Cara Membuat Related Post LinkWithin (Thumbnails) dan Trik Lengkapnya

related post widget
(Tutorial Lengkap Cara Membuat dan Trik Kostumisasi Widget LinkWithin Related Post with Thumbnails')

Sudah beberapa lama ini saya menggunakan widget LinkWithin dan hasilnya cukup lumayan sebagai salah satu upaya untuk membuat pengunjung bisa melihat-lihat lagi halaman yang lainnya, sehingga meningkatkan jumlah pageview & cukup lumayan untuk menyumbangkan sejumlah traffic. Bisa dibilang LinkWithin adalah tool navigasi eksternal yang cukup keren. Halaman-halaman lama yang jarang tersentuh pun bisa dioptimalkan lagi dengan penggunaan fitur ini. Selain itu, widget ini juga menggunakan thumbnail yang bisa meningkatkan daya tarik. Tampilannya pun lumayan. Linkwithin melakukan generating gambar dari page yang dimuat, atau jika tidak ada gambar dalam halaman tersebut, LinkWithin akan menampilkan gambar dasar berwarna abu-abu dan sedikit bertekstur. Sistem yang digunakan adalah randoming content, jadi semi random, namun tetap melakukan upaya persamaan konteks melalui judul, tag, atau label. Sehingga ketika page di load, dibutuhkan waktu untuk tool ini merayap dan menampilkan hasilnya. Tapi tidak cukup lama kok. Lagi pula tidak ada apa-apanya dibanding hasilnya. So, what are the ways to use it?

Cara Mendapatkan Widget
1. Go to LinkWithin.
2. Setelah masuk halamannya, lihat ke bagian kanan bawah dimana disitu terdapat kolom isian untuk mendapatkan widgetnya.
3. Masukkan valid email.
4. Isikan url blog/website.
5. Pilih Platform blog anda (ini digunakan untuk memasukkan secara otomatis melalui dashboard/admin page blog).
6. Pilih jumlah link/stories yang ingin anda tampilkan, sesuaikan dengan lebar post body di blog.(pilih melalui dropdown menu di kolom Width)
7. Centang "My blog has light text on a dark background" jika latar tampilan blog anda berwarna gelap.
8. Klik 'GetWidget!'.
9. Anda akan masuk ke halaman selanjutnya dan dibimbing untuk melakukan langkah-langkah sesuai dengan platform blog.
10. Setelah masuk ke halaman widget editor/page element di dashboard, tarik widget ke bawah post body jika ingin ditampilkan di bawah post body, save dan check hasilnya.
Contoh tampilannya seperti ini:
 Kostumisasi Widget
a. Kata-kata "you might also like:" mungkin kurang keren menurut anda, so anda bisa menggantinya dengan cara:
1. Masuk ke Dasboard > Template > Edit HTML.
2. Arahkan dan klik mouse di area template editor dan tekan Ctrl+F, cari tag <head>
3. Kemudian masukkan script berikut tepat di bawahnya:
<script>linkwithin_text='TEKS DISINI:'</script>
4. Ganti TEKS DISINI dengan teks yang anda inginkan dan save template.

b. Jika ingin menempatkan widget LinkWithin di posisi tertentu di bawah post body, karena mungkin disana ada banyak widget lain seperti Adsense, letakkan kode berikut di atas atau dibawah widget yang lain di bagian post body (cari widget-widget di bagian post body).
<div class="linkwithin_div"></div>
Lalu save.

c. Ketika berada di halaman utama (frontpage) atau halaman-halaman yang memuat query posts, widget ini akan muncul di bawah setiap post. Hal ini tentu saja tampak tidak elegan dan membutuhkan waktu loading yang lebih lama. So, jika anda ingin widget ini hanya muncul di bagian posting saja (menyembunyikannya dari halaman muka), lakukan langkah berikut:
1. Jika anda sudah terlajur memiliki widget LinkWithin yang terpasang, silakan di remove/delete terlebih dahulu.
2. Lakukan kembali langkah untuk mendapatkan widget LinkWithin diatas. Khusus pada menu Platform pilih 'Other'. Klik 'Get Widget!'
3. Anda akan menuju ke halaman selanjutnya, lalu copy script yang telah terbuat dan simpan script tersebut.
4. Kemudian masuk ke edit HTML template anda, dan ikuti langkah sederhana cara menampilkan widget hanya di post body.
5. Save dan lihat hasilnya.

Now you got great related post widget!
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Cara Membuat Related Post LinkWithin (Thumbnails) dan Trik Lengkapnya
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 127 Comment(s):

rama said...

semangat semangat...siap mencoba...makasih pak

Unknown said...

sip, silahkan kasih tau kalo ada problem dan makasih sudah berkunjung ^_^

Java Creativity said...

Artikel yang benar-benar mantap. I Like It ^_^

Makasih ya Gan ^_^

Unknown said...

Thanks bro :D

Info Laptops Terbaru 2011 said...

Weeeee..., ajib bos tutorialnya.. mudah di mengerti and gampang nerapinya... thx master... :-bd

Unknown said...

itu karena template blog anda menggunakan konsep tampilan gallery, bukan yang seperti biasanya. Jadi link within hanya akan muncul satu saja di halaman homepage. lebih baik ditampilkan hanya di masing2 halaman posting saja. Tampilkan linkwithin hanya di posting dengan menggunakan trik kedua di atas.

Happy said...

alhamdulillah terimakasihh :)
tips ini dipadukan dengan yang "-cara menampilkan widget/link/script hanya di post body-" sukses dan sangat membantu :D

new laptop review said...

terima kasih sob
infonya sangat berati bagi saya yang pemula

Mobile Phone 2011 said...

thnk bos bro
hasilnya ok nihhhh

Cell Phone Review said...

Sukron master...,! Alhasil... mantep... :)

Unknown said...

@All: Alhamdulillah, semua berhasil. I like that!

Webmdmk said...

Belajar lagi ini mengenai artikel terkait.
Terima kasih sahabat atas sharing ilmunya

Jho said...

thank's sob...
infonya sangat membantu terutama bagi bloger pemula seperti saya..
dan sudah saya praktekkan..
sukses selalu buat anda....

bloginfo92 said...

udah di coba berkali kali masih ga ada gambarnya juga.

agung said...

makasih ilmunya gan,ditunggu follow back nya terima kasih :)

Soe Ma Dhie said...

trims infonya,,,,
langsung diamalkan,

Welly Sundawa said...

izin nyoba tutorialnya bro.. :D

Unknown said...

hatur nuhun....... gan

everybodygoesblog said...

aduh mas gampang sih, tapi ngga sesuai sama halaman depan blog aku jadinya berantakan banget . Gimana ya???

Unknown said...

halo, pake cara yg kedua, jadi widget related post hanya akan muncul di halaman posting. ikuri lagi posting di atas pada cara kedua.

Unknown said...

thank u om,,, uda berhasil :)

Arul said...

Mas ko di template blog saya nggak ngaruh ya ?
widget nya cuma muncul di frontfagenya aja, itu juga cuma di postingan paling baru, nggak muncul di halaman setiap postingan.
Udah pake Kostumisasi Widget point c tapi tetep nggak ngaruh, nggak muncul ..
Mohon Bimbingannya mas :D

dwisTROi said...

tfs sob..
ini yg sedang ane cari..
mangtabs tutorialnya sob...

MYQienSZ said...

punya saya kk da 4 kode yg sama...
ge mna tuh kk..

Unknown said...

maksud kode yg sama yg mana?

buruh negara said...

sip sip.. ni dia nih

faisal.ohm said...

mantaf bos.....thanks infox....

Kumpul info said...

Mas bRO,, linkwithin ku tidak muncul...

Kenapa bisa begitu???

free pc games said...

hmmmm.... bagus juga nih info nya sob. aku tes dulu yah.? mudah2an sukses....

Aga said...

mantap gan bisa dicoba nih...

mampir... http://gambuses.blogspot.com/

fauziyahfuad said...

gak bisaaaaaa...!! gambarnya gak muncuuuull... gimana dooonngg? padahal udah ngikutin langkah2 spt di atas :(

Bayu said...

kenapa ya kalau pasang coding linkwithin malah adsense saya nggak mau keluar ???

Dropship Baju said...

Wah makasih gan udah share..
Tutorialnya udah bekerja di blog saya..

Kumpul info said...

Blog saya menggunakan template galery,, Sy menambahkan widget linkwithin di bawah postingan, di tiap postingan homepage juga muncul widget itu. Sy udah coba cara yg ke-2 dari http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/01/2-cara-menampilkan-widgetiklanlinkscrip.html tp tidak berhasil. Tolong pencerahannya!!!!!!!!!

Terima Kasih

Muhammad Nuri Rizani (ngnurines) said...

thnx. untuk infonya... and promosi... dikit ah visit my blog at http://ngnurines.blogspot.com

Dwijayasblog said...

Ini widget yang bagus untuk bikin betah pengunjung. Gratis dan ga perlu pake registrasi untuk ngedapetinnya.

izyan aysel said...

Gan related post jadi muncul , tapi gambar nya nggak ada , apa harus di tulis script nya , bukan kah script hanya mengganti tulisan Related post,

satu lagi gan , link back artikel di tempatkan di mana ya gan

mohon pencerahannya , nubitol nih , tapi ingin belajar, maaf kalau salah

Gilakah Aku!!? said...

masalah aku text linkwithin tidak keluar hanya gambar sahaja yang ada. bisa tolong? http://gilakahaku.blogspot.com/

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Salam kenal sebelumnya.
Saya banyak belajar dari blog ini. Terima kasih

Mas untuk membuat "Featured Posts & Tutorials" ini menggunakan widget apa ya?
Terus ketika sort akan tampil deskripsinya. Itu menggunakan apa?

Trims..

Ahmad Zuhdi Travelife said...

wah.. mantaabsss.. langsung ane coba sob.. langsung ane coba ya sob. thanks for sharing :D

happy blogging

adib said...

info bagus gan.. baru saja aku pasang di blogku... tapi kayaknya widgetnya dah banyak berubah.. lebih keren tanpa banyak setting..


salam kenal
www.adib21.com

Admin said...

gw dah pake tp kenapa ga ada gambarnya ya?? bingung..
http://blogdoitgratis.blogspot.com

Nanang Ismail said...

Dah sy coba, Bang. O y. Kebetulan dulu dah pernah pasang linkwithin kemudian sy hapus. Skrng sy pasang lagi. Link tulisan dl yg sdh sy hapus muncul. Apakah bs kita hilangkan? Mohon pencerahanya. Trm ksh :)

Muhammad Nuri Rizani (ngnurines) said...

punya ane tadinya gag ada gambarnya, tapi seiring ane ngepost pake gambar didalemnya, linkwithinnya terisi gambar dengan sendirinya kok

@ http://ngnurines.blogspot.com

Unknown said...

informasi yang bermanfaat.. makasih

Hafidzul said...

informasinya sangat bermanfaat...

dulu saya mau nambah related post tapi belum tau caranya soalnya harus edit-edit html. Kalaau yang ini kan mirip widget

terima kasih

Loc Arif said...

It's work...
Hehehe..
Bisa om d'blog ane..
Yah tapi ane bingung, masih seo friendly'an yang tanpa gambar apa yang pake gambar ya?

charissa said...

Info Bagus Thanks...

tafiq Imam said...

yeah.....top deh,,,

mobile phone movies said...

ikutan nyoba, top banget widgetnya, friendly navigation nih, mempermudah user yang ingin baca2 postingan lama.

Cin Chay Lah said...

injin nyatet sob
bru blajar
salam blogger..

Anonymous said...

sukses berhasil

janus said...

Penjelasan yang lugas dan detail, terima kasih, sangat berguna membuat tampilan blog saya lebih matang
youdablogseo.blogspot.com

ulil said...

mas, kalo buat nya seperti judul posting bisa gak? letaknya di bawah yang thumbnail tadi..

mohon pencerahannya

ibnoe.info said...

yessssss........ saya berhasil lagi om, terimakasih atas infonya om. awalnya template blog saya ga bisa diberi artikel terkait / related pos. banyak tutorial yang telah saya coba, hasilnya gagal semua. click sana, click sini, akhirnya nyampe lagi di blog ini. dan saya coba mengikuti tutorial diblog ini, alhamdulillah berhasil, awalnya sih ada sedikit masalah, artikel linkwithinnya tampil dihalaman home, saya coba lagi cari solusinya di blog ini pada artikel cara menampilkan widget hanya di post body. dan yes....!!!! berhasil, sekaligus dengan mengganti tulisan You might alsonya. thank om atas ilmunya. kalau om ga keberatan kasi komentar dong om mengenai blog saya, maklum newbie butuh banyak masukan hehe (ngarep)

Unknown said...

@Ibnu: Sip, mantab kalo begitu :)

Download Game PC Gratis said...

selain linkwithin, ada yang lain?

internetb marketing package said...

Lengkap tutorialnya gan dan saya juga baru tahu kalau ada thumbnail yang bisa untuk related post.

BlogDwicell57 said...

makasih infonya mas, berkat belajar di buka-rahasia.blogspot.com ini, sekarang desain blog saya sudah mendingan tersusun rapih.

tips & trik seo nya juga saya pelajari sungguh2.

Ahmed said...

Mas azmi stlh saya mencoba cara di atas alhmdulillah berhasil namun setiap artikel hanya berkaitan ke satu jenis label. sebagai contoh misal saya membuka artikel komputer atau makanan namun related postnya selalu ke artikel berita. knp bs bgtu mas? mhon bntuannya. mksih..

Unknown said...

LinkWithin butuh waktu untuk bisa mengcrawl semua posting dengan baik. Semakin lama, hasil related post semakin akurat. Jadi ditunggu aja dulu. Selain itu, LinkWithin jg tdk sepenuhnya related post, tapi ada randomnya juga.

ubalin Web Blog said...

Selama ini saya biasa pake related post manual, tapi templatejadi gak rapih, bersyukur menemukan info seperti ini, saya langsung coba, thanks infonya.

aneka ragam makalah said...

terima kasih banyak ya atas artikelnya, oya boleh nggak kita berbagi artikel

Istana Unik said...

terima kasih, sangat bermanfaat artikelnya..

newsbisnis said...

lumayan bagus, salam dari newsbisnis

Tim Work MKI said...

assalamu'alaikum

makasih atas ilmunya,..linkwithin nya dah kepasang berkat bantuan bang azmi makasih ...

Rudin said...

Wah, mantap nih, thanks bos..

Cara Menjadi Orang Yang Menyenangkan said...

kayaknya perlu dieksperimenkan ini.thanks bro ud share, slam blogger :)

Unknown said...

mas bro, saya mau nanya punya sih sudah muncul. cuman di home juga muncul semua. tapi punya mas bro kok di postingan home nya tidak muncul?? gimana cara mengaturnya?? trims..

terus kalo widget share saya malah kebalik, malah di postingan home yang muncul, ketika sudah masuk ke halaman postingan aslinya kagak muncul.. itu gmn ya??

Unknown said...

mas, mau tanya, kok di blog punyaku linkwithinnya gak keluar ya? padahal sudah seperti langkah2 diatas

sarkep said...

terima kasih atas infonya semoga blog ini tambah sukses....

kalo ada waktu silahkan mampir ke blog saya

SARKEP.BLOGSPOT.COM

Sarapan Artikel said...

Gan, katax klo mau buat related post hrs punya bnyak artikel yg 1 label ya? Slain itu syaratx apa lg gan? Mohon pncerahanx. Oia, Kunjungi blogq jg gan biar rame kya gni ;)
Thanks sblumx n Sukses Slalu!!!

Anonymous said...

naah ini tips yang aane butuhin! tapi kalau dah make related post pengaruh nggak ya? jadi dobel nanti link nya?

ubayuzunuraisya said...

thanx yaa kawan..." postinganya bermanfaat bgt. dapet ilmu yang bermanfaat bgt, langsung saya terapkan di blog saya. maksih.

abdee said...

mantab sob tips-nya thanks, btw mau tanya bagaimana caranya apabila mau ditampilkan dibawah keterangan "Posted by admin"? seperti di blog saya
ditunggu yah solusinya gan .. :)

raskyra said...

mantep mas, mau di coba, tapi saya pakai wordpress

Istanamimpi said...

Terima kasih infonya bang,,
tapi kalau tanda ada tiga gmana ya?? ...

Uzie Sastradikarta said...

mau tanya dong, knp setiap post yg publish kemudian saya ganti fotonya, di linkwithin fotonya masih menggunakan foto lama tidah berubah dgn foto yg baru

Unknown said...

THANKS YOU GAN UDH JADI NICH RELATED POST PAKE THUMBNAILNYA.
MAKASIH INFONYA GAN :)

cinta said...

wuih..alexa blognya mantabs...Thanks tutornya :)

Darmawan Saputra said...

wah.. bagus sekali infonya :D
sunggu bermanfaat sekali :)
ijin bookmark ya :D

Ditunggu loh kunjungan baliknya :D


#Semoga Sehat Selalu :)

Unknown said...

om.. saya sudah coba berulang kali sesuai turorial om tp gak pernah berhasil, yang muncul cuma header linkwithin gmn nih om??
tolong bantuannya dong...
tolong balas ke email ya om..
ngurahsuryatmaja@yahoo.com
terima kasih sebelumnya om..

Unknown said...

Halo ngurah. Biasanya linkwithin butuh waktu untuk mengindeks, jadi ditunggu dulu sampe indeks kelar, apalagi jika jumlah posting sangat banyak

Unknown said...

@uzie, kita mesti update server LinkWithin (nuke/flush chache) agar terupdate dengan penggantian konten baru. Ada caranya tersendiri, ke depan akan saya share tipsnya.

My Guest List said...

Dapet tambahan widget nih dari agan , simple juga ya gak perlu ngulik2 codingnya

thx gan baut artikelnya , salam blogger indonesia

Kodok Online said...

thanks gan artikelnya sangat menarik
izin copas gan berserta sumbernya hehehe

hyden06 said...

setelah wara-wiri nggk ada hasil.......
disinilah Saya bisa mendapatkan related posts......
terima kasih banyak Gan.....

Entrepreneur said...

Nice tips..
thanks a lot

Anonymous said...

mas ahmad kok tetep aja sama ya ggak ada gambarnya apa ahrus gambar png ya?

Unknown said...

linkwithin butuh waktu untuk bisa mengcrawl semua konten

sepekan info menarik said...

Gan kok linkwithin yang saya tidak ada artikelnya
mohon pencerahannya.

aditya said...

thx gan infonya
langsung praktek,,,langsung terpasang
:D

BanyakNama.com said...

makasih gan, blog ini tips n triknya hebat banget :)

Aiman J said...

saya banyak belajar dari blog ini. infonya bermanfaat sekali, thanks

Cobalah.net said...

terima kasih bangg ,,..
sesuatu bangett tips nya ....

Tifan Dwi Avianto said...

thanks infonya, bermanfaat banget nih. nambah wawasan. salam

Batuahku said...

Bang kalo make link within ada bagian link ke arah Linkwithin.com
apa itu memberi backlink kesana ya? kalo ngasih backlink itu tiap post ada terus -..-

Unknown said...

makasih gan :)
follow blog sya ya :)
http://d-triple.blogspot.com

Unknown said...

good job gan :D
dharmanacyber.blogspot.com

puji harmoko said...

info bagus www.insurancewell.blogspot.com

Mediasare.com said...

terimakasih mas, coba pasang dulu saya, moga sukses

keyboard said...

matursuwun gan... :D

anha liyannha said...

Gan.. kenapa ya artikel terkait yang muncul ga sesuai dengan labelnya.. trus yang muncul itu2 aj gan
mohon pencerahan. . . . .

ARAS Andisetya said...

Makasih banget tutornya. Sukses terpasanng di blog. Moga sukses slalu. Aamiin ^^

Anonymous said...

mantaff gan.. backlick to smbjagasatru.blogspot.com

Unknown said...

makasih atas infonya..

Unknown said...

mantap mas,kunjungi ya
itunesgo.blogspot.com

Unknown said...

terimakasih banyak atas tutorialnya ini sangat bermanfaat dan akhirnya berhasil juga di template saya

Anonymous said...

pak saya kopas ya..link sumber sesuai dengan petunjuk di atas...sembari ijin..saya tempel dulu..kalau tidak berkenan...saya akan hapus. terima kasih.

Unknown said...

mari beritahukan dengan menyebarkan kampanye pd seluruh blogger untuk membersihkan plagiat, salam mas

bersihkanbloggercopas.blogspot(dot)com

Unknown said...

@andik: saya mendukung penuh dan nanti kita bicarakan secara personal rencana-rencananya :)

Mahmud Payu said...

terimakasih,artikelnya saya sudah coba,tapi widgetnya masih disetiap akhir artikel,tutorial ke dua belum berhasil

Unknown said...

kok beda sma punya ente gan

Anonymous said...

saya udah coba tapi kenapa deskripsi di related postnya kok gak ada ya, kenapa tuh om?

Anonymous said...

ada cara lain ngak gan..
selain lewat linkwithin..??

Anonymous said...

keren mas, barusan aku pasang..
mkasih ya mas...

Unknown said...

keren bro, berjuta tahun ane cari yang kayak gini dan mungkin belom pas banget sih same kepinginan ane. tapi lumayan deh, makasih bro penjelasannya

Anonymous said...

ternya cara yang ini lebih mudah ya sob.
thaks ni infonya

Unknown said...

Terima kasih om .. artikel mantap ...

Lyana Ann said...

sorry..nk tnya,knpa dia kluar list sj eh?? xda gmbr pn..
ble tolong...

Anonymous said...

Terima kasih gan, udah saya coba tutorial nya dan berhasilllll..
makasih bgt gan, sangat membantu

Budidaya Lele said...

Thanks gan.
Tips nya mudah & saya berhasil

Eating Until Diee said...

Wah...mas bener-bener bermanfaat banget infonya...saya dari kemarin pelajarin tips2 dari kamu di blog ini...awalnya pageviews saya cuma 300an sehari, sekarang meningkat alhamdulillah jadi 1000an per hari...mudah2an makin ningkat deh...Makasi banyak mas!

John said...

ini yang kami cari mas. kebetulan kami mengalami masalah tampilan linkwithin di beranda

Kumpulan Artikel said...

Terima gan kasih ilmunya .. Sangat bermanfaat

Unknown said...

saya baru belajar, serasa mendapat hidayah,, haha
thanx gan tips nya..

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap