Alexa: Apa dan Cara Jitu Meningkatkan Rank Alexa dengan Cepat

cara meningkatkan alexa rank

Alexa rank adalah sistem ranking suatu situs, baik weblog maupun website, yang berdasarkan pada beberapa kriteria. Sistem ini dikawal oleh sebuah website bernama Alexa.com, yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Amazon.com. 
Tidak seperti Google, dimana pagerank dikalkulasikan dari baklink berkualitas, rank Alexa utamanya didasarkan pada jumlah traffic yang diterima oleh blog/website dengan periode tiga bulanan. Data diterima dari meta key yang telah tertanam di suatu website (seperti script Google Analytics atau MyBlogLog), dari toolbar Alexa, maupun dari sumber dan tool lain.
Berikut beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai Alexa Rank System:
1. Kalkulasi data didasarkan pada data history traffic dalam periode tiga bulanan.
2. Data utama berasal dari statistik Alexa Toolbar.
3. Semakin rendah angka yang diperoleh, semakin tinggi rank/peringkatnya.
4. Rank di-update setiap hari.
5. Terdapat pula angka capaian rank khusus oleh suatu blog/website di suatu negara.
6. Rank di atas 100.000 di anggap tidak memiliki reliabilitas.

Salah satu alasan untuk ikut dalam sistem rank Alexa adalah untuk melihat sejauh mana perkembangan blog dan kualitas trafficnya. Selain itu, beberapa situs juga menggunakan patokan Alexa rank untuk mengetahui bobot suatu blog. Misalnya reviewme.com, sebuah situs penghubung advertiser dan publisher dengan sistem paid per review-nya. Ada pula beberapa alasan lain misalnya sebagai kebanggaan atas capaian yang diperoleh atau sebagai tolok ukur berhasil tidaknya sebuah usaha peningkatan daya tarik suatu blog/website. Bagi saya pribadi, melihat peningkatan rank merupakan kesenangan tersendiri. Suatu ketika peringkat naik tajam, perlahan-lahan, lalu tiba-tiba merosot...gubrakkkkk!..Mendebarkan! Hahaha..... Yah, walhasil, berada di tingkat di atas satu jutaan mungkin tidak jadi masalah.

Namun bagi anda yang ingin peringkat/rank Alexa naik pesat, ada beberapa cara yg bisa dilakukan. Sebelumnya pastikan dahulu anda telah mendaftarkan blog di Alexa.
1. Seperti yang telah dibahas di atas, Alexa rank juga bergantung pada statistik Alexa Toolbar. Nah, siapa pengunjung yang paling sering mengunjungi blog anda? Tentu saja anda sendiri! Jadi, download dan install segera Alexa Toolbar di browser anda (tersedia versi untuk Mozilla Firefox, IE, dan Chrome). Kunjungi blog anda sesering mungkin dengan Alexa Toolbar yang aktif.
2. Jadikan blog sebagai homepage di browser. Sehingga ketika browser baru dibuka, window pertama langsung masuk ke blog anda.
3. Ajak dan minta semua kawan setia, saudara, bapak, ibu, pacar, aak, teteh, pembantu, atau siapa saja yang sering mengunjungi blog anda untuk menginstall Alexa Toolbar. Pikirkan cara mengajak atau merayunya.
4. Pasang salah satu widget Alexa. Meskipun Alexa tidak pernah menyebutkan bahwa widget ini berpengaruh pada statistik, namun menurut saya widget ini berpengaruh. Alasannya adalah setiap hari widget ini melakukan 'interaksi' update dengan sistem statistik Alexa. Hal ini menunjukkan adanya 'komunikasi' dan data yang terkirim dari blog ke Alexa. Jika ini benar, maka penggunaan widget ini justru lebih ampuh dari penggunaan Toolbar.
5. Meskipun yang terakhir, hal ini yang paling penting: Traffic. Karena statistik alexa berdasarkan traffic, maka pendongkrak rank terbesar tentu saja adalah traffic tersebut. Semakin besar traffic, semakin naik peringkat atau ranknya. Tentu saja jawaban agar traffic naik adalah:

Selamat berburu Rank Alexa!
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Alexa: Apa dan Cara Jitu Meningkatkan Rank Alexa dengan Cepat
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 74 Comment(s):

Rizkyzone said...

kalau saya malah cuma pasang metat tagnya saja

Unknown said...

yah itu juga salah satu 'alat pemantau' Alexa bro. sip

The Art Of Leadership said...

makasih info nya ya..masih newbie masalahnya, salam kenal :)

Unknown said...

ya, salam kenal juga.

Blogging Worlds said...

Saya udah mengikuti cara2 tersebut, dan emang paten banget....

Makalah Pendidikan said...

wah, menarik artielnya.. sy blm sempat instal toolbarnya.. thanks a lot, Bro!

Anonymous said...

waduh kalo gw, semua dah di ikuti, posting original semua.. tp rank masih 10jta..

visit my blog
http://koisine.blogspot.com/

Thanks.
Moto : Sesama blogger harus membantu

Unknown said...

satu2nya alasan yaitu "traffic" yang sangat berpengaruh besar, itu yang utama, oleh karena itu, paling tidak ada kekuatan indeks dan SERP di Google, berarti ini berkaitan dengan visibilitas blog, so ada ada dua hal: percepat/perkuat indeks blog di search engine lalu tingkatkan visibilitasnya melalui link building dengan berkomentar di blog dofollow dan rajin blogwalking, submit blog di direktori dan social bookmark.... oke, you're welcome.

Novan Putra Gumilar said...

posting yang bagus.
terimakasih mas saya bakal rajin2 nih berkunjung kesini

Unknown said...

yup, thanks a lot sudah mampir ya.

Dh4veed said...

Blog dengan segala informasi yang sangat berguna banget nich...bravo,2 thumbs!
salam dari http://dh4veedaumento.blogspot.com

Meri Wardana said...

Thanks Bro,,,Langsung ke TKP

Jemz' said...

sakti.. mau ngga tukeran link ama zagalarupa.blogspot.com

Arjunawmaha said...

ALEXA ok juga

Indra Saputra Ahmadi said...

artikelnya mantap... ini juga terkait : http://www.indoblogtrik.com/2011/09/dua-cara-jitu-meningkatkan-alexa-rank.html

irwan efendi said...

Tutorial yang sangat bagus dan jelas

IMAN said...
This comment has been removed by a blog administrator.
zIkri said...

Bagaiaman ya Cari meningkkatkanya yang lebioh praktid

Andika said...

hmm, infonya sangat lengkap gan,, jadi ngerasa sperti lagi konsultasi sama yg punya alexa. hehehe
thx ya gan. ^_^

Andre Panggabean said...

intinya gan, mesti bekerja keras gan,hasil bagus itu gak ada yg gampang,musti bener2 meras keringat.

numpang y gan http://galeri-bocah.blogspot.com

spikeyhaunted said...

Apa Saat Pake alexa. Bisa Dibanned sama adsense gak gan???

info gila said...

saya kok merasa aneh ya,,!! blog saya yg baru lebih banyak pengunjungnya tapi alexanya masih kalah sama yg lama..bisa di jelasin gak ??

Masih Belajar said...

pasang widget pengaruh juga toh mas??

Unknown said...

@infogila:
rank alexa di rata2 selama 3 bulanan, berarti blog baru akan memiliki rank yg stabil setelah berusia di atas 3 bulan. jumlah/kalkulasi rank di hitung dalam rentang 3 bulan, jadi jika dalam 3 bulan ke depan lagi traffic terus bertambah, maka rata2nya rank nya pun semakin meningkat.

@Humor: menurut saya begitu, karena widget meminta query dari alexa, berarti setiap load, ada data dari alexa yg dikirim, sebaliknya ada informasi buat alexa bahwa suatu halaman telah diload oleh pengunjung.

Anonymous said...

Now i understand how alexa work .
visit my site back ya www.aroundgadget.com

Anonymous said...

Terima kasih atas infonya. Sangat bermanfaat bagi saya dan maybe teman-teman yang lain. Semoga Anda sekalian sukses selalu.

Salam Kompak:
anggoro suprapto
(obyektif.com)

saya said...

gak percuma saya berkunjung ke blog ini, dapat banyak ilmu baru nih utk saya yg pemula. makasih ats sharingnya :)

Serba Info said...

blog saya yang memiliki traffic lumaya tetapi rank alexa nya malah buruk

Anonymous said...

haloo mas.. numpang tanya ni hehe maklum baru mulai ngeblog. nah saya kan udah tk dftarin blog saya ke alexa.com.. nah tujuannya si mau numpang naikkin traffic blog saya juga cuman waktu saya daftar dan udah selesai itu kok traffic saya statusnya No Data ya n Links saya No Data juga gimana maksudnya ya maklum saya baru belajar hehe... nah bagi temen2 yang ada disini tolong lihat blog saya ya di sini http://objek-wisatalocal.blogspot.com terima kasih banyak... monggo

Unknown said...

alexa rank digenerasikan dari traffic blog, sehingga sumber datanya berasal dari blog itu sendiri. no data itu normal karena situs baru didaftarkan. nanti lambat laun akan muncul kalo data yg dikumpulkan alexa cukup. rata-rata data rank alexa mulai stabil dalam 3 bulan.

Drama Islami said...

alexa rank, waduuhh.. makhluk apa lagi tuh, nasib-nasib, gini nih kalo gaptek, dimana ya bisa cari artikel SEO yang include semua materi SEO biar aku bisa ngerti secara utuh gitu?? ada yang bisa bantu?

eMingko Blog said...

ikut nimbrung agh... saya lgi fokus mlangsingkn alexa scra natural sulit amat.

Iklan Baris said...

Makasih gan infonya.. alexa sedikit banyak masih misterius

deni said...

Alexa tak bisa ditebak gan...cenat-cenut.

Angelica said...

Ingin tanya mas.. Kenapa traffic blog aku semakin anjlok di mata Alexa, Padahal pageview harian q semakin meningkat 3x lipat dari sebelumnya..

Apa alexanya baohong ya..?

klik donk said...

nice info
visit me:http://www.centplay.com/affiliate/id_569/

Anonymous said...

tnhks mas bro tas infonya sangat bermanfaat sekali terutama bagi saya sndiri,,,

aneka ragam makalah said...

bagus gan artikelnya,............

Ammar bin yasir class said...

Kurang lebih 6 bulan saya telah memakai alexa. Tapi semakin hari kok ranknya semakin merosot. Gmn Nich? bs kash solusi..

Imam said...

Kebetulan saya lg belajar ngeblog...
Kita liat rank ke berapa juta blog saya..3 bulan ke depan..thx atas informasinya...
please visit

Media Online

Rahim Tabet said...

bwermanfat bangeet tipsnya, siap di jalankan gan

WeLcoMee said...

nice info gan..

wisnu said...

wah makasi tipsnya yah, bermanfaat... klow write review alexa berpengaruh sama rank alexa ngak???

ooblogs said...

wow keren masbro :D
kapan kapan mampir yah ..

Berita21 said...

Masukan Yang Bagus

Salam Dari Berita21.com - Media Online Indonesia

jerawat batu said...

makasih banyak ya gan sudah mau berbagi ilmunya

mencegah penyakit typus said...

salam kenal yaa gan

Kaki Pecah-pecah said...

Oh gitu caranya sangat berguna sekali nih ilmunya salam kenal gan...

Kista said...

Sangat berguna sekali nih ilmunya salam kenal gan..

Angin Duduk said...

Ternyata cukup sulit juga nih..makasih mo berbagi ilmunya...

penggunacerdas said...

mengapa ia, di widget alexa rank yg saya pasang ,menunjukkan rank misal : 1,234,567 tetapi setelah saya cek blog saya di alexa.com dan melihat toolbar, rank saya berbeda dengan yang di widget misal menjadi 900,000.. kok begitu ia.. apa widget saya tidak aktif ?? dan apa saya perlu memperbaruinya setiap kali rank saya naik ?? itu saja yg ingin sya tnyakan.. semoga di bales .. hehehehehe

Unik Plus said...

makasih ilmunya kk, alexa saya masih no data, hehe
nitip blog saya ya http://unik-plus.blogspot.com ^^

Unknown said...

@Penggunacrdas: Data center untuk alexa widget dan halaman rank alexa beda. Yang di halaman alexa rank itu selalu up to date, tapi yang di widget itu diupdate sehari atau dua hari sekali, itulah mengapa hasilnya beda :)

Kraeng Francisco said...

Trima kasih menarik dan mudah dipahami.....

Unknown said...

hari ini blog saya (adityamurti.com) meningkat dari 22 jutaan menjadi 14 juta dalam waktu kurang dari 5 jam.. :D

endy said...

mantap gan informasinya.......
bantu saya juga ya.....web baru nie http://homeenchant.com

Bella Tiara said...

thank infonya menarik jangan lupa ya kunjungi http://www.zekonila.com

Allia Furniture said...

bang saya mau bertanya kenapa alexa rank punya web saya langsung naik drastis bang,ada pengaruh dari kecepatan web apa web yang terlalu banyak link keluar ya bang, punya saya dari 3.000.0000 dalam sebulan malah jadi 7.000.000,padahal saya update setiap hari, masalahnya dimana ya bang mohon solusinya,

www.alliafurniture.com

Unknown said...

Ada banyak sekali faktor penentu rank alexa. Di atas hanya sedikit saja. Traffic, jumlah traffic, dan konten tidak serta merta menaikkan rank, misalnya apabila bounce rate sangat tinggi maka ini berpengaruh besar terhadap penurunan. Ada banyak sekali faktor lainnya. Ke depan akan saya kupas mengenai ini dan semoga bisa memberi gambaran dan membantu.

Erick said...

ikutan belajar mas, ranknya masih jauuuuuuh nih,he2....

Okto Musics said...

maksih infonya
sangat bermanfaat

Dani said...

Lagipula rank alexa juga sering dijadiin persyaratan ini-itu kala mau mengikuti suatu kegiatan yang menggunakan blog. Penting dah berarti. :D

harry said...

makasih gan infonya...

nitip ya.. jangan lupa comment atau follow blog saya...
http://harryshare.blogspot.com/

terima kasih...

eonedavilza said...

tq mas bro... infonya berguna sekali

bisnis2 said...

ini yang bagus bikin blog menjadi ramai...

thanks mas broooo

Anonymous said...

Saya memang sedang mencari artikel untuk meningkatkan alexa rank karena blog saya setelah mencapai 200 ribuan agak mandeg.Ada juga yang memberikan tutorial dengan model MLM bang,tapi saya takut bermasalah dikemudian hari.Menurut Bang Ahmad cara ekstrim seperti itu bagaimana?bahaya tidak bang?.Terima kasih atas bantuannya bang Ahmad.

Unknown said...

Cara2 tidak wajar baik untuk meningkatkan PR dan Alexa menurut saya hanya berefek sesaat, saya pun tidak menyukainya. Saya lebih memilih memperbaiki apa yang kurang di dalam blog, seperti contoh tips di atas.

Unknown said...

Gan ini kok hampir sama ya artikelnya cek di seo-xt[dot]blogspot[dot]com/2013/03/cara-cepat-dan-jitu-mendapatkan-links.html Thanks :D

Unknown said...

@Ahmad: terima kasih buat infonya dan akan saya tindak lanjuti segera dengan DMCA complaint. Jelas itu baru diterbitkan bulan maret 2013, sedangkan artikel ini dibuat dan diterbitkan 2 tahun silam.

tutor26 said...

Blogger Riecky di Surabaya

Siiippp Bang Azmi... Saya sudah membuktikan dengan mencoba menginstal alexa toolbar dengan url :

http://tutor26.blogspot.com/2012/11/Translate-Terjemahan-Bahasa-Indonesia-Inggris.html

(Maaf bukan promosi Bang...mungkin mau berkunjung sedikit menambah new visitor... hihihiii...)
Saya install ke Firefox, IE dan Chrome. Juga saya jadikan sebagai homepage jika kita membuka awal browser saya... Lumayan signifikan juga jumlah alexa rankk saya menurun alias mengurus... ya memang terkadang ada kenaikan karena bounce rate dan traffik juga yak... heheheee...

Salam Blogger (",)

mustlieliek said...

masih newbie, numpang kenalan...
http://beritasejagat.com monggo mampir..

Hermanto said...

Ane jg lg berjuang untuk meningkatkan alexa, tks buat infonya

Media Cetak Masa Kini said...

mantap sekali blognya salam kenal mampir ke blog saya www.operaja.com

Media Cetak Masa Kini said...

mantap artikelnya sangat bermanfaat mampir ke blog saya www.operaja.com

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap