Download Software dan Games Full Version Gratis Terbaru 2014

Nikmati Fitur Baru Blogger Custom Permalink (URL Editor)


Setelah ditunggu-tunggu, fitur custom permalink Blogger akhirnya datang juga, meskipun masih berupa draft. Dengan kehadiran custom permalink ini, kita dapat dengan mudah melakukan kostumisasi terhadap permalink sebelum menerbitkan (publish) posting.

Sebelum kehadiran fitur edit permalink blogger ini, saya mesti mengakali kata-kata di dalam judul posting agar kata-kata di dalam permalink tidak terputus dan tidak kehilangan makna. Saya harus menuliskan kata-kata penting terlebih dahulu, untuk pengunjung maupun untuk mengoptimalkan keyword dalam permalink. Caranya adalah menuliskan dulu kata-kata penting dalam kotak judul, publish, kemudian edit judul lagi. Tentu ini tidak efisien dan kurang memuaskan.

Nah, sekarang fitur custom permalink sudah hadir di Blogger. Kita tidak perlu lagi bolak balik mengedit judul posting. Yang dibutuhkan cuma menuliskan nama permalink melalui fitur "Permalink" di post editor Blogger. Usaha mengoptimalkan keyword untuk SEO di dalam url permalink bisa lebih maksimal. Meningkatkan SEO blog pun jadi lebih mudah.

Langkah-langkah menggunakan fitur Custom Permalink Blogger

1. Karena masih berupa draft, akses dashboard melalui draft.blogger.com. Update: Now, you can access it directly via Blogger Dashboard. Blogger Draft sudah pensiun dan sekarang semua fitur ujicoba maupun resmi langsung dapat di akses melalui Dashboard.
2. Buka post editor (new post, posting baru), seperti ketika hendak menuliskan posting baru.
3. Perhatikan pada "post settings" di sidebar kanan, ada beberapa fitur untuk melakukan kostumisasi posting, lihat "Permalink", klik.
permalink-editor-blogger
4. Akan ada dua opsi, "automatic URL", dan "custom URL". Yang pertama adalah default, url menyesuaikan judul. Kemungkinan terpotong sangat Besar. Untuk melakukan kostumisasi permaling, pilih opsi kedua.
tulis permalink
5. Setelah memilih opsi "custom URL", ketikkan nama permalink posting sesuai keinginan. Ada satu hal penting yang perlu diperhatikan: Jangan ada spasi. Beri hypen/strip (-) diantara setiap kata, sesuai jenis permalink Blogger.
contoh: buka-rahasia-blogspot-custom-permalink
6. Klik Done. Anda dapat melanjutkan membuat posting atau langsung "publish".

Review dan Catatan Fitur Blogger Custom Permalink

Seperti yang telah disampaikan di atas, karena masih berupa draft, maka fitur ini belum sepenuhnya, atau 100% bebas dari masalah. Bahkan belum tentu fitur ini selanjutnya dirilis secara resmi. Update: Sekarang sudah resmi. Ada beberapa hal yang saya lihat dari fitur ini, baik kelebihan maupun kekurangannya:
1. Jumlah karakter dalam permalink, setelah saya cek, bisa mencapai sekitar 45-80an karakter (mungkin lebih dikit), disesuaikan dengan panjang karakter url secara keseluruhan. Artinya, batasan jumlah karakternya tergantung panjang nama blog. Semakin panjang nama blog, semakin sedikit jumlah karakter yang bisa dibuat dalam custom permalink.
2. Ada satu kelemahan yang cukup signifikan sehingga menurut saya tidak ada perubahan besar dengan adanya fitur ini. Custom permalink hanya dapat dibuat sebelum sebuah posting diterbitkan. Artinya, setelah sebuah posting diterbitkan maka permalink tidak dapat diedit lagi. Tidak seperti WordPress dimana penggunanya dapat mengedit permalink pada jenis posting apapun (draft maupun published posts). Anda harus menghapus posting lama, jika ingin membuat versi url baru.
3. Custom permalink ini hanya berlaku pada nama file. Jika kemarin ada yang menanyakan tentang mengubah struktur permalink, maka fitur itu tidak (atau setidaknya belum) ada. Maksudnya adalah, penanya ingin membuat url permalink clean, tanpa embel-embel folder sesuai bulan tahun (Contoh: 2012/07). Fitur ini disebut url rewrite, dan keduanya adalah fitur yang jauh berbeda. Fitur ini melibatkan htaccess, dan Blogger tidak mengizinkan/menyediakan akses ke sana (cPanel). Blogger juga tidak mengizinkan penggunaan plugin/addon.

Yup, itu dia. Meskipun ada banyak kekurangan, saya rasa fitur ini cukup banyak membantu dalam upaya penyusunan keyword di permalink tanpa harus edit judul posting. Hope this post useful, have a nice blogging, then. :)

© buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved.
google

Catatan:
Jika anda menemui tutorial lama, maka perhatikan bahwa untuk masuk ke Edit HTML template tidak lagi melalui halaman "design/rancangan", melainkan dari dashboard > template > klik edit HTML. Masih bingung mencari dan edit kode di Edit HTML Blogger baru? Simak tips trik berikut:
1. Cara Mencari Kode di HTML Editor Blog
2. Fitur di HTML Editor Baru
3. Tips Edit HTML Blogger (artikel lama)
Nikmati Fitur Baru Blogger Custom Permalink (URL Editor)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 90 Comment(s):

Kyo said...

Wah ada fitur baru ya, tapi saya masih belum mengerti cara penggunaannya.

maaf mas saya mau tanya, kenapa ya setiap kali saya ingin memasang permalink selalu gagal, walaupun saya beberapa kali mencoba memasang script permalink tetap saya gagal. apakah jenis template blog juga berpengaruh?

mohon penjelasannya mas terimakasih

Just Copy and Leave It !!! said...

Mantefffffff , ane coba di postingan selanjutnya :)

MuhammadIbnuh said...

kalau menghapus permalink tanggalnya bisa?

Darmawan Saputra said...

waw..
ijin coba mas..

saya mau tanya, lebih penting mana, permalink yang yg biasa kita temui itu atau yang ini mas ?

oh iya saya juga mau tanya.
Setiap kali saya menulis di pencarian google dengan kata "Buka-" selalu ada pilihan blognya anda.
Apa sih rahasianya mas ?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Muhammad: Sudah saya jelaskan pada poin ke 3 review di atas.
@Darmawan: Struktur permalinknya sama saja, tapi dengan fitur custom permalink, kita dapat membuat permalink sesuai keinginan.

Google menyimpan keyword2 yang paling/sangat seting diketikkan oleh pengunjungnya. Jadi ketika suatu kata, frase, atau kalimat sedang diketikkan, Google akan menampilkan saran sesuai apa yang sering diketikkan oleh pengunjung

Reggy Zian Purnama said...

iya gan azmee, makin lama fitur blogger makin mantap. Kita tunggu saja fitur tsb keluar dari blogger draft menjadi fitur resmi :D

oh iya Enclosure Links yang terdapat di bawah location itu apa gan ? kok di blog ane tdk terdapat ?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Reggy:
Halo, enclosure link fungsinya adalah untuk memuat judul link sumber artikel yang direpost. Jadi, ketika anda membuat satu posting repost dari blog lain, dan memasukkan urlnya di enclosure link, maka pada halaman posting, link di judul posting mengarah ke sumber tersebut.

OM Kris said...

Assalamu'alaikum Mas ahmad, sungguh saya selalu pengen hadir diblog ini dan gak mau ketinggalan posting posting terbaruya. karna memang dari awal blog ini sudah menjadi permadani panduan langkah blog saya, dulu saya berpikir permalink url-sudah ditentukan dari om google sekitar 5 kata, sehingga sebelum saya pilih judul saya selalu cek 5 kata dari depan wahhhh ternyata perkiraan saya salah gak semuanya diambil 5 kata :D

Rahasia said...

saya mau tanya cara ngatur jarak antara postingan.
untuk lebih jelasnya buka blog saya http://wawabbb.blogspot.com/ jarak postingannya terlalu jauh......saya sudah menemunakan berbagai artikel cara mengatur jarak postingan....disitu saya di suruh mencari kode .post-body {line-height: 1.4; dan kode ini margin-bottom: 50px.....tapi kode itu tidak ada di blog saya...tolong bantuannya !!

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Om Kris: Waalaikum salam, Ya benar, panjang permalink didasarkan pada jumlah karakter bukan kata. Tapi hitungannya gini, misalnya jika batasan karakter 30, kemudian hingga kata terakhir berjumlah 33, sedangkan panjangnya kata terakhir adalah 5 karakter maka yang dipotong bukan karakternya, tapi pada kata terakhir. Artinya, kata terakhir hilang, dan panjangnya menjadi 28 karakter.

Cah Gembloengz said...

wah bermanfaat sekali untuk newbie seperti saya,terimakasih atas infonya bro,, kunjungan baliknya yha bro >> http://fchords.blogspot.com/ <<

Winadi Wiratama said...

Fiturnya makin mantap Blogger. sayangnya, ane belum terlalu mahir nih. Harus lebih terbiasa.. hehe. Kunjungi blog ane y...

http://www.winwinshare.com

Makasih

Jelajah IPTEK said...

banyak ilmu yang saya dapatkan disini, khususnya yang aku baca saat ini tentang fitur blogger, terimakasih dan salam ukhuwah wahai sauadaraku.

Damai Dank said...

Mantap mas, saya coba dulu... Makasi infonya..

modem telkomsel flash said...

wah... ilmu sespuh nih... mantap... saya pelajari lebih lanjut

Rezky said...

Wah Blogger baik banget udah gratis fitur segudang :)

Mas mau tanya bagusan permanlink Wordpress apa Blogger ?

Gopar said...

jadifu ngsinya cuma merubah nama link padapostingan ya mas?

Raffkhan said...

Waduh belum ngerti ni bang. Sudah tidak blogging, jadi banyak hal-hal baru dari blogger yang tidak diketahui.

OM Kris said...

Penjelasannya juga sangat patut diacungi jempol, terimakasih mas atas penjelasannya. salut banget deh:) salam sukses selalu buat anda dan blog ini :)

hanifa news said...

Baru tau nih sob ada permalink, makasih ya sob........

affanibnu said...

entah kenapa kok saya bingung dengan permalink ini.. :)
mungkin karena saya terlalu mengacuhkan SEO atau mungkin karena saya tidak paham.. :D

tapi setelah disini saya baru mengerti ternyata kata kata link juga bisa mempengaruhi SEO.. :)

oke lah, nanti kita akan coba.. :D

Arif Muqorrobin said...

mantap-mantap komentarnya, salam kenal dari saya yang masih newbie karena baru beberapa hari bikin blog, ini blog bisa jadi panduan bagus buat selalu berkembang :)

Cerita Tentang Dunia said...

meski baru seperti ini tapi ga ada salahnya di coba kan mas :D
nice share

toko baju muslim murah said...

wahhh sekrang blogger ada permalink nya ehmm makin bertambah menarik..nice post gan

ARTILERI said...

Wah mantap nih, semoga cepet dirilis.

Jumlah karakternya belum tahu secara pasti ya bang? Btw, bang Azmi sudah pake fitur permalink ini?

Jinguk Blog said...

gan jika nggak usah ngurusin permalink nggak papa kan..itu ngaruh dengan bertambahnya visitor nggak ya...

Penerjemah Tersumpah said...

Bloggr makin dpercantik terus kayaknya sama google...dan makin lama makin seo friendly :)
Thanks sharingnya, gan...

adsoi said...

excellent writing:)

meli said...

caranya bagaimana?

Jogja balik maning said...

Waaaah...gonku kok ora no2 yo boss?? Nek carane gawe sik koyo ngisor adsensemu sik ngisor artikel kui piye/sik ono tulisanne DMCA tak golek2i neng blog mu ora no2 j boss?? nuwun

jujur jodoh said...

saya belum paham soal permalink itu apa ....sedang belajar

Abang Jo said...

mantab...

soni said...

Siip sob, bantu banget infonya,
kalo bisa lebih dijabarkan dengan lebih baik lagi!
terlebih pada org2 kayak ane yang susah mudengnya!

yang jelas thanks atas share ilmunya!

dani said...

oh ternyata ada yang baru ya blogger, ane tidak pernah menggunakannya

olengk said...

saya kok g ada custom url am automatic urlnya y bos?

Ahmad Khoirul Azmi said...

sudah saya sampaikan di atas, custom permalink baru bisa diakses melalui draft.blogger.com

Bang Kipli said...

di dashboard miliku kok tidak ada ya?

Didin Supriatna ( Tukang Potret ) said...

Saya bingung caranya gan.. punya saya ga ada gituannya..

Ganes Putra said...

thank for share.
visit http://www.bocahdoko.co.cc/

Magna Transforma said...

Thanks Infonya
Bermanfaat sekali

Desain Website Murah said...

Permalink saya selalu set pakai tanggal. tapi katanya yang polosan yg lebih bagus :D

Ramzi said...

kalau bisa ni embel2 bulan dan tanggal seharusnya tidak usah diikut sertakan
nice share mas bro..

Nedi@r80 said...

gudang ilmu blog disini, ana pemula nih, mo nimbrung ikut belajar

Damai said...

emmm ada yang baru ni, patut dicoba, ditunggu kunjungannya ya mas..

arie said...

sudah lama tidak utak atik blogger, ternyata ada fitur baru...

makin mantep dech seo untuk blogspot,,
thanks sob infonya...

Rezza Indra Rahayu said...

Wah ada fitur baru nih, cobain ah. mksih ya infonya :)

Gasoof said...

tapi tanpa menggunakan fasilitas itu sepertinya sama saja....

Jepara Minimalis said...

okey om... mantap. kayak wordpress aja... hehehehe........

Krocoplus said...

wah makasih sob, keren, langsung jadi diblog ane, thanks ya :)

Belajar Forex said...

Ikut menyimak artikelnya Gan :-)

Salam,

waktu imsak said...

klo sudah real tanpa draft...saya juga mau pake ah......

masdaeng said...

infonya sama tuh ama yg di buzz.blogger.com :D

Sawang Ijo Asri said...

permalink url editor, url yang di ketikkan itu url blog tersebut ataukah bisa url lain yang berkaitan dengan draf posting kita bos, trimakasih

obat herbal ace maxs said...

oh begitu ya, makasih banyak mas informasinya..

Bikin Web Murah said...

sudah lama tidak utak atik blogger, ternyata ada fitur baru...

makin mantep dech seo untuk blogspot,,
thanks sob infonya...

Informasi Terkini said...

udah berhasil tuh.. thankss :)

arickszone said...

wah,...baru tau trnyata blogger udah update bgt...
thanks infonya...:)

Zainul Hakim said...

kalo custom permalink di page gimana mas?

GANK KAPAK said...

muantep bgts gan....

Ramdani said...

mas klo cara Upgrade blog yang belum ada fitur Custom Permalink (URL Editor) gimana ? atau fitur terbaru blogger sekarang ? :D
Terimakasih.

andika said...

wah lumayan dapat ilmu lagi nih

andrea suyoko said...

dengan adanya fitur baru ini paling tidak bisa memberikan gambaran sebelum kita memposting artikel

MA UNGGULAN said...

ARTIKEL YANG SANGAT BERGUNA BUAT SAYA..
SAMBIL BLOGWALKING..
TERIMA KASIH

traitor100 said...

wah izin coba ya mas
http://ata-technology.blogspot.com/

Belajar SEO Blog said...

wah...
malah enak nih...

xamthoneplus said...

thank mas atas infonya

garuk garuk said...

makasih banget mas atas infonya .. saya mau cobaiin dulu :)

Sang Sembilan Satu Sinjai said...

Di tunggu terus update terbarunya mengenai fitur terbaru blogger...

Bung Dwijaya said...

Menurut aku fitur permalink di Blogger percuma digunakan karena tidak terlalu efektif membuat judul yang SEO Friendly.

FDF TO WORD >> said...

Artikel yang bermanfaat, ternyata sudah lama custom permalink tersedia, saya baru tau kemarin... ini baru saya baca lagi di blog buka-rahasia blogpsot melengkapi info yang saya terima kemarin..

Makasih Pak infonya lengkap sekali

BJGP-Rizal said...

baru tau kelemahan dgn permalink blogger, kita kirain bisa diotak-atik walau sudah muncul... ternyata gak ya>> trims infonya mas..

laskar awan said...

saya coba mas

Creativoltz said...

makasi banyak tips ilmunya sob....

pangeran kadaluarsa said...

makasih bos.
akhirnya ketemu juga.
aku capek bolak- balik kamus google.
moga blognya makin sukses.
amin

Dodo M S said...

ok mas saya coba dulu nih, walaupun masih membingungkan...tp thx atas wejengannya

sadha yeasa said...

semua yang ada disini memang mengesankan...saya lanjutkan membaca yang lain

mariyanto widodo said...

Terima kasih mas atas berbagi informasinya yang bermanfaat ini. Salam sejahtera.

asli.ws said...

Ada Kustom Url di sebut Permailink, Kalau custom Blogspot di sebut Custom domain, Begitu mungkinya? :-)

Ihza khatulistiwa said...

Selamat pagi Mas Azmi,
Terimakasih atas postingannya nya mengenai info seputar permalink.
Ada yang masih menjadi pertanyaan saya nih mas,
Kemaren saya ganti template blogspot dengan theme template dari (Lasantha), nah,.. pada link2 di horizontal bar bawah headernya kan dibuat dari html templatenya langsung (tidak memakai daftar link dari tata letak), setelah saya isi permalink dari semula tanda(#) menjadi (2013/03/blabla-bla.html) pada awalnya konek ke link yang di tuju, namun dari situ menuju ke permalink yang lain kok menduplikat tahun dan tanggalnya menjadi : (2013/03/2013/03/blabla-bla.html). Mohon info untuk mengatasinya mas.. ?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Ihza: hai, bisa disertakan isi HTML menunya yang sekarang. Gunakan screenshot untuk mengambil gambarnya. saya ingin lihat dan cek. Sekalian jelaskan detilnya, gunakan Contact Form (link di footer) sekalian upload gambarnya.

Ahmad fankah said...

banyak hal yang telah saya pelajari di blog ini,. dan semuanya memberikan manfaat bagi newbe seperti saya. tank pak.

Iskandar zulkarnain said...

tq gan tas infonya.manfaat bngt

CAT GAMBAR "PASTA KREATIF MENTARI" said...

Konten ini sangat membantu kami dalam membuat Blog.. terima kasih.

Ant J said...

trims gan, jadi ngerti kegunaan permalink, gak takut judul panjang lagi. :-)

info-kmu said...

Ternyata ga boleh pake spasi ya.. pantesan saya coba gagal terus.. ... Akhirnya setelah baca postingan ini jadi dapet pencerahan...

Toyota OnTheSpot said...

Malam Om Azmi,, numpang tanya,, kalo link halaman itu bisa kita costum gak yah Om ?
jd selain post, pengen jg nih Om Link Halaman nya sesuai judulnya,,
mohon pencerahannya Om,,
Thx B4

jejak seo said...

wah sangat bermanfaat sekali gan infonya.
saya yakin bermanfaat juga buat orang-orang atau pengunjung yang sudah membacanya.
thanks ya gan.
http://jejak-seo.blogspot.com/
update selalu dan semoga tambah sukses.
mantap..!

Ropink M said...

informasi yang sangt membantu, makasih Gan

Jek Brom said...

terimakasih atas info nya
oh y mau tanya,dibagian belakang .html jadi seperti ini .html#.Ut2aIdL-I2w,berfengaruh gak kalau mau ngilangin nya bagaimana ?
www.duniagame.info

Ahmad Khoirul Azmi said...

itu karena anda baik sengaja maupun tidak set blog anda ke jenis konten dewasa. settings > other > adult content?

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

Join Our Team!

© 2013 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap