Klasifikasi Spam Pada Akun/Blog Blogger dan Konsekuensinya

akun dan Blog Blogger dikategorikan Spam.

Background

Ada banyak pengguna internet yang kurang mawas bahwa aktivitas akunnya (entah akun Blogger, Google, forum, social bookmark, social media, dan akun-akun di dunia online lainnya) dapat masuk ke dalam klasifikasi spam. Seketika akun tersebut masuk ke dalam klasifikasi spam, maka konsekuensinya bermacam-macam, dari masuk ke dalam kategori akun yang perlu diwaspadai hingga dihapus dan di-banned secara permanen, baik di dalam suatu layanan website, maupun dalam jaringan website yang tergabung dalam satu lingkup database spam, misalnya StopForumSpam dan Akismet.

Demikian juga dengan akun Blogger dan blog Blogger itu sendiri; yang notabene merupakan ejawantah dari Google, dan "sayangnya", Google adalah salah satu pihak yang sangat getol memerangi spam. Akun dan blog anda sebenarnya "rentan" terhadap klasifikasi spam, namun sangat jarang disadari bukan? Sudah banyak pertanyaan dan komplain muncul berkaitan dengan ini, di antaranya:
  • Mengapa komentar saya langsung masuk ke kategori spam setelah saya publish komentar di blog teman saya?
  • Mengapa saya mendapat informasi "aktivitas mencurigakan" ketika login ke dashboard Blogger saya?
Dan yang lebih puncak lagi, 
  • Mengapa blog saya dihapus?
  • Mengapa akun Blogger/Google saya dikunci (atau dihapus)?

Blogger dan Spam

Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk meningkatkan "awareness" terhadap kasus spam (yang tidak diketahui sebagai kasus spam), yang kemudian menyebabkan pertanyaan-pertanyaan seperti contoh di atas muncul. Sayangnya, pertanyaan itu muncul setelah terjadi peristiwa terhadap akun atau blog, dan proses setelahnya jauh lebih berat daripada langkah-langkah antisipatif dan preventif-nya. Penghapusan blog  ini  adalah konsekuensi yang disebabkan oleh pelanggaran terhadap TOS dan Kebijakan Konten Blogger/Google, dan salah satu diantaranya adalah: SPAM.

Blogger (dalam hal ini tentu saja juga Google) memberlakukan berbagai proses untuk mendeteksi spam, dari otomatis hingga manual, dari algoritma satu ke algoritma terbaru lainnya, dengan mempelajari berbagai behavior dan pola spam baru yang ditemui. Prosesnya berlapis, sama seperti ketika kita berbicara tentang algoritma Google search engine. Nah, tentunya, ada beberapa klasifikasi atau kategori yang digunakan untuk melakukan deteksi spam pada aktivitas akun dan blog.

Klasifikasi Spam Blogger

1. Konten yang Spammy (merupakan atau mengindikasikan spam)
Akan sangat "kabur" apabila saya berbicara mengenai konten spam, karena pasti akan banyak dalih yang mengatakan bahwa "konten saya bukan spam!", namun setidaknya ada gambaran kecil mengenai konten spam. Konten, atau isi halaman, bukan saja artikel, tapi seluruh elemen yang menjadi bagian dan membentuk halaman tersebut. Baik teks, gambar, link, navigasi, dan lain-lain, tidak terkecuali: iklan.

Topik ini menjadi hangat setelah ada penghapusan besar-besaran blog-blog Blogger. Kemudian santer muncul rumor bahwa itu karena jumlah iklan. Bahkan juga dikait-kaitkan dengan algoritma dynosaurus (yang sebenarnya belum ada kejelasannya!). Padahal sama sekali tidak ada keterkaitan secara langsung! Meskipun berada dalam naungan sama: Google, namun Blogger dan Google Search adalah dua produk berbeda. Ketika berbicara mengenai penghapusan blog, maka kita berbicara mengenai deteksi spam Blogger (yang juga menggunakan algoritma), dan bukan tentang algo dynosaurus! Meskipun keduanya bisa jadi memiliki basis atau dasar pemikiran yang sama, karena keduanya adalah produk Google.

Apa sih konten yang spammy? Sekali lagi, kita berbicara mengenai Blogger, jadi ini bukan sekedar tentang keyword yang berulang-ulang, link building berlebihan dan sejenisnya, meskipun ini juga berkontribusi. Konten yang termasuk dalam kategori spam adalah konten yang ditujukan sekedar untuk menarik traffic untuk tujuan selain konten, alias uang, backlink, dan untuk membawa traffic ke tujuan lain. Konten demikian biasanya tidak terorganisir dengan baik, tidak memiliki navigasi jelas. Karena ditujukan untuk selain penyajian konten itu sendiri, biasanya kemudian diisi ala kadarnya, dengan konten sampah.

Konten spammy dalam konsep ini juga termasuk konten sindikasi (feed), konten hasil scrapping dari website lain alias copas, konten AGC, autoblog, dan sejenisnya. Mengapa konten demikian dikategorikan sebagai spammy? Karena konten seperti ini biasanya hanya digunakan untuk menarik pengunjung untuk tujuan lain, dan merupakan duplikasi dari konten yang sebelumnya sudah ada. Oleh karena itu, Blogger memasukkannya ke dalam kategori spam.

2. Blog Tanpa Konten dan Blog Berisi Konten Kloning
Blog semacam ini biasanya digunakan untuk membangun link (dummy blog), atau untuk tujuan splog (spam blog). Pada awalnya blog-blog itu kosong melompong, tetapi kemudian dalam waktu singkat diisi dengan konten berjubel, mirip dengan proses kloning. Prosesnya bisa jadi dari proses import dan export, atau hasil copy paste dari blog lain dan autoblog. Kemudian, konten tersebut di-clone ke berbagai blog (bisa mencapai ribuan). Behavior inilah yang kemudian dimasukkan ke dalam deteksi spam Blogger, dan blog-blog yang terdeteksi kemudian dilibas tanpa pandang bulu, sehingga kemudian juga terkadang menimpa blog dengan isi yang legitimate (kasus false positive).

3. Link ke Situs-situs Spam
Indikasi lainnya adalah link keluar yang berlebihan, dan menuju situs-situs yang dilihat Blogger/Google sebagai situs spam, berkualitas rendah, atau berbahaya. Di antara situs-situs tersebut, terdapat situs afiliasi, atau situs-situs skema "make money online" dengan konten tidak berkualitas, terlibat dalam skema PTS (Pay to Surf), PTC (Pay to Click), dan skema-skema periklanan non organik lainnya. Blog atau website demikian biasanya diisi dengan konten ala kadarnya juga.

Skema periklanan non organik adalah skema periklanan yang didapatkan dengan cara tidak natural, pengunjung sengaja digiring untuk mengunjungi situs atau mengklik iklan dengan iming-iming uang, contohnya ya itu tadi PTS, untuk menggiring orang-orang ke situsnya, dan PTC, memberikan insentif pada orang-orang yang mau klik iklan. Sedangkan periklanan organik adalah periklanan tanpa campur tangan pengiklan atau publisher: pengunjung melihat iklan, tertarik, dan klik menuju website tujuan, yang tidak tertarik, ya sudah. Ini cara yang fair dan menghasilkan traffic berkualitas. Publisher dibayar karena telah menyediakan konten dan space iklan yang memberi peluang bagi pengunjung untuk mengunjungi situs atau membeli produk yang diiklankan.

Selebihnya, mengenai iklan, ads above the folds, dan lain-lain sudah saya bahas di sini:
https://plus.google.com/u/0/118429127307284257839/posts/EDkdvNCCBnJ

Dalam kaitannya dengan komersialisasi situs p*rno, Blogger juga menegaskan hal ini:
Jangan gunakan Blogger sebagai sarana untuk mendapatkan uang dari materi khusus dewasa. Misalnya, jangan buat blog yang sebagian besar kontennya adalah iklan atau tautan menuju situs p*rno komersial.
4. Komentar yang Berulangkali Ditandai sebagai Spam oleh Pemilik Blog Lain
Sebuah komentar sangat berharga bagi pemilik blog dan komentator itu sendiri, namun di sisi lainnya, sebuah komentar juga berbahaya bagi keduanya. Sistem Blogger akan mengkategorikan akun dan blog anda sebagai spam secara otomatis apabila:
  • Banyak pemilik blog yang memasukkan/mengkategorikan komentar anda ke dalam spam.
  • Banyak pemilik blog yang memasukkan/mengkategorikan sebuah isi komentar yang sama atau sejenis, dari berbagai spammer komentar, ke dalam spam.
Yah, inti sederhananya adalah, komentar anda atau jenis komentar anda tidak dikehendaki oleh banyak pemilik blog, tentunya karena komentar anda spammy, sehingga para pemilik blog merasa jengah dengan komentar spam tersebut.

5. Frekuensi Posting Berlebihan/di Luar Batas Wajar
Pernahkah anda membuat posting berkali-kali di dalam blog, kemudian pada posting dalam jumlah post tertentu muncul captcha yang wajib dipecahkan sebelum diterbitkan? Blogger menganggap pola ini sebagai hal yang tidak wajar dan di luar kemampuan manusia. Nalar saya pribadi juga demikian, jika sebuah artikel ditulis dan kemudian diterbitkan, maka butuh waktu yang cukup logis hitungannya untuk bisa menulis dan menerbitkan artikel berikutnya. Dan tentu, batas kemampuan seorang manusia tidak terlalu tinggi untuk membuat beberapa artikel secara berkesinambungan dalam suatu batas waktu tertentu, yah... katakanlah dalam sehari. 

Pola tersebut kemudian membuat Blogger curiga pada proses konten spam, ada 2 jenis kecurigaan:
1. Posting dilakukan oleh robot (autoblog, AGC)
2. Posting adalah hasil scrapping (copas) yang membabi buta.

Tidak disampaikan secara detail dalam Kebijakan Konten Blogger berapa batasan jumlah pastinya, tapi saya menduga jumlahnya berubah-ubah seiring dengan trend yang terjadi. Saya juga yakin batasan jumlah tersebut tidak disampaikan agar tidak diketahui celahnya.
---------------
5 Poin pelanggaran spam di atas bersifat mayor atau utama, sedangkan faktor minor ada banyak sekali, tapi semuanya berinti kepada 5 hal itu.

Konsekuensi Pelanggaran Kebijakan Spam Blogger

Konsekuensi bervariasi tergantung tingkat pelanggaran yang dilakukan. Konsekuensi ini juga berlaku bagi pelanggaran di luar pelanggaran kebijakan spam. Saya hanya akan menyampaikan poin-poinnya saja dan akan membahasnya lebih jauh, termasuk solusinya, pada kesempatan lain.
  • Komentar langsung masuk ke dalam kategori "Spam" secara otomatis.
  • Wajib mengisi Captcha dengan benar sebelum menerbitkan post.
  • Akun Blogger dikunci, dalam hal ini juga termasuk akun Google.
  • Blog dihapus.

Kesimpulan

Satu hal yang perlu ditegaskan adalah, ketika anda siap dan mulai menggunakan sebuah layanan, termasuk layanan Blogger/Google, maka secara otomatis anda menyetujui untuk patuh terhadap berbagai definisi layanan (TOS) dan kebijakan yang diberlakukan oleh layanan tersebut. Dengan atau tanpa disadari, anda telah menyetujui kontrak dengan penyedia layanan. Sekali layanan itu kita gunakan secara aktif, maka kita wajib mengikuti berbagai peraturan yang ada, termasuk diantaranya kebijakan spam. Tidak terkecuali layanan Blogger, jika anda menggunakannya untuk hal-hal yang mendukung spam, maka anda siap untuk menempuh konsekuensi. Enak atau tidak enak, mau atau tidak mau, setuju atau tidak setuju, konsekuensi itu tetap ada. Welcome to Blogger!

© 2013 - 'Til drop! buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved.

Klasifikasi Spam Pada Akun/Blog Blogger dan Konsekuensinya
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 65 Comment(s):

Andi Hasbi Jaya said...

Asslamu Alikum, Saya Datang Dari Google Plus, dan Menempatkan Membaca Konten yang di Muat di di Blog ini Khususnya yang sedang saya baca sekarang ini, Sungguh Ulasan Yang Sangat Berharga dan Baru saya temui di Blog Mas Ahmad Khoirul Azmi, sampai-sampai saya membacanya Berulang-ulang, Saya Ucapakan Banyak Terimah Kasih Atas Penelasanya..Wassalam

Ahmad Khoirul Azmi said...

Wa'alaikum salam wr.wb

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya dan membaca artikel di atas. Semoga dapat ditarik kesimpulan dan ada maslahatnya. Sekali lagi juga saya ucapkan terima kasih dan sukses buat blognya. :)

view-seo said...

benar mas, terutama dalam komentar.
saya mempunyai blog yang sudah lama tak terpakai atau terbengkalai, nah mungkin karna sudah tidak pernah di update dsb blog saya menjadi ladang spam dan tak lama kemudian 1 minggu setelah itu blog itupun malah anjlok vissitornya, mungkin itu karena algoritma google yang saat ini menjadi buah bibir bagi semua blogger..

nah untuk hal semacam itu apakah ada solusinya pak ahmad?

terus seperti yang mas ahmad bilang "Blog Tanpa Konten dan Blog Berisi Konten Kloning"
saya sudah pernah mengunjungi blog seperti itu. blog yang berisi cloningan dari blog lain, dan ternyata ada artikel yang saya buat dengan susah payah sudah di cloning oleh blog itu termasuk dari template saya yg dulu..

Ahmad Khoirul Azmi said...

Halo, sebenarnya kalo menurut saya antisipasi dan solusinya mudah sekali, gunakan moderasi, dan jangan hanya bergantung pada captcha komentar, karena human spammer sekarang jauh lebih banyak oleh robot. Blogger sudah menyediakan fitur moderasi pasti ada maksudnya. Fungsinya bukan untuk membatasi komentar, tapi untuk memudahkan menghadapi spam.
Untuk langkah setelah terkena imbas, jelas harus menghapus komentar-komentar yang spammy, dan kembali memperbaiki dan mengisi konten dengan baik. Ini langkah penting sebelum ada konsekuensi lebih berat lainnya.

Bener, banyak sekali blog kloning manual atau robot, dan itu sebenarnya hanya merugikan pemilik blognya sendiri.

Ramdani Pratama said...

ok mas azmi :D, saya bertanya pada point ke dua, jika satu akun blogger membuat banyak blog, dan yang aktf dari beberapa blog yang dibuat misalkan hanya 1, nah yang lainnya gak pernah aktif, hal tersebut berpengaruh gak sama blog yang aktif, atau blog yang aktif ini ada kemungkinan bisa masuk kedalam kategori spam gak ?

Rezky Firmansyah said...

Saya mau tanya mas, Apakah blog yang mengikuti kontes blog review dapat di kategorikan blog spam walaupun tidak terlalu sering membuat review ?
Barangkali itu saja yang mau saya tanyakan, Terimakasih ^_^

anas pujiadi said...

poin no.2 seperti pengalaman saya karena export-import artikel dari blog yang saya hapus kemudian di pindah ke salah satu blog yang baru saya buat ,baru beberapa menit langsung terima email peringatan dari tim blogger bahwa blog telah di blokir dan akan di hapus dalam waktu 20 hari jika tidak di minta kaji ulang yang memerlukan waktu 1-2 hari untuk proses-nya,dari poin-poin yang mas sampaikan di atas ada yang masih membuat saya belum paham terutama seperti yang pernah saya alami jika export dan import artikel bisa menyebabkan blog di blokir/di hapus karena di anggap spam ,kenapa fitur ini tetap ada ya?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Ramdani: Jika itu dilakukan oleh satu akun, dan ada satu atau dua blog tidak aktif, tidak masalah, karena semua masih dalam satu kesatuan akun, sehingga tidak akan dicurigai sebagai splog, tapi kalo beberapa akun membuat beberapa blog kosong, kemudian diisi dengan link2 yang membuat masing-masing beda akun dan beda blog saling berkaitan, dengan konten hampir sama, inilah yang mencurigakan.
Jadi kecil kemungkinan kalo blog seperti kondisi anda itu masuk ke kategori splog. Saya juga punya 2 blog ujicoba, dan itu tidak masalah, asalkan tidak dioptimasikan dan digunakan untuk tujuan lain.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Rezki: Review itu sebenarnya kalo objektif, berbobot, dan tidak linking ke situs spam, berbahaya, atau kualitas rendah sebenarnya bagus, karena itu memberikan perspektif konsumen akan suatu produk. Sayangnya review sekarang cenderung digunakan untuk produk atau website yang tidak jelas, ini yang berbahaya. Oleh karena itu perlu berhati-hati jika menerima job review, pilih dan lihat kredibilitas website atau produk yang direview. Kemudian masalah kontes SEO, jika cuma sekali dua kali tidak masalah ASALKAN ketika membangun link dan lain2 anda tidak melakukan spam, menggunakan dummy blog, dan sejenisnya, karena ini yang mempermudah blogger mendeteksi. Tapi kalo sebuah blog hanya digunakan untuk kontes SEO, jelas sangat berbahaya. Blogger sendiri melihat blog yang digunakan hanya untuk tujuan tersebut tidak punya value, dan termasuk splog.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@anas: Itulah efek dari deteksi spam otomatis Blogger, tidak pandang bulu.
Blog yang baru saja dihapus tidak benar2 dihapus, baru setelah 3 bulan blogger akan menghapusnya secara total, sehingga sebenarnya di dalam database, blog itu masih ada. Nah ketika kontennya anda export dan import ke blog baru, maka berarti anda membuat duplikasi dari blog lama, inilah yang membuat curiga spam detector-nya Blogger. Oleh karena itu sebaiknya import isi blog lama jika sudah dalam masa di atas satu bulan (anda bisa mengimport isi blog yang sudah dihapus maksimal setelah 3 bulan).
Fitur ini ada tujuannya ya memang itu, untuk memindahkan konten blog lama ke baru, tapi biasanya konten telah memiliki jarak waktu, dan biasanya diimport untuk platform lain, WordPress dll, jika anda punya blog beda tapi konsepnya sama, isinya sama, inilah yang membuat blogger curiga.

ramdani-blog said...

satu lagi mas, klo misalkan saya punya blog 2, yang satu udah lama dan udah gk aktif tapi masih ada pengunjung yang datang tuh, terus saya alihkan pengunjung blog lama saya ke blog yang lagi aktif sekarang dengan menggunakan redirect url, nah klo gitu menurut pendapat mas azmi berbau splog gk ?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Tergantung jenis redirect yang digunakan, kalo menggunakan meta refresh ini bisa berbahaya, sayangnya di blogger kita tidak bisa menggunakan redirect permanen ke blog lain, hanya bisa antar halaman di dalam blog saja. Kalo strategi saya dulu, saya tidak melakukan redirect apapun, cukup memberikan informasi besar di bagian atas bahwa blog itu sudah tidak diurus lagi dan ada blog baru yang lebih baik dikunjungi.

abu kholid said...

mas jika ada blog yang posting tapi artikelnya itu tidak terindeks, kemudian esok harinya posting lagi dengan artikel lain, malah artikel kedua lebih dulu terindeks sedangkan artikel pertama tidak terindeks, apa kira kira penyebabnya mas

ramdani-blog said...

berbahaya bisa jadi spam gitu mas ?, huft..-___- gawat saya pake meta refresh mas :(

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Abu: Ada banyak indikator dan penyebab, tapi intinya itu adalah masalah crawling Google, frekuensi crawling Google pada blog tersebut belum seperti pola dan frekuensi posting blog. Google belum mengenalinya. Ini kalo blog baru. Tapi untuk blog lama, yang biasanya mendapatkan crawl yang rutin, kemudian menurun, ada banyak faktor, di antaranya frekuensi post yang menurun, backlink yang tidak berkualitas atau spammy, atau konten yang dianggap duplikat dari konten lain yang sudah ada. Ada banyak faktor lainnya, tapi yang jelas ya itu tadi, crawling dan indexing frekuensinya belum pasti, atau menurun pada blog lama.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@ramdani: ya, karena meta refresh sebenarnya perintah kepada browser. Perintah redirect yang melibatkan mesin (platform)jauh lebih baik karena dapat dipahami oleh search engine sebagai informasi perubahan atau perpindahan halaman. Sedangkan meta refresh tidak, dan dapat membingungkan SE. Redirect yang paling dikenal ada dua 301 dan 302. Yang pertama bersifat permanen, artinya halaman benar2 dipindah, sehingga ketika SE sudah mengenali, dia tidak akan crawl website atau halaman lama, 302 sementara, artinya halaman sementara dipindahkan dan Google juga tidak akan crawl halaman lama untuk sementara waktu. Sedangkan meta refresh bukan perubahan halaman, dia hanya memerintahkan browser untuk mengarahkan ke halaman/web lain, sedangkan web/halaman lama masih dianggap ada, ini dianggap membingungkan user dan tentu SE juga demikian.

Solichin Toip said...

Ulasan yang cukup rinci dan sy tdk bosan naik turun mouse utk memahaminya. Mksh deh bagi-bagi ilmunya.

Annur Diana said...

Ass.ww, om,..ampun deh aku ketemu artikel yang linknya ads semua,..ternyata semua loh, kalo kesel trus dilaporin kena ga tuh om Khaerul.

seo-1st.blogspot.com said...

mas mau tanya, kalo pasang meta tag secara manual yaitu di setelan bukan di html nanti disetiap posting di kanannya ada tulisan deskripsi penelusuran nah apakah boleh kayak gini ( cara pertama ) mislanya kontes SEO, kontes SEO gratis, Kontes SEO dapat uang atau harus gini (cara kedua) Kontes SEO mendapatkan uang? saya menggunakan cara pertama nah hasilnya blog saya diturunkan ranknya terus saya ganti cara kedua alhamdulillah di google search akhirnya dapat juga. Apakah cara pertama itu termasuk kategori spam?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Solichin: Terima kasih kembali :)

@Annur: Sebenarnya ada fitur untuk melaporkan spam, tapi kalo yang melaporkan cuma satu dua orang, Blogger tidak akan menganggapnya, satu orang melaporkan berkali2 justru Blogger curiga itu upaya curang. Susah kan? Biar deteksi spam Blogger otomatis yang nanti mendeteksinya, lambat laun pasti ketauan kok.

@seo: Ya, sangat jelas itu, cara yang pertama anda menggunakan pengulangan keyword yang berlebihan. Meskipun pertama Google akan melihatnya sebagai keyword yang padat dan relevan, namun kemudian akan melihat itu sebagai pengulangan keyword, dan itu spam.

infosaja.com said...

Berarti semakin hari semakin ketat blogger melakukan pengawasan terhadap semua blog yang dinaunginya.Bahkan ada banyak orang memanfaatkan blog sebagai penghasil uang dari memasang iklan dewasa yang sering kita temukan dan jumpai saat mencari informasi.

Alhasil banyak banner yang menutupi konten yang diberikan.Akhirna banner malah menonjol dari konten yang diposting.Ini mungkin jadi penyebab sebagian blog dihapus oleh Google.

Ricky Fumi said...

artikel yang sangat bermanfaat, bahaya nih sy pake meta refresh. terima kasih telah berbagi infonya.

tarmi s said...

perhari saya bisa update 100 artikel pada blog dan itu memerlukan captcha , tapi sebenarnya itu bukan artikel robot atau copas ..

karena artikel yang saya buat hanya tentang komentar foto foto , ternyata itu di anggap spam ..
terimakasih atas bimbingannya ..


galerijkt48.blogspot.com

Ahmad Khoirul Azmi said...

@infosaja: ya benar. Sebenarnya itu peraturan yang sudah cukup lama, sejak Blogger diakuisisi Google pada tahun 2003. Sayangnya, sedikit sekali orang yang benar-benar mau baca TOS atau Content Policy layanannya. Sama saja dengan layanan website 2x lain, pasti dilewatkan. Padahal itu penting. Blogger itu gratis, ya benar. Tapi TIDAK BEBAS penggunaannya.

@Ricky: Ya, mulai sekarang perlu diwaspadai penggunaan meta refresh, baik untuk menuju halaman lain maupun untuk refresh halaman secara otomatis.

@tarmi: Ya, yang perlu diingat, deteksi spam Blogger dilakukan secara otomatis oleh robot berdasarkan algoritma, maka pasti ada false positive, atau kekeliruan deteksi karena pola yang ditangkap sama. Oleh karena itu perlu berhati2 dan kurangi kebiasaan tersebut. Lagipula, pengunjung akan merasa risih kalo update terlalu banyak, 100 buah, perhari. Search engine juga akan kesusahan crawling dan bisa menganggapnya spam.

downloadiragame said...

Asslamu'Alikum .,informasi yang sangat bermanfaat apalagi januari kemarin 5 blog saya baru dihapus blogger dengan alasan SPAM., saya suka dengan kata2 "Enak atau tidak enak, mau atau tidak mau, setuju atau tidak setuju, konsekuensi itu tetap ada. Welcome to Blogger!" sangat memotivasi untuk lebih baik & lebih maju lagi :D

Mr. Andry said...

kadang blog saya sering dibanjiri dengan SPAM dari luar negeri...

Rachmat Kiki said...

kalau ane ngikutin aturan dari pihak blogger aja (manut) :)

Direktori WeBlog said...

Jadi tambah ilmu nih berkunjung ke blog ini.
Makasih banyak informasinya, mas.
Salam kenal

Agung Talaga said...

Naaaahh.... akhirnya autoblog disinggung juga disini. Ada sedikit pengalaman nih untuk blog yang satu ini yaitu Autoblog. Pada awalnya saya kurang begitu paham dengan cara kerja blog ini tapi setelah saya baca di berbagai referensi akhirnya saya tau juga akibat yg ditimbulkan oleh blog yg satu ini. Ada beberapa autoblog yg saya dapatkan dmn pada blog2 tsb terdapat konten2 yg bersumber dari blog saya. Lewat komentar ini, ada salah satu cara yg saya gunakan untuk mengetahui orang yg memanfaatkan kotak berlangganan artikel di blog kita untuk mengisi autoblog ini. Cara yg saya maksud adalah melihat daftar email yg telah digunakan untuk berlangganan artikel blog dan untuk email yg digunakan untuk blog autoblog ini agak beda formatnya dengan email dari yahoo atau gmail. Format emailnya seperti ini (berdasarkan pengalaman) :

kantongajaibonline@blogger.com

Jika di daftar email pelanggan artikel blog ada satu atau dua email seperti di atas (....@blogger.com), berarti itu adalah email yg digunakan untuk autoblog atau AGC.

Mungkin ada cara lain dari Bang Azmi, ditunggu ya tambahannya.. :D

Ardian Haryo P said...

blog ini sangat memberi tahu tentang informasi-informasi blogger newbie seperti saya , ngak salah saya follow blog ini.... thankss mas

Icah Banjarmasin said...

Bang Azmi..mejeng ulun nah disini handak umpat membaca SURAT KABAR ampun pian nang ini,harau bujur ujar pian kalo kita tetalu rancak memposting bisa jua dipadahkan SPAM ujar MBAH,alhamdullilah kalo ulun temasuk nang paling koler UPDATE kecuali lagi tekana rajin..ayu ja Bang Azmi ai lanjutttttttttttttt ulun handak ronda dulu nah kaluai dapat bebinian nang pina langkar...hahahhayyyy

Tiyo Kamtiyono said...

Menyimak saja, kebetulan bukan pengguna blogger dan juga sangat menjauhi perilaku laknatullah nyepam atau membuat konten tidak bermutu di blog.

Artikelnya sangat mendidik blogger pemula pak, semoga kalau ada yang masih suka nyepam bisa sadar :D

Ichwan hausgame said...

Trim gan..infonya selalu bermanfaat...ane slalu ikutin:)

opini-indonesiaku said...

Panjang lebar juga ternyata bila membahas masalah spam ... Dalam sejarahnya SPAM selalu menjengkelkan ... Terima kasih atas ulasannya mas, Content dan Comment nya semuanya berbobot. :)

abdul majid said...

Kalau artikel kita dicopy orang, sementara dalam artikel tersebut memuat link internal, lalu artikel tersebut diterbitkan pelaku copas misalnya di 10 buah blog. Apakah link-link dalam artikel versi copas tersebut bisa dianggab link spam. Lalu apa pengaruhnya untuk artikel original. MOhon penjelasan Mas Azmi. Terima kasih.

Prabu Helau Dinata said...

apakah ada cara untuk mengetahui, bahwa di blogs atau sejenisnya telah terinfeksi spam, dan bagaimana cara mengtasinya

Ahmad Khoirul Azmi said...

@download: Wa'alaikum salam. Yup, semoga dengan begitu kita tahu bahwa yang namanya gratis bukan berarti bebas.

@Andi: Ya spammer tidak pandang bulu,bahasa apapun kontennya, pasti disikat.

@Direktori: Yup, salam kenal juga.

@Agung: Ada beberapa metode yang digunakan pada platform Blogger untuk scrapping content dari feed. Tapi metode lainnya tidak menggunakan fake email demikian, ada banyak yang pake email asli. Jadi cara scanningnya tidak hanya pada email berdomain Blogger saja. Ke depan akan saya bahas mengenai ini. :)

Icah: Uuuyyy Icah, makasih banar udah beelang ke sini. Hahahaha, koler pang tanda alamiah, jar. Hahaha, lanjut rondanya lah, kena kalu ada bebinian cantik, padahakan ulun ya! ahaha

Tiyo: Halo terima kasih sudah mampir lagi :) Iya, itu menurut saya standar yang perlu digalakkan. Setiap kita buat standar, pasti bikin posting gak bakal asal-asalan, karena kepikiran pembaca dan kebutuhan mereka. Kita juga ga mau dinilai jelek dalam berada di dunia internet, meskipun kata orang ini maya, tapi sebenarnya nyata. Thanks buat dukungannya ya!

Ahmad Khoirul Azmi said...

@ichwan: Thanks sudah selalu mengikuti update blog ini.

@opini:Yup, spam itu sudah ada sejak internet baru muncul, maka tidak heran ini jadi topik hangat sepanjang masa. Terima kasih

@abdul: Tidak demikian. Link di dalam konten utama (artikel) sebenarnya jauh lebih legitimate daripada link di bagian lainnya. Karena itu dipandang satu kesatuan isi. Oleh karena itu maka banyak yang menggunakan strategi guest blogging. Justru yang berbahaya adalah pada blog yang copas, karena semakin dia memuat artikel copas, semakin dia memiliki kecenderungan dianggap scrapping, karena semakin sering ditemui konten yang sama dengan artikel di blog lainnya. Ini masalah menunggu waktu saja, dan deteksi spam Blogger sifatnya bergilir dan menggunakan banyak faktor dan indikator, jadi bisa saja sebuah blog dideteksi sebagai spam 1 atau 2 tahun ke depan.

@Prabu: Yah, memang sebagian besar orang kemudian mengidentikkan spam sebagai virus atau malware yang diinjeksikan. Padahal spam bisa dalam bentuk apa saja. Jadi di sini spam diasumsikan sebagai hal apapun yang tidak dikehendaki atau diautorisasi oleh pihak terdampak. Misalnya email spam. Karena kebanyakan dilakukan oleh robot, maka kemudian spam diidentikkan dengan automatisasi, seperti kinerja virus dan malware. Jadi itu sebenarnya.

Jadi kalau yang dimaksud injeksi spam, ya spam bisa diinjeksikan ke dalam blog/web melalui kinerja seperti virus atau malware, dan untuk blog blogger, akan sangat sulit melakukan injeksi spam semacam itu, karena server Blogger (Google) memiliki sistem keamanan berlapis2.
Kemungkinan besar spam diinjeksikan adalah, pertama, melalui akun pemilik Blogger itu sendiri yang dihack (dicuri passwordnya) sehingga kemudian hacker bisa bebas melakukan apapun di dalam blog. Yang kedua, melalui penggunaan widget eksternal yang berbahaya. Jadi untuk mendeteksi, ya lihat saja pada dua kemungkinan itu.

Agung Talaga said...

Sebelumnya makasih Bang udah respon balik uneg2 saya tentang email yg digunakan untuk membangun blog autoblog dan saya tunggu postingannya untuk lebih memperjelas lagi pemahaman saya tentang hal ini.. :)

dammar-asihan said...

om bikin artikel dong tentang tips ganti template/ hal" yg perlu diperhatikan sebelum ganti template dan efek"nya saya udah nyari di blog lain isinya rata" sama kaya gini isinya kalo ngga cara upload template paling isinya 'Sebelum mengganti Template, download dulu template sobat dan jangan lupa Copas Metatag, keyword dan Diskripsi Blog anda. kalau tidak ingin download bisa ambil meta tag dan copas di notepad. Nanti di masukkan lagi di blog tampilan baru' nah kaya gitu om rata" saya minta pendapat/sedikit artikel aja dari om ...

oiya maap om kalo ngerepotin...

Ahmad Khoirul Azmi said...

Oke, masuk list artikel yang akan saya buat :)

Salim said...

Kadang-kadang robot Google yang super sensitif bisa bikin khawatir ...

Penambahan meta untuk redirect juga bisa dianggap SPAM oleh Google, pekan lalu blog saya dihapus gara-gara redirect ke situs rujukan ... Padahal posting seminggu sekali ... :(

rian sindu said...

saya kadang kadang kopas juga mas untuk buat postingan. cuman hanya sebagian kecil dari sebuah artikel, biasanya hanya kopas 1 paragraf dari postingan web lain. apakah artikel yg saya buat juga bisa di kategorikan spam oleh google?

Ganaspati said...

Wah .. sangat bermanfaat, terimakasih infonya !!
Salam blogger ..

melky rongkonusa said...

thanks atas toturial nya

Hamran Danial said...

Mas Ahmad Khoirul Azmi said :


Untuk blog yang baru dibuat, kira-kira butuh berapa lama bisa terindex ke google,?

Ahmad Khoirul Azmi said...

kurang lebih 3 hari sampai 1 minggu

Fadli Sayendri. said...

Oia mas kenapa blog saya penulisan nya berubah menjadi arab semua?
Dan gimana cara memperbaiki nya?

Ahmad Khoirul Azmi said...

cek setting bahasa di Blogger, ada di bagian dropdown kanan atas. Lihat apakah berubah atau tidak.

ahmad pram prayogo pangestu said...

Gan kalau blog berisi, software-software termasuk spam ngak? atau dapat di hapus oleh google ?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Saya kurang tahu pasti, tapi selama ulasannya jelas menurut saya akan aman saja. Tapi kalo cuma download2 saja, perlu hati-hati

sentraeduksi said...

masih ada yang saya kurang pahami mas, tapi kalau misalkan di satu akun saya buat 2 blog, yg satu blog tanpa copas dan 1 lagi blog copas. kalo ini misalkan dihapus, itu hanya di hapus blognya saja atau dengan 1 akunnya?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Kalo dua blog tersebut berkaitan, dalam satu akun, bahkan saling linkback (linking satu sama lain) maka kesempatan untuk mendapatkan sabetan algoritma spam Blogger semakin besar. Tergantung seberapa besar masalahnya, jika dianggap besar dan pada taraf tertentu, akun bisa dihapus.

Alek Sandro Zulkarnaen said...

Halo gan. Saya mau tanya mohon dijawab , kemarin saya sudah buat 6 blog saya hapus semua tapi slah 1 tidak saya hapus . alesan saya menghapus 5 blog tersebut karena saya bingung untuk kasih nama yang bagus pada blog saya.. syaa menghapus ke 5 blog tersebut dan blog ke 6 yang menurut saya cocok namanya saya pake..

Apakah Hal Tersebut Termasuk Spam Host?
dan 1 lagi Blog saya tersebut juga Lama Ke INdex Google dari Kemarin seminggu yang lalu...

Gimana Menurut agan.. ?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@ALex: tidak, karena anda sudah menghapus yang tidak perlu.
mengenai masalah kecepatan indeks, baca ini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/cara-mempercepat-indeks-blog-google.html

zhi chun lee said...

ternyata sebuah blog itu mengasikan. dan berkesan Astral karna kebijaka-kebijakan dari si mpunya. :)

asep gorbacev said...

Sob kalau blog memakai traffic exchange seperti easy4foryou contohnya, itu dianggap Spam dan berbahaya untuk blog kita ngga?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@asep: spam sih menurut saya enggak. tapi itu traffic palsu, traffic yang datang enggak benar-benar pengen berkunjung atau baca. Cara seperti ini dilarang oleh Adsense dan beberapa platform iklan lainnya.

Acemaxs Surabaya said...

terimakasih bang azmi, sangat membantu kami yang selama ini terkena spam oleh pihak blogger. Sedikit berbagi bahwa saya sudah pernah sekali terkena spam, pada waktu itu memang satu akun berisikan 6 blog yang saling berkaitan. Alhasil akun tersebut tidak bisa diakses untuk tujuan blogspot. bagiamanapun juga blogspot bagus untuk menyalurkan informasi

Ahmad Khoirul Azmi said...

sama-sama pak. ya benar, sudah banyak yang mengalami masalah yang sama. oleh karena itu, sebagai platform milik orang lain, kita mesti hati-hati dalam menggunakannya, dan sebaiknya digunakan untuk sharing konten bermanfaat, setelah itu visibilitasnya pasti naik, sekaligus fungsi marketing juga akan mulus

Didin Ajidin said...

Sangat rentan sekali ya, seyogyanya kita harus senantiasa berhati-hati dalam setiap kali beraktivitas blogging, denganmembaca artikel ini saya jadi tau dan bisa mengantisifasi segala bentuk spam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan thanks gan

Daniel Nagata said...

Keren sharingnya gan, jadi komentar di blog orang lain bukan cuma asal atau sekedar absen dan lain sebagainya.


Saya setuju, memang semakin banyak komen semakin banyak teman juga, tapi kualitas juga kudu diperhatikan.

Salam

Ahmad Khoirul Azmi said...

itu, mas poinnya, kualitas komentar, karena semua pasti akan senang jika mendapatkan respon yang dibuat-buat :)

tendamart said...

salam kenal pak,

saya baru lg asik2nya buat blog, sehingga tidak memperhatikan aturan2 yg ada, semisal copas dll :). sampai-sampai account saya tidak bisa mengakses blog....apakah account yg sudah diblok akan permanent tidak dapat mengakses blog?
atau ada masa tertentu? mohon pencerahannya?

Ahmad Khoirul Azmi said...

buat permohonan ke blogger:
http://support.google.com/bin/request.py?contact_type=lr_counternotice&product=blogger
sertakan detil dan alasan mengapa blog di hapus, juga informasikan bahwa hal-hal yang menyebabkan dihapusnya blog sudah diperbaiki tidak akan diulangi lagi

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap