Strategi Meningkatkan Traffic Blog & Penjualan dengan Facebook

Meningkatkan traffic blog sudah menjadi tema sehari-hari para blogger dan webmaster. Tentunya ada banyak cara untuk mendapatkan dan meningkatkan jumlah traffic. Salah satu yg paling populer adalah dengan memperkuat ranking dan SEO blog/web di mata search engine. Pertanyaannya, apakah traffic besar hanya bisa didapat dari search engine? Jawaban lantangnya: Tentu Tidak! (dengan accent bicara gaya Cinta Laura). 

Demikian halnya dengan marketing atau pemasaran produk secara online. Prospek cerah muncul ketika banyak traffic masuk ke web/blog/landing page. Pertanyaan yang sama, apakah traffic serta jumlah transaksi penjualan tersebut hanya didapat dari search engine (baca: Google)? Jawabannya sama juga: Tentu Tidak! (kali ini dengan gaya-nya Sule).

Ada banyak cara untuk mendapatkan traffic. Dalam dunia blog dikenal istilah blogwalking, traffic exchange, buy-sell traffic, dan masih banyak lagi. Melalui cara natural, traffic juga bisa didapat apabila pengunjung menyukai blog/web dan kemudian melakukan bookmark atau melakukan kunjungan secara langsung tanpa media perantara, dikenal dengan enthusiast visitors. Ada cara lain lagi? Ya, jawabannya adalah social media! Social media telah menjadi jawaban penting bagi dunia online marketing. Ada ratusan bahkan ribuan social media yang siap untuk menjadi senjata traffic. Yang paling popular adalah Facebook dan Twitter. Kali ini kita akan berfokus pada strategi dan optimalisasi Facebook sebagai media penjemput traffic blog/webdan penjualan/marketing.

Perlengkapan/Peralatan Facebook Sebagai alat Publikasi Blog/Web

Ada banyak tools Facebook yang dapat langsung kita gunakan. Point utama dari tool/peralatan yang akan disampaikan di bawah ini adalah yang gratis, karena "Gratis" sampai saat ini masih harus menjadi "keyword utama" selagi masih ada caranya. Setidaknya, ada empat tool utama untuk melakukan publikasi dan meningkatkan popularitas serta traffic web/blog.

Facebook Page, atau yang dulunya dikenal sebagai Facebook Fan Page, merupakan halaman Facebook khusus yang berfungsi untuk meng-cover dan menampilkan halaman public dengan tema tertentu. Setiap orang dapat membuat facebook page apapun kebutuhannya. Pada perkembangannya, Facebook page kemudian digunakan sebagai alat publikasi bagi organisasi profit maupun non profit serta bagi web/blog. Facebook page dapat menjadi pintu gerbang bagi pengenalan produk atau konten yang kemudian mengarahkan pengunjung menuju sumber utamanya, yaitu blog/web. Pengunjung/pengguna Facebook secara otomatis dapat mengakses beberapa bagian halaman Facebook page dan mendapat update informasinya setelah dia melakukan "like" page tersebut.

Likebox berperan penting untuk meningkatkan jumlah likers pada Facebook Page. Memasang Facebook like box di halaman blog/web memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk me-"like" blog anda melalui Facebook Page.

Membagi link posting blog ke Facebook merupakan cara untuk menarik minat pengguna Facebook. Kesempatan untuk mendapatkan traffic ke blog pun bertambah. Akan tetapi, jika dilakukan secara manual, cara ini akan banyak menguras waktu dan fokus. Untungnya ada banyak tool yang dapat digunakan untuk menerbitkan informasi artikel ke Facebook secara otomatis setelah artikel/posting blog dibuat. Salah satunya adalah auto publish artikel ke Facebook dengan RSSGraffiti.

Berbeda dengan like box, tool yang satu ini dapat digunakan secara independen tanpa harus mempunyai Facebook Page. Fungsi dari Facebook like ini adalah untuk menunjukkan kesukaan pengunjung terhadap konten suatu halaman blog/web. Setelah melakukan like, secara otomatis akan muncul posting baru di wall Facebook si pengunjung yang menginformasikan bahwa dia menyukai suatu halaman blog/web tertentu. Pasang Facebook Like Plugin di setiap halaman web/blog untuk memperlengkap usaha peningkatan tarffic Blog melalui Facebook.

1. Isi Facebook page dengan informasi singkat mengenai produk atau web/blog anda. Jangan terlalu berbelit dan berlebihan serta jangan tuangkan semua isi blog/webke Facebook Page. Fokuskan pada informasi-informasi awal dan buat pengunjung akhirnya tertarik untuk mengunjungi web/blog.

2. Manfaatkan Facebook Page hanya sebagai sarana update dan publikasi serta wadah interaksi kecil dengan likers/pengguna Facebook. Segala bentuk hal yang berbau transaksional sebaiknya dilakukan di tujuan akhirnya, yaitu di web/blog atau landing page. Ini bertujuan untuk memusatkan segala bentuk transaksi hanya di satu muara saja. Keuntungannya, pengunjung dapat melihat hal lain di blog/web yang tidak ditemui di Facebook Page dan membuka kesempatan untuk melihat halaman lain, otomatis traffic dan pageview pun meningkat.

3. Memperbanyak likers/pengguna facebook yang melakukan "like" baik pada Facebook Page, Like Box, ataupun Facebook Like merupakan cara untuk meningkatkan traffic. Ada banyak penawaran berbayar yang dapat menghandle kebutuhan ini, misalnya melalui Facebook Adverts, atau layanan lainnya.. Namun, jika ingin gratisan, saya sarankan untuk mendapatkannya secara natural. Produk/konten yang menarik minat akan memancing pengguna Facebook untuk menyumbang "like". Efek yang didapat mungkin tidak langsung dari teman anda. Facebook like bersifat viral sehingga teman-teman anda yang melakukan like akan memunculkan informasi tentang aktivitas tersebut secara otomatis di wall mereka dan seterusnya. Gunakan suggestion, message, chat, comment, status untuk mempromosikan Facebook Page. Cara ini mungkin kurang elegan, namun sah-sah saja.

4. Dalam menggunakan Auto Publish Tool, lakukan setting untuk menentukan jarak munculnya posting di Facebook. Hendaknya jarak waktu tidak terlalu dekat dengan publikasi artikel di blog. Beri jeda paling tidak 30 menit setelah artikel/posting terbuat. Ini sangat berguna apabila anda harus mengedit kembali artikel/posting blog apabila ditemui kesalahan. Kualitas posting terjaga dan pengunjung pun suka.

5. Set auto publish ke berbagai jenis halaman Facebook, baik ke Wall Facebook anda, Facebook Page, dan Group. Ini untuk mengoptimalkan visibilitas posting blog oleh berbagai pengguna Facebook.
    6. Optimalkan dan terus lakukan upaya publikasi blog/web anda melalui Facebook Tools tersebut. Jangan segan untuk melakukan checking secara berkala dan melihat perkembangan traffic dan impression pada Facebook Page maupun tool yang lain.

    Good Luck!
    mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

    Strategi Meningkatkan Traffic Blog & Penjualan dengan Facebook
    Written by: Ahmad Khoirul Azmi
    Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

    add a comment 39 Comment(s):

    Zainul Abidin said...

    Pertama: blognya keren.. kalo orang gak ngerti CSS pasti gak bisa bikin tampilan oke.

    MArketing Facebook memang salah satu strategi marketing paling diminati saat ini.
    Karena memang pengguna facebook makin hari makin mneingkat.

    Tips yang menarik dan patut untuk dicoba

    obat herbal said...

    thanks gan untuk tipsnya ini sangat bermanfaat sekali

    khatgrafik said...
    This comment has been removed by a blog administrator.
    e-lyricsmode.blogspot.com said...

    aku masih kurang mengerti mas dengan penjelasan di atas

    Busana muslim said...

    keren neeh infonya, bermanfaat sekali buat kita Reseller online he...he...

    Aradea said...

    Wah ternyata memang facebook kalo di optimalkan akan berdampak besar pada traffic blog kita dan pastinya akan meningkatkan juga peluang marketing kita...muantabs deh infonya

    Ahmad Khoirul Azmee said...

    silahkan buat faebook page saja terlebih dahulu. lihat cara membuatnya dengan klik link facebook page di posting

    wong jowo said...

    kern banget..............

    hendrowibowo said...

    thx infonya broo ....

    goyang pattah-pattah said...

    jadi tambah ilmu baru nich, khususnya dalam bidang trafic blog, mantap sob...thanks dah shere

    Obat Kuat said...

    makasih banyak tipsnya.

    raiza said...

    lansung ke tkp...

    Photoshop said...

    makasi yah sob buat infonya yang sangat bermanfaat,, salam kenal sob.

    Pelancong Nyasar said...

    kren gan infonya..
    patut d coba..


    numpang backlink.
    http://pelancongnyasar.blogspot.com/

    Ahmad Fikri said...

    Terimakasih infonya!
    salam kenal......

    Inspirasi, motivasi bisnis dan berita unik said...

    keren mas..., ijin nyimak deh....

    #Dedy Izham
    Jangan lupa mampir keblog saya yach....!!!

    Mesin Kasir said...

    Info yang sangat membantu sekali,:)

    hamdan said...

    Mantab,,,.....Pak Bro info nya

    Crocs said...

    Mantep nih tipsnya... lagi cari2 info tentang optimasi facebook buat meningkatkan penjualan... ditunggu share selanjutnya.. :). Salam kenal..

    barangbangsemplak said...

    mantabbb,,,,kujung balik yooooo

    duit halal said...

    om numpang copas yach

    Chandra said...

    trims ya...info yg menarik,, jgan lupa berkunjung ke bolg aku juga

    munya said...

    nice post...^^

    rajin said...

    bermanfaat.................

    obat tradisional said...

    saya kurang begitu mengerti

    Hacc said...

    Jadi tambah wawasan untuk meningkatkan pengunjung. Terima kasih sob.

    suripno said...

    maksih artikelnya gan, sangat berguna bagi saya yang baru punya blog. . .

    Santri said...

    Blog ini sangat sesuai dgn namanya buka rahasia, TOP MARKOTOP disini salah 1 blog yg berkualitas yg saya baca, teknik2 dan sharing2 nya ane akui mantap tidak ada yg ditutup2i bahkan mungkin diluaran sana byk yg ditutup2i, bravo gan sukses trus.... IM Indonesia

    Ahmad Khoirul Azmi said...

    @Santri: Terima kasih banyak sobat. Sukses terus juga buat blognya! Segera ane kasih hadiah linkback dari halaman testimoni (PR 1) :)

    Download Game/Software/Anime/Movie/Film said...

    Terima kasih informasinya.

    sukses selalu ya.

    Softrickinfo said...

    Wah mantap nih infonya, ilmu blog yg kumiliki makin bertambah nih sekarang.

    roderick merr said...

    The following time I read a blog, I hope that it doesnt disappoint me as a lot as this one. I mean, I know it was my option to read, but I actually thought youd have something attention-grabbing to say. All I hear is a bunch of whining about something that you could fix when you werent too busy searching for attention.
    advertising services
    seo company in india

    rahmat solihin said...

    betul- betul gan....hahha

    roderick merr said...

    That is the suitable weblog for anybody who wants to search out out about this topic. You notice a lot its nearly onerous to argue with you (not that I really would want…HaHa). You positively put a brand new spin on a subject thats been written about for years. Great stuff, simply great!
    Content Writing Services

    Chris said...

    Informasi yang sangat bagus sekali.langsung di pratikan

    Flowers Angle Shop said...

    Saya menyimak betul tulisan diatas :)
    Selain diatas, apakah ada cara beriklan di Facebook yang efektif kah? dan apakah ada tipis agar mendapat tarif yg murah? karna skrng beriklan di Facebook makin mahal :(

    Ahmad Khoirul Azmi said...

    @Flowers: Saya memiliki tips basic untuk pengembangan user engagement di social media. SIlahkan cek:
    http://tautweb.com/konsep-strategi-pengembangan-bisnis-dengan-social-media/

    YA, sayangnya memang begitu. Jika memutuskan untuk menggapai social media user di Facebook melalui advertising sekarang cukup mahal, oleh karena itu butuh strategi yang lain.

    Tapis Berseri said...

    Sangat membatu.....
    Ditunggu kbr terbaru mengenai Blogger nya.

    Infoseru said...

    sangat bermanfaat artikel nya kang
    kalau ada waktu kang ahmad berkunjunglah ke blog saya
    karena saya menulis artikel tentang blog buka-rahasia

    Post a Comment

    Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
    Smashed Spams: 11362

    Recent Comments

    Tautweb.com

    • Menulis Artikel Blog

      Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

    • Template Blog Terbaik

      Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

    • Strategi SEO 2015

      Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

    • Artikel SEO Friendly

      Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

    • Belajar HTML & CSS

      5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

    © 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

     ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap