Pengantar:
Hai, ini adalah artikel guest post lain dari sobat sesama copywriter, Anas. Akan sangat menarik untuk melihat blogging dari sisi lainnya:
Penulisan Artikel. Saya pribadi sangat tertarik dan menjalani profesi copywriting, maka menyuguhkan artikel dari seorang copywriter lain akan memperkaya blog ini dengan referensi baru. Disini saya cukup mengantarkan saja dan tidak akan memperkenalkan copywriting dan
content marketing lebih jauh, karena artikel berikut sudah cukup menjelaskan dasar-dasarnya.
Disclaimer: Meskipun diterbitkan pada blog ini, bukan berarti seluruh pandangan maupun ide di dalam artikel ini mewakili atau merupakan bagian dari pandangan/ide saya selaku pemilik blog
buka-rahasia.blogspot.com. Selamat membaca!
----------
Rio begitu bersemangat
menulis sebuah artikel, tapi segera setelah dia mau menulis... Rio bingung dengan pertanyaan yang muncul dalam pikirannya, "Apa judul artikel untuk topik ini yang memastikan pembaca sulit mengabaikannya?"
Apakah Anda pernah mengalami itu?
Dan ini yang lebih menyenangkan (jika pilihan Anda bukan frustrasi)...
Bagaimana Anda memulai paragraf pertama?
Menulis memang proses mengeluarkan isi pikiran tapi ketika tulisan Anda berhadapan dengan pembaca...hal itu tidak cukup!
Pengunjung mendarat di blog dengan pikirannya yang sibuk dan merebut atensi mereka adalah misi yang mutlak perlu ada dalam artikel Anda (selain informasi yang ingin dibagikan).
Untuk itu artikel perlu sentuhan copywriting!
Copywriting adalah cara menjual lewat kata-kata yang persuasif.
Mari mulai dengan judul artikel (dengan pendekatan copywriting)...
Anda ingin menulis artikel tentang "Ide Bisnis Online" dan jika Anda membiarkan judul itu polos seperti itu...ada terlalu banyak judul yang sama bertebaran di internet...bagaimana cara memastikan bahwa judul artikel Anda mendapatkan atensi pembaca?
Gunakan 3 swipe file ini:
SWIPE 1: [Angka] Judul [Tak Seorangpun yang Tahu]
Contoh: 3 Ide Bisnis Online yang Tak Seorangpun yang Tahu
SWIPE 2: [Siapa Lagi] Judul [?]
Contoh: Siapa Lagi yang Mau Ide Bisnis Online Ini?
SWIPE 3: [Akhirnya] Judul [Waktu!]
Contoh: Akhirnya, Ide Bisnis Online yang Bisa Anda Kerjakan, Sekarang!
Masalah terpecahkan!
Tapi tunggu!
Ada satu kendala kecil lagi...
Bagaimana menulis sebuah paragraf pembuka sehingga pembaca sulit untuk tidak melanjutkan membaca artikel Anda?
Gunakan story!
Setiap orang telah terlatih dengan baik mendengarkan cerita...saya percaya Andapun seperti itu!
Kita sudah mendengarkan cerita semenjak kecil, Anda menyukainya hingga tertidur lelap seperti harapan orang tua Anda ketika membacakan dongeng sebelum tidur :)
Dan itu alasan Anda perlu mulai artikel dengan sebuah cerita (tapi dengan harapan yang berbeda - yaitu membuat Anda melanjutkan membaca, bukan tidur)
Anda tidak harus menulis script seperti penulis naskah film Hollywood melakukannya.
Anda amati bagaimana saya menulis paragraf pertama saya dalam artikel ini, itu sebuah story!
Caranya?
Simple!
Anda tinggal membuat sebuah tokoh fiktif lalu kaitkan tokoh itu berada dalam kondisi sesuai topik yang ingin Anda angkat dalam artikel Anda!
Cerita membantu memberikan "hiburan kecil" untuk pembaca Anda dan seperti Dan Kennedy katakan...
“Jika Anda tidak memiliki sesuatu yang menarik untuk dikatakan, jangan habiskan waktu mengatakannya!”
Kutipan itu bukan untuk menakuti Anda, mencegah Anda mulai menulis, tapi membantu Anda mendapatkan hasil akhir terbaik dari kualitas tulisan Anda sehingga indah disajikan untuk pembaca.
Dapat saya simpulkan, sebuah artikel harus mampu menjawab "Apa yang pembaca ingin dapatkan". Mulailah dengan menulis judul menggunakan sebuah pertanyaan, dan menyisipkan cerita singkat dalam paragraf pembuka akan membantu memberikan artikel Anda nyawa... Saya yakin pembaca akan menikmati artikel Anda.
Tentang penulis :
Anas adalah seorang copywriter dan blogger yang fokus dengan topik menulis artikel yang persuasif. Dia juga aktif menulis artikel tips dan trik menulis menggunakan teknik copywriting di
www.copywriting-anas.com.
9 Comment(s):
woww, sebuah judul yang sangat menarik perhatian >> Akhirnya, Ide Bisnis Online yang Bisa Anda Kerjakan, Sekarang!
cukup menimbulkan sebuah perasaan ingin tahu, ide yang bagus :)
terimakasih untuk pemasukan biar penulisan artikel menjadi lebih baik
artikelnya menarik mas, saya memang baru dalam dunia blogger. pgen tau banyak untuk urusan hal seperti ini.
sangat membantu :D
makasih ,moga ilmunya bermanfaat
Setiap orang akan tertarik dengan judul yang menarik. Saya pun begitu. namun seketika ill feel ketika membaca akhir atau kesimpulan sebuah artikel yang "hanya begitu saja" tak seheboh judulnya.
Makanya setiap judul kudu relevan dengan isinya. Kalau judul bombastis kesimpulan tulisan itupun harus sama sehingga pembaca tidak kecewa
oh yaa...sekalian nanya. ada yang berpendapat kalau yg di crawling sama robot google itu adalah paragraf pertama dulu. Nah sekarang dilema terjadi jika kita menggunakan teknik cerita di paragraf pertama.
biasanya teknik semacam itu akan miskin KW, nah ini kan berlawanan sama prinsip SE? bagaimana penjelasannya kira-kira master master? saya galau
Saya tidak sepakat dengan konsep-konsep miskin pemahaman seperti paragraf pertama harus kaya keyword, judul harus diikuti dengan keyword saja, atau perbanyak keyword di akhir artikel, dll. Google sekarang semakin canggih, bahkan isi komentar yang relevan saja bisa muncul di deskripsi pencarian. Jadi sekarang sudah saatnya meninggalkan mitos-mitos seperti itu. Menulis secara natural justru akan memperkaya keyword, karena tulisan bisa panjang dan keyword lebih variatif tapi tidak mengada-ada. Paragraf perkenalan juga tidak berarti kemudian lepas dari keyword kan, keyword pasti ada karena kita akan menyinggung topik sesuai dengan yang akan dibicarakan.
saya inginya yang agak menggebu gebu bang,pendek artikelnya tapi ada awal,ada penjelasan ,dan ada akhir yang benar benar selesai,tapi bingung mau mulainya bagaimana
Wahhhhh....sangat inspiratif pemaparannya, thanks....semua artikelnya sangat membantu saya dalam menjalankan blog saya MALUKU Menulis...
Post a Comment