Tips: Cara Membuat dan Membangun Blog Secara Efektif

Setiap Blogger, pasti menginginkan progress dan perkembangan yang baik pada blog-nya, baik dari segi isi, tampilan, traffic, popularitas, hingga ke aspek finansialnya. Acapkali, karena keterbatasan referensi dan pengaruh dari beberapa wacana yang tidak konstruktif, para Blogger newbie terjebak pada cara-cara instan yang sebenarnya jauh dari memberikan hasil sesuai harapan. Oleh karenanya, sangatlah penting untuk membuat strategi yang matang, sesederhana apapun, agar blog dapat berkembang dan menghasilkan sesuatu yang menggembirakan bagi sang Blogger.

Apabila harus disebut sebagai kesalahan langkah karena ketidaktahuan, kebanyakan Blogger mempunyai pemahaman bahwa segala sesuatu dapat dilakukan secara instan, baik dalam membuat maupun dalam membangun blog. Sehingga, kadang-kadang mereka terjebak pada penggunaan cara-cara yang tidak baik dan menyesatkan. Apapun tujuannya, sesuatu yang ditempuh dengan cara yang baik pasti akan meghasilkan sesuatu yang baik pula.
Artikel ini saya buat sebagai share atas beberapa pengalaman ketika membuat dan membangun blog, dimana tentu saja banyak trial and error sebagaimana yang dialami newbie Blogger yang lain.

Tips Dasar Membuat Blog (internal Step)

Setelah mengetahui cara membuat blog, dengan platform blog apapun, perlu dipahami bahwa membuat blog bukanlah sebuah proses singkat. Akan tetapi, membuat blog adalah proses dimana kontruksi dan elemen blog disusun sedemikian rupa sehingga terbentuk sebuah appearance dan isi dasar yang siap ditampilkan untuk pembaca/pengunjung, setidaknya ada beberapa tahap dalam mempersiapkan pembuatan blog :
a. Menyusun nama domain yang unik yang belum ada satu pun yang memilikinya.
b. Mendaftarkan domain tersebut ke penyedia layanan blog/atau yang langsung di-hosting sendiri.
c. Melakukan proses verifikasi dan akhirnya sampai pada terbuatnya url blog; yang berarti sebuah blog telah lahir.

Sampai pada tahap ini seringkali kita menganggap semua sudah beres. Lalu, secara serampangan, kita mulai melakukan posting besar-besaran. Bahkan, karena untuk memenuhi tuntutan jumlah posting yang harus terlihat banyak, seorang blogger tidak segan-segan melakukan copas massal dari beberapa blog sekaligus. Cara ini sebenarnya jauh dari usaha membuat blog yang baik dan sama sekali tidak efektif.

Berikut tips dan langkah selanjutnya pada tahap dan proses membuat blog:
1. Fokuslah pada konstruksi blog terlebih dahulu, jangan berfikir tentang traffic/pengunjung. Jika perlu set akses blog ke private dimana hanya anda yang dapat mengaksesnya.

2. Carilah theme/template yang sesuai keinginan sekaligus memenuhi kriteria yang sesuai dengan topik blog yang hendak diusung (termasuk personal blog). Pada proses ke depannya, akan sangat mungkin bregonta-ganti template. Namun, akan lebih baik jika hal itu diminimalisir, atau setidaknya hanya dilakukan pada tahap awal. Selanjutnya, blog telah siap melangkah dengan template yang sebelumnya telah diuji coba dan dipilih. Saat ini telah banyak template/theme berkualitas premium dan gratis.

3. Pilih dan pilah widget yang akan dipasang. Fokuskan pada penggunaan widget yang fungsinya jelas, seperti untuk alat navigasi, komunitas (follow) dan statistik (traffic/visitor/pageview). Sebenarnya sangat wajar untuk mencoba berbagai macam widget (namanya juga penasaran dan ingin melihat hasilnya, ya kan?), tapi perhatikan benar fungsinya. Hindari widget-widget pemanis yang sebenarnya tidak penting,  alih-alih justru menambah berat blog dan membuat pengunjung terganggu. Seringkali saya disambut dengan widget/plugin pop up window berjenis javascript ketika berkunjung ke suatu blog: "Halo, tuliskan namamu, umurmu, jenis kelaminmu?" Pertanyaan saya, "Pentingkah itu?" Saya merasa sangat terganggu, karena yang saya butuhkan adalah membaca artikel blog, bukan mengikuti sensus penduduk. :) Hindari widget-widget semacam itu.

4. Jika perlu, buat blog baru yang berfungsi sebagai laboratorium untuk melakukan uji coba template dan widget, sehingga jika dirasa sudah pas, tinggal dipasang di blog utama.

5. Sembari melakukan langkah-langkah di atas, buat posting secara berkala. Santai saja, tidak usah terburu-buru. Menulis dalam keadaan rileks dan pikiran jernih dapat menghasilkan tulisan yang berbobot, sesederhana apapun topiknya.

6. Sebuah blog adalah wahana untuk menampilkan wacana, pastikan blog telah memiliki artikel yang cukup sebelum dilemparkan ke khalayak luas. 5-10 artikel saya kira sudah cukup untuk menjadi awal pembuka perkenalan seorang blogger dan blognya.

7. Waktu satu hingga dua bulan bukanlah waktu yang lama untuk membuat fondasi blog yang benar-benar kokoh. Tanamkan pemahaman bahwa segala proses di atas tidak dapat dilakukan dalam satu dua hari. saja Jika dianalogikan sebagai rumah yang hendak di bangun, maka haruslah dipastikan apakah fondasi yang disusun benar-benar kuat dan siap ditumpuk dengan material bangunan yang lain, dan itu membutuhkan waktu yang tidak bisa dibilang instan.

Tips Dasar Membangun Blog (External Step)

Setelah fondasi yang ditanam di dalam tanah sudah dipastikan cukup kuat, maka sekarang adalah saatnya untuk membangun dinding hingga atapnya, bagian-bagian yang telah tersentuh udara bebas. Tahap ini banyak meliputi hal-hal eksternal dimana blogger mulai bergerak untuk mempromosikan/memperkenalkan blognya ke khalayak umum.

1. Bertandanglah ke blog-blog lain, berkenalan, dan berkomentarlah sebanyak-banyaknya. Prioritaskan pada blog-blog yang juga masih baru. Mengapa? Kemungkinan mendapat respon dan kunjungan balik akan jauh lebih besar dan cepat. Penyikapan dari blogger lain yang memiliki kondisi sama  akan lebih nyambung karena interaksi yang terjadi lebih seimbang. Akan sangat sulit untuk mendapat kunjungan blogger-blogger senior yang notabene memiliki kesibukan yang sama pula bersama dengan blogger-bloger sepantarannya. Bukan berarti untuk membeda-bedakan, akan tetapi jika dianalogikan, apakah anda akan bertandang dan bermain dengan anak SMA ketika anda masih kelas 6 SD? Tentu saja menuntut blogger-blogger yang sudah bertaraf semacam itu tidak bisa dibilang sebagai hal mudah. Semua ada tahapnya seperti ketika menaiki anak tangga. Menaiki lima anak tangga sekaligus justru beresiko besar dan jmenghilangkan bagian proses yang seharusnya dilalui dalam bersosialisasi dan belajar.

2. Berkomentarlah dengan isi yang berkualitas. Mengapa? Karena isi komentar yang berbobot akan lebih menarik perhatian daripada yang asal-asalan. Berilah pendapat dalam suatu artikel atau bertanyalah hal-hal yan dapat memancing pemilik blog untuk berantusias menjawabnya. Dengan cara seperti ini, kunjungan balik akan memiliki presentase kemungkinan yang cukup besar. Hindari komentar-komentar yang hanya "asal jeplak",  karena kualitas anda sebagai blogger baru juga dinilai dari faktor itu. Hal ini juga akan menarik minat blogger-blogger senior untuk lebih mempertimbangkan kehadiran anda.

3. Setelah mulai berkenalan dan bersosialisasi dengan sesama Blogger, mulailah pula melakukan tahap-tahap memperkenalkan blog ke search engine dan meningkatkan SEO-nya, baik secara on-page maupun off-page. Seorang bloggger yang ingin blognya ramai pengunjung tidak dapat mengandalkan pengunjung dari hasil blogwalking saja. Oleh karena itu, tahap ini mulai menjadi langkah yang sangat penting dan harus secara konstan dilakukan.

4. Salah satu cara untuk memperkuat SEO dan indeks search engine adalah dengan dengan rajin berkomentar di blog-blog seperti cara sebelumnya. Berkomentar juga lah di blog-blog dofollow. Gunakan url blog sebagai link dan nama blog sebagai nama komentator (anchor text) ketika mengisi form identitas komentator. Sekali lagi, saya tegaskan, berkomentarlah dengan komentar yang berkualitas karena hal itu juga akan dipertimbangkan oleh search engine. Untuk blog baru, optimalkan membangun link homepage blog terlebih dahulu daripada link halaman lain (posting).

5. Daftarkan blog dan artikel ke situs-situs direktori dan social bookmark. Hal ini akan menambah visibilitas blog beserta halaman-halamannya.

6. Mulai aktiflah mengikuti forum-forum blogger maupun forum umum. Buat posting dengan topik/wacana tertentu. Pastikan link blog tercantum pada bagian posting tersebut sebagai sumber dan identitas. Posting tidak harus berupa artikel yang menjelaskan sesuatu, namun bisa juga berupa pendapat, pertanyaan, dan segala sesuatu yang membutuhkan respon. Situs forum blogger di indonesia misalnya adalah indonesia-blogger.com dan www.planet-blog.com. Untuk direktori international, contohnya adalah technorati.com (lihat pula direktori-direktori blog lain di bagian footer widget blog ini).

7. Teruslah berburu direktori-direktori  blog/website dan social blookmark. Gunakan search engine sebagai alat pencarian yang terbukti efektif.

8. Perluas jaringan dan popularitas blog dengan menggunakan social media seperti Twitter dan Facebook. Anda dapat mempublish artikel, menggaet follower dan fan (likers), berpromosi, dan memperluas  jangkauan komunikasi. 

9. Tetap terus membuat posting. Kekayaan dan sumber daya blog adalah artikel. Tapi jangan memaksakan diri untuk menulis sebanyak-banyaknya. Menulislah dengan bermodal mood dan semangat. Artikel yang berkualitas dan original akan banyak mendapat kesempatan untuk mendapatkan linkback dari blogger lain yang meng-copas-nya. Jika tidak ada link sumber, mintalah. Ini untuk originalitas dan kredibilitas blog serta untuk meningkatkan popularitas dan visibilitas blog.

10. Lakukan analisis kecil-kecilan (besar-besaran juga tidak apa-apa ding), terhadap traffic blog; baik dalam  hal jumlah pageview maupun visitor. Gunakan fitur statistik blog yang telah disediakan peyedia layanan blog (platform) ataupun situs lain dimana widget traffic/visitor/pageview telah terpasang sebelumnya. Perhatikan perkembangannya dan lihat apakah ada peningkatan atau tidak.

11. Cek juga kondisi blog di search engine (Google) melalui Google Webmaster Tools dan atau Google Analytics.

13. (Opsional) Jadilah guest blogger (penulis tamu) pada blog-blog yang menawarkan.

14. Langkah nomer 1 hingga 12 adalah langkah yang simultan dan harus dilakukan secara kontinyu selama anda ingin blog terus memiliki perkembangan; baik dalam hal kualitas, popularitas, traffic, dan finansial (bagi yang me-monetize-kan blog).

15. Sabar dan menikmati proses.

Good Luck!.
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Tips: Cara Membuat dan Membangun Blog Secara Efektif
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 145 Comment(s):

Toko Battery Surabaya said...

Kalau blogspotnya kita pakai untuk jualan dan produknya gak banyak, kan susah nulis artikelnya banyak2 Mas

Maryunita Mark said...

Thanks for the tips. It's really useful for me.

Ahmad Khoirul Azmee said...

@Toko Battery Surabaya: ada perbedaan antara blog dan website. Blog bersifat lebih dinamis dan selalu bersifat update (seperti koran/majalah, berita tv, dll, inilah makanya blog punya istilah "posting"). buat artikel2 yang berkaitan dengan produk2 yang anda jual. artikel yang lebih banyak akan memiliki kemungkinan kunjungan dan pageview yang lebih banyak pula. berikan informasi yang bermanfaat, solutif, memberi wacana, dan berkaitan dengan produk2 tersebut dan akhirnya mengarah ke landing page (website)/produk, dimana semua transaksi akhirnya terjadi. Search engine juga akan lebih banyak mengindeks halaman2, dan jika niche-nya jelas, ranking (SERP) akan lebih mudah didapat. akan saya ulas ini ke depan dengan lengkap bersama strateginya. Insya Allah:D

@Maryunita Mark: yup, ur welcome.

ira said...

Nice post :D

mclicker said...

wah-wah, isi artikel nya benar-benar ngasih motivasi buat saya
yg baru bloging 1 minggu, ow iy gan mau sekalian nanya emang bisa ya set akses blog kita ke private
kalau bisa gmna caranya y gan, saya mau coba ikut tips membangunnya. thx

Ahmad Khoirul Azmee said...

@mclicker:
Thanks.
Untuk set blog ke private view masuk ke setting > permissions (opsi atas paling kanan) > who can view this blog? ada 3 opsi: anyone, only people I choose, dan only blog authors. pilih yang terakhir, lalu save.

Sehabudin al-Bogory said...

ok... mas trm ksih tas panduanx

ni sgt berharga bg kami sbg blogger pmula.

oy... akan sgt berharga jk mas bertandang ke blogku.

Ahmad Khoirul Azmee said...

you're welcome. segera mampir kesana :D

THE MISSION said...

wah cukup bermanfaat banget nih tips nya...sebagai pemula saya sangat terbantu dengan artikel nya,,,,kalo bisa berkunjung dong mas ke blog saya,krtik dan saran nya ayem tunggu juga ya...hehe

Liben said...

Sangat Membangun...! ;)

liputan-madura said...

terimakasih gan, informasi yang keren, dan sangat membantu, dan terakhir ijin nyuri ilmunya :-)

Bot-bot said...

pencerahan nehh
blog I msh pemula
..

usaha sukses said...

makasih mas atas nasehatnya, saya juga kadang ingin membuat konten yang banyak tapi melupakan kualitas.. thanks sob..

Ali Fian Joni N said...

nice info dah....
sip gan.....

Pian Uhuy said...

very nice tips mas....

ternyata banyak step2 yang terlewatkan...mungkin itu salah satu penyebab blog saya susah berkembang...

thanks

Andrian21 said...

Detail Sekali Om :)
Ane Sebagai Pendatang Baru , Nyimak Banget Nih Postingan ,..
Sekalian Beri Pendapat Untuk Blog Ane Ya Om :)

egi irpan said...

mantep post nya kang
lihat bloh saya ya gan da minta penilaian nya
terima kasih

Tengku hidayat Haidi said...

thx om sangat membangun

OutboundJOGJA said...

Bang, konon, label dan archive dianggap identik, sehingga tdk seo friendly...emang gitu gan?

thx pencerahannya...
salam

Ahmad Khoirul Azmee said...

tidak sama. archive bagaimanapun masih berupa direktori, sedangkan label hanyalah hasil search (url search). sehingga keduanya tidak bisa disamakan. archive bisa & boleh diindeks oleh spider & tdk di-restricted oleh robot. sebaliknya, robot.txt me-restricted label karena dia hanyalah url search saja. oleh karena itu sebaiknya beri rel nofollow pada label. selanjutnya saya rujuk kesini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/06/karakteristik-dan-optimalkan-label.html
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/06/cara-membuat-label-blogger-nofollow.html

bamboe said...

tepruk tangan deh,.,.
sangay membangun,.....

Grafis 71 said...

Terima kasih atas info soal hosting gratis nih

irudcarutmarut said...

Wah, ternyata pandangan saya selama ini keblinger ya?! Setelah baca artikel ini jadi geleng-geleng sendiri (bikin lebih dari 3 blog, lupa semua password dan id yang dipake, alhasil buat blog lagi, dengan tanpa memperhatikan apa yang diterangkan diatas...). Abis baca artikel mau rencana bikin blog lagi ah, tapi dengan terencana dan tidak dengan 1-2 hari jadi...mudah-mudahan saya bisa.. :) makasih mas infonya...

Jay said...

Saya sudah membuat blog beberapa tahun lalu.. Awalnya berbahasa inggris. Setelah beberapa artikel saya berhenti menulis karena ternyata menulis dgn bahasa inggris lumayan sulit. Kemudian blog yang sama saya ubah jadi bahasa Indonesia dan menghapus posting sebelumnya. Tapi kemudian berhenti lagi karena tidak ada ide tulisan yang bagus. Kalau diisi dgn tulisan sederhana rasanya malu dianggap gak mutu. Minta saran dong.. Bagusnya bgm ya? Apa saya lanjutkan saja menulis walau topiknya sederhana, yg kadang cuma pemikiran sepele dan terkadang bertentangan dengan opini orang banyak?

andika said...

ijin komen sekali lagi


boleh minta masukan ndak mas..karna aq baru belajar ngeblog
law bsa tolong di kirim ke email ini
andika_noey@yahoo.com

thanks sebelumnya

Didont said...

Blog saya hancur sudah mas, gara-gara info yang menyesatkan, padahal traffick udah lumayan. sekarang dari nol lagi....

Blogger Tutorials said...

infonya menarik..
izin copas bang,,, nanti sy cantumkan sumbernya... thx

wiowa shop said...

thks buat infonya...

@Didont; wah knapa tuh gan blognya?

intensifer said...

lagi berusaha buat blog yang berkualitas. makasih banyak atas artikel-artikel di blog ini, karena bagi newbie seperti saya sangat memerlukan masukan, maupun tutorial untuk membangun blog step bye step. thanx alot

fikri audah said...

ini baru artikel yang bermanfaat..
jadi gak keliatan new bie ana kalau pake cara ini..
slam kenal semuanya..buat yang punya blog ini ijin bookmark dulu..hhe :)

Dwijayasblog said...

Waduh, banyak banget sugestinya. Kalo tips dari saya:

"LOVE YOUR OWN BLOG..AND NOTHING ELSE MATTER".

Soal copy paste, yang penting jangan lupa ngasih referensinya, kalo lupa terus diingetin, ya jangan ngebela diri, tapi langsung minta ma'af, pasang linknya, dan harus lebih berhati-hati. Ada lho yang malah nganjurin copy paste, cari aja, pasti ketemu. OK, gitu aja.

PANDU W S said...

Like your bLog... sangat membantu dan saya termotivasi...

Scritti di una solitudine said...

wuihhh postingana bgus bget om bwt sperti saya yg pemula...hehhee

thanks y,
atas pencerahana...

tpi saya masih bingung ya blog saya mau di isi apa??
klo mau om kasih saran dong :)

Anonymous said...

terimaksih pak atas masukannya, blog ini sangat bagus . .

bagi kawan2 newbie bisa belajar dari sini . .

makasih pak . . ^-^

Yudha said...

Artikel ini sangat membantu bagi blogger newbie sperti saya ini yang masih dalam tahap membangun sebuah blog yang berkulitas. Setelah sya telusuri artikel disini semuanya berbobot. dan itu memberikan motivasi pda sya untuk melakukan hal yang serupa. makasih banyak gan infonya.
ditunggu kunjungan baliknya jika berkenan.

_salam blogger_

Ifan Andri Prastya said...

Sungguh sangat bermanfaat bagi saya seorang newbie....
Thank you verymuch...

Hobi Jadi Duit said...

Terimakasih mabro, artikel ini sangat bermanfaat buat belajar membuat blog gue.

Wahyu pranajaya said...

membantu banget artikelnya gan kunjungi juga yah http://bloggersiwahyu.blogspot.com/

Ahiwww said...

sangat bermanfaat artikelnya dan membuka wawasan. salam :)

safety start for my said...

bagus juga tuh tips nya. makasih atas ilmu nya bro salam kenal....!!!

Ismail arief said...

mantap ,,, akan sy coba tips nya gan ,,, kunjungi blog saya , www.ismailchangcut.co.cc

obat lupus said...

benar-benar bermanfaat gan...
jadi termotivasii buat blogging lagi..

BasithKA said...

Bener2 membantu untuk blogger pemula :)

Cara Aqiqah said...

Klo menurut saya, yang paling pertama itu harus memiliki ide untuk apa dan apa isi blog itu, karena menurut saya juga, blog yang memiliki isi yang sesuai dengan tema awalnya akanlebih menarik, dibandingkan dengan blog yang berisi catatan apa saja seperti diary seseorang.

BRIAN MUDA ARYANA said...

TERIMA KASIH ATAS INFONYA

koko_classic said...

Ini dia tips yang benar. Tks mas, sangat berguna untuk pemula seperti saya. Caranya halal, saluuuttttt.... Semoga makin ramai Blog-nya mas.

Syahrur Ramadhan said...

gan, buku tamu itu yang gimana sih ?
tolong pencerahannya ya mas, pemula yang baru belajar blog

aulid hashfial said...

thanks ..
tolong kasih sarannya ya di crnewbie.blogspot.com

arief said...

Nice post mas, beruntung nemuin blog anda.. Soalnya aku lg membuat blog yang skr masih underconstruction. Terima kasih infonya.

BocahUpdate said...

Wow pas neh infonya buat ane yang baru ngeblog 2 minggu...
Temen" kunjungin blog baru ane :
http://bocahupdate.blogspot.com
sekalian beri saran bisa kenalan...:D

iwan kurniawan said...

Sepertinya baru kali ini saya mendapatkan info yang lengkap dan berkwalitas dalam pembuatan blog, mudah-mudahan bisa bermanfaat ilmunya untuk saya yang masih pemula ini. Salam dan sukses selalu Mas..

DRAJAD said...

haduh mantap ni nasihatnya saya ngeblog naik turun moodnya emang ngak bisa dipaksain segala sesuatunya. saya dapet intisarinya yaitu konsisten.

Ummi Rafa said...

Alhamdulillah, akhirnya dapat juga info yang lengkap n berkualitas. Sempat mikir, ko blog saya ga ke 'detect' ya sama search engine. Ternyata setelah baca artikelnya mas, baru tahu deh masih banyak hal yang harus saya benahi, hehehe...

Thanks bgt infonya mas. Sukses selalu...

luna arema said...

waahhhhh.., mantab euy !!! tp mau komen aja koq ribet y pake anti robot sgala .., hehehe.,., tank's you gan info nya

Putra patiwara said...

Check Blog Sya Ya mAs Bro ' bnyak infp-info blog yang perlu anda ketahui .
CHECK TKP ??? http://putrapatiwara.blogspot.com/
THN'S

Jefry said...

Sangat lengkap sekali pembahasannya, cocok sekali untuk pemula seperti saya
terima kasih

Indra ludiana said...

sip mas atas infonya

ketik arab said...

mantap bang indfonya...jadi sering2 walking ya........

Fuji's Blog said...

wah, info yang bagus kk, ternyata selama ini saya sudah salah dalam membuat blog. hehe

Rio Wemel said...

gimana ya, cara mengatur Begronnya, saya mengatur namun gabisah maka aqu tanya. jadi aku minta tlog ya.

PHOENIX 45' said...

Wah info Yang bagus Kak! Terimakasih!
Tapi kak, untuk Blog dengan templates dasar dari blogger tidak apa-apa kan?
Saya juga mau tanya tentang apa itu SEO, karena saya masih belum cukup mengerti dan blog saya tergolong blog baru karena baru 1 minggu buatnya!! Tolong ya kak!!!

Ahmad Khoirul Azmi said...

Tidak masalah, template apapun sebenarnya tidak begitu berpengaruh, justru menurut saya template bawaan blogger itu yang paling bagus, dan paling mudah dikostumisasi untuk desain maupun SEO.
Selamat datang di dunia Blogging.

catatanku said...

walaupun ampe puyeng kpala baca artikel nt,ane coba buat bljar disini gan,info nt sngat bermanfaat buat ane atau mngkin blogger2 pemula spt ane.
mdah2an agan gak bosen buat share ilmunya.
doain ane biar cpet ngrti tntang blogging gan,coz ane gaptek abis..hehehe
thx gan..

PASTA said...

terimakasih infonya mang...

Anomali Dunia said...

saya jg bingung gan gmna awalnya membangun sebuah blog, tpi saya sedikit mendapat masukan dari artikel agan ini.

Baca artikel unik dan menarik di
http://anomali-dunia.blogspot.com/

songkok gresik said...

hebat, sangat bermanfaat sekali buat blogger pemula seperti saya, makasih !

arie said...

ini sangat bagus, pernah 1x saya membuat blog dan terbilang tergesa gesa karna ingin mendapatkan pengunjung, saya copas artikel orang, tetapi saya sadar saya remaja yang harus lebih banyak belajar dan berfikir jernih. saya membuatnya ulang dan ini saya buat dengan jeripayah saya,, setelah membaca artikel di atas saya merasa senang dengan apa yang saya lakukan sekarang. sudinya pemilik blog terkenal ini dapat mampir di blog pemula seperti saya... :)
www.4rieshare.blogspot.com

ziksave said...

Ass,
walaupun hanya sekedar membuat Blog, tapi tetap saja dibutuhkan pemikiran yang matang untuk menentukan kesuksesan seorang blogger.

terimakasih banyak ilmunya, saya akan coba mempraktekan teori yang sudah om azmi jelaskan dalam artikel ini.

Untuk itu saya sangat berterimakasih kepada om azmi yang sudah mau berbagi ilmunya...

Sukses terus y Om,...

:)

TugasS said...

kalau boleh tanya blog dofollow itu apa sih? fungsinya untuk apa dan penggunaannya bagaimana?
Terimakasi ^^

Ahmad Khoirul Azmi said...

Blog dofollow singkatnya adalah blog yang link2 pada commentnya dibuat dofollow, dengan cara menghilangkan rel=nofollow pada tag link. sehingga link yang ada dicomment diindeks oleh search engine. Ke depan akan saya bahas mengenai itu, krena cukup panjang kalo dibahas di comment.

persahabatan sejati said...

gan gimana cara buat seperti about yg diamp[ingnya thu aku gak tau cara nambahin page nya jawab ya gan

nuzil said...

om..
saya cepat bosan nih kalau ngurus blog atau lebih tepatnya sih pengen bikin blog baru terus..
ada saran gak supaya kebiasaan ini bisa hilang ??

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Persahabatan: About yang sebelah mana? maksudnya disamping gimana? kalo widget about du blogger kan sudah ada, tinggal add a gadget aja.
@nuzil: fokus pada topik yang paling disukai, ga harus satu, lebih dari satu juga boleh. Tuangkan semua di satu blog, jangan banyak blog dulu. Terus fokus pada blog itu terua, bosen ga bosen, mau gak mau, kalo cuma 1 blog, maka fokusnya akan terus kesana dan tidak pecah fokus. Yang terpenting, sukai dulu nulis, jangan mikir visitor, traffic, seo, dll, apalagi uang. Kesampungkan dulu dan fokus pada konten.

bundakata said...

saya sedang membangun pondasi blog dulu nih biar kuat diterpa angin ga mudah runtuh

SR20 said...

WOW Awesome !!!!
ane masih newby nih gan,,heheheh
tolong kasih saran tentang blog ane dong gan:
catatanbudakinformatika.blogspot.com

makasih nih gan atas infonya :)

Faisal Syaifudin said...

Thanks mas infonya sgt bermanfaat utk New Bie spt saya, oh iya Mas caranya untuk mendapat Google Page Rank gmana ya? mksh sblm nya Mas.. salam Era Digital,,

blognyakadhenk said...

sangat mendalam pembahasannya.
saya minta izin copy buat bacaan, bukan untuk posting. hehe

intermezo said...

Dan saya paling betah belajar di buka-rahasia

mksh om,inpirasi banget buat blogger baru seperti saya..

carnadi binis said...

Mantap Gan,,, Ahay.. Salam Blogger

bancir sunarya said...

mantap mas, sangat membantu infonya

DetiK said...

Tips yang sangat bermanfaat sekali, banyak bloger-bloger baru yang ingin instan mendapatkan trafik dan PR. intinya adalah mempunyai vvaktu yang cukup dalam ngemong blognya karena blog harus terus hidup.

Handri Zakki Pratama said...

Super bung ! Thanks tips and trik nya, ayas newbie pengen belajar banyak tentang blog, karena memang hobi untuk mengeluarkan ide2.
ayas masih bingung dengan konten suatu blog,
apa iya harus terfokus dalam satu topik, misal tentang edukasi? agar ramai dikunjungi blogger2 lainya?
mohon tanggapanya.. :)
salam kenal..
houseofrorompok.blogspot.com

Tito kharismahuda said...

Jangan lupa kunjungi blog kami . info nya keren kok http://zootodays.blogspot.com

Numz said...

nyimak bos

toko alat pijat said...

tips yang komplit... thanks gan atas sharingnya... jadi lebih tau, izin bokkmark, & praktek,,, :)

TETANG KESEHATAN said...

"BERMANFAAT"

triple-a said...

thx gan atas informasinya!

ayya ainuha said...

thx...izin sedot ilmu nya:)

Dodik Dwi Prasetyo said...

thanks infonya...
bisa minta tolong!! saya melihat blog anda pada bagian header yang ini(Buka Rahasia
About
Blog Tips
Blog Design
Blog Tools, SEO Tips, dll)itu gimana cara ngeditnya supaya bisa dibaca atau di lihat laman yang tersedia di header tersebut,, di blog saya, pada bagian itu ketika saya klik tidak dapat merespons langsung ke halaman yang saya tuju!! trimakasih

Ahmad Khoirul Azmi said...

Yang penting setiap bagian menu harus mengandung link. Diisi dengan url yang benar, sehingga bisa diklik.

adrian said...

Tipsnya manteb banget! Thanks.

fajar said...

mas saya mau tanya, saya kan lg belajar web design nah gmana sih cara,a memasukan layout kita sendiri di blog? terima kasih ^_^

jhaa maulana said...

mas mau nanya neh , blog ku kok berat banget yah ?
padahal blog baru lho ..?
jawab yah mas ..

info dunia kerja said...

artikelnya menarik dan banyak sekali masukan-masukan yang membangun bagi pemula seperti saya ini. Trims ya gan.

PaYa2t said...

Mantapppp, buat orang baru belajar ngeblok sperti saya, biar nambah ilmu. Thanks

Chandra said...

Tips yang bagus, memberi saya gambaran untuk ngeblog ke dpn nya.

ances said...

thanks.saya sdh banyak membaca artikelnya disini.yang menurut saya sangat bagus dan terperinci.maaf karena saya nasih baru membuat blog.saya belum dapat cara membuat blog dari awal.hampir banyak saya coba meta tag,hasilnya error.permasalahannya saya juga tdk tau dari mana salahnya dan cara memperbaikinya.klu bisa bantu ,tolong bantuannya.kalau masalah bikin lagi soal mudah.tapi percuma klu tdk tau memperbaiki kesalahannya.

wahyu said...

Sampai saat ini saya baru menginjak pada proses konstruksi blog. Memang benar, tidak mudah menjadi seorang blogger tapi menjalani sebagai seorang blogger lebih menyenangkan. So far, dont think about money just post it and enjoy that. Because blogging is a lifesyle

laskar awan said...

banyak sekali ilmu yang saya dapat disini makasih mas

jalur sutra said...

bismillah,,,trima kasih banyak guru, atas ilmunya, bagi pemula sperti kami, stiap hari tak terlewatkan utk mengintip wajah wajah baru postingan guru, skiranya ada waktu luang silahkan guru mampir ke gubug sederhana kami, kami tunggu kehadirany:)

Putra said...

memang mas bro jika kita melakukan hal yang baru akan membuahkan hasil positif yang terbaik . . . keren artikelnya bro . . . sesuai profil penulis hehe . . .

Fatkhul Hidayat said...

Maaf nich. beginner.gmana ya biar artikel mudah diindeks?

Ahmad Khoirul Azmi said...

cek di sini: http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/cara-mempercepat-indeks-blog-google.html

Usman Saudara Semua said...

Yuk Beriteraksi Bicara Bahasa Inggris
yes2course.blogspot.com

alfajri rahman said...

maksih gann....sangat bermanfaat bg saya yg baru memulai blog...
gan mw nanya..untuk masang iklan d blog t gmana saya sudah mencoba cara yg agan ksh..tp pas mengklik gambar yg untuk iklan t,malah gambarnya ke buka,,tolong bantu gan..ma ksh sblumnya..

Mardianto Z said...

Salam Kenal gan.
izin copas ya gan saya cantumin sumber aktifnya

Cleverboyz.blogspot.com

Thums for your artikel :)

Riza Faishol said...

oke juga nih tipsnya,

blog ane nih gan
http://indonesiaquote.blogspot.com/

tan ikent said...

Thx Mas Bro..
Artilkel serta informasinya bagus dan bermanfaat sekali, buat masukan ane sebagai pemula..

Hoho VanSmurt said...

terimakasih atas infonya, memang untuk seperti saya newbie banyak belajar, jangan pernah berhenti untuk menjadi guru bagi pemula yang lain.

TABUHGONG said...

ada satu dua poin yg belum saya lakukan untuk blog saya, wah berarti kita gak jauh beda nih gan...hehe
salam blogger

Rizal Khanafi said...

thats cool article.. and so original...
this blog has "own sense".....
i like it..

agus ak said...

permisi,, mau numpang belajar

anwas mashuri said...

he,,,, setelah baca artikel ini saya hanya bisa senyum bangga, SAYA HARUS BISA!
he,,, mas artikel nie penuh dengan motivasi untuk membangun blog saya yang baru lahir bulan kemaren,,,,
saya baru terjun d dunia blog!
wah,,,, saya harus bisa nulis sendiri bukan ngopy/paste artikel orang!
makasi motivasinya....
http://pusattrikk.blogspot.com/

Miftakhul mustaqim said...

saya suka anime dan ingin menularkan ke pengunjung saya boleh tau g caranya seperti apa? untuk lebih jelasnya bisa dilihat di blog saya Aerkingdom terima kasih...

aurigamaulana said...

Mas, saya mau bertanya. Pada SEO Analyzer, ada warning:
"The website may be new. For PR 3+ we give the maximum SEO score. PageRank may bump your website to the top of SERP. A lot of "self-named SEO experts" claim that offsite optimization may increase your PR but we suggest you have patience and give freedom to Google to do this."

Maksudnya apa Mas? terus cara increase-nya gmn? Dulu tuh blog saya pernah dapat pagerank 2, tp turun krn lama berhenti.
Saya berharap tutornya

Ahmad Khoirul Azmi said...

"Situs anda mungkin masih baru. SEO analyzer baru bisa memberikan nilai jelas bagi situs yang sudah ber-PR 3 ke atas. Banyak ahli SEO mengklaim bahwa offpage SEO mungkin dapat meningkatkan pagerank, tapi kami menyarankan anda bersabar dan menyerahkannya pada Google untuk menentukannya."

Itu kira2. Intinya poin2 di atas menyebutkan bahwa usia website berpengaruh dan onSite SEO punya andil besar pula. Onsite atau onPage bisa diartikan sebagai konten. Perbaiki dan buat konten terbaik dulu sebelum melakukan offpage SEO (i.e. Link Building).

Oke ini topik yang bagus dan kebetulan saya ingin sekali menulisnya. Banyak blogger dan webmaster bernafsu melakukan oofpage SEO secara menggebu2, tapi mereka tidak pernah memikirkan konten dan onpage SEO sama sekali. Padahal ini langkah yang salah.

aurigamaulana said...

oh buat artikel lagi ya. dulu saya bisa dapet page rank 2 tuh mas. tp turun gara2 gk diurus lg

agus wiyanto said...

setelah membaca bebrapa artikel di blog anda, ada yang saya mau tanyakan, saat ini saya telah menghapus 4 buah blog dan rencana akan menghapus satu blog lagi dan membuat baru dengan mengikuti saran dari blog anda, yang jadi pertanyaan apakah ada masalah nantinya kalau saya sering menghapus blog yang telah saya buat ?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Jika,blog anda sudah memiliki traffic, tentu jadi masalah. Tapi jika belum, tdk ada masalah apa2. Saya tidak pernah menyarankan untuk menghapus blog lama dan membuat blog baru, jika memang blog yang sudah dibuat bisa diperbaiki dan dibangun kembali, tidak perlu dihapus. Menghapus dan membuat blog baru lagi berkali-kali justru merupakan cara yang sama sekali tidak efektif.

agus wiyanto said...

blog tersebut blum saya publikasikan karena saya masih belajar takut banyak salahnya... dan benar-benar blog yang saya hapus itu amburadul sekali. Terima kasih atas sarannya.... saya akan memulai membangun blog atas saran anda... terima kasih banyak atas perhatiannya.....

dody soo said...

Terima kasih atas infonya.... berapa lama biasanya blog baru bisa terindex...? apa yang biasanya menghambat sebuah blog terindex...?

saya baru belajar buat blog :
http://weightlosspercentagecalculator.blogspot.com/

mohon masukan dan pencerahannya.... trim's

maiko muki said...

Saya Kira tujuan dalam ngebloglah yang menjadi pondasi awal dalam membuat dan mengembangkan blog.soal tampilan menurutku lebih ke nomer sekian

Rifky Iqbal Algifari said...

memang susah membangun sebuah blog harus di sertai kesabaran,. tapi saya tidak pernah berhenti berusaha :)

http://qyystyle.blogspot.com

Muhammad Rauuf said...

terimakasih pak atas tips nya, saya baru mengerti sekarang :)

Quthby Arnope said...

terima kasih, artikelnya sangat membantu bagi saya "pemula"

Yang Neng said...

Terima kasih ,artikelnya
sangat membantu
Kunjungi balik ya..
www.softcomfree.blogspot.com

Zis Wan said...

terus kalau udah lumayan gimana buat cari uang d blog gan...?

Henki Triswanto said...

dulu saya kira ngeblog itu sama mudahnya seperti pakai facebook ternyata....bener-bener bikin pusing,sering kena penalty dari mbah google ,tapi saya tidak menyerah,harus banyak belajar terutama dari blok ini ,terima kasih gan

Henki Triswanto said...

tutorial yang sangat lengkapa,thank

rina adibah said...

makasih mas. infonya sangat bermanfaat

Admin_Publisher Gallery Video Files said...

Blog yang sangat familiar dengan SEO nya.

terima kasih, very useful for me. great job, n keep it up.

Faizal Baihaqi said...

Ini baru berbobot.. :D

RemajaMuslimCenter said...

Iya nih, Siiip banget mas artikelnya.. Jadi Malu saya, juga jadi tambah termotivasi buat perbaiki blog saya.. Thanks ya

Khasan Alkayyis Mansyuriina said...

Maaf mas Azmi. sy mau tanya. Ketika sy mencoba membuat blog, kenapa sebagian widget nya tidak terbaca di Mozilla? Padahal di Chrome bisa terlihat. Widget trsebut tepatnya WIdget sponsor yang berada di sidebar paling atas.
Kalau tidak keberatan, masalahnya terletak di mana ya? blog saya akses-ilmu.blogspot.com
Terima kasih sebelumnya. Akn sy ikuti komen balasannya.

memberantash.blogspot.com said...

trims untuk semua pembelajaran yang gratis ini , karena begitu banyaknya ilmu yang saya dapat dari penulisan ini membuat saya harus mencatatannya dan mencoba satu persatu sekali lagi GAn

Azam Sullivan said...

siap, mencoba, mumpung masih baru

van cooth said...

apakah template blog saya bisa terindeks digoogle ya mas atau widgetnya berlebihan ya?, mohon bantuannya

saya baru belajar buat blog mas :
www.racikanjamutradisional.blogspot.com

terimakasih :)

Firza ilham pratomo said...

Nah ini dia yang harus diperhatikan sebelum lebih jauh mendalami dunia blogger...

Thanks a lot Mr.Azmi

- Best regards -

ahmad arfa' said...

Assalamu'alaikum mas author..
Saya masih newbie dan senang sekali bisa mengunjungi blog mas. Saya juga masih baru2 ini blogwalking. Saya suka gak pede dengan tulisan saya, merasa isinya kurang penting lah, gak berbobot lah, dan akhirnya gak jadi saya post. Yang ingin saya tanya bagaimana supaya kita merasa pede dengan tulisan kita?
Makasih banyak sebelumnya mas..

AHMAD BAIHAQI said...

keren banget mas tipsnya,,,nulis artikel memang harus lagi segar kepala, klo lagi mumet pasti mentok hehe.

Randi Andrian said...

sip thanks mas info.a ,. soal.a saya juga lagi belajar tentang dunia bloging hihi , ya semoga aja saya juga seperti pemilik web ini,. amin..

nihon-lyrics said...

nice artikel gan, saya mau daftarin blog dulu ke alexa

sijual madu said...

Artikel di blog ini berbobot semua. Saya belum bisa membuat blog mas, baru mulai belajar :)

jaenudin maulana said...

terima kasih atas sarannya, artikel ini sangat bermanfaat.

Farhan Hadiantoro said...

Terus terang saya masih bingung bagaimana cara blogwalking yang berkualitas. Tapi terima kasih atas sarannya. Sangat membantu :)

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap