Dasar Analisis Keyword yang Efektif untuk Meningkatkan SEO

Cara Analisa Keyword SEO.
Hi, it's time to get back to basic SEO again, dudes! :) Tapi sebelumnya saya mau kasih intro dulu. Yah bisa dibilang curhat lah...Semoga bisa menjadi refleksi kita bersama.

Sebuah usaha tanpa dasar hanya akan memberikan dampak positif singkat. Benar tidak? Apalagi dalam hal SEO. Seseorang bisa saja mengikuti rumus spam kuno. Saya tidak perlu menyebutkan nama rumusnya di sini, semua pasti sudah tahu. Berbagi backlink dengan sistem "mirip" MLM, dimana yang paling atas paling banyak backlinknya. Sedangkan kontennya hanya berisi "cara cepat menaikkan pagerank dan terbukti". Hadeeh... Terbukti nyepamnya kali ya. Kalo cara itu diterapkan 5 sampai 10 tahun yang lalu, mungkin ada efeknya. Tapi kalo sekarang? Jangankan dapat PR, menurun dengan konsisten tuh SERP-nya. Herannya, tips-tips blackhat kuno semacam itu masih diikuti saja. Ada yang bilang A, ngikut. Ada yang bilang B, ngikut juga. Lama-lama justru amburadul SEO blog-nya. Akhirnya menyerah, dan bubar. Padahal blog belum terisi konten yang bisa dibilang memadai bagi seorang yang mau disebut blogger.


Kelirunya dimana? Ya karena mungkin kita terlalu banyak mie instan (atau susu instan cap nona?!) kali ya. Pengennya cepet-cepet. Cepat dapat pagerank, cepat naik trafficnya, cepat dapat duit, cepat... cepat.... dan cepat. Sampai-sampai menulis saja tidak sempat. Akhirnya memutuskan cari jalan pintas, copas. Niatnya mau kasih makan orang dengan santapan ilmu, tapi dia lupa (atau malas?) nyuapin dirinya sendiri. Sampai-sampai karena tidak tercapai, akhirnya berbuat curang dengan kebohongan. Demikian dalam SEO. Apabila kita mau mempelajarinya dengan benar, secara esensial, kita pasti akan mengetahui celah yang benar pula. Tidak ada usaha yang dalam waktu singkat dapat tercapai, kecuali dengan mengetahui esensinya. Itupun butuh proses. Belajar blogging butuh proses, SEO pun butuh proses. Tidak ada yang instan! Bullshit kalo ada yang bilang dalam semalam, ditinggal tidur, uang ngalir sendiri. Ah ada kok yang gitu, om! Iyaa, tapi sebelumnya pasti diikuti dengan proses dulu, yang tentu tidak sebentar. Setelah itu baarruuru "panen raya".

Enough curhatnya. Kembali ke PC!

Nah, apakah ada kaitannya dengan topik yang dibicarakan ini? ada kok (mudah-mudahan). Keyword adalah kata kunci yang digunakan oleh user search engine untuk mencari listing halaman web yang dimunculkan dalam hasil pencarian. Keyword ini tentunya berdasarkan pada isi konten halaman yang dimaksud oleh si pencari. Oleh karena itu, keyword menjadi esensi utama dari relevansi konten. Tanpa menggunakan keyword di dalam konten, akan sulit sekali bagi Google menentukan relevansinya.

Keyword yang baik di dalam sebuah konten memiliki peran penting dalam meningkatkan visibilitas halaman web/blog di search engine di samping upaya link building. Susunan keyword yang tepat dan variatif akan meningkatkan persentase kemunculan web/blog di hasil pencarian halaman utama SE karena dianggap memiliki relevansi lebih tinggi. Namun demikian, ini tidak bisa disalahartikan sebagai menggunakan keyword sebanyak-banyaknya di dalam konten (spamming). Berbagai update algoritma Google telah mencium strategi pembanjiran keyword ini dan menyingkirkan situs-situs yang hanya bermain keyword saja, tanpa konten memadai. Update algoritma terbaru, yang sempat melibas banyak situs-situs doorway dan situs-situs berkualitas rendah lainnya, adalah Panda. Jadi, kesimpulannya, jangan pernah mengasumsikan bahwa membanjiri keyword, menentukan keyword density hingga berlebihan, dan sejenisnya akan langsung meningkatkan peringkat blog anda. Filter Panda cukup kuat, dan usaha tersebut justru berbahaya. Ini juga menjadi dasar asumsi atas poin-poin yang ingin saya sampaikan berikut, sehingga jangan terus mengasumsikannya sebagai upaya pembanjiran keyword.

1. Gunakan keyword yang lebih detil dan sempit. Maksudnya, apabila web/blog anda memiliki niche yang jelas, maka perdalam keyword yang digunakan. Keyword "tips internet" tentunya bukan pilihan bijak, karena anda akan bersaing dengan banyak sekali website dan blog, tidak hanya dari Indonesia, tapi dari seluruh dunia. Tingkat kompetisi seperti ini sebaiknya dihindari, apalagi jika situs anda belum memiliki otoritas yang cukup kuat. Pelajari keyword apa yang memungkinkan anda target sesuai dengan konten anda, namun memiliki persaingan cukup rendah. Di sini saya tidak perlu menyarankan penggunaan tool apapun, karena dengan menganalisa konten sendiri dan bermain dengan Google Search saya rasa sudah cukup.

2. Gunakan keyword tambahan pada keyword yang ditarget. Keyword tunggal sebagai target adalah tantangan yang sangat berat. Demikian juga keyword phrase (keyword dua kata). Esensinya, semakin banyak variasi kata, semakin mudah persaingan. Dikenal istilah long tail keywords, keyword yang terdiri dari beberapa kata, panjang, dan mempersempit hasil pencarian. Misalnya, menggunakan keyword "blogspot" adalah keyword tunggal yang tentunya tidak spesifik, tidak memiliki maksud jelas, tapi tingkat persaingannya cukup tinggi, 2.5 milyar! Tentu bukan ide bagus jika anda mentarget itu. Demikian juga "trik blogspot", dan keyword-keyword frasal lainnya. Tapi jika pengunjung mengetikkan "trik blogspot terbaru", dan itu menjadi target anda, meskipun persaingan lebih kecil, tapi kemungkinan klik sangat besar, karena kesempatan blog anda untuk nongol juga besar. Semakin panjang, semakin variatif, semakin sempit. Trik ini juga berlaku untuk halaman posting. Biasakan membuat variasi keyword pada judul konten dengan long tail keywords. Lakukan analisis kecil-kecilan untuk mengetahui keyword panjang apa saja yang mungkin dimasukkan.

3. Perluas jangkauan keyword dengan memikirkan kebutuhan pembaca. Ini bukan berarti memperluas niche blog, tapi memperluas jangkauan pembaca kepada blog karena ada keterkaitan tema. Pikirkan keyword-keyword yang tidak secara langsung berkaitan dengan niche, tapi menarik bagi pembaca, dan gunakan keyword-keyword tersebut. Misalnya, jika blog anda berfokus pada "internet marketing" secara umum, pikirkan kebutuhan pembaca yang bersifat khusus, misalnya "affiliate marketing", "cari uang dari blog", bahkan "e-commerce". Ketika pembaca menemukan halaman anda pada hasil pencariannya, maka anda mendapatkan tambahan traffic.

4. Dengarkan pembaca melalui analisis traffic. Sumber paling sederhana untuk melacak keyword yang masuk pada web/blog adalah Google Webmaster Tools, tapi tentu anda juga bisa menggunakan tool-tool lainnya. Ada kalanya anda akan melihat berbagai macam keyword yang masuk di luar dugaan anda, dengan berbagai macam variasi dan panjang pendeknya. Anda akan melihat pada keyword tertentu yang tidak terduga justru cukup mendapatkan banyak klik, tapi pada keyword target justru lebih sedikit. Bandingkan kedua hal tersebut. Ambil mana saja yang menurut anda benar-benar menjadi kebutuhan pembaca; dan itulah sebenarnya yang lebih mudah ditarget :)

5. Pelajari dan refleksikan. Tidak semua keyword bisa berhasil digunakan pada situs yang berbeda. Daripada menghabiskan waktu mengoptimasikan keyword yang nyata-nyata sulit dicapai, perhatikan keyword apa saja yang berhasil pada web/blog anda, dan optimasikan dengan santai. Pelajari juga situs-situs lain yang sudah sukses dengan keyword-keywordnya. Pelajari juga struktur konten mereka karena ini juga menjadi penentu. Situs dengan struktur yang mudah dibaca (navigasi, deep linking, sitemap, dll) memungkinkan keyword-keyword dan halaman terdalam dapat dibaca dengan baik oleh search engine.

-------------

Sebagai penutup, pastikan upaya-upaya yang anda lakukan setelah melakukan analisis jauh dari yang disebut sebagai spam. Karena ini percuma saja dan dapat menyia-nyiakan upaya analisis keyword yang sudah dilakukan. Jika sudah siap, anda bisa langsung melakukan optimasi keyword pada konten/posting anda. Have a nice blogging, as always...

© Copyright 2013 - 'til drop. buka-rahasia.blogspot.com

Dasar Analisis Keyword yang Efektif untuk Meningkatkan SEO
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 44 Comment(s):

Unknown said...

Ternyata, selama ini saya salah dlm penentuan keyword. Ini saya sadari setelah baca point 2..bener2 membantu Mas Azmi,saya akan tinjau ulang penggunaan KW blog yg saya punya.

Salam dan terima kasih Mas

Unknown said...

@Hugoes: Yup, sama-sama dan sukses buat SEO blog nya.

Anonymous said...

Menurut saya sekarang backlink tidak terlalu penting mas, bagi saya kualitas konten lebih penting daripada backlink, Googlepun tidak akan segan untuk memberikan peringkat yang baik bagi blog yang berkualitas.

Iya mas, perlu usaha yang tidak mudah untuk mempelajari seo dan mendapatkan uang dari kegiatan blogging, harus sabar dan tekun.


Keyword stuffing kalau dipakai sepertinya cuma bunuh diri ya mas, bukannya blognya mendapatkan peringkat yang baik tetapi malah mendapatkan hasilnya yang sebaliknya.


Bersaing dengan keyword yang pendek memang sangat berat persaingannya, apalagi newbie seperti saya ini mas cukup kerepotan dalam menarget suatu kw pendek.

Saya lebih suka membuat sebuah konten dengan kw yang cukup panjang, selain persaingannya yang rendah, artikel itupun semakin menarik bagi pembaca.


Nice article dan ulasan pengalaman yang cukup menarik.

Salam.

Anonymous said...

Alhamdulillah Mas Blog 1001 Ebook bisa bersaing dengan Situs-situs yang memiliki niche yang sama walaupun bisa dibilang masih baru.

Saya sadar apabila keyword yang saya gunakan hanya Judul Buku pada setiap postingan pasti akan sulit sehingga saya menargetkan pada setiap postingan penambahan keyword Free Ebook Download, dampaknya sangat signifikan setiap pencarian dengan kata kunci Judul Buku/Postingan + Free Ebook Download maka 1001 Ebook biasa ada di halaman pertama malahan ada beberapa postingan yang sampai peringkat pertama di google search engine.

Saya mau tanya Mas, Apakah yang saya lakukan itu bisa dianggap udah melakukan SEO?

Terima Kasih dan Sukses terus buat Mas Azmi. ^_^

Unknown said...

@Yousake: Sebenarnya masih penting, yang kurang signifikan adalah jumlahnya. Karena backlink berjumlah banyak di antaranya cenderung merupakan backlink spam. Sehingga sia-sia saja dan justru menurunkan penilaian Google. Tapi ya itu memang benar esensinya, daripada terus menerus memikirkan SEO, bahkan tanpa dasar, lebih baik melakukan pelan-pelan, dengan dasar yang jelas, dan tidak melupakan tujuan utama blogging, menulis dan sharing.

Thanks, sobat :)

@101Ebook: Itulah yang saya maksudkan, daripada menembak keyword tepat (exact matched keyword) yang persaingannya terlampau tinggi, mending menggunakan keyword yang panjang. Yah meskipun cara yang anda gunakan agak "spammy sih" tapi asal tidak diulang-ulang terus menerus dalam satu halaman saya kira tidak masalah. Intinya, ada banyak orang juga yang mencari dengan keyword panjang dengan maksud mengecilkan/membuat spesifikasi pencarian agar akurat. Itulah yang dimaksud trageted traffic. Ini jauh lebih baik, mendatangkan traffic lebih banyak, dan tentunya traffic lebih berkualitas. Selamat ya :)

Anonymous said...

Thanks Mas Bro untuk informasi yang sangat berguna untuk kita semua

Distributor Obat Herbal Alami said...

Mantap kuga infonya gan, saya juga akan coba dech.terimakasih gan.semoga saja sukses selalu

Anonymous said...

makin sukses deh nih blog. saya ingin blog saya seperti blog sobat ini :)

Unknown said...

Info yang menakjubkan gan, terimakasih semoga sukses.

Unknown said...

makasih info dan sarannya sobat sangat bermanfaat . salam kenal

langai said...

Bos, mohon solusi ni.
dulu post ane hanya semenit udah ke index oleh google,
semenjak ane hapus meta tag di edit html dan aktifkan di fitur baru blogger, blog ane 3 hari baru ke index.

kira2 apa tu yang salah ???? :((

Unknown said...

Saya yakin 100 persen faktor yang mempengaruhi kecepatan crawling search engine bukan pada meta tags yang anda gunakan. Tidak ada kaitannya sama sekali. Ke depan akan saya tuliskan selengkapnya.

Unknown said...

ijin ikut belajar master

MOHAMAD AZRAY said...

waaa... banyak info... lepas ini saya kena buat keyword lebih kreatif.. thanks!!! ^_^

Anonymous said...

tanya master cara mempersempit keyword dalam suatu judul gmana ya? dan contohnya niche itu seperti, saya masih kurang paham dengan penjelasan niche master :)

Unknown said...

Misalnya anda berbicara tentang "peluang bisnis online". Ini sifatnya general, maka untuk mempersempitnya, gunakan keyword tambahan, contoh: Peluang Bisnis Online 2013, Peluang Bisnis Online untuk Pemula, dan seterusnya.
Niche adalah topik atau tema utama yang diusung dalam pembicaraan blog. Misalnya: blogging, internet marketing, kesehatan, percintaan, dan lain-lain. Niche pun masih bisa dipersempit lagi, misalnya: niche "kesehatan" bisa dipersempit lagi menjadi "kesehatan rambut", "kesehatan jantung", dll. Niche mebuat anda fokus terhadap keahlian dan pengetahuan yang hendak anda bagi, serta membuat relevansi semakin kuat.

M Rizal said...

Mengganti-Ganti Meta Tag Deskripsi Bisa Mempengaruhi SERP Tidak Mas?
Saya Takut Jika Nanti Saya Ganti Serp saya akan Turun.. :) saya ingin mengikuti saran dari mas ini .. :)

Unknown said...

Dalam beberapa kasus,ya pernah terjadi, bahkan dulu blog saya yang ada mengalaminya, karena saya sangat suka bereksperimen dan ingin melihat hasilnya, justru SERP kemudian turun perlahan-lahan.
Saya pernah bahas di sini:
http://tautweb.com/konsistensi-struktur-web-mempengaruhi-ranking-serp/
Jika tujuannya untuk memperbaiki, ubah, dan setelah itu mantapkan penggunaannya, saya rasa tidak masalah. Konsisten.

Anonymous said...

hampir semua teknik SEO sama ya mas bro, ada pada kata KUNCI ? setuju dengan ini gan, soalnya suatu blog akan banyak di lihat orang kalo tepat kata kunci nya, trims mas bro info nya.

Rahmat said...

Wah, bagus gan pencerahan di atas..o iya, sehubungan dengan keyword, kan banyak tuh kontes SEO yang memperlombakan kata kunci yang panjang..nah, gimana cara agar kita bisa memenangkan persaingan kata kunci tersebut atau dengan kata lain cara agar bisa memenangkan kontesnya :)Optimasi-optimasi apa yang harus dilakukan saat harus bersaing dengan ratusan peserta kontes SEO yang lain..Thanks gan :D

Unknown said...

Wah, maaf, saya kurang paham kalo untuk strategi kontes SEO. Saya termasuk yang kurang sepaham dengan kontes SEO, sebab tidak memiliki value bagi dunia internet, dan hanya mengotori search engine saja.

Rahmat said...

Hehehe bener juga sih gan, tapi kontes SEO kan bisa jadi ajanng mengasah kemampuan SEO dan tentunya cari uang jajan juga gan..hihihi,, OK gan, Thanks :)

Unknown said...

Assalamualaikum mas ahmad . saya ingin bertanya . bagaimana cara nya agar pada laman tidak ada komentar nya seperti laman mas ahmad yang ini contoh nya http://buka-rahasia.blogspot.com/p/free-backlink-builder-get-quality.html . adakah cara nya mas ? ditunggu mas balasan nya . terimakasih .

Unknown said...

@Yogie: Itu cuma masalah setting di post editor kok. Buka post editor halaman statis yang dimaksud, kemudian lihat di bagian kanan bawah, di situ ada navigasi "options" dan akan muncul beberapa setting. Lihat pada Readers comments, pilih opsi ketiga untuk tidak menampilkan comment form dan komentar yang sudah ada "Don't allow, hide existing". Save.

Unknown said...

@Mas ahmad : nah bisa mas . terimakasih banyak . sukses terus ya untuk blog nya :)

Unknown said...

Yang menjadi pertanyaan, jika memilih leyword yang sempit dan sepi pesaing, apakah mungkin pengunjung akan mengetikan keyword tersebut?
logikanya, sepi pesaing maka sepi pengunjung pula..

Unknown said...

Yang dimaksud sempit itu bukan sedikit dan sepi pesaing, tapi lebih spesifik dan tidak terlalu umum. Misalnya, ketika anda mengejar keyword trik blog, maka itu akan sangat umum dan persaingan tinggi, maka optimasi SEO harus kuat pula, oleh karena itu perlu dipersempit agar persaingan berkurang tapi target tetap ada, misalnya "trik blog 2013"

Unknown said...

Mau tanya guru. Saya blogger baru. Sy udah posting. Trus mau bgikan ke fb, tnyata yg kluar foto/gambar akun sy, bukan gambar posstingan. Apakah ini mslah foto, atau settingan blog sy aja yg salah?

Unknown said...

Itu masalah setting meta:og di template, anda harus menambahkannya untuk memperkaya jenis meta informasi yang dikirim ke facebook. Anda sebenarnya bisa mengedit secara manual setelah menambahkan link, tapi ini akan membuat ribet. Jadi, biar otomatis anda harus menambahkan beberapa meta di template, simak mengenai menambahkan meta:og di sini:
klik -> Memperbaiki gambar dan deskripsi posting di Facebook

Unknown said...

Trimakasih bnyak guru azmi. Snagt membantu. Kpn2 jangan bosan mendngar kluh kesah blogger amatiran mcm sy. Sy smkin semangat ngeblog dg adnya blog punya ms azmi

Unknown said...

Maaf guru. Tanya di luar tema lg. Bagaimana cara agar ketika kita komen, orang lain bisa langsung mengunjungi blog kita lewat link nama yg kt gnakan (nama komen saya 'rian sindu' ). Soalnya ktika sy coba nge klik nama sy sendiri yg kluar adalah profil akun blog saya. G masuk di halaman utama laman. Trm ksh sebesarnya

Unknown said...

Owh
g2 yah. .
Thenk bgd informasi ny bwt mas azmi. .

Anonymous said...

Thanks mas azmi atas informasinya. .
Tp kok blog saya sama sekali ga ke index yah. .
Pdahal saya udah masukan kyword. .

Unknown said...

Untuk masalah indeks mengindeks faktornya bukan keyword. Simak di sini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/cara-mempercepat-indeks-blog-google.html

Mimpiku said...

Terimakasih banyak atas informasi yang seperti mentari di pagi hari..
memberikan kehangatan serta cahaya penerangan pada pikiran saya yang sedang ruwet-ruwetnya liat blog orang lain yang lebih berhasil
#cie,, ngeri bahasanya.. wkwkwkkwk

intinya... makasi banyak sobat blogger..
ini bermanfaat bagi saya..
keep smile and enjoy blogging :)

Anonymous said...

untuk membuat 1 artikel pun berarti ribet dalam mencari keyword ya ? , jadi setelah selesai membuat artikel hal penting lainnya adalah mencari keyword atau sebaliknya sebelum membuat artikel mencari keyword dahulu sehingga bisa di selip-selipkan keyword dengan wajar di post agar dapat membantu hasil pencarian, jadi butuh usaha ya mas menjadi seorang blogger professional itu ?

menentukan keyword yang tepat saya tak pernah menghiraukan ini dan saya pun menyesal

Unknown said...

@Dadan: Thanks a lot :)
@Yudi:
Saya tidak bilang harus mencari-cari keyword di dalam artikel, yang saya maksud di atas adalah mentarget keyword, sekali target sudah dipersiapkan dan tertuju, ya sudah. Kaitannya dengan artikel, justru menurut saya blogger/tulisan yang profesional tidak begitu memikirkan harus menyisipkan keyword apa dan dimana, tapi semua ngalir saja. Saya paling pusing kalo baca tulisan terlalu banyak keyword njlimet dan isinya anchor text dengan keyword2 yang bikin puyeng, semestinya tidak ada, tapi diada-adakan, justru menurut saya yang seperti itu tidak profesional dan terkesan cuma Google yang dituju, bukan pembaca.

tidak perlu menyesal. targeting keyword yang saya maksud bukan tentang menbanjiri konten dengan keyword, tapi membuat target keyword. Keduanya beda. Good luck :)

Edy Kurniawan said...

Saya masih bingung dengan penentuan keyword ini, komplek sekali kelihatannya,apalagi blog saya isinya campur gaur mas. bagaimana menurut mas Azmi...?

Unknown said...

mantab bung, terimakasih banyak untuk infonya... sangat membantu pemula seperti saya... :)

Unknown said...

masalah keyword inilah mas yang terus saya pelajari,saya benar2 pemula sehingga yang jadi keyword itu yang mana judul atau lainnya saya masih bingung

jenal sobari said...

kalau kata kuncinya satu bagus ga yach....

L. Anwar said...

Mohn infonya gan, soal peningkatan visitor lebih penting mana gan antara backlink n update post. Sya pernah dgr meskipun post tiap hari diupdate tp klo g punya backlink sama ja g bkal da peningkatan visitornya, kira2 menurut Agan gmn?
Mohn jwbnya, trimakasih.....

Anonymous said...

kalau berkunjung ke blog ini
alhamdulilah menemuka suatu manfaat

Unknown said...

NICE INFO BUAT SAYA SEBAGAI PEMULA,CUMA MSH BINGUNG,SAMBIL JALAN AJA BELAJARNYA.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap