Cara Menggunakan & Mengoptimalkan Meta Description di Blogger

Meta description tag adalah salah satu meta tags yang sangat penting bagi blog, bahkan kini mungkin menjadi satu-satunya meta tag yang memiliki bobot besar bagi search engine. Meta description berfungsi sebagai pemuat meta informasi yang mendeskripsikan isi halaman blog. Meta deskripsi ini juga menjadi bagian dari snippet deskripsi di hasil pencarian Google. Oleh karena itu, menggunakan dan mengoptimalkannya secara tepat akan menambah kekuatan SEO blog di search engine, atau setidaknya menjadi alat bagi blog untuk menarik pengunjung dari search engine. Sebenarnya, ada banyak sekali poin yang ingin saya ulas mengenai meta description ini, baik mengenai "kesalahpahaman" meta description yang dianggap sebagai keseluruhan meta tags (meta tags ada banyak: meta keywords, meta author, meta robots, meta location, dll), maupun dalam konteks apakah meta description masih digunakan search engine, khususnya Google. Namun karena semua sudah saya ulas tuntas di tautweb.com, silahkan simak pembahasannya di artikel Meta Description dan SEO.

Beberapa fitur baru Blogger memang mengagumkan, dalam beberapa posting terdahulu, saya sudah menulis tentang penggunaan sitemap.xml dan Blogger custom permalink, dan kali ini, saya masih akan berbicara mengenai fitur Blogger baru yang berkaitan erat dengan SEO: Fitur Custom Meta Description Blogger. Sebenarnya fitur ini muncul sudah agak lama, sekitar Februari-Maret 2012, tapi belum selengkap dan sesempurna seperti sekarang, yaitu adanya penambahan fitur search description pada single post (deskripsi unik untuk masing-masing halaman posting). Sehingga baru sekarang saya bicarakan optimasi fitur ini.

Cara Menggunakan dan Menambahkan Meta Description Blogger

Dulu, sebelum ada fitur search preferences yang dapat diatur dengan mudah melalui dashboard Blogger, kita mesti menambahkan tag meta deskripsi secara manual:
< meta name='description' content='deskripsi konten/halaman blog' />
Tapi kini tidak perlu lagi, karena fitur meta description dapat dengan mudah diakses melalui halaman settings.
1. Buka dashboard > settings
2. Pilih search preferences
3. Lihat Pada bagian Meta Tags > Description
4. Klik "Edit".
5. Pada opsi Enable search description? Pilih "Yes".
Meta Description Blogger 1
6. Akan muncul content box seperti ini:
Meta Description Blogger 2
7. Isikan deskripsi blog sesuai keinginan. Ingat, maksimal hanya 150 karakter, jadi optimalkan penggunaan kata-kata se-efisien mungkin. Lalu klik "save changes" untuk menyimpannya.

Berikut contoh snippet description-nya di Google:
Bagi sobat yang dulu pernah menambahkan meta description melalui template Blog (menambahkan tag meta description secara manual), sebaiknya pindahkan saja deskripsi blog ke dalam fitur tersebut, karena akan ada fitur yang lebih hebat lagi jika sobat mengaktifkan fitur meta tags melalui settings di dashboard. Apa itu? Simak kelanjutannya.....

Cara Menambahkan Meta Description Pada Single Post/Halaman Posting

Kembali lagi ke dulu (hehe, saya suka mengenang masa "dulu"), Blogger tidak memiliki fitur meta description pada single page (halaman tersendiri), sehingga untuk menambahkan meta deskripsi pada masing-masing halaman, kita musti menggunakan andalah tag B if dan else. Sehingga terbayang bukan, baris-baris meta description di template XML blog sedemikian panjang karena terdiri dari meta tag deskripsi masing-masing halaman, jika halaman posting berjumlah 100, maka akan ada 100 meta description unik di template blog. 

Tapi kini tidak lagi, dengan adanya fitur setting meta tags (description), kini masing-masing halaman blog dapat diberi deskripsi unik, sehingga menambah kekuatan SEO-nya, setidaknya ketika tampil di hasil pencarian. Caranya?
1. Syarat penting dari penggunaan fitur "Search Description" ini adalah dengan mengakftifkan terlebih dahulu fitur Meta Description seperti cara di atas.
2. Setelah diaktifkan, buka halaman posting editor (seperti ketika membuat posting baru).
3. Lihat ke sebelah kanan pada "Post Settings", akan ada beberapa panel, seperti dulu yang pernah saya bahas ketika membuat "custom permalink".
4. Jika setting meta description telah diaktifkan (enable) seperti cara di atas, maka akan muncul satu fitur lagi, "Search Description", deskripsi pencarian, yang bukan lain adalah fitur untuk menambahkan meta deskripsi unik pada masing-masing halaman posting. Perhatikan gambar berikut:
Meta Description Blogger 3
  • Klik "Search Description"
  • Isikan deskripsi isi artikel/posting/halaman sesuai keinginan
  • Klik "Done" jika sudah selesai.
Sobat dapat melakukan langkah di atas ketika membuat posting baru atau ingin mengedit posting-posting lama untuk menambahkan deskripsi.

Sekarang sobat telah mengetahui dan memiliki meta description unik pada masing-masing halaman blog. 

Tapi masih ada satu catatan lagi: meta description, seperti namanya, harus memiliki isi yang benar-benar deskriptif, sehingga pengunjung yang melihatnya tidak bingung dan justru tidak jadi melakukan klik. So, ada beberapa kiat khusus untuk mengoptimalkan isi meta description, baik untuk search engine maupun untuk user/ visitor.

Cara Mengoptimalkan Meta Description

1. Meta description hendaknya berisi kalimat, bukan sekedar frase atau keyword tanpa bisa dipahami maknanya oleh pengunjung. Meta description adalah yang ditampilkan sebagai snippet deskripsi di bawah judul konten. Gunakan kalimat jelas dan upayakan dapat "merayu" pengunjung untuk melakukan klik. Meta description merupakan alat ampuh untuk meningkatkan traffic blog jika digunakan dengan benar.
2. Memperhatikan keyword yang digunakan sangat penting, namun sebaiknya jangan membanjiri deskripsi dengan keyword saja, karena membingungkan pengunjung dan justru bisa dianggap sebagai spam oleh Google. Be natural! Saya sering melihat deskripsi sengaja dibuat dengan menggunakan tag: page title - blog name - page title, yang menghasilkan judul blog - nama blog - judul blog, ini justru dapat merugikan blog karena tidak deskriptif, berisi pengulangan-pengulangan tidak penting, dan tentunya, spammy!
3. Jumlah karakter yang ditampilkan di search snippet kini semakin berkurang, dulu karakter deskripsi bisa mencapai 160 karakter. Tapi kini cuma di bawah jumlah itu. Bahkan untuk berjaga-jaga, sebaiknya deskripsi memiliki karakter tidak lebih dari 140 karakter (mengingat kini snippet tanggal juga ditampilkan).

Yup, itu dia sedikit dari saya mengenai penggunaan dan optimalisasi meta description blog. Saat ini saya masih terus mengeksplorasi fitur-fitur baru Blogger serta terus mencari fungsi dan optimalisasi lainnya, khususnya untuk SEO dan Desain Blog. Simak terus update-update selanjutnya! Have a nice blogging, and happy fasting on this Ramadhan as well....

© buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved.

Cara Menggunakan & Mengoptimalkan Meta Description di Blogger
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 234 Comment(s):

Ardhi Dwi Prabowo said...

Assalamualaikum gan, keren banget template-nya, saya pingin banget nih gan, boleh minta file mentahnya gan? Please gan, atau kasih alamat downloadnya gan, atau kirim aja ke email saya gan 4rdhidw1@gmail.com, jika agan mau, saya berterima kasih banget gan, Wassalamualaikum

Faried Sulthon Al-Husna said...

Assalamu'alaikum Mas Azmi, boleh tanya mas, cara membuat header logo seperti diatas itu bagaimana mas? Kasih tahu saya yaa... maklum masih newbie. Thanks! Wassalamu'alaikum.

Kristanto Alief .A said...

Salam kenal boss.... dari ponorogo. Follow ya..

Adi Cahyadi said...

Mas kalo misalnya Kita nge Update Lagi postingan Kita yg udah ke index google misalnya ada kesalahan penulisan dll , itu bisa ngaruh nggak posisinya di serp

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Ardi: oke nanti saya cari dulu kira2 masih ada gak.
@Faried: Wa'alaikum salam. Cara membuat logo di atas? bisa dicoba pake ini: http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/06/cara-mudah-membuat-logo-blog-online.html
Kalo yang di atas saya pake photoshop
@Kristanto: Salam kenal juga :)
@Adi: Mungkin berpengaruh dan mungkin tidak, tergantung keyword yang digunakan... tapi kalo sudah terindeks pasti ga mungkin hilang dari indeks kecuali berisi spam dan over optimized

Samehadaku said...

mas azmi untuk search description itu apakah dibatasi karakternya?
untuk yang di webmaster apa gk dioptimalkan juga setelah mengikuti petunjuk diatas?

Thanks ya mas azmi..

Rama88 News said...

skrg blogger banyak fitur yg simple untuk digunakan untuk memperkuat seo blog,, gak kyk dulu .. hehehe, :)

BOLAJOSS.com said...

banyak tutorial tentang blogspot dan tentang seo disini,, gak sia2 ane baca lama2 buat nambah ilmu seo,, :) makasih banyak mas, salam kenal, :)

sosial budaya said...

ini mah dah lama... di forum sebelah sering cerita yg beginian

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Samehadaku: Sama, jumlahnya untuk blogger dibatasi hingga 150 karakter. Tidak perlu mengubah apapun di WMT
@Rama: Ya benar sob :)
@Bola: Yup. thanks juga and salam kenal
@Sosial: Beda, sangat beda, apa yang dibahas di forum2 adalah penggunaan meta tags secara keseluruhan, dan bukan dalam hal fitur blogger dan optimalisasinya. Jika memang benar semua yang saya tulis di atas sudah pernah ditulis di forum-forum, silahkan saya dikasih alamat forumnya. Tq

Efran Syah said...

Makin mantap dah Blogger... Thanks bang

Nanya bang, agak kurang nyambung dari topik nih.
Posting ane kurang dari 5 detik sudah diindex Google. Tapi setelah postingan tsb berumur 3-4 hari, pasti DEindex.
Tapi setelah 3-4 hari berikutnya, posting tsb diindex kembali, setelah itu permanen tanpa deindex lagi.

Semua postingku diindex 100 % bang, tapi ya kayak gitu. Apa yang salah ya?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Efran: Apakah benar2 deindex atau cuma turun jauh aja? Ngeceknya pake url atau keyword (judul posting)? Hmmm... saya juga baru tau ada kasus kaya gini. Adakah kemungkinan sobat terlalu banyak melakukan over optimalisasi, misalnya submit url posting dan blog ke bookmark2 langsung setelah artikel di publish, atau langsung berkomentar ke banyak blog secara berlebihan? dan optimasi2 link building keterlaluan lainnya? ping berkali2 dan sejenisnya?

Efran Syah said...

Saya slu ngecek pake url, so benar2 deindex

Nggak di ping, sudah hampir lupa dgn namanya ping he... Blogwalking jarang n optimasi biasa saja bahkan mungkin terkesan kurang, onpage aja.

Kalau submit url setelah posting, iya, ke Vlog. Ke Soc-bookmark lain cuma kadang2. Tapi dulu sebelum saya suka submit, kejadiannya tetep sama bang.

Penerjemah Tersumpah said...

Nanya dikit dong, mas...
Kalau kita buat meta tag dan meta description dengan cara diatas, berarti...apa kita gak perlu lagi nambahin meta tag di rancangan template (yang ada edit html itu mas).
Mohon pencerahannya ya mas...makasih sharing bagusnya :)
Kalau sempet mampir ke blog saya juga di http://penerjemahan.blogspot.com

banyaknama said...

udah aku praktekkan semuanya diatas gan, trims sebelumnya.
tanya gan, kalau blog punyaku tuh menurut kamu gimana meta tagnya? soalnya aku merasa ada yang salah jika ditinjau dari poin ke 2 pada "cara mengoptimalkan meta description"

barnawisata said...

ikutan baca gan.. ane masih blogger nubi. ingin nambah ilmu lebih banyak.

Ardhi Dwi Prabowo said...

@Ahmad Gimana mas azmi, saya udah gak sabar nih, tolong ya kirim template agan ke email saya, 4rdhidw1@gmail.com
Terima kasih

DetiK said...

Canggih blog ini yach, baru setahun udah PR 3. pasti pakar seo nih pemiliknya apa karena kontennya yac?

Tips SEO + Blog | PC 123 said...

makasih banyak tipsnya... :) lumayan buat SEO :D

Rezza Indra Rahayu said...

Ternyata Meta Description di setting blog itu fitur yang baru ya, kirain saya udah lama ada, saya coba deh cara penggunaan dan menambahkannya tapi trnyata sebelumnya saya udah menambahkan meta tag deskripsi tersebut. hhe maklum Mas newbieu :P
Terimakasih sudah posting artikel yang bermanfaat ini, sukses selalu dan salam kenal ya Mas.

Gunawan said...

Soal beginian nih yang bikin selalu saya pusing, apalagi kalau tentang ke-SEO-an sebuah blog atau web. Terlepas dari itu semua, tetap saya ingin belajar terus, dan mudah-mudahan disini tempat yang tepat. Terimakasih artikelnya om, berkualitas banget. Salam sukses.

K2 Ichsan said...

Afwan OOT sob, hanya ingin menyampaikan
"Selamat menunaikan shaum Romadhon 1433H"

“Marhaban yaa Ramadhaan Marhaban fii syahril mubaarok wa syahril maghfiroh. Barakallaahu lanaa walakum daaiman bijamii’i khoir. Wal’awfu minkum”

(K2 Ichsan & Family)

dani pratama said...

mas saya agak kurang paham,diatas kata mas azmi katanya "sebaiknya pindahkan saja deskripsi blog ke dalam fitur tersebut," maksud'a di pindahkan itu,apa deskripsi blog yang ada di template di hapus dan di pindahkan ke fitur baru tersebut ? apa yang ada di template juga di biarin aja ?...
klo misalnya di hapus meta deskripsi,terus buat meta keyword'a di hapus juga gk ?
di tunggu jawaban'a mas
Terimakasih :D

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Mas Ichsan:
Selamat menunaikan ibadah puasa juga ya mas... Mohon maaf atas banyak kesalahan selama ini... Terima kasih sudah sudi mampir di blog saya mas, saya yang malah jarang kesana :) Afwan...
@Dani: Iya, pindahkan deskripsi yang lama ke dalam fitur baru itu, lalu dihapus aja meta yang lama, karena toh nanti yang akan dibaca search engine adalah yang baru (override). Untuk yang meta keyword di biarkan, ato dihapus aja karena udah ga penting lagi. Ga punya bobot apapun buat search engine seperti Google dan Bing.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Penerjemah: Halo, sori saya baru baca komentar2 yang di atas, jadi telat blsnya. Tidak perlu lagi, satu2nya meta tags yang diperhitungkan Google/Bing adalah meta description saja, sedangkan meta keywords, author, geo location, copyright, document, dan lain sebagainya tidak diperhatikan lagi, karena sekarang ada snippet2 lain yang lebih canggih daripada sekedar meta tags. Jadi kalo ada anggapan semakin banyak meta tags itu semakin baik, menurut saya itu anggapan keliru. Alih2, meta tags yang terlalu banyak justru membebani head. Saya lebih suka meta deskripsi saja sebagai satu2nya meta tag yang bisa dipakai dan efisien. Di blog lain yang pake hosting sendiri juga sama, terlalu banyak meta tags malah boros elemen head and bandwidth.. :)

Hobeeku said...

oh hanya 150 karakter saja ya yang dipertimbangkan google. ok deh saya coba.

terimakasih mas ilmunya sangat bermanfaat.

Bisma Dewantara said...

wah ada fitur seperti ini di tampilan blogger yang baru. Saya pake nya tampilan yang lama om. Siap mencoba. Thanks infonya mastah

sekalian mau nanya bang. Kan web baru saya di pakein rss grafitti. Twitterfeed dan konek twitter ke fb. Jadi itu kirim beberapa kiriman yang sama setelah update? Yang seperti ini bahaya atau tidak buat SERP?

Harrys lala said...

kalau ini lebih SEO, jd bagaimana dengan meta deskripsi pada template nya mas? apa harus di delete atau biarin aja, tp kalau dibiarin takut jd duplicate content! CMIIW

Ferry Croot said...
This comment has been removed by the author.
Ahmad Khoirul Azmi said...

@Hobeeku: Yup, sama2
@Bisma: Tidak masalah sob, soalnya link2 itu kan memakai redirect atau short url. Bahkan tanpa itu pun tidak masalah, karena itulah fungsi sharing di social media. Search engine sebenarnya tidak memberi beban terlalu besar pada social media dibandingkan dengan link building selain di social media...
@Harrys: Lebih baik dihapus saja, karena toh nanti yang dibaca adalah deskripsi yang baru...

SANG PEMBELAJAR said...

Banyak ilmu di sini...
Saya ijin bookmark Mas Bro...
Mohon bimbingannya...
Salam bLogger

Bisma Dewantara said...

oh gtu ya om. Trimakasih infonya :D

Catatan Aphe said...

jatuh cinta sama blog ini :*
makasih bgt infonya mas,, tulisan di atas sama saja kayak deskripsi dinamis gitu ya mas ? atau beda ?

Ziew said...

Semakin hari fitur blog smakin bertambah,

terimakasih infonya ya mas. :)

Poetra said...

wah wah triks nya jitu banget gan,,langsung bisa ane praktekin nich...

Arif Muqorrobin said...

mantap gan, saya coba dan berhasil, ajiibb dah infonya ......

Tokotua-shop said...

artikel yg sangat luarbiasa pak... udah di terapkan kan hasilnya mantap... mau nanya nih pak kalau cara membuat meta kita terletak di depan dari judul blog pada saat pencarian itu gmn pak.. contohnya seperti ini pak : Tips Trik Blogger & SEO Blogspot Original | Buka(n) Rahasia Lagi!

Terima kasih )

hichall said...

mas,,,, sangat jelas dan mudah dipahami,,, ada satu pertanyaan lagi nih mas,, kalo cara menambahkan enclosure links dibawah location itu bagaimana ya ???? an fungsinya untuk apa.... maksaih ya mas

Darmawan Saputra said...

mantap deh mas..

oh iya saya sekalian tanya,,,
kok diblog saya terkadang kadang menjadi default sendiri (custom robot, description, dll)

maksudnya gini mas , saya sudah setting custom robot, description, dll di Preferensi penelusuran .
itu kok terkadang jadi default (hilang)

mohon bantuannya ya mas

BanyakNama.com said...

kalo postingan sebelumnya yang belum menggunakan meta descrption ini apakah gpp gan?

My Laboratorium said...

Wah...mantap nih tipsnya om Azmi.Walaupun hal tersebut terlihat sederhana,tetapi bila lebih dioptimalkan lagi jadinya hasilnya luar biasa deh.Terimakasih om Azmi atas bantuannya :)

mochlas said...

thanks boss infonya,, langsung saya praktekkan hehehe

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Tokotua-shop: Mungkin maksud anda mengubah susunan isi title tag? silahkan simak langsung tutorialnya:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/ubahtempatkan-judul-posting-di-depan.html

@Hichall: Enclusure link adalah link sumber dari artikel blog lain yang kita publish lagi. Kalo dari fitur "blog this" yang ada di navbar blogger (yang biasanya disembunyikan itu) enclosure link otomatis terisi. Enclosure link ada pada judul artikel di halaman artikel. Jadi link bukan ke halaman yang sama, tapi langsung menuju sumber artikel.

@Darmawan: Apakah sudah dipastikan pilih "enable" dan klik "save changes?"

@BanyakNama: Tidak masalah, atau kalo mau ditambahkan tinggal lewat edit posting aja :)

@MyLab n mochlas: Thanks sobat, sukses terus buat blog dan SEO nya. :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Catatan Aphe: Terima kasih, sobat. :) Iya itu yang saya maksud dengan trik atau hack meta deskripsi pada blogger yang udah dulu banget. Sekarang tidak perlu lagi.

misteruban said...

itu misalnya setingan meta yang lama gak dihapus ngaruh gak mas kira2?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Saya kira tidak.. tapi yang jelas akan tertindih oleh yang baru... jadi yang lama udah tidak berguna lagi. oya, yang saya maksud adalah META DESCRIPTION ya, jadi kalo meta tags lainnya saya kira tetap akan utuh dan tetap terbaca, meskipun sebenarnya sudah tidak penting bagi search engine, khususnya meta keyword.

Darmawan Saputra said...

@Mas Ahmad : sudah mas.
Tapi selang beberapa hari jadi kosong (description,robot)

contohnya : saya sudah isi "robot.txt" pasti akan jadi "[Diaktifkan]" trus selang beberapa minggu jadi "[dinonaktifkan]"

asuransitip said...

wah keren sekali.........bisa juara 1 di google nih

zank maxim said...

postingannya top gan... btw ini teknik baru n gw tahu dari ads-id

sanford batam said...

Wah tq berat mas, selama ini punya saya saya biarkan apa adanya karena ndak tau fungsinya. Infonya bermanfaat sekali. Kalo boleh teruskan masalah robots.txt khusus dan Tag header robot khusus mas karena inipun status masih dinonaktifkan. Sekali lagi terimakasih banyak buat info-infonya.

Informasi Berita said...

ok gan Bookmark doloe,,,

Ichsan Afriadi said...

Assalamualaikum mas Ahmad.

Saya boleh tanya?

Saya sudah mengikuti langkah 'meta description' yang mas anjurkan, namun malah yang ada description saya tak di index google.

Coba mas search dengan keyword 'Ichsan Afriadi', yang di index malah tulisan yang ada di posting, bukan 'meta description' yang telah saya pasang.

Maaf ya mas, jika terganggu dengan pertanyaan ini. Terima kasih, ditunggu balasannya :)

KAPAK Comunity said...

bgus bgts nch, buat yg bru bljr kyk ane......

Ahmad Khoirul Azmi said...

@ Ichsan: coba dikonfigurasikan lagi.. dan ini poin pentingnya:
Apakah anda menghapus meta deskripsi lama, dan ada jarak dengan ketika anda memasang meta deskripsi baru? Jika iya, berarti ada jeda dimana meta deskripsi anda kosong, sehingga Google kemudian menganggapnya sebagai perubahan indeks. Kemudian dia akan mengambil deskripsi terdekat di posting. Setelah ditambah meta deskripsi lagi, berarti ada perubahan lagi, dan Google butuh waktu untuk mengupdate lagi. Ditunggu saja.
Seperti yang sudah dicontohkan pada posting, semua normal, tidak ada masalah, bahkan cara di atas juga bukan hack. Karena semua menggunakan fitur yang sudah ada. Hasilnya pun juga jelas, saya sertakan contoh hasil indeks meta deskripsinya. Jadi jelas tidak ada yang salah dengan cara di atas.

Gurwinder Singh said...

Thanks 4 this.. i always wanted this for my blog InfozGuide

Ichsan Afriadi said...

Terima kasih banyak mas Ahmad, iya saya mengganti deskripsinya. Saya gak menyalahkan artikel mas kok :)
Saya ingin bertanya saja, soalnya blog ini muncul terus di page one google, lalu saya mencoba artikel yang disarankan di atas, namun dengan cara merubah deskripsi, hehe... Maaf ya mas!
Berarti tunggu update google ya? Alhamdulillah.

Sekali lagi, terima kasih ya MAStah.

Simple tips for you said...

mas,mau nanya. saya udah utak-atik bagian meta deskripsi tp knp duplikat deskripsinya jd banyak bgt yah?

WargasNetworks said...

Terimakasih infonya gan

melia168 said...

Mas..blognya informative banget yaa..sekalian bersodaqoh nich..mhn info gimana caranya artikel lama bisa ke indeks lagi di mesin pencarian, n ada ga' solusi supaya artikel dari blog url lama tdk terindeks lagi. Trims. smoga barokah

Guru Pantura said...

Ooowwwhh... baru tahu kalo di dashbord blogger ada menu setting meta deskripsi :)
Dari dulu pakenya meta yang manual.
Terima kasih infonya Kang...

Dollar Gratis Disini said...

nice info bos...
mau share info ya... Bisnis Online Gratis coba aja di sini

Cara Membesarkan said...

makasih atas panduan anda ,

nonaventa said...

om saya baca di atas katanya meta diskripsi sebisa mungkin natural, dan menggunakan bahasa merayu agar pengunjung mngklik blog kita,,,ini saya setuju

cuma, klw kita cek ke meta checker kadang kurang bagus hasilnya, kadang klw kita rubah diskripsi
judul | blog titel, malah ok
jadi bimbang -_-

trus klw yg saya amati juga,,buat kontestan seo contoh yama*a murah itu lo

rata2 yg nongkrong di atas pake meta yg baku buat diskripsi maupun keywordnya
judul artikel, title blog = diskripsi
judul artikel, title blog = keyword

nah itu malah bagus di search google pd di atas semau, apa karena kuatnya backlink ya om??

mohon penjelasannya om,,sy masih aga abu2 nih
makasih

harvan said...

langsung ke TKP....

Belanja Online said...

Sangat inspiratif tutorialnya Gan... nggak kepikiran nyampek sana soalnya hehehe.. thanks Gan..

Mas Wakting said...

ajib gan artikelnya, saya mo coba lain waktu, btw buat rekan" blogger pemula seperti saya yang lagi sibuk nyari template blogspot yang mobile version, silahkan berkunjung ke blog saya, rekan' bisa cobain template mobile version karya saya...

thank buat mas azmi...

oloan said...

Trims, ini informasi yang sangat berharga, coba akan saya terapkan...

Samehadaku said...

kalau meta descrp yang di template katanya ditinggalkan, berarti dihapus ya mas maksudnya?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Ya hapus saja meta description tag yang lama

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Nonaventa: Saya paling tidak bisa percaya dengan SEO tools. Karena kebanyakan sudah kuno dan hanya bertumpu pada kepadatan keyword, yang sekarang sama sekali sudah tidak relevan. Soal, kontes SEO, apakah ada value di dalam posting-posting tersebut? Maaf, tapi saya pikir tidak ada. Berapa banyak orang yang mencari artikel-artikel di dalam kontes SEO? Tidak ada, kecuali yang ikut kontes itu sendiri. Di atas, saya berbicara mengenai meta description posting/artikel normal, yang memang ditujukan untuk meraih pembaca.
Ya memang, bisa dipastikan kekuatan terbesarnya ada pada backlink, bukan keyword. Karena kebanyakan menerapkan cara pembuatan meta deskripsi dan title yang sama. Jadi bukan pada keywordnya

Ska Blogger said...

mas mau tanya, kenapa description saya gak muncul. Malah muncul linknya doank T_T
padahal udah melalui prosedur diatas..

check it : http://2.bp.blogspot.com/-hugw2GTPw8Q/UChBQzmh3SI/AAAAAAAAAfI/HwY4MpBq65g/s1600/decription_error.jpg

Ariansyah Nusantara said...

Nice Posting

View http://catatan-ariansyah.blogspot.com

zulham said...

fitur ini memang begitu sangat berguna,terbukti beberapa artikel aku dapat bertengger dihalaman awal gooogle sekalipun bukan di no satu,..hehehe,oh iya cara penyajian mas azmi tentang seo begitu menarik,aku memberi inspirasi buatku untuk juga memberikan yang terbaik kepada pembaca aku,aku memberi aplus pada penggunaan bahasa yang baik,karena jarang ada blogger yang mau menggunakan bahasa yang baku dan baik,makasih mas azmi,kapan2 aku mampir lagi,oh iya kalau bisa mampirlah ke blog aku dan berilah nasehat disana,...pleas,....

A Long Visit aka My Mom Korean Movie said...

fitur terbaru google yang memudahkan para blogger untuk menjadi yang terbaik di antara platform yang lain :)

Bisnis Online Terdasyat said...

Tulisan yang sangat bermanfaat bagi blogger newbie seperti saya, ditunggu updatenya bang.

Septia Mujizat said...

Makasih gan tipsnya, sekarang ane bisa lebih men-SEO-kan blog ane. Salam kenal ya gan... :D

yadi supriadi said...

wah langsung di coba sob... makasi gan atas artikelnya sangat bermanfaat buat saya //

Minie Game said...

Langsung aku coba ya caranya

sourcenya-pc said...

makasih infonya nanti akan ane coba pasang di blog ane mudah2n berhasil

bloggers info said...

Kalo depcripsi blog di kosongin dan hanya pake metra depcripsi bisa ngga ,mohon di bales yahh

Achmad Rifai said...

wahhh selama ini ternyata ada cara mengoptimalkan description yg lebih mudah yahh !!
makasih banyak ni infonya ...

Aldif said...

makasih Om, tapi kalo untuk meta descirption secara otomatis kah ini Om.?

eggi said...

hmmm.. baru tau saya.. skrng dah bagus yap udah ada seperti itu.. lumayan banget membanntu dalam SEO..

bolehlah ganti versi dulu nih.. soalnya masih nyaman versi old..

Junaidi Sharez said...

Salam kenal gan :)
postingannya bermanfaat semua

Supri yadi said...

salam kenal.

budi setiawan said...

Mantap gan blogger sekarang :)

jangan lupa visit back ya


http://bandbali-lirik.blogspot.com

xamthoneplus said...

makasih banyak,semoga sukses

EggY Hendriyawan said...

gann mau tanya nihh ane kan udah coba tapi gagal terus selalu muncul tulisan
Must be at most 150 characters
apa yang salah padahla tidak lebih dari itu maksihhh

Game-Online said...

mas mau tanya bagaimana membuat tulisan kalau disorot ada penjelasannya tolong pencerahannya thanks oh iya kapan-kapan kalau sempat silakan berkunjung ke blog saya
disini http://onlinegames-game-online.blogspot.com/

dhanzkidz said...

udah di coba.. :D makasih infonya

Cut Info said...

maaf saya mau tanya, apa benar meta keyword sekarang sudah tidak diperdulikan google?

twp20.blogspot.com said...

nice info....mau dicoba dulu tipsnya
titip lapak dulu mas http://twp20.blogspot.com

rico ade mandana said...

saya baru tahu mas kalo0 ternyata meta keyword sudah tidak berlaku lagi bagi google..tapi kalo boleh tahu saya mau membaca artikel mengenai pernyataan itu, mas punya gak?? terimakasih sebelumnya.sukses selau buat mas azmi

Bisnis Online said...

wah, buset...saya baru tau hr ini klu ada fitur blogspot yg seperti ini..hehe
TQ masbro :D

oyo sukarya said...

thx mas atas infonya,tlg infokan cara taruh pagerank,salam sukses

Jasa Keren said...

nice info gan :-D salam kenal dari Jasa keren :-D

teknobana said...

Nah, tutorial seperti ini yang saya cari sob.. soalnya dah terbiasa pake WP.. thanks sudah berbagi

Uang Gratis said...

Thanks Gan tipsnya, saya mau tanya neh.. Kalau yang udah pasang manuat Meta Tag trus pindah ke Meta Blogger baru ini bakal pengaruh ke SERP blog yang sudah ada gak Gan? Soalnya ngeri juga kalau harus terjun bebas SERP nya hehe.. Mohon bimbingannya :)

Thanks Gan sebelumnya, salam.

Agust Prabowo said...

Tips SEO yang bikin terperangah: maklum baru belajar; sangat informatif dan berguna. So trimakasih banget. Saya terus mengikuti ilmu-ilmu "BUKA-RAHASIA.blogspot.com"

RISALAHATI™ said...

berkunjung, salam kenal

Mohammad Yusuf said...

Assalamualaikum.wr.wb...Sejak awal saya belajar nge-blog, posting anda banyak membantu saya dalam memberi berbagai pencerahan. Trimkasih atas tutorial2-nya ...

andar said...

yuhuuu...manteb infonya, sudah saya praktekan nih langsung!!!

kadir said...

Tips SEO yang oke punya nih bg gw yg newbie hehehehehe langsung praktekkkkkkk

laskar awan said...

numpang baca.salam

Konveksi Semarang Moko said...

Thx Gan...
Sangat membantu saya yg br belajar (mudah di pahami n go action)

Jeff Anderson said...

wah berguna banget mas !!
website bisnis online saya jadi bisa naik di halaman gogle !!
http://peluangbisnisonline88.blogspot.com/

iqbal said...

makasih gan !
sangat bermanfaat bwat yg lagi belajar blog ky ane

Tabloid IT said...

Artikelnya menarik..
ini artikel yg saya cari,, Terimakasih untuk admin :)
mampir sini dong..

http://tabloidit.blogspot.com/search/label/BackTrack

Tabloidnya Orang IT :)

wahyu hadianto said...

i like it.....
buat praktek nih.......

DUNIA BOLA said...

makasih info nya ....mohon bimbingan nya

http://duniafoot.blogspot.com/

tubankita said...

lengkap banget tutornya

hampir mirip sperti di WP deskripsi keyword di SEO all in one ya?

Artikel Menarik said...

mantap boz, makash boz infonya.salam

Wen said...

Selama saya ngeblog, jarang perhatikan meta desription, kadang saya tulis saja 1-2 kalimat. Dengan penjelasan ini, ternyata meta description sangat pengaruh ya, saya mau pelajari lagi. Terima kasih infonya, and salam kenal

kitoma said...

Makasih infonya gan...sangat membantu nih.

Berita said...

thanks gan tipsnya, mungkin dengan demikian blog saya dapat lebih optimal di mesin pencari, :)
Download APK Software
Paint

Ridhwan said...

Ini yang saya cari dari sekian lama, terimakasih ya bang.. Semangat Blogging yaa :D..

Bisnis Waralaba said...

Terima kasih tutorialnya, saya sudah bisa

Kopimanies said...

saya sudah terapkan di blogsaya semoga bisa membuat blog saya menjadi lebih di kenal sama mbah google.

untuk di edit html, supaya blog kita cepat dibaca oleh google apa yang harus kita lalukan atau tambahin skripnya ? terima kasih

Cara Meninggikan Badan Secara Alami | Cara Mengecilkan Perut Secara Alami

Andre Kocak said...

Keren nih, kunjungi saya juga ya di sini

C3C3P said...

terimakasih udah share artikel nya,dan saya tunggu artikel terbaru nya,,,,:)

Sigit Pratomo said...

Biar ada bintang 5 nya gimana?

DewataNote said...

thanks gan info nya...

Anto Ramana said...

artikelnya sangat membantu sekali...
terimakasih sob.

apu garut said...

tutorials mantap om...

virtue said...

mantab nih ilmunya.. blog saya http://sahamku.blogspot.com udah gak keurus lagi nih.. males banget ngurusinnya..

Admin said...

Thx infonya... langsung dipraktekkan nih, buat deskripsi di singel post...

Nomor Cantik said...

Mas bro gimana ya cara bikin biar tampilan di google bisa spt punya situ, maksudnya ada judul postingan dan dibawahnya ada link judul yg lain..thx sebelumnya

Ahmad Khoirul Azmi said...

Itu namanya adalah Google sitelinks. Simak disini untuk ulasan dan tips nya: http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/10/google-sitelinks-apa-cara-mendapatkan.html

Nomor Cantik said...

siapp mas bro...thx ya

Habib Ismail said...

meta deskripsi dan keyword lama yg terlanjur saya masukkan via html secara manual dulu itu apa perlu dihapus mas? atau dibiarkan saja mas? nggak usah dihapus? bingung nih...

yarham said...

Saya udah coba bro, tp blm berhasil, ntar deh ane coba lagi :D

Muhammad Ali said...

artikel yang sangat menarik, ntar dicoba praktekkan di http://semangatinspirasi.blogspot.com tp sebagian besar sich uda dijalankan....

Orbansyah Md said...

Maaf Gan
mohon solusi....
Ketika searching di pencarian google tentang artikel yg ada di blog ada tulisan :

A description for this result is not available because of this site's robots.txt

biasanya yg muncul tentang artikel saya berikut foto dari google plus

terima kasih

Nomor Cantik said...

5 november saya komen disini, sy bersyukur 3hari yg lalu sy dapat hadiah ranking 1 dr mbah google...mas bro ahmad thx u

deny_a said...

info bagus kang sangat berbobot artikelnya, terima kasih

Minato Hienzo said...

maaf nih mas kalo OOT ..
tolong buatin tutorial tentang mengatasi warning di snippets testing dong :D

Pekalongan Cyber4rt said...

Info nya mnataaab masbro ...
Cocok buat blog Pekalongan Cyber4rt , jngan lupa support nya yang gan =)

nasrul setiawan said...

mantap banget,,
mksh bnyk gan, setelah sekian lama mencari..

Multi Info said...

Berarti kode meta deskripsi yang di html ga perlu lg ya mas??

Agus Sriyana said...

bos mau nanya, apa meta diskripsi singgel pos nanti jg muncul di snipet search kaya met diskrips blog gk ? terus kalau smua post di blog met diskrpsi nya sama gimana ? contoh, blog mengulas hp, smua post met diskrps nya "handphone baru" ? itu mubazir atau gimana ?

bloger-inside said...

mantep bos,
malah baru tau saya
tengktu infonya bos

blogermie.com said...

Mas choirul, mau tanya mengenai tag header khusus waktu kita menyetelnyaa pada menu Dasbord Blogger» Prefensi penelusuran» Aktifkan tag header khusus, Untuk Default untuk Pos dan Laman itu seharusnya default bukan?

Nah, yang dimaksudkan default disini apakah tag All sudah mencakup itu semua mas, coz saya masih bingung dengan deskripsi yang saya lihat di webmaster tool. Itu saja mas, trima ksih :).

Terkadang banyak kesimpang siuran, sementara ini saya tidak mencentang semuanya. Takutnya nggak keindeks

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Agus: meta deskripsi harus berbeda-beda setiap halaman. jika tidak akan menyebabkan duplikasi meta deskripsi dan akibatnya tidak baik buat SEO.

@blogermie: Harap diingat blogger sudah punya robots.txt, sehingga harus memprioritaskan penggunaan itu. Tapi karena robots.txt belum sepenuhnya berhasil untuk digunakan pada custom domain, maka digunakanlah meta robots, nah sesuai dengan konten dalam robots.txt secara default, anda harus mengecualikan halaman label agar tidak diindeks google karena bisa menyebabkan duplikasi.

Agus Sriyana said...

ok om tnks, mau tnya lg he he ... apa bener template asli bloger sudah di lengkapi dengan rel=canonical bawaan ? tnks lagi om

Ahmad Khoirul Azmi said...

Ya benar. Sudah ada rel canonicalnya. Meskipun www tidak diredirect ke www secara otomatis, namun template bawaan dan beberapa template custom lainnya sudah disisipi canonical relationship/

Agus Sriyana said...

ya om makasih

infosaja.com said...

Masih bingung mau menggunakan meta tag yang mana karena saya lihat beda-beda dikit versinya Mas.

shinta beauty said...

baru kali ni gan ane nemuin setting description tuk tiap pos entri...mksh banget gan...

Rajawali Asia said...

terimakasih banyak ilmunya kawan sepertinya akan menjadi sangat bermanfaat untuk saya,,,
salam semangat dari saya blogger baru,,
mohon bimbingannya..

ini-aku-kawan said...

Makasih Info nya Mas bro... Blog yang Bagus

dudi-suswandi.blogspot.com said...

ini baru postingan yang jenius ..thanks

Yogie G. Kurniawan said...

wah ini dia yang saya cari2 sob. thanks sob ^^

Diva Metal said...

yah ini mau coba ah....
http://www.divametalinterior.com/

abidin76 said...

Waaaah ternyata begitu ea...lumayan makin nambah ilmunya...makasih ea gan !!!

Muhammad Faiq said...

kok di blog saya http://penelitiantindakankelas.blogspot.com gak ada pilihan Meta Tags > Description ya? mohon bantuannya, Mas.

Yohooho said...

Mohon pencerahannya suhu..
soal meta deskripsi unik pada masing-masing halaman posting. Yang menggunakan Search Description.
1. Apabila kita sudah memiliki banyak artikel . Apakah kita harus menuliskan meta deskripsi unik satu persatu pada setiap artikel ??
2. Untuk penulisan dalam search description bagaimana ? Apakah harus sama dengan judul artikel atau bebas memilih keywordnya ?

Ini website saya www.yohooho.com
Terima Kasih.

YUSUF ALFIANI said...

Bagus postingnya.bermanfaat untuk saya yang berlatih membuat blog.

salam sukses
yusuf
www.pasutriharmonis.com

Dedic Ahmad said...

sekarang sudah ada settingan meta deskripsi yang kayak gini , jadi enak ga usah ngedit html segala

Triplus said...

jadi ga perlu masukkin kode html dong yah

Garda Pengetahuan said...

fungasinya meta description apa gan?

Deni Koswara said...

Hebat nich master yang satu ini.
pak kabar mas Ahmad?
Mohon pencerahannya Mas,gimana prbaikan MISSING TITLE TAGS,karena untuk penyempurnaan HTML masalah TAG JUDUL YANG HILANG 110 item bercokol di di blog-ku,yang lainnya nihil.mhn jawab ya mas.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Yohooho: Ka;o sudah terlanjur banyak, saya kira tidak diberi tidak masalah, saya memiliki banyak artikel lama sebelum kehadiran fitur ini, dan saya tidak menambahkan meta deskripsi sama sekali. Google akan mengambil konten sebagai snippets. Lagipula, snippet deskripsi yang ditampilkan google tergantung query, jadi lebih sering isi post yang ditampilkan. Cuma, yang artikel2 yang baru atau mau dibuat, gunakan fitur ini untuk memaksimalkan lagi.
Isi deskripsi harus dengan kalimat jelas, tidak seperti judul, dan dapat dibaca mata manusia sebagai deskripsi yang benar-benar menjelaskan. Sisipkan keyword penting, tapi jangan diulang2.

@Deni: Kabar baik, :)
Saya perlu tahu dulu jenis halaman apa yang missing title-nya? Saya juga perlu tahu susunan meta dan title tag di blog anda

Ferdi said...

keren ilmunya om...makasih banyak

Bang Tomat said...

Terima kasih om ilmunya, sangat bermanfaat bagi para blogger.
http://bang-tomat.blogspot.com/

apaadanya dong said...

wah, banyak ilmu di sini ya mas Ahmad, saya pendatang baru di dunia blog. banyak istilah saya temukan di sini, ada yang paham dan ada yang belum paham. tp minimal saya dengar dulu atau baca dulu, suatu hari pasti paham. nah postingan mas Ahmad yang ini saya baca lengkap se-komen2nya dari awal sampai akhir, hmm,, :) ,, mohon bimbingannya mas Ahmad, :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Apaadanya:
Hai, selamat datang di dunia Blogging. Semoga betah dan bisa sukses :). Silahkan aja diubek-ubek artikel-artikel saya, terutama yang lama-lama, karena yang basic ada di posting-posting lama. Jika ada yang mau ditanyakan silahkan kontak lewat FB atau contacr form.

Blog Bandaro said...

Mantab banget artikel ini mas, saya baru tau sekarang seberapa pentingnya meta tag pada sebuag blogger..

Makasih Mas..

apaadanya dong said...

amin, ya akan saya ubek2 sampai keruh, hehe
makasih sebelumnya, masih butuh banyak belajar nih,
salam

onijuzu said...

mas tempatku kok gak muncul ya?? search deskripsinya?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Maksudnya tidak muncul bagaimana?

Ipin Cace said...

tanks juragan weh nambah ilmu bangaet emang ini yang ane cari
dari dulu baru ketemu di sini

goez ini said...

Mas azmi, pengen nanya ne :

1. Dengan fitur tersebut (tanpa meta deskripsi di HTML)..setelah di cek melalui tool SEO, meta-nya koq tidak terdeteksi/dianggap tidak ada. Gimana penjelasannya...

2. Untuk meta deskripsi di setiap posting, apakah tidak ada penambahan kode HTML tertentu pada template alias cukup hanya dengan mengaktifkan meta deskripsi seperti langkah di atas ?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Goez:
1. Memang beberapa tool tidak bisa mendeteksi, karena itu digenerate dari javascript pada awalnya, tapi pada search engine dan browser terbaca. Untuk melihat gunakan fungsi page source/view source dari browser.
2. Ya, tidak perlu lagi menambahkan meta tag deksripsi di dalam template.

Muhammad Nurkholis said...

Gan ane udh menerapkan trik di atas pada blog ane.yg ingin ane tanyakan,kenapa script ane hilang setelah menerapkan trik di atas?
script yg hilang share button&related post.
knp kira2 gan?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Kasus ini jarang terjadi, tapi juga pernah menimpa saya. Saya pernah kehilangan setting redirect setelah melakukan edit meta deskripsi. Ini jelas bug pada Blogger, sebenarnya sudah pernah dikomplainkan banyak orang, tapi belum ada solusinya. Sebaiknya lakukan backup sebelum melakukan setting apapun.

Miftah Farid said...

Mas Maksunya ini : Bagi sobat yang dulu pernah menambahkan meta description melalui template Blog (menambahkan tag meta description secara manual), sebaiknya pindahkan saja deskripsi blog ke dalam fitur tersebut, karena akan ada fitur yang lebih hebat lagi jika sobat mengaktifkan fitur meta tags melalui settings di dashboard.


Artinya Meta Tag dalam kode HTML itu dihapus atau cukup tambahkan lagi meta tag pada bagian dashboard ???


terimakasih banyaaak

Ahmad Khoirul Azmi said...

@miftah: ya, hapus. lalu gunakan/pindah isi meta deskripsi tersebut ke dalam fitur deskripsi di halaman setting Blogger. Kalo tidak dihapus, meta deskripsi akan dobel, dan kemungkinan beberapa search engine akan membaca yang lama saja. Oleh karena itu perlu dipindah. Kalo fitur deskripsi Blogger ini diaktifkan, maka fitur meta deskripsi di masing-masing posting juga akan ikut aktif.

Yudhistira Mawardi said...

jadi kita nggk perlu meta tag bawaan template ya mas?
itu kan cuman meta description, bagai mana dengan meta yang lain?
masih diperlukan nggk mas? btw terima kasih

Ahmad Khoirul Azmi said...

Meta tag yang lain opsional, karena Google sudah tidak memberikan value lagi, kalau mau tambahkan berarti sama kaya cara lama, lewat edit HTML.

kevin herivo said...

makasih gan atas infonya, tapi saya waktu mau coba kok adatulisan hati-hati saat mengedit, salah-salah blog anda tidak terdeteksi oleh google.. mohon bantuanya..

http://kevinherivo.blogspot.com/

Ahmad Khoirul Azmi said...

Hai, itu warning khusus untuk meta robot dan robots.txt, dan tidak ada kaitan dengan meta description.

Fajar Adi said...

Hampir setahun ane ngeblog, ternyata post blog bisa dikasih meta description :D
Terima kasih infonya :D

http://www.moshiii.net/

Anon Ind said...

Sangat Bermanfaat om, mohon kunjungannya ya om :D

agus wiyanto said...

Wah..... makasih banyak nich mas, saya sebenarnya masih baru di web/blog. saat ini saya baru daftar blog/web gratis di idhostinger sekarang saya cms dari joomla malah sekarang saya bingung mau mulai dari mana ? sebenarnya saya juga punya blog di blogger tapi kok kali di cari di google urutan halamannya jauh sekali, jadi saya malas meneruskan baru sekarang saya tau saya bisa pakai yg namanya meta ini maklum mas GAPTEK. awalnya tdk ada rencana untuk membuat blog atau rencana membuat bisnis di internet. tapi sekarang ada karena tidak jauh di lokasi saya ada panti asuhan yang sangat membutuhkan dana jadi saya pikir cari dana untuk membantu dengan menciptakan bisnis online tapi sayangnya sudah 1/2 tahun saya belajar bukannya semakin pintar tapi jadi bingung. jadi kalau mas atau pembaca lainnya bisa bantu saya tentang cara membuat blog/web untuk bisnis online silahkan email saya ke www.a.wiyanto@yahoo.co.id saya sangat berterima kasih bila ada yg mau bantu dan secara tidak langsung anda juga telah membantu/amal pada fakir miskin karena bila web bisnis tersebut sudah aktif sebagian keuntungannya akan diberikan ke fakir miskin dan sebagian lagi untuk beaya operasional. jadi silahkan siapapun silahkan email saya, makasih

agus wiyanto said...

setelah beberapa hari lalu saya berkunjung ke blog anda, saya pikir ada baiknya saya belajar membuat blog lagi dan saya kembali ke blog saya yang telah saya tinggalkan 3 bulan lalu. dan saya coba mengingkuti cara yang ada di blog anda dan saya bisa mempraktekannya. benar-benar mantap artikelnya sangat terperinci sehingga saya sbg pemula bisa mengikutinya. tapi saya ada kekhawatiran nich mas. saya minta sarannya, saya sbg pemula dalam membuat blog dan tanpa pengetahuan apapun, sebaiknya saya mulai membaca artikel mas yang mana fulu ya? tolong sarannya, makasih ya mas

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Agus: Saya mungkin tidak bisa memberikan kontribusi banyak selain memberikan masukan-masukan dan tips.

Untuk masalah memulai kembali blog anda, saya sarankan untuk mulai dari sini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/07/tips-membuat-dan-membangun-blog-secara.html

kemudian gunakan referensi-referensi penulisan artikel di sini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/p/kumpulan-tips-menulis-artikel-blog-buka_27.html

anak bunda said...

baru kali ini saya benar-benar mengerti bagaimana cara mengisi meta tag yang baik.
terimakasih

Alfian Tansil said...

trims pak, sangat bermanfaat untuk kemajuan blog saya.

Deden Rachman said...

Dasyat Infonya

Lintas Line said...

terima kasih atas informasinya sobat, saya sudah melakukan sesuai tutorial diatas. semoga blog lebih menjadi SEO dalam waktu yang singkat. amiin
salam sukses

taorent said...

wah jalan jalan ilmu SEO blogspot nemu blog ini. informatif sekali bung. nemu banyak ilmu buat blog saya yang baru. silakan mampir di www.vinisia.com

mas trie said...

Baru tahu masalah meta description sangat penting, makanya akan saya edit semua postingan blog saya. makasih infonya masbro..

martin sadi said...

trimakasih banyak atas informasinya, artikelnya sangat bagus sekali, sekarang saya jadi tau tentang apa itu meta description, sekali lagi trimakasih banyak.
salam sukses

Kreasi Master said...

Nice Gan artikelnya . . .
Super Sekali . . .
Mudah dimengerti . . .

Raden Kabayan said...

nice impo gan,,,
sekalian tanya lo ada tulisan" A description for this result is not available because of this site's robots.txt – learn more" pas di cari di google kenapa yaaahh?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Itu artinya halaman itu di block agar tidak diindeks oleh Google (SE). Kalo itu halaman label, memang sebaiknya begitu, sebab halaman label yang terindeks akan bikin duplikasi deskripsi. Biarkan saja, nanti lama2 halaman label akan hilang dengan sendirinya dari indeks.
http://buka-rahasia.blogspot.com/2012/04/pengenalan-custom-robotstxt-blogger.html
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/06/cara-membuat-label-blogger-nofollow.html

kubus said...

artikel sperti ini yang saya cari, akhirnya ketemu juga. makasih ilmu blognya :)

lifenectars said...

cara pembuatan meta seo di blogger yang paling sesuai untuk saya gunakan. Mempermudah cara dan lebih spesifik. Kerja keras penulis menampilkan di posting ini sangat bagus..

Hadi Syah said...

Terima Kasih mas
Langsung Coba nih

Amaluddin Nasution said...

thanks bg infonya, mohon pencerahannya bg kenapa ya setelah saya aktifin meta descriptionnya dan udh berhasil, tapi setiap postingan yg saya isi desckripsinya, related post nya mala gak muncul di halaman posting, sedangkan yang gak saya kasih deskripsi related postnya tetap muncul. mohon bantuannya. udah bingung otak/atik template.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap