Tips Membuat Artikel Blog Yang Tahan Lama dan Ga Gampang Loyo

Membuat artikel blog
Seringkali ditemui kondisi bahwa beberapa artikel tidak lagi terjamah oleh pengunjung kita, padahal pada saat setelah diposting, artikel tersebut sempat memiliki "booming" yang dahsyat. Faktor-faktornya antara lain adalah artikel tersebut sudah masuk masa kadaluarsa, yaitu kondisi dimana topik pada artikel tersebut tidak lagi memiliki nilai informasi karena sudah banyak orang yang mengetahui dan tidak menjadi "rahasia" lagi.

Bagaikan Mata Air Yang Mengalir Tiada Henti

Nah bagaimana ciri suatu artikel yang ga gampang kadaluarsa itu? Artikel semacam ini bisa diumpakan sebagai mata air yang airnya gak habis-habis. Artinya, artikel tersebut tetap memiliki nilai ketika dikaitkan dengan kondisi apapun dan kapanpun juga. Sehingga, banyak orang yang membutuhkan dan kadang kembali untuk membaca ulang.

Lalu Bagaimana Biar Airnya Mengalir Terus?

Jika anda ingin membuat artikel yang semacam itu, i've got some tips for you:

1. Tentukan, pikirkan, dan pastikan apakah topik dari artikel yang akan anda tulis merupakan topik yang tidak cepat lekang waktu. Artinya, jika satu atau dua tahun lagi artikel itu dibaca, masih memiliki kesinambungan dengan kondisi yang ada dan tidak berseberangan.

Artikel yang rentan terhadap hal semacam ini adalah artikel berita. Pada suatu waktu, artikel jenis ini bisa menjadi santapan lezat, dengan ratusan hingga ribuan pembaca menyerbu. Namun, setelah tidak mempunyai nilai berita lagi, dia tidak punya arti lagi. Sedangkan suatu artikel yang tidak aktual adalah artikel yang tidak menjawab atau memberi gambaran tentang permasalahan/fenomena yang terjadi di masa kini.

2. Pelajari terus kondisi sekitar, kira-kira fenomena, permasalahan, atau kebutuhan apa saja yang selalu muncul dan terus ada dan (kadang) tidak berakhir.

3. Variatif dalam menyampaikan suatu topik. Artikel tidak hanya bisa disampaikan sebagai suatu informasi objektif, tapi juga bisa memuat opini, kritik, saran, polling, dan lain-lain. Bisa jadi apa yang anda bicarakan adalah sebagai suatu topik berita atau fenomena yang sudah lama, namun ambil sudut pandang tertentu, misalnya opini,kritik, saran, atau polling anda terhadap berita/fenomena tersebut. Bentuk artikel seperti ini biasanya bisa bertahan lama

4. Jaga originalitas artikel anda. Originalitas disini menyangkut dua hal. Yang pertama adalah karya asli seringkali lebih memiliki nilai yang tinggi, karena memiliki ciri khas yang tak dimiliki oleh yang lain. Nah yang kedua, untuk menjaga originalitas itu, hendaknya anda menjaga konten anda dari penduplikasian. Mengapa? Karena jika suatu konten artikel memiliki duplikat, posting anda akan jarang atau bahkan tidak pernah dibaca lagi karena blog lain telah memiliki artikel yang sama persis seperti milik anda. Terlebih lagi jika blog anda kalah dalam pencarian di search engine, maka akan lebih sia-sia lagi.

5. Lakukan update sesegera mungkin apabila ada bagian dari artikel yang tidak sesuai lagi dengan perkembangan. Misalnya anda membuat suatu review yang menyebutkan harga suatu barang. Lalu, dua bulan kemudian harga tersebut berubah, maka segeralah anda mengupdate informasinya. Tidak perlu menambah posting baru lagi untuk hal yang sama karena justru ini tidak efektif. Mengapa tidak efektif? Salah satunya karena search engine telah memiliki indeks posting anda yang lama, jika anda membuat posting yang baru lagi, akan butuh waktu lagi untuk search engine meng-crawl entri posting baru.

Keep Posting!

Tips Membuat Artikel Blog Yang Tahan Lama dan Ga Gampang Loyo
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 3 Comment(s):

ScriptMarketer's Blog said...

Hemmm... saya suka yang tahan lama... xixixixix ;))

azmee said...

hehe, bisa aja SM

Hubertus Budianto said...

saya setuju, artikel yang bagus adalah artikel yang isinya mengenai sesuatu yang tak lekang dimakan waktu, sesuatu yang menjadi prinsip, dan dan topik yang selalu dicari orang. contohnya adalah tips pemasaran, tips melakukan sesuatu dengan efektif, dan lain-lain

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap