Link Building? Pentingkah untuk SEO Blog? Ya, Penting!

link building
"Penting! Link building sangat penting untuk SEO Blog!" Itu adalah statemen yang benar-harus diteriakkan oleh saya berkaitan dengan usaha peningkatan SEO blog/website, alasannya sih nanti saja, belakangan. haha.

Jadi, apa itu link building?
Link building adalah proses untuk membuat dan meningkatkan jumlah dan kualitas inbound link, yaitu link yang mengarah ke suatu halaman blog/website.
Mengapa dilakukan proses itu? Karena semakin tingi jumlah dan kualitas link yang mengarah ke suatu halaman blog/website, semakin tinggi pula popularitas dan visibilitasnya. Dalam kaitannya dengan SEO, ranking suatu halaman dapat meningkat seiring dengan meningkatnya popularitas dan visibilitas tersebut. Artikel baru dari suatu blog yang telah populer di mata search engine juga akan cepat terindeks dan cepat memiliki SERP yang baik.

Oke sebelum pembahasan mengenai link building diarahkan lebih jauh, kita pahami dulu apa itu sebenarnya "link". Link adalah connector (penghubung) antara dua halaman web, baik dari suatu halaman utama (homepage) maupun dari suatu sub halaman ke sub halaman yang lainnya (post/article page). Link merupakan bagian dari navigasi website yang tidak dapat dipisahkan. Link yang demikian disebut sebagai internal link.
Lalu, ada pula external link, yaitu link suatu halaman website yang berada di halaman website yang lain, atau sebaliknya. Sebagai contoh, ketika anda mensubmit artikel ke situs direktori artikel dan mencantumkan link artikel website/blog anda, maka terdapat koneksi yang terhubung dari halaman direktori ke halaman artikel anda melalui link tersebut. 
Dengan demikian, telah jelas bahwa link building juga berarti membangun link baik secara internal (internal linking) maupun secara eksternal (external linking).  

Internal linking berarti membangun navigasi untuk suatu webiste/blog di dalam website/blog itu sendiri. Semakin baik internal linking, semakin baik pula navigasinya bagi pengunjung maupun di mata search engine. Logikanya, pengunjung dapat dengan mudah mencari artikel yang diinginkan dan berkaitan. Reference (referensi) dari suatu halaman ke halaman yang lain menunjukkan adanya keterkaitan suatu isi satu sama lain. Selain itu, search engine dapat dengan mudah memetakan link-link yang ada di dalam website/blog.  

Eksternal linking adalah usaha untuk membangun reference dari suatu blog/website lain melalui link yang mengarah ke blog/website tertentu. Adanya reference ini menunjukkan bahwa isi suatu halaman website/blog itu penting di mata website/blog lain. So, semakin banyak dan berkualitas eksternal link yang mengarah, semakin penting pula halaman blog/website tersebut. Search engine kemudian melihatnya sebagai popularitas dan visibilitas suatu halaman website/blog, oleh karena itu dia lalu menaikkan ranking-nya di dalam halaman search engine (SERP). Kemudian, karena link halaman tersebut direferensikan oleh banyak blog/website yang juga memiliki nilai penting dan memiliki keterkaitan yang baik di mata search engine (berkualitas), maka search engine (Google) menghadiahi halaman tersebut dengan PageRank. :)

Nah, disini berarti kita sudah sampai pada SEO (Search Engine Optimization) dan cukup beralasan sudah mengapa link building itu penting. So, bagaimana melakukan proses link building yang baik bagi SEO? Dari apa yang telah sedikit  dibahas di atas, kita ketahui bahwa syarat link yang baik harus memenuhi beberapa kriteria dan tidak hanya bergantung dari jumlahnya namun juga kualitasnya, yaitu bersumber dari website/blog yang credible (bisa diartikan sebagai blog/website yang ber-PageRank lebih tinggi), berkaitan (memiliki topik/tema yang sama), dan mengandung anchor text yang sesuai.

Berikut tips untuk melakukan link building yang baik:
A. Internal linking:
1. Buat navigasi-navigasi yang mengandung link-link blog dan mempermudah visitor.
2. Tanamkan link suatu halaman posting lain di dalam posting tertentu sesuai dengan anchor text dan keyword yang berkaitan. Ini juga memudahkan visitor untuk memahami suatu hal yang tidak dijelaskan di satu halaman posting blog namun dijelaskan di halaman yang lainnya.
3. Hindari link ke dalam halaman blog lain yang menggunakan redirect link, karena search engine tidak memperhitungkan redirect link. Itulah mengapa saya tidak terlalu banyak menggunakan widget yang menggunakan redirect link. Satu dua widget sih tidak masalah, tapi jangan semuanya. Widget-widget eksternal biasanya menggunakan javascript yang melakukan generating feed dari yahoo pipes, RSS/atom feed, ajax, dan lain-lain yang menghasilkan redirect links.

B. Eksternal linking:
Eksternal linking dapat dilakukan dengan banyak cara, ekstrimnya hingga pada jual beli link (buy sell links), spam dan lain-lain. Namun saya tidak akan mengetengahkan cara-cara tersebut disini. Selain karena tidak pernah dan tidak memiliki pengalaman tentang cara-cara tersebut, Google juga sudah memberikan warning-nya dalam Guidelines Google mengenai Quality Content. So, disini kita akan belajar mengenai link building secara natural di dalam organic SEO
Yang harus dipahami terlebih dahulu adalah mengenai link yang berlabel dofollow dan nofollow. Link yang mengandung "rel=nofollow", akan diabaikan sebagai reference yang berkualitas oleh Google, meskipun masih terhitung sebagai backlink. Tag tersebut digunakan karena banyaknya web spam yang diindeks oleh Google dan merugikan banyak website lain yang berkualitas namun kalah dalam SEO. Sedangkan Yahoo dan beberapa search engine lain tidak memperhatikan ini. Itulah mengapa kita dapat dengan mudah mendapakan puluhan ribu backlink Yahoo, sedangkan untuk mendapatkan 1 backlink saja dari Google susahnya setengah mati. Selain itu, Google juga memperhatikan kualitas dan keterkaitan anchor text dari website/blog lain yang memberikan backlink.

So, berikut langkah-langkah dasar untuk membangun eksternal link:
1. Submit blog ke direktori dan social bookmark. Prioritaskan direktori dan social bookmark yang dofollow.
2. Blogwalking memang ampuh sebagai sarana untuk membangun link. Berkomentarlah dengan meninggalkan link yang ingin anda maksimalkan dan isi nama komentator dengan anchor text yang ingin dioptimalkan. Sekali lagi, untuk backlink Google, prioritaskan pada blog-blog dengan comment dofollow.
3. Pastikan memiliki artikel yang original dan bukan contekan sehingga anda bisa mendapatkan linkback dari website/blog lain yang mereferensi atau meng-copy artikel blog anda. Jika ada yang copy-paste tanpa linkback/link sumber, pastikan untuk memintanya. Itulah mengapa saya sangat menekankan adanya link sumber pada artikel saya yang di-copas, ini demi kebaikan bersama. Karena sekali Google mengetahui sebuah artikel adalah contekan, maka dia akan menurunkan ranking SERP-nya serendah mungkin, atau bahkan menghapus dari indeks hasil pencarian.
4. Perhatikan benar-benar penggunaan anchor text pada link (hyperlink) yang ditinggalkan sesuai dengan target keyword yang ingin dioptimalkan di search engine, misalnya pada blog ini saya menggunakan "tips-tricks blogger" sebagai keyword yang sedang dioptimalkan.
6. Link eksternal juga termasuk link-link dari dalam blog yang mengarah ke website/blog lain. Memberikan link back kepada situs-situs dengan kredibilitas dan rank yang baik juga dapat memberikan nilai tambah di mata search engine. Hindari memberi link pada situs-situs yang memiliki kredibilitas buruk, misalnya web spammer, auto content, agregator, search engine blog, blog yang tidak memiliki original content, dan situs-situs sampah lainnya  karena ini dapat menurunkan pouplaritas suatu web/blog. Kita tidak dapat mengontrol siapa yang memberikan backlink ke blog/website kita, tapi kita dapat mengontrol dan memperhatikan siapa yang kita beri backlink.
7. Untuk blog-blog baru, optimalkan terlebih dahulu link halaman utama (homepage) untuk memperkuat otoritas dan popularitasnya.

Selain cara-cara di atas, anda dapat membangun link dengan misalnya menjadi guess blogger (sebagai penulis tamu di blog lain), namun untuk mengawalinya, saya lebih menekankan pada cara-cara tersebut di atas. Merawat blog tidak hanya dengan menghabiskan waktu bersama blog saja tanpa "berkelana" ke dunia luar, karena banyak pelajaran dan manfaat yang bisa diambil termasuk dalam usaha meningkatkan SEO blog melalui link building.

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Link Building? Pentingkah untuk SEO Blog? Ya, Penting!
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 78 Comment(s):

Bali Travel said...

Keren informasinya.. Sangat lengkap dan informative.. Keep sharing Bro..

Ahmad Khoirul Azmee said...

Thaknk you, and thanks for visiting my blog :D

Review said...

Okelah sob, ane jadi ngerti sekarang. Salam kenal sob.

Ahmad Khoirul Azmee said...

sip. salam kenal juga :D

Atap Baja Ringan said...

Informasi yg sgt berguna dan bermanfaat, tks...

tutur said...

Oh ya mas, kalo tukeran link tu aku masih agak bingung. Manfaatnya seberapa besar?

Ahmad Khoirul Azmee said...

sebenarnya tukeran link dalam SEO tuh akan berefek dalam link building jika niche (theme) yang diusung blog sama, tentu saja yang menyamakan adalah dominasi keywordnya. Misalnya suatu blog berbicara tentang online money making dan bertukar dengan yang sama, maka efeknya akan terlihat jelas. tapi jika beda, kemungkinan efeknya ga banyak. Selain itu, membuat halaman tukeran link tersendiri sebenarnya juga tidak banyak membantu, karena terlalu banyak link dalam suatu halaman justru dianggap spam dan berbahaya oleh Google, sehingga halaman tersebut menjadi tidak berarti apa2. tetapi kalo tujuan tukeran linknya untuk persahabatan, ga masalah buat halaman gitu. Ide pertanyaan yang bagus, nanti akan saya buat posting lengkap tentang ini :D

Tool Pintar said...

Keren abis tuturial di blog ini, sangat banyak membantu.

tips dan trik menarik lawan jenis said...

salut ane sama ente gan, pengetahuan tentang blog banyak sekali..
selama ini ane cari" artikel yang kaya gini sulit,ternyata disini ada semua..

nophakartika said...

waaah mantap nih,terima kasih mas infonya sangat berguna buat yang masih pemula.

berangaz said...

infonya sangat bermanfaat gan....
terima kasih N sekalian nitip link yaa...
http://symbianontheline.com

khatgrafik said...
This comment has been removed by a blog administrator.
bloginfo92 said...

bermanfaat banget bagi pemula, tips² nya bagus semua.
berkunjung yaa

PakuAlam said...

terima kasih banyak Info Link buildingnya boss...

salam kenal aja!

seputar dunia wanita said...

Baru tahu saya yang namanya link building....info baru tuh buatku.thanks sobat !

Berbagi Kreativitas said...

Nice info..! Wah makin betah ni gan pantengin blog Anda disini :D, mohon bimbingannya Sahabat.

Bagaimana ya agar link blog Saya masuk posisi link Partners Sahabat? Blog Anda sudah Saya posisikan di Blogroll halaman depan Saya, jika berkenan posisikan juga ya Link Teks Blog Saya dihalaman Blog Sodara terimakasih.

Download Game Gratis said...

Mantapz nih, gak bosen2 baca artikel2 di sini.

otomotips said...

Mantaps informasinya ... saya newbie masih perlu banyak belajar. informasi ini amat membantu. thanks

Lain waktu kunjungi website aku ya sob di http://otomotips.com

Toko Madu Ibnu said...

sangat membantu sekali gan....mantaff

Bukan Isapan Jempol said...

jadi tahu nih tentang kegunaan internal link, nice share... :D

universitas terbaik said...

thanks

Rina As said...

Saya juga menyadari betapa pentingnya link building untuk memperkuat SEO. Bila ada link masuk (komentar) berarti harus siap membuat link keluar..
Sukses terus untuk anda

CAPek-Ma said...

Betu bro.. setuju...

rayhan said...

masih newbie banget jd tdk begitu paham nitip
link aja http://palhacababi.com

Rent Car Jakarta Tour said...

ada hitungan waktu pasti ga ya berapa lama google mengakui backlink yg kita buat, soalnya sy dah lama tuker2an link (link exchange) dgn yg lain tpi sy liat hasilnya di alexa, belum nambah2 juga..

andy@transformers toys said...

Makasih banyak, Gan, susah banget cari backlink, info-nya oke. Saya mesti atur internal link dulu. thanks.

Irene said...

Mas, mau tanya, kira-kira berapa external link yang diperbolehkan dalam 1 halaman, makasih.

F u n y said...

nice info mas! salam kenal

Abdul Aziz N said...

keren artikelnya, thanks ya atas infonya...!!!
http://mr451.blogspot.com/
http://wwwcarakublogspotcom.blogspot.com/
http://filmkuseru.blogspot.com/

aby haniev isann said...

Terima kasih materi2nya sungguh membantu meningkatkan performa blog saya. Sedikit demi sedikit blog sy menjadi cukup menarik (setidaknya menurut saya...hehehe..). Oya sy mau pasang link blog anda, mana kode script nya ?

Dzulky ANime said...

semoga artikel sobat membantu kami para newbie :D
keep posting gan.....

Ghost Blog said...

Awrikelnya selalu manis dan menarik hati... blog ini patut di bokmark... :)

high resolution wallpaper said...

benar2 apa yang saya ingin cari..
sungguh informatif..thanks ya bro...

mencari keyword said...

wah memang membangun link itu sulit tak semudah yang dikira. tips nya mantap gan,

will123 said...

Mantaf, thank's banyak gan infonya hehehe . . .

ikhwan maftuh said...

wah.. baru tau nih...
trims infonya bang...

Adik Kelas Google said...

Wah sangat bagus sekali kang, kompleks juga informatif. Terima kasih :)

Flight Simulator said...

oke oke , SEO penting jga ane kra itu bsa ditutupin dengan banyak postingan -_-

Arian said...

makasi gan... info bermanfaat...

iwan tridi said...

Wahhh...setelah ane baca sampai habis akhirnya ada pencerahan,,, makasih gan...

pulau tidung said...

Saya kok masih bingung.

pojok wirausaha said...

blog ente keren banget gan banyak informasi yang ane butuhkan buat blog yang baru ane buat. masih sepi banget pengunjungnya maklum baru dua hari.hehehe

handaka said...

thank nie gan buat ilmunya , sukses teruss

strategi bisnis online said...

susahnya membangun link jika tidak tahu strateginya.. nice share...

xamthone said...

Terima kasih....

Sigodang Pos said...

Artikel ini pengarahkan pemahaman saya tentang link building yang sesungguhnya. terimakasih

8 Hal Yang Penting Agar Postingan SEO said...

Makasih atas penjelasanya sob sangat bermanfaat buat saya yang masih butuh belajar dan belajar, IM like This your blog because Content Original Not Copy paste .

AndriRahmat said...

Wah mantap Pak azmi, sangat bermanfaat.

Bambang Eko said...

untuk masalah link ke blog luar (eksternal link)..

saya percaya ini masih sebagai sebatas mitos

valvalavaleria said...

wah, jadi banyak tahu sekarang.

omar inu said...

benar benar sangat mebantu terutama untuk saya yang masih newbie... terima kasih banyak buat informasi link buildingnya

Cara Praktis said...

oo,... makih bang infonya ,..
udah menjawab pertanyaan ane yg bingung ma external link,..

anak baik said...

penting sekali informasinya, sangat membantu saya tentang eksternal dan internal link

digital marketing said...

siap dijalankan gan !
ini artikel bermanfaat banget.
thanks gan

Jendela Wawasan said...

ternyata link building seperti itu ,,
tak kira apa. ternyata ya sudah tau,,
makasih infonya,,
tmbah suskse mas,,

Ida susiana said...

Ilmu yang sangat bermanfaat,makasih banyak..

Tria Kusuma Dewi said...

yang penting habis baca langsung action ya mas..hehe.. makasi infonya ya mas..

Agung Car said...

Idealnya komposisi internal link dan ekternal link berbanding berapa sobat 50 : 50 atau bagaimana ? Thks infonya

Minato Hienzo said...

buset lengkap banget informasinya..
good job mas :D

jus sirsak said...

point yang ini sangat setuju " optimalkan terlebih dahulu link halaman utama" makanya saya blogwalking mengunakan link home . makasih

shareall-info.com said...

dalam bahasa sederhananya apa ya mas link building itu?

wuri adi prabowo said...

wahh.. manteb ni bro..
harus bisa meningkatkan link building nihh

salam kunjungan
http://klik-lowonganpekerjaan.blogspot.com/

Adam Aiyasi said...

belum paham dengan kalimat "jangan menempatkan/memasukkan widget redirect link"..maksut dari redirect link itu gimana ea..

Dede Yusuf Iskandar said...

wah ... sangat bermanfaat ...

Salam kenal !!

mariyanto widodo said...

Kalu kita ingin menonaktifkan external link caranya gimana mas.

bisnisantaiku said...

mantap gan artikel nya,saya tggu uptodate nya

Awe Winarso said...

thanks gan infonya,,, link building memang sangat penting.

Ahyar Udin said...

Dulu saya sering dan rajin sekali melakukan link building, terutama dengan cara blogwalking dan submit di directory. dan ternyata terasa sekali perbedaannya dengan sekarang jarang update post dan tidak pernah membangun link.

hanungb said...

masih bingung gan ??

Shofwa Al-Waliwisy said...

mantap gan buat yg baru kaya gue, lanjutkan...

Shofwa Al-Waliwisy said...

mantap gan buat yg baru kaya gue, lanjutkan...

Shofwa Al-Waliwisy said...

mantap gan buat yg baru kaya gue, lanjutkan...

shinobi2304 said...

jadi begitu toh
terima kasih info nya mas

Happy Frame Shop said...

Informasinya sangat bermanfaat sekali. Ditunggu info-info selanjutnya.
Terima kasih :)

murah mebel said...

thanks gan

dedy mizwar said...

bagus mas artikelnya, sangat komprehensif, menambah wawasan blogger baru seperti saya di mysimpliciti.blogspot.com

Reinaldi said...

wah banyak sekali manfaatnya mas hehehehe.
kunjungi juga yah blog saya Salam Rey Blog.

Panji Mitsubishi said...

terima kasih banyak gan atas informasinya..

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap