Mengapa Jumlah Backlink Google Sedikit? Ini Jawabannya!

Jumlah backlink blog/web yang ditemukan Google di situs lain diyakini masih berpengaruh terhadap rangking suatu halaman web/blog di Google Search Engine maupun dalam kaitannya dengan PageRank. Meskipun sebenarnya, telah banyak ditegaskan oleh para master SEO bahwa kualitas backlink-lah yang lebih menentukan. Seiring dengan pemahaman itu, banyak yang mengeluh mengapa jumlah backlink Google selalu saja nampak sedikit padahal link building terus menerus dilakukan bahkan sudah tidak terhitung lagi jumlah link yang telah ditanam.

Suatu ketika ada yang berbicara, "Blog ane jumlah backlinknya 6, kok PR-nya cuma 1 ya? Sedangkan Blog-nya si A jumlah backlink-nya cuma ada 1, tapi kok PR-nya 4? Kok bisa? Ada apa? Kenapa?!"

Seperti yang telah kita ketahui, cara paling umum untuk mengetahui jumlah backlink adalah dengan mengetikkan perintah tertentu di dalam kotak pencarian Google:
link:url atau link:nama domain (semua tanpa spasi)
Contoh:
link:http://buka-rahasia.blogspot.com atau link:buka-rahasia.blogspot.com (tambahkan www jika anda menggunakannya sebagai nama domain utama, dan sebaliknya, jangan gunakan www jika bukan merupakan nama domain utama, karena hasilnya akan berbeda)
Biasanya, dan kebanyakan, kita hanya akan melihat beberapa domain atau halaman web/blog yang muncul pada hasil pencarian. Benarkah demikian jumlah backlink suatu web/blog yang telah ditentukan (masuk kriteria sebagai backlink) oleh Google?

Mungkin bagi beberapa ahli SEO, sudah sangat dipahami betul mengapa demikian. Namun, karena rasa penasaran, sekitar beberapa bulan yang lalu, saya melakukan googling dan mencari berbagai macam informasi mengenai ketepatan jumlah backlink Google, termasuk mengunjungi blog Matt Cutts, software engineer-nya Google:
"The short answer is that historically, we only had room for a very small percentage of backlinks because web search was the main part and we didn't have a ton of servers for link colon queries and so, we have doubled or increased the amount of backlinks that we show over time for link colon, but it is still a sub-sample. It's a relatively small percentage. And I think that that's a pretty good balance, because if you just automatically show a ton of backlinks for any website then spammers or competitors can use that to try to reverse engineer someone's rankings."
Interpretasi bebasnya kurang lebih adalah: Google hanya menyediakan ruang yang sedikit untuk menampilkan hasil search query pada backlink, sehingga yang ditampilkan pun hanya sepersekian persen saja. Ini karena fungsi pencarian diutamakan untuk pencarian web secara umum. Itu beberapa tahun yang lalu. Meskipun sekarang jumlah server Google jauh berkali lipat dari sebelumnya, dan jumlah backlink yang ditampilkan bertambah, namun itu masih beberapa persen saja dari keseluruhan jumlah backlink yang dimiliki oleh sebuah website. Salah satu tujuannya adalah untuk menghindari spam ke situs-situs pemberi backlink dan merahasiakan backlink suatu situs dari situs-situs pesaing.

Telah jelas sekarang bahwa jumlah backlink suatu web/blog yang ditampilkan di hasil pencarian Google bukanlah jumlah backlink yang sesungguhnya dan Google sendiripun mengakuinya.

Lalu, bagaimana cara mengetahui jumlah backlink yang sesungguhnya? Setidaknya bagi webmaster/owner dari sebuah blog/website? Menjawab ini, Matt Cutts kemudian melanjutkan,
"To see a much larger sampling of links to any verified site in Webmaster Tools:
1. On the Webmaster Tools Home page, click the site you want.
2. Under Your site on the web, click Links to your site.
Note: Not all links to your site may be listed. This is normal"
Untuk melihat contoh backlink dalam jumlah yang lebih besar, kita dapat menggunakan Google Webmaster Tools, dimana setiap pemilik website dapat melihat beberapa laporan dan melakukan analisis sederhana mengenai keberadaan website-nya di search engine. Setelah  masuk ke beranda Google Webmaster Tools (note: web/blog harus sudah terdaftar dan terverifikasi di Google terlebih dahulu), kemudian klik web/blog yang ingin anda lihat. Setelah masuk ke dashboard salah satu web/blog anda, klik "Links to your site" atau "Link ke situs anda". Disana anda akan melihat 3 bagian penting: Sampel dan jumlah situs teratas yang mempunyai link ke situs anda, halaman-halaman situs yang paling banyak memiliki link, dan keyword/phrase (anchor text) terbanyak dari link-link terebut.

Sekali lagi (dan lagi-lagi!) Google juga menekankan bahwa tidak semuanya ditampilkan dan itu normal. Jadi jawaban atas pertanyaan mengenai jumlah backlink Google terhadap suatu web/blog telah jelas sekarang.

Backlink blog ini, yang ditampilkan di hasil pencarian Google, juga berubah-ubah. Kadang-kadang hanya dua. Pernah beberapa bulan kemudian saya cek ada 16 buah backlink yang ditampilkan. Dan, terakhir saya cek hanya empat backlink. Kemudian yang ditampilkan di Webmaster Tools pun juga tidak stabil, terakhir saya cek ada 236 situs yang memiliki backlink blog ini dan 3341 link halaman-halaman blog ini yang mendapat linkback. 

Akan tetapi karena telah jelas duduk perkaranya, menurut hemat saya, kita tidak perlu merisaukan jumlah backlink yang ditampilkan di search engine maupun Webmaster Tools karena, seperti halnya rahasia Google dalam menentukan PageRank dan ribuan faktor yang menjadi penentunya, kita tidak akan pernah tau jumlah backlink Google yang sesungguhnya. Lebih baik tetap fokus pada bagaimana membangun web/blog yang valuable buat pengunjung dan terus meningkatkan SEO-nya, bukan?

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Mengapa Jumlah Backlink Google Sedikit? Ini Jawabannya!
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 25 Comment(s):

nova13 said...

makasih ya sob atas info inih :D
sebenarnya gak usah mikirin tentang backlink dari google, kan setelah dilihat juga link dari blog2 lain?? hihi

Ahmad Khoirul Azmee said...

yup you're welcome. maksudnya setelah dilihat juga link dari blog lain gimana bro? :D

Mr. Andre Golvano said...

terima kasih gan infonya...
jujur setelah ane baca masih gak terlalu mudeng.. kayaknya ini level nya beda sama ane yang masih newbie dalam hal seo..
nice share

Ahmad Khoirul Azmee said...

its okay bro, semua ada tahap dan prosesnya. welcome to blogosphere :D thanks for visiting and commenting.

justdente said...

"Lebih baik tetap fokus pada bagaimana membangun web/blog yang valuable buat pengunjung dan terus meningkatkan SEO-nya, bukan?" <--- saya juga berpendapat sama gan dengan kata² ini... Ok salam kenal, dan link back dong :)

Share With Irfan said...

Yup..betul sekali, jumlah backlink di Google webmaster memang selalu berubah. Saya pun sudah malas kalo terlalu sering menceknya. Yang penting link building jalan dan Alexa rank terus menciut ya kan..

joko said...

makasih mas bro atas infonya. :)
pencerahan buat ane nih. :D

Chandra Haekal said...

o..begitu...
terima kasih sob atas informasinya
kalo ada waktu mampir ke blogku ya
http://www.woodtropis.blogspot.com

today said...

thank's ya brot dah kasih tau

bbrrrrr......pantes aja dlm sebulan ini backlink yg cuman 6 biji ko mlh jadi seekor...jd takut ntar kl seabis lebaran gk dpt pr..apalgi backlikku kl diliat dr webmaster jg berkurang...cape dehhh

Madrowi said...

Thanks sharingnya, ternyata rahasianya ya masih misterius ...
Salam

zarnadi said...

makash ya gan tapi aku kok nggak ngudeng ya....?

Yogi Harits dot com said...

mangtabs ...
jadi makin cerah dahh, soal jumlah backlink, mengerti walaupun agak sedikit pusing membacanya, karena harus diputar2, blog adalah logikan seseorang heheh #menurutsayamas, ... :D
thanks for share mas azmee ...

farid said...

makasih infonya....

sangat bermanfaat skali...

maaf nich saya mau tanya, maklum saya masih Katro,
yang penting di backlink itu link webnya atau link artikelnya.
makasih bantuannya...
salam kenal

Ahmad Khoirul Azmee said...

untuk blog baru atau yg belum teroptimasi dengan baik, lebih baik kuatkan dulu link homepage dg keyword yg ingin dioptimasikan. Sedang untuk posting, bangun link dengan cara mengoptimasinya melalui social bookmark.

Wisata Bandung said...

Apakah Backlink sangat Pengaruh dengan peringkat di google Gan ?

Ahmad Khoirul Azmee said...

ya backlink sangat berpengaruh. tentu saja ada banyak faktor lain yang mempengaruhi peringkat di Google, misalnya keyword. Tapi backlink adalah pertimbangan paling ampuh dari Google untuk menentukan peringkat. Jumlah tidak siginifikan, yang paling penting adalah kualitas.

Fardi Khalid said...

informasi yang bagus sekali....

Cheat Hack Ninja Saga said...
This comment has been removed by a blog administrator.
BamZ said...

Kapan yah punya backlink ribuan hehe

harga tangki air said...

Baru googling cari 'cara mengecek jumlah backlink google webmaster' eh ada blog nya mas, sekalian mampir lagi nih mas...

Saya bingung nih mas, perasaan sekitar 2-3 bulan ini udah blogwalking ke mana2, baca2 artikel dan kasih comment2 juga, sekalian cari ilmu, sekalian cari backlink juga maksudnya. Tapi waktu di cek lewat www.backlinkwatch.com maupun cara yang mas tulis di atas link:http://tangki-hdpe.blogspot.com/ melalui google, koq ya tetep belum ada backlinknya ya mas??

Kenapa bisa begitu ya mas??

Terimakasih atas perhatiannya...
Sukses selalu,

Ahmad Khoirul Azmi said...

Google memiliki kriteria tersendiri mengenai suatu backlink, poinnya ada pada backlink berkualitas, sehingga sebenarnya menyerbu dengan banyak backlink secara membabi buta justru tidak efektif karena tanpa pertimbangan kualitas backlink. Jadi belum tentu suatu link yg ditanam akan diperhitungkan sebagai backlink oleh Google. Untuk melihat ringkasan mengenai backlink bisa dilihat di http://buka-rahasia.blogspot.com/p/free-backlink-builder-get-quality.html

harga tangki air said...

Terimakasih mas atas jawaban2 pada pertanyaan2 saya, baik di postingan ini maupun di postingan2 yang lain...

Jawaban yang diberikan sungguh membantu saya yang sedang belajar dan belajar SEO dan aspek2 didalamnya,

Terimakasih mas, sukses selalu...

Blog BPR said...

mantap gan :)

PT. Cipta Karya Presisi said...

Bagus sekali pak guru ulasannya. Bagaimanapun semestinya bukan backlink yang kita fikirkan, tapi kepuasan pengunjung atas kwalitas konten blog kita. Dan terus terang, kalau bicara kwalitas konten, saya rasa tidak berlebihan bila blog Buka Rahasia ini merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia saat ini.

alief rakhman said...

terimakasih informasinya,

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap