Tips Meningkatkan Jumlah Pageview Blog

meningkatkan pageview

Tips-tricks blogger emang lagi getol banget nih dengan topik optimalisasi blog, baik dalam konteks SEO, performance, appearance, dan tujuan akhirnya: Traffic blog. So, untuk hal-hal yang berbau script, HTML, CSS, dan lain-lain agak ditinggalkan dulu  Hehe.

Ada baiknya sebelum masuk ke tips meningkatkan jumlah pageview blog, kita lihat dulu apa akar rumput dari pageview. Sebuah blog tentu saja tidak akan lengkap tanpa pengunjung (visitor) yang melihat dan membaca halaman-halaman blog tersebut. Maka, kehadiran pengunjung sangatlah penting bagi seorang narablog/blogger. Blog yang sepi bagaikan gurun pasir yang ditengahnya ada mata air namun tak seorang pun mengetahuinya. Hiks.....sedih kan? Nah, dengan adanya pengunjung maka setiap halaman artikel/posting yang telah dibuat menjadi berarti dan terhargai, apalagi jika dilihat berkali-kali. Nah disini kita mulai bicara tentang dua komponen: visitor dan pageview.

Visitor datang dari berbagai macam sumber, misalnya: search engine, direktori, social bookmark, dari blog/website lain, atau dari bookmark browser yang dibuat oleh pengunjung sendiri. Sedangkan pageview, mengacu pada jumlah halaman yang dibaca/dilihat oleh pengunjung/visitor. Perpaduan keduanyalah yang kemudian kita kenal dengan istilah traffic, yaitu perpaduan arus dan jumlah pengunjung serta halaman yang ditampilkan.

Untuk memperjelas tips yang nanti diberikan, harus dipahami dahulu dua perbedaan antara visitor dan pageview. Jumlah visitor yang banyak belum tentu pageview-nya banyak. Loh? Iya, benar. Misalnya nih, suatu blog memiliki visitor berjumlah 100 orang, masing-masing baca 1 halaman, berarti jumlah pageview-nya adalah 100. Sedangkan di blog lain, jumlah visitornya 75, masing-masing melihat 3 halaman, berarti jumlah pageviewnya? Ya benar, 225. Bayangkan kalau yang datang 100, masing-masing baca 3 halaman, berarti? Jawab sendiri yah.

Nah, berarti jumlah visitor yang banyak tidak menjamin jumlah pageview akan lebih banyak. Sebaliknya, jumlah visitor yang lebih sedikit pun belum tentu pageviewnya lebih sedikit dari yang dibandingkan sebelumnya. Mana yang lebih baik? Kalau ditanya soal ini, pasti jawabnya: visitor banyak dan pageview yang berkali lipat! Pastinya kan. Akan tetapi alangkah baiknya fokus terlebih dahulu ke pageview. Apa yang menyebabkan pageview banyak atau sedikit? Kita lihat sekalian sama tipsnya yuk!

1. Tentu saja hal paling penting dalam mendatangkan traffic, baik visitor maupun pageview, adalah SEO yang baik. Jadi, pastikan anda melakukan optimalisasi/peningkatan SEO dan SERP blog secara rutin, berkala, dan tidak hanya berhenti pada "blog yang terindeks" saja, terutama usaha link building yang harus terus dilakukan bahkan sampai blog jadi yang paling terkenal sedunia sekalipun!

2. Buatlah artikel-artikel yang original, unik dan berkualitas. Artikel semacam ini membuat pengunjung merasa apa yang dibacanya tidak bisa didapat di tempat lain. Walau ada banyak blog/website membahas hal yang sama, namun tetaplah ada perbedaan meskipun kecil. Membaca satu artikel menarik seperti itu membuat pengunjung ingin menengok artikel-artikel yang lainnya.

3. Tawarkan sesuatu di dalam artikel-artikel anda meski hanya cara paling sederhana sekalipun. 'Sesuatu' tersebut tentu bukan hanya tips saja, bisa pula pemikiran, pendapat, solusi, tantangan, dan lain-lain. Seringkali banyak blog yang menyampaikan informasi sebagai "as is", apa adanya. Akan tetapi, ini adalah tentang bloggging, penulis berhak memberi tambahan, baik dari segi sudut pandang, kelebihan dan kekurangan, penilaian, hingga solusi.

4. Buatlah navigasi blog yang kaya dan mudah dilihat/ditemukan oleh pengunjung. Gunakan widget-widget penunjang navigasi seperti recent post, popular post, kategori/label, arsip (saya sarankan gunakan widget bawaan Blogger karena lebih enteng dimuat dan sudah kaya akan fitur seperti: snippet dan thumbnail). Untuk mengetahui adanya artikel yang berkaitan, beri pengunjung navigasi seperti related post widget, recent post widget, popular post, dll. Sering saya menemukan blog-blog yang isinya menarik namun tidak memiliki navigasi yang memadai sehingga sulit mendapatkan link ke artikel lain untuk dibaca. Hindari widget-widget yang tidak penting dan maksimalkan navigasi.

5. Internal linking di dalam posting, selain bermanfaat untuk SEO, berguna pula bagi pengunjung, yaitu sebagai rujukan ke posting lain yang memiliki informasi tertentu dan lebih detil. Tanamkan link-link posting lain pada keyword atau phrase yang berkaitan. Contohnya, anda dapat melihat beberapa link yang saya tanam di posting ini.

6. Ada yang bilang artikel yang terlalu panjang itu kurang bagus. Namun menurut saya itu tergantung bagaimana kualitas dan ramuan kata-kata yang digunakan. Jadi, jika anda mempunyai artikel blog yang panjang, pastikan semua kata memang harus ada dan penting untuk dibaca.

7. Update dan tambah artikel secara berkala semampu anda. Sebuah blog yang memiliki jumlah artikel yang banyak, variatif, dan kaya akan isi akan menambah kemungkinan visitor untuk melihat lebih dari satu artikel setiap berkunjung. Namun, perhatikan kualitas artikel. Jangan sampai isinya tidak memiliki nilai/value bagi pengunjung. Perhatikan pula originalitasnya, jangan sampai karena ada tuntutan harus melakukan posting, anda harus memaksa diri copy paste artikel orang lain. Selain merugikan penulis asli, hal ini akan merugikan anda sendiri karena pembaca/pengunjung pasti akan menilai anda, apalagi jika pengunjung harus bertanya dan anda harus menjawab namun anda tidak berkapasitas untuk menjawabnya, ini lebih merugikan lagi. Lakukan update secara teratur sesuai kemampuan dan bila perlu buatlah jadwal posting.

8. Salah satu faktor penyebab pengunjung lari atau sesegera mungkin menyelesaikan membaca satu posting saja adalah load time (waktu loading) dan berat blog yang terlalu lama/banyak. Jika pengunjung harus membuka halaman kedua yang ingin ia baca namun menunggu terlalu lama, maka kemungkinan untuk menutup (close) halaman tersebut semakin besar. Bahkan dalam beberapa kasus, pengunjung terpaksa menutup halaman yang sama sekali belum dia baca setelah menemukannya di search engine. Cek kecepatan loading blog dan optimalkan kecepatan loadingnya. Faktor yang biasanya mempengaruhi waktu loading blog adalah file javascript dan file-gambar yang banyak dan berukuran besar.

9. Design/tampilan berpengaruh terhadap kenyamanan membaca. Design disini bukan berarti suatu tampilan yang harus mewah, namun memiliki tata letak dan paduan warna yang pas dan enak dilihat. Justru tampilan yang terlalu mewah dan wah kadang-kadang membuat pengunjung tidak fokus dan bosan. Fokuskan design pada penataan navigasi dan tema yang membuat pengunjung betah.

Bagaimana dengan cara yang anda ketahui untuk meningkatkan jumlah pageview blog anda? Feel free untuk menyampaikan di kotak komentar. Thanks :D

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Tips Meningkatkan Jumlah Pageview Blog
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 117 Comment(s):

Unknown said...

wah, bagus blognya gan, pengen bisa kaya gtu juga

Unknown said...

pasti bisa, mbak, ayo semangat2! kita semua selalu belajar :D

NECKY said...

nice article bro....very informative...keep on posting good articles...
salam kenal .......

Dayak77 said...

postingnya bagus gan .......saya masih praktekkan ama blog gw gan ..... thanks sharenya gan!!!!

http://www.malikabdulaziz.co.cc

Unknown said...

@ Pak Necky dan Dayak77 : yup makasih buat motivasinya dan makasih juga sudah mampir. Sukses terus!

Anonymous said...

Ok..Ok
tips nya boleh banged buat Blog gue yg masih Nubie .!!!

Bry-XP said...

wah bgus tipsnya sob,.
thx

Wong Medan said...

Thx bro infonya.....& met kenal

Unknown said...

@ AYE BLOG, Bry-XP, Wong Medan: Makasih sudah berkenan mampir and baca artikel plus komentar, segera mampir kesana nih. Thanks.

lembayungbali said...

SEO tipsnya bagus juga. Saya baru browsing2 nih blog ternyata banyak artikel bermutu.

Unknown said...

trimakasih :D makasih juga udah mampir...

Kita Sehat said...

wah mantap terima kasih ilmunya kawan..//

Berbagi Kreativitas said...

Nice info sahabat. blogwalking untuk mencari yang manfaat. kunjungi blog saya sahabat. saya juga udah follow tuh no97. ditunggu kunjungan+komentar+follback-Nya. salam kenal+kompak selalu. :)

eko tri said...

dimengerti bos :D

burung mania said...

makasih gan infone

Agung Susanto said...

wah,..keren,.memberi saya sedikit semangat blogging,..smoga dengan membaca dan menerapkan artikel ini blog saya page view nya tinggi,..amin

lpuarmy said...

keren tutornya gan, ane praktekkan dulu :)

Messi said...

Perintah dilaksanakan, terimkasih atas info yg sangat bagus.

Cara Optimasi Blog said...

Saya sangat setuju dengan pendapat seperti di atas, saya sendiri telah buktikan gan, blog saya baru berumur 2,5 bulan, sudah nangkring di posisi 1 Page Rangkingnya. saya hanya melakukan seperti hal-hal yang telah di uraikan seperti yg di blog agan ini. ma kasih infonya.

Unknown said...

@all: thanks for your great comments :D
Ya benar, usia blog sudah tidak begitu pengaruh lagi. Yang penting adalah bagaimana membangun blog dengan konten dan struktur yang baik serta SEO yg rutin dan maksimal.

berita unik said...

wah, artikelnya keren" sangat membantu saya yang notabe-nya seorang nubie..
makasih gan infonya..

Ary Cell said...

makasih ya infonya???,,, penting banget... n' perlu kerja keras untuk mempelajarinya

Unknown said...

terima kasih buat masukannya.
Memang artikel ini difokuskan pada pageview, atau jumlah halaman yang dikunjungi dan dilihat. Pageview tidak memiliki hubungan secara langsung dengan pagerank (toolbar).

Secara lebih detil, saya telah merujukkan/menanamkan link pada frase/poin2 penting di beberapa bagian artikel di atas untuk penjelasan lebih jauh. Mohon diperhatikan.

vanken said...

makasih buat informasinya....berguna bgt jd belajar banyak..

Arif Pri said...

mantab bro artikelnya sangat membantu.

Aji said...

Thank's Gan infonya

tips kesehatan said...

harus blajar banyak sma blog ini..

arkhananta said...

makasih atas infonya mas, saya jadi tahu lebih banyak tentang bagaimana untuk meningkatkan trafik, terus terang ini merupakan hal yang sulit untuk saya...

Unknown said...

yup, keep trying sobat, kalo sudah terbiasa, pasti tahu celah2nya, just follow the process of increasing your traffic. :D

seribu pernak pernik ponsel android said...

mkasih mas..
salam kenal

Naufal Pribadi Prakoso said...

info yang bagus sob...

jangan lupa mampir di http://venusevolution.blogspot.com

Unknown said...

untuk yg barusan berkomentar, mohon maaf saya hapus karena link serta anchor text mengandung kata 's*x'. sesuai comment policy saya harus menghapus yg demikian. harap maklum.

gemar photoshop said...

terimakasih buat infonya..

visit back yaa.. :)

cacicu said...

info yang bagus..

visit back gan.. :)

GPenk said...

Ajib Gan.,jd pengen lanjut maen blog..
maksih gan..

andika said...

ilmu yang bermanfaat mas....semoga ilmu nya nambah terus
kerja keras memang penting dalam kehidupan

salam kenal

BangZae said...

salam kenal
infonya sangat bermanfaat bagi saya

Toko Herbal HPA said...

menarik sekali gan isix,,,pengen mahir kayak jenengan aq.suwun2 gan

kulingeblog said...

mantaf bro... semoga lebih sukses...

Unknown said...

kenapa saya harus membaca artikel ini karena artikel ini baggus baget, jadi nambah bekal untuk mengarungi dunia blogging, mantap sob...

ranus said...

Thanks for the tips

A Engguh said...

semua yang ada disini memang original, tipsnya sangat bermanfaat !

Nico-W-Pradana said...

mas update info lagi donk, artikel-artikel nya seru-seru soalnya :)

Muhammad Reza Afriano said...

info yang bermanfaat bagi newbie blogger kayak gw, mohon perbanyak tips-tips bermanfaatnya lagi (y)

Bungzhu Zyraith said...

Nice Post untuk meningkatkan pageviews

bumirajut said...

Dilihat-lihat blog ini memiliki isi kontent yang sangat komunikatif dan orignal. Salut !
Mohon bimbingannya gan. Saya masih awam soal blog. Hingga saat ini, trafik pengunujung lewat search enggine "google" sangat rendah (bahkan tidak ada). Mohon bimbingannya dalam mengatasi hal ini.
http://diary-mr417.blogspot.com

SERIBU PERNAK PERNIK PONSEL ANDROID said...

knjungn

infofajar said...

ane ikutin petunjuknya gan,..thanks yaa broo

sahabat keyboard said...

oh jadi begini toh cara nya terima kasih ya gan

Unknown said...

nice tips!

darmasite.blogspot.com

terrasolusi said...

Nice artikel..thenkyuu patut dicoba

Aditya Yepe said...

saya juga lagi getol ningkatin traffic nih. ayo silahkan berkunjung ke http://have-vacation.blogspot.com

Popaki Motor Club Bolmut said...

hebaaattttt

Cara Aqiqah said...

heheh, bener tuh, update artikel terus, bikin pembaca penasaran, pasti deh, dapet banyak visitor dan pengikut setia

windapedia~ said...

makasi buat infonya. cukup membantu buat yang baru terjun dalam dunia blog :)

pecinta gadget said...

mantap bro.. artikelnya ngebantu bgt...

thanks ya bro..



mau beli handphone dan gadget terkini dengan harga murah, bergaransi asli dan banyak promosi?
kunjungi http://store0.mobile88.co.id/

caramembuatada said...

Ni ampek capek sob, Visitor Turun terus, gak tau apa yang salah, padahal blog ane update terus, mohon bantuannya. apa jumlah iklan yang di tayangkan juga mempengaruhi posisi di serp ya. Trims.

Puzzle Al Qur'an said...

banyak artikel bermanfaat di blog ini. bersyukur bisa ketemu ama ni blog.

Belajar SEO said...

dapet ilmu baru nih darisini thanks for share sob :D



ADMIN "Variasi Blogger"

ibnoe said...

Tararengkiyu for infonya mas, artikel ini sangat bermanfaat bagi newbie seperti saya yang tak tau apa-apa, juga untuk para newbie-newbie lainnya......., ditunggu masukan terbarunya mas, semoga blog ini semakin sukses dan selalu membagi trick suksesnya... amin..........

Lizanovia M. Hadi said...

Tips yang mantap dan benar - benar orisinal, bro. Sesuai pisan dengan kondisi blog ini sendiri, sehingga langsung saya follow, like di FB dan bookmark di blog favorit hehe.. Dan ini adalah kunjungan ke sekian saya, walau tidak selalu saya tinggalkan komentar di tiap postingan :)

Cuma ada satu kekurangan yg penting banget buat saya. Verifikasi katanya dinonaktifkan dong. Biar lebih cepat saya mo komennya :)

Keep blogging and sharing !

Unknown said...

sangat berguna bagi saya,, info2 dari buka-rahasia memang mantab....

kujungi balik sob...heheh.. ini kan tips diatas,,, yaitu rujukan kepada sobat untuk mampir ke blog Abdu-Green's Blog

http://abdu-green.blogspot.com/

Artis Kampungan said...

postingan yang keren
mampir juga di blog ku yach
http://artiskampung.blogspot.com

Dihon Sip said...

Waoh ,, postingan ini sangat menarik buat saya gan, v masih susah menerapkanya didalam blog saya, ,
Berkunjung ke blog sy gan, nilain dan kasih saran dmn kekuranganya yah gan :) sukses....

Unknown said...

artikel yang sangat membanti bgi sya
makasih
http://androidappmarkets.blogspot.com/

Unknown said...

Check Blog Sya Ya mAs Bro ' bnyak infp-info blog yang perlu anda ketahui .
CHECK TKP ??? http://putrapatiwara.blogspot.com/
THN'S

Unknown said...

Check Blog Sya Ya mAs Bro ' bnyak infp-info blog yang perlu anda ketahui .
CHECK TKP ??? http://putrapatiwara.blogspot.com/
THN'S

kudakelana said...

wah bagus mas, artikelnyaa mantap...

Agriculturproduct said...

Bagus sekali artikelnya sob.

lowongan kerja said...

mantab nih, mohon ijin nyoba bos

fajar said...

hmmm.. trnyata ga gampang ya.update artikel kadang kalo lg modnya bagus aj.sama ky blowalking/nyari backlink.tp demi kepopuleran blog.hajaaarr blehh :D

f said...

pengen belajar blog.. mampir di blog baru aku yaaa.... http://ysvcybers.blogspot.com

Anonymous said...

wah keren info nya

baju metal luar dan lokal said...

wah terima kasih nih bagus banget

sekedar wawasan said...

yang paling berpengaruh adalah banyaknya navigasi yg jelas sob...manjur tuh...

Ridho Maulana said...

Thanks!..artikel yg bermanfaat...

Unknown said...

terimakasih ya gan infonya. berguna bgt.

kalo sempat, kunjungi blog saya yah.

www.blogagoy.co.cc

Unknown said...

Infonya bermanfaat banget

Admin said...

super sekali artikelnya.
btw, minta script recent postnya donk gan! saya tertarik, kalau bisa sama featured postnya juga. keren si soalnya.

jika berkenan, mampirlah ke blog saya gan.

http://blognyakadhenk.blogspot.com

Unknown said...

recent post silahkan lihat disini: http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/09/cara-membuat-recent-posts-blogger-auto.html

TourBaliJava said...

salute! keren bener mas

bayi yg belajar merangkak said...

makasih banyak gan, banyak pelajaran yg ane dapet dari blog ini...
MAntapz.... Blognya

Carnadi said...

Mantap Gan Infonya Thank Ya

and213 said...

thanks artikelnya bro :)

hotel termurah dan termuda said...

info yang sangat menarik untuk di simak dan di coba makasih yan gan udah mau berbagi ilmunya

Unknown said...

penulisan kata2 anda sangat bagus, walaupun postingan diatas masuk dalam kategori tulisan terpanjang, tapi pasti pengunjung membacanya sampai akhir, karena tehnik penulisanya yang terarah. salam bloger.

Unknown said...

@Tahirkz: thanks a lot. Sukses buat blognya

jangan pusing said...

Asik nih artikelnya, layak dipraktekan. katanya jumlah page view juga berpengaruh ke serp untuk waktu kedepannya

lowongan kerja said...

Dari kemaren nyempetin baca-baca, postingannya mantap2.

Blognya Venny said...

Berarti meskipun ide itu sama tapi kalau ditulis kembali apakah itu merupakan konten yang unik??

ceritasinema said...

Terima kasih atas sharingnya,. Sepertinya sangat bermanfaat.. :)

akhsa nant said...

tipsnya menarik untuk disimak mas..tadi sempat baca dan sepertinya luarbiasa banget....

pengen blog saya seperti punya mas ini..:)

Unknown said...

mantab banget blognya sob, nggak sia sia ane datang ke sini, jadi banyak dapat informasi n bnyak belajar seputar SEO , thanks sob,


oo iya, ane juga sukses follow n #1028

free ipod nano said...

Good jobs,,,
posting 10 articles every day, surely your blog traffic up :D

Rizky kusumo said...

Thanks atas informasinya...
bermamfaat nih buat Newbie kayak gua hehe

Mampir juga bro ke Blog gua...
Suatu kebanggaan kalau bisa berdiskusi dengan anda:)

Yura Blog said...

Sulit juga mencari pengunjung di blog...terima kasih informasinya saya kira artikel anda bisa saya jadikan rujukan untuk mendapatkan pengunjung yang lebih

Mulanov said...

Thanks tipsnya...

One Piece Subtitle Indonesia said...

wah thanks bro, awalnya gk bisa bedain visitor dengan pageviews. maklum masih blogger newbie...
tapi udah mulai ngerti ;D

Dexter Maya said...

mas,..kok rank blog saya gax ada maz...
gimana caranya supaya ada sepertai blog mas..?
http://hellboyriyanto.blogspot.com/

Unknown said...

Caranya? Buat konten sendiri dan jangan isi blog dengan konten orang lain. Kalo mau rank anda harus berusaha keras dengan upaya2 meningkatkan traffic, menarik minat pembaca, usaha SEO, social media marketing. Oya, btw, blog anda masuk list karena banyak konten saya dan konten-konten blog lain ada di sana...

SEO SERPs Competition said...

dari awal aku sudah memakai tutorial ini , dan alhasil sebuah blog yang memakai tutorial seperti yang disebutkan disini sangatlah manjur. good jobs buat admin blog, selalu sharing.

Nars said...

Salam hormat dari pemula, banyak ilmu yang saya dapat dari sini - thanx gan.

Saifulrizal said...

thank's infonya gan ... izin mau nyoba ni ...

kisah cinta sejati said...

terima kasih postingnya menarik sekali dan banyak manfaat yang saya dapat. tanpa visitor & pageviews website kita terasa hampa, keep blogging kawan. salam penuh cinta dari kami.

Unknown said...

info yang menarik nih..,
makasih gan.
semoga sukses selalu.
woo tekh makassar

test said...

Saya Sudah Melakukan Beberapa Dari Tips Diatas. Tapi Sayangnya Blog Saya Masih Sedikit Sepi. Bagaimana Ya? Bisa Dicek Masalahnya Di Blog Saya Ini => http://blogmartstein.blogspot.com/

Beben Koben said...

WOW komentatornya ada 110!!!
mancap \m/

Unknown said...

kpn ya blog saya sperti ini??
ngimpi deh hahaha,,
sukses ya gan
blogwalking

Unknown said...

terima kasih informasinya mas...bermanfaat sekali...

Unknown said...

semua di bongkar secara lengkap disini ...apalagi bagi saya yang baru belajar blogger sangat membantu mas

Anonymous said...

thanks gan infonya. .
sukses truz. .

Ari Pratama said...

Mas, tau tempat hosting gratis yang bagus untuk nyimpan file external css ato js yang cepet ga? soalnya saya simpan file javascript di yourjavascript kok loading blog nya rada lambat ya,.. -.-

Unknown said...

COba google code saja. code.google.com, ada banyak tutorialnya, cari saja.

Armadilo said...

mantep gan ini yang saya cari ternyata ga gampang buat punya blog yang sukses

iding said...

info nya makasih gan........

Unknown said...

Lengkap sekali informasinya mas Azmee, coba tak terapin di blog saya deh kalau begitu.. Terima kasih mas..

Kang ajid said...

Untuk meningkatkan page view yang cukup efektif adadalah membuat internal linking di halaman yang pageviewnya banyak, cukup efektif juga ternyata, terimakasih saran-sarannya kawan.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap