Cara Memasang Fitur Blogger Star Rating di Posting Blog

Star Rating Blogger
Blogger star rating adalah salah satu fitur baru Blogger yg resmi diluncurkan pada pertengahan 2011 lalu. Dulu, uji coba serta akses pengaktifan & penggunaannya harus melalui draft.blogger.com. Tapi kini tidak lagi, aktivasi fitur star rating for blogger dapat dilakukan melalui dashboard blogger.com. Star rating memberikan kesempatan pada pengunjung blog untuk menilai konten/isi posting yg dibacanya. Bagi pemilik blog, star rating dapat memberikan gambaran guna mengevaluasi penyajian isi blog.

Cara Memasang Star Ratings Widget Pada Official Blogger Templates

Template Blogger resmi (non custom templates) telah memiliki bagian yg berisi kode-kode widget star rating. Apabila ingin mengaktifkannya, cukup dengan melakukan beberapa langkah berikut:
1. Masuk ke dashboard Blogger.
2. Buka halaman layout (page elements).
3. Klik "edit" pada bagian badan posting (blog posts).
blogger
4. Klik/centang "Show Star Ratings"
blogger
5. Setelah itu save.
Cek posting blog, widget star ratings blogger ditampilkan pada bagian bawah posting.

Note: Pada beberapa kasus tertentu, opsi "Show Star Ratings" tidak ada. Jika sobat menemui kasus demikian, akses Blogger melalui draft.blogger.com.

Cara Memasang Star Ratings Widget Pada Custom Blogger Templates

Pada template blogger yg tidak disediakan oleh Blogger sendiri, star ratings tidak akan muncul meskipun sudah diaktifkan dengan cara seperti di atas. Hal ini karena pada template Blogger yg disediakan oleh pihak ketiga tidak diberikan script serta HTML star ratings. Melihat hal demikian, saya mencoba menengok template-template resmi Blogger dan menemukan beberapa bagian widget star ratings. Sebagai uji coba, saya kemudian mengekstraknya & mengaplikasikannya pada template blog ini.
Ada dua langkah penting untuk memasang star rating blogger:
  • Memasang Kode HTML star ratings:
1. Aktifkan terlebih dahulu fitur star ratings seperti cara di atas. Apabila tidak ditemukan, akses dashboard melalui draft.blogger.com. Save.
2. Buka edit HTML ( template > edit HTML), jangan lupa centang "Expand Widget Templates".
3. Jika ingin memasang star ratings di bawah judul posting, cari <div class='post-header-line-1'/> (gunakan Ctrl+F), letakkan kode berikut di bawahnya. Jika ingin memasang di bawah isi posting, cari <data:post.body/>, letakkan kode berikut di bawahnya:
<div class='star-ratings' style='float:right;'>
<b:if cond='data:top.showStars'>
<div expr:g:background-color='data:backgroundColor' expr:g:text-color='data:textColor' expr:g:url='data:post.absoluteUrl' g:height='42' g:type='RatingPanel' g:width='180'/>
</b:if></div>
Note:
-Apabila anda telah menggunakan share buttons (Facebook, Twitter, Google+) yg saya share pada posting terdahulu, letakkan kode di atas </b:if>.
- Apabila <div class='post-header-line-1'/> tidak ditemukan, cari <data:post.body/>, letakkan kode di atasnya.
  • Memasang Script star ratings:
1. Masih pada edit HTML, cari <b:include name='feedLinks'/>, letakkan script berikut di bawahnya:
<b:if cond='data:top.showStars'>
<script src='http://www.google.com/jsapi' type='text/javascript'/>
<script type='text/javascript'>
google.load(&quot;annotations&quot;, &quot;1&quot;);
function initialize() {
google.annotations.setApplicationId(<data:top.blogspotReviews/>);
google.annotations.createAll();
google.annotations.fetch();
}
google.setOnLoadCallback(initialize);
</script>
</b:if>
Note: Jika <b:include name='feedLinks'/> tidak ditemukan, cari <b:includable id='feedLinks'>.
2. Save template.
Blogger star ratings akan muncul di atas atau di bawah posting sesuai cara yg dipilih. Pastikan & perhatikan posisi widget agar sesuai dengan template blog. Jika perlu beri pengaturan CSS agar tampil pada posisi yg sempurna & sesuai keinginan.

Have a nice blogging * Have a nice learning!

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Cara Memasang Fitur Blogger Star Rating di Posting Blog
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 80 Comment(s):

Eka Sapri Alvyanto said...

bagus juga mas tipsnya, btw boleh minta batuannya gak mas, blog saya tak edit tadi HTML nya, tiba2 setelah selesai disimpan saya lihat daftar postingan blognya jadi hilang pada halaman home, dan widget yang mulanya ada di samping pindah ketengah mas, mohon bantuannya saya sudah googling lom ketemu solusinya terima kasih sebelumnya...

CYBERBANUA said...

wahh,, Bgus banget nih buat di taruh di blog, menampilkan fitur asli blogger yang mungkin kurang diketahui oleh para blogger! Makasih Infonya mas :)

Download Software Update said...

Kebetulan saya baru ganti template, boleh ni dicoba... thanks tutorialnya :)

Unknown said...

yup, terima kasih semuanya semoga bermanfaat.
@Eka:
Oke nanti saya lihat dulu template kamu

Blognya Reggy said...

saya coba dulu yah mas azmii.. :D

Ricky said...

kok rating nya ga muncul

PC Games said...

KK, kok ga mau muncul ? padahal ini template bawaan blogger ! bisa dibantu gak ? apa musti edit di template seperti template custom ?

Asalasah said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

copas http://kolom-inspirasi.blogspot.com/2011/10/blog-tools-peralatan-bermanfaat-untuk.html
link sumber disertakan ke homepage..jika tidak ingin artikel di tampilkan,tolong beri komentar di artikel tsb agar segera di ubah/hapus.

Anonymous said...

sukses terpasang rating star :D
makasih

Ehwan Gaul said...

thanks atas informasinya gan ......http://ehwan-shared.blogspot.com

indra antara said...

informasi yang sangat menarik.. star rating..waaaawwww

berita-terbarumu said...

nice info nya gan...
tapi widget ini berpengaruh gak ya terhadap page speed blog kita?
terima kasih info nya
maju terus buka rahasia.

Unknown said...

ya benar karena file rating star memiliki script eksternal dan memiliki bobot besar, maka dia akan mempengaruhi berat blog. tapi tidak masalah karena dia di-load belakangan jadi tidak mempengaruhi pengunjung ketika mau baca artikel.

Cak Deni said...

makaih gan...infonya...
sangat membatu...

Unknown said...

thanks Ya... atas Infonya

Lagu rohani said...

Terima Kasih

Tips nya berjalan di blogku lho. thank banget yah "-"

brem said...

Nasihat yang baik, terima kasih)

file education said...

gagal mas di template edit posting juga ga ada gambar ratingnya walau dah di blooger lawas n draf blogger gimana solusinya mas.... script 2 di atas juga dah aku pasang tapi tetep gag bisa

Aliana said...

punyaku kok gada "post star rating" ya pdahal dah pake blogger versi baru. apa cos ga pake template default dr blogger ya jd tampilan pas edit posting yg keluar msh yg model lama

Catatan_Chipoy said...

thanks gan atas infonya,, Nice ^_^

Dwijayasblog said...

Rupanya memang belum bernasib bagus, rate bintangnya ga mau keluar. Biarlah.

Arimurti said...

Segera di Coba.....

Anonymous said...

spritnya gak jalan mas star rating nya gk keluar keluar. saya koreksi lagi scriptnya Kok yang Muncul di feedlinks ada 2 berarti script tersebut bersifat otomatis mas!

Unknown said...

mas koq aku gax ada pas aku dah klik edit di elemen post ...
yang ada tuh cuman (lucu , menarik, bagus <)

Unknown said...

Sudah saya catatkan di atas:
"Note: Pada beberapa kasus tertentu, opsi "Show Star Ratings" tidak ada. Jika sobat menemui kasus demikian, akses Blogger melalui draft.blogger.com."

yangyang perdianto said...

bisa terpasang gan

Jumansyah Hamid said...

mantap gan..

Unknown said...

ook deh ,, udah muncul gan ,, makasih ,,,,,
tapi , apa bintangnya g bisa di gedein dikit mas.

Jefry said...

ternyata agak rumit ya kalau di blogger, alhamdulillah saya pakai wp jadi hanya cuma install plugin saja

Rudy Hartono said...

boleh nih gan untuk diterapkan

Unknown said...

gan gk muncul nie dblog saya.. cuma muncul kotak putih doank. mhon bantuanny gan.

Unknown said...

tipsnya jitu gan......benahi ya gan blog ku,bru bikin tanpa guru pula...hheheheheh......http://kotaintan-wan.blogspot.com

Johny said...

mantap.., !
dah berhasil mas,
salam blogger selalu mas...,
jujur. saya iri ngeliat tampilan blog mas : )))))
terus berkarya ya mas.
kami tunggu updatenya selalu.

Anonymous said...

Tanya mas Azmi, star ratings ini muncul gak di hasil pencarian?.

Unknown said...

Om, kalau buat rating star di pencarian google bagaimana ?

Anonymous said...

sob, saya tdk mnemukan str rating di blog post, jdi gimana dong...!
bantu lagi sob...
salam kenal///

Unknown said...

@yang nanya star rating snippet google: Beda, star rating ini murni untuk user dan tidak mengandung rich snippets. Untuk star rating snippets google akan saya post pada kesempatan lain.

@Irwan: Bisa dijelaskan sambil dikasih screenshotnya? Jadi saya bisa lihat detil masalahnya

Anonymous said...

kok g muncul di saya gan? gimana nih? mohon bantuannya

Anonymous said...

Permisi gan mau nanya, kalau ganti backgroundnya bisa nggak ? karena blog saya menggunakan background hitam sedangkan background dari rating tersebut adalah putih. Mohon pencerahannya ... Thank's before ^_^

Anonymous said...

Makasih gan sya udah bisa mengubah background colornya jadi hitam, ternyata harus mengubah page bakcground defaultnya to !? Nice Tutor

Unknown said...

kok diblog ane tetep ga muncul ya gan? apa gara2 ane pke read more?

Online Cerdas Internet positif said...

Iya nih, kok gak ada ya :(

Unknown said...

gag kluar mas
-_-

suhairibewo.blogspot.com

Diary online said...

Mas Kok Ga Bisa Ya??ga Tampil Rating Bintang Nya apa Ada Yang Salah?

Unknown said...

gak jelas mas, udah ngikutin tapi gak keluar

Unknown said...

Trima kasih Mas Azmi atas setiap postingnya,,, bermanfaat banget buat aku yang baru pemula di dunia blogger,,,

Unknown said...

Meskipun tela, yang penting ane dapaet ilmunya juga. Makasih sharingnya, gan....langsung dicoba aja :)

MELISA said...

Wahh... terima kasih banyak,

informasinya sangat membantu saya yang masih newbie blogger.

salam kenal ya mas, :)

melisa
pemula blogger indonesia (^_^)

yudivirgo said...

GAK BISA GAN DI BLOG ANE,,, KENAPA YA??? UDAH OTAK ATIK TETEP GAK BISA....

Makcum Abdu said...

Saya cari rating bintang pada edit blog kok gak ada ya sob???

Sorakun49 said...

sekarang udah ga ada kayanya~ =3=

Muhammad Adam Hussein said...

Sepertinya tutorial ini sudah usang karena masih banyak kurang kompatibel jadi mohon dikaji ulang tutorialnya biar tidak ditemukan kegagalan lagi ini untuk kenyamanan blogger yang membutuhkan.

adibey said...

akhirnya berhasil juga diterapkan di blog saya, kode kedua tidak saya masukan, ntah kenapa kodenya udah ada, mungkin sebelumnya udah centang "Show Star Ratings" kali ya mas :) ? makasih untuk tutorialnya

adrian said...

Tapi jadi agak berat ya?

MusikMokonk said...

ini yang ane cari.

Unknown said...

mas aq dah ikuti semua petunjuk mas, tp kok tetap ga bisa ya, tolong bantuannya mas, saya pake tmpleate dari mas johny ganteng banget, mhn bantuannya

pak kusir said...

saya bisa mas, mesti ke bloggerindraft dulu, tapi alhamdulillah berhasil hehehe

E Pujiawan said...

gan,, kalo pengen warnanya transparan gimana ya?

Rico Ade Mandana said...

berhasil; mas. ternyata tidak semudah yang saya bayangkan hehehe

wan86 said...

tank... infonya,, sangat membantu sekali,,, salut kawan,,,

Unknown said...

makasih banget infonya,masih newbie sih....

Unknown said...

mas tanya, punya saya kok muncul 2 biji ya ratingnya?? hihi..

mohon di cek.in donk.. :D

kreasijilbabmodern.blogspot.com/2012/11/cara-memakai-jilbab-modern-yang-baik.html

terima kasih.. :)

Unknown said...

postingan aq yang tampil kok ada yg kluar bintang ada yang kagak gan?
mohon penjelasannya.. terima kasih...

Anonymous said...

mantap sob sangat bermanfaat sudah saya coba berhasil, jgn lupa mampir ke blog jelek saya sob lum ad teman heheh

Nyak said...

Makasih sob.. :)
berhasil caranya..

Alvin Daparto said...

makasaih mas,..good share..

Unknown said...

blog saya udah ikut aturan diatas kok nggak keluar ya..

punyaku disini http://kompetisiindonesia.blogspot.com

Byuzputra said...

punya saya kluar doble di bawah judul postingan? kenapa ya? solusi donk pak?

Unknown said...

itu berarti pada template anda sudah ada, dan cukup mengaktifkannya saja, ga perlu tambah kode rating star lagi

Metrijayaflorist said...

Saya sudah mencobanya dan berhasil, terimakasih

Anonymous said...

wah saya buat blogger sejak 2012, saya baru tahu nih, kalau resminya dikeluarkan 2011.. hehehe!!
Infonya NICE lah!

Anonymous said...

makasi infonya bang. senang bisa berkunjung
#koman back yah di tunggu

Unknown said...

Mas Bagaimana Cara Merubah Warna Background Nya? Soalnya Backgroundnya Berwarna Putih, Saya Mau Transparan. Terimakasih

Unknown said...

itu bawaan sananya.
Coba saya kulik2 dulu, siapa tahu bisa hack CSS-nya

Unknown said...

Terima Kasih, sukses mas.
Maaf mau tanya lag (sekali nongol tanya mulu), star rating yang sudah ditambahkan ini apa bisa disinkronkan dengan rich snippet mas, soalnya kalau memasang rich snippet rating yang palsu bisa dihajar sama google

Faried said...

Ok ni gan, ijin tak praktekkan .........

Unknown said...

sudah saya coba tapi waktu saya save template malah keluar tulisan begini ya.......The widget with id "Blog1" contains a b:includable element which has no id attribute. All b:includable elements should have a unique id for a given widget apa ada yang salah ????

Unknown said...

@Barra: apakah tag ini
<b:includable id='feedLinks'>
sudah ditemukan dan benar diletakkan di bawahnya? Cek apakah kode tersebut ada bagian yang terhapus secara tidak sengaja juga. Karena masalahnya ada ID pada b:includable anda tidak ada.

Kin said...

info yang luar biasa. ini yang sedang saya cari untuk blog saya. thanks minnn :D (y)

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap