Gunakan dan Optimalkan Anchor Text Untuk Pengunjung & SEO

fungsi/manfaat anchor text-SEO

Apakah Anchor Text itu?

Anchor text adalah text yang yang mengandung link menuju sebuah halaman web/blog lain, baik internal maupun eksternal.

Dalam link building, kita mengenal adanya internal linking dan eksternal linking. Bagi SEO, link building merupakan salah satu dasar dalam menciptakan optimalisasi ranking sebuah halaman web/blog di search engine. Tentu saja, anchor text memiliki peranan penting di balik usaha link building tersebut.

Dalam penulisan HTML link, anchor text ditulis diantara tag link pembuka dan penutup:
<a href="url-halaman-yg-dituju">Anchor Text<a/>
Contoh:
<a href="http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/07/perbedaan-blog-web-landing-page.html">Business Blogging<a/>
Di halaman blog/web, link tersebut tampak seperti ini:
Business Blogging
Anchor text menentukan deskripsi dari url yang hendak dituju. Anchor text yang disusun dengan keyword/phrase yang tepat akan sangat diperhitungkan dan bermanfaat, baik bagi pengunjung maupun search engine. Oleh karenanya, penyusunan anchor text hendaknya benar-benar diperhatikan dan menjadi fokus penting ketika membuat sebuah halaman blog/web.

Deskripsikan Pada Pengunjung tentang Halaman Tujuan Melalui Anchor Text

Seringkali kita melihat penggunaan anchor text seperti 'klik disini', 'disini', 'click here', dan sejenisnya untuk mengarahkan pengunjung menuju halaman yang dirujuk. Sah-sah saja. Tapi masalahnya, 'klik disini' untuk apa? Mungkin saja sebelum dan sesudahnya ada deskripsi singkat mengenai itu, tapi jarang pengunjung yang memperhatikannya. Gunakan anchor text yang sesuai dengan halaman tujuan. Tentunya, anda juga tidak mau kan jika halaman-halaman anda teroptimasi di search engine dengan keyword "Klik Disini". Kecuali anchor text tersebut memang benar-benar dibutuhkan. Hindari pula anchor text yg berupa url (sama dengan url link-nya), berupa nomer halaman, dan sebagainya.

Buat Internal Link Maupun Eksternal Link yang Jelas Tujuannya

Pada dasarnya, ada dua tujuan dari penggunaan link di halaman blog/web:
  1. Sebagai informasi tambahan bagi pengunjung.
  2. Sebagai navigasi pengunjung untuk dengan mudah menemukan halaman lain.
Jangan menggunakan link, anchor text, serta halaman tujuan yang membingungkan pengunjung. Hal ini juga berbahaya bagi capaian ranking di search engine. Arahkan link langsung menuju ke halaman yang dimaksud atau halaman produk yang ingin ditunjukkan. Hindari penggunaan link yang terlalu berlebihan pada keyword-keyword dalam sebuah halaman web/posting blog. Berikan link pada anchor text yang sedianya memang ditujukan untuk mereferensikan pengunjung ke halaman-halaman lain; sesuai dengan dua tujuan tersebut di atas. Hal ini juga bertujuan menghindari membanjiri sebuah halaman dengan keyword dan link (keyword stuffing) yang nyata-nyata haram hukumnya dalam kriteria SEO yang baik.

Buat Anchor Text yang Singkat dan Tidak Terlalu Panjang

Anchor text memang harus bersifat deskriptif agar pengunjung tahu informasi mengenai halaman yang hendak dituju. Gunakan anchor text pada keyword/frase yang menjelaskan namun sekaligus memiliki makna sempit, sehingga apa yang akan dituju oleh pengunjung jelas dan tidak membingungkan. Ini berarti, sebuah anchor text tidak terlalu pendek (kecuali sudah jelas) sekaligus tidak terlalu panjang.

Sebagai contoh, terdapat anchor text "Pisang goreng buatan ibuku lebih lezat daripada es krim termahal di dunia". Bandingkan dengan penggunaan anchor text "Pisang goreng" atau" "Pisang goreng buatan ibuku". Mana yang lebih efektif dan tampak elegan? Jelaskan hal lain bukan pada anchor text, dan lebih baiknya lagi, jelaskan semuanya di dalam halaman yang dituju dan bukan pada anchor text! Pengunjung tidak akan bingung jika kita menggunakan anchor text dengan frase yang tepat. Search engine pun dapat dengan mudah mengetahui keyword pada anchor text yang sedang dioptimalkan. Secara mudahnya, anchor text hampir sama dengan optimasi keyword, berikan link pada keyword yang berupa frase/klausa yang tepat, bukan yang terlalu panjang, apalagi sebuah kalimat majemuk. Sedikit mengingat-ingat pelajaran Bahasa Indonesia mungkin ada baiknya. :-)

Buat Link dengan Anchor Text yang Mudah Dilihat dan Ditemukan

Pewarnaan dan tata letak link merupakan faktor penting yang menentukan banyaknya jumlah klik yg mengarah ke halaman tujuan. Pembaca melakukan scanning pada bagian bagian halaman web yang menonjol, demikian pula pada tulisan yang memiliki penonjolan, seperti yang di beri cetak tebal (bold), cetak miring (italic), headline, dan tentunya: LINK. Memberikan ciri khas yang membuat pengunjung tahu bahwa sebaris kata-kata adalah link merupakan hal yang sangat membantu dalam mengoptimalkan navigasi. Pengunjung akan tahu bahwa link tersebut dapat diklik (clickable) sehingga mereka dapat menuju ke halaman yang diinginkan dengan mudah. Beri warna pada tampilan link yang mudah terlihat dan menonjol. Jika, perlu beri warna berbeda pada visited link (link yang telah dikunjungi/diklik) agar pengunjung tahu halaman mana saja yang telah dia lihat sebelumnya. Hindari penggunaan link yang memiliki warna sama dengan text lain, apalagi membuat link yang tersembunyi (invisible links) yang tidak bermanfaat bagi pengunjung dan merupakan trik SEO yang sebenarnya berbahaya dan saat ini mulai diperangi oleh Google dan search engine lainnya.

Happy Blogging!
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Gunakan dan Optimalkan Anchor Text Untuk Pengunjung & SEO
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 62 Comment(s):

Sendiri said...

ijin nyimak saja ya gan... makasih sekali infonya... mantap euy.
btw, ane dah follow 144. mohon follbacknya ya gan...

sukses selalu....

Ahmad Khoirul Azmee said...

sip. oke, segera mampir kesana....

ULIN said...

MAKSIH infonya gan

Penulis Content said...

Thanks berat info dan sarannya sangat membantu sekali, btw kalo agan butuh dibikin artikel kita bisa membantu lho dan jangan lupa gan main2 ke blog kita...

INFO22 said...

makasih teman atas artikelnya...

serba serbi said...

makasih gan atas tipsnya. Ijin ya gan ngebaca ampek habisis

Gaemgyu Holic said...

gan, klo dalam satu postingan terdapat beberapa link yg menuju blog lain, apakah itu berpengaruh terhadap blog saya? soalnya saya pernah baca, katanya jgn terlalu banyak link keluar.. mohon bantuannya..^^

Ahmad Khoirul Azmee said...

memang berpengaruh, tapi bukan berarti link keluar jelek, karena link keluar yg relevan dan bernilai tinggi jugadapat diperhitungkan Google sebagai cara sebuah blog menilai sesuatu yg berharga di luar. memang jumlahnya harus diperhatikan. tidak hanya di posting saja, tapi jumlah keseluruhan dalam satu halaman. usahakan jangan sampai melebihi kira2 50 outbound links, jika ada link yg kurang berguna, hapus atau beri rel="nofollow" (tapi jangan pada link exchange, iklan (direct link) atau link-link partner yah, bisa dimarahin teman2 ntar :-)) Jika iklan mengandung referal link, redirect, atau shortened url, lebih baik di nofollow aja.

BlackHariki said...

thank untuk infonya gan, mapir ke blog gw juga di http://fingermanga.com

Grafis 71 said...

Terima kasih atas ilmu soal anchor text... maklum Grafis 71 baru pemula di blog... hehehehe...

Grafis71 said...

Terima kasih atas info anchor textnya....

pembalut anion said...

thanks mas bro untuk tutorialnya,,itukan untuk yang pake blogspot? kalau web sama ngga ?

Ahmad Khoirul Azmee said...

sama saja mas, anchor text optimalisasinya sama untuk semua jenis web/blog kecuali template flash.

agung sofani said...

mantap tutorialnya mas azmee..saya blogger pemula..info mas azmee banyak membantu..

Berita Unik said...

infonya berguna banget mas... Saya masih newbie nih di dunia blogging, mohon bimbingannya dengan updetan sampean tentang blog..

Pinjal Nge-Blog said...

hallo mass.. Masih ingatkah dengan saya heee.. Dah lama g mampir.. Mas kalau bikin achor text dengan quote bagaimana sih.. Q g ngerti quote itu apaa?? Makasihhh q bookmark yang ini yaa.

ban terbaik diindonesia GT Radial said...

mantap gan. terimakasih atas sharenya. salam kenal

Ahmad Khoirul Azmee said...

quote adalah tanda kutip. fungsinya, kalo di search engine, untuk mencari yg sesuai dengan apa yg ada di tanda kutip saja. misal kalau mau cari "cara mendapat backlink gratis", maka yg akan muncul di hasil adalah tampilan listing yg mengandung keyword yg sama persis, yaitu cara mendapat backlink gratis. kaitannya dengan anchor text adalah memperkuat link dengan exact matched keywords, atau keyword dengan frase yg sama persis seperti ketika dicari dengan menggunakan quote di search engine.

Ahmad Khoirul Azmee said...

@all: yup thanks for your comments :D

Fatur said...

artikel yang sangat bagus. ternyata saya banyak membuat kesalahan dalam membuat anchor text. Harus diterapkan

Mas Adun said...

mau nanya sob, cara agar link-nya ada tanda titik gimana ya? seperti di link diatas kan ada bintang dan kotak berwarna kuning. yang ingin saya pasang adalah bentuk bulat hitam. mkcih

all news said...

artikelnya menarik sob ... makasih infonya

shafira said...

optimasi menggunakan h2, h4 ... berguna gak yaaa..???

AliBloggers said...

Terima kasih sobatinformasi nya sangat berguna, cara membuat anchor link gimana ya, biar akurat?

Rudy Hartono said...

masih gan atas informasinya yang bermanfaat

cardiacku said...

Belajar banyak di sini sobat...
Terima kasih atas berbagi ilmunya

wastim said...

makasih ga infonya

wira usahaku said...

lengkap sekali penjelasannay..sangat besar manfaatnya..trims sob

pulsamurah said...

Mohon ijin nyimak ya gan, thx ilmunya.

Puzzle Al Qur'an said...

mas, anchor text itu harus ada dalam artikel yang kita posting atau judul blog saja ?

tutorial blogspot said...

tks gan sangat berbobot

faza bachkim said...

klo memboat anchot text otomatiis bisa gak yaa

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Puzzle: gunakan di posting juga.
@Faza: ada script yang disebut sebagai smartlink, konsepnya seperti plugin SEO smartlink wordpress, yang khusus digunakan untuk membuat anchor text tertentu. tapi sebenarnya justru berbahaya untuk SEO. Selain itu, untuk blogger ribet krn harus menggunakan script berungkali apabila ingin membuat banyak anchor text. Ini beda dengan wordpress yang cukup dengan plugin saja kita bisa berbuat banyak. Lakukan secara manual saja, selain tidak berbahaya untuk SEO, anchor text manual dapat memaksimalkan berbagai macam keyword, sehingga justru lebih optimal untuk SEO.

Putra patiwara said...

Check Blog Sya Ya mAs Bro ' bnyak infp-info blog yang perlu anda ketahui .
CHECK TKP ??? http://putrapatiwara.blogspot.com/
THN'S

Jendela Dakwah Kampus said...

harus banyak belajar nih,soalnya masih newbie. . .
oh ya, saya mau tanya, saya pernah sedikit baca baca, apa Anchor Text harus selalu sesuai dengan keyword yang kita bidik?

Auriga Mualana Khasan said...

Saya ingi bertanya, tadi dijelaskan kita tidak boleh menulis link url. kalau contoh :aurigamaulana.blospot.com apa juga tidak boleh?

pecinta tanah sunda said...

Ass...terimakasih infonya lurr.
http://obat-herbal.rumahxamthone.com
http://rumahxamthone.com

jack said...

terima kasih infonya mang...

Pengobatan alami tbc said...

Siph keren banget nih mas informasinya.
saya sudah baca semuanya, memang bner-bner mantep.
mas kalau misalkan keyword kita sudah ke index di goggle. untuk mempertahankannya, apa yang harus dilakukan? dan supaya lebih naik lagi.
mkasih atas infonya.. dtunggu jwabannya.

Anonymous said...

Wah ilmu bagus nih...
Okelah kalau begitu nanti gak akan saya ulangi lagi cara ini..
Saya selalu menggunakan Click Here (jangan bilang2 ya...)

Muehammad Yuezha Andrean said...

Berguna banget

Blog DoFollow I 1000 backlink gratis said...

sip....

Farid Wajdi Kardbri said...

wah bermanfaat sangat! makasi yah atas infonya ^^

Andy Borneo said...

mantaaap bos.. sangat bermanfaat buat saya yg msh newbie buaangeet,, hehehe.. Jelajah Dunia Informasi

dharla ferdana said...

info mantap. thanks

sahabat baru said...

makasih gan infonya sangat bermanfaat bagi saya bloger orok yg baru lahir

Cah Gembloengz said...

wah bermanfaat sekali untuk newbie seperti saya,terimakasih atas infonya

bro,, kunjungan baliknya yha bro >> http://fchords.blogspot.com/ <<

Agung said...

Tapi kalau pasang anchor text pada blog dofollow gmn, kira-kira bakalan dihapus gak ya?

Sewa Mobil Bali said...

Kalau ada layanan iklan pasang link atau anchor text itu efektif ngga ya??

Media Infonetku said...

makasih banyak sob, ilmu lagi nih..

Belajar Edit Foto dan bisnis said...

makasih Boss. tip dan triknya bagus dan bermanfaat.

JINGUK BLOG said...

trik nya emank pass gan, dan saya langsung mencobanya..thanks gan...jika berkenan kunjungin balek blog ane ya gan...

bracuk said...

trima kasih banyak gan...
atas infonya..
sukses selalu

Shalldoang said...

yes..yes...artikelnya menarik sekali...thans

Mulanov said...

Penjelasannya lumayan jelas sob.. Thanks

Rahasia Kekuatan Pikiran said...

Artikelnya bermanfaat sekali, Update terus ya.
Salam kenal dan tetap semangat

Iwan Basri said...

Saya baru belajar buat blog gan...
Ulasannya benar2 membantu saya gan,
tks

Rahasia Pikiran said...

Artikelnya menarik, mudahan bermanfaat juga buat yang lain.
Terima kasih infonya, Salam sukses!!

pusaka wanita modern said...

masukan yang sangat berarti bagi web ku mas Ahmad, karena saya biasa pakai yang model klik disini yang maksudnya klik cara pemsanan, terima kasih mas.

bocahporis said...

Nice Artikel bro mantap dah .. :D

Lina Marlianti said...

bagus dan sangat bermanfaat

Numvank kliksangara said...

terimh kasih banyak infonya ......mudahan bisa bermanfaat sukses selalu.....

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap