Tutorial Dasar dan Cara Meningkatkan SEO Blogspot

cara optimalisasi Blogspot SEO

Tutorial lengkap, cara, & langkah-langkah dasar meningkatkan SEO Blogger/Blogspot.
Sebelumnya kita pahami dulu mengenai SEO. SEO (Search Engine Optimization) adalah proses meningkatkan/mengoptimalkan jumlah pengunjung blog/website dengan cara meraih peringkat yang lebih tinggi di hasil indeks halaman search engine (SERP). Semakin tinggi SERP, semakin besar pula kemungkinan jumlah pengunjung. Akan sangat jarang pengunjung search engine yang melakukan browsing halaman demi halaman search engine. So, para webmaster berbondong-bondong melakukan persaingan dan berebut untuk ada di halaman utama search engine. Sedangkan istilah lain SEO (Search Engine Optimizer), adalah pelaku, alat, & elemen yang dapat membantu meningkatkan peringkat SERP blog/website.

Setiap blog/website memiliki elemen, template/theme, basic code, serta berbagai macam elemen lain yg berbeda-beda sehingga usaha melningkatkan SEO pun tidak sama persis. Misalnya, WordPress memiliki basic elemen PHP, HTML, JavaScript, dan CSS. Selain itu WordPress juga dilengkapi dengan banyak plugin SEO yang siap dipakai memaksimalkan hasil di search engine. Blogspot memiliki elemen dasar HTML, Javascript, & CSS, yg tentu saja ada kelemahannya. Meskipun kita dapat menggunakan plugin SEO berbasic Javascript, namun saya sendiri tidak melihat efek signifikan. Kelebihannya, di Blogspot kita dapat melakukan modifikasi/hack tanpa batas baik pada desain blog maupun dalam meningkatkan SEO-nya.

Cara-cara berikut merupakan cara yg masuk kategori organic SEO, yaitu optimalisasi search engine dengan cara-cara natural, yg saya lihat justru memiliki efek yg baik. Selain itu, saya juga kurang begitu mendukung cara-cara Blackhat SEO yang saat ini pun mulai disisihkan oleh Google.

1. Pilih template yang SEO friendly.
Suatu design layout blog bisa memiliki keunggulan dan kelemahan. Di satu sisi, sebuah tampilan template/theme tampak hebat, namun dari segi SEO bisa saja lemah, ataupun sebaliknya. Oleh karena itu, pilihlah template Blogger yang SEO friendly. Saat ini telah banyak tersedia template Blogger gratis berkualitas premium yang telah disisipi hack SEO. Jika sudah 'terlanjur sayang' dan ingin tetap menggunakan template yang lama, lakukan dari langkah kedua berikut.
Ada banyak jenis meta tag, yang paling lazim digunakan adalah meta description, yang berisi deskripsi blog/website dan meta key, yang berisi keyword-keyword yang berkaitan dengan isi blog/website. Selain itu ada pula meta author, yang berisi nama penulis atau nama institusi/perusahaan, namun jarang sekali dipakai. Dan masih banyak lagi meta-meta lainnya.
3. Maksimalkan keyword pada title/judul blog
Memadatkan judul dengan keyword yang ditargetkan dapat memperbesar kepadatan keyword (keyword density) suatu blog. Pada blogspot, edit judul melalui Dashboard > Design/Rancangan > Klik edit pada header, isi dengan judul yang diinginkan dan save.
Pada template Blogger yang belum di isi hack, biasanya nama blog berada di depan judul posting. Untuk mengeceknya, buka sebuah halaman posting dan lihatlah tab dan bar pada browser. Lihatlah apakah nama blog berada di depan dan di susul judul posting. Pada hasil indeks search engine, hal ini dapat mengurangi akurasi dan kepadatan keyword serta memotong judul posting di bagian belakang. Apalagi jika judul posting sangat panjang. Pengunjung jadi tidak mengerti poin keseluruhannya.
Ini bukan berarti membuat keyword sebanyak-banyaknya, tetapi mengatur letak/posisi keyword, menggunakan keyword dan frase yang tepat, dan tidak menggunakan terlalu banyak kata yang bertele-tele. Misalnya, hindari kata-kata seperti ini: "Dalam pada posting kali ini...", dan lain-lain.
Google juga memberlakukan penalti terhadap blog/website yang terlalu berat dan lama untuk di-load. Ini logis, karena waktu yang dibutuhkan oleh spider saat crawling dan mengumpulkan informasi menjadi lebih lama. Hal-hal yang menghambat loading blog/website biasanya adalah: terlalu banyaknya file javascript (biasanya pada widget) dan terlalu besarrnya file-file gambar. Pengunjung tentu juga akan kerepotan karena harus menunggu loading yang lama, apalagi bagi yang koneksi internetnya lemot.
Indeks yang cepat menunjukkan bahwa blog telah dikenal oleh search engine. Hal ini tentu saja mempercepat SEO suatu posting karena kita tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama dan pengunjung pun bisa segera menemukannya di search engine. Meskipun ini bukan jaminan bahwa artikel posting berada dalam indeks halaman utama, akan tetapi ini adalah langkah awal dari proses SEO itu sendiri.
8. Nofollow-kan Label-label Blogger (opsional)
Di dalam artikel Memahami Karakteristik dan Cara Optimalkan Label Blogger, saya menjelaskan bahwa url label sebenarnya merupakan perintah search (contoh url-nya: http://buka-rahasia.blogspot.com/search/label/favicon), maka label bukanlah link permanent (permalink). Mengapa? Karena label hanya terbentuk sebagai hasil url perintah pencarian (contohnya seperti url pencarian seach engine). Oleh karena itu, search engine tidak memperhitungkan label sebagai link/url yang sah untuk diindeks. Itulah mengapa ketika anda masuk ke Google Webmaster Tools, ada informasi bahwa link-link label di-restricted oleh robot.txt. Langkah me-nofollow-kan label bersifat opsional, anda bisa mencobanya untuk mengetahui efeknya lebih jauh.
9. Link building yg efektif
Link building merupakan poin paling penting dalam SEO. Link building adalah proses menciptakan inbound link (link yang mengarah ke blog/website), yaitu mendapatkan backlink dari blog/website lain. Melakukan link building bisa dengan banyak cara, yaitu: membuat reciprocal link baik dengan direktori/social bookmark (yang mensyaratkan reciprocal link) ataupun bertukar link dengan blog/website lain, mendaftarkan blog dan artikel ke social bookmark/direktori, dan berkomentar di blog/website lain dengan meninggalkan link di form komentator, cara ini lazim dikenal sebagai blogwalking, meskipun kemudian agak disalahartikan dengan meninggalkan komentar berisi, "blogwalking!", atau, "mampir gan!", dan lain-lain. Berkomentarlah sesuai konten karena ini menunjukkan kualitas dan Google juga melirik itu loh. Jangan lupa, ada link dan anchor text di atas komentar tersebut, dan Google memperhatikannya ketika crawling.

Untuk melakukan link building secara efektif dengan tujuan mendapatkan backlink berkualitas &meningkatkan pagerank, berkomentarlah di blog-blog dofollow ber-pagerank tinggi, daftarkan blog serta artikel di situs direktori dan social bookmark dofollow, daftarkan pula blog di direktori blog berkualitas. Perbanyak backlink yg mengarah ke blog/website, namun lakukan secara natural, yaitu tidak secara serampangan, terlalu banyak backlink yg dibuat dalam satu hari juga dapat dianggap 'tidak wajar' oleh Google. Saya biasa membatasi 5-10 kali link building setiap harinya.

Link building dapat meningkatkan visibility atau kenampakan blog/website di mata search engine serta meningkatkan traffic yg berkualitas. Semakin banyak tarffic semakin tinggi nilai kepentingannya bagi search engine sehingga dia rutin melakukan crawling. Link building juga menambah kredibilitas dan popularitas suatu blog/website.

Itulah dasar-dasar optimalisasi SEO Blogger/Blogspot yg menjadi pengalaman saya. Masih ada banyak cara yg dapat ditempuh untuk meningkatkan SEO blog namun sekiranya beberapa langkah di atas dapat menjadi dasar untuk memperkuat SEO blog, sebelum melakukan langkah meningkatkan SEO selanjutnya. Fondasi yang kokoh merupakan tolok ukur dan cikal bakal bangunan yang kokoh bukan?

Salam!
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Tutorial Dasar dan Cara Meningkatkan SEO Blogspot
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 343 Comment(s):

hartono said...

Terimakasih bos numpang belajar nih.

Unknown said...

sip, kita semua selalu terus belajar.

Amrie7x said...

thanks,, nice post,, learn n learn

Unknown said...

yup that's right, learning and learning are the keys ^_^

Edi Santoso said...

artikel artikelnya sangat menarik... thanks.
http://otosantoso.blogspot.com

Pridonaibaho said...

bagus sekali, terima kasih atas sarannya..

Jasa PEmbuatan RAdio Streaming said...

Wah Membantu Jga nih arkelnya mohon kala bisa lebih yang spesifik....!!!

well said...

izin copas gan http://s0well.wordpress.com

Unknown said...

oke, kasih sumbernya dengan kode di atas ya.

Bebas Berkarya said...

Ternyata tahapannya panjang juga ya..mesti dituruti nih bila ingin mendapatkan SEO Friendly.
Mantap dah...

loket ppob said...

mantap info yang di sajikan dan sangat bermanfaat untuk membantu bagi para pemula seperti saya

Unknown said...

sip! semoga bermanfaat dan bisa memberi masukan dan ide buat maintenance SEO blog/web

Unknown said...

sip, senang rasanya kalo bisa ada manfaat meskipun kecil dari artikel ini bro. makasih buat motivasinya :)

mas raden said...

ok gan. . . thanks tipsnya. . .

Hanna Pertiwi said...

meskipun baru mengenal blog ini, tapi informasinya sungguh luar biasa manfaatnya

lanjutkan mas..trimakasih telah berbagi

Unknown said...

yup makasih mbak hana, sukses juga buat blognya yah..... hebat banget euy, pr tinggi lagi! :D

yayan said...

thanks gan,,mantap tutorialnya

indra budi legowo said...

Aslkm, bang ijin share di blog ane : www.indrabl.blogspot.com sangat bermanfaat..terutama bagi ane:)

Unknown said...

sip, silahkan bro, noleh kok, asal dikasi link sumber yang sudah disediakan kodenya di bawah posting :D

Firman Dwinanda said...

wih.. postingannya bener2 bermanfaat buat newbie kaya saya..
udah lama saya nyari blog yang referensi nya kaya gini..
mudah2an ilmu yang di share disini bisa saya terapkan dengan baik..

keep blogging mas. :)

Unknown said...

yup, senang rasanya bisa berbagi ilmu bermanfaat. Insya Allah jika dilakukan dengan benar, dan blog berisi konten2 bermutu dan original (asli), SEO akan segera meningkat. Thanks, keep blogging juga ya :D

Toys and Hobbies said...

tutor nya manteb mas, cocok buat saya yg msh rapuh ilmu dlm menoptimalkan blog baru saya :)

Unknown said...

terima kasih atas tutorial SEO-nya. Baru mulai menaruh perhatian pada SEO soalnya.

Unknown said...

@Toys and Hobbies & @tutur: yup :D sukses ya buat SEO blog-nya, keep fighting...

Aritherev said...

wah,
gitu toh caranya :D
gakk nyadar nii anee, gan :D
makasii infonya gan....
kapan2 mampir ke blogku yah ;)

pulsa elektrik murah said...

thank sob info seonya,kebetulan ane juga masih pake blogspot

dadang hermawan said...

wah posting yg bermutu sekali gan , ngikut belajar SEO nya gan....dimohon bimbinganya gan...soalnye masih newbie aku ini....

Make Crafts for kids said...

langsung praktek nih...thanks for sharing2..

juhandi said...

terimakasihnya atas ilmunya, saya akan coba praktekan salah satu cara di atas pada blog saya..

agustin's aggunk said...

makasih infonya akan saya coba dengan blog baru saya, http://indoscream.blogspot.com

Kamera Pengintai said...

thanks infonya, sangat bermanfaat sekali....

DaHsYaT Mp3 said...

Mantap neh,lengkap banget tutorialnya

bajumuslimbagus said...

ummm,,, makasiy yah tipsnya, keep to share maz

Berita Dan Gossip Terbaru said...

mantab gan, ane juga pemain blogspot nih,,,,

nice chare

HOME MODERN DESIGN said...

makasih banyak infonya kawan...

mampir di blog ane gan..

HOME MODERN DESIGN

http://newhomemoderndesign.blogspot.com/

djaloe said...

wah gan gmn ya gan saya punya blog pengen ningkatin seo tapi judul blog saya aneh2, padahal blog saya isinya bukan tutorial mending saya gmn ya gan??

http://si-gembel.blogspot.com/

Unknown said...

Tidak masalah. Yg di atas hanya contoh saja. Sebuah blog tidak harus dalam bentuk tutorial dan memang seharusnya tidak semua blog dalam bentuk tutorial. Anda tidak perlu latah untuk memiliki blog berisi tutorial karena katanya SEO nya baik, padahal tidak. Banyak blog berisi tutorial yg SEO-nya kandas.
Semua hal atau topik pasti memiliki kesempatan untuk di-SEO kan. Yang perlu anda perhatikan adalah keyword. Buat judul dengan keyword yang padat dimana kira2 pengunjung akan mengetikkannya di form pencarian Google. Perhatikan juga keyword yg digunakan di dalam posting. Buat niche yg khas pada blog anda, kaena blog berniche punya kesempatan lebih besar mendapat SEO yg baik. Setelah itu lakukan hal2 seperti di atas.

Around Gadget said...

Infonya keren teman .
mampir ya teman ke tempat saya .
www.aroundgadget.com

Home Modern Design said...

okay atas sarannya,saya baru belajar ngeblog ni....ternyata asik juga ya ngeblog...hehehhehehe

zarnadi said...

makasih gan numpang belajar ya...

Khilafah State said...

nice info gan buat blogger cupu kaya ane hehe
keep blogging kawan.sekalian numpang promosi nih
update info konspirasi, free download nasyid/murottalqur'an.mp3, free software
http://iqrasman8.blogspot.com/

arusmayadi said...

artikelnya langsung aku print dan pelajari, wow sangat bagus sekali untuk naikin rating... thanks bro....

Awil Fariza said...

makasih
infonya sangat berguna bagi awak yang masih baru di dunia per-blog-an
salam kenal

aguz said...

Artikel yang sangat membantu,... thanks GAN...

Internet Tools said...

info yang bagus..terimakasih dan akan saya coba http://newsr3r3.blogspot.com

Kang Romly said...

artikel ini memang sangat di cari oleh para blogger pemula

Beck said...

Salam kenal. Bagus postingannya mas, saya lagi belajjar seo nih, dan butuh pengetahuan tentang seo dan kebetulan disini saya dapat yang kucari, thank's atas infonya.....!!!

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
laptop reviews said...

mas, sepertinya sekrang Google juga menghitung social share linknya juga mas, ga harus pake G+, pake Twitter + FB sepertinya baik meskipun link FB nofollow, link backnya ga dihitung tapi social sharenya yang diperhatikan.. thanks :D

User 4537 said...

Bermanfaat sekali.
Trims atas sarannya...

Lpbm-Stmik said...

mantab gan? walaupun sulit..kckckkc
izin lapak..biar blogwalking..hehehe
http://lppm-stmik.blogspot.com/

misikeladi said...

bagus gan tutorialnya

http://misikeladi.blogspot.com

Aditya Harviansyah said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Kunjungi Blog saya... terima kasih... klik disini...!! said...

thank infonya

cara optimasi said...

thanks sob atas infonya..
sangat membantu...

Travel Haji Umroh said...

Terima kasih share nya,,, saya juga mau tanya saya harap bisa dijawab,,, kalau mau bertukar link kan ada kolom reciprocal Link URL, yang saya isi link website saya atw link website orang lain,, contohnya website saya http://aufar-travelhajiumrah.blogspot.com/ dengan sub categori http://aufar-travelhajiumrah.blogspot.com/p/paket-haji.html sedang link orang lain contohnya http://buka-rahasia.blogspot.com thx penjelasannya

Agen Dupa Denpasar said...

wahh membantu bgt kk makasih ^^
mohon kunjungannya ke blog saya salam kenal
http://juiceinmyhome.blogspot.com/

Nugzraha said...

thx gan .

agus heryana said...

berharga.

Gudang Puisi said...

Super artikel *THUMBS UP*

Unknown said...

thanks banget

www.perangkap-nyamuk.blogspot.com

Ali Bloggers said...

sangat bermanfaat sekali sob, mudah2an yang baca pada melaksanakan tips yang sobat kasih, ijin kopas ya sob, kalau gak suka bilang aja, biar saya hapus. hehee hiks

wisnu adji said...

serperti artikel diatas meninggalkan komen beserta link nah ni terimakasih tapi meta tag apa sama dengan tag pada wordpress? ni website saya http://canggihnya.blogspot.com/

Unknown said...

beda sobat. tag pada wordpress digunakan sebagai pengelompok posts dengan dasar keyword tertentu. jadi bukan meta tag. meta tags adalah informasi khusus yg dibaca oleh search engine sebagai dasar informasi mengenai suatu situs/web.

Unknown said...

mas bagus2 bgt tipsnya...maksih bgt,,

Atlast said...

thanks infonya..
http://seablue38.blogspot.com/

Download Game Gratis said...

Mantapz nih Gan...
Matur thank you panduannya.

nyampleng said...

terimakasih gan atas tutorialnya, bermanfaat banget gan , saya mau tanya gan, kenapa blog ane kug bisa kna goggle dance,,??? trimzzz

cops eat shit said...

thx bro,numpang belajar,,blog ane mirip kuburan x(

Dlur Blog said...

thank infonya gan

Software Akuntansi Terbaik said...

terima kasih sekali atas tutorial SEO nya, sangat membantu saya yang masih pemula.

Adhika Iswahyudi said...

Mas,, ,
ijin bkin Blogroll yak.. . ^_^
biar nambah temen bloging. Langsung saja yak.. .

Unknown said...

yup sobat. silahkan & terima kasih :)

pusat seni said...

bagus bagus bagus, jangan lupa mampir di blog ane y? http://blog-mranggen.blogspot.com

Bibo said...

informasi yang bagus untuk saya... semoga bisa langsung saya aplikasikan...

janganlupa kunjungi blog sederhana saya ya... :

Andi M said...

Secara prinsip saya paham arahan dari ulasan yang sangat bagus ini, tapi entah kenapa saya sangat susah sekali mengaplikasikan petunjuk-petunjuk menyangkut IT dan cara ngeblog ini.
Sekalian saya ingin bertanya kepada saudara2, bagaimana cara mengatasi gaptek ini?
Terima kasi dan salam kenal buat semua.

arul said...

materinya bagus sekali saya akan coba di blog saya thanks infonya

Unknown said...

wah lengkap banget bro ulasan nya. merinding...

xDer said...

terima kasih gan atas tips2nya.. menawan :)

Maz Yudha said...

makasih atas infonya

Unknown said...

so nice gan

Maztam Blog said...

Wah cara yang bagus mas bro, boleh nih buat bahan referensi :D
Jangan lupa mampir di blog saya

dagumujahid said...

hatur nuhun nya.........

Tips | Download gratis said...

nice artikell mas broo
oia yang mau tambah refrensi tuk belajar SEO disini yaa.

klikwebsaya said...

info yg berguna mas bro ..
mkasih bnyak ...

Abdul R Hakim said...

thanks mas infonya... sebagian tips2 sampean sudah sy praktekkan.

secondary health insurance said...

Wah very nice, thank for information...

Bali Web Design said...

Cara yang jitu mas...mantap....

kaosedhewe said...

Keren bro tips-tipsnya...

Semoga SEO website ane bisa meningkat...

Btw masih bingung, anchor text gunanya buat apa ya?

Oke Share said...

masih bingung nih :D biasa ane newbie gan ,
salam kenal dari ane gan
http://oke-share.blogspot.com/

zhi cun lee said...

I am very happy to see you here. Thanks for share your thought about blogging. And the best part of it, we all in the warmest community and find the greatest people like you, my friend. I am proud to be your friend here. God bless you.

Habluez Share said...

Mantab Sob..!!
Kunjungi ini juga kawan..!!
http://habluezshare.blogspot.com/2012/02/sumber-berita-cerita-inspirasi-motivasi.html

aswanudin said...

asik gan :D .nambah ilmu ni
http://aswanudin.blogspot.com/2012/01/kompetisi-web-kompas-muda-pertamina.html
jangan lupa mampir gan :D blog saya do follow :) buat semuanya aja :D

aswanudin said...

oh iya saya mengharap abang-abang sekalian mau link exchange dengan saya :) .. bisa ke mampir ke aswanudin.blogspot.com

ArhyErna_Blog said...

thank's informasinya sobat...!!! ada pertanyaan dan mohon dijawab sobat demi peningkatan blog ane...!!! berdasarkan poin ke 5 dan ke 9 tentang keyword yang bertele-tele dan berbicara mengenai komentar yang bagaiman sob..???? tolong pencerahannya dan kalau bisa kunjungan dan butuh pencerahanya sobat,,,!!! apa yang mesti ane lakukan... sangat diharap kunjungannya sobat...!!!

kursi jepara said...

salam super, sangat super sekali tetep berusaha menggali informasi dimanapun berada salam supeer

Sweethy said...

Alhamdulillah, saya dapat ilmu dan wawasan lagi.

Thanks ..artikel menarik dan akan saya coba langkah2nya.

Basith Kuncoro Adji said...

Sangat banyak banget yg harus dilakukan dalam memperbaiki SEO blog, disini banyak banget infonya, aku coba secara perlahan :) Trims yah ^_^

adhy said...

mantapp.. http://wahanacorp.blogspot.com/2012/02/rayuan-gombal-paling-ampuh.html

Unknown said...

follow ya .
http://www.allgamersz.blogspot.com

Rizal-sharing said...

info yang sangat bermanfaat . terima kasih sobat

Angga Lanuma said...

makasih gan infonya... aku mau coba dulu....

astronomi unik said...

wah kelihatannya keren, tp masih bingung, maklum newbie..

kucob@berbagi said...

siip tipsnya... makasih gan dah berbagi,ternyata blog ane dah termasuk judul artikel didepan nama blog... padahal ane gak pernah menyetingnya... Ok deh mantaf bgt postingannya.

cerita hot said...

Pengen deh supaya blog nya bisa seo..kapan ya

pradip said...

hooo.. dicoba dicobaa

bungsu pangauban said...

newbie ne gan soal blogging.... tips nya keren, nyoba dehhh.....

Anonymous said...

Thx, nice info

www.tiarakasihbunda.biz

squidy said...

thank gan, langsung ane coba buat blog2 blogcepot ane.:D

Dunia Ibu dan balita said...

Terima kasih posting yang sangat bermanfaat untuk saya yang baru belajar ngeblog

Anonymous said...

wah info yg sangat bermanfaat salam kenal ya.... jgan lupa kunjungan balik ke blog aku.. trims

febrian achmad nurudin said...

terima kasih informasinya

pencegahan demam berdarah said...

makasih ya tas ilmu yang telah di berikannya...

Penyebab Penyakit Maag said...

Makasih ilmunya sangat berguna...moga sukses terus...

bahaya terlalu lama duduk said...

mantap sekali gan atas ilmunuya

Idham said...

Makasih mas bro, saya mau belajar dulu ya dari blog ini.

zhigy said...

makasih gan infonya....
ijin coba,,,

penyebab alergi said...

makasih banget atas ilmunya,,,,,,

GreenOTO said...

ane yang masih newbie jadi tambah ilmu ni karena juragan.kunjungin blog ane juga gan di http://www.greenoto.blogspot.com
makasih dan salam kenal gan...

Ade Luna said...

om nubi numpang tanya, kenapa ya website atau blog yg punya alexa rank ramping semisal 3k gitu tp google PR nya malah cuma dikit sekitar 3 atau 4, tq

Puzzle Al Qur'an said...

Poin no. 4 maksudnya meletakkan judul blog di bawah posting bukan? Kemudian cara membuat label jadi no follow gmn?

Unknown said...

Terimah kasih gan tips SEO-nya sangat membantu sekali buat newbie seperti saya.
Silahkan mampir di http://www.jss-triplerindo.co.cc

apri adi 031 said...

thanks info'x ya Gan,,,,,,,

Irawan said...

Dulu template tak begitu berpengaruh tapi sekarang sepertinya memberi pengaruh yang besar juga ya dalam optimasi seo
nice share agan..

Blogger Indonesia said...

wah terima kasih atas tutorial dan tipsnya

Boby Aoliya said...

boleh juga nih tipsnya, makasih banyak ya kang :)

all share said...

Blogwalking gan.....berkunjung gan....
Nyasar kesini gan...wkwkwk

www.sundaboy.com said...

mantap om bos :)

MAza said...

terima kasih atas informasinya....
www.pmisidrap.co.cc

Anonymous said...

udah lama bikin blog tp cuma bikin ja g tau mo diapain lagi, tulisannya banyak membantu. baru buat blog pk WP, 2 hari kemudian udah terindeks digoogle. makasih banyak boz...mohon pencerahannya jika ada yg tidak dimengerti.

Unknown said...

Thanks Artikelnya mas bermanfaat sekali ini bagi newbiew seperti saya :) salam kenal mas

Hirlanda said...

Makasih mas bro, saya mau belajar dulu ya dari blog ini.

Batikrock said...

SANGAT..bermanfaat sekali ini bagi newbiew seperti saya terima kasih........

Unknown said...

kren mas,,
mampir ya di blog saya..
www.tipssoftware.co.cc

Unknown said...

postingan yg berguna kawan..slm silaturahmi ..
http://sekedarkabar.blogspot.com/

asuhan keperawatan nanda said...

mantap gan infonya...
akan saya cobba di blog saya...
update terus ya...
teerima kasih...

syihab said...

saat ini, saya http://halbink.blogspot.com/ masih belum terlalu paham dengan dunia blogging, jadi pada tahap ini saya hanya kebanyakan ngepost2 artikel2, terima kasih infonya.

Narayana 734 said...

Trims infonya gan, sangat membantu...:)

Yusuf said...

mantap bro artikelnya, trik seonya lengkap dan sangat membantu terutama bagi pemula seperti saya

yepi share said...

wah terimakasih sekali atas infonya gan.semoga ini bisa menjadikan pembelajaran untuk saya.

Abu Ghaisan said...

terima kasih informasinya, sangat bermanfaat terutama bagi pemula seperti saya...

Fikky Frediandika said...

terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat..

Dara Imuth said...

Datang pagi2 buat belajar... makasih ilmunya mas...

Hot News International said...

gan mohon bantuannya saya blogger pemula tolong masukannya tentang blog saya di http://kambingunix.blogspot.com

beruhosting said...

wah butuh belajar seo banyak nih disini...bookmark ah.......

Icha SF said...

hatur nuhun mas :)

cah angon said...

terima kasih banyak gan, telah mau membagikan ilmunya.
sedot aplikasi gratis gan
http://softwarefree27.blogspot.com/2012/04/download-microsoft-office-2010-free.html

will123 said...

Thank's banyak sob .

WO OS said...

Thank's gan infonya

Feris said...

mangtab gan infonya...

info menarik

Goodbox said...

THANKYOU ATAS SEGALA INFONYA NYA

Rahmad Widodo said...

okeh..

obyektif-magazine said...

Trim informasinya yang sangat bermanfaat. Tambah ilmu baru dan sangat membantu bagi kami, yang baru memasuki dunia online...Salam kenal, numpang lewat Gan, selamat dan sukses selalu untuk Anda. Kalau sempat kunjungi balik ke website-ku. Trims.

obyektif-magazine said...

Salam kompak:
Obyektif Cyber Magazine
(obyektif.com)

New PC said...

makasih mas dah sharing, bermamfaat bgt bg pemula kaya saia

file education said...

mas buka rahasia memang hebat salut saya pada blog mas ini

Dody Farial said...

thanks ya bro

bejilbab said...

setelah lama mencari kesana kemari,, akhirnya ketemu juga tips yg satu ini,, mantap dah

Syafrizal Jack said...

thx masbro, kita juga lagi belajar bikin blog yg baik

toko online said...

berarti themes juga pengaruh ya. makasih ya gan. atas infonya

Kevin Samara said...

thx...

apa template sy ini udh seo friendly apa blom...
tokoh-duniaku.blogspot.com...

mohon arahan

duniapetualang said...

thakns gan

ione-bacero said...

wah gila komentarnya banyak banget.....jadi ngiri, numpang belajar.....terima kasih podstingannya bagus bener

MILITARY TECH said...

Bos, ada problem nih.

Aku coba test cari artikel ini di Google. Hasil yang terlihat di hasil pencarian, judul artikel ini memang beda dengan alamat url nya (judulnya lebih menarik). Memang itu kan yang kita harapkan.

Nah, kalo yang aku malah jadinya jelek. Kenapa? belum sempat aku edit judulnya, artikel tsb sudah keburu di index Google (paling beberapa detik). Hasilnya, judul artikelku sama dengan alamat url nya.

Jadinya, judul artikelku di halaman pencarian terlihat gak menarik. Kan bisa pengaruh tuh bagi mata pencari yang melihat. Gimana bos?

Asam Urat said...

makasih infonya gan..kebetulan saya lagi nyari materi ini..

Infeksi Saluran kemih said...

ini niihh materi yg say cari2..makasih gan infonya..

Gondok said...

kebetulan saya nemu ini..saya lagi butuh bnget soalnya..makasih bnget gan sharenya..

Xenda PC Games™ said...

Mantap..... !!!
up up up......

teguh susanto said...

terimakasih atas artikelnya, pas buat saya sebagai pemula...
http://www.teguhmedia.com/

dadali007 said...

makasih Gan atas inpohnya,,, sangat berguna sekali.. :)
salam,,, http://www.saudagartiket.com

senses said...

Thenkyu sob InfoNya,,,

salam kenal,
http://indra-combination.blogspot.com/

tridi said...

Terima kasih mas, artikel'a sangat membantu saya yang sedang belajar SEO.. :D

alfi said...

Backlink om >>>>>>>>

P-Man said...

ke sini yukk ....

http://blogrecco.blogspot.com

sanusi said...

keren abis bang mohon pencerahan blog ane sepi penguncung gimana caranya bang

Unknown said...

makasih banyak atas informasinya,, besar keinginan saya supaya blog saya akan lebih baik dengan menerapkan apa yang sudah anda informasikan,,

maen ke blogku yahh,,

Unknown said...

thanks banget ya gan informasinya membantu baget

dm said...

thanks untuk informasi nya...

have a nice day :D

wIzYuLoVeRz said...

Alhamdulilah, Saya Bersukur mendapatkan InformAsi Yang Sangat Berkualitas, Sehingga Blog Saya Mempunyai Kemajuan, Terimakasih Mas Ahmad.

Unknown said...

http://dunia-article.blogspot.com
untuk linkbuilding,berapa blog dofollow idealnya yang diikuti,thank..

pulau tidung said...

langsung praktek dah, trim's gan infonya

Bambang Eko Wahyudi said...

keren bget gan.... Gue coba dulu achhh...
http://allinier.blogspot.com

Muhamad Farhan said...

Salam kenal
Silahkan comment di situs saya
http://agiptek.com (sudah PR 3 di google)
komentar langsung muncul dan tidak didelete selama tidak berkomentar buruk

kikils said...

banyak juga cara-cara meningkatkan SEO, harus banyak praktek nih

obat herbal said...

terimakasih infonya semoga bermanfaat

Wanwan Max said...

Info yang bagus, sangat bermanfaat untuk semua....
Lirik juga http://www.andaikata.com/

laguanz said...

lengkap banget ... tapi jujur , saya masih bingung soal yang beginian, berguna banget artikel ni untuk belajar
http://kasax-kusux.blogspot.com

obat herbal said...

terimakasih infonya, semoga bermanfaat

keluarga ale said...

mantab,, sip pasti di coba,, lanjut ke halaman berikutnya

Blog DoFollow I 1000 backlink gratis said...

Sip

Clone Distro said...

Ok, saya coba praktekan gan . . trimakasih masukkannya . . :D

rahmat solihin said...

terima kasih gan, baik saya akan coba sekarang juga

fauzan said...

artikel yang sangat membantu
http://www.semangatinspirasi.blogspot.com

dedi said...

terimakasih infonya neh..

Anonymous said...

ok mas...saya akan coba memulai menyeokan blog saya..

ZOZA KIDS TOYS said...

makasih pencerahannya... mas...

Anonymous said...

wah langsung praktek nich

Goez ini said...

nice,.artikel bos...ditunggu posting selanjutnya!!!

arfan said...

Ini bener2 artikel yang bermanfaat......

Ilu lainnya dong yang buka2an ... :D :D

Pandu Shop said...

Artikelnya mudah-mudahan bisa membantu website saya www.PanduShop.com yang baru dalam tahap pengembangan. Makasih banyak infonya bro...

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap