Perangi Pencurian Konten dengan DMCA Blogger (Panduan Praktis)

buka-rahasia.blogspot.com - pencurian konten blogger
Pencurian konten / artikel blog serasa menjadi hal basi karena sejak blog ada, wacana ini terus dibicarakan dan seolah tiada habis-habisnya. Tapi memang, alasan di balik itu sangatlah kuat dan bisa dipahami. Banyak blogger yg mengeluh atas kasus pencurian konten yg menimpa mereka, termasuk saya. Sangat lah disayangkan apabila konten yg telah dibuat dengan jerih payah, dengan pemikiran mendalam, bahkan ada pula yg dengan riset dan uji coba, dicuri mentah-mentah tanpa penyebutan sumber sesuai ketentuan. Kebanyakan pencuri konten adalah newbie blogger (atau yg ingin selamanya menjadi newbie). Saya sendiri sudah begitu jengkel dengan banyaknya artikel blog ini yg terus saja dicuri tanpa ada penyebutan link sumber. Tulisan-tulisan yg dibuat orang dengan mudahnya diakui sebagai tulisan sendiri. Sebuah mentalitas yg sama sekali jauh dari dunia blogging pada awalnya. Alih-alih, rasa malas lah yg ditonjolkan. Yg terburuk, ketidakmampuan menulis menjadi alasan yg sebenarnya justru menunjukkan bahwa si pencuri konten tidak pantas menjadi seorang blogger. Bukankah blogger adalah seorang penulis?

Bagi sobat yg mengalami hal serupa, tentu bisa merasakan hal yg sama. Kabar baiknya, kini sobat bisa bergerak lebih luas untuk memerangi pencurian konten serta menuntut penghapusan konten dari blog yg memuat konten curian. Google memiliki layanan DMCA Complaint dan Notice secara online yg mempermudah kita melaporkan suatu konten curian untuk ditindak. DMCA notice ini berlaku untuk seluruh produk Google, termasuk Blogger. 

Mengapa Menggunakan Blogger DMCA?

Menggunakan DMCA notice adalah cara paling ampuh atas pencurian konten. Ada banyak kasus yg menyebutkan bahwa banyak pencuri konten yg mengabaikan peringatan dari pemilik konten asli, baik berupa komentar maupun teguran melalui email. Mereka tidak menggubris sekalipun dan tidak memberikan reaksi yg diharapkan yaitu pemberian link sumber atau penghapusan konten. Selain itu, ada pula kesulitan untuk melacak pemilik blog karena memang para pencuri konten biasanya tidak mempunyai jejak identitas di dalam blog atau media lain. Biasanya mereka "malu" untuk mengekspos dirinya dan bersembunyi. Bisa dibilang, dia punya blog tapi dia bukanlah seorang blogger. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, dan sebagai puncak reaksi atas pencurian artikel, saya sarankan melaporkan pencurian konten melalui Blogger DMCA. 

Alur & Proses Complain Melalui Blogger DMCA

Ada beberapa proses yg dilalui untuk melayangkan komplain DMCA, namun jangan kawatir layanan Google yg berkaitan dengan DMCA kini melalui proses yg cepat, sekitar 24 jam atau paling lama hanya beberapa hari. Tidak seperti dulu, di medio 2010, saya harus menunggu hingga satu / dua bulan.
Berikut alur serta prosesnya:
1. Ditemukan adanya konten yg dicurigai oleh seorang blogger sebagai konten curian dari blognya atau blog lain.
2. Si Blogger lalu melayangkan surat DMCA takedown. The Blogger Team kemudian melakukan proses verifikasi validitas konten. Konten yg dicurigai ditarik menjadi bentuk draft, blogger yg dicurigai diberi notifikasi, dan salinan komplain DMCA dikirim ke chillingeffects.
3. Sampai proses ini, si blogger yg dicurigai mencuri konten memiliki hak untuk melayangkan surat tanggapan (counter notice) jika yakin bahwa kontennya bukan curian.
4. Jika terbukti konten tersebut curian, The Blogger Team akan menghapusnya dari blog tersebut. Jika tidak, maka content tersebut dikembalikan / diterbitkan kembali dalam 10 hari.
Jika sebuah blog mendapat banyak komplain secara terus menerus karena kasus pencurian konten, Blogger kemudian akan mempertimbangkan tindakan lanjutan berupa penghapusan blog tersebut dari layanan Blogger.

Cara Menulis Online Blogger DMCA

Membuat dan menulis surat DMCA sangat mudah. Sobat tinggal mengisi form secara online dan memasukkan beberapa data yg dibutuhkan.
1. Masuk ke DMCA untuk produk Blogger, klik disini.
2. Isikan kontak info berupa nama lengkap, nama perusahaan (bisa nama blog / url blog), nama pemegang hak cipta, serta email.
3. Di bagian 'copyrighted work', isikan url konten asli blog. Buat baris baru jika lebih dari satu. Isikan pula deskripsi mengenai copyright konten tersebut. Saya sarankan untuk mengisinya dengan detail copyright konten yg telah didaftarkan di layanan copyright. Saya biasanya melampirkan detail konten dan url yg memuat hak cipta yg saya daftarkan di myfreecopyright.com & dmca.com. Jika tidak ada, beri deskripsi singkat mengenai pembuatan artikel, seperti tanggal dan lain sebagainya. Jangan kawatir jika konten curian dibikin maju tanggal pembuatannya (back date), karena blogger memiliki data sesungguhnya kapan artikel tersebut dibuat.
4. Isikan url halaman artikel yg memuat konten curian. Klik 'add an additional field' untuk menambahkan form baru apabila url lebih dari satu.
5. Di bagian "sworn statements" (pernyataan sumpah), klik / centang "Please check to confirm" untuk mengkonfirmasi pernyataan bahwa anda lah pemilik konten sah dan bahwa konten yg ada di blog lain tidak memiliki hak cipta atau autorisasi dari anda.
6. Di bagian "signature", isikan tanggal pembuatan surat komplain dan tandatangan digital (digital signature) berupa nama lengkap persis seperti nama yg telah diisikan sebelumnya.
7. Klik "Submit".

Konfirmasi penghapusan konten (klik gambar)
The Blogger Team akan mengirim email balasan yg menyatakan bahwa surat telah diterima dan proses akan dilakukan (lihat contoh email balasan Blogger Team) Lama proses verifikasi dan take down tergantung jumlah antrian komplain serta banyaknya konten yg diadukan. Jika proses beres, akan ada email lagi dari the Blogger Team yg menyatakan bahwa konten dari Blog A dan Blog B (jika lebih dari satu) telah dihapus atau bahwa konten di Blog C tidak dapat dihapus karena tidak sesuai dengan hasil verifikasi (jika ternyata kecurigaan dianggap salah). Untuk yg terakhir saya belum pernah mengalami. Namun, sobat bisa kembali melakukan DMCA complaint ulang apabila punya keyakinan bahwa konten memang dicuri. Beri deskripsi hak cipta (copyright) yg lebih kuat dari sebelumnya agar hasil sesuai harapan.
Happy Blogging.

Reference:
Blogger Buzz
Google Public Policy

I hereby declare the war against content theft / piracy.
Regards,
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Perangi Pencurian Konten dengan DMCA Blogger (Panduan Praktis)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 76 Comment(s):

Pian Uhuy said...

ijin bokkmark mas...

BerbagaiHal said...

kalo yg nyuri konten kita ga pake platform blogger semisal pake wordpress dll apa masih bisa juga pake cara ini mas?? soalnya saya juga ngalamin hal serupa..

Ahmad Khoirul Azmee said...

jika pencuri konten pakai wordpress yg free (wordpress.com), langsung saja kontak pihak wordpress.com melalui kontak. jika wordpress (self hosted), layangkan surat DMCA ke hostingnya langsung karena biasanya pencuri konten menyembunyikan data registrarnya (whois). Jika terlalu rumit, setidaknya buat pengaduan ke Google, yaitu dalam bentuk penghapusan dari indeks search engine, adsense, dsb. Caranya sama seperti di atas. Cuma produknya bukan Blogger/Blogspot. Langsung ke sini:
http://www.google.com/support/bin/static.py?page=ts.cs&ts=1114905
pilih web search > klik "I have a legal issue that is not mentioned above" < klik "I have found content that may violate my copyright" > "Yes, I am the copyright owner or am authorized to act on behalf of the owner of an exclusive right that is allegedly infringed" > "yes" > pilih jenis konten yg dicuri (misalnya text) > klik this form > lanjutkan mengisi form mirip spt cara di atas.

Rina As said...

Terus terang nie, saya sudah berulang kali melayangkan permintaan kepada google.. sampai tangan jadi pegel
Kegiatan copas tidak ada hentinya, mati satu tumbuh seribu. Begitulah mereka..
Nice share, sangat bermanfaat nie

Ahmad Khoirul Azmee said...

bener juga sis, tapi kita jg ga boleh jera seperti halnya mereka yg ga pernah jera :-).Oya, kalo mampir di GTJ tolong dishare ya, Rin. :p

dody said...

mas , saya mau nanya nih gimana cara membuat link share page yang kaya' di bawah postingan tu ?

Jurnal Secience said...

thnks gan info nya....sangat membantu.

GUEST said...

wah informasi yg sangat berguna gan, thanx's atas infonya dan support trs utk blog agan :d

Armansyah said...

Kalau yang Mas Azmee punya DMCA Blogger bukan tuh??

Ahmad Khoirul Azmee said...

maksudnya bagaimana kawan? logo dmca ya? oh itu layanan dmca copyright lain, fungsinya untuk memonitor dan sebagai bukti atas kepemilikan konten asli.

Pian Uhuy said...

mau tanya mas...
kasih tutorial "DMCA image watermarking" mas...

bingung ne...
makasih

Ahmad Khoirul Azmee said...

oke pian, aku kumpulkan materinya dulu, banyak yg kececer nih di kepala, :D

Lutfie Tutorial Blog said...

info bagus gan makasih banget

trik blogger said...

wah saya juga masih baruni ngeblog, terima kasih tipsnya, semoga ini jadi pencerahan yang baik untuk para blogger baru seperti saya, mas mau tanya ni kalau mau belajar html yang bagus dimana ya ?

Rudy Hartono said...

Bagus Informasinya, galak juga ya google

nextbestthing said...

saya baru buat blog gan,dan masih baca2,artikelnya sangat membantu saya yang masih baru di dunia blogger ini.. thanks ilmunya.

Mr SImpel said...

makasih banyak bro, artikel saya kemarin baru saja di copas tanpa ijin, tanpa sumber pula, , ,

Pencetak Uang said...

{Pencurian konten / artikel blog serasa menjadi hal basi karena sejak blog ada, wacana ini terus dibicarakan dan seolah tiada habis-habisnya. Tapi memang, alasan di balik itu sangatlah kuat dan bisa dipahami. Banyak blogger yg mengeluh atas kasus pencurian konten yg menimpa mereka, termasuk saya. Sangat lah disayangkan apabila konten yg telah dibuat dengan jerih payah, dengan pemikiran mendalam, bahkan ada pula yg dengan riset dan uji coba, dicuri mentah-mentah tanpa penyebutan sumber sesuai ketentuan. Kebanyakan pencuri konten adalah newbie blogger (atau yg ingin selamanya menjadi newbie). Saya sendiri sudah begitu jengkel dengan banyaknya artikel blog ini yg terus saja dicuri tanpa ada penyebutan link sumber. Tulisan-tulisan yg dibuat orang dengan mudahnya diakui sebagai tulisan sendiri. Sebuah mentalitas yg sama sekali jauh dari dunia blogging pada awalnya. Alih-alih, rasa malas lah yg ditonjolkan. Yg terburuk, ketidakmampuan menulis menjadi alasan yg sebenarnya justru menunjukkan bahwa si pencuri konten tidak pantas menjadi seorang blogger. Bukankah blogger adalah seorang penulis?}

keren mas tulisannya,,ane yg newbie salut ma ente ^^

jimmy said...

terima kasih bro/sist atas informasinya. ane baru tahu kalo content yg selam ini ane ketik bisa di jaga dari COPAS pihak yg tidak bertanggung jawab. ya walaupun blog ane juga gak terkenal T_T
sekalian blogwalking nih.. ^_^

see ya

Anonymous said...

Saya dlu prnh mencuri konten & artikel blog milik orang laen, tp skrng saya udh kapok. hhehehe,, maafkan saya para bloggeerr....

lubang-kecil said...

wah mas benertu...dulu juga gitu capek capek nulis, uji coba juga tutorial ehhh malah di kopas...?
dan saya akhirnya jengkel juga.
eh saya malah ikut ikutan suka COPAS?

mas dimana kalau dicopas eh terus di edit apakah itu bisa dibilang original...?

Sang Manyar said...

Sharing pengalaman juga nih. Saya jadi korban copas puisi yang saya kirim di salah satu situs puisi online. Yang bikin lucu, puisi di copas mutlak tanpa perubahan kata. Di blog yg lain masih mendingan lah ada sedikit perubahan: penambahan tanda baca koma 4 biji di akhir tiap baris. Hahahaha... Segitu parahnya blogger kita sampe yang namanya puisi saja di copas. Tapi, biar deh. Itung-itung "amal". Asal jgn keseringan aja. Makasih artikelnya. Modal perjuangan nih ^_^

Direktori Blog Indonesia said...

Mau tanya nih gan, bagaimana kalau ada kontributor blog saya yang meng-copas atau memposting ulang tulisan karyanya sendiri ke blog saya? Jawaban mohon dikirim ke sini http://www.google.com/support/forum/p/blogger/thread?tid=077cbc502550f1dc&hl=en

Rumus Matematika said...

wah sayang bgd ya kalo konten kita dicuri orang

Unknown said...

maap mas berkarya aja terus peduli setan mau copas ke mau curi tah apanamanya tar mlah masbro terjangkit penyakit sendiri malas nulis heheheh

tidares said...

kalau image/gambar gimana mas?
saya suka ambil gambar tapi cuma mencantumkan sumber Google search. soalnya gambar2 sejenis banyak banget jadi ga ngerti sumber aslinya

Hadii Abdul said...

wahh... berkat artikel ini, saya sudah mendaftarkan blog saya di myfreecopyright.com . saya jadi merasa aman dalam menulis konten.
terima kasih msbro.

Suwardi said...

Kopas ramah tamah mas.....

1000 Unik said...

Thank's atas infonya..

Fikri said...

Mantap nih om...

btw apa bedanya DMCA free dengan yang pro?
bls om... :'(

Dwi Sugiarto said...

Saya sudah coba tapi ketika masukin signature selalu ditolak padahal sudah sama persis dengan nama diawal form,kenapa ya?solusinya gimana Mas?

Download Adobe Photoshop CS6 Full Version said...

Memang benar sob, terutama artikel tulisan original ane paling sering di copas tnpa mnyertakan sebuah link. gw sering mersa jngkel dengan hal ini,,,,,
smpat binging utk mlakukan apa, namun mmbaca tulisan sobat skrang sya bisa brtindak dengan yg di anjurkan...!
thanks sobat....

Bermanfaat said...

saya termasuk salah satu korban copy paste tanpa izin, enggak tanggung tanggung, yang copy paste bukan cuma tulisan saya aja, tapi juga foto-foto anak saya jg dimasukin ke bloggernya.

mulanya saya enggak nyangka kalo ada orang bakal nyuri tulisan saya, dan foto anak saya, akhirnya krn saya jarang nulis, saya deleted tulisan di blogger saya, dan saya ganti namanya dengan nama baru, krn untuk tulisan lain yang mungkin lebih baik pikir saya.

beberapa hari kedepan, saya iseng2x tulis nama anak saya di google dan searcing, eh tahu tahu saya dapat satu blogger http://araspie.blogspot.de yang memuat tulisan saya semua beserta foto2x anak saya. ada satu foto yang hitam, krn itu foto saya menggendong anak saya, sengaja digelapkan oleh pencuri, agar ibu dari foto anak yg dicuri ini enggak tahu kali ya.

hanya satu kolom komentar yang paling bawah yang aktif, saya bilang "siapa kamu, araspie, kamu sudah mengambil semua tulisan dan fota anak saya, tolong hapus foto anak saya dan tulisan saya semua, saya tidak butuh back dari kamu. Besoknya saya ingin tulis di kolom komentar, tp kali ini saya enggak bisa ngeadd komentar saya.

saya langsung ngadu ke Blogger-support team, setelah membaca artikel ini, saya betul-betul minta pihak blogger team, menghapus foto anak saya dan tulisan saya....,

Ada saran mungkin dari yang lain...terhadap kasus saya ini..., saya jd enggak berani upload foto di dunia maya lagi.

wassalam,
mbak diah

w3mediafire said...

thank's your information

lowongan kerja said...

mantab nih infonya, ijin nyoba ya bos

ahmad najiullah said...

walaupun terkadang suka jengkel liat artikel kita dicuri orang, tetapi saya balikan lagi ke niat awal saya membuat blog. yaitu untuk sharing,...
jadi saya biarkan saja deh,..
^_^

Sedo En Go said...

sepertinya cocok untuk blog yang lagi mau naik daun

kan sayang...

giliran mau keindex google malah di ambil orang

Belajar Komputer said...

Ini saya punya artikel yang tentang menangani copas...
http://www.kompinia.com/mengatasi-plagiarisme-online/
Mungkin bisa membantu temen2 blogger lainnya...

Skalian share pengalaman saya d...
Saya juga pernah dicopas. Salah satu yang copas adalah website radio yang cukup terkenal... Marah rasanya. Artikel itu saya buat serius, tau2 dicuri...

Sekarang, saya tegas menghadapi copas. Kalo ada yang gitu, saya laporin pake DMCA, saya juga laporin ke advertising network-nya. Semua laporan itu saya kirim tanpa peringatan dulu. Biar kapok orangnya. Nyuri konten, dia sendiri kena akibatnya, sumber rejekinya ilang.

Klo dibilang kejam, biar aja. Yang kejam dulu siapa? Pokoknya, babat habis copaser. :D Saya suka membalas blog2 copas habis2an. Saya laporin sana sini.

Saya rasa semua yg di sini setuju kalo kita harus tegas sama orang2 yg suka nyuri seperti itu. :)

Salam Kenal,
Hansen Muaja

Gokil dan Lucu said...

bookmark dulu,, infonya sngat brmanfaat, bsa nnti dpraktekkan. soalnya content blogku jg sring dcuri mentah",,

Ahmad Khoirul Azmi said...

Halo sobat semua. Nice comments. Bagi yang merasakan dan menjadi korban copas akan bisa banyak berempati dan berpendapat sama. Sedangkan yang belum atau justru menjadi pelaku, mungkin akan terkesan berlebihan bukan? Tapi ini faktanya, betapa marah dan sakitnya para penulis konten yang seharusnya dihargai dan tidak diinjak-injak kehormatannya. Harusnya ada kebanggaaan kepada para penulis konten di atas yang mampu menyajikan karya-karya terbaiknya. Saya 100% mendukung kampanye anti copas ini dan akan terus memberikan tips-tips untuk menghadapi copas.

rifky said...

info bagus om..nice banget. boro2 mau pasang dmca nih :D

web editor said...

info bagus jadi termotivasi untuk menulis artikel sendiri... tanpa copas.

Anonymous said...

bagaimana jika blog anda dilapor?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@anonymous: (terpaksa ane jawab komentar anonymous nih), jika blog saya dilaporkan karena pencurian konten (aneh ya, dilaporkan atas pencurian konten sendiri), maka saya akan melakukan counter dmca, teknik untuk membuktikan bahwa konten yang dituduhkan saya curi sebenarnya adalah benar2 milik saya, dan kemudian menuntut balik kepada pelapor. biasanya Blogger kemudian merespon balik kepada pelapor. Sudah 4 atau 5 kali saya mengalami hal ini, dan selalu saya lakukan counter dmca sebagai solusinya. Jika anda mau coba, silahkan. saya beri kesempatan. Oke :)

Yusril Ibnu said...

Akhirnya !!!!! saya bisa memberantas "Para Pemalas" yang sudah menjiplak artikel saya 100%. Thanks Infonya :D sangat membantu.

lowongan kerja 2012 said...

Yang lucu adalah blog tukang kopas juga pada pasang badge DMCA.. hihihi.. lucu ngga tuh kalo sudah begitu?

Agung said...

trus kalo misalnya ada yg kopas dengan menyertakan link sumber gmn mas?

lowongan kerja said...

Yang repot kalo yg kopasnya ampe ratusan bahkan ribuan, jadinya kita habis waktu buat burusin yg kopas

Anonymous said...

yang dibahas sebenarnya masalah copas apa sih? kemungkinan besar bahkan webmaster pun kalau artikelnya tentang tutorial sudah dipastikan banyak yang copasnya walaupun ga seluruh artikelnya. intinya dah pasti copas.. ga mungkin semua blogger jd penemu tutorial itu... contoh yg kecil saja tutorial cara membuat akun gmail kan mungkin akan banyak kesamaan dalam menulis artikelnya.. dan masih banyak lagi tutorial lainnya. yang intinya untuk blog tutorial sangatlah susah untuk dikatakan sebagai pemilik artikel aslinya....

Mas GunKlaten Berbagi said...

mantap gan,......

Arief Rahman said...

Mantap gan infox...
bisa jadi referensi buat saya yang baru beberapa hari yg lalu buat blog...

Free Download Game said...

Anonymous: walau sama maksud, tapi semua punya tata bahasa sendiri2,. jadi walaupun tutorial, kalo bahasanya unik, ya buka copas,..

Iklan Internet said...

sekarang bahaya klo konten kita di curi. bisa kena pinalti google, maybe

ilmu said...

jadi caranya Daftar DMCA buat mengurangi ilmu copy paste ya, trimakasih

membuat passport said...

tolong yah yang mau copy paste pikir-pikir ulang. sekarang aturan mainnya makin ketat. Pikir dua kali sebelum melakukannya, hargai karya cipta.

Halo Teknisi said...

Bagus nih artikel.Terimakasih mas.

Apps Freeware said...

Mantab om.. ANTI PEMBAJAKAN

Kota Sampit said...

Ka' saya mau tanya dan mohon di balas,,
''bagaimana menetahui konten kita di curi oleh orang,,apa kita harus googling satu persatu artikel kita ????

Andi Hendradi said...

Pelajarn penting buat para blogger. Artikelnya keren bos.
Thanks infonya

ionetwo iwan said...

kalau pada pilihan go pro atau submit pilih yang mana?

Manga Busungbiu said...

No copas, kreatiflah, hehe. Semoga saja blog saya gak dicopas tanpa seizin saya terlebih dahulu

Afandi Kusuma said...

"Kebanyakan pencuri konten adalah newbie blogger (atau yg ingin selamanya menjadi newbie)."

Karena kita tahu, kebanyakan yang copas adalah newbie, ya kita buat, jika posting kita dicopas, ke blog mereka, tetap akan memberikan keuntungan bagi kita.

Caranya bagaimana?

Misalnya dengan memberikan beberapa link ke artikel di blog kita. Tentu newbie akan copas langsung termasuk kata yang ada linknya tersebut. Sehingga kita akan mendapat link dari blog mereka.

Bagaimana?

Andry P.L said...

susah bang mw berantas copas content. tp ane jga pernah nglakuin hal tersebut bang....

indonesiiaku said...

makasih gan informasinya bermanfaat ternyata ada juga yang gratis dan berkualitas,
soalnya di DCMA.com harus pro yang menggunakan fasilitas hapus kontes secara otomatis.
mantap gan

aurigamaulana said...

Mas, lewar Cases: Add Takedown Case di DMCA.com juga bisa kan?
Soalnya saya sudah bergabung di DMCA Protected dan sepertinya ada fasililtas seperti itu.
Saya menjadi takut kalau lewat DMCA google karena kalau tidak terbukti, kita bisa didenda dan mempersiapkan pengacara. Yah, walaupun konten asli adalah miliki kita.
kalau si pencuri memodifiasi sedikit gimana coba.

aurigamaulana said...

oh alau lewat yang cases itu bayar ya ternyata. soalnya langsung ada pemberitahuan status:awaiting Payment

Ya udah deh, ngikut tutor ini aja. Lagian juga mas lebih tahu banyak

ZhrieE Ghea said...

Konten saya Juga baru di curi ni gan..semoga Blogger2 yang sperti itu diasingkan saja dalam dunia blogger..

addriadi.com said...

Terimakasih infonya Gan... Saya msh baru ngblog, postingan baru 20 buah, tp udh ada yg copas... ah nyebelin...

comtelcell said...

kunjungan perdana
yia neh postingan ane juga ada yg copas, padahal ane juga baru belajar n lucunya lagi screenshoot nya ga di ganti.
Jgn lupa sempetin mampir di gubug ane gan comtelcell.blogspot.com

blogspot--id said...

makasih mas infonya, bisa buat pegangan saya.
maklum masih newbie...

Aura Ide said...

Simpan dulu, suatu saat bila dibutuhkan tidak perlu cari-cari lagi!

As jeck said...

Apaan sih.... kalo tidak mau di copas, ya setting aja ntuh blog agan2 anti COPASnya, ntar tukang copas juga kapok sendiri, alias kagak kembali ke blog agan-agan yang sudah master toh. :p

Andi Subarkah said...

beres baca plus semua komen. jd ada plus minus; minus jadi ingin sharing ini ke orang lain juga (berdasarkan pengalaman Kang author dan sdh diuji cobakan) tapi jd takut malah di-dmca-kan :) plus nya jadi tambah referensi jika mendapat pengalaman di copas orang lain,,jd tau harus bagaimana... Nuhun sangat informatif

Agil Cahya Pamungkas said...

biar ga dicopast ,blog saya pake html script anti copas mas , just info

Digo Ahmad said...

makasih mas infonya .... soalnya blog andalan saya kena copas ...

Afdhal Ilahi said...

izinshare kata2nya gan di kotak peringatan

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap