Judul Artikel Anda Membosankan? Ini Solusinya!

Pengantar:
Hai, ini adalah artikel guest post lain dari sobat sesama copywriter, Anas. Akan sangat menarik untuk melihat blogging dari sisi lainnya: Penulisan Artikel. Saya pribadi sangat tertarik dan menjalani profesi copywriting, maka menyuguhkan artikel dari seorang copywriter lain akan memperkaya blog ini dengan referensi baru. Disini saya cukup mengantarkan saja dan tidak akan memperkenalkan copywriting dan content marketing lebih jauh, karena artikel berikut sudah cukup menjelaskan dasar-dasarnya. Disclaimer: Meskipun diterbitkan pada blog ini, bukan berarti seluruh pandangan maupun ide di dalam artikel ini mewakili atau merupakan bagian dari pandangan/ide saya selaku pemilik blog buka-rahasia.blogspot.com. Selamat membaca!
----------
Membuat Judul Artikel Blog Menarik.
Rio begitu bersemangat menulis sebuah artikel, tapi segera setelah dia mau menulis... Rio bingung dengan pertanyaan yang muncul dalam pikirannya, "Apa judul artikel untuk topik ini yang memastikan pembaca sulit mengabaikannya?"

Apakah Anda pernah mengalami itu?

Dan ini yang lebih menyenangkan (jika pilihan Anda bukan frustrasi)...

Bagaimana Anda memulai paragraf pertama?

Menulis memang proses mengeluarkan isi pikiran tapi ketika tulisan Anda berhadapan dengan pembaca...hal itu tidak cukup!

Pengunjung mendarat di blog dengan pikirannya yang sibuk dan merebut atensi mereka adalah misi yang mutlak perlu ada dalam artikel Anda (selain informasi yang ingin dibagikan).

Untuk itu artikel perlu sentuhan copywriting!

Copywriting adalah cara menjual lewat kata-kata yang persuasif.

Mari mulai dengan judul artikel (dengan pendekatan copywriting)...

Anda ingin menulis artikel tentang "Ide Bisnis Online" dan jika Anda membiarkan judul itu polos seperti itu...ada terlalu banyak judul yang sama bertebaran di internet...bagaimana cara memastikan bahwa judul artikel Anda mendapatkan atensi pembaca?

Gunakan 3 swipe file ini:

SWIPE 1: [Angka] Judul [Tak Seorangpun yang Tahu]
Contoh: 3 Ide Bisnis Online yang Tak Seorangpun yang Tahu

SWIPE 2: [Siapa Lagi] Judul [?]
Contoh: Siapa Lagi yang Mau Ide Bisnis Online Ini?

SWIPE 3: [Akhirnya] Judul [Waktu!]
Contoh: Akhirnya, Ide Bisnis Online yang Bisa Anda Kerjakan, Sekarang!

Masalah terpecahkan!

Tapi tunggu!

Ada satu kendala kecil lagi...

Bagaimana menulis sebuah paragraf pembuka sehingga pembaca sulit untuk tidak melanjutkan membaca artikel Anda?

Gunakan story!

Setiap orang telah terlatih dengan baik mendengarkan cerita...saya percaya Andapun seperti itu!

Kita sudah mendengarkan cerita semenjak kecil, Anda menyukainya hingga tertidur lelap seperti harapan orang tua Anda ketika membacakan dongeng sebelum tidur :)

Dan itu alasan Anda perlu mulai artikel dengan sebuah cerita (tapi dengan harapan yang berbeda - yaitu membuat Anda melanjutkan membaca, bukan tidur)

Anda tidak harus menulis script seperti penulis naskah film Hollywood melakukannya.

Anda amati bagaimana saya menulis paragraf pertama saya dalam artikel ini, itu sebuah story!

Caranya?

Simple!

Anda tinggal membuat sebuah tokoh fiktif lalu kaitkan tokoh itu berada dalam kondisi sesuai topik yang ingin Anda angkat dalam artikel Anda!

Cerita membantu memberikan "hiburan kecil" untuk pembaca Anda dan seperti Dan Kennedy katakan...
“Jika Anda tidak memiliki sesuatu yang menarik untuk dikatakan, jangan habiskan waktu mengatakannya!”
Kutipan itu bukan untuk menakuti Anda, mencegah Anda mulai menulis, tapi membantu Anda mendapatkan hasil akhir terbaik dari kualitas tulisan Anda sehingga indah disajikan untuk pembaca.

Dapat saya simpulkan, sebuah artikel harus mampu menjawab "Apa yang pembaca ingin dapatkan". Mulailah dengan menulis judul menggunakan sebuah pertanyaan, dan menyisipkan cerita singkat dalam paragraf pembuka akan membantu memberikan artikel Anda nyawa... Saya yakin pembaca akan menikmati artikel Anda.

Mau tips lebih lanjut untuk mempertajam tulisan Anda dan membebaskannya dari kata..."Boooriiingg...."? Kunjungi www.copywriting-anas.com/blog

Tentang penulis :
authorAnas adalah seorang copywriter dan blogger yang fokus dengan topik menulis artikel yang persuasif. Dia juga aktif menulis artikel tips dan trik menulis menggunakan teknik copywriting di www.copywriting-anas.com.

Judul Artikel Anda Membosankan? Ini Solusinya!
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 9 Comment(s):

Muhammad Angga Nur Soleh said...

woww, sebuah judul yang sangat menarik perhatian >> Akhirnya, Ide Bisnis Online yang Bisa Anda Kerjakan, Sekarang!

cukup menimbulkan sebuah perasaan ingin tahu, ide yang bagus :)

Keiruchan Agatha said...

terimakasih untuk pemasukan biar penulisan artikel menjadi lebih baik

anggi ernada said...

artikelnya menarik mas, saya memang baru dalam dunia blogger. pgen tau banyak untuk urusan hal seperti ini.
sangat membantu :D

Aneuk Nanggroe said...

makasih ,moga ilmunya bermanfaat

rian sindu said...

Setiap orang akan tertarik dengan judul yang menarik. Saya pun begitu. namun seketika ill feel ketika membaca akhir atau kesimpulan sebuah artikel yang "hanya begitu saja" tak seheboh judulnya.

Makanya setiap judul kudu relevan dengan isinya. Kalau judul bombastis kesimpulan tulisan itupun harus sama sehingga pembaca tidak kecewa

rian sindu said...

oh yaa...sekalian nanya. ada yang berpendapat kalau yg di crawling sama robot google itu adalah paragraf pertama dulu. Nah sekarang dilema terjadi jika kita menggunakan teknik cerita di paragraf pertama.

biasanya teknik semacam itu akan miskin KW, nah ini kan berlawanan sama prinsip SE? bagaimana penjelasannya kira-kira master master? saya galau

Ahmad Khoirul Azmi said...

Saya tidak sepakat dengan konsep-konsep miskin pemahaman seperti paragraf pertama harus kaya keyword, judul harus diikuti dengan keyword saja, atau perbanyak keyword di akhir artikel, dll. Google sekarang semakin canggih, bahkan isi komentar yang relevan saja bisa muncul di deskripsi pencarian. Jadi sekarang sudah saatnya meninggalkan mitos-mitos seperti itu. Menulis secara natural justru akan memperkaya keyword, karena tulisan bisa panjang dan keyword lebih variatif tapi tidak mengada-ada. Paragraf perkenalan juga tidak berarti kemudian lepas dari keyword kan, keyword pasti ada karena kita akan menyinggung topik sesuai dengan yang akan dibicarakan.

iwan cakill said...

saya inginya yang agak menggebu gebu bang,pendek artikelnya tapi ada awal,ada penjelasan ,dan ada akhir yang benar benar selesai,tapi bingung mau mulainya bagaimana

Maluku Menulis said...

Wahhhhh....sangat inspiratif pemaparannya, thanks....semua artikelnya sangat membantu saya dalam menjalankan blog saya MALUKU Menulis...

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap