Blog Tools: Peralatan Bermanfaat untuk Blog

buka rahasia blogspot - blog tools
Untuk melakukan maintenance/perawatan blog serta untuk memudahkan optimasi desain blog, ada beberapa tools/peralatan yg bisa digunakan.

Posting ini merupakan rangkuman artikel-artikel yg berkaitan dengan Blog Tools / alat penunjang blog untuk melakukan usaha-usaha tersebut:

1. Contact Form
Contact form sangat berguna untuk melakukan komunikasi dan korespondensi dengan pembaca/pengunjung blog secara personal. Dengan menggunakan contact form kita juga dapat menjauhkan spam karena pesan tidak langsung disampaikan melalui email. Alamat email pun tidak terekspose dan menjadi sasaran empuk para spammer. Posting ini memberikan arahan tidak saja untuk membuat form kontak, tapi juga cara untuk menjadikan tool ini menjadi sebuah halaman yg menjadi bagian dari blog.

2. Alexa Rank
Alexa ranking adalah tolok ukur peringkat blog/web yang dinilai dari beberapa hal seperti: jumlah traffic, termasuk pageview dan visitor, lama pengunjung berada dlm sebuah situs, jumlah traffic dari search engine (penilaian dlm hal SEO), usia dan latar belakang pengunjung, review, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan patokan Alexa Rank, kita dapat mengetahui perkembangan blog khususnya dalam hal traffic. Posting ini mengulas tentang bagaimana mendaftarkan blog/web di Alexa dan membawa anda ke posting lain tentang bagaimana meraih peringkat Alexa Rank. Sebuah tool yg menurut saya wajib digunakan oleh para Blogger.

Widget ini merupakan tool baru dari Blogger yg sangat berguna untuk menggaet royal readers sehingga anda dapat memastikan berapa banyak orang yg menjadi pembaca setia blog anda. Widget ini dapat menjadi alternatif pengganti email subscription melalui FeedBurner.

Tidak seperti alat kompresi gambar yg lain, PNG Gauntlet adalah tool offline (software) yg memiliki banyak keunggulan dibandingkan tool-tool online. Yg paling mencolok adalah kita tidak perlu mengupload dan mendowload file gambar sehingga dapat menghemat waktu. Selain itu, tool ini memiliki banyak fitur dan jenis kompresi gambar PNG yg memiliki hasil/output dengan kualitas yg sama bagusnya dengan gambar PNG sebelum dikompres. Kompresi gambar yg maksimal dapat mempercepat loading gambar blog dan kualitas yg bagus dapat menjaga kualitas tampilan blog. Posting ini memuat link download gratis untuk mendapatkan PNG Gauntlet.

Penggunaan toolbar dengan fungsi yg banyak tidak hanya akan memberi informasi mengenai Pagerank Google yg dimiliki sebuah halaman situs dan peringkat ALexa-nya, namun juga memberi anda informasi mengenai dofollow/nofollow link, keyword density, related links, peringkat SERP, kekuatan SEO, dan masih banyak lagi. Add on ini compatible dengan Mozilla Firefox Browser.

Berfungsi memampatkan/kompres file CSS blog dengan cara kerja instan. File-file CSS terkadang ditulis tampa memperhatikan efisiensi penggunaan kode serta memiliki banyak sekali white space, sehingga file menjadi lebih berat dan besar,. Browser pun akan membaca lebih lama. Oleh karea itu, kita perlu melakukan kompresi CSS baik secara manual maupun dengan Tool seperti yg telah dimuat dalam posting ini.

Untuk melakukan posting dan mengeditnya secara cepat tanpa membuka post editor Blogger, pastikan anda menginstal ScrivefireNext yg merupakan add-on Firefox untuk melakukan editing post/artikel secara efision dan dengan fitur yg lengkap.

File javascript (.js) eksternal, atau yg diupload ke hosting lain berpengaruh terhadap kecepatan loading. Request browser yg mendapat respon terlalu lama dari server hosting javascript dapat mengganggu dan memperlama kesempurnaan loading blog. Oleh karena itu, gunakan hosting ini yg dapat memuat dengan cepat dan digunakan untuk pribadi (khusus untuk satu atau beberapa web/blog tertentu saja) sehingga dapat menjamin cepatnya download file js oleh browser.

9. Blog Speed Test
Sebuah blog atau website memiliki kecepatan loading (load speed) dan waktu loading (load time) yg berbeda-beda sesuai dengan berat dan banyaknya file di dalam sebuah halaman. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui seberapa cepat/berat blog ketika di load oleh browser. Cek kecepatan blog sesuai dengan kecepatan internet standar (internasional) untuk mengetahui seberapa berat file di dalam halaman-halaman blog. Lakukan langkah-langkah penting apabila blog anda memiliki berat dan waktu loading yg terlalu lama. Diantaranya adalah dengan menggunakan beberapa tool kompresi dan hosting javascript yg cepat seperti di atas

10. URL Shortener
Memendekkan URL asli memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah url terlihat rapi dan tidak terlalu memakan baris. Selain itu, bagi anda yang memiliki banyak link affiliasi/referral, menyembunyikan url affiliasi/referral yang sebenarnya dapat meningkatkan jumlah klik ataupun kunjungan. Gunakan layanan URL-shortener dari 11 situs yang berhasil saya kumpulkan. (Note: Jangan gunakan shortlink untuk source link [link sumber], link partner, dan sejenisnya).

Khusus untuk tool yg satu ini, anda dapat menggunakan secara langsung. Gunakan dan cari variasi serta kombinasi warna yg dapat anda gunakan untuk membuat komposisi warna yg akan digunakan sebagai bagian warna dari blog/web anda.

12. Facebook Insights For Blog/Website
Gunakan Facebook Insights, tool bagi para blogger/webmaster menganalisa dan memahami tingkat popularitas, ketertarikan, serta kepuasan pengguna Facebook akan konten blog/web yg di-share melalui Facebook. Ketahui jumlah "likes", sends", "shares", klik, impressions, "recommend", popular pages, asal/negara user, dan lain sebagainya.

13. Blogger Adsense Parser and HTML Encoder
Alat ini berfungsi mengconvert kode Adsense agar dapat disisipkan ke dalam template XML Blogger, tanpa di-parse kode tidak dapat dibaca dan iklan Adsense pun tidak akan muncul. Cocok untuk sobat yang ingin memasang adsense secara otomatis di dalam posting. Tool ini sebenarnya merupakan HTML encoder. Dalam beberapa kasus, Blogger tidak dapat menerima kode atau tulisan dalam bentuk tag HTML karena itu akan dibaca sebagai markup, misalnya apabila anda ingin menuliskan kode ke dalam komentar Blogger, maka sobat harus menggunakan tool ini, sehingga kode akan muncul seperti yang diinginkan dan tidak hilang atau muncul pesan error.

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com
Regards,

Blog Tools: Peralatan Bermanfaat untuk Blog
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 19 Comment(s):

Unknown said...

mas mau tanya.
Mengapa ketika blog saya muncul dalam hasil pencarian google, disana yang muncul adalah judul posting terkait dan deskripsi blog yang saya tulis dulu ketika daftar di google. Padahal setahu saya yang muncul biasanya kan judul postingan dan beberapa kalimat dari paragraf pertama postingan.
Terima kasih atas jawabannya

Ahmad Khoirul Azmee said...

@tutur: google tidak hanya membaca dan menampilkan tampilan awal posting saja. dia mencari bagian mana yg paling kuat, diantaranya keyword, kombinasi keyword dan keterkaitan keyword dg search, dan yg terakhir adalah kekuatan link. oleh karena itu, dia tidak hanya menampilkan awal posting saja di hasil pencarian. melihat bagian posting blog anda yg terbaca adalah bukan bagian posting yg diharapkan, berarti ada beberapa kelemahan terutama di bagian keyword.maksimalkan kepadatan keyword di bagian posting. lihat strateginya di Strategi Memaksimalkan Keyword di Posting Blog

untuk deskripsi lama yg terindeks, berarti google belum mengindeks atau membaca meta deskripsi anda yg baru. salah satu strateginya adalah memberi notifikasi pada search engine dengan melakukan ping pada url blog.

LoKerNesia - Lowongan Kerja Indonesia Terbaru Oktober 2011 - Swasta CPNS BUMN said...

Bener banget sob, ibaratnya Blog/ website kita itu harus diperhatikan sesering mungkin, agar segala sesuatu baik itu hal yang positif maupun suatu hal yang membuat kita harus berbenah dapat kita deteksi sedini mungkin dengan widget2 yang disediakan oleh masing2 pihak developer..

saya pribadi baru ngegunain Follow by Email Widget aja.. soalnya yang lain juga sedang saya pelajari...

terima kasih atas referensi nya..

salam sahabat :)

imam said...

wah bagus gan ,,, backlink yaa

fajar said...

thanks informasinya.... mang harus bersabar agar blog kita kedetech ma google...huft

Gaemgyu Holic said...

maaf mas mau tanya, tp sedikit ga berhubungan sama artikel di atas.. cara memasang meta tag deskripsi bagaimana y? saya kan sudah pasang meta tag ny saja, dan yang muncul di google search memang sudah judul postingan, tapii deskripsi nya adalah deskripsi blog, bukan deskripsi postingan tsb.. trus bagaimana caranya agar deskripsi yg muncul adalah deskripsi dari postingan?

Pinjal Nge-Blog said...

met sore sobb... dah lama g mampir hehe mantab deh ane mau terapin semuanya

information today said...

master blog ni, numpang baca keren blognya.trim infonya

Wawan Siswanto said...

Mantep

Unknown said...

matap gan

bahasa inggris online gratis said...

Pakabar mas...saya baru belajar ngeblog nih, mu tanya boleh ya, heee. pada page blog saya tidak ada tempat posting commentnyam, yang ada hnya di home atau jika kita buka artikel yg saya masukan, gimana ya caranya buat yg seperti di blog ini, semua page nya ada tempat untuk pembaca posting komentar..tolong penejesannya, thx...

Chexo Web said...

cari-cari ilmu mampir di blog agan. salam silahturahmi sob

valvalavaleria said...

nuwun buat infone mas. hehe. :D

Unknown said...

trimakasih gan infonya, sangat bermanfaat

Unknown said...

makasih gan info yaaaaa

Semut Merah said...

Info yg bagus mas ty

Unknown said...

Apa semua wajib digunakan gan ?

kendal said...

makasih mas buat infonya, itu semua digunain ya ?

Unknown said...

wah baru tau tools2 ini, padahal saya sudah lama blogging.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap