Submit Sitemap XML Blogger ke Google Webmaster Tools


Setelah beberapa waktu menguji validitas penggunaan sitemap XML Blogger, baik dalam hal format dan penggunaannya sebagai alat referensi crawler search engine, kini saatnya saya mempresentasikan hasilnya.

Hampir lebih dari satu bulan yang lalu, Blogger menambahkan fitur-fitur baru untuk membantu para pengguna  platform Blogger dalam upaya meningkatkan SEO blog. Beberapa di antaranya adalah custom robots.txt, custom meta description, custom page not tound (404 page), custom meta robots tag dan Blogger custom redirects (beberapa lainnya akan saya bahas pada posting-posting mendatang). Setelah rilisan fitur-fitur tersebut, Blogger juga menambahkan satu halaman baru yang sangat bermanfaat bagi SEO, yaitu XML Sitemap. Yang dimaksud sitemap di sini adalah peta situs yang digunakan sebagai sumber informasi bagi search engine, bukan sitemap bagi pengunjung (daftar isi).

Selama ini, kita hanya bisa membuat sitemap yang berasal dari feeds dan dimodifikasi sedemikian rupa agar menampilkan seluruh list konten halaman dan agar dapat dibaca oleh crawler dengan baik. Modifikasi biasanya dengan menambahkan query/parameter seperti alt (json) dan callback (loadtoc). Format sitemap blogger hasil modifikasi tersebut kemudian didaftarkan di Google Webmaster Tools. Nah, untuk memberikan kemudahan baru bagi user, Blogger menambahkan satu fitur baru, Sitemap XML, sitemap dengan format yang sangat mudah untuk dibaca oleh search engine guna melengkapi proses pengindeks-an. Sitemap sendiri berfungsi untuk memberikan informasi kepada search engine mengenai seluruh halaman dan konten yang ada dalam sebuah web/blog, karena akan sangat mungkin search engine luput" mengindeks beberapa halaman karena tidak ada link yang diikuti (simak 3 Proses/Sistem Kerja Search Engine di tautweb.com).

Setelah saya cek format dan kapabilitasnya, sitemap XML blogger ini bukanlah sekedar "sitemap biasa". Skema yang digunakan berdasarkan skema (XLMNS) yang disusun oleh sitemaps.org, tipe skema yang sangat direkomendasikan oleh search engine besar seperti Google dan Bing karena mudah untuk dicrawl, mengandung informasi yang lengkap (tanggal/waktu update, prioritas pengindeksan, lokasi) dan tidak mengandung kueri. Oleh karena itu, kini saatnya anda memanfaatkan fitur sitemap (yang sesungguhnya) untuk mengoptimalkan SEO blog. Sitemap ini pun bersifat plain, tidak menggunakan styling (CSS), karena hanya dibuat untuk "mata" search engine. Justru  sangat bagus, karena memang tidak perlu ada styling pada sitemap agar dapat langsung dibaca susunanya oleh search engine tanpa terhalang dulu oleh beberapa styling yang "mengganggu". Jika anda pengguna WoprdPress dan menggunakan plugin untuk membuat Sitemap XML otomatis, sebaiknya matikan fitur styling agar sitemap yang ditampilkan plain. Sitemap XML tidak perlu dilihat/dibaca manusia.

Karena langsung disimpan di dalam root directory, sama seperti robots.txt, maka untuk mengakses sitemap cukup gunakan url blog ditambah dengan nama dan format file sitemap: sitemap.xml. Jadi untuk mengeceknya, silahkan sobat lihat sitemap blog sobat dengan url: 
http://blognyasobat.blogspot.com/sitemap.xml
Di halaman tersebut akan terlihat susunan tag sitemap sesuai dengan format skema yang mengacu pada XMLNS sitemap.org.

Nah, untuk langsung mengoptimalkannya, silahkan langsung tambahkan sitemap tersebut ke Google Webmaster Tools atau Bing Webmaster Tools. Bagi anda yang baru saja menggunakan Blogger dan belum mendaftarkan blog di Google, daftarkan blog melalui Google Webmaster Tools. Kemudian pada bagian sitemap, add/submit sitemap berformat XML tersebut. Cukup tambahkan sitemap.xml di kolom pendaftaran sitemap dan klik "submit/daftar".

Bagi yang belum pernah mendaftarkan sitemap di Google, berikut sedikit petunjuknya:blogger sitemap XML
1. Di dashboard web pada webmaster tools, lihat kolom bagian kiri pada bagian Sitemap, klik. Atau akses melalui panel navigasi di sebelah kiri, optimization > sitemap.
2. Setelah masuk di halaman daftar sitemap, klik tombol merah di kanan atas bertuliskan "Add/Test Sitemap".
3. Isikan bagian akhir url halaman sitemap (nama file) > sitemap.xml
4. Klik "Submit Sitemap".
blogger xml sitemap
Setelah didaftarkan, list akan terisi daftar sitemap baru, dengan beberapa informasi mengenai jenis sitemap, status (biasanya "pending" untuk beberapa waktu hingga pengumpulan indeks selesai), dan jumlah url yang  telah terdaftar. Have a nice blogging and SEOing your blog :)

© buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved.

Submit Sitemap XML Blogger ke Google Webmaster Tools
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 143 Comment(s):

sudirman said...

setelah saya mantap juga mas,
boleh copas ga mas buat di repost?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Hai, jika pake sumber referensi yang jelas dan sesuai aturan, boleh. Jika tidak, lebih baik jangan.

Penerjemah Tersumpah said...

Kalau pake sitemap.xml ini, brarti yang lama harus dihapus dulu ya, gan?
Thanks sharingnya.

Ahmad Khoirul Azmi said...

tidak dihapus tidak masalah kok.

Penerjemah Tersumpah said...

Makasih replynya, gan.
Langung ane rate 5 aja...tengkiu :)

Gopar said...

makasih sob,,udah ane coba..trus itu yang lama di hapus atau di biarkan sja?

Ahmad Khoirul Azmi said...

dihapus ga masalah, enggak juga gapapa, pengaruhnya sudah enggak besar lagi.

Gopar said...

punya sobat di hapus atau enggk?

MuhammadIbnuh said...

kok gak bisa ya sob? yang keluar >> Kesalahan HTTP umum: 404 tak ditemukan
Kesalahan HTTP: 404

tolong solusinya

Arliva Kosmetik said...

Mantaps mas, sekarang punyaku ada 4 sitemaps... yang lama ga dihapus jadi ok. Oiya mas kalau berkenan cantumin donk blog aku di blog mas Azmi, lihat blog saya mas, sudah saya cantumkan blog mas Azmi. Salam bloger new bie Solo...

Fuji Agung said...

mas saya mau tanya, kan saya udah daftarin sitemap ke google webmastertool, kira2 udah 1 bulanan tapi aneh kok belum terindex juga ya???

saya tunggu penjelasannya.

maaf saya masih newbie hehehe

terimakasih

Ahmad Khoirul Azmi said...

Punya saya belum saya hapus.
Untuk kesalahan/error, silahkan di cek dulu apakah penulisan url benar. Cek juga halaman sitemap, ketik http://blogmu.blogspot.com/sitemap.xml

eflianda said...

hai mas..
kira berapa lama terindeksnya..?
punya aku blm satu hari sih..
tp masih pending juga..

Darmawan Saputra said...

wah.. akhirnya keluar juga nih artikel terbarunya.


eh mas saya tanya kok nggak di balas sih di artikel mas yg sebelumnya.
bila ada waktu dibalas ya mas :D

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Mas Darmawan: Halo, mas, mohon maaf sekali, saya kadang terlewat membaca dan mengecek comment. Kadang udah baca, tapi ketika jawab komen2, ternyata terlewat. Ada banyak sekali komentar yang masuk dan saya tidak bisa setiap hari ngecek mas, karena kerja full time di offline, sehingga tidak bisa online tiap hari.
BTW. terima kasih buat komentar2 mas darmawan sebelumnya, mohon maaf apabila belum terjawab. Saya senang anda berkunjung ke blog saya secara rutin, dan mohon maaf kalo belum bisa mampir. Saya sudah membaca semua komentar mas dan terima kasih untuk komentarnya yang membuat saya semakin semangat menuliskan artikel2 baru, meski tidak bisa serutin dulu. TQ

Wartabeta Store said...

Setelah kucoba di bar link aku isikan alamat xml namun di blog tidak keluar ya, hanya bertuliskan "Maaf, laman yang Anda cari di blog ini tidak ada".

bagaimana itu?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Hi all! Baru saja saya confirm dengan salah satu top star contributor di blogger support and forum, nitecruzr, ternyata fitur blogger xml sitemap belum sepenuhnya roll out, artinya, generating halaman ini belum merata ke semua blog berplatform blogger Itulah mengapa bagi sebagian blog halaman ini belum ada (tidak ditemukan/error 404). jadi musti kudu nunggu dulu bagi yang belum kejatah dapet halaman sitemap, sampe proses "pembagian" selesai. Sabar sobat :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

oya, untuk yang mungkin keliru memasukkan url, cukup isikan sitemap.xml saja, karena di awal sudah disiapkan url rootnya, http://blogmu.blogspot.com/ jadi tinggal tambahkan sitemap.xml saja. Bukan alamat url sitemap selengkapnya.

Rendi Syahputra said...

wah masih menunggu ne biar semua platform blog merata..
bener mas kudu sabar..heheh
thanks for sharing ya mas...

Ahmad Khoirul Azmi said...

yup benar Rendi, musti sabar dulu.... :) sama-sama...

krisnanto (OM Kris) said...

nice info mas, tapi saya sudah dari dulu memakai sitemap ini :)

aditya said...

Om Ijin Copas di blog ak ya :)
ak bikin Sesuai aturan :)

Cah Gembloengz said...

ssiiippp,,,kunjungan baliknya yha bro >> http://fchords.blogspot.com/ <<

Tifan Dwi Avianto said...

Nice posting! Bagus, blogger kini akan semakin meningkat dan menjadi yang terbaik dari semua platform. Sekarang saja sudah bisa custom permalink (tanpa terputus link-nya), cek di draft.blogger.com

saya pakai Atom.xml jika saya tambahkan Sitemap.xml, gak malasah? Memangnya keduanya mempengaruhi cepatnya posting ter-index Google? Atau Sitemap.xml yang lebih bagus? Mohon pencerahannya. Thanks :)

http://www.anvity.com/

Berita Terkini said...

Wah, blogspot semakin lengkap aja, jadi berpikir untuk kembali ke blogspot.

Super Gaptek said...

Mas Khaoirul, dulu wktu masih pake blogspot saya selalu sukses submit sitemap pake format xml, nmun bgitu beli domain sndiri sering error/ gagal. entah kenapa ya? Oh ya mas bgusnya bikin sitemap format .xml (sitemap.xml)di situs mana ya? yang jadi kendala saya juga cara download dan uploadnya. waktu pake blogspot gak perlu download, artinya bgtu sitemap di bikin, langsung aja submit di webmaster.

JHON.COM said...

Makasihh Bangeeettttttt,,,,, Masss......... Blog aku lumayan memuaskan sekarang..... makasih banyakkk

Limit Komputer said...

Waduh sngt bermanfaat nch ... langsung OTW to TKP

ARTILERI said...

Blog ini mantap dah, salah satu tempat belajar favorit saya. Nggak asal, riset sebelum posting. Biar lambat asal selamat hehe... Lanjutkan kang Azmi

Ditunggu posting selanjutnya tentang custom meta description, custom page not tound (404 page), custom robots header tags dan custom redirects

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Artileri: terima kasih sobat. Yup, posting-posting lainnya masih disusun. Ditunggu ya.

BerbagaiHal said...

saya coba koq ga bisa ya mas..apa mungkin gara2 saya pakai custom domain??

goyang pattah pattah said...

jujur saya begitu banyak manfaat dari blog ini, dan ini informasi penting, yang sangat mebatu saya bgt, terimaksih sob, atas shere yang sangat berkualitas

lowongan kerja said...

Punyaku masih halaman 404 nih waktu di cobain ditambahin sitemap.xml, mungkin harus nunggu waktu dulu kali yah

kowandy said...

saya uda lakuin sesuai petunjuk, tapi kok malah muncul 404 mas. apa ada solusinya?

Debby Rampan said...

mas, salam kenal dan salam poersahabtan dari saya ebby di maando, saya sangat tertarik mwengubah tampilan blogku tapi aku agak bingung nih soal siremap ini, letaknya kalo di blog dimn ya?
maaf aku bru aja bikin blog jadi blm terlalu hafal dgn sitemap..
helpn me ya gan.
:)

irawan said...

wah makin SEO aja nih blogspot ya om?gpng di index di webmaster tool..

herbalife said...

thanks gan untuk tutorialnya,,,boleh di coba di bloger yang saya

miyabilove said...

Udah ane praktekin ilmunya gan ...dan 100% work, terima kasih gan ...ane baru tau rahasia2 terbaru blogspot dari baca2 post di blog ini :)

dorokdoc said...

ternyata simple ya..
dari kemarin kemarin nyari tapi kebanyakan yang sitemap atom,ehh atom sama xml,apa bedanya mas??
barusan saya diagnosa blog ini pake SEOquake,tapi ko ga ke detek sitemap.xml mas. kenapa tuh?

Benny Windiarto said...

thanks gan..

andy いちまる said...

selamat pagi gan , , , ane mau tanya , , setelah ane mengihuti petunjuk agan , , hasilnya seperti ini , , ,

Kami tidak dapat menyimpan template Anda.
Harap perbaiki kesalahan di bawah, dan kirimkan template Anda lagi.
Seharunya ada satu dan hanya satu skin pada template, dan kami menemukan: 0
gitu gan keterangannya , ,, terimakasih , , ,

skripsi said...

terimakasih banyak, informasinya sangat berguna dan baru bagi saya dan langsung saya terapkan dan berhasil. Semoga Tuhan selalu memberikan kebaikan.

rizal said...

ini saya cari dari semalam, karena gak ngerti saya tinggal
kebetulan pas liat blog do follow ketemu artikel ini
makasi mas

masdaeng said...

gan, mo nanya neeh... mohon dijawab yah ^_^

cara munculin tombol like seperti punya merdeka.com itu gimana yah?? munculnya tombol like itu di awal sesaat sebelum masuk di blog kita... mkasih yah gan, bisa pertanyaanku ini dijawab...

Irgimn said...

Wah mantabs pak, sudah saya coba nih, matur suwun tips nya

misteruban said...

Nanti saya coba dulu gan, kalau ada yang gak bisa nanti saya koment lagi buat tanya tanya sama agan..hee.. makasih infonya ya.. salam kenal dan sukses selalu..

misteruban said...

dah berhasil, jadi ada dua sitemap di webmaster tool saya, yang satunya atom dan yang satunya sitemap.xml
makasih banyak atas informasinya, sekarang masuk ketahap berikutnya, case study robot txt.. hee, tak baca semua pokoknya artieklnya mpe kelar..

Ahmad Khoirul Azmi said...

Oke :) terus lanjutkan aja sob, semoga artikel2nya dapat bermanfaat dan membantu usaha seo sobat. :)

Suara Garut said...

Kang Ahmad, tolong dbantu....
sya ksulitan submit sitemap'y yg d blogdetik... url sitemap nya jga pas dklik mlah not found

irwan said...

Setelah saya mendaftar sitemap format xml, kok error ya sob.. Kira2 permasalahannya di mana ya?? Apa di hapus dahulu sitemapnya yg sudah di daftarkn tersebut, terus di kirim ulang,mohon pencerahannya. Trims for sharing

Arief Mulyanto said...

terima kasih atas keterangan yang di sampaikan pada blog ini sunggung sangat runtut dan jelas dapat di pahami dengan mudah, akhirnya saya juga paham fungsi kegunaan sitemap buat seo blog..pusing ngeblog istirhat dulu sambil liat TV ONLINE silahkan kunjungi blog saya channel dari berabagai negara tersedia...

Motor Matic said...

Wah baru tahu nih... makasih Gan.... coba di blog baruku... lam kenal n sukses selalu Gan..

andrea suyoko said...

perlu dicoba nih, saya banyak belajar dari blog ini.

Admin INC said...

thanks info dan triknya langsung praktek dan lansung berhasil..

Farhan Syafiq Fadhillah said...

Mau tanya. Jika saya masukan sitemap.xml di google webmaster yg akunnya non blogspot, kok nggak mau, ya? Padahal, situs yang sama, apapun yang sama tapi blogspot bisa ditambah sitemap.xml, ya? Mohon pencerahannya.

Batuahku said...

Punya ane kok sekarang error ya, pas ane masih pke domain blogspot sitemap XML nya lancar. tapi pas ane berganti domain menjadi LTD, pas masukin sitemap di webmaster prosesnya selalu tertunda udah lebih sebulan kok kya gtu ya ?!

One Piece 678 said...

makasih bang...
ane langsung pasang nih, mudah2 an blog ane bisa kaya punya mas...

ismail abdurrahman said...

blog yang sangat bermanfaat :)

Free Download Game said...

efektif bos,... klangsung ke index banyak

Aran Setiadi said...

kern , nih,..ane malah baru tahu mas...

Ramzi said...

Langsung deh ke TKP buat daftar sitemap ini
terima kasih mas bro untuk infonya

Jamaris Online said...

Trik baru ya, perlu juga di coba untuk optimalisasi blog. Terima kasih informasinya sobat!

Ahmad Khoirul Azmi said...

@farhan: platform blog anda apa, kalo non blogspot mesti pake plugin, cari plugin sitemap xml, dan urlnya (nama file) tentu tergantung masing-masing plugin.
@Batuahku: saya baru saja melaporkan kasus ini, karena beberapa TLD juga mengalami masalah yang sama dan blogger sedang melakukan cek dan mencoba memperbaiki. Ditunggu saja ya

Muhammad Royani said...

mantap gan, ane coba dulu yah :D, ane baru bikin blog baru... hehe
http://ubuntu-roy.blogspot.com/

Suhendri Mr said...

Pas coba format itu diaddress bar browser kenapa hasilnya ngeblank sob? Terus kenapa format itu tidak bisa ditambahkan di bing? Ada artikelnya tidak format seperti apa saja yang bisa ditambahkan di bong, soalnya menggunakan format sama dengan webmaster tools google, hanya satu yang bisa hasilnyapun sedikit.

ASEP ENDED said...

saya berhasil sitemap.xml nya...jumlah terkirim itu apa maksudnya mas?..maaf saya gaptek..apa jumlah postingan?

bintang olym said...

masih bingung nih mas, bnyk artikel yg mengatakan kl blogspot sdh ade sitematnya sendiri, cukup pakai feeds/posts/default , atom.xml atau rss.xml . lalu apakah fungsi sitemap.xml sama dengn tsbt di atas? jira2 malah jd ganggu seo ngak ya ? thanks infony

agung uchiha said...

udah nih, tapi masih belom dikonfirmasi kayanya :D
makasih infonya

xamthoneplus said...

Terima kasih .........

Ade Rahmatuloh said...

gimana caranya gan ? ga ngerti

Slamet Widiantoro said...

good posting gan...terimakasih..

cerita cinta said...

sangat membantu om,,
tapi kemarin saya pernah ketemu situs yang dikhususkan untuk membuat sitemap blogger, tp apa ya alamatnya sudah lupa, ada info gak om ?

grosir batik pekalongan said...

wuich keren bos tehniknya

Wbowo said...

Lhoo kok mlah saia bru tau,, pdhl sring ke webmaster.. mksh ms..

martono aing said...

sangat inspiratif, lam kenal dari pengelola http://stiker-kaca.blogspot.com/

Apartemen Di Bandung said...

mas mau ga bantu saya blogspot saya di setting nanti saya bayar. kalau bisa blog saya jadi posisi di halaman pertama di google fenan sitemap A,B atau C..

Toko Tas Putri said...

Maaf gan cara diatas saya coba di situs saya www......com/sitemap.xml kok malah ada peringatan kesalahan ya gan di bing web master juga begitu.
Terima kasih sebelumnya.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Apartemen: SIlahkan kontak saya melalui contact form dan sampaikan detailnya, nanti kita bisa diskusikan dulu :)
@Toko tas: sementara sitemap XML belum bisa diterapkan pada Top Level Domain, jadi lebih baik pake atom atau feed rss

vorkisproof said...

Mas makasih udah sharing info dan tips yang original terbaik...sitemap xml masih harus nunggu buat ke indeks secara keseluruhan ...tapi kalao saya langsung taro di google webmaster ga berpengaruh besar kan ya?? kunjungi juga blog saya ya mas http://vorkisproof.blogspot.com

salam blogger!!

Mulyanto said...

WAH THANKS... BGT MAS SEBELUMNYA DAN MOHON MASUKANNYA LAGI UNTUK LEBIH MAJU DALAM BER BLOGER

anekatipspemulaalamulyanto.blogspot.com

SALAM KNAL MULYANTO

Berita Otomotif Terbaru said...

Saya mau tanya klo blogspot yang sudah dicustom domain bagaimana caranya

Akhir Mali El Bustany said...

harus belajar banyak dari blog ini

Miftah Farid said...

Untuk template dynamic kayaknya menukan erorr ya.


salam kenal mas

smartpulsa-88 said...

Dapet ngilmu banyak Broo dari blog: bukan-rahasia...
Bener-bener bukan rahasia lagi...
Salam Sukses untuk Blogger Indonesia

Gian said...

Thanks info nya gan!
Blog saya dgn flatform blogspot.com udah mnggunakan doamain sendiri dengan .com

url Blog saya: howbody.blogspot.com
domain baru utk blog tersebut: pearlyhomeremedy.com

Kalau di browser saya buka http://www.pearlyhomeremedy.com/sitemap.xml jadinya error.
Tapi kalo saya buka http://www.howbody.blogspot.com/sitemap.xml baru bisa.

Apakah file sitemap.xml memang hanya bisa untuk blogger dengan url aslinya (dengan blogspot.com) saja?

Mohon pencerahannya Gan kalo berkenan!

Terimakasih sebelumnya!


Hriza muh said...

terima kasih infonya mas
saya juga ada maslah ma sitemap blog saya
krna sering ada error 404, saya seknrg cm pke satu sitemap default blogger aja (atom.xml?redirect=false&amp;start-index=1&amp;max-results=500) tapi problemnya jadi lama terindeks
apa memang ada bedanya yang default sma modif?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Yang default baru ini dalam bentuk XML, salah satu yang paling disarankan oleh Google karena informasi di dalamnnya sangat struktural, seperti waktu posting, penulis posting, frekuensi perayapan dll. Sedangkan feed baik dalam bentuk RSS atau Atom lebih sedikit memiliki informasi. Meskipun demikian hal ini tidak mempengaruhi efisiensi Google dalam merayapi web, asalkan valid, maka tidak masalah.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@gian: benar sekali, sitemap XML baru bisa bekerja dengan baik apabila diakses dengan domain aslinya (subdomain) karena fungsi redirect pada url halaman sitemap belum bisa dilakukan. Saya beberapa waktu lalu berkomunikasi melalui Blogger Forum dan ini diiyakan oleh tim Blogger. KIta hanya bisa nunggu sampai masalah ini diselesaikan oleh mereka karena pengguna Blogger tidak punya akses apapun ke server maupun engine Blogger.

Agung Budi said...

saya mau nambahin sdikit kali saja brmanfaat,, awalnya saya sudah pake di blogsaya.blogspot.com/sitemap.xml itu sukses nambahin sitemap.xml tapi ketika saya beli domain dot info lalu saya tambahin sitemap xml jadi gagal error 404, lalu saya coba buka kmbali blog yg belum berdomain yaitu blogsaya.blogspot.com/sitemap.xml. setelah download sitemapnya ternyata isinya artikel yg beralamat domain dot info bukan blogsaya.blogspot.com.

apakah bisa diambil sedikit kesimpulan??

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Budi: Sayangnya, di Google webmaster tools kita tidak dapat mendaftarkan sitemap yang bersumber dari URL yang berbeda. Setiap mendaftarkan sitemap, awalan url adalah url blog yang berkaitan. Jadi meskipun bisa dilihat dan diunduh melalui url blog lama (subdomain), tapi tidak bisa didaftarkan di Webmaster Tools karena url domain berbeda. Jadi untuk yang pake TLD, lebih baik gunakan saja url yang diambil dari feed. Karena tetap valid meskipun berbeda format.

Agung Budi said...

oke lah mas brow,, saya pake url Feed saja dari pada pusing mikirin,, saya yakin blogger juga akan mengembangkan teknologi terbarunya untuk memudahkan penggunanya,,

alfian saputra said...

mas artikel punya saya kenapa g muncul ya di google padahal saya jelas2 ada nama artikel saya tapi kalau saya buka tidak melalui google bisa sedangkan saya buka melalui google tidak muncul malah muncul "Maaf, laman yang Anda cari di blog ini tidak ada. "
thanks sebelumnya mas atas info

noetral said...

artikel nya bagus mas, tapi aku ga pake sitemap, sedikit cerita biasanya untuk cek posting udah di indeks google atau belom aku copas link posting trus aku paste di google biasa nya post aku baru muncul sekitar hitungan menit...
boleh sekalian promo blog dong :D

jeparasoftware.blogspot.com

mampir ya kawan blogger indonesia.

Ary Anshorie said...

Nimbrung ah... boleh ya gan...

untuk setelan sitemap di google webmaster tools sudah saya fahami gan, tapi pertanyaan muncul di otakku ketika saya menjalankan add on SEO QUAKE di google chrome untuk mendeteksi kesalahan2 di blog saya. alhasil setelah saya buka dan diagnosa, meta-meta yang saya pasang berhasil dengan tanda centang hijau. namun ada beberapa yang masih disilang merah salah satunya sitemap.xml... mungkin agan bisa memberi pencerahan untuk memecahkan masalah sitemap.xml yang tidak terdeteksi di add ons google chrome, makasih banyak gan sebelumnya

yathisamawa said...

aq sdh dptar sitemap klo dua tiga x daftar gmna,td c aq mau lihat apakah uda terindek blum
dan mengecek gnakan cra diatas hsilnya gmna ya aq g ngerti di situ ada postingku satu,apakah itu artinya postingku bru stu yg terindek,bru kmasrin lo aq daftar

jalan sehat said...

makasih kang tipsnya,,sudah dicoban berhasil..hee

nusantara negeri said...

sangat bermanfaat mas azmi moga blog baru saya cepat terindex walaupun masih 3 postingan hehehe happp blogging ^__^

Ariefarchel Rahman said...

mw tnya mas...tapi jauh dari judul diatas

yang saya tanyakan :
untuk membuat posting berpetak2 seperti punya mas dihalaman depan gmn, mohon bantuannya.


klw boleh tolong sekalian dicek blog saya mas http://archel67.blogspot.com/
mungkin da yang kurang dan pa yg perlu ditambahin.


bocahblogs said...

sudah mulai ada peningkatan visitor
thnks infonya

pak ne said...

mantap habis tipsnya mas bos,, kapan yan untuk TLD bisa make ? salam dari www.jatger.net

123 said...

trimakasih tipnya sangat membantu bagi saya

PuanGojes said...

assalamualaikum sahabat.

saya sudah mencubanya. dan sekarang masih lagi menunggu pertukaran pending ke sukses mengkali ya? saya dari malaysia :)

http://www.puangojes.blogspot.com/2012/11/iphone-5-gadget-impian.html

Muhammad Arbi said...

Mksh gan infonya, salam kenal aja.. http://zafifass.blogspot.com

abi said...

sangat bermanfaat, saya lagi nyari yang beginian, trims om

dwi said...

mas punya saya kok ngak bisa ya.

saya baru ganti domain.com

pas saya buka begini www.domainsaya.com/sitemap.xml ngak bisa, kalau saya pake yang blogspot bisa, begini www.domainsaya.blogspot.com/sitemap.xml bisa.

apa yang salah mas...?

setelah saya menunggu 2 hari eee ternya 22 2 nya sekarang ngak bisa...

help me mas.....?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Seperti yang sudah saya bahas di komentar-komentar di atas, sitemap xml ini masih belum bisa diterapkan pada top level/custom domain, karena semua masih mengakar di domain root-nya (sub-domain blogspot.com). Simak selengkapnya pada komentar2 di atas. Oleh karena itu, ambil sitemap dari feednya, baca di sini:
Menggunakan Feed Sebagai Sitemap Blogger

yusuf zulkarnain said...

Mas Ahmad ma kasih infonya, It's great posting! Minta izinnya untuk menulis ulang ke : http://website-download.blogspot.com/2013/02/search-engine-optimization-by-file.html (saya cantumkan sumbernya dari artikel diatas).

Ahmad Khoirul Azmi said...

Oke

Rahmat Syam said...

mas, saya udah aplikasikan cara di atas sejak 2 hari yang lalu, tapi kok sampe sekarang status sitemap blog saya masih pending ya? apa memang selama itu ya? padahal cuma 430 url isinya mas..
O iya, mas mau gak bantu saya optimasi blog saya supaya bisa terus muncul di halaman depan google..ntar di bayar mas

Ahmad Khoirul Azmi said...

430 tu jumlah yang cukup banyak. Jadi tidak sebentar. Kalo merasa memang ada problem, resubmit lagi aja. Pilih sitemap yang dimaksud dan klik resubmit. Penggunaan file XML tidak seurgen itu sebenarnya, jadi tidak perlu terburu-buru.

Rahmat Syam said...

O gitu ya mas, kirain error mas..makasih banget penjelasannya :)

Rahmat Syam said...

Gan saya datang lagi..hehehe..
Napa ya setiap saya sudah publish artikel kok lama banget keindeksnya? padahal biasanya cuma butuh beberapa menit udah keindeks ama google..apa ada hubungannya dengan sitemap yang saya submit??

Icoes Ephraem said...

blog saya kog eror om saat memasukan sitemap.xml
mohon pencerahanya..

Ahmad Khoirul Azmi said...

sudah coba akses blogmu.blogspot.com/sitemap.xml ? Kalo halamannya ada seharusnya tidak error. Perhatikan juga waktu masukkan url ke sitemap google cukup masukkan nama file: sitemap.xml saja, bukan url-nya.

Kontra Blogging said...

mas, gmn caranya agar postingan dan blog saya bisa terindeks mesin pencari, soalnya udah aku daptarin ke search engine tp belum terindeks juga. Minta tolong di cek ya mas di http://kontrablogging.blogspo.com

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Kontra: Baca di sini http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/cara-mempercepat-indeks-blog-google.html

Nawi Van said...

makasih gan, ini yang saya cari, karna status mengatakan dibutuhkan tambahan sitemap agar lebih high priority

VerLova's Blog said...

artikel nya sangat bermanfaat.
oya gan, sy brusan submit sitemap ny, tp pending dan ada tulisan error. apa memang seperti itu ya?
terima kasih.

Ahmad Khoirul Azmi said...

Seharusnya cuma pending saja, dan tidak ada errornya. Apakah anda pakai top level/custom domain?
Kalo masih ada error pake cara yang di sini saja:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/cara-membuat-sitemap-google-untuk-blog.html

Agus Alisyahrendra said...

terimakasih infonya menarik dan bermanfaat banget untuk nuwbie seperti saya.. salam kenal mas azmi

indo-tronic said...

terimaksih gan, artikel ini yang saya cari - cari :)
blognya bagus, banyak artikel yang berguna bagi saya.

healtygroup said...

terima kasih atas informasinya y gan

Miftah Farid said...

Mkasih bnyak mas ^_^

exifdatafoto said...

makasih sobat Azmi, artikelnya slalu ok. sy sudah coba submit cm msh pending. di blog lain menyebutkan ada langkah selanjutnya stelah itu untuk setingan di blog: "Kemudian untuk setingan blog > masuk blogger dashboar > Setelan > Preferensi penelusuran > masukan ini : Sitemap: http://NamaBlog.blogspot.com/sitemap.xml di kotak robots.txt khusus" trs terang sy blm brani jalanin step ini krn ada notice di blognya: "Peringatan! Gunakan dengan hati-hati. Penggunaan yang tidak tepat dari fitur tersebut dapat mengakibatkan blog Anda diabaikan oleh mesin telusur." mohon sarannya.. trims :)

ibnu uzer said...

terimakasih ilmunya ya...
sangat bermanfaat buat yang baru kayak saya...
suwun

faisal fakhri said...

nice info gan, jangan lupa mampir ke blog sederhana ane http://info-faishal.blogspot.com/2013/07/gemscool-ingin-di-serang-oleh-hacker.html

Budi Saputra said...

pantas aja blog ku ga bisa di daftarin sitemap.xml ternyata pake TLD masih lom support :D
thanks info nya

beritapohuwato said...

Wah,, mantap, berhasil diblogku :)

Fujimaru Rifai said...

mantab mas sudah saya terapkan juga, thx.

Brandon peri said...

mas mau nanya' ne, sitempa pola XML nya udah saya tambahkan, lalu pemberitahuannya tertulis ada 1 kesalahan sesaat setelah ditambahkan.. kenapa ya?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Anda pakai subdomain blogspot atau domain sendiri? kalo domain sendiri (TLD) saat ini blogger XML sitemap belum kompatibel.

Budi Sanjaya said...

waktunya berapa lama ya mas bro? pnyaku aku kirimkan kok statusnya tertunda dah selama dua hari ini
sitemapnya sperti ini

http://androsoftware.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Zidan Almahdi said...

kenapa peta situs feeds/posts/default?alt=rss atau feeds/posts/default di webmaster ada peringatan : XML tidak valid: terlalu banyak tag...bagaimana cara mengatasinya pak...dan kenapa bisa terjadi sementara saya sudah googling kesana kemari tidak ada solusinya...oiya sekedar tambahan.jumlah posts saya baru 22..

Iwan Aca Kadut said...

keren gan trims ya infonya mantab banget dan sangat bermanfaat untuk ane yg nubi ini dan skarang blog ane udah ane tambahin sitemapnya di googlewebmastertool sekali lg makasih. jgn lupa mampir ke blog ane ya gan kalau lg jalan jalan trims
http://iwanacakadut.blogspot.com/

asep gorbacev said...

mau tanya mas,blog saya sudah dirubah menjadi domain.com dan setelah submit peta situs, statusnya (terkirim 26 ,terindex -) sudah hampir 2 minggu,pertanyaannya kira-kira berapa lama agar terindex?

hasan ahmad said...

makash juragan. info yang sangat membantu..

danang tri wahyulianto said...

sangat mantab gan ane baru praktekin tutorial diatas sekali lagi thank infone sekarang nyimak isi site anda yang benar benar ber BOBOT

Panji Ismu Waskita said...

bermanfaat sekali tutorialnya mastah. Sudah saya coba dan mulai nampak hasilnya. Thanks mastah

Emji Nine said...

terima kasih infonya...
saya langsung praktekin tuh tiga sitemap langsung didaftarin. tinggal nunggu hasilnya. :)
baru nyoba2 siih.
http://nine-sector.blogspot.com/

Febri Gamesoft - www.mas-feb.com said...

Kenapa punya saya kok ada kesalahan saat submit sitemap.xml di webmaster tool ,, tolong dibalas mas

Ahmad Khoirul Azmi said...

sitemap.xml ga bisa untuk custom domain, pake yang dari feed aja http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/cara-membuat-sitemap-google-untuk-blog.html

kadut hokcay said...

ko masih tetep error ya gan sitemap.xml nya pake custom domain, kira2 harus pake yang mana ya

Ahmad Khoirul Azmi said...

untuk custom domain sampai saat ini sitemap.xml masih belum support, pake yang versi modifikasi feed http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/cara-membuat-sitemap-google-untuk-blog.html

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap