Hindari 9 Hal Dalam Berkomentar di Blog


Salah satu cara untuk meraih backlink, atau link yang merupakan linkback dari sebuah halaman web/blog ke halaman web/blog yg lain adalah dengan berkomentar serta meninggalkan link dengan keyword tertentu. Akan tetapi kadang hal ini jadi merusak esensi & fungsi fitur komentar blog dan justru menjadi ladang spam yg tidak diharapkan oleh pemilik blog. Tentu saja ini sangat merugikan. Akhir-akhir ini saya sering pula menemukan banyaknya spam di blog ini yg sama sekali jauh dari konteks pembicaraan di dalam posting serta tidak memberikan value apapun. Tujuan berkomentar adalah untuk menyampaikan respon yg sesuai serta untuk berdiskusi dan menemukan solusi. Hal inilah yg melatarbelakangi adanya fitur blog comment. 

Melihat hal ini, saya ingin berbagi sekaligus menyampaikan comment policy di Blog buka-rahasia.blogspot.com. Comment policy ini dibuat karena saya banyak menemukan komentar-komentar yg dibuat sangat serampangan sehingga jelas sekali itu ditujukan sebagai spam atau nampak (bagi search engine maupun mata manusia) sebagai spam. Tentu saja komentar seperti itu sangat merugikan karena berdampak besar bagi SEO dan traffic. Pastinya, sobat Blogger semua tidak ingin mengalaminya juga, bukan?

Spam? Apakah blog nofollow mengenal spam? Bukankah link pada bagian komentar telah ditanami aturan rel=nofollow? Ada paradigma yg berkembang pesat bahwa hanya link dofollow yg memberikan linkback. Sehingga banyak yg berbondong-bondong mencari blog dofollow. Kenyataannya sama sekali tidak demikian. Google masih juga memperhatikan beberapa  link meskipun bersifat nofollow. Ini terbukti ketika saya melakukan cek pada "links to your site" di Google Webmaster Tools, ada banyak linkback dari blog atau website nofollow. Ini benar adanya dan telah banyak blogger yg mengetahuinya. Google juga akan memberi mark link juice pada halaman blog dan blog nofollow apabila terlalu banyak link tidak berkaitan (spam) dan terlalu banyak (excessive links). Para spammer rupanya mengetahui hal ini karena terlihat mereka tidak hanya berbondong-bondong berkomentar di blog dofollow, namun semua blog meskipun sebagian nofollow. 

Hal-hal yg Harus Dihindari/Tidak Dilakukan dalam Berkomentar di Blog

1. Jangan tinggalkan link di dalam komentar (comment post body)
Link di dalam komentar sangat mengganggu dan bersifat spammny karena sangat berkesan dipaksakan dan tidak memiliki keterkaitan dengan posting. 

2. Isi komentar yg tidak berkaitan dengan artikel/posting
Komentar berkualitas adalah komentar yg memang ditujukan sebagai respon/pertanyaan atas isi posting. Komentar yg sama sekali tidak bertujuan akan merusak isi posting tersebut dan akan mengurangi kesempatan anda untuk dapat berkomunikasi langsung dengan penulis dan menjalin hubungan yg baik. Jika memang tidak ada yg perlu disampaikan, hindari berkomentar. Isi komentar yg terkesan dipaksakan karena hanya ingin meninggalkan link justru merugikan anda sendiri karena itu tidak akan dipertimbangkan baik oleh penulis blog maupun oleh search engine. Contoh komentar yg tidak atau kurang berkualitas: "Thanks, gan!", "Pertamax!", "Makasih buat infonya" (meskipun artikel sebenarnya tidak hanya memuat info, namun tips yg dibuat secara mendalam atau widget yg sebenarnya telah dibuat dan dimodifikasi sedemikian rupa), dan masih banyak lagi. Isi komentar menunjukkan kualitas blog dan blogger serta menjadi sarana promosi blog dan blogger yg ampuh. Namun sebaliknya, sekaligus bisa menjadi alat penilaian yg bisa merugikan anda.

3. Nama komentator yg terlalu panjang dan bersifat spammy
Nama komentator adalah anchor text dari link komentator. Ini memang sangat bermanfaat untuk memberikan efek linking yg berkualitas. Namun nama yg terlalu panjang, biasanya berisi frase yg berlipa-lipat jumlah katanya atau bahkan dalam bentuk kalimat merupakan spam. Anchor text ini biasa digunakan untuk mengoptimasi deep link, atau halaman lain yg bukan halaman utama, misalnya posting atau kategori. Tahukah bahwa meninggalkan deep link di dalam komentar tidak akan berefek besar? Apabila anda harus mengoptimasi halaman posting, lebih baik lakukan melalui social bookmark atau usahakan ada blogger lain yg memuatnya di halaman posting. Efeknya akan jauh lebih besar dan link anda tidak akan dianggap spam. Selayaknya nama adalah identitas anda atau yg berkaitan dengan anda.

4. Terlalu banyak meninggalkan komentar dengan nama/anchor text sejenis dan berlebihan
Spammer sering mencari peruntungan untuk memastikan mendapatkan linkback dari sebuah blog. Meninggalkan satu link saja sebagai komentator adalah spekulasi, karena belum tentu menghasilkan linkback. Maka biasanya dia akan berkomentar besar-besaran di  banyak posting dalam sebuah blog. Hindari hal demikian apabila anda tidak ingin dianggap sebagai spammer tulen.

5. Menggunakan Caps Lock atau Capitalization (Penggunaan huruf besar dalam komentar)
TAHUKAH BAHWA PENGGUNAAN HURUF BESAR PADA KALIMAT SEPERTI INI DAPAT MENGGANGGU PEMBACA DAN MERUSAK MOOD MEREKA DALAM MEMBACA? ADA BANYAK PENELITIAN MENYEBUTKAN BAHWA PENGGUNAAN HURUF KAPITAL PADA HAL-HAL YG TIDAK PERLU DITEKANKAN DAN DIGUNAKAN SECARA BERLEBIHAN DAPAT MENYINGGUNG PERASAAN PEMBACA.

6. Menggunakan penekanan dengan huruf tebal (bold) dan miring (italic)
Penggunaan bold dan italic pada komentar posting sangat jelas ditujukan untuk menekankan halhal yg berkaitan dengan anchor text yg dioptimasi. Akan tetapi hal ini menunjukkan semakin jelasnya ketidakterkaitan antara komentar dan dan isi posting.

7. Komentar, nama komentator, dan link yg bersifat atau berkaitan dengan SARA & Porn*gr*phy
Telah jelas apa yg dimaksudkan bahwa banyak blog dan juga blog ini menghindari dan mengharamkan hal-hal yg berkaitan dengan dua hal tersebut. Meskipun tidak berkaitan langsung, namun hal hal seperti "gadis smp", "cewek kampus" dan lain sebagainya dapat dikategorikan dan berkaitan dengan porn*gr*phy.

8. Isi komentar yg sama dan diulang-ulang.
Salah satu cara paling malas bagi spammer adalah menggunakan pengulangan kata atau kalimat pada setiap komentar. Bisa dipastikan spammer hanya melakukan copy paste isi komentar yg telah dipersiapkan sebelumnya, atau menggunakan auto fill in comment, atau pun menggunakan layanan blog commenting dengan tool atau plugin tertentu. 

9. Menggunakan fitur komentar untuk Berpromosi
Komentar adalah sarana promosi bagi blogger dan blog-nya karena isi komentar merupakan cermin keduanya Namun, apabila promosi itu berkaitan dengan produk tertentu semacam afiliasi, produk komersil, dan segala sesuatu yg tidak berkaitan dengan posting adalah hal yg harus dihindari. Gunakan social bookmark atau direktori blog-web yg melegalkan isi semacam itu.

Komentar-komentar dengan karakteristik seperti di atas dengan terpaksa, tanpa tujuan atau tendensi lain, harus saya hapus dari blog ini karena sebelumnya telah mendapatkan warning dari search engine terutama Google. Dalam kaitannya dengan etika berkomentar, tentu saja ada banyak muatan subjektif dari saya sehingga tentu saja tidak semua blog memiliki kebijakan komentar (comment policy) yg sama. Posting ini sekaligus juga menjadi sarana berbagi ide mengenai etika berkomentar untuk menghasilkan kebaikan bagi blog dan komentator blog.

Regards,


mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Hindari 9 Hal Dalam Berkomentar di Blog
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 53 Comment(s):

khatgrafik said...

Salam, info yang sangat bagus. Saya setuju dengan pernyataan no 5, huruf besar menunjukkan reaksi marah atau kurang senang.. harus dielakkan.

Becks said...

salam.
sy jg terkadang melakukan beberapa point diatas tersebut, tapi itu krn sy mmng tidak terlalu tau mana jenis komentar yg bisa dianggap sbgai spamming dan mana yg tidak dan setidaknya dgn postingan diatas, sy bisa jadikan acuan selanjutnya dalam memberi komentar yg lebih bijak dan tak menganggu siapapun.
Salam.

Ahmad Khoirul Azmee said...

@khatgrafik: salam juga :D yup benar sekali sobat. Huruf kapital kurang mengenakkan untuk dibaca jika tidak pas penggunaannya. Terkesan ada konotasi marah. Oya, btw sobat dari Malaysia ya? Nice blog you have :)

@Becks: Salam juga bro
Yup, its okay bro. Segala sesuatu pasti ada prosesnya dan pembelajaran untuk ke arah yg lebih baiklah yg sangat berharga. Jadi, bukan masalah apa yg dulu dilakukan, melainkan apa yg kita perbaiki dan lakukan ke depan. Saya pun juga demikian dulu ketika blogging sampai akhirnya banyak nasihat dari blogger senior dan banyak sekali manfaat yg saya rasakan.
:D Happy blogging n semangat! :)

katils said...

cara pasgng site linkna gmana gan

kLEpto said...

blog ane udah dofollow gan, tapi kok masi jarang yg mau komen y, heheh

TaQ said...

mantap gan

furniture jepara said...

ok. gan,,,,
aku sepakat, salam kenal aja.

rockmanticks said...

gan makasih ea daftarnya blog dofollow saia coba dulu

Agen-xamthoneplus said...

makasih ya infonya,,
saya akan mencoba dulu

yasirutomo said...

wah.. sepertinya saya melanggar point 1. Tapi tidak akan terulang lagi. terimah kasih informasinya.

Toko Furniture Jepara.com said...

Baik mas brow, makasih infonya, bermanfaat sekali.

Berbagi Kreativitas said...

Kadang suka terpikirkan bagaimana cara mengajak teman-teman pengunjung agar terkesan dapat membantu pengembangan blog kita seputar Optimalisasi komentar. Tidak sedikit pula saya jumpai artikel dengan maksud dan tujuan yang sama terkait komentar seperti post Buka Rahasia tersebut. Sepertinya memang kurang jelas gitu ya.. kan padahal sudah saya terapkan himbauan saya diatas kotak komentar ya seperti cara sahabat ini juga, yang paling sering untuk poin no. 1 tapi tetep saja gak diperhatikan kalo seperti saya yang baru mau gak diupprove sayang..! :D Kalo menurut sahabat nih untuk "singkatan kata" bagaimana? kalo untuk optimalisasi jelas tidak baik jugakan dilakukan? :) karena artikulasi bahasa itu sangat penting Salam.

asthaluph said...

wah pantas saja blog ane lama yah naek rank alexanya.
ternyata masalah saya ada di pertanyaan nomer enam.
haduh,
tipsnya sangat berguna mas..

Deden Rizki said...

Tipsny berguna banget gan 'salam blogger indonesi' by mashasih

Jurnal Secience said...

oke banget gan infonya, sedikit-sedikit saya mulai memahami.terima kasih sudah berbagi.

Belajar Fotografi said...

Setuju banget...
nice info gan.

Sang Manyar said...

Hahahahaha... Nyindir abis nih artikel. Kena terus saya. Hahaha... Tapi jujur sih emang yang gituan itu bikin sebel. Apalagi pake capslock. Naujubillah. Kayak ngomong sama orang budhek aja. But, makasih dah "menyandarkan" hamba dari kesesatan. Hehehe... Insya Allah jadi komentator yang cerdas kedepan

(Lha ini komentar cerdas apa nggak ya?^_^) No Spam, No Link, No Sara, No Porno. Setujuuuuuuu. Salam Manyar!

Mohammad Amami said...

thanks tas saran'a om

Raka Nizart said...

dapet banyak banget info saya gan :D ,
makasih yoo , sangat bermanfaat ..!!

Artikel Bisnis said...

You are right gan, sudah selayaknya dalam hal komen dan sejenisnya harus tetap mengedepankan profesionalisme dan kejujuran.

arie5758 said...

Terima kasih pencerahannya gan, mudah²an saja apa yg saya tulis di komen tidak dianggap sebagai spam. Salam kenal :)

Anonymous said...

salam hangat...
sebelumnya saya minta maaf.. kalau cuma kata2 "makasih" or semacamnya, saya kira itu wajar. soalnya pembaca mungkin benar2 merasa sangat berterima kasih dengan postingan yg ada. kl itu dianggap sebagai spam or komentar yag g bermutu, sepertinya kurang pas. krn hanya dg kt "terima kasih" itu pembaca bisa menyampaikan rasa trima kasihnya.
tapi kl saya pribadi menerima apa yg juragan tulis di atas, soalnya ini kan blog juragan. so terserah yang punya mo menerapkan aturan seperti apa. :))
maaf kalau ada salah kata.
wassalam...

Universitas Indonesia said...

wah kalau sampai komen yang nyepam mah keterlaluan, ini bukan kaskus woy

The 7Bloggers said...

Hehehe gitu ya, mas saya masih sangat awam untuk mengetahui itu........?

Download Game Gratis said...

Malam Mas...
saya mau tanya poin nomer 3 nih, tentang nama komentar yang terlalu panjang. nama komentar yang ideal itu berapa karakter?
trus, nama seperti nama komentar saya ini terlalu panjangkah?
thanks.

File Professional said...

Sob. Azmi, blog saya blog dofollow. Kalau semua komentar jadi dofollow dan link orang lain di blog saya dofollow juga, apa gak akan mengganggu indeks terhadap blog kita?

Didi Aris Wijaya said...

Wah,.............keren gan trik dan tipsnya!!
ijin prektekin yah gan! dan artikel ini penting buanget untuk saya karena masih new

henzu said...

keren banget sob infonya...!!
sangat bermanfaat untuk acuan dalam berkomentar/berkunjung di blog orang lain, semoga juga bisa bermanfaat bagi semua para pembloging untuk meningkatkan pageranknya dalam berkomentar di blog orng lain.

Muhammad Irfan said...

Bisa saya copy-paste ini artikel?

Hanya untuk peraturan di blog saya, dan juga saya akan edit sedemikian rupa agar menjadi beda dari yang aslinya...

Ahmad Khoirul Azmi said...

Silahkan asalkan ada kredit atribusi sebagaimana aturan semestinya.

sepriyanto said...

makasih yan udah mau shear dan berbagi pengetahuaanya.
salam sahabat.

Unik dan Aneh said...

spam skarang lagi marak2nya kang azmie,,,apalagi itu si kontestan seo,,mmmm

puisi dan pendidikan said...

wah ini nih baru ilmu... makasih gan ilmunya. salam

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Unik: Benar, dan jika ada komentar dari kontestan demikian, akan langsung saya hapus tanpa berpikir dua kali.

abang said...

mas saya mau nanya? kalo comment as-nya
make Name/URL itu spam nggak?

Mohan dijawab ya mas, soalnya saya sering berkomentar dengan comment as Name/URL.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@abang: oh sama sekali tidak. yang dianggap spam adalah apabila nama komentator (anchor text)dibikin sesuai keyword yang sangat panjang. Nama komentator sebaiknya nama asli, atau setidaknya nama blog.

abang said...

makasih kang Azmi.

Blogspot Tutorial said...

wew...
bagus juga posting ini, efek samping jika melakukan hal yang dilarang diatas itu apa?

herman said...

wah ini nih baru ilmu... makasih gan ilmunya. salam
http://infokilat.com/music/noah-berkibar-smash-tak-gentar/

adheens said...

Dari judul artikelnya saja,.. "Hindari 9 hal dalam berkomentar di blog." .. Maaf sebelumnya, bukan ingin menyinggung siapapun, tetapi kalau di tilik lebih teliti beberapa komentar pada artikel ini jelas2 ada yg termasuk dalam poin yang di maksud si empunya blog.. :) .. Kalau komentar saya termasuk, dengan senang hati siap komentar ini di hapus..

dili tambayonk said...

mas bisa ga kita ngehapus komentar orang lain di blog kita??

pleace jawab di MY BLOG

Hugoes said...

Makasih sarannya Mas Azmi..Spam harus diperangi !

pesandisini.info said...

memang sekarang spam sudah menjadi kebiasaan. butuh kesabaran dua belah pihak

Er said...

Thanks Kang Azmi untuk sharingnya yang sangat berguna buat saya. Kang, mau tanya: bagaimana caranya membuat nama komentator dengan link url alamat website seperti beberapa rekan yang komentar di blog ini. Mohon dijawab yah. Tq.

zhalltrozans said...

mas saya sering sekali mendapat masalah di no2.. apa yang harus saya lakukan..? -_- ,tapi kok kenapa blogger tidak mendeteksi komentar tersebut sebagai spam secara otomatis melalui akun blogger komentar saya..?
.
respon ya mas.. :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

Maksudnya masalah yang dialami itu: blog anda yang sering mendapatkan komentar seperti di nomer 2 atau anda yang sering meninggalkan komentar seperti nomer 2?

Deteksi spam otomatis blogger bekerja melalui beberapa proses, jadi tidak bisa seperti email atau akismet, yaitu setelah menandai sebuah komentar sebagai spam, maka ke depannya secara otomatis masuk ke spam. Sistem blogger berbeda, spam otomatis akan diberikan pada sebuah akun/jenis komentar apabila akun/komentar tersebut telah berkali-kali ditandai oleh spam, dan juga tidak hanya oleh satu pemilik blog, tapi oleh beberapa pemilik blog. Setidaknya ada beberapa kali penandaan spam dulu sebelum sebuah komentar dianggap sebagai spam secara otomatis.

Sedangkan yang otomatis atau yang langsung masuk ke komentar spam secara otomatis adalah apabila algoritma pendeteksi spam sudah mengenalnya, dengan proses seperti di atas.

zhalltrozans said...

Hmm jadi begitu,, saya juga pernah si melalukan seperti no2, karena saya tidak tau ternyata komentar seperti itu berunsur spam, tapi kan komentar seperti ada yang tidak out of topic seperti 'thx infonya','izin download','di coba dulu ya', kenapa di anggap seperti spam..? apa komentarnya terlalu singkat..? lalu kalau mau berkomentar dengan benar minimal berapa kata..? :) (ingin belajar lebih baik).. hehee :D

Abdul Basit said...

Salah satu kriteria komentar spam adalah menanamkan URL dalam kolom komentar,tetapi masih saja ada yang melakukannya.Untung bagi blog yang sudah diberi anti link hidup.Saya yakin kebanyakan adalah kawan blogger yang sedang membangun backlink dengan memberikan komentar pada blog yang mempunyai PR tinggi.Satu lagi bang usul tipsnya : Agar sempatkan waktu untuk membaca artikel yang akan diberikan komentar.

actualnews.com said...

Saya pernah baca artikel SEO di blog bahwa salah satu cara untuk buat backlink yang efektif adalah kasi komentar di blog lain dengan menyisipkan link ke blog kita, yang bener mana ini gan. Padahal pagerank blog sumber artikel tersebut lumayan tinggi

Ahmad Khoirul Azmi said...

Yang anda sampaikan memang cara cari backlink, tapi bukan cara yang BENAR, karena tergolong sebagai spam. Sudah saya jelaskan di atas mengapa link di komentar dapat dikategorikan sebagai spam. Adanya kolom komentar ditujukan untuk berkomentar, bukan untuk nyepam. Simak selengkapnya di sini, untuk penjelasannya:

http://buka-rahasia.blogspot.com/2013/01/enyah-kau-spammer-komentar-blog.html

http://buka-rahasia.blogspot.com/2013/02/klasifikasi-spam-pada-akun-blog-blogger.html


Elbuy Zamen said...

Saya ingin tanya pada poit 4. katanya tidak boleh komentar di banyak posting karena dianggap spam. lalu bagaimana dengan para pelanggan setia blog ini yang akan komentar setiap post baru??? tolong jelasin lagi maksud banyak komentar di satu blog.thanks

yathi said...

salah satu yang diatas sering aku lakukan menggunakan hurup besar,meninggalkan link supaya orang bisa mengklikx,suka mninggalkan komentar tanpa membaca artikelnya misalnya terimakasih infonya,dan mulai sekarang aku tidak mengulanginya lagi

surya trio putra said...

saya mau nanya gan, saya buat posting kenapa tidak masuk ke tap/laman saya gan mohon bantuan nya gan

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap