Download Software dan Games Full Version Gratis Terbaru 2014

Tips Menulis Artikel Blog Berkualitas dan Penuh Ide

tips menulis artikel blog
Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan pesan pribadi di Facebook dari seorang sobat Blogger. Begini isinya:
Gimana biar postingan kita itu bisa panjang dan berisi kaya di blog agan rata-rata di blog agan postingannya panjang panjang dan emang harus semua di baca karena itu informasi penting, nah gimana tipsnya gitu biar kalimatnya itu banyak, saya selalu kehabisan ide kalo buat postingan ?
Karena butuh jawaban yg begitu panjang, saya berjanji untuk membalasnya melalui sebuah posting blog. Hmmmm... pertanyaan tersebut sangat bagus; butuh pemikiran ekstra untuk menjawab karena tidak gampang menjawabnya. :) Tapi saya akan coba jawab dan uraikan di sini dan semoga sobat-sobat mendapatkan poinnya dan ada manfaat yg bisa diambil.

Menulis itu seperti berbicara. Bedanya ini lewat tulisan dan bukan suara. Maka menulis sebenarnya bisa dilekatkan dengan orang yang suka bicara, meskipun tidak selalu. Tetapi rata-rata orang yang suka berbicara, berdiskusi, bertukar ide, bahkan berdebat pasti suka menulis karena begitu banyak ide, pemikiran, pengetahuan, dan pengalaman yang pengen dituangkan. Jadi, konsep menulis bisa diberi satu garis bawah, yaitu Menuangkan ide/gagasan, ilmu, atau pengalaman (dan perasaan) dalam bentuk tulisan. Bahkan seorang penulis karya fiksi pun tidak bisa lepas dari yang namanya ide, pengetahuan, dan pengalaman itu sendiri meskipun karyanya tidak berbicara tentang hal faktual. 
Jika anda dapat berbicara lancar ketika menyampaikan sesuatu, misalnya ketika berpidato atau presentasi, itu karena isi/materi telah terkuasai dan tersusun dengan baik. Demikian pula halnya dengan menulis.
Menulis adalah aktivitas yang disengaja, meski mungkin saja lahir dari kondisi yang tidak disengaja (misalnya sedih ditinggal pacar, lalu tiba-tiba pengen nulis puisi... sedih hiks...). Karena disengaja (disadari), menulis merupakan aktivitas yang butuh niat alias kemauan. Kemauan tidak bisa muncul utuh kalau dipaksakan. Maka menulis adalah kesukaan. Apapun yang dilakukan dengan rasa senang pasti enak, mengalir gitu aja tanpa beban...

Apa poinnya? Sebelum saya menjawab dengan tips-tips menulis artikel berkualitas, perlu diketahui bahwa apa yang nanti disampaikan mungkin tidak akan berefek apa pun jika tidak di dahului dengan niat -keinginan- untuk menulis/membuat tulisan seperti yang telah disampaikan di atas. Jika sobat pengen ngeblog tanpa menulis, maka seperti garam tanpa lautan, eh terbalik, maksudnya lautan tanpa garam. Jadinya ya air tawar. Sah-sah saja, tapi selamanya akan seperti itu-itu aja. Lempeng. Lengang. Sepi. Lama-lama bosan sendiri.

Kembali ke "menulis tanpa kehabisan ide". Kehabisan ide? Dari yg saya tangkap pada pertanyaan di atas, mungkin maksudnya adalah ketika menulis, sedikit sekali yang bisa dituangkan, sehingga yang tertulis pun sedikit karena mentok; tidak tahu lagi apa yang harus dituliskan. Hal ini disebabkan karena beberapa hal, diantaranya: belum matangnya poin-poin yang hendak disampaikan, kurangnya informasi, dan jenuh. Jenuh? Iya, otak yang sudah jenuh tidak akan menghasilkan apa-apa kalau dipaksa bekerja.

Nah, untuk membuat tulisan yang sobat anggap layak, berkualitas, serta penuh dengan ide (padat), ada beberapa tips yang bisa saya sarankan. Perlu diperhatikan bahwa tips-tips berikut jangan serta merta dianggap sebagai faktor teknis, karena jika dilakukan sebagai teknis semata justru dapat menghilangkan esensinya.

1. Sebelum menulis, lakukan persiapan-persiapan terlebih dahulu, baik materi tulisan maupun fisik. Materi tulisan berasal dari ide mengenai topik tertentu. Cari ide, "Hari ini saya pengen menulis tentang apa ya?" "Apa yang bisa saya persembahkan kepada pembaca dan bermanfaat buat mereka?" "Apa sih yang saya ketahui dan bisa saya tuangkan?" "Apa tema kesukaan saya?" Jangan mikir menulis judul, keyword, dll; ssssttt... itu mah urusan belakangan. Jangan sampai justru membatasi tulisan yang hendak dibuat. 
2. Ide menulis paling baik adalah dari hal-hal yang pernah dialami, diketahui, dipahami, dan dikuasai betul. Hindari menulis hal-hal yang sekiranya justru memberatkan dan tidak dipahami.
3. Lakukan research and reference collecting. Ide yang kaya akan memperkaya tulisan pula. Lakukan research atau mempelajari topik-topik berkaitan untuk memperluas dan melihat dari berbagai sudut pandang lain. Pahami sudut-sudut pandang tersebut dan jadikan referensi. Banyak tulisan berkualitas yang berkaitan dengan topik apapun serta dapat dicari dengan mudah di search engine. Hal-hal empiris terbukti lebih menarik dan kuat di mata pembaca dibanding ide yang hanya searah dan kurang berdasar.
Bahkan ketika tidak sedang ingin menulis pun, biasakan mempelajari topik-topik yang disukai melalui berbagai media. Membaca merupakan poin penting yang dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman. Orang yang suka menulis pasti suka membaca.
4. Sampai pada tahap ini, jangan menulis apapun terlebih dahulu sebagai isi posting. Bahkan jangan buka post editor atau writing tool apapun untuk menulis posting. Sekali lagi, sssttt... itu urusan belakangan. Kumpulkan ide-ide yang tercecer, satukan dalam satu catatan kecil.
5. Setelah ide dan materi yang dikumpulkan cukup. Mulailah menuliskan pokok pikiran. "Nah loh, kok jadi pelajaran Bahasa banget??!" Iya, karena ini penting. Jika anda masih belum bisa menyimpan pokok pikiran dalam otak, maka tuliskan dalam catatan kecil. Buat poin-poin. Misalnya nih, "Dalam tulisan A, saya pengen menyampaikan: 1. Topik pembuka tentang mengatasi duplicate meta description (intro); 2. Mengapa topik ini penting?; 3. Apa sebabnya dan apa efeknya?; 4. Apakah ada solusinya?; 5. Jika ada, apa solusi itu?; 6. bagaimana cara menerapkan solusinya?. Itu sebagai contoh saja, tentu kasusnya akan lain jika beda topik. Tapi semua menggunakan konsep yang sama: Apa; Mengapa; Siapa/Apa; Bagaimana; Dimana atau Kapan (jika ada).
6. Dengan menggunakan landasan pokok pikiran di atas, tanyalah diri sendiri, apakah pokok-pokok pikiran tersebut sudah ada jawabannya? Jika iya, maka sobat sudah siap menuliskannya ke dalam artikel. Jika belum, cari lagi jawaban-jawabannya sampai ketemu. Jawablah hingga detil dan tidak ada yang terlewatkan. Dengan cara ini, tulisan sobat tidak hanya akan panjang, tapi juga sarat dengan isi dan poin penting, pembaca tidak akan mau melewatkannya.
Ada yang bilang bahwa tulisan terlalu panjang itu membosankan, apalagi untuk ukuran posting blog karena pembaca lebih suka membaca dengan sistem scanning atau fast reading. Tetapi saya sudah membuktikan bahwa tulisan panjang mampu berbuat lebih banyak, memberi isi yang lebih detil, memiliki dasar, dan menurunkan bounce rate tentunya. Tidak ada aturan mengenai panjang pendeknya tulisan blog.
7. Setelah mantap, mulailah menulis sesuai dengan jawaban-jawaban yang sudah ditemukan tadi. Dengan cara ini, sobat tidak perlu berpikir terlalu berat, hanya mengingat saja jawaban-jawaban tersebut dan merancang serta menyusunnya dalam bentuk tulisan. Dijamin tidak mentok. Bahkan akan ada sangat banyak yang dituliskan. So, jika perlu, edit atau hilangkan poin-poin yang sekiranya tidak terlalu penting.
8. Ketika menulis, gunakan konsep orang ke satu dan kedua. Ini sah untuk blog. Mengapa? Ya karena ini blog, sebuah catatan pribadi seorang blogger dan bukan buku pegangan kuliah. Penggunaan orang ketiga hanya jika diperlukan. Sebagai contoh, saya cenderung menggunakan kata "saya" yang sedang berbicara dengan "anda" atau "sobat". Dengan demikian, tulisan lebih terasa dekat dan terkesan langsung (dua arah dan mengandung kekinian). Seolah-olah penulis berbicara langsung dengan pembaca. Seperti SAYA yang SEKARANG ini berbicara dengan SOBAT meskipun mungkin saja tulisan ini dibuat BERABAD-ABAD yang lalu.
9. Jika dalam proses menulis sobat merasa mentok or menemui jalan buntu, berhentilah. Letakkan pensil, eh... maksudnya keyboard atau laptop. Bertamasyalah.... Maksudnya lakukan hal-hal lain. Lanjutkan kembali jika sudah siap dan segar, entah nanti, besok, atau kapan saja terserah. Jangan terburu-buru. Dengan cara ini, tulisan tidak terkesan dipaksakan. Selain itu, akan ada banyak ide, informasi, dan referensi baru yang dapat ditemukan sehingga bisa menjadi solusi. 
Tuntutan menerbitkan posting blog secepatnya dan sebanyak-banyaknya dapat merusak isi tulisan. Blog anda tidak menuntut anda, jadi jangan tuntut blog anda. Hehe... Saya bahkan bisa menghabiskan satu minggu untuk membuat satu posting. Jangan terlena dengan iming-iming bahwa jumlah posting banyak itu bagus, belum tentu. Fokuslah pada apa yang hendak disajikan kepada pembaca, Layak atau tidak? Menakjubkan atau tidak? Memberi solusi atau tidak? Menyenangkan atau tidak? Bernilai atau tidak? dan seterusnya.....
10. Poin terakhir, tapi tidak kalah penting, adalah checking. Apakah tulisan sudah siap diterbitkan? Ada yang masih kurang? Ada yang kurang tepat? Ada yang terlewatkan? Ada yang salah? Jika masih belum yakin, don't publish! Save dalam draft. Baca ulang. Inilah saatnya sobat mereview karya sendiri sebelum diterbitkan. Apakah sobat sudah merasa puas dengan membacanya? Apakah sudah merasa artikel pantas untuk diterbitkan? Pikiran dan hati tidak bisa bohong. Cieeee..... Tapi benar kok, sobat tidak perlu menanyakan orang lain untuk menilainya. Cukup nilai dari sudut pandang sendiri terlebih dahulu. Baru setelah itu, serahkan pada pembaca

Tentunya bagi para master penulis blog, menulis sudah tidak lagi membutuhkan hal teknis, tapi secara esensial pasti mencakup hal-hal di atas. Mengapa demikian? Karena mereka tidak lagi membuat tulisan dengan acuan teknis, melainkan insting. Hal-hal yang dilakukan berulang-ulang dan disukai lama-lama menjadi insting. So, belajar dan asah terus kemampuan sobat dalam menulis.

Hmmm.... Sebegitunya? Mungkin akan ada yang merespon "Alaaahhh, mau buat posting blog aja ribetnya kaya mau jadi Presiden, copas aja beres!" Hehe. It's okay, terserah yang punya blog lah. Tetapi yang perlu ditegaskan di sini adalah tentang bagaimana meningkatkan kualitas konten blog sehingga perlu keseriusan, apapun tujuan ngeblognya. Jika ingin memiliki otoritas & ingin blog memiliki nilai, kualitas, dan bisa diperhitungkan oleh orang banyak, tentunya harus ada upaya. Tidak heran jika ada ungkapan, a blogger is an author... Seorang blogger adalah seorang penulis (seseorang yg memiliki otoritas). Sungguh aneh bukan jika mengaku blogger, tapi gak punya tulisan alias mengandalkan tulisan orang lain? Jawabannya ada pada diri sobat masing-masing.

Masih ada poin-poin lain yang hendak saya sampaikan, terutama mengenai penggalian ide, namun ke depan akan di-cover dalam posting-posting lainnya. 

Have a nice blogging and keep smiling.
google

Catatan:
Jika anda menemui tutorial lama, maka perhatikan bahwa untuk masuk ke Edit HTML template tidak lagi melalui halaman "design/rancangan", melainkan dari dashboard > template > klik edit HTML. Masih bingung mencari dan edit kode di Edit HTML Blogger baru? Simak tips trik berikut:
1. Cara Mencari Kode di HTML Editor Blog
2. Fitur di HTML Editor Baru
3. Tips Edit HTML Blogger (artikel lama)
Tips Menulis Artikel Blog Berkualitas dan Penuh Ide
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 88 Comment(s):

Build Yourself said...

makasih banyak infonya.....sungguh sangat bermanfaat spt saya sbg blogger pemula....

den zuaz said...

Tips hebat gan,,

Sangat pantas apa bila agan di sebut sebagai "father of the master blogging,," heheheheee,,,, ^_^

Zainul Abidin said...

terbukti, dengan artikel panjang gak membosankan..

Sukses gan.

The Raid movie said...

yang bisa bahasa asing terjemahkan artikel dari luar :D

Adang N M I said...

tulisan yang bermanfaat..
terima kasih...

senang bisa berkunjung kemari
salam kenal

Warung Kopi Arya said...

mencari ide untuk menulis memang susah2 gampang. tapi jika sudah berhasil menuangkan ide dalam tulisan, akan terasa sangat membanggakan. . thk

AniSubSia said...

tips yang sangat bermanfaat bang. terima kasih, untung ada yang menanyakannya pada agan ya...
memang bener, terkadang saya juga selalu kehabisan ide saat sedang menulis sesuatu baik artikel maupun yang lainnya.
dengan membaca ini, saya menjadi terinspirasi.. :)
dan mendapat pencerahan.

trimakasih bang azmi. salam kenal dari saya.

Dhedi said...

Thanks sangat bermanfaat . buat artikel kalau kepanjangan hehe..

Molek Stories said...

nice info..

Arsipin said...

menulis memang menyenangkan ketika tulisan itu dibaca dan membawa manfaat. happy blogging :)

Foredi Obat Tahan Lama said...

menulis artikel sangat perlu apalagi untuk penghasilan adsense.

PGTK DARUNNAJAH said...

makasih infonya,,,sngat bermanfaat...sukses selalu....

Geosya said...

Membuat dan menulis artikel itu mudah, sisi sulitnya adalah ketika berbicara tentang kualitas. Setuju dgn statement Bpk "Kejenuhan tidak akan menghasilkan apa-apa" Harus ada jedah waktu agar otak & mood kembali bs fresh. Semakin banyak yg kita hasilkan dalam kurun waktu yg relatif singkat, maka semakin kecil nilai kualitas dari apa yg kita kerjakan. Pengalaman pribadi, selama ini saya sering memaksakan diri untuk membuat banyak artikel dalam jangka waktu yg sangat pendek, bahkan saya bisa menghasilkan hingga 10 buah artikel dalam satu hari, alhasil banyak konten yg tidak bermutu dan kurang tertata rapi. Terimakasih atas tips dan uraiannya, semoga bimbingan yg Bpk berikan akan menjadikan kami semua sebagai penulis yg baik dikemudian hari.

www.sundaboy.com said...

terimakasih informasinya gan, TOP dah

Riedwhan Sebastian said...

Pas edit template trus pratinjau kok ada tulisan ginii ya sob...? mohon bantuan

Lebih dari satu widget ditemukan dengan id: HTML8. ID Widget seharusnya unik.

Error 500

Toko Buku Online said...

Menemukan ide menulis seringkali jauh lebih mudah ketimbang menuliskannya ;)
Tantangan terberat aalah saat memutuskan untuk MEMULAI. Kalau udah mulai sih biasanya susah berenti ;)

Makasih gan atas postingannya

derizd_666 said...

nice gan kreatif.....:-)
http://antexamq.blogspot.com/

Samudera Ilmu : Lautan Ilmu said...

Sangat bermanfaat mas dan menginspirasi..
Yang terpenting adalah "where there is a will, there is a way"..
Don't make me waiting for the next article.. :)

Teknik Mesin said...

menulis artikel sangat perlu apalagi untuk penghasilan adsense.

Tiang Antrian said...

tips yang sangat bermanfaat bang. terima kasih, untung ada yang menanyakannya pada agan ya...
memang bener, terkadang saya juga selalu kehabisan ide saat sedang menulis sesuatu baik artikel maupun yang lainnya.
dengan membaca ini, saya menjadi terinspirasi.. :)
dan mendapat pencerahan.

trimakasih bang azmi. salam kenal dari saya.

Blog Keperawatan said...

Terima kasih sahabat atas berbagi tipsnya ini.
Sangat bermanfaat bagi saya yang baru banyak belajar sahabat

Treci said...

Makasih tips nya

Irawan said...

Banyak banget yang mesti dipersiapkan ya dan terkadang untuk menulis membutuhkan waktu yang lama supaya hasilnya bisa maksimal
trims buat ilmu2nya

EA-XP said...

BERMANFAAT BANGET INFO DAN TIPSNYA

toko madu,toko souvenir pernikahan said...

mantaff gan,,bermanfaat sekali postingx.....

Abed Saragih said...

Terima kasih unutk idenya :)

Arenga Pinata Haka said...

Sangat inspiratif. Setuju dengan yang agan paparkan. Terutama mengenai keaslian content, saya sudah buktikan sendiri adalah benar sekali. Ijin bookmark gan, thanks

uzly said...

luar biasa kang.. saya suka sekali dengan ide akang ini... bahkan ketika saya membaca artikelnya... hmmm kayaknya bisa diresapi banget nih... hehe.. mulai belajar dari sekarang ah.... karena aku yakin setiap keinginan untuk belajar pasti ada hasil yang bisa didapatkan.. :)

IT Informasi said...

Terimakasih tips nya!
saya akan coba mempraktekan... Sangat bermanfaat!!!

Pochapochapoo said...

Waaahhh.. Untung nemuin postingan ini.. Makasih bangett... Jadi bersemangat lagi.. :D

iib ubaydila said...

makasi banyak info. nya gan sungguh bermanfaat banget buat saya sbgi pemula bloger ku antusias banget copas tapi dengan membaca artikel di atas ingin menulisdengan ide kreatif sendiri....
salam bloger smua nya ..

http://www.onthespot07.co.cc/

ibnoe.info said...

terimakasih banyak om atas masukannya, saya merasa sangat puas dengan uraiannya yang begitu mendetil. dan ini sangat penting bagi saya sebagai newbie dan juga buat sobat newbie-newbie lainnya. hal inilah yang selalu menjadi pertanyaan dalam diri saya selama ini, hingga akhirnya saya menemukan jawabannya disini. sekali lagi terimakasih banyak om....
Belajar Photography

Jendela Dakwah Kampus said...

waw,makasih ya mas, awalnya saya sebagai newbie terbebani dengan apa yang ingin saya tulis, terasa di kejar-kejar, tapi setelah membaca artikel dari mas, saya merasa semua itu jadi tidak ada masalah lagi, karena menulis dengan rasa senang, itu yang akan sangat dibutuhkan.

BlogDwicell57 said...

informasi yg bermanfaat sekali gan...
hampir 24 jam saya baca2 artikel di blog ini, dan keseluruhan isi kontennya sampai ke pembaca (mudah dipahami).

mudah2n ilmu saya bertambah dengan memahami dan mghayati setiap isi artikel di blog ini.

Mybezz said...

nah artikel seperti ini yg saya cari gan,memotivasi banget terutama buat saya yg baru belajar ngeblog. Terima kasih gan,,bermanfaat banget dan salam kenal ^_^

yayasan sosial nomor 1 di sumatera utara said...

thanks mas...

Aldi Gozali said...

Sangat membantu, mas. Kebetulan saya sedang menjalankan tips Anda yg no. 9 saat baca artikel ini. Suntuk, buntu, akhirnya selancaran di internetan. Hehehe!

Salam

w3nediafire said...

setelah saya baca artikel ini sepertinya menarik untuk saya coba dan saya terapkan terimaksih dah memberikan tips dan saran.

w3mediafire.com

Annisa Dwi Yani said...

Aku suka bgt sama postingan" yg ada di blog ini :D semua postingannya bermanfaat buat aku juga buat blog aku :) thanks yaa buat yg punya blog & yg nulis postingan, salam kenal :)

Ilmu Komputer dan Teknologi said...

Sharing bagus nih sobat..

Ijin baca-baca disini

Bang Cigo said...

Wah...menarik bgt tulisan ini ya

cerpen kompas said...

tulisan yang bermanfaat

Sarapan Artikel said...

Lagi males2 bkin postingan, eh...dpt saran2 yg bgs nih. Thanks pak dosen. Sukses slalu! :):):)

Ahmad Khoirul Azmi said...

@syihab: dilarang menyebut merek, hehe... Semoga bermanfaat,

Misbahudin said...

ijin bookmark gan......................

Nassef Risman said...

Trims and Tnx Infonya

tri3 said...

mak-asih gan infonya..
mudah2an manfaat buat saya (pemain baru)
tolong komen dong blog sy gimana biar menarik & gooood..
http://fitri1902.blogspot.com
ditunggu gan

Djangkaru Bumi said...

Saya sering melakukan editan ulang karena setiap membuat postigan secara spontan, kadang ada banyak kesalahan dalam pengetikan entah hurufnya atau tanda ba canya. Sekarang saya lebih suka membuat catatan kecil dulu. Terimakasih !

Guide For You said...

Bener tuh komentarnya, artikel panjang namun tak membosankan. Butuh pemikiran yang luas agar bisa menulis sepanjang yang di atas.......Tapi kalo terus dilatih pasti bisa dilakuin walaupun harus salah yang penting tertuang dulu yang ada di kepala

Fikri said...

Iya benar sekali...
kalau tidak suka membaca mau nulis apa... gak punya pengetahuan pengalaman pun sedikit... hasilnya nulis apa yang ada di otak kosong ini (-_-")

kalau jenuh, ya seperti ini diam...
hikz... gak tau apa yang pengen ditulis... biar nikmati kejenuhan dulu, nanti kalau dah merasakan puncak kejenuhan akan bangkit :D semoga...
(tapi pastinya setelah jalan2... entah di dunia maya atau nyata)hehe

.
hehe "kea mau jadi presiden aja" bisa aja nih om...
.
terimakasih sangat om...

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Fikri: Biasanya kalo saya jalan2 di GTJ, tapi sekarang gak pernah karena masalah waktu dan kerjaan. Di sana ada banyak masukan dan ide dari pertanyaan2 yang diajukan dan bisa jadi inspirasi untuk melakukan research dan menulis :). Salam buat teman2 GTJ semua ya

sekedar wawasan said...

susah banget sob kalo nulis konten berkualitas...kalo nulis original aja banyak yang mengkpopas sob,,,cape deh...

Fadli said...

Salut banget sama mas qhoiru . Menulis sesuatu tentang kesukaan atau kegemaran memang sangat menyenangkan dan mepunyai banyak kata yg bisa dituangkan . Tapi saya rasa kebanyakan para blogger mempunyai rasa malas ,lelah dan apalagi Indonesia kan suka yang instan , maunya copas , Terus saya sendiri pun mengalami hal yang sama akan hal tersebut . Saya hanya memntingkan bberapa banyak artikel saya dan memburu vsitor , Tapi semuanya belum ada hasilnya . Google lebih memilih artikel yang uniq ternyata ! ... sungguh penyesalan .

pulau tidung said...

waw kren hati ga biisa bohong bener gan thx gan

Nukhidalala said...

bener sih, tapi kadang mentok juga.... ngatasin rasa jenuhnya itu susah juga ya :(

Ardiansyah Blog said...

terima kasih sangat membantu gannn buat ane yang baru mengenal blogging.... happy blogging :D

gaulhost said...

sungguh memang sangat bermanfaat dan lengkap..
tutorial ini benar2 membantu dan menambah wawasan saya...
makasih sob

Rezky said...

Jadi bertambah nih skill menulis saya.
Terimakasih mas :)

wijaya said...

wahh...mantap nih infonya..
aq sering kehabisan akal dan bingung mau posting apa...hehehe

Candra said...

soal menulis ane nyerah dehhh.,

sulit gan cari inspirasinya

Informasi Terbaru 2012 said...

makasi mas buat tipsnya

oalds said...

sebenarnya nulis di blog itu gampang. yang susah nyari ide dan inspirasi. dan kadang ga semua hal yang kita alami harus kita tulis di blog. :)

jasa penulis artikel said...

ide sih kadang bisa dicari, cuman ngalahin malas, itu yang susah...

heqris said...

terima kasih atas sharingnya, sangat bermanfaat khususnya saya, yang masih belajar untuk menulis.

Lintas Me said...

terima kasih mas atas tips mas ahmad, saya ketagihan ngeblog :D. dan saya di terim kerja di google Adsense

Annisa Mefta Coirolla said...

kalau cara buat blog yang warna warni kayak blog ini gimana sih sob .. ??

ini Link nya = http://www.crazyfishjax.com/

kalau tau ajarin yah ..

berbisnis di rumah said...

mantap tipsnya, artikel yang bagus, blognya jg keren..bagi rahasianya jg dong bagaimana agar blog mendapat Posisi yang bagus dan banyak kunjungan, thanks dan salam kenal

betara ubd said...

hmmm membuka wawasan ni,, thanx ya

Beck said...

Salam kenal semua.
Postingan menarik dan bermanfaat, tetapi kesan yang saya tangkap dari tulisan diatas, bahwa menulis itu harus sempurna dan berkualitas dari awal memulai aktivitas menulis, memang g salah sih, cuma menuntut kualitas bagi orang-orang yang baru memulai pembiasaan menulis , bagi saya terasa membebani dan tak kontektual. Bagi saya menulislah dengan enjoy dan tak perlu terikat dgn aturan apapun, g perlu terpaku pada soal kualitas dan tata bahasa, tuangkan saja apa yang ada di pikiran (menulis tanpa beban)
Salam.

vivin cena vega said...

wuihhhhh......postingan/artikel kayak gini nih yang saya cari dari dulu?mantab banget gan artikel nya?meskipun panjang tapi bener-bener berbobot.rasa nya rugi kalo gak baca sampai akhir?untuk itu terima kasih gan untuk ilmu nya?

januarsen silalahi said...

thanks ya infonya, biarpun postingannya panjang tapi gk bosan bacanya..Menjadi PR buat saya ini,perlu di praktekkan secepatnya.. :D

Yamato said...

Lumayan membuka mata untuk beljar menulis, soalnya bagi saya menulis itu sangat susah, betul kata agan kalo ga punya materi atau data sulit banget jadinya, mentok terus......

coba aja agan lihat tulisanku di
http://kaca-mata-mp3.blogspot.com/, amburadul pisan.....

hatur nuhun ah...

dicoxx muhammad said...

makasih agan atas tipsnya. terus berkarya jangan berhenti. semoga selalu sukses. salam blogger ;)

zhalltrozans said...

nice info thx,. ;)

BLOGWALKING..

abu kholid said...

iya mas, harus belajar agak cerewet dulu ya, ihihi,,,biar bisa bikin pendahuluan. kadang bingun jg mw bikin awalnya tiba2 mendadak point lgsg, mas nya kl nulis sering membaca ulang terus diganti dg kata2 yg lebih mudah atau lagsg mengalir aja?

teknikedukasiinformasi.blogspot.com said...

jika kita sebelumnya sudah membuat artikel dirumah dan sudah di lengkapi gambar2,,gimana caranya kita mindah artikel yang sudah kita buat tadi di Blog,,,kok di copas gitu gmbr nya gk tampil ya? maklum,,masih newbie saya+di rumah tidak ada internet... terimakasih

yogi agoeng said...

keren banget ni artikel sangat bermanfaat sekali terima kasih

http://www.jilbabluye.blogspot.com/

M. Maman Sulaeman said...

makasih gan ilmunya..

Dwi Pratama said...

makasi banyak infonya gan...

rahmat hidayat said...

mantapp gan penjelasannya!!!!!!semoga bermanfaat nih buat kita para pemula,,,,

Endri Tisoledath said...

saya orngnya pendiem.. gk bisa nulis artikel bagus dong.

Ahmad Irfani said...

Tulisan yg bagus gan.. trims.

Aray SBK said...

wah artikelnya sangat bermanfaat banget, buat blogger pemula kyk saya :D

catatanomjon said...

Agak nyesel sih baca tips ini. Postingan saya yang masih bisa diitung pake jari itu, jadi harus di draft-kan lagi, lantaran SADAR ternyata banyak yg perlu diperbaiki, kurang berkualitas.

Terimakasih mas, sudah menyadarkan saya :D

Aris Subekti said...

pernah baca kalo ulama ulama besar dahulu saat membuat satu buku tebal hanya butuh waktu semalam,..luar biasa sekali bukan? slidik punya slidik ternyata pengusaan materi yang udah nglokop di kepala dan sering dikomukasikan/disampaikan ke orang itu yang jadi dasarnya.

ferdon baho said...

info yang sangat bagusss mas dan sangaaat bermanfaaaat.....

salam kenal all

thanks

Hubertus Budianto said...

memang sebaiknya dalam menulis artikel dalam blog harus bermula denagan "apa yang ingin saya sampaikan ke pembaca", lalu supaya artikelnya berkualitas kita harus menyampaikannya dengan bahasa yang mudah dupahami pembaca, disamping itu supaya tulisannya berbobot dan mengandung banyak manfaat kita harus dulu mengumpulkan banyak informasi yang relevan. memang memakan waktu yang lama, tapi efek yang bakal kita dapat nanti akan sungguh menggembirakan.

D' Herbanet said...

Menulis itu memang agak sulit bagi orang yg jarang berkomunikasi dengab baik, contohnya saya juga mengalami kesulitan dalam hal tulis menulis. Butuh waktu, tenaga dan fikiran ekstra keras buat nulis satu artikel saja.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

Join Our Team!

© 2013 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap