Bagaimana Cara Link Building Yang Disukai Google?

link building berkualitas
Backlink adalah poin penting yg dibutuhkan oleh setiap blog/website dalam rangka bersaing dengan blog/website lain di search engine. Itulah mengapa link building selalu disebut-sebut & sering muncul dalam SEO. Setidaknya ada dua alasan penting di balik usaha link building yg anda para Blogger lakukan:
1. Anda butuh backlinks karena ingin situs/blog mendapatkan otoritas di mata search engine, khususnya Google.
2. Anda perlu backlinks jika ingin mendapatkan otoritas dalam niche yg dibawa atau disajikan, yaitu ketika anda ingin orang-orang mengenal anda sebagai ahli pada niche tersebut.
Eit! Yup sebentar. FYI: Omong-omong alias BTW, apa sih otoritas itu? Dalam bahasa Inggris, authority berarti kemampuan atau kekuasaan untuk membidangi suatu hal, memberikan perintah, kontrol, pendapat, nasihat, saran, dsb. Dalam konteks kepenulisan, authority berkaitan dengan authorship, yg berarti kemampuan atau kekuasaan seseorang yg dipandang membidangi niche dan karya tulis yg ia geluti. Sedangkan dalam konteks search engine, otoritas tentunya adalah kemampuan suatu halaman blog/web untuk dapat dinilai sebagai hal penting oleh search engine. Jadi, otoritas di sini memiliki makna multilevel yg dapat diaplikasikan guna menunjukkan kekuatan website/blog serta penulisnya.

---Kembali ke laptop---

Tetapi, ada hal yg mesti digarisbawahi dalam konteks pentingnya link building di sini. Sebuah fakta yg tidak bisa lagi dipungkiri, yaitu bahwa ribuan link yg ditanam belum tentu bisa disebut & menjadi backlink, apalagi backlink berkualitas. Banyak yg mengabaikan satu konsep penting yg menjadi tulang punggung link building: KUALITAS.

Tidak bisa disanggah lagi bahwa banyak blogger berfikir bahwa ribuan backlink yg dibangun dengan cara serampangan & instan dapat membuat search engine melirik. Bahkan ada juga yg sampe dibela-belain membayar agar mendapatkan ribuan link, yg sebenarnya tidak diketahui secara pasti dimana link itu ditaruh & pada situs-situs jenis apa. Padahal, faktanya adalah: memiliki ribuan backlink dari situs-situs berkualitas rendah, tidak relevan, link-link yg ditaruh di footer, link exchange (bertukar link), situs-situs yg menjual links, link-link spam, dan segala macam jenisnya itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan 10 backlink berkualitas. Ya, cukup 10 backlink berkualitas saja akan merubah otoritas blog/web. jangankan 10, satu backlink berkualitas saja dapat meningkatkan pagerank. (rujukan disini).

Oke, sekarang saya berbicara mengenai backlink berkualitas. Jadi pasti muncul pertanyaan, apakah backlink berkualitas itu?

Apa yg Dinilai Google Sebagai Backlink Berkualitas?

Ini garis besarnya:
Google menilai sebuah link sebagai link berkualitas jika berasal atau dirujuk dari konten/isi halaman web/blog yg mempunyai tingkat relevansi tinggi.
Google sangat menekankan relevansi atau keterkaitan konten. Itulah mengapa Google Panda kemudian menampar habis-habisan kebanyakan web/blog yg cuma menang di keyword namun miskin relevansi.

Sebagai contoh, katakanlah anda mencari suatu konten melalui Google dengan keyword "Buah Anggur", kemudian taruhlah juga dua konten muncul di urutan pertama dan kedua di halaman search result:
1. Konten pertama menyebutkan tentang jenis-jenis, rasa, asal, harga, serta manfaat-manfaat buah anggur.
2. Konten kedua adalah tulisan seorang blogger di blog pribadi yg menyebutkan tentang kesukaan makan buah anggur sebagai hobi yg tidak bisa ditinggalkannya karena membuatnya teringat pacarnya. bla..bla..bla..(yah, tarohlah demikian, sebagai contoh saja lah, hehe...).

Mana dari kedua konten di atas yg lebih bermanfaat buat anda? Jika, anda kemudian klik pada konten kedua  lalu melihat isinya tidak berkaitan dengan yg diinginkan, maka besar kemungkinan untuk menekan tombol "back" atau menutup jendela halaman konten tersebut. Nah, terciptalah yg disebut sebagai "Bounce Rate", tingkat kelembaman, dimana semakin tinggi nilai atau persentasenya, semakin kecil value atau nilai kepentingannya. Contoh nyatanya, kasus ini sering terjadi apabila kita masuk dan terjebak pada situs/blog AGC atau doorway page yg cuma berisi keyword tanpa konten. Kita pasti akan langsung menekan tombol back atau close. Dan ini pula yg menjadi pertimbangan Google dalam menentukan ranking serta value. User experience kini menjadi rujukan Google dalam menilai.

Inilah setidaknya gambaran mengenai relevansi.

Lalu Bagaimana Kaitannya dengan Link Building yg Berkualitas?

Sebutlah anda menulis posting blog tentang tips link building. Kemudian pada suatu kesempatan lain, anda diundang menjadi guest blogger di suatu blog SEO lain lalu menulis tentang dofollow & nofollow links. Di dalam posting tersebut kemudian anda membuat link yg mengarah ke posting blog anda dengan keyword "tips link building". Inilah yg kemudian bisa disebut sebagai backlink yg sangat berkualitas, terlepas dari beberapa konteks lain mengenai kondisi blog yg nanti akan dibicarakan.
membangun link yg disukai Google
Jika guest posting tersebut dimuat dalam blog bertema kesehatan, dan di link ke posting yg sama, itu tetaplah link, namun bukan merupakan link berkualitas. Bisa sih, jika kreatif, link tersebut dapat dikelilingi dengan beberapa kata-kata yg berkaitan dengan link, maka ada kemungkinan link tersebut dianggap berkualitas. Namun tentunya ini dapat merusak isi artikel itu sendiri karena ada kesimpangsiuran dan dapat membingungkan pembaca. Mengingat user experience kini mempengaruhi algoritma dalam menentukan ranking, tentu ini tidak baik.

Kesimpulan pertama: kondisi niche, tema, konteks yg melingkupi link berpengaruh dalam menentukan berkualitas atau tidaknya sebuah link. Semakin tinggi relevansi, semakin berkualitas suatu backlink.

Kondisi kedua yg mempengaruhi kualitas link maupun blog/web adalah kualitas halaman yg mengarahkan link serta kemana link tersebut diarahkan. Jika suatu blog/web memiliki terlalu banyak link keluar, memiliki tema atau niche yg terlalu banyak dan tidak jelas arahnya, dan mengarahkan link ke halaman-halaman berkualitas rendah atau bahkan telah mendapat penalti Google, maka ini dapat menurunkan kualitas blog/web tersebut beserta link-linknya.

So, jika anda sedang membangun link di suatu blog/web, ada baiknya untuk melihat beberapa hal berikut:
1. Perhatikan apakah blog/web tersebut memiliki kualitas konten tinggi & punya nilai otoritas serta orginalitas yg tinggi pula.
2. Lihat apakah blog/web tersebut memiliki terlalu banyak outbound link yg tidak relevan, misalnya berupa exchange link baik otomatis atau manual yg jumlahnya terlampau banyak hingga mengalahkan link-link dari blog/web itu sendiri.
3. Lihat apakah blog/web tersebut memiliki space iklan dengan jumlah iklan yg terlampau banyak. Terlebih lagi apabila banyak iklan tersebut berupa referral links. Iklan yg jumlahnya terlalu banyak hingga mengalahkan kepentingan konten (merusak fokus terhadap konten) dapat mempengaruhi kualitas.
4. Lihat apakah situs tersebut merupakan situs link farm atau content farm (perkebunan link dan konten, hehe... bukan.. maksudnya situs yg hanya memuat link-link saja tapi ga ada konten atau situs yg merupakan kumpulan-kumpulan artikel saja tapi tidak jelas apa arah tujuannya, misalnya AGC, autoblog, dll).  Blog semacam itu biasanya terlibat dalam skema link wheel, link masuk dan keluarnya hanya untuk tujuan referral, dll.
Selengkapnya mengenai quality konten bisa disimak di Kriteria Quality Content Menurut Google.

Link Building Yang Natural

Google juga memata-matai tingkat kecepatan link building suatu blog/web. Link building perlu dilakukan dengan cara senatural mungkin agar Google dapat melihatnya sebagai proses yg tidak artifisial (dibuat-buat) atau tidak wajar. Bagaimana link building yg tidak natural atau tidak wajar? Sederhana saja. Link building  yg dilakukan dengan terlalu agresif.

Taruhlah anda menggunakan jasa atau software otomatis yg dapat menciptakan ribuan backlink dalam waktu singkat, misalnya dalam seminggu. Jadi dalam seminggu anda telah memiliki ribuan backlink. Kemudian minggu berikutnya anda tidak mendapatkan sarana untuk mendapatkan backlink otomatis lagi. Jadi tidak ada backlink pada minggu itu. Minggu berikutnya, setelah googling, didapatkan software dengan harga sekian untuk membuat backlink dengan jumlah ribuan. Kemudian sebulan berikutnya, link building berhenti lagi. Dan seterusnya, dan seterusnya. Ini hanya contoh saja, tentunya tanpa alat pun anda bisa menciptakan backlink demikian, setidaknya ratusan, dengan cara spamming. Jika polanya demikian, Google kemudian dapat membaca pola tersebut dan besar kemungkinan proses tersebut dianggap tidak natural. Terlebih lagi jika web/blog baru saja dibuat, misalnya dalam sebulan, tapi telah memiliki ribuan backlink, ini lebih tidak natural lagi! Jadi pastikan jumlah backlink yg dibuat senatural mungkin sesuai dengan kemampuan seorang manusia dalam membuatnya.

Lalu bagaimana membangun serta membentuk link yg dianggap natural?
Sebenarnya sangat sederhana sekali. Misalnya:
1. Melalui blog dofollow, kita bisa mendapatkan backlink melalui komentar, tentunya dengan batas wajar juga. Yaitu dengan memberikan kontribusi komentar yg berbobot, tidak asal jeplak, dan tidak nyepam.
2. Guest posting. Menjadi blogger tamu yg menuliskan artikel untuk blog lain. Selain dapat memberikan backlink berkualitas, dapat pula meningkatkan otoritas si penulis.
3. Berpartisipasi di forum-forum dan meninggalkan link rujukan yg sesuai dengan pembicaraan & niche.
4. Artikel original (tulisan sendiri) serta khas cenderung mendapat sorotan serta menjadi rujukan. Banyak Blogger yg kemudian merujukkan link artikel blog lain sebagai referensi. Jika artikel blog di-copas, pastikan ada backlink yg dipasang dengan benar, selain sebagai bentuk respect dari Blogger lain yg mengambil artikel tersebut sesuai dengan etika, memberikan backlink juga merupakan nilai plus. Artinya si blogger yg mengambil artikel serta blogger yg artikelnya diambil memiliki hubungan mutualisme yg saling menguntungkan. Jadi tidak ada yg dirugikan.
5. Lakukan pola link building dengan sewajar-wajarnya serta tidak timpang. Jika anda bekerja sendiri untuk blog, membuat ratusan link dalam seminggu sebenarnya sudah melebihi batas wajar. Perhatikan kualitas, bukan kuantitas. Pola yg timpang berkaitan dengan contoh yg sudah disampaikan di atas. Lakukan link building dengan rutinitas yg sama, sehingga pertambahan backlink yg dibaca oleh Google tidak menunjukkan adanya pola yg direkayasa.

Intinya adalah, jangan hanya membangun link saja tapi bangunlah link berkualitas. Artinya, ada beberapa persyaratan penting yg kemudian dapat saya rangkum disini: Isi/konten original, berkualitas, & berhubungan ketika link hendak dibangun atau ditanam; blog/web yg berkualitas (dengan acuan beberapa hal yg telah disebutkan di atas); dan usaha link building yg natural. Jika dilakukan dengan cara demikian, niscaya bukan hanya otoritas blog/web saja yg tinggi di mata search engine, tapi juga otoritas anda sebagai Blogger, penulis, & ahli dalam niche tertentu di mata orang-orang.

Have a nice Blogging, guys!

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Bagaimana Cara Link Building Yang Disukai Google?
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 138 Comment(s):

Arickszone said...

oke deh..siap untuk menerapkannya....thanks ilmunya...:)

afrid said...

Tulisannya luar biasa banget..

Puas saya baca dan sangat bermanfaat

Tiga Sahabat said...

nice post bung,, thanks ya, jadi referensi,,
gudangkoleksi.blogspot.com

jay boana said...

keren nieh tutorialnya makasih bangt om, makin nambah pengetahuan ane nh :D di tunggu terus nh tip lainya

tentang blog dummy nya :D

Anonymous said...

berharap bs kayak bung azmi...Bung aku pny problrm ma bloggu nih? tampilannya koq jd ada bayangannya yah? tolong ya bung? trims. ne bloggku myzerro.blogspot.com.
tak tunggu solvingnya...trims banyak...

AfileZ said...

sangat detail sekali penjelasannya... saya mulai agak memahami apa yang anda coba jelaskan di artikel ini... semoga dengan adanya saya membaca artikel anda ini dapat menambah wawasan saya mengenai pembuatan link building... trims

Om Didien said...

berarti tidak asal naruh link ya gan...?
terima kasih kalau begitu, ini memberi pelajaran kepada saya yang sedang berburu backlink gan...

Blognya Venny said...

Kalau pakai backlink generator gimana???

Way Of Live said...

Sangat Bermanfaat .... saya rasa anda bisa menerbitkan buku tentang blogging pokoknya nomor 1 deh anda

salut ... salut bgt ..

http://alliallu.blogspot.com
http://belovha.blogspot.com

weapon said...

wah bermanfaat sekali infonya gan... apalagi untuk blog baru q. makasih banyak infonya

Énsu said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Ahmad Khoirul Azmi said...

@Ensu: Mohon maaf komentar anda saya hapus karena sobat menanamkan link di komentar yg dapat dianggap spam.
Untuk optimasi SEO gambar, sebagai anchor text gunakan atribut alt. Jadi tidak harus melingkupi semua dengan tulisan.
Lihat tips n cara membuatnya disini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/05/html-link-gambar-dan-atribut-penting.html

tutorial wordpress said...

Tulisannya luar biasa banget..

Puas saya baca dan sangat bermanfaat

Énsu said...

Tadinya hanya sbg contoh tp trnyata bs dianggap spam jg y? :o
memang saya msh belajar ngeblog,maklum jk msh ada salah.
btw, utk optimasinya,terima kasih,sangat membantu :)

Fikri Mumtaz said...

Ooo jadi itu Link Building,.. Maap Om baru nyambung

kowandy said...

baru sempat saya baca. ternyata SEO itu luas banget ya..

Blogadexme said...

Nice info sobat,,,
artikel yang bagus untuk para blogger di dunia...
visit my Blog :

http://blogadexme.blogspot.com

ouhh ya sob, gw udah Follow Blog sobat, jangan lupa Follow back ya...Thanks!

artikel gaul said...

mantap om artkelnya,,
baru paham saya setelah beberapa lama terbelenggu tanda tanya ??
salam kenal!

LoXeT GEN said...

Cara Membuat share facebook dan twitter seperti punya blog ini gimana?? (ada di bawah posting)

Samaranji said...

Ho'oh,,, Mas...
emang enak yang natural aja, koment pun enakkan diniatin nyambung silaturrahmi aja bukan malah kayak ngejar setoran backlink...

Hihi,,, suka senyam senyum jika masih ada yg berkomentar "ditunggu kunjungan balik yaaa, follback yaaa". Hahhh,,, hare gene... ups :D

Diat said...

Mantab kenren nih

Dilla said...

hmm, setelah membaca dan memahami artikel ini. Ternyata untuk membangun sebuah link dan mendapatkan back link yg berkualitas hanya diperlukan berfikir secara logis (masuk akal). thanks sob, sy menjadi lebih paham.

Warung Kopi Arya said...

saya baru belajar tentang blog, terima kasih sekali atas infonya yang sangat bermanfaat bagi saya dalam membangun blog yang berkualitas

thedexwan said...

keren penjelasannya detil banget thanks gan :D

Jajang Yusup said...

Terimakasih penjelasannya mas, :)
Secepatnya tips ini akan ku coba

Edward Said said...

memang bener kerasa bedanya mana backlink yg dari sites2 kecil dan mana yg dari sites besar.. akan lebih terasa dari site yg besar.

nova13 said...

ini berkaitan dengan SEO Onpage dan SEO Offpage ya? hehe
saya juga lagi belajar SEO :)

Mubin said...

susah bgt y mas,, belajar SEO off pagex,,... on page sih masih mending ;(

Catatan Perjalananku said...

tulisan yang menarik, ternyata kita gak boleh asal nyepam backlink ya :D, daripada orang cuman numpang lewat di blog kita, mending cari target pasar yang jelas deh, yang mesti baca serius web kita :D

Rafi Malika Rahman said...

makasih artikelnya, sangat membantu....akhir akhir ini lagi semangat buat backlink, numpang nanya boleh gak ya, kalo semisal saya membuat blog dummy untuk keperluan backlink apakah ini efektif, mengingat saya membuat dgn memnggunakan IP yg sama, apakah ini termasuk link yg disukai oleh google atau malah sebaliknya >
sebelumnya diucapkan terimakasih
salam

pakDE-Nanto said...

Waduh iklanku banyak banget ....
Perlu dikurangi nih ... thank gan ...
Tapi iklan juga perlu sob buat sewa domain ...

Anonymous said...

Terimakasih atas infonya...

Sedikit menambahkan, walaupun mbah google mengatakan bahwa backlink tidak bekerja efektif di search engine, namun kenyataan yang saya lihat web yang di posisi 10 besar mayoritas mempunyai backlink yang berkualitas.

saya sudah mencoba membuktikan dengan salah satu blog di email lain mencari dengan 6 backlink berkualitas antara PR 3- PR 8 bisa meraih posisi di 10 besar baik title blog (persaingan kira2 24 juta nama) dan beberapa postingan bisa berada di 10 besar yang membuat trafik mengalir terus semakin bertambah sekaligus mendapatkan bonus one way backlink secara bertahap.

Masalah nyepam harap hati-hati teman-teman blogger indonesia jika pemilik web/blog tidak menyukai komentar anda bisa saja komentar anda masuk di sepam dan itu bisa saja mengakibatkan pada banned apabila banyak situs yang memasukkan komentar anda di sepam. Itu menjadikan apa yang sudah di kerjakan menjadi sia-sia.
Lebih baik kalo mau komentar dengan 1 nice blog lebih di sukai mbah google karena robot membawa keyword dari yang anda komentari dan apabila langsung merujuk ke situs anda dan situs anda tidak 1 nice itu bisa di katakan robot salah alamat. hehehe..


Maaf jika ada kesalahan dari komentar saya yang masih newbie ini.

Wahid Sahidu said...

mantep om master sarannya dan tipsnya sangat bermanfaat

AplikasiPHP.com said...

wah, artikelnya bagus banget mas.. saya banyak belajar dari web ini untuk menaikkan peringakt web blog saya... sampai saat ini blog saya masih peringkat 4 jutaan...

mudah2an dengan tips dari mas, blog saya http://aplikasiphp.com bisa semakin berkembang kedepan :)

www.fase16workshop.blogspot.com said...

dapat banyak belajar gan..terima kasih

digitalpoins said...

trim,s info yg sangat bermanfaat

Rina As said...

Salah satu link building yang disuka google adalah natural link building. Nah ni dia yang menurutku paling susah
trims ayas ulasannya, sangat bermanfaat sekali..

Jendral SEO said...

thanks infox gan...
sangat membantu.....

terkenal said...

makasih mas penjelasanya

HL said...

hebat si agan, apa ga pegel gan ngetik sebanyak gini ? dengan tulisan panjang gini jadi pengunjung bisa berlama-lama membaca artikel ini betul kan gan ? dan itu berpengaruh sama alexa rank.

http://learning-hacking.blogspot.com/

Tifan Dwi Avianto said...

Nice info !!
thanks buat tips dan triknya :D
semuanya sangat membantu ..

http://anvity.blogspot.com - Blog pemula

Angelica said...

Benar mas, Saya rasa juga demikian.. 100 backlink dari pr 4 lbh baik dari pada 1000 backlink dari Pr 1. Sukses selalu..

AALcorner said...

Entah mau berkata apa lagi,informasi yang di sajikan panjang lebar dan berkualitas.
Sekarang mau mulai dari mana membangun backlink berkualitas,kiranya admin dapat membantu Kami.
Terima Kasih!

Ahmad Khoirul Azmi said...

@AAL: mulailah dengan memperkenalkan blog ke search engine dengan membangun link di direktori blog:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/08/daftar-direktori-dofollow-pagerank.html

Kuldeepsingh said...

wah mantab bner... boleh dicoba tuh... lebih percaya lagi karena blog sampeyan punya PR 3 dan Alexa cuma 49 ribu... wonderfull!!

ahmad said...

weh2... hmmmm trik yang hebat dan patut dicontoh... makasih infonya buat bloger pemula seperti saya... ijin mempraktekkan ya suhu...

adheens said...

Wah, blog yang luar biasa.. bakalan sering bolak balik kesini sobat .. :)

inspirasi said...

akan sya terapkan semoga menjadi no 1 di seacrh engine

IT Informasi said...

Terimakasih infonya!
sangat bermanfaat sekali...

edpeny Art design said...

Info artikelnya sangat baik dan berguna khususnya untuk sy pribadi karena kebetulan saya sedang mencari keterangan tentang ini yg berkaitan dengan perubahan di blog sy yang sebenarnya lama tidak saya update,namun akhir2 ini saya coba untuk lebih giat posting dengan lebih fokus dan relevan,dan tanpa saya sadari blog sy selalu muncul dihalaman pertama dari 50 juta lebih situs yang ada dalam kategory textile design,bahkan pagerankpun sekarang sudah ada angkanya walaupun baru 1,ditambah lagi disini saya menjadi tahu sebab akibatnya,thanks Admin,salam sukses.

edpeny art design

Evan Oktara said...

jujur mas...saya baru di dnia blog,orang awam yg pengen blajar bnyak tentang dnia blog.saya masih bngung dg cara buat blog dg tampilan aduhai.pengen blajar bnyak smpe sya akhirnya bsa mandri,gmana caranya mas yaa.mohon bantuan ilmunya...

burhan said...

wah panjang banget penjelasannya sob, btuh keseriusan nih buat menyerapnya, thak you btw good tips

Cari Uang Internet said...

Jujur, saya sedang membangun perkembangan weblog baru saya. Sebelum membaca artikel ini, sy sedang mencari-cari jasa backlink. E...hh setelah ketemu dan baca artikel ini jadi takut beli jasa backlink. Gak jadi dach ...

ttd
Bang Odjie

Download Game Baru said...

wah, mantap nih. kayaknya perlu ada pembaharuan link building di blog ane nih.
makasih tutorialnya, lengkap.

Rifai17 said...

wah, penjelasannya sangat detail. Baru kali ini saya menjumpai ada yang menjelaskan sedetail ini.
Makasih banyak Pak Dosen.
hehe

direktori said...

Wah makin kagum aja nih sama agan yang satu ini, sementara pakar seo banyak yang ogah berbagi tips soal backlink berkwalitas - admin blog Buka(n) Rahasia lagi justru mengupasnya sampai tuntas.. Jempol dua deh buat agan.. Salut..!

galang eka said...

thank sekali gan...
penjelasannya sangat efektif dan mudah dimengerti...

http://pojokgudangilmu.blogspot.com/

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Rifai: dilarang menyebut merek. :)

Dony said...

thanks gan atas informasinya,visit dan follow blog ane ya gan,nanti ane follback

zuhrieification said...

makasih mas, sekarang saya jadi mengerti tuh atas penjelasnya...

Abi Andaya Iswara said...

Thanks buat share posting yang luar biasa nih, jadi tambah ilmu Gan.

wid said...

Thanks God I've found this blog....such a great one! Makasi juga, Mas. Salam kenal ya.....

westjava27.blogspot.com said...

sebenarnya kualitas backlink tersebut untuk apa ya, tujuannya apa, untuk memperoleh uangkah? ketenaran? atau apa ya...misal kalau tujuan untuk mendatangkan pengunjung untuk memperoleh rupian kalau ada 1000 visitor blog tiap hari hanya berkunjung saja, tetapi kalau hanya ada 5 visitor 2 diantaranya menghasilkan keuntungan untuk blog yang dikunjungi perhitungan PRnya besar mana?

alfiandoang said...

terimakasih banyak mas
mas mau tanya,,, kalau link dari koment gimana ?
berkualitas gak tu ???

rafly rast said...

Gua sih masih bingung cara bangun link-nya hehehe,, tapi makasih infonya mas bro heheh :)

Senang BacaBlog said...

infonya menarik gan!!

siaap praktek gan....

Risfani Kusuma said...

Thanks untuk panduanya mas sukses terus .

http://tanggulangincommunity.co.cc/

ariez said...

mkasih atas infonya om. Oiya om, saya punya 3 blog. Ada byk ide menulis, tp males bgt ngetik. Hhehe.. mkanya blog saya jarang update. Itu gmn ya, apa ada pengaruhnya dari google.

Titus said...

Awalnya saya hanya ingin mencari inti dari artikel yang anda buat, tetapi terlalu panjang dan kurang sistematis..jadi akhirnya malah kebaca semua hehe
menurut saya, backlink berkualitas lebih penting dan lebih tahan lama daripada hanya mengandalkan kuantitas semata.
linkwheel atau link piramid bisa juga kok diterapkan :)

Bryant said...

nice share gan.

Darmians said...

wah ganteng articel, aku sudah 2 th di blog, eh blum dapat PR juga, mungkin dengan langkah diatas aku dapat PR, tanksnya..

Nasruddin said...

Setelah membaca dengan seksama artikel ini, sungguh banyak manfaatnya buat saya.

misteruban said...

Mas, mau nanya nich, untuk membuat pyramid link building kan harus nentuin kata kunci utama yang dibidik, terus ke turunan kata kunci utama, trus ke dasar yaitu turunannya lagi dari kata kunci tingkat tengah, na itu cara nentuinnya gmn ya mas, kebanyakan ngreferensiin pake Google wonder well, tapi kan sekarang google wonder well dah gak ada, trus gmn mas? maaf mas kalau kacau nanyanya, soalnya juga baru bingung ini nentuin cara buat ngatur atau ngelompokin antara kata kunci utama, tengah sama dasar.. makasih sebelumnya mas.

RUANG MUSIK PLANNERS said...

Nice artikel bung
Jadi lebih mengerti bagaimana cara membangun blog mulai dari awal...

Aris Habiburrahman said...

Thanks infonya. Dicoba dulu dipraktekin.

gossip said...

Benar sekali gan.... backlink berkuaitas itu yang terpenting untuk membangun blog..
\\trmksh infonya

Wunfi said...

thanks gan yaaa...
ane si mau tanya link komentar itu gimana ???
kenapa, waktu link hapus, link yang terindeks di alexa masih ada

Kevin Samara said...

Apakah dengan tukaran link dapat memberi blog kita backlink?

Alay Info said...

hm, sekarang jadi lebih ngerti,, kalo mau berkualitas cari yg berkualitas juga :FD

keluarga ale said...

kadang memang saya kurang perhatiin,,, jadi asal tuker2 link ajah ,, :D

Novaro said...

Weleh....

Inilah blogger sejati: konten keren, review-nya dalam dan cerdas. Inspiring source-nya juga berkualitas.

Teruslah berkarya dengan postingan yang bisa membuat orang lain menjadi lebih pintar...

INILAH BUKU PINTAR BLOGGING Indonesia!

all about property said...

Terimakasih, artikel yang sangat bermanfaat, kendati harus mengulang2 lagi isinya. Maklum newbie.. :-)

Salam Sukses

agus said...

wah sampai mblenger...makasih ya....

suwono said...

kalau kita punya 2 atau lebih blog, trus kita saling dilink-an semua, apakah itu berkualitas?

Uday Rayana said...

Wah Bermaanfaat Sekali Gan infonya..salam kenal dan terima kasih atas share ilmunya
wasalam

Alberto Victer Hource said...

Keren banget nie Postingannya,,,

Visit: http://albertotkj.blogspot.com/

Mas Agung Laksana said...

mantap bang, ini bener-bener tulisan tangan sendiri ya? pasti ngetiknya lama bener... #biasalah para para copy aritcler (bukan copy writter loh ya) hahaha

M. Taqwa Nuddin said...

mantap2 nic artikelnya ,,,
di tunggu kunbalnya ya sob....

:)

htp://siceplu.blogspot.com

El-Nino Ramadhan said...

makasih tipsnya, alexa rank masnya jg udah tinggi banget

Informasi Terkini said...

semoga script yang aku pasang masih di sukai mbah google

ubalin personal blog said...

Saya hanya menambahkan satu lagi teknik membangun link berkualitas yaitu membuat artikle di artikle direktori. btw thanks Gan infonya.

Opini Indonesia said...

Banyak link belum tentu juga dilirik Google, memang kwalitas selalu mengalahkan kwantitas

erlan said...

thanks atas info nya gan.. tp praktknya susah juga euy cari bakclink berkualitas, bagaimana dengan backling yang kita dapet dari .edu or .gov pasti smua berkualitaskan dpt backlink dr sana ?

agus said...

Ok. makasih infonya , saya coba terapkan ilmunya

Wisata Murah said...

ini artikel link bulding yang sangat cerdas banget gan, sangat membantu mengarahkan mindset para blogger kita yang lagi mabuk backlink. Dan kajian yang sekaligus solusi diatas memang sangat membantu sekali. nice share n happy blogging

shareall-info.com said...

sangat lengkap mas penjelasannya

Agung Talaga said...

Sehubungan dengan kiat2 link building, setiap kali menulis, saya biasa membuat link pada artikel tsb ke beberapa halaman lain dan homepage blog. Kira2 apa dampaknya nanti terhadap seo google jika link dari halaman posting tsb ke halaman2 lain lebih dari 3, gmn itu mas...??

DUTA LONG RELOAD said...

ohh jadi begitu ya, ,terima kasih

FC tickets said...

thanks untuk infonya.

Medanstar said...

terima kasih atas ilmunya.saya rasa sangat bermanfaat buat blog saya medanstar.com

ottorent solo said...

tq,infonya izin nyerap ilmunya buat pratekin moga bermanfaat juga nih agar disukai mbah google back link berkulitas

Raden Arya said...

biasanya belajar dari sang master kayak bang Azmi ini , bisa cepet masuk .. tapi emang bener juga link building itu ada kaitannya sama Artikel ke google search ..
Makasih buat infonya bang azmi saya berharap bang azmi mau kunjungi blog sederhana saya Dyan-seller.blogspot.com . Makasih

Ridhwan Al Ma'ruf said...

tetapi, agak susah membangun link building sob, thx infonya :)

Andri Riyanto said...

mantap kang infonya kunjungi balik ke www.infocahbagus.com

Mukti Effendi said...

Thanks ats infonya. Bermanfaat sekali untuk saya.

kak joko said...

lagi lagi backlink oke lah mas admin sepertinya saya mendapat ilham setelah membaca artikel shobat .
terimakasih dan saya akan mencoba

thesimpleacre.blogspot.com

juana jakenan said...

makasih mas aku baru latian nih

Ipin Cace said...

wah manatap sekali gan bisa jadi pelajaran pemula seperti ane

Adam Aiyasi said...

(maaf mas bukan saya sedang mencari backlink karena sering berkomentar di blog mas azmi tapi jujur saja saya hanya ingin lebih tahu tentang blog. Sebagai blogger pemula saya juga masih bingung soal backlink. ada yang bilang kalau disebut backlink berkualitas itu tidak harus dalam jumlah banyak tapi memiliki Pr tinggi dan mempunyai hubungan/relevan dengan blog yang kita miliki. Yang saya takutkan itu, meski saya sudah mendapat backlink dari blog ini misalnya,yang sudah pr3, tapi blog mas azmi sama blog saya sama sekali jauh dari kata relevan, pokoknya berbeda tema, topik dan semuanya. Lha, apakah ini bisa dianggap spam oleh google nantinya atau backling saya tidak berkualitas karena tidak memiliki relevansi. Susah banget kalo emang bener begitu, lalu kemana kita akan bertanya?mohon sekali lagi pencerahannya...

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Adam:
Heeeii, tidak masalah. :)
Saya justru sangat senang anda banyak memberi komentar yang kritis dan cukup bisa membangun diskusi. I appreaciate it, dan saya sangat bangga.

Jawabannya: backlink tidak relevan bukan berarti spam, tidak demikian. Tetapi memang, syarat backlink berkualitas salah satunya adalah relevansi. Backlink yang tidak relevan tetap menjadi backlink, tapi pengaruhnya terhadap "vote", atau pemberian nilai dari suatu website ke website yang diberi backlink, lebih kecil, karena relevansi kecil atau tidak ada. Yang dimaksud backlink spam adalah backlink yang dibuat tidak natural,ditanam semata-mata untuk search engine, tapi sama sekali tidak memberikan kontribusi terhadap konten/post. Misalnya, anda berkomentar "nice, Info!, kemudian di bagian bawah komentar anda tanam link dengan anchor text "Obat Gagal Ginjal", inilah yang disebut spam link. Kehadirannya tidak diinginkan, baik oleh manusia maupun oleh search engine. Cara paling mudah membuat backlink tanpa spam, adalah dengan mendaftarkan blog ke direktori2, tentu harus direktori berkualitas pula. Di dalam direktori, kita bisa mengatur anchor text, deskripsi, keyword, dll yang berkaitan dengan blog dan dalam kendali penuh (approval) dari admin direktori. Sangat penting untuk blog baru untuk mendapatkan backlink dengan cara ini, karena kualitas dan relevansi jauh lebih besar daripada tukar link (link exchange), reciprocal link, dan sejenisnya. Blog yang sudah berkembang biasanya akan mendapatkan backlink ketika blog atau salah satu postnya di-link dari sebuah halaman blog yang mengambil referensi, kutipan, sumber, dll. Inilah backlink yang PALING natural, karena biasanya relevan dengan isi posting, dan dibuat secara alami.

Adam Aiyasi said...

Makasih mas azmi yang cakep dan bijak, dan makasih juga 8 direktori gratisnya. Mau tanya lagi soal backlink, tapi ini lebih singkat. Saya kan berkomentar di blog mas azmi, baik di buka rahasia, buka(n) rahasia dan tautweb.com, apakah saya akan mendapat backlink (meski tidak relevan) sementara ketika saya komentar menggunakan akun google bukan alamat url blog?..dah gitu aja mas..sekali lagi pokoknya ngrepotin mas azmi terus..maklum masih gaptek..ha..ha..

Ahmad Khoirul Azmi said...

Intinya, link/url yang anda gunakan harus yang ingin dioptimasikan, kalo pake url akun google, berarti anda tidak sedang mengoptimasikan url blog. Gunakan url blog (atau open ID, kalo di blog ini), atau di blog lain yang mengijinkan Nama/URL. Selain itu, optimasi backlink harusnya menghasilkan link yang dofollow, sedangkan di blog ini dan beberapa blog saya yang lain nofollow (di dalam tag link ada rel="nofollow"), tujuannya untuk membuat Google mengabaikan link tersebut. Secara default beberapa platform blog seperti Blogger Wordpress dll, link di dalam komentarnya adalah nofollow, tujuannya ungtuk menghindari spam. Dan memang komentar harusnya dibuat nofollow. Tapi anda juga bisa mencari blog2 dofollow untuk bangun backlink dofollow. Di komentar blog2 saya, sangat tidak efektif untuk link building karena semua nofollow. Tujuannya memang untuk diskusi, bukan untuk backlink2an, apalagi untuk spam backlink.

Adam Aiyasi said...

terimakasih pak guru..semakin paham dan tambah satu ilmu lagi, yaitu soal backlink. Benar-benar master blog mas Azmi. Mungkin lain hari saya akan lebih memperdalam soal mendapatkan backlink dari link/blog dofollow seperti di tautweb.com (he..he..salah gak ya kalau saya mengataan tautweb.com itu dofollow..).

irmansyah said...

alhmdllh setelah mampir ke sini jadi nambah ilmu :)

buronangoogle said...

Wah terima kasih mas.. Artikelnya benar-benar sangat saya butuhkan.. Untuk sekarang ini, belum saatnya saya berbicara mengenai "link building" apalagi SEO..

Namun seiring berjalannya waktu dan bertambah pengalaman dalam ngeblog yang sekarang ini belum seumur jagung.. Suatu saat nanti saya juga akan sampai ketahap yang menjadi pembahasan artikel ini..

offsetprintingsmg said...

Mantep.. Suhu turun gunung..
Pembahasannya complete.. Ayo yang mau pintar jangan males baca ya..
Berguna banget nih buat para newbie yang lagi belajar SEO.
Makasih suhu :)

majidchan said...

tipsnya sip gan... makasih banyak......

Gudang Makalahmu said...

makasih atas share nya..
saya mau mencoba sedikit demi sedikit praktek..
salam kenal smuanya.. :)

Sam said...

Saya biasanya malas membaca blog berbahasa Indonesia, tapi blog mas Azmee, KHUSUSNYA, sangat berbeda dan merubah pikiran! Membuat saya pikir-pikir lagi kalau ada info dari expert SEO yang berbahasa Indonesia kenapa tidak? Banyak sekali info bermanfaat di sini sampai-sampai saya ngeri bacanya. Takut overload. Tapi berkali-kali Googling jodoh sama website ini. Mangstab!

Cah Gembloengz said...

Terima kasih mas, saya mau belajar SEO..

kunjer.com said...

Mantab gan pencerahannya terkait Link Building, sulit untuk menemukan artikel yang super seperti ini. Memang banyak blog yang membahas tentang SEO, tp sebagian besar artikel copas bukan pemikiran pribadi, sehingga selain artikelnya kadang susah dipahami, juga terdapat kontradiksi dengan blog itu sendiri. idealnya blog yang membahas tentang SEO paling tidak blog itu sendiri SEO terlebih dahulu, sementara kebanyakan justru kebalikannya contoh http://cariblogseo.blogspot.com/ yang membahas blog SEO tp blog itu sendiri dipertanyakan.

Akang Budi said...

wah keren sekali ulasanya sob, terima kasih saya ucapkan atas sharingnya, karena sangat membantu sekali kepada newbi seperti ku.
salam blogger

http://samboedy.blogspot.com/

Supri Yadi said...

Wah klo ini benar, anggapan saya kemarin tentang backlink salah kaprah dong....

gede ardi said...

makasi tipsnya.. lagi ingin belajar link building..hehe

downloads-corners said...

sangat bermanfaat, terimakasih atas onfonya

downloads-corners said...

sangat bermanfaat, terimakasih gan

wiwin amesti dwi cahyono said...

Semua algoritma gooogle untuk menilai kualitas kita, bisa jadi salah satu cara google untuk menempatkan dirinya sebagai situs pencari yang tidak asal mencari tapi situs pencari yang berkualitas

catatanbundafirzha.com said...

jujur saja,selama ini saya masih bingung bagaimana terciptanya bounce rate,akhirnya saya faham,menulis artikle seharunya sesuai dengan KW yang di andalkan agar visitor tidak merasa rugi setelah berkunjung di situs blog tersebut,dan dengan cepat akan menutup halaman yang sedang loading,saya faham mas,...terimakasih

Rizky Afauzy said...

sangat bermanfaat ni pak, terus bagi-bagi ilmunya yaa..

Fauzi Bagus said...

ini baru namanya artikel berkualitas :D pasti bounce ratenya rendah

Maulana Yasir said...

apak ada artikel yang baru gan yang menjelasakan tentang trik so untuk tahun 2014 ini gan soalnya saya cari pada postingan agan tidak ada gan

Irwan Sulistyanto said...

muantap gan

Jefri Raymond said...

mencari sebuah backlink memang gampang gampang susah dan sedikit berhati hati, kita mempunyai ribuan backling tidak berpengaruh dengan peningkatan webs kita tetapi link yang berkualiatas dan secara natural yang harus kita bangun. terima kasih mas tulisan nya sangat membantu serta masukannya.

dendri midin said...

ko mau backlinj google susah ya kang, sudah menaruh link http://burungkicau.heck.in
di google plus masis belum dapat, apakah google plus ituh nofollow ?

Ahmad Khoirul Azmi said...

ya, google plus sekarang menggunakan nofollow pada semua link.

luki purwanto said...

blog saya baru berumur sekitar 2 1/2 gan tapi sudah memiliki backlink lebih dari 2000, tapi yang saya heran mengapa kebanyakan artikel saya selalu berada pada posisi halaman 2 google, ya ada sih beberapa yang tampil di halaman 1 google, tapi saya berfikir apakah backlink itu berdampak hebat untuk sebuah artikel atau penempatan kata kunci yang relevan yang bisa mengantar artikel masuk di bursa halaman satu google? masih saya selidiki saat ini hehehe salam berbagi mas

Ahmad Khoirul Azmi said...

2000an dalam 2 setengah bulan ya? menurut saya kurang wajar, karena ndak logis ada linking dari website lain sebanyak itu dalam waktu singkat. Mending ke depannya pelan2 aja kalo link building.
5 backlink dari situs berkualitas jauh lebih bermanfaat dari ratusan backlink dari situs sampah dan spam.
http://www.tautweb.com/tips-memahami-upaya-seo-google/

hobi komputer com said...

mantab mas brooo

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap