PNGGauntlet: Kompres Gambar PNG Untuk Mempercepat Loading Blog

free png compression
Gambar format PNG akhir-akhir ini memang semakin digandrungi dan menjadi favorit karena keunggulan-keunggulannya. Salah satunya adalah transparansi gambar yang membuat gambar jenis ini  fit untuk diletakkan di atas background berwarna apapun. Akan tetapi, kelemahan dari file berjenis ini adalah file yang lebih besar daripada format yang lain sehingga ketika browser memuatnya dibutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibanding gambar berformat jpg. Dulu saya terpaksa harus menyerah dan mengecilkan resolusinya atau meng-convertnya ke format lain seperti jpg. Namun setelah tahu ada PNGGauntlet ini, kompres gambar terasa lebih mudah.  Page load time tetap ngacir dan kualitas gambar pun tetap prima. Dan tentunya, search engine lebih suka dengan halaman yang dapat diload dengan cepat, jauh deh dari penalti search engine. SEO friendly lah.

Software berbasis .NET ini menggunakan perintah PNGOUT buatan Ken Silverman untuk mengoptimalkan file PNG. Fungsinya adalah mengurangi jumlah byte yang tidak diperlukan tanpa menghilangkan informasi apapun yang termuat di dalam file yang dikompres. Sehingga, kualitas hasil file hasil kompresi sama dengan file aslinya. Sebelum upload gambar pNG, pastikan kompres terlebih dahulu. Anda cukup memasukkan file yang ingin dikompres atau menyeretnya (drag) ke window PNGGauntlet, lalu pilih tempat penyimpanan file hasil kompresi dan klik optimize. Software ini juga dapat digunakan untuk meng-convert file JPG, GIF, TGA, PCX, dan BMP ke format PNG. Dan terlebih lagi, software ini hanya berukuran sekitar 815.27 Kb!

Penting!: Sebelum menggunakan software ini, komputer anda sudah harus terinstal .NET Framework 3.5 atau 4.0 Client Framework. Dapatkan file installer-nya di smallestdotnet untuk ukuran yang tidak begitu besar.

PNGGauntlet Page | PNGGauntlet Direct Download

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

PNGGauntlet: Kompres Gambar PNG Untuk Mempercepat Loading Blog
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 12 Comment(s):

Deny Kurniawan said...

langsung sedot om.. makasih buanget

Unknown said...

@Deny Kurniawansip....silakan dicoba

beby said...

saya masih bingung bray :(

attarbiyah said...

ini dia info yang saya harapkan..soalnya blog saya banyak menampilkan foto2 kegiatan anak2 murid2 saya mas...makasih informasinya, akan saya coba terapkan, sambil terus belajar tentang apa dan bagaimana blog itu..jangan marah ya kalau banyak artikel dari blog mas ahmad saya ambil untuk di print dan dijadikan arsip modul pribadi..makasih, jazakumulloh..wassalamu'alaikum

Unknown said...

@Attarbiyah: Silahkan. Asalkan tidak digunakan untuk artikel blog yang tanpa link sumber saya tidak masalah. Jazakumullah...

Pian Uhuy said...

mantab gan....thx...

sekarang header blog ane kg pake loading...haha

nice post....

cek gan..http://unikeuy.blogspot.com

freesoft88 said...

terima kasih sob, ini sangat bermanfaat.
smoga ini berhasil :)

Aneka Tani Mandiri said...

terima kasih bang, sangat membantu sekali.....

rizalm09.student.ipb.ac.id

Unknown said...

wah,. sayang nggak bisa dipake di linux.
kudu cari alternatif yang fungsinya sama kayak ini,.
thx udah di review mas,.

Anonymous said...

kalau kami pakai smushit yahoo! gan

Azantie Website said...

bang brarti klo gbrnya gede trs dikompres pke pnggauntlet ntr jd pecah dong bang? ada solusi gk bang biar gk pecah coz mau bwt web ttg tema traveling n fashion jd kan lbih byk gbr tpi pgen tetap SEO friendly biar ngeload webnya cpet. :( mohon pencerahannya

Unknown said...

png gauntlet tu sifatnya lossless, jadi gambar yang dikompres ga berkurang kualitasnya.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap