Fokus SEO 2015 Yang Mesti Diperhatikan Semua Blogger

Tahun 2015 adalah tahun puncak Blogging dan Social Media, menurut hemat saya. Memang, di 2013 - 2014, sejak mobile usage sudah menjadi hal lumrah, geliat dunia social media sangat luar biasa. Disusul kemudian oleh blogging (yang notabene platform awal dari social media) yang ikut-ikutan meriah. Mungkin sebagian blogger baru mendapatkan informasi dan tertarik dengan dunia blogging atas andil social media besar seperti Facebook, Twitter dan Google Plus. Nah, tahun inilah yang benar-benar akan menjadi puncaknya.
Bagi para Blogger yang sudah berkecimpung sebelum tahun ini dan kemarin, pasti sangat yakin dan menyaksikan sendiri bahwa SEO, sebagai bagian dari upaya penjaringan traffic masal, selalu mengalami perubahan, baik dari segi kebijakan si empu pemilik search engine, yang terwujud dalam algoritma-algoritma barunya, hingga penyesuaian dan perubahan teknik dan strategi SEO. Bagi pendatang baru, sangat penting untuk mengetahui bahwa SEO semakin berkembang, semakin rinci, semakin rumit, dan harus direspon dengan strategi yang matang. 

Sobat tidak bisa lagi melihat teknik-teknik usang dan uzur dimakan algoritma-algoritma baru. Sobat tidak lagi bisa meniru tradisi spam komentar yang jauh-jauh hari sudah diperangi Google Penguin, Intinya, semua harus disesuaikan sedemikian rupa dengan perkembangan sekarang. Ini penting, dan post ini didedikasikan untuk mengawali mindset teknik lama menuju yang baru.

Dulu link building biasa diawali dengan melakukan analisis sederhana sebuah halaman web/blog melalui pagerank toolbar; untuk melihat berapa pagerank-nya. Tapi kini pagerank toolbar sudah mati. Kalopun halaman-halaman situs sebelum Desember 2013 masih memiliki pagerank (yang masih bisa dilihat), itu sudah tidak berguna lagi, karena itu update lama. Munculnya nilai pagerank pada toolbar yang saat ini masih setia dipakai sebagian orang itu lantaran datacenter Google untuk menyampaikan informasi pagerank masih aktif dan berfungsi. Tapi tidak ada gunanya, karena bukan update sekarang, sudah basi. So, link building dengan metode ini juga sudah usang, dan perlu teknik analisis baru. Belum lagi berbagai hal baru yang berkaitan dengan kualitas kegunaan (usability) dari sebuah website yang kini jadi pertimbangan Google juga. 

Nah inilah gambaran yang akan menjadi sebagian besar fokus SEO ke depan.

Table of content:
1. Mobile Friendly
2. Kecepatan Load
3. Profil Backlink
4. Konten yang Shareable
5. Konten yang Kaya



Mobile Friendly


label mobile friendly oleh google pada mobile search
Konsep mobile friendly sebenarnya tidak asing lagi, di 2011 ini menjadi trend besar. Website-website berbondong-bondong hadir dengan versi mobile masing-masing. Pada saat bersamaan, Responsive Web Design (RWD) juga telah dikembangkan. Meski pada tahun itu Google telah mendorong website untuk mendukung perangkat mobile, tapi, di akhir 2014 kemarin, Google memutuskan untuk menyampaikan secara nyata dukungannya melalui label "Mobile Friendly" yang disematkan di bagian bawah judul halaman pada hasil listing SERP dalam mobile search. Tujuannya untuk memberikan info kepada user perangkat mobile apakah website di dalam list tersebut bisa diakses dengan baik atau tidak.

Maka strategi ini menjadi mutlak untuk SEO sekarang. Sobat bisa (1) bertahan menggunakan template versi mobile bawaan blogger yang diaktifkan & di-setting melalui dashboard > template. Sobat juga bisa (2) memilih untuk menggunakan satu template untuk semua versi, alias template responsif. Saya pribadi masih memilih menggunakan template versi mobile daripada mengganti keseluruhan template desktop ini dengan yang responsif.

Tapi yang agak disayangkan, template responsive blogger banyak yang tidak dibuat dengan kehati-hatian, sehingga tidak sedikit yang loadingnya sangat lama saat diakses via perangkat mobile. Ini salah satu pertimbangan saya. Jadi, jika ingin pake template responsive, pastikan berkualitas dan teruji. Sobat bisa cek berbagai template Blogger responsif berkualitas ini

Oya, ada yang luput, kalo sobat udah pake template responsif, matikan versi mobile, karena tidak ada gunanya. Mungkin ini pula yang bikin bingung browser mobile saat memproses template mana yang harus ditampilkan. Mungkin.

Kecepatan Load


Kecepatan load menjadi salah satu faktor yang sudah digaungkan Google awal tahun lalu. Sebagai salah satu tolok ukur pengalaman pengguna (user experience) dalam mengakses website, kini kecepatan load semakin penting saja bagi SEO. Inilah mengapa saya agak bersikap kritis dengan template responsif yang load-nya cukup lama ketika diakses via mobile. Situs boleh tampil keren dan mobile friendly dengan template responsive, tapi jangan lupa memperhatikan aspek kecepatan akses-nya. Poin-poin yang bisa dilakukan pada template yang sudah dipakai? Ada, misalnya: optimasi gambar (kompresi), kompresi file javascript dan CSS, perhatikan script yang diambil dari luar, apabila responnya terlalu lama, pindah hosting script tersebut ke yang lebih baik atau cari versi sejenis yang dihost di tempat lain. Dan masih banyak cara lain lagi yang bisa dilakukan.


Backlink adalah tolok ukur yang digunakan oleh algoritma bernama PageRank™. Ditemani oleh beberapa algoritma lain, salah satu yang paling populer adalah Penguin, kualitas profil backlink sekarang menjadi fokus upaya SEO. Dulu backlink bisa serampangan dibuat, dengan spam sana sini, tapi untuk sekarang, profil backlink yang dibuat dengan cara seperti ini akan menjatuhkan SEO blog. Profil backlink adalah gambaran kualitas backlink yang dimiliki sebuah situs berdasarkan:
  1. darimana saja backlink berasal, 
  2. kualitasnya,
  3. jumlahnya (kuantitasnya), 
  4. variasi keyword-nya, 
  5. penyebaran backlink ke homepage dan halaman-halaman lain, 
  6. dan persentase nofollow vs dofollow-nya. 
Jika (1) backlink berasal dari situs-situs berkualitas tinggi, (2) backlink memiliki variasi keyword bermacam-macam (tampak natural), (3) memiliki keseimbangan antara nofollow dan dofollow, (4) backlink ke homepage tidak terlampau parah jumlahnya dibanding dengan halaman lain, maka profil backlink sebuah website disebut authoritative atau memiliki legitimasi tinggi. Sebaliknya, jika (1) banyak backlink berasal dari situs spam, (2) direktori dan bookmark yang diragukan kualitasnya, (3) backlink hasil spam dan atau didapat dengan cara tidak wajar, (4) backlink memiliki variasi keyword dengan mayoritas sama persis atau hampir sama persis, (5) jumlah backlink ke homepage luar biasa banyaknya sampai ribuan sedangkan ke post cuma satu dua, dan (6) semua backlink dofollow atau katakanlah sekitar 90% dofollow, maka profil backlinknya rendah atau tidak memiliki legitimasi, serta rawan terancam penurunan ranking, bahkan penalti atau banned total.

Oleh karena itu, strategi spam kini sangat berbahaya. Meskipun social bookmarking, dan direktori masih ada yang legitimate, tapi anda harus lebih selektif lagi, bahkan sebaiknya mengurangi aktivitas bagi-bagi link di situs-situs demikian.

Memiliki link nofollow itu wajar, dan sudah semestinya. Jadi backlink dofollow dan nofollow itu berdampingan. Yang tidak wajar adalah ketika hampir semua backlink anda dofollow (katakanlah seperti tadi, 90% dofollow), maka backlink sobat justru mudah diendus sebagai tidak wajar.

Mengenai variasi keyword, sudah jelas keyword yang sama persis dan bertubi-tubi sebagai anchor text pada sebagian besar backlink juga menjadi salah satu sebab blog dimakan penguin.

Strategi terbaik? Bisa dikatakan saya sekarang jarang sekali melakukan link building dan lebih memilih menunggu mendapatkannya (link earning). Mendapatkan backlink adalah cara paling natural, dengan hasil backlink sangat berkualitas. Apa sih maksudnya?

Gini, sebagai contoh, beberapa hari lalu saya dapet email mengenai artikel sebelum ini. Ada sobat bertanya, "mas kok pada artikel itu link ke pembuat-pembuat template dofollow semua? Apa gak bahaya buat blog mas?" Lah bahaya dari HongKong? Tidak masalah. Dofollow pada link-link itu sebagai penghargaan saya pada karya mereka yang luar biasa. Saya tidak tahu kenapa ada salah kaprah begini. Kalo saya link ke situs-situs itu dalam bentuk dofollow itu sah, wajar. Natural. Mereka mungkin gak tahu, dan gak perlu tahu, saya link karena ingin link ke mereka karena emang harus merujukkan ke sana. Kalo saya link ke situs legitimate, saya tidak menjerumuskan orang, yang dikasih backlink mungkin akan dapat efek bagus, yang kasih juga punya efek bagus, karena blog tanpa link keluar itu blog mati. Link keluar akan semakin memberikan gambaran pada Google bahwa keduanya berkaitan dan relevan. Tapi memang harus hati-hati, jangan sampai situs spam atau phising di link, karena dangerous, beib

Itu konsep link earning. Kalo kita punya sesuatu yang bagus, bermanfaat banget, original, dan bisa menjadi referensi yang harus dikutipkan pada sebuah halaman, kemungkinan mendapatkan backlink seperti di atas sangat besar. So, berkarya terus, hindari copas, asah terus kemampuan dalam menulis. Copas tuh bikin otak blogger yang sebenarnya cerdas jadi tumpul... pul. Pul, ipuull.. Dan yang dicopas tuh sakitnya di sini, di sini, dan di sini... (nunjuk dada, perut, dan mata), ..eh di sini juga.. (nunjuk pantat).

Konten Yang "Shareable"


Meski sinyal social (tweet, like, comment, plus one, share, dll) masih menjadi perdebatan hangat, antara berpengaruh atau tidak terhadap SEO, tapi ini menjadi satu tolok ukur penting. Konten yang "share-able", atau yang memiliki kemampuan untuk di-share dan menjadi viral (menyebar kemana-mana) menunjukkan bahwa sebuah konten memiliki ciri kualitas tertentu. Selain itu, share di sini juga berarti linkback, atau pemberian backlink karena konten menjadi rujukan dari berbagai website lain. Ini kembali lagi ke poin 3.

Konten yang di-share mungkin tidak secara langsung berpengaruh pada SEO, tapi menjadi indikator bahwa blog dan si Empu-nya memiliki daya bagi yang sangat tinggi. Sedikit lebih berat nih, konten demikian akan meningkatkan brand, baik pada web/blog, bisnis, maupun individu-nya. Konten seperti ini mengundang banyak hal: link back dari halaman web/blog lain (mendapatkan backlink dari situs lain secara natural), meningkatkan popularitas, dan memberikan otoritas pada blog sobat serta sobat sendiri.

Konten yang Kaya


Semua pegiat SEO dan Blogger professional sudah tahu (dan bukan rahasia lagi) bahwa konten yang kaya menjadi kunci kesuksesan SEO. Kita tidak berbicara pada konten jenis lain (gambar, video, lirik, definisi kata, dll), tapi konten blog dan konten dalam bentuk tertulis lainnya, yang intinya melibatkan penuturan melalui tulisan. Jadi konten pendek, atau kira-kita kurang dari 250-300 kata tidak bisa disebut sebagai konten yang kaya. Meski ada, banyak sekali, konten pendek bisa menang di-SERP, saya pastikan tidak akan lama. Ini logis. Idealnya, konten yang kaya pasti melibatkan penulisan kata yang tidak sedikit. Semakin kaya, semakin banyak kata yang dibutuhkan untuk ditulis. Intinya, semakin banyak wawasan yang harus dibongkar dan disampaikan, semakin panjang sebuah konten. Dan ini yang paling penting: semakin kaya pula variasi kata-kata maupun keywordnya.

Saya tidak menyebutkan bahwa konten harus panjang sampai puluhan ribu kata, tidak. Kalo mau gitu bikin buku saja. Yang saya maksud adalah jika memang harus dikatakan, katakanlah. Jangan terpaku pada "katanya" post yang cuma 250 kata saja bisa menang di SERP, post yang cuma beberapa kalimat aja bisa mendapat halaman satu, dan seterusnya.  Itu tergantung konteksnya. Kalo sobat cuma mau nulis soal download software, aneh kalo nulis sampai 2000 kata. Beda dengan ini, mungkin akan butuh lebih dari jumlah kata itu (dan lebih kaya): sobat bikin tutorial tentang menggunakan software itu, berdasarkan pengalaman dan pengetahuan, lengkap dengan tips-trik-nya. Dan konten blog biasanya identik dengan yang ini, dan yang ini juga yang biasanya jauh lebih valuable. Dan sekali lagi, konten seperti ini yang jauh lebih share-able... Maka konten yang share-able akan lebih mudah mendapatkan apa? Betul, backlink natural...




Kalo mau ditarik dari awal tadi, begini matarantai konsep SEO 2015 untuk blog: 
blog yang mudah diakses melalui perangkat mobile, loadingnya tidak "bikin bengong", kontennya menarik dan sangat bermanfaat, tidak setengah-setengah, dan bersifat viral (kayak virus menular kemana-mana) akan mendapatkan banyak keuntungan; di antaranya profil backlink dan ranking yang tinggi.

Have a nice blogging, sob...

© Copyright Ahmad Khoirul Azmibuka-rahasia.blogspot.com.

Fokus SEO 2015 Yang Mesti Diperhatikan Semua Blogger
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 45 Comment(s):

Riswanto said...

Wahh... jadi makin tau nih tentang SEO yang sekarang, memang membahas tentang teknik SEO itu tidak ada habisnya. Trimz atas infonya.

Unknown said...

sama-sama sob, sukses buat blognya

Unknown said...

Bermanfaat banget nih sob, lengkap banget pembahasannya

Destar said...

keren kali artikel nya mas , ini patuh di coba untuk para blogger sejati indonesia, krna tips nya lengkap di sini .. makasih mas sudah berbagi tentang seo..

daniel said...

Mantap gan, saya memang sedang mencari cara seo untuk tahun 2015, pas dapat artikel ini saya langsung bookmark dech.

BTW, setiap tahun berbeda ya gan....jadi semakin dinamis aja

Unknown said...

bahkan bisa dibilang hampir tiap beberapa bulan sekali pasti google melakukan update algoritma, sob

jadi mesti jeli untuk terus me-review teknik yang digunakan.

Anonymous said...

Gan bagaimana jika blog kita bertemakan tentang pendidikan, misalnya kita bikin postingan tentang "Pengertian HAM" nah pastinya kan semua arti HAM itu sama dan pastinya di blog lainya juga sudah menuliskan yang sama,

Jadi misalnya saya akan membuat artikel seperti itu dan nantinya artikelnya saya bedakan, seperti yang dimaksud agan di artikel sebelumnya, " Berbeda dengan yang lain" apakah itu bagus di SERP gan?

Solichin Toip Musik said...

Teruslah utk menulis artikel-artikelnya yg sangat bermanfaat bt tmn blogger lain, Bang. Insya Allah saya pribadi tidak bosan utk 'ngalap' ilmunya. Salam hangat !

Unknown said...

@Wahyu

Tulisan seperti itu mengetengahkan wawasan. Pengertian HAM tidak hanya satu, kan. Siapa bilang sebuah definisi istilah atau wacana sama. Tidak mungkin. Tergantung mana yang ingin dijadikan acuan. Hampir seperti skripsi atau penulisan ilmiah, ada pengertian HAM menurut A, B, C, D.... semua bisa dilebur menjadi sesuatu yang utuh. Ini yang dimaksud dengan sintesis, kalo dalam teknik penulisan. Ini bukan berarti semua dimasukkan mentah2, tapi ditelaah, dibandingkan, dan disinergikan. Nah kemampuan kita dalam memilah, memilih, dan melebur itu yang membuat konten menjadi kaya. Belum lagi nanti kalo kita bisa memasukkan unsur-unsur lain, misalnya peristiwa atau contoh tertentu, kita isi dengan pendapat kita atau pendapat seseorang, pasti akan lebih kaya lagi.

Tapi perlu diperhatikan bahwa konten blog tidak sekaku cara itu, cuma tekniknya kurang lebih sama.

Unknown said...

@Solichin.
Insya Allah saya akan terus geber semuanya. Terima kasih untuk dukungannya dan sukses buat blognya.

Batik Haryono said...

Dari awal belum tau tentang website sampai sekarang sudah bisa buat website sendiri, saya rutin baca artikelnya mas. Bahkan website saya sudah bisa tampil di page one google dalam waktu 3 bulan sejak website online, itu karena saya rajin baca tutorial tentang seo nya.
Terimakasih banyak mas artikel dan tutorialnya, walaupun saya pengunjung lama tapi baru sekali ini saya berkomentar disini..

Unknown said...

infonya sangat bermanfaat mas buat meningkatkan pengetahuan tentang SEO yg msh sangat minim,, thanx mas

Unknown said...

@Mas Haryono: Alhamdulillah, sukses terus mas untuk blog nya. Dan insya Allah masih banyak hal yang harus saya share tapi masih belum saya sampaikan, khususnya soal SEO

@Betty: Sama-sama, sukses buat blognya.

Unknown said...

Boleh di jelaskan dofollow dan nofollow gan..sya sebenarnya sudah membaca2 artikel tentang itu. Tapi jujur, sya kurang memahami artinya dari dofollow dan nofollow tersebut.

Unknown said...

backlink nofollow adalah backlink yang tagnya mengandung rel"nofollow":
<a href="http://buka-rahasia.blogspot.com/" rel="nofollow">Buka Rahasia</a>
Backlink seperti di atas tidak diperhitungkan oleh search engine alias diabaikan, dan tidak memberikan "voting". Voting ini yang mempengaruhi ranking.

Backlink dofollow berarti backlink yang tagnya tidak mengandung atribut rel"nofollow"
<a href="http://buka-rahasia.blogspot.com/">Buka Rahasia</a>
Backlink seperti di atas diperhitungkan dan diikuti oleh search engine, dianggap memberikan "voting" dan berpengaruh pada rangking. Tapi syaratnya harus relevan dan tidak berbau spam, yaitu link didapatkan secara "natural".

Unknown said...

waduh mas, dapat informasi banyak dari sini. Sempat tertawa saya ketika membaca artikel download sampai 2000 kata.

bmc.net said...

ada sedikit pencerahan

Deni Demian Renovtri said...

saya selalu belajar pada blog ini...sekarang sudah ada hasil lumayan blog saya, makasih gan

Unknown said...

@all: thanks, dan sukses buat seo blognya ke depan.

Unknown said...

siap dicoba dan di buktikan kalo ane bisa menulis bukan tukang copas.....yang sangat memalukan....thanks

Suhanri Simanullang said...

Kalau saya mas ditahun 2015, enggak banyak teknik SEO yang akan saya terapkan. Tetapi masih memperkaya konten.. :D
entar bakalan di praktekin ini semua.

Thanks mas infonya.

Welcome To My Blog said...

secara materi tehnik seo kelihatannya mudah sekali, tapi tentang cara mempraktekannya sangatlah sulit, dapat wawasan baru tentang seo, trims mas ,

Anonymous said...

wah top mar kotop ni infonya mas

Anonymous said...

Nambah lagi pengetahuan ane ttg SEO Blog dari agan Ahmad Khoirul Azmi.
Makasih gan ..

Anonymous said...

saya mau tanya kang dari contoh gambar diatas
Ketika penulisan Taut web lalu muncul hasil pencarian :
page utama taut web lalu diikuti dibawahnya
- About
- Sitemap
- Jangan sepelekan fungsi...
- Menguak Mitos Optimalisasi..
Baggaimana cara menambahkan seperti empat poin diatas, maklum newbie
Sama juga terdapat pada blog ini kang :D
Apakah masuk dalam pembahasan markup mikrodata dll, atau cuma snippet ?

Unknown said...

Halo, itu yang disebut dengan "google sitelinks", muncul baik pada versi web maupun mobile, namun terkadang isinya berbeda. Itu murni hak prerogatif google untuk menentukan dan tidak bergantung pada markup tertentu (microdata misalnya). Google menentukannya berdasarkan beberapa pertimbangan, simak di sini untuk ulasan dan tips mendapatkannya: http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/10/google-sitelinks-apa-cara-mendapatkan.html

PT. Aslamindo Eltama Raya said...

Menarik sekali bahasannya apalagi buat saya yg pemula di dunia perseoan (dunia apakah itu) hehehe...
Minta sarannya dong mas gmn bisa menghadapi blog2 dg ribuan postingan sampah. Krn pada kenyataannya blog2 tersebut tetap menguasai hasil pencarian pdhl tdk relevan dg isi blog sesungguhnya. Thx.

Ricky said...

Mantap mas, nemu ilmu baru lagi dengan jelajah blog gini, variatif hehe maklum masih newbie. Numpang promo blog saya boleh?
http://ricbas.blogspot.com/

Unknown said...

sering menemui artikel yang panjang, tapi hanya muter-muter, malah membuat isinya kabur, mungkin artikel yang baik adalah singkat dan jelas (tidak harus 250 kata)

Admin Blog said...

Mantab kang bisa nambah ilmu mau nekuni lagi blog

Unknown said...

fokus seo blog super mantap...ijin menyimak

RIKO JOWIR said...

terimakasih infonya sangat membantu

Ryan M. said...

...menyimak, saya masih buta soal ini :)

Unknown said...

Algoritma google baru menekankan kualitas konten,mungkinkah pelajaran SEO yang lama juga harus di abaikan?,semisal google sudah tidak lagi memperdulikan kata kunci,,mungkin benar mas,kata kunci terletak di artikel,di mana kita memperkaya dengan post dan konten

firmanu swantara said...

yg terakhir kang "'KONTEN YANG KAYA"' kalau ane lihat blog tentang resep, isinya kan itu2 doank, paling intinya bahan dan cara .... yg mau ane tanyakan, apakah blog seperti itu bisa di katakan kaya akan konten, dan dengan postingan seperti itu kenapa mereka bisa tenang2 saja di serp, trims sblmx...

Unknown said...

smw artikel tak ada yang tdk bermamfaat... gaya berfikir keren abiz.... pengetahuan yang dimiliki sangt luar biasa dan cra pnyampaian dalm menggunkan bhs enak bngt smp nyerap ke sum-sum otak... tumben mampir di blog ini... btw fbY mn mw tak add nanti sy mw tnya" dkit, bleh kn???

Cepi Ali Anwari said...

Setiap baca artikel di blog ini selalu saja mendapat wawasan baru seputar SEO Blogging. Terimakasih atas ilmunya kang. Salam kenal dari seorang pemula yg tengah menikmati asiknya ngeblog.. :)

Unknown said...

@wilda: halo, ini fb saya https://www.facebook.com/azmi.survivor

@Cepi: terima kasih sudah mampir, selamat datang di dunia blogging

Unknown said...

Penulisan kata yang tertata rapih membuat saya nyaman membacanya. Terimakasih sudah berbagi ilmunya mas.

Unknown said...

Makasih kembali mas, sukses buat blognya :)

Saint-D said...

mantap gan!

Cepi Ali Anwari said...

Terimakasih atas tutorial SEOnya pak, setidaknya jadi tercerahkan oleh aturan baru teknik Optimasi masa kini.

Anonymous said...

"Copas tuh bikin otak blogger yang sebenarnya cerdas jadi tumpul... pul. Pul, ipuull.. Dan yang dicopas tuh sakitnya di sini, di sini, dan di sini... (nunjuk dada, perut, dan mata), ..eh di sini juga.. (nunjuk pantat)."

avu kata-katane marai ngakak mas.....

Unknown said...

heuheu.... soale karo rodo emosi bro

Kin said...

sebelnya ada di benak saya untuk membeli domain TLD dengan PR tinggi, setelah saya tahu kalau Page Rank tak ada artinya, saya rasa lebih baik daftar domain baru. makasih min untuk ilmunya

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap