11 Pertanyaan Penting Sebelum Menerbitkan Artikel Blog

edit artikel blog
Berapa kalikah sobat mengedit sebuah posting/artikel blog setelah menerbitkannya? Saya pernah menghadapi permasalahan serupa dan ada banyak penyebabnya: kesalahan ejaan kata lah, kesalahan link yang ditulis lah, materi yang keliru lah, keyword yang salah lah, judul yang kurang tepatlah dan lain sebagainya.

Sebagaimana yang dialami, sobat harus bolak-balik membuka post editor dan melakukan editing pada kasus-kasus tersebut. Melelahkan, tidak efisien, dan terkadang membuat jengkel. Dan ujungnya malas mengeditnya. Seperti halnya sobat, saya pun pernah mengalami hal serupa. Kemudian saya mengakali dengan membuat checklist, daftar hal-hal yang harus saya lakukan sebelum menerbitkan. Sobat pun dapat membuatnya. Dasarkan list tersebut pada pertanyaan-pertanyaan pribadi yang sudah saya susun sebagai poin penting sebelum menerbitkan artikel blog berikut:

1. Apakah saya sudah membaca artikel tersebut setelah menuliskannya?

Semudah pertanyaannya, banyak orang yang jarang membaca kembali artikel yang sudah ditulis dan langsung menerbitkannya. Membaca artikel terlebih dahulu sebelum dibaca orang lain adalah hal yang sangat penting. Kita perlu mengetahui isi artikel yang kita tulis dari sudut pandang pembaca. Apakah argumen-argumennya sudah solid? Adakah poin-poin yang terlewatkan? Bagaimana dengan kesan yang ditangkap? dan seterusnya. Untuk melihat tampilan artikel secara keseluruhan seperti sebagaimana dia diterbitkan, gunakan fitur "Preview" atau "Pratinjau" di post editor.

2. Apakah isi artikel sudah selengkap mungkin seperti yang diharapkan?

Jika ingin mendapatkan traffic/pembaca dan backlink sebanyak mungkin, pastikan artikel telah lengkap selengkap-lengkapnya. Setelah melakukan checking tahap pertama, pastikan lagi apakah sobat bisa menambahkan poin lain atau penjelasan lain yang belum di-cover. Dengan melengkapi isi artikel, kita dapat mengcover semua kebutuhan pembaca yang membutuhkan penjelasan berbeda-beda pada beberapa poin. Misalnya, jika sobat menuliskan artikel review software, lihat apakah ada poin penting terlewatkan. Misalnya, bagaimana dengan system requirements, CPU resource yang dibutuhkan, efek negatif, compatible kah dengan windows 7? dsb. Orang yang menemukan sebuah artikel dari beberapa sisi cenderung menyukai dan bahkan akan menggunakan artikel berkualitas tersebut sebagai sumber yang ditautkan.

3. Apakah saya telah melakukan analisis keyword yang berkaitan?

Keyword adalah aspek penting yang menunjukkan relevansi suatu konten, baik untuk pembaca maupun search engine. Keyword yang relevan dan banyak dicari adalah keywords yang sering digunakan orang. Pertama, karena orang jadi mudah memahami isi posting. Kedua, membantu upaya optimalisasi search engine (SEO). Ingat saya tidak berbicara tentang menggunakan keyword sebanyak-banyaknya (spamming), tapi tentang keyword yang relevan dan banyak dicari. Sebagai contoh, jika sobat menulis artikel tentang game komputer, akan lebih sulit mendapatkan traffic dari pembaca yang menggunakan keyword "permainan komputer" dibanding yang menggunakan keyword "computer game". Meskipun yang pertama adalah istilah bahasa Indonesia yang baik dan benar, belum tentu mendatangkan traffic secara masif dari Indonesia.

4. Apakah judul posting telah dioptimalkan sedemikian rupa?

Judul adalah bagian pertama dan utama sebuah tulisan. Bahkan jauh lebih penting daripada isi artikel karena jika judul gagal menarik atensi pembaca, bisa dibilang isinya telah gagal membuktikan apa yang diungkapkan oleh judul. Pastikan judul memiliki relevansi kuat, provokatif, serta punya daya emosional, yang dapat menarik pembaca untuk melihat isi posting blog dengan semangat tinggi.

5. Apakah saya sudah membaca sekali lagi (lagi-lagi)?

Saya tahu di awal pertanyaan poin ini sudah dilakukan. Tapi kali ini fokuskan pada hasil akhir tulisan (proofread). Buktikan sekali lagi bahwa semua hal telah disempurnakan sedemikian rupa. Fokuskan pada tata bahasa, ejaan, kalimat, paragraf, dll. Ada satu trik yang biasa saya lakukan untuk menguji posting pada tahap ini: membaca artikel dari belakang ke depan (memang agak aneh :p) atau membacanya dengan bersuara. Keduanya akan membuat sobat fokus pada masing-masing kata sehingga lebih mudah menemukan adanya kesalahan.

6. Apakah saya sudah menautkan link ke posting-posting lama (internal linking)?

Menautkan link  ke posting lain/lama (internal linkingsangat bermanfaat bagi pembaca dan robot search engine. Yang pertama, membantu pembaca mengeksplorasi dan mendapatkan referensi selengkapnya mengenai suatu hal dari posting-posting lama di dalam arsip. Yang kedua, robot search engine dapat dengan mudah dan efisien melakukan crawling (perayapan) dan pemahaman terhadap isi konten serta membantu upaya SEO. Sebelum menerbitkan artikel, sediakan waktu untuk menemukan posting/artikel lama yang relevan untuk ditautkan.

7. Apakah saya sudah menautkan link ke halaman/blog/website sebagai referensi atau credits?

Ini yang sering ditakutkan oleh banyak blogger dan webmaster. Menautkan link dari posting adalah hal yang sangat baik. Tapi kebanyakan merasa risih karena ada ketakutan dalam SEO maupun dalam kredibilitasnya. Terlebih lagi bagi yang suka copas mentah-mentah, memberi sumber link adalah hal tabu bagi sebagian blogger copaser. Padahal menautkan link external berarti suatu aksi yang profesional, bertanggungjawab, dan meningkatkan kredibilitas karena memiliki banyak sumber referensi dan mempelajari banyak hal. Dalam hal SEO, menautkan link eksternal tidak ada bahayanya selama ditautkan dengan benar dan pada posisi yang tepat. Justru dapat menambah visibilitas suatu artikel baru. 

Jika sobat membuat posting dan menggunakan referensi terpercaya, sobat perlu menautkan link keluar (outbound link) karena ini memperkaya isi posting dan sebagai alat referensi dan bentuk atribusi (credits). Pembaca mendapatkan value lebih dari referensi-referensi penting yang disuguhkan. Ada banyak knowledge base yang dapat diambil dari Wikipedia, sebagai contoh untuk ditautkan. Atau ada banyak juga referensi dari blog-blog lain yang penting serta dapat kita jadikan sebagai bagian referensi tanpa harus "mengambil" seluruh artikelnya. Pengunjung akan sangat menyukai artikel yang kaya referensi dan menaruh respek atas kredibilitas yang dibangun oleh penulisnya. Pastikan menggunakan anchor text yang tepat dan deskriptif. Hindari penggunaan anchor text yang kurang baik seperti "klik di sini", "click here", "go", dll. 

8. Apakah saya sudah memastikan semua link ditautkan dengan benar?

Kadang karena terburu-buru, url yang ditulis salah atau ada karakter yang kurang atau kelebihan. Misalnya ketika menuliskan http://buka-rahasia.blogspot.com, kadang saya keliru menuliskan dengan http://buka-rahasia.blogspot.co, dan ini adalah kesalahan fatal karena halaman pada url tersebut tidak ada. Pastikan  juga semua link yang ditautkan mengarah ke halaman yang benar.

9. Apakah posting saya perlu diperkaya dengan gambar?

Jika "sebuah gambar lebih berharga daripada seribu kata" mengapa tidak mencoba menggunakan gambar untuk menjelaskan sesuatu? Jika memang pengunjung akan merasa lebih terbantu dengan gambar ketika mempelajari suatu tutorial, prosedur, proses, dll, pertimbangkan penggunaan gambar. Gambar kadang lebih mudah dicerna daripada kata-kata. Sebagai contoh, jika anda dapat membuat infographic, lampirkan ke dalam artikel, atau paling tidak gunakan screenshots dari proses atau tutorial yang hendak disampaikan.

10. Apakah saya sudah mengoptimasikan permalink/url posting?

Beberapa platform blogging seperti WordPress mengijinkan usernya untuk mengedit permalink, baik pada bagian nama file (bagian belakang) maupun pada struktur permalink (dengan url rewrite), sehingga user dapat dengan mudah mengganti atau mengubah url posting yang sudah diterbitkan tanpa halangan apapun. Namun pada Blogger, url langsung terbentuk setelah posting dipublikasikan dan tidak dapat diedit lagi. - Update, kini sobat dapat dengan mudah mengedit url (permalink) posting dengan kehadiran fitur Blogger Custom Permalink (Url Editor). Jumlah karakternya pun masih terbatas terbatas (simak batasan akun dan platform blogger) [Kini jauh lebih panjang]. Perhatikan dulu judul posting agar url/permalink bersih, deskriptif, dan mengandung keyword yang diinginkan. Baca: Optimasi Permalink Blogger

11. Kapan saya harus menerbitkan/posting artikel blog?

Meskipun hal ini dipandang kurang signifikan, namun menerbitkan posting pada waktu tertentu akan berpengaruh pada traffic awal setelah artikel dipublikasikan. Banyaknya traffic pada satu artikel baru akan memungkinkan sharing oleh pembaca dapat dilakukan lebih awal, sehingga konten yang dishare di social media maupun website/blog lain masih fresh. Sobat tentunya tidak mau artikel masterpiece yang sudah dibuat tidak langsung dibaca oleh pengunjung dan membutuhkan waktu lama untuk dicapai oleh target pembaca. Saya biasa menerbitkan artikel di siang hari di atas jam 1, sore, atau malam sebelum pukul 9. Karena pada momen-momen tersebut banyak yang online dan "berkeliaran" di social media. Saya cenderung menghindari menerbitkan posting di hari libur besar, karena jumlah pengunjung internet berkurang secara signifikan. Mungkin sobat memiliki waktu pas tersendiri yang dapat dipelajari dan ditentukan.

Yap! Sobat punya tambahan pertanyaan lain selain 11 pertanyaaan di atas? Feel free to add yours via the comment form below. :)
© buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved.

11 Pertanyaan Penting Sebelum Menerbitkan Artikel Blog
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 55 Comment(s):

Tux Admirer said...

Saya sering mengalami hal seperti di atas gan.
terima kasih atas postingan ini ..

motor jepara said...

sangat bermanfaat bagi saya yang selalu tergesa gesa menerbitkan tulisan saya gan,,

ibnoe cahyadie said...

saya akui...., saya memang jarang update, tapi tips-tips diatas memang perlu diterapkan......

UZUMAKI RAYFALDO said...

gan,blog agan sudah saya follow,jika agan berkenan follow balik ya gan!
pliss gan...

Khairunnisa Ast said...

Wah, jadi PR untuk harus saya kerjakan

Ervanda Saputra said...

Mas, memang susah yang mengoptimalkan postingan..

saya juga heran terkadang banyak blog tetangga yang postingannya kurang bermamfaat tapi sanga optimal..

makasih infonya,a

hapehatelo said...

kalo saya posting pagi hari gan, kalo kesiangan dikit pengunjungnya.

berita bola said...

tips-tips yang sangat bermanfaat gan..

Ahmad Khoirul Azmi said...

@All: sip, masing-masing posting blog punya waktu dan kekuatan sendiri. mengetahui dan mempelajarinya sangat penting untuk optimasi posting.

ICAH BANJARMASIN said...

Kalo saya bang Akhmad sering banget tuh bang...hahaha..ada yang ketinggalan inilah itulah setelah bacaartikel abang saya jadi terbuka nih.Mantef banget artikel abang pokoknya saya mau ucapkan SALAM KENAL dan semoga kita TAMBAH AKRAB ya bang..amien.
Saya tunggu abang dirumah reot saya kalau adayang kurang pada rumah saya tolong dikoreksikan ya bang.

Darmawan Saputra said...

terima kasih infonya bang ahmad.
berjam-jam saya disini baca artikelnya bang ahmad.
semula saya tidak tau dan setelah saya baca artikel bang ahmad saya menjadi tau.
dan saya setiap selesai membaca artikel disini & lihat artikel lain di Related post, pasti bagus semua isi artikelnya, dan saya akui bang ahmad memiliki kelebihan dalam urusan blogging, setiap hari saya kunjungi blog bang ahmad untuk melihat postingan terbaru, setiap hari selalu mengunjungi (tapi pernah lupa juga :D) trus hari ini buka ada postingan baru, langsung saya tancap gas :D

saya mau tanya bagaimana caranya membuat postingan yg bermanfaat seperti ini? agar membuat pengunjung tidak putus putus membaca artikel yg lain ?.

Senang rasanya bisa berkenalan dengan bang Ahmad :D



#Semoga Sehat Selalu :)

Chintya Nada Pangestika said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unik dan Aneh said...

makasih infonya mas azmi,,jadi terbantu jadinya...

Gopar Indianto said...

ini baru keren...

ace maxs said...

pertanyaan yang pasti sama ditanyakan oleh para blogger yang sedang buat postingan :D

Eko Yulianto said...

saya juga sering banget kayak gini

Smari Saklitnov said...

Waduh, ribet juga ya mau posting juga. Tapi emang hasilnya jadi lebih baik. Salam kenal sob

Cerita Tentang Dunia said...

saya banyak menambah ilmu dari post ini, memang intinya kita harus memberikan yang terbaik untuk pengunjung

Ricky Eka Pratama said...

.Gan Saya Mau nanya nich..
.cara memberi Icon di judul smua widget gmna ya..
.tolong ya gan...

.mampir ya.. www.rcyshared.blogspot.com
.thank's atas artikelnya ^_^

pakdenanto.com said...

Kalau saya, setelah postingan sudah sempurna langsung saja saya publish tidak peduli jam berapapun, dan hari apapun.... Yang penting diusahakan bisa di page 1 Google Engine ... Traffict akan datang dengan sendirinya ...

penggunacerdas said...

benar tuh gan, judul sangat penting dalam menarik pengunjung untuk membaca.
dan bolehkah saya bertanya ??
bagaimana cara membuat kotak yang ber'isikan
"thanks for reading, suka dengan artikel ini ..blablabla"
saya gak tau namanya jika ingin membuatnya..
bantu saya sebagai blog pemula.

Handri Zakki Pratama said...

SUPER artikel!
ayas akan coba..
nanya lagi yaa.. hhe
klo cara untuk membuat laman baru gmn? tapi dilaman tsb ada laman nya lagi, kaya blog nya abang..
misal ketika kursor ayas arahkan ke BLOG TIPS lalu otomatis muncul BLOG WRITTING, MONITIZE BLOG dll.
thanks..
mohon jawabanya gan ..

irgim Blogger Indonesia said...

Terima kasih mas khoirul azmi, ini tadi ane nyasar di site-reference, ternyata ke sini hahahaha....
ini artikel yang bagus mas..inspirasi

iklan gratis said...

artikel nya bagus2 & sangat bermanfaat....

dOi lucky said...

Ooo,,
begitu yah gan...
bener juga, yauda, mulai skarang sya akan intropeksi diri...

makasih gan...

Nasruddin - Indonesia said...

Artikel bang Azmi yang ini sangat menyegarkan...
numpang menyisipkn alamat blog saya bang...
http://beliilmu.blogspot.com/

admin said...

terima kasih atas infonya
salam sukses
http://gunung-air.com

budi said...

Makasih ya mas

Abdul Helim said...

terima kasih bang atas ilmunya. oh ya bang, saya ada menghubungi abang lewat contact, mohon ditanggapi bang ya.. terima kasih

Ferry Croot said...

thanks :)
pertanyaan itu menjadi motivasi sekali :)

masdaeng said...

makasih yah mas...
buat saya, info dari buka-rahasia.blogspot.com selalu menarik utk dibaca dan dipelajar... :D

ZakiyVader said...

nice post gan, bermanfaat banget nih...

kunjungi juga ya
http://separateseye.blogspot.com/

Bikin Web Murah beli Hosting Gratis Domain said...

terbantu sekali dengan adanya info ini
Terimakasih...

obat alami gagal ginjal said...

keren gan,,, beneran kerennya... artikel yang gak akan pernah saya temuin di blog lain,,,

embundaunhijau said...

kak, terima kasih atas artikelnya. Penjelasannya sangat mudah dimengerti sama dengan artikel lain di di blog kakak.

Nedi Arwandi said...

11 persiapan matang yang memang seringkali terlewatkan, postingannya lengkap dan cukup membantu ana yang baru belajar mas Azmi....

TopClas said...

wah ternyata banyak juga yah yang harus diperhatikan sebelum posting di blog. . .

ran-trn said...

wah saya pernah mengalami seperti ini, saya pasang code untuk sitemap di html setelah selesai saya buat posting baru saya publishkan, liat di blog textnya ngumpul semua kaya gak di spasi, saya cek ternyata saya salah posting di html bukan di compose,saya hapus, coba googlink http://rantrn.blogspot.com
ternyata postingan yang sudah di hapus, masih terditex di google, kira kira efeknya apa?
saya masih pemula..

Ahmad Khoirul Azmi said...

Kalo halaman sudah tidak ada, maka Google akan mendetectnya sebagai broken link. Oleh karena itu, lebih baik halaman2 yang masih diindeks diremove melalui webmaster tools

Landscape of Borneo said...

sip dan makasih

Cholenk Area said...

setelah saya baca2 artikel agan saya jadi buat blog cuma masih tahap pembelajaran buat struktur template itu aja masih gonta ganti template maklum 100% otodidak hanya mbah google sbg guru saya , akan saya terapkan gan artikel2 agan dan mohon bimbingannya

Kira キラー said...

Sangat memberikan pencerahan :)

kiniada said...

thn gan infonya

http://brownieztoto.blogspot.com/ said...

nice info gan

Crazy Program said...

sudah diterapkan gan :)

zidny said...

penting untuk dipraktekan gan... trims...

Nurlaila said...

ke 11 pertanyaan ini bisa menjadi acuan buat kita untuk membuat artikel yang baik
trims

Madura Linux said...

terimaksih gan, posting sampean ini sangat membantu saya

Lembayung kelam said...

wah, konten yang sangat lemngkap dan menarik,.,.,.,
terimakasih untuk informasi yang bermanfaat :)

Erik Almanar said...

Hmm, baru pertama ke blog ini, di sambut postingan mantab.. Trims pak/mas
dilihat sekilas sampean kok mirip pak Romi(ilmukomputer) ya? (hehe)

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Erik: saya jamin 100% saya tidak ada hubungan apa-apa dengan mas Romi kecuali teman :)

Ahmad Yani said...

nice artikel bos....

blog ane masih jauh dari sempurna nih..hehehehe

Muhammad Rafi Hibatullah said...

membuat artikel di page one susah banget bro semoga dengan baca artikel ini bisa jadi page one (Amin)

PSDink said...

sangat membantu buat pemula

Numvank kliksangara said...

terimh kasih ..gan....tambah sukses selalu.....

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap