mau dibaca sampai benar-benar hapal tipsnya.:)

imuzcorner said...

Informasi SEO yang komplit

william lim said...

triknya bagus sob

abdul majid said...

Saya pikir artikel ini sudah lengkap memberikan informasi tentang penulisan artikel agar user friendly dan Search engine friendly.

Namun manakalah harus memilih kebanyakan blogger lebih suka menulis semata-mata agar memenuhi standar Search engine, dengan maksud agar tampil di halaman pertama, walau harus mengesampingkan faktor pemenuhan kebutuhan pembaca.

Karenanya banyak blogger yang menggunakan teknik SEO on page aneh-aneh untuk optimasi artikel mereka, seperti menyisipkan link dofollow menuju artikel dimana link tersebut ditempatkan (kalau diklik bikin pengunjung tidak kemana-mana atu kembali ketempat semula), dan hebatnya banyak dari artikel tersebut tampil di halaman pertama.

Rendi lesmana said...

sebuah postingan yang sangat bagus dan bermanfaat, terutama untuk orang-orang yang baru terjun ke dunia blogger, dimana membuat artikel pastinya adalah sesuatu yang wajib. Saya sendiri dulu sempat terjebak ke point nomor 8, dimana di setiap postingan blog saya di rendilesmanatips.blogspot.com

saya selalu memakai kalimat seperti itu. Namun itu berhasil saya atasi setelah membaca salah 1 artikel blog ini dimana isinya menyarankan agar ketika membuat sebuah artikel haruslah efektif.

Setelah saya membaca artikel ini, saya pikir ini bisa menjadi pembaruan dari tips yang anda buat sebelumnya atau dengan kata lain mungkin ini bisa disebut versi berikutnya. Pertahankan kerja bagus Anda, saya harap Anda bisa terus membagi dan memperbarui artikel-artikel Anda

Feri Yunus Madao said...

Lengkap banget pejelasannya, om. Mantap! Saya jadi makin ngerti nih tentang SEO. :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Jalu: Kemungkinan berarti faktor Penguin 2.0 yang dua bulan lalu diluncurkan. Jika masalahnya ada pada berkurangnya traffic dari search engine, maka jelas faktornya itu. Coba perbaiki backlink dengan membuat variasi keyword, jangan gunakan keyword sama persis, dan bangun link di situs2 yang sudah diperkirakan efeknya sebelumnya.

@infosaja: Yup!

@abdul majid: tepat seperti itulah problemnya. Jadi kebanyakan kemudian mencoba menerapkan secara mentah, sehingga jadinya hanya faktor Google saja yang diperhatikan. Meski bisa muncul di halaman pertama, saya sangat yakin (dan telah terbukti) itu tidak bertahan lama, ini wilayah Google Panda, dan proses identifikasinya memang tidak sebentar dan panjang.

@Rendi: yups, dan terima kasih untuk dukungannya.

@Feri: Thanks, dan sukses buat tongkonanku.

@all: thanks dan sukses terus.

faisal syaifudin said...

Mksh mas.. jadi nambah wawasan, selama ini saya sering salah kaprah di poin 7, 8, 9... hehe untung ada artikel ini.. udah lama nunggu postingannya.

faisal syaifudin said...

hehe ada yg kelupaan mas, mau tanya untuk poin no 11 kalo kita mau menautkan internal link, itukan di box ada tulisan Add 'rel=nofollow' attribute. itu sebaiknya kita contreng apa ngga? mksh sblm nya mas..

Ahmad Khoirul Azmi said...

Jangan kasih nofollow, link internal perlu dibebaskan agar link juice mengalir begitu saja, sehingga Google benar-benar melihat halaman yang di-link bernilai penting.

faisal syaifudin said...

makasih mas.. ilmu baru buat saya..

Fajrin Ilham H said...

lama nggak mampir ke blog dambaan ane dulu.. apa kabar mas ?? :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

Halooo... kabar baik. Gimana denganmu?

Hairul Chairul said...

15 tips ini butuh waktu tuk nerapinnya!!

Nandar said...

Terimakasih informasinya.. Ada beberapa hal baru yang saya dapat dari tulisan ini. Saya sendiri masih awam kalau soal teknik SEO jadi tulisan ini menjadi pelajaran berharga bagi saya.

Edyn Laskar said...

Tadinya saya berpikir hanya 15 tips, ternyata setelah membaca isinya ada puluhan tips disini,,, butuh pemahaman lebih untuk bisa menerapkannya,,, Terimakasih sudah berbagi bang,,,

SMP Negeri 2 Tenggarang said...

wah in komen ke 13.969 dong, hee.. Terima kasih ilmunya, langsung dipraktikkan di website sekolah kami www.smpn2tenggarang.sch.id

riizhu shiteru said...

mantep banget tipsnya mas, sangat membantu saya sebagai newbie blogger

Fikry Nizar said...

Banyak juga ya ternyata yang harus diperhatikan untuk memulai menulis artikel, saya sebagai blogger pemula harus banyak - banyak belajar ni. Terima kasih

smuainfo.com said...

hadeww, ruwet juga ya mas, untuk bisa mengeksekusi satu dari tips di atas saja mikirnya udah mumet, saya sampai sekarang masih kurang paham tentang SEO, yang penting sekarang fokus sama kontent yang benar2 original aja...

makasih tipsnya mas...

irwanefendi.com said...

Pembahasan yang sangat komplit dan sangat berguna bagi saya yang baru dalam bidang blogger, namun saya kadang sulit menuangkan apa yang saya pikirkan kedalam bentuk tilisan, sekali lagi thank atas artikel yang bermanfaat ini

Imam Fahrudin said...

Terimkasih banyak atas infonya kang Khairul Azmi, sangat membantu saya, memang bagi pemula seperti saya informasi menulis artikel yang baik dan benar pastinya sangat dibutuhkan.

reviewlogo said...

wow... poin-poinnya sangat detail...
harus dibiasakan sedini mungkin setiap nulis artikel...
Makasi pak...

Ahmad fankah said...

Selama ini saya masih menggunakan metode Jadul dalam menulis artikel, dan banyak pengulangan kata kunci yang serupa. setelah membaca artikel dari mas azmi saya jadi sedikit paham bagaimana membuat artikel yang SEO. terus terang visitor blog saya yang sudah berumur 2 tahun masih berjalan di tempat dan bahkan menurun. ini mungkin karena kesalahan akibat hal-hal penunjang SEo konten yang sudah Mas Azmi jelaskan diatas secara lengkap. Ahirnya sekarang saya jadi tahu. terimakasih mas Azmi informasinya sangat bermanfaat dan tentu menambah pengetahuan saya.

Kang ali Ali said...

trimakasih sob , tipsnya sangat membantu

Kang ali Ali said...

trimakasih sob atas penjelasanya , ini sangat membantu saya belajar

dpulsa-tronik said...

Wah mantap artikelnya Gan..bisa jadi bahan acuan buat blog ane yang masih sepiii..

Agus Supriyono said...

Terimakasih informasinya, membantu saya yang sedang belajar berlatih menulis

emir fadli said...

mantap gan, ane pasti coba panduanya tp perlu beberapa hari tuk bs faham.. mohon panduanya..

m fariz wafaul ahyar said...

sangat bermanfaat, thanks gan

Akang Budi said...

luar biasa

leonard fresly said...

mencerahkan bgt buat newbie

Ferry Rinaldi said...

Thank atas infonya .. sangat berbobot.. dan penulisan katanya sesuai dengan kaidah bahasa indonesia

Muhammad Afif said...

SEO selalu menarik perhatian para blogger, dan salah satunya ane. Masih belajar nih gan, hehe...

wirahadi kusuma said...

Lengkap banget tipsnya mas :) sangat bermanfaat bagi pemula seperti ane,, perlu banyak belajar nih biar lebih mengerti tentang tekhnik seo :) terima kasih atas artikelnya yang snagat bermanfaat ini :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Afif & @Wira: thanks untuk apresiasinya. dan sukses untuk blog sobat-sobat berdua.

Wakhid Tri said...

tips nya sangat bermanfaat :)

Mhd arif iqbal said...

makasih infonya mas mantap

dani hamdani said...

oke ganterimakasihuntuk tipsnya

Dadung Sulaeman said...

Trm ksh nice infonya gan! Sangat bermanfaat sekali nih tutor SEOnya ... mau nyoba nih...

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap