Membuat Tampilan Iklan Google Adsense Responsif (CSS Media Queries)

google adsense responsive buka-rahasia.blogspot.com
Masih bicara masalah responsive nih, ceritanya. Karena sekarang sudah jamannya responsif, maka Google akhirnya secara resmi mengeluarkan satu fitur baru lagi sebagai salah satu opsi/pilihan kode yang bisa di set di dashboard Google Adsense. Beberapa waktu lalu, Google meluncurkan asynchronous code untuk memperbaiki performa website yang menampilkan iklan Adsense, iklan tampil lebih cepat dan muncul setelah semua elemen web termuat oleh browser. Responsivitas unit iklan juga memastikan iklan yang tampil dapat dilihat dengan baik oleh pengguna media lain (non desktop user) sehingga potensi klik dan optimalisasi pendapatan Adsense tidak berkurang. 

Sebelum unit iklan responsive dirilis, kode iklan masih dalam bentuk synchronous (kode unit iklan lama), sehingga saya harus mengakali tampilan responsifnya dengan javascript. Ada beberapa slot iklan yang digunakan sekaligus dalam satu area iklan agar nantinya bisa dipanggil sesuai dengan lebar screen. Misalnya di header saya membuat 3 slot sekaligus, 728x90, 468x60, dan 320x50, yang nanti masing-masing akan dimuat sesuai dengan lebar device. Pastinya ini ribet, karena kita mesti membuat banyak slot, apalagi jika punya 3 area di satu halaman, maka bisa dipastikan banyak sekali jumlah slot yang harus dibuat. Belum lagi eksekusi menggunakan javascript yang tentu akan memakan waktu lebih panjang.


Beberapa waktu kemudian, kehadiran asynchronous code membuat pekerjaan lebih ringan, karena kita tidak perlu membuat banyak slot, cukup satu slot saja dan sisanya bisa diatur dengan CSS media queries. Contoh:

<style type="text/css">
.adsbygoogle {display:inline-block;width:468px;height:60px;}
@media screen and (max-width: 467px)  { .adsbygoogle {display:inline-block;width:300px;height:250px;} }
@media screen and (max-width: 299px)  { .adsbygoogle {display:inline-block;width:200px;height:200px;} }
</style>
<script async src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<ins class="adsbygoogle"
     data-ad-client="ca-pub-xxxxxxxxxxxxxx"
     data-ad-slot="xxxxxxxxxx"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Kode di atas adalah hasil modifikasi menggunakan CSS media queries yang menggunakan class adsbygoogle. Berikut kode aslinya.

<script async src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:468px;height:60px;"
     data-ad-client="ca-pub-xxxxxxxxxxxxxx"
     data-ad-slot="xxxxxxxxxx"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Style di dalam tag ins kemudian diangkat dan dipisahkan ke dalam tag style sendiri, dengan menggunakan class adsbygoogle. Dan hasilnya seperti pada contoh pertama. Proses pembacaan CSS media screen/queries nya seperti ini: 
Tampilan default iklan yang akan dimunculkan adalah 468x60, namun jika lebar screen kurang dari sama dengan 467px maka tampilkan iklan dalam ukuran 300x250, namun jika lebar screen kurang dari sama dengan 299px, maka tampilkan iklan dalam ukuran 200x200.

Rilis Unit Iklan Adsense Responsif (Beta)

Sebelum unit iklan responsif dirilis, saya masih merasa was-was, karena cara yang terakhir ini belum benar-benar dirilis secara resmi sebagai cara yang diperbolehkan, meskipun dalam help center, Google mengijinkan penggunaan CSS media queries, namun bukan pada asynchronous.

Nah, kabar baiknya, kemarin (baru saja, jam 10an malem, 31 Juli 2013) Google Adsense menyampaikan bahwa kini ada satu fitur lagi (masih dalam versi beta) yang disebut sebagai "responsive ad unit".

Berikut langkah membuat Ad Unit responsive dan modifikasi CSS-nya sebelum bisa digunakan pada website/blog responsive anda:

1. Buat slot baru, dan, lihat pada pilihan dropdown di bagian "ad size". Pilih "responsive ad unit". Tidak ada ukuran yang perlu diset pada tahap ini. Kode yang perlu dicopy pun harus dimodifikasi lagi karena itu hanyalah contoh. 

2. Copy kode yang dihasilkan dan paste pada notepad atau editor teks sederhana lainnya.
Berikut contoh kodenya:

<style>
.classsesuainamaslot { width: 320px; height: 50px; }
@media(min-width: 500px) { .classsesuainamaslot  { width: 468px; height: 60px; } }
@media(min-width: 800px) { .classsesuainamaslot  { width: 728px; height: 90px; } }
</style>
<script async src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- namaslot -->
<ins class="adsbygoogle classsesuainamaslot"
     style="display:inline-block"
     data-ad-client="ca-pub-xxxxxxxxxxxxxx"
     data-ad-slot="xxxxxxxxxx"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>



3. Lakukan modifikasi pada bagian tag style, karena disitulah kunci responsivitasnya.

Default contoh di atas (biru) menggunakan default unit iklan terkecil 320x50 (mobile unit). Kemudian diikuti dengan media min-with (lebar minimal). Jadi asumsinya gini, jika lebar screen minimal 500px, maka tampilkan ukuran 468x90px, jika lebar screen minimal adalah 800px, maka tampilkan unit iklan 728x90. Anda bisa menampilkan beberapa baris sekaligus jika ingin membuatnya lebih spesifik, menentukan syarat minimal atau maksimal screen, dan mengubah ukuran default pada bagian paling atas. Contoh:

<style>
.classsesuainamaslot { width: 200px; height: 200px; }
@media(min-width: 350px) { .classsesuainamaslot { width: 300px; height: 250px; } }
@media(min-width: 400px) { .classsesuainamaslot { width: 336px; height: 280px; } }
@media(min-width: 500px) { .classsesuainamaslot { width: 468px; height: 60px; } }
@media(min-width: 800px) { .classsesuainamaslot { width: 728px; height: 90px; } }
@media(min-width: 900px) { .classsesuainamaslot { width: 900px; height: 90px; } }
</style>

CSS media query di atas menggunakan konsep minimal width, sehingga unit iklan default adalah yang terkecil. Jika ingin menggunakan unit iklan default terbesar menuju ukuran yang lebih kecil, misalnya default 728x90 kemudian menuju unit lebih kecil 468x90 dan seterusnya, maka media query yang harus digunakan adalah max-width.

4. Jika anda masih tidak puas dan bingung, atau ingin menggunakan aturan ukuran media screen yang lebih fix, gunakan contoh pertama dimana saya terapkan pada kode asynchronous di awal artikel (@media screen and (max-width)).
Contoh:

<style type="text/css">
.classsesuainamaslot{display:inline-block;width:728px;height:90px;}
@media screen and (max-width: 727px)  { .classsesuainamaslot {display:inline-block;width:468px;height:250px;} }
@media screen and (max-width: 467px)  { .classsesuainamaslot {display:inline-block;width:336px;height:280px;} }
@media screen and (max-width: 335px)  { .classsesuainamaslot {display:inline-block;width:300px;height:250px;} }
dan seterusnya tergantung keinginan anda...
</style>

5. Setelah selesai melakukan editing, masukkan kode iklan ke dalam space dimana anda memasang iklan dan lihat hasilnya.

Beberapa poin yang perlu diperhatikan pada penggunaan iklan Google Adsense versi responsive:

  1. Pastikan ukuran yang digunakan pada masing-masing media query benar-benar fix.
  2. Pastikan ukuran yang digunakan sesuai dengan ad unit Google Adsense yang tersedia (728x90, 468x90, 970x90, 336x280, 320x50, 300x250, dan seterusnya). Ukuran yang tidak sesuai dengan ad unit yang tersedia tidak akan tampil.
  3. Karena merupakan media query, maka penyesuaian unit iklan yang ditampilkan mengikuti lebar screen pada saat load pertama kali. Jadi ketika melakukan test, pastikan anda telah mengatur lebar browser terlebih dahulu baru load halaman. Anda tidak bisa melihat resposivitasnya hanya dengan mengubah-ubah lebar browser tanpa proses load terlebih dahulu.
  4. Jangan lupa mengatur ukuran unit iklan default apabila sewaktu-waktu media query tidak bisa dieksekusi.
  5. Terakhir, tentu saja ini hanya baik digunakan pada template.theme responsive. Pada template/theme non responsif masih bisa sih, tapi pastikan iklan float/berada di samping kiri. :)
  6. Demo menyusul :)
Catatan penting:
Karena menggunakan kode asynchronous dan hanya perlu satu kali eksekusi javascript setiap load halaman dan iklan, maka script ini sebaiknya hanya disisipkan sekali:
<script async src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
Letakkan pada space iklan di bagian teratas dan hapus pada bagian unit iklan lainnya. Unit iklan di space lain secara otomatis akan tereksekusi mengikutinya. Cara ini sudah diakui Google tidak melanggar kebijakan dan justru dianjurkan, karena eksekusi script yang sama justru akan memperlambat load halaman dan sama sekali tidak penting.

That's it. Good luck, drop a comment jika ada problem, and have a nice blogging :)

© copyright Ahmad Khoirul Azmi, published only for buka-rahasia.blogspot.com.

Membuat Tampilan Iklan Google Adsense Responsif (CSS Media Queries)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 62 Comment(s):

akang sam said...

kunjungan pagi gan, thanks sharing dan info nya
salam blogger

Afrid Fransisco said...

Google Is The BEST

Unknown said...

ooh itu toh maksudnya.,. baru tau aku artikel disini lebih mudah di cerna ketimbag artikelnya google.,. makasih om AZMI

Unknown said...

google emang super dah...
makasih buat postingannya mas :)

Anonymous said...

wah, tutorial tentang google adsense
diterima aja belom gimana udah buat responsive?
kasi tau trik nya dong biar di terima

Anonymous said...

Sayang sekali google adsense sudah disable kalau enable kian pasti bisa mengetes dari iklan google adsense responsive diatas :)

Andry Boy Purba said...

salam blogger dari http://purbalaban.blogspot.com/

Ahmad Romadhon said...

Wah, kayanya patut buat di coba di GA saya mas :D
Thanks Tips dan infonya :D

*romadhon-byar

Edi Bitcoin Gratis said...

Harus dicoba, semoga berhasil!

Anonymous said...

saya malah belum berani membayangkan untuk mendaftar di google adsense. karena blog saya tergolong blog yang amburadul. tapi untuk pengetahuan saya baca dari awal sampai akhir :)

Unknown said...

Dari awal sampai akhir bukan faham tapi malah bingung memahami.Parah aku,buta kode-kode...Tapi pantang menyerah.Trims tutornya...mantap banget.

Anonymous said...

tambah pengetahuan baru dari Om neh.. :)

Unknown said...

Pak ahmad berkomentar di mybloggertricks ya ? Kalau saya boleh tahu , sejak kapan bapak mengenal blog yang menyediakan trick blogger terbesar dengan alexa terkecil ?

Bima A. said...

mau daftar aja gk di aprove ,hehehe :)

Unknown said...

Halo, saya kenal Ahmedzai dan mybloggertricks sejak 2009 lalu (waktu itu masih berdomain mybloggertricks.blogspot.com) dan sering ketemu di blogger product forum.

Unknown said...

untuk tampilannya kaya gimana tu om?

Anonymous said...

makasih mas infonya, saya sudah coba memasangnya diblog baru saya dan berhasil. :)

Joe Satria said...

wah mantap ini, kemaren ane masih ragu ama code2nya adsense takut salah trus di banned:D, karena tutorialnya mudah dipahami jadi ane berani untuk mencobanya alhasil ketika ane check di situs2 yang bisa mengecek situs versi mobile kayaknya berhasil, terima kasih banyak atas tutorialnya.

mau nanya kang ane bingung ketika saya disable Show mobile template on mobile devices laporan di histats kok kacau, itu kenapa ya kang? mohon pencerahannya, terima kasih.

Unknown said...

Halo. Great to hear that! :)
Kacaunya bagaimana bisa dispesifikkan? Setahu saya justru mobile template sama sekali tidak bisa disisipi histats kecuali dikasi hack terlebih dahulu.

Unknown said...

Gmana sich kalau mau buat cerita digoogle.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Jadi iklan Google AdSense nantinya bisa responsif begitu ya mas dan akan terlihat menarik.Wah terimakasih banyak atas panduannya yang sangat runtut dan mudah untuk dipahami oleh kita semua. Nice sharing :)

... said...

setelah membacanya saya jadi bingung nih mas,.,, bukannya langsung di pasang aja ya setelah dapat kode pilih asynchronous nya, lalu pasang ke widget HTML/Javascriptnya ?

Unknown said...

Asynchronous itu bukan responsive, tapi opsi pilihan untuk menggunakan HTML5 dan javascript yang diload belakangan, sehingga tidak mengganggu kinerja load internal halaman web. Untuk membuatnya responsive, mesti menggunakan CSS media queries seperti contoh di artikel.

Suta Aryasa said...

wah baru tahu saya maklum baru belajar nie, thanks ya mas

Unknown said...

celakanya, saya tidak bisa menghilangkan iklan di statik page ketika menampilan blog versi mobile..

gan tolong dibantu kegalauan saya ya,,
saya pasaing iklan dengan size yang sama
satu sebelah kiri dan satunya disebelah kanan.
yang saya tanyakan,
apakah itu melanggar TOS atau tidak..
trims atas bantuannya.

Unknown said...

kami juga dah nyoba yang versi beta, tinggal copy-paste aja jadi di web responsive

Zaenal Abidin said...

saya mau tanya mas, slot unit iklan yang pertama kita buat tadi bisa digunakan untuk beberapa unit atau harus membuat slot lagi?

Unknown said...

sebaiknya buat slot baru lagi pada tempat berbeda, sehingga anda bisa memantau masing-masing dan bisa melakukan testing optimasi CTR yang tepat.

Unknown said...

@suduang: tidak masalah, asalkan jumlahnya tidak melebih 3 buah

laydesta said...

Om, boleh tanya ?

1. apakah CSS nya bisa di pasang di template, atau tiap widget end pakai CSS sendiri ?

2. Apakah untuk responsive hanya berlaku untuk kode iklan, bukan untuk kode tautan adsense...

suwun om, maaf masih newbie..

Unknown said...

Halo:
1. Gunakan CSS sendiri-sendiri pada masing-masing widget. Kalopun memasukkannya di template, itupun hanya untuk satu iklan. Sebab masing-masing punya class unik sendiri-sendiri dan harus diatur dengan CSS masing-masing,
2. Ya, benar, hanya berlaku untuk iklan block dan bukan tautan link.

laydesta said...

aahhh, akhirnya terjawab sudah... satu lagi ya.. untuk scripth dijelaskan diatas bisa dipasang satu saja.. apakah ini berlaku juga untuk semua script termasuk Adsense tautan. semalem saya coba untuk adsene tautan tidak menggunakan scriptnya dan iklan tetap muncul.. takutnya nilai klik tidak ke hitung sama GA.. ?

Unknown said...

maksunya script asynchronous adsense ini ya:
<script async src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

ya cukup pakai sekali saja, saya biasanya meletakkan setelah <body> atau di atas </head>
Script semacam ini memang hanya perlu dipanggil sekali saja, Kalo berkali2 bisa memperberat loading. Dulu sebelum asynchronous pun saya juga cuma pake sekali.

Unknown said...

Thx Ms newbie belajar nie... :D

Unknown said...

Halo Bang Azmi, kira-kira slot iklan GA yang udah saya buat sebelumnya bisa nda saya responsifkan dengan melakukan pengaturan seperti yang Bang Azmi lakukan sebelum munculnya slot iklan responsif oleh google dan kira2 akan melanggar TOS GA nda? Makasih sebelumnya jika sudah mau menanggapi pertanyaan saya ini :)

Unknown said...

Ya, bisa dan diijinkan oleh Google, dengan menggunakan javascript. saya akan post nanti jika memang dibutuhkan. Tapi saran saya sebaiknya buat saja slot baru lagi dengan jenis asynchronous dan responsive seperti contoh di atas, sebab banyak keuntungannya, salah satunya loading jauh lebih cepat, sehingga tidak mengganggu kinerja website,

Unknown said...

Saya kira tadi yang digunakan cuman media queri juga. Berarti nanti dalam satu widget HTML/JavaScript akan terpasang dua atau 3 slot iklan dengan ukuran yang berbeda-beda?

Gunawan said...

O iya Bang, waktu saya coba save kode asynchronous adsense ini, kok nggak bisa tersave ya selalu muncul kesalahn. Saya coba pasang di atas kode kode </head>

<script async src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Unknown said...

Oh iya, saya lupa menyampaikan, kalo scriptnya mau disimpan di dalam template, harus diubah menjadi tag XML (tidak menggunakan tag penutup) dan diakhiri dengan / (slash).
Jadi begini:

<script async src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js" />

Kalo masih ragu dengan mengubah tag, letakkan aja script yang anda coba pasang tadi di widget slot iklan teratas dan selalu muncul di setiap halaman. itu juga cukup.

Unknown said...

@Agung Buton: Tidak begitu. Tepatnya browser akan melakukan request penampilan iklan yang sesuai dengan ukuran browser. Slot iklan nya tetep satu.

Unknown said...

Kodenya sempat saya ubah juga seperti itu kemarin Bang tapi nggak bisa masih ada yang mesti diperbaiki katanya. Saya khawatir untuk melakukan perubahan lebih lanjut pada kodenya supaya bisa tersave dalam kode HTML blog saya jangan sampai dianggap melanggar. Ok Bang untuk kode itu saya pasang aja di kode iklan yg di bagian bawah header blog saya coz slot iklan itu muncul di semua halaman posting blog saya. Makasih atas sarannya.

Unknown said...

Halo Bang Azmi mau nanya lagi nih, saya lihat di halaman ini https://support.google.com/adsense/answer/2953032 kok nda ada ya ukuran iklan 468x90 yang disebutkan di atas pada bagian "Beberapa poin yang perlu diperhatikan pada penggunaan iklan Google Adsense versi responsive:"? Yang anehnya lagi, kan saya pasang ukuran 468x90 di blog saya dan iklannya tetap muncul tuh. Saya baru perhatikan tadi coz lagi setting ulang pengaturan responsive blog saya.

Unknown said...

oops sorry, itu seharusnya 60 bukan 90, saya keliru menuliskan, dan memang tidak ada ukuran itu.

Kang Noe said...

Masih bingung ni Mas,. pa penempatan iklan ini harus di template yang responsif

Faried said...

Y q baca, ktx g leh ngerubah script Adsense, Biar dah punyaq yg pa dax, Thax infox gan..keren-keren..!

Anonymous said...

Boleh di coba nih kalo adsense sy sudah normal

Moeclazh Favian said...

siippp bgt nih infox ;)

Anonymous said...

Mantab artikelnya gan,. Nice info

Haikal Sulaiman said...

info yg sangat update. harus secepatnya di terapkan. karena ane uda pake template responsiv.

Kalau ada yg mau download template responsive seperti yg ane pake silahkan mencari di artikel ane

Sito said...

info yang sangat berguna...terimakasih,,

bapakloe said...

postnya bagus kk
visit my blog
softwar3zone.blogspot.com

babymonk said...

ternyata saya bingung :(

Erwan Setiawan said...

bisa menambah penghasilan nie kayanya.
Tapi masih belum ngerti

Unknown said...

iklannya kok gak muncul-muncul ya mas ?
yang salah dibagian mana ya ?

Unknown said...

Saya coba pakai buat header saya kok gak bisa ya mas ?
saya pakai script style yang pertama mas.
tolong bantuannya mas.

Unknown said...

Halo, apa sudah approve tahap kedua? maaf saya tidak tahu apakah adsense anda sudah lama, jadi saya tanya dulu.
Kedua, apakah javascript asynchronous-nya sudah dipasang dulu?

Unknown said...

gan mau tanya dong.. kenapa ya blog saya belum bisa mendaftar adsene?tolong dicek dong gan..samroes.blogspot.com, tq

Unknown said...

@samuel: coba simak ini http://buka-rahasia.blogspot.com/2013/05/cara-mendapatkan-persetujuan-google-adsense.html

Admin said...

Gan, apakah merupakan satu pelanggaran TOS Adsense jika kita menyembunyikan widget adsense agar tidak tampil di versi mobile ? Sy menggunakan template responsive , dan memasang kode iklan responsif diheader , saat sy membuka menggunakan android, maka iklan header akan berubah menyesuaikan perangkat, akan tetapi menurut yg saya baca si TOS GA, tampilan template semacam itu dianggap melanggar.. Nah makanya sy berniat tidak menampilkan widget adsense dan hanya menampilkan iklan adsense yg berada di dalam artikel. Mohon pencerahan, dan mohon bisa di cek tampilan blog saya di http:// johansanjaya.blogspot.com.

Mohon maaf, link yg saya cantumkan tsbut agar admin bisa mdapat gambaran ttg tampilan versi mobile blog saya

Unknown said...

@Om Bujo: Adsense versi responsive beda dengan adsense for mobile. Kalo adsense responsive, itu digunakan untuk template responsive. Template responsive tidak punya web versi mobile dan bisa diakses dari browser apa saja, jadi beda jauh dan kebijakannya juga berbeda.

Tapi kalo diletakkan di header, dan ukurannya berubah menjadi 300x250, khusus untuk ini, maka kategorinya melanggar. Karena iklan ukuran 300x250 dan yang lebih tinggi di bagian paling atas (above the fold) dapat menggangu user yang hendak menggeser ke bawah. Mungkin tidak sengaja akan melakukan klik pada iklan itu. Yang diijinkan berada di bagian atas adalah yang memiliki tinggi kurang dari seratus px. Jadi user bisa mencari space untuk menekan dan menggeser ke bawah. Selain di bagian atas, ukuran apapun yang menyesuaikan lebar screen diperbolehkan.

Maka untuk lebih baiknya, atur sedemikian rupa agar bagian header tidak menampilkan iklan dengan tinggi (height) di atas 100px.

Cito said...

malem gan.
berapa banyak unit iklan responsive harus dibuat utk menampilkan 3 iklan gambar/teks yang berbeda ukuran?

apakah cukup satu saja kemudian merubah kode auto menjadi rectangle, vertikal dan horizontal ataukah harus dibuat slot baru 3 buah?

salam
teknotc.com

Unknown said...

Jangan, mesti buat 3, harus berbeda, walaupun sifatnya responsif dan bisa pake 3 atribut, tapi anda harus memantau performa masing-masing slot, apalagi jika ukurannya berbeda. Jadi bisa cek revenue masing-masing dan tahu mana yang mesti dioptimasikan, slot a dapet berapa, b berapa, dan seterusnya.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap