Co.Cc Menghilang dari Indeks Google! (Google Banned Co.Cc)



Pagi ini ketika sedang mencari kondisi indeks dari blog saya yang lain, http://www.bukarasa.co.cc, saya benar-benar terkejut karena indeksnya benar-benar menghilang dari halaman search Google. Yang ada hanya informasi-informasi yang berkaitan dengan blog itu. Aneh. Yang muncul pertama kali adalah blog ini yang memang memuat link blog tersebut, disusul dengan direktori-direktori blog.
Setelah saya surf hinga ke halaman-halaman bontot, tetap tidak ada indeksnya sama sekali! Karena penasaran, saya mencari langsung home domain dari Co.Cc, dan ini hasilnya:
Sama saja! Hasilnya adalah indeks situs-situs yang memiliki matched keyword yang relevan saja. Dan setelah saya browse hingga belakang, sama sekali tidak ada halaman situs penyedian domain gratis tersebut. Ada apakah?

Saya menemukan salah satu informasi tentang Google yang melakukan banning terhadap situs Co.Cc dan semua situs/blog yang berinduk pada domain Co.Cc tersebut. Search Engine Roud Table memuat beberapa informasi dan konfirmasi mengenai hal tersebut yang disampaikan oleh Matt Cutts. Seorang internal  Google, JohnMu mengatakan:
As he mentions there, "if we see a very large fraction of sites on a specific freehost be spammy or low-quality, we do reserve the right to take action on the freehost as a whole." Taking action like this is not really something new, and it is something that we may do elsewhere at Google as well (yaitu malware-azmee)
If you feel that your particular site is in line with our Webmaster Guidelines, I would recommend submitting a reconsideration request. Additionally, if you use a subdomain on a widely used domain name, and feel that your subdomain provider is not up to par with regards to preventing and handling abuse quickly - be it webspam, phishing, or malware - you may wish to look into ways of remedying that.
Salah satu penyebab deindex/removal dari situs-situs Co.Cc adalah karena banyaknya situs-situs spammer dan berkualitas rendah yang menggunakan hosting domain gratis tersebut. Sebenarnya ini bukan hal baru yang juga kami lakukan pada situs-situs sejenis. Jika anda merasa situs anda sesuai dengan Google Webmaster Guidelines, silahkan ajukan permohonan kepada Google untuk mempertimbangkan kembali penghapusan tersebut. Termasuk juga pada pemilik hosting domain gratis dapat juga memberikan penjelasan bahwa situsnya segera akan menangani kasus-kasus yang mana membuat Google menghapus/deindex situs penyedia hosting domai gratis tersebut.

Aduuuhh, ini dia jawabannya terbuka sudah. Co.Cc dibanned dan dihapus Google dari indeks pencarian. Jelas bahwa Google menganggap terlalu banyak situs-stus yang menginduk pada Co.Cc yang dianggap sebagai spammer, phiser, malware dan lain-lain. Oleh karena itu Google menghapus semua situs Co.Cc tanpa pandang bulu. Padahal masih banyak situs Co.Cc yang isinya positif, valuable. Merugikan sekali  bukan? Apalagi Blog Buka Rasa yang berdomain Co.Cc itu baru dihadiahi PR 2 oleh Google. Eeeh, selang beberapa hari, indeksnya hilang semua dari halaman-halaman Google. Apess!

Update 7-7-2011: Seluruh web/blog yang menginduk domain Co.Cc (sekitar 11 jutaan) telah resmi dihapus dari indeks Google. Alasan terbesar adalah banyaknya spammy web dengan SLD (Second Level Domain) co.cc tersebut. Tidak ada kepastian sama sekali tentang peng-indeks-an kembali situs-situs Co.Cc. Bahkan santer isu mengenai  akan adanya target-target serupa oleh Google baik pada penyedia domain hosting tertentu (terutama yang freehost) maupun pada domain-domain/website-website secara individual, yang menurut Google termasuk spammy web atau situs berkualitas rendah.  Untuk mengetahui kriteria web/blog berkualitas dan tidak berkualitas cek Panduan dan Kriteria Google Quality Content. Kungfu Panda Google (yang di-update diam-diam sebelum Pagerank Update 27 Juni 2011) ternyata benar-benar "brutal". So, be careful in maintaining your web/blog and build your web/blog's links naturally to avoid Google Shaolin Kick, dudes... :-)

Bagaimana dengan blog-blog sobat Blogger semua yang menggunakan Co.Cc? Sudahkah melakukan cek? Saya sempat mengecek beberapa blog sobat-sobat saya yang berdomain Co.Cc, dan semuanya menghilang dari indeks Google! 

Dibutuhkan penyikapan serius bagi sobat semua yang memiliki blog berdomain Co.Cc. Paling tidak, pantau terus perkembangan informasinya. Apakah ini hanya sementara? Sampai kapan? Apakah ada upaya dari Pihak Co.Cc? Apakah ini memberikan dampak besar bagi traffic blog? Jika tidak ada kepastian ini berakhir dan dalam waktu lama, apalagi traffic blog menurun drastis, selayaknya sobat harus segera memikirkan tentang mengganti domain lagi, membeli atau paling tidak mengembalikannya ke sebagai subdomain dari penyedia platform blog. Entah Blogspot, WordPress, atau yang lainnya.

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Co.Cc Menghilang dari Indeks Google! (Google Banned Co.Cc)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 19 Comment(s):

Bima Cahya Nugraha said...

pke tk aja gan...
domain TLD (TOP LEVEL DOMAIN) Yang gratis...

buru software said...

pake dot.tk aja gan

Ragil Kusumawardani said...

iya kang, blog saya memakai domain .co.cc dan saya sudah lama melakukan pengecekan di search engine google namun hasilnya nihil terus,
bagaimana yah untuk bisa terlihat di google??

RegiAdi said...

sayang sekali, padahal banyak blog yang berisi konten positif hilang begitu saja gara-gara domain .co.cc dihilangkan dari indeks.

salam kenal,
RegiAdi

Ahmad Khoirul Azmee said...

@Bima Cahya Nugraha & buru software: do TK memiliki kredibilitas buruk bro di kalangan Blogger. Meskipun dia TLD tapi ada banyak hal yang jadi masalah. diantaranya TK sering sekali menarik dan mengambil alih domain blog/web .tk yang sudah memiliki pagerank tinggi secara tiba-tiba. sangat tidak fair. jadi saya mikir dua kali dulu buat pake .tk. mending balik pake second level domain penyedia blog.

@Ragil Kusumawardani: itu kebnijakan dari Google untuk menghapus semua yang berdomain .co.cc. sehingga kita tidak bisa apa2. kita tunggu saja reaksi dari pihak co.cc dan bagaimana usahanya untuk mengembalikan indeks semua co.cc di Google.

@RegiAdi: Iya itu dia, kerugian yang seharusnya ditanggung web2 co.cc yang buruk saja jadi harus ditanggung oleh semua co.cc. gak fair banget tuh. salam kenal juga

rafa said...

ow gitu ya gan...pantesan blog ane yg co.cc di search gak muncul...kirain punya ane kena sandbk...

Ahmad Khoirul Azmee said...

@rafa: yup, bener banget. sandbox hanya menyasar pada halaman-halaman tertentu saja yang dianggap keterlaluan sama Google bro, tapi tidak pada semua indeks halaman, kecuali website/blog tersebut udah bener2 jadi spammer kelas kakap.

Nine Mouse said...

kmarin sempet kepingin pake co.cc krn selain free dan bisa menghasilkan dolar.. tp eh pihak google berkata domain co.cc banyak melakukan spam sehingga meghilangkannya dr indeks ,,ya apa boleh buat pake .blogspot.com jg bisa unjuk gigi..☺☺☺☺

Ahmad Khoirul Azmee said...

2Nine Mouse: yup, bener! selama ini kalo pake subdomain platform blog, seperti blogspot.com dan wordpress.com, selalu dianggap remeh n ga professional. padahal itu adalah pilihan. professional n ga professional tidak tergantung pada root domain/subdomain, tapi bagaimana kita membawa blog itu, dengan isi tulisan yang kuat, original, dan bermanfaat.

Ragil Kusumawardani said...

Saya sudah mengganti kembali domain saya ke ".blogspot.com" tapi saya coba search kembali di google masih tetap tidak terdeteksi, kenapa yah?

Ahmad Khoirul Azmee said...

karena sudah mengubah domain, maka harus melakukan beberapa langkah optimasi lagi, kan nama domain dan url sudah berbeda. Mulai lah dengan memperkenalkan kembali blog ke search engine, baca:
Cara Agar Blog Cepat di-Indeks Google Search Engine

chipshoes said...

Members (122) , betul gan...aku juga inisial Co.cc baru dpt PR2,eh...ngk ke index di google hrs ganti lg ke blogspot.
jangan lupa gan followersnya di balas
Salam ..Sobat

Ahmad Khoirul Azmee said...

oke mas shoes, segera kesana. Soal co.cc, wah masih jengkel banget neh :(

dukun design said...

saya dan sekeluarga turut berduka cita atas kejadian yang menimpa dot co dot cece hiks... T-T

c3rb3ru5 said...

hahaha pake .tk aja ribet dah wkkkkkkkk

Ahmad Khoirul Azmee said...

@dukun design: haha, untung kamu belum jadi ganti co.cc bro. :D

@c3rb3ru5: maksudnya gimana ya?

M. Miftahur Royan said...

follow 315 gan
follback ya http://4kopisusu.blogspot.com

Kisna Hafizh said...

Mantaff sob. Blog Walking...
Salam Kenal. Jangan lupa kunjung balik broo...

Henki Triswanto said...

pakai blogspot aja kepunyaan google ditanggung aman

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap