Cara [Curang] Meningkatkan "Kualitas" Blog dengan Cepat!

buka-rahasia.blogspot.com"
Sebagai intermezzo aja nih, sobat Blogger semua. Buka Rahasia Blogspot pengen sedikit mengisi jeda karena proses mengumpulkan ide dan menulis beberapa materi artikel baru belum kelar-kelar juga. So, biar ga jenuh karena kepala mulai puyeng, saya mengajak sobat semua untuk sedikit mengenal cara curang dalam ngeblog. Hehe, baca judulnya mungkin menarik banget yah. Tapi semenarik itukah isinya? Jangan berharap banyak tapi ya. Ketika menulis artikel ini pun kepala saya masih dalam keadaan kosong. Jadi, biar mengalir aja lah isinya. Hehe..

Kita sudah banyak mendengar ada banyak cara serta jalan pintas yg "culas" & "curang" dalam usaha membuat blog tambah keren. Biasanya sih yg paling banyak adalah dalam hal SEO. Tidak terhitung lagi lah jumlahnya. Bahkan mungkin kita sudah terbiasa melihat cara-cara itu. Tapi tau gak, sebenarnya ada cara-cara curang lain yg sepele, tapi bikin banyak Blogger ngiri setelah melihat hasilnya (tentunya Blogger newbie). Cara-cara ini mungkin jarang terlintas atau kita tidak mengenalinya karena kita jarang ngecek kebenarannya. So, banyak blogger gak nyadar kalo sedang dikibulin. Eh, beneran gitu? Iya! Contohnya? Ini nih:

Cara [Curang] Meningkatkan Jumlah Feed Readers (Jumlah Pelanggan Artikel Blog melalui Feed)

Sering kita melihat widget feed readers nangkring di blog-blog. Widget feed kecil tersebut berfungsi menunjukkan jumlah readers (pelanggan/pembaca) serta sebagai quick link untuk melakukan submisi/pendaftaran langganan feed. Sebagai contoh adalah widget feed readers dari feedburner milik buka-rahasia.blogspot.com:

Kita bisa loh meningkatkan jumlah pelanggan hingga ribuan. Saya menemui cara ini banyak digunakan. Contohnya, buka-rahasia.blogspot.com bisa disulap memiliki pembaca feed hingga ribuan jumlahnya:
rss feed blog template 4u
Hebat kan? Hahaha. Masih ga percaya. Coba baca titlenya dengan mengarahkan mouse di atas gambar. Tuh benar kan tulisannya, "buka-rahasia.blogspot.com feed readers'. Rahasia nya dimana?

Tentunya jumlah tersebut bukan jumlah asli pelanggan feed blog ini, karena jumlah asli ada pada gambar di atasnya. Lalu bagaimana bisa jumlahnya dinaikkan? Caranya mungkin tidak asing lagi bagi sebagian sobat blogger. Ya, dengan memanfaatkan fitur "view page source" browser. Buka blog/web yg memiliki widget feed sejenis di atas serta mempunyai ribuan hingga puluhan ribu pelanggan feed. Copy kode widget feed blog/web tersebut. Lalu, pasang sebagai gadget blog. Biar lebih meyakinkan, kasih atribut title="feed blogmu" pada tag <a> nya. Dijamin, blogger lain bakal ngecessss... Hahaha.... 
Bagaimana cara mengetahui keaslian widget feed suatu blog? Gampang saja, arahkan mouse ke atas gambar/widget feed tersebut, lihat urlnya di bagian footer browser. Url pada widget feed pertama di atas adalah http://feeds.feedburner.com/blogspot/bukarahasia, sedangkan yg di bawah adalah http://feeds.feedburner.com/t4u, yg saya ambil dari blogtemplate4u. Url feed biasanya memiliki sebagian identitas/nama blog. Biar lebih jelas, klik saja widget tersebut. Jika yg nongol adalah halaman list posting yg bukan milik blog tersebut, sudah pasti widget feed itu palsu.

Cara [Curang] Meningkatkan Pagerank Blog dengan Cepat

Cara ini lebih dahsyat lagi, tapi juga harus ekstra hati-hati. Cara yg digunakan sama, yaitu dengan mengambil kode dari page source . Bedanya, tidak semua widget pagerank dapat digunakan di blog/web lain. Yg membedakan adalah, beberapa penyedia widget pagerank dibuat dengan sumber utama (url blog/web) pada saat widget dibuat di situs layanan. Beberapa yg lain melakukan generating pagerank ketika widget dipasang di blog. Perbedaan hasilnya, widget pagerank jenis pertama menentukan jumlah pagerank setelah widget pertama kali dibuat. Jadi ketika widget itu dipasang di blog/web manapun, dia akan menunjukkan nilai pagerank yg sama. Sedangkan yg kedua, widget pagerank akan menunjukkan nilai pagerank ketika halaman  web/blog di load.
Nah, untuk melakukan proses "pengibulan" pagerank dengan benar, cari widget pagerank jenis pertama, karena widget jenis itu dapat digunakan di berbagai blog/web dengan hasil nilai pagerank yg sama. Widget dengan sistem demikian salah satunya disediakan oleh mypagerank.net. Sedangkan contoh widget pagerank yg menunjukkan nilai pagerank blog/web setelah halaman web/blog diload adalah milik getrank.org.
Jika malas menggunakan page source, langsung saja masuk ke situs mypagerank. Masukkan situs yg sekiranya punya pagerank tinggi. Lalu ambil kodenya dan pasang di blog. Beres! Pagerank mu langsung naik dengan cepat. Wahahahaha....
Cara mengetahui pagerank palsu atau tidak: cukup gunakan Pagerank Toolbar atau Pagerank Checker. Kalo pagerank yg ditunjukkan beda, sudah pasti tuh blog pake "jurus pengibulan" tingkat 3. :-P

Cara [Curang] Meningkatkan Jumlah Traffic Blog dengan Cepat {Lagi-lagi!]

Hehe, sobat pasti udah nebak:  "Pasti dengan nyuri dari page source lagi, nih". Yup, emang bener. Tapi, apa yg dicuri? Tentu saja, kode page counter widget, yaitu widget yg menunjukkan jumlah pageview & visitor suatu blog. Widget page counter yg paling rentan adalah milik Flag Counter, karena kebanyakan blogger malas membuat widget counter dengan mendaftar. Tanpa pendaftaran account, widget dapat diambil serta diakses siapa saja.cara meningkatkan pengunjung blog
Cara mengetahui suatu widget visitor counter asli atau palsu gimana? Sebagai contoh, bagi widget Flag Counter serta beberapa widget sejenis lainnya:  cara melihat keaslian widget counter adalah dengan membuka beberapa kali atau merefresh halaman-halaman blog yg memasang widget itu. Jika jumlah tidak bertambah / tetap, dapat dipastikan widget tersebut palsu. Pernah widget counter blog ini dipakai blog lain. Karena widget saya buat dengan mendaftar (dengan membuat account gratis), saya dapat mengakali dengan mereset jumlah counter menjadi 0 lagi. hehe.

Tentunya, semua hak sobat blogger untuk menggunakan cara-cara curang dan bohong dalam ngeblog, termasuk juga mengambil artikel blog lain dan mengakui artikel tersebut sebagai hak milik. Tidak ada yg melarang bukan? Tetapi, sayangnya, para blogger kini tidak mudah dibohongi. Jadi pertimbangkan masak-masak sebelum menggunakan cara-cara seperti di atas. Bukannya mendapat pujian, rasa hormat dan kagum dari blogger lain, alih-alih malah bisa dapat cemoohan dan ketidakpercayaan.
Blog adalah cerminan sifat & sikap pemiliknya bukan?

Salam Blogger!
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Cara [Curang] Meningkatkan "Kualitas" Blog dengan Cepat!
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 91 Comment(s):

Rama88 said...

ahahhaha, banyak bgt tuh saya temui blogger yg kyk gitu,, PR yg kebanyakan, pasang PR4 lah, PR3 lah,, ehh gak taunya PR nya nihil,, ckckkckc, mending yg asli2 aja dah tanpa nipu2,, hehehe,, nice info sob,, :)

Agus Munawar said...

Palsu tapi asyik, tapi jgn dipraktekkin ya sob.. :)

Amien melody said...
This comment has been removed by a blog administrator.
mwber indonesia said...

ga asik dumd,,,
tpi co2k buat blog abal2

Ahmad Khoirul Azmee said...

@Rama: iya bro, banyak yg kaya gitu. hehe. ngeliatnya jadi aneh aja, baru aja terbuat, tapi blog langsung PR4 hehehe,,, thanks dah mampir :D

@Agus: Iya, memang seharusnya tidak dipraktekkan. kaena itu kebohongan.

@mwber: yah benar, itu cuma cocok buat blog abal2 aja.

@ALL: thanks for your comments

Terbaik di Indonesia said...

Jiah, inimah cara menipu kang heheh. tapi sangat bermanfaat dan membantu buat yg mau curang. Haha

INFO GRATIS said...

wkwkwkwkkwkw, parah tu

Hasimas : Hacking Tutorial said...

wahahahaa.. ada² aja xD
asik juga kayanya :D
tapi kalo gitu jadi ga bisa mantau traffic sebenernya dong ? :p

opic said...

sebelum baca artikel ini sempet mikir bakal ngelakuin itu, ternyata sudah banyak yg lakuin kwkwkwk, mending titip url ke blog ini aja kan banyak yag ngunjungin mana tau ada blogger lain yang mau mampir ke http://rupatelematika.blogspot.com hheheheh... ;)

elmira svetlana said...

tapi lebih baik yg alami aja mas biar aman sulaiman

Ahmad Khoirul Azmee said...

@Terbaik: ya emang, bagi yang hobi curang2 caranya kaya gitu. pikirnya ga da yg tau, padahal gampang banget diketahui.

@Hasimas: Yup, ga bakal bisa pantau traffic sebenernya bro, justru malah bikin kacau karena ga tau kekurangan blog n ga bisa membuat tolok ukur untuk meningkatkan kualitas blog. kayanya blog2 kaya gitu bukan ditujukan untuk dibangun, tapi cuman buat main2 doank. apalagi yg isinya copas semua, bisa dipastikan tu ga niat ngeblog n bersocial networking.

@opic: syukurlah kalau akhirnya sobat bisa membuat keputusan yg baik. saya mendukung 100%

@elmira: ya benar. segala sesuatu yg ga natural, termasuk dalam SEO, ga bakal baik hasilnya. apalagi dalam ngeblog :D

yOu said...

Iya gan... pantesan bnyak blogger newbie yang melesat hehe... ternyata gtu ya... hehe mksih gan infonya.. tapi maav ga mau nyoba ah..

herbalife said...

hem...ada juga yang seperti itu,,itu bagus ngga ? kalau bagus mau saya pake juga tuh tipsnya.he..he..

Ahmad Khoirul Azmee said...

wah duh, jelas buruk efeknya :D

Makhasin said...

hmmm ini mah cara tipu tipu gan mending yang jujur-jujur aja dech biar PR kecil tapi asli lebih nikmat kale...

joyodrono said...

bener -bener buka rahasia nih gan.
tapi bagus nih,akhirnya saya bisa tahu caranya.
makasih buat infonya.

ApaajA said...

cara curang semua ini memang sering sekali ditemukan di berbagai blog. setiap saya melihat beberapa blog yang demikian saya biasanya g mudah percaya sih. ada g y blog yang g pakai semua statistik view itu semua, padahal blognya udah popular.

Kiki Screw said...

om ane msh kurang ngerti cara nya.....

cara nya gimana yah om... ?

Ahmad Khoirul Azmee said...

@kiki:
halo saya tidak menyarankan cara di atas dan tidak perlu mengikuti petunjuknya :-)

diansunday said...

saya juga trmasuk kyaknya!xixixi

Pru Proteksi said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Ahmad Khoirul Azmee said...

update terakhir: feedburner counter sedang mengalami trouble dan dalam perbaikan/ feed counter saat ini tidak jalan (menunjukkan angka 0)

Reinaldo Calvinz said...

Wuihhh!! Keren! Tapi jujur aja kali ya, daripada punya blog dengan hasil yang palsu. hahaha..... :)

Sovan said...

Terima kasih atas infonya, ternyata banyak sekali cara curang seperti yang sobat sebutkan di atas. Lebih baik dipasang apa adanya, meskipun PR-nya masih 0 yang penting bisa blogging saja. :)

Ahmad Khoirul Azmee said...

#Reinaldo:
Iya benar, kejujuran itu selalu berbuah masin pada akhirnya meskipun pada awal akan tampak menyakitkan :)

@Sovan:
Iya memang banyak sekali yg suka main tipu2an dalam kaitan dengan peringkat blog. Yup, blogging, sharing, and posting jauh lebih penting dari sekedar pagerank toolbar.

ecad-remaja said...

gan ane masih baru kmren sore nih bljar blog, mang nyari sumber artikel yg baik gmn? Klo bkn hsil googling ya minim bgt dpetnya,,
mksih ya tips curangnya!! Hee

Berbagi Kreativitas said...

Pasti ketebak lah sob jelas-jelas Url-Nya beda, ya walau title dibuat pake nama blog kita, tapi gak banget dah.. haha

gema-tkj1 said...

mau nanya, klo pake cara kayak gitu.. visitor blog bisa meningkat g gan> ato masih sepi2 aja? bales ke blog ini ya ada buku tamunya kok
http://gema-tkj1.blogspot.com/

tasudin dayeuhluhur said...

siiiip bgt.

B@zz0874 said...

ilmu jaman sekarang menakutkan...tanks

Aditya Sandy Pratama said...

ternyata teknik seo itu banyak banget ya gan,, baru tahu ane,, thx y udah mau sharing,, :D

KOS KOMPUTER BLOG'S said...

Jurus penipuan tingkat dewa inih,, wkwkwkwk yang gak dewa jangan coba cobaa wkokokokoko

Sakahayang Kang Asep said...

Hahahha bener sob, pernah saya bingung itu umur blog baru 1 bulan kok sudah punya PR2, selidik punya selidik bener seperti apa yg telah sobat uraikan ,,, hahahaha saya jadi ketawa sendiri dan bertanya apa sich tujuan dia ngeblog? Ya lebih baik biarkan saja seperti air mengalir, saya ngeblog cuma bertujuan menumpahkan sedikit pengetahuan pada tulisan untuk di share ,,,

mutircheat said...

seep . . .

Andhyzer said...

Emang bnyak tuh para oknum blogger yang gunain cara itu. Artikel good gan.

Blog kesayanganmu said...

Bos.. minta izin Copy artikelnya..!!!

sejuta trik blogger said...

weh, ternyata saya dikibulin. ternyata begitu toh? ok dah gan, dengan membaca artikel agan. sedikit punya gambaran kedepannya. menarik nih gan. hehe. thanks

jodhi23 said...

Wow!!!!!!!!!!!!
ternyata mudah banget ya untuk memalsukannya>>>>>>>>

AGROTEK UMPAR said...

hehehe.....
ternyata ada cara mudah ya...

Anonymous said...

buat apa ya pagerank? terus reader tadi buat apa? saya liat di abc.com atau kompas.com tidak pasang gitu-gituan, apa mereka belum tahu mungkin.? (bingung aku)

Ahmad Khoirul Azmi said...

pagerank itu dipasang atau ga dipasang semua punya pagerank, dari N/A, 0 sampe 10. yg dipasang itu kan widget untuk menunjukkan. learn before making statement.

me said...

agak bingung nie

Blogger Blegedes said...

Super mantaabss Kang Info nya.. thanks dah di share.. sukses terus buat "Buka Rahasia" ... Salam kenal Kang.. :D

Speed said...

Wow Serem banget ya btw thank fo infonya

Sang Manyar said...

Mending yang natural aja. Biar PR=0 yg penting karya sendiri. Waspadalah: mencuri adalah pekerjaan pengecut!. Hahahahaha...

w0ngsimp4ng said...

memang tidak merugikan orang lain tapi berdosa menipu orang lain :D

BLOGGERspherepedia said...

Cara seperti diatas tidak merugikan orang lain, namun menipu diri sendiri...jangan buat hasil karya sendiri dengan hasil tipuan. Jadilah diri sendiri atau buatlah sesederhana mungkin blog/website agar sasaran tercapai (pengunjung tidak bingung).

JAYAVO said...

Keren!

annas said...

ternyata gitu ea...

Radang said...

Makasih nih informasinya salam kenal gan moga sukses terus....

Amandel said...

WAh postingannya mantap nih salam kenal gan...

jantung said...

makasih banyak ya gan infonya menarik sekali

stroke said...

salam kenal ya gan.....

ino putro said...

wah iya dulu awal ngeblog sempat mikir buat ginian
tapi gak jadi dan ahirnya belajar serius buat ngblog.
nice post

petualang-web said...

oh baru tau nih ada yang memakai cara-cara curang coba ga ya???????? ah takut dosa mening yang aman dan normal saja walaupun blog petualang-web.....termasuk blog butut tapi.....ga pake cara curanglah

puisi tentang alam said...

cpppsss.. gile tuh cara.. tp gak puas kalo cuma gitu

numz said...

hehe saya mah nunggu dengan sabar aja, ga pake cara itu. tapi thanks dah share :) good luck

azhari said...

kalo ane pengen banget pake cara kya gitu tapi kyanya ribet n yang jelas make yang biasa biasa ja

Nurdian Syaher said...

Udah ku posting di Blog aku tuh Link blog km min! Backlink ya sob!
Makasih infonya gan, maklum masih newbie :)
mampir kesini ya agan - agan cakep! :D

http://dian185.blogspot.com

debbie irlando manurung said...

gan ikutan kontes tuh http://www.zondim.com/2012/08/pegipegicom-booking-hotel-murah-mudah.html

Blogadexme said...

wahh keren nih cara curang nya, wkwkwk....

Info Media said...

keren gan jangan lupa kunjungan baliknya yaa www.my-computers86.co.cc

egift trifer said...

yg cara kedua coba urlnya google pasti langsung ketahuan

gaptek32 said...

wah ternyata ada juga yah cara yang beginian. kalo ketauan ada yang make cara kaya beginian nasib reputasi blognya gimana tuh, era ey bahasa sunda na mah :D

Apps Freeware said...

haha mungkin cara ini sudah jadi makanan banyak bloggers

Dewa dewi said...

kalo ngeblog untuk sekedar hiburan dan mainan ,ngga apa2 melakukan cara cara curang, namun jika ngeblog itu untuk serius dan UUD (ujung ujung duit) ( iklan) perlu menghindari cara2 curang.

syahdan hidayatekzx said...

THANKS banget sama yang diatas thanks informasinya ya blog INI klo ada waktu mampir juga dan follow blog saya ya nanti saya follow back kok,,
dan untuk yang coment sebelum saya jua OK follow yaa,,

http://ilmubloggersyahdan.blogspot.com

Agung Budi said...

user bisa di bohongin tapi si embah tau segalanya,,,hahahaha

Lavinia Fadhilah said...

Thanks ya buat informasinya, saya nggak akan menipu pengunjung kok. Lebih baik pagerank 0 asli dibanding pagerank 3 dengan curang. Setuju banget dengan post ini.
Bukan mau ngespam gan, cuma mau bilang mampir-mampir ke blog saya ya!:D

http://mykawaiihouse.wordpress.com/

Nurholis Faturohman said...

klo yang memalsukan kualitas blog, itu namanya bukan blogger. tapi, kibuler --alias tukang ngibul-- :D

falah kharisma nuraziz said...

namun sob, ada teman saya, padahal alexa nya baru muncul, namun ternyata sudah 2000 pelanggan feed. Dan ketika saya klik widget nya ternyata feed itu benar miliknya sendiri.

Kira - kira itu pelanggan asli atau curang sob? padahal alexa nya masih 10 juta?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Kalo cuma masalah link bisa diakali, linknya tetap diarahkan ke feed blog sendiri, tapi url gambarnya dari blog orang lain. Trik ini sudah biasa, basi, dan mudah diketahui, lihat aja melalui page source, dan cek sumber gambarnya dari mana.

Menurut saya dengan data alexa masih seperti itu, sama sekali tidak logis. Tapi tidak perlu mengurusi hal seperti itu, biar yang curang ya tetap curang. Blogging itu butuh proses, kalo dari proses awal aja sudah curang, ga bakal bisa tau apa itu blogging sebenarnya. Blogger-2x seperti itu hanya ingin menipu, menipu diri sendiri.

Tetap jalani proses, kasih tau apa yang diketahui, jangan pura2 tahu pada hal yang belum diketahui, karena itu semua sebenarnya hanya menjerumuskan dan menipu diri sendiri. Tujuan blogging bukan hanya uang.

Dhiyas KN said...

Aneh aja liat orang yang menggunakan itu. Hanya buat pede2an aja. Menurut ane cara itu justru malah menjadikan blog kita tidak bermutu. Hehe yang alami malah lebih seger dan puas.

Riska Adi Kurniawan said...

Saya suka yang asli.Buat yang gunain itu pasti cuma buat pamer.

Admin nya Blog Mantap Donk said...

kebanyakan emang kayak gitu....

fikri ashsiddiqi said...

hahahaha, ane kira pakee aplikasi apaan gituu, taunyaaa kya gini, haha, happy blogging

sombit suci said...

Yang normal-normal saja sob,tanpa rekayasa,kalau dari usaha sendiri pasti lebih puas kalau berhasil...

Eko Haryanto said...

nice info gan, semuanya terserah kita mau yang instan tapi short term atawa yang long term dan bermutu.

imamnow said...

Palsu itu,,, marah
marah kalau ada yang tau itu palsu :D

fajar akbar said...

monggoooo

moeclazh said...

nice info ;)

fajar akbar said...

smile aja deh

saif achmad said...

waduh om jangan begitu.. ,dosa om ngibulin orang...
ngomong2 ntar kalo dibuka diklik pageranknya ketahuan g kalo palsu??kalo g ktahuan ya boleh deh dicoba..hgkgkkgkgk
follwbacknya ya om..
http://catatansaif.blogspot.com/

Awidya Firsiades Alin said...

Semua postinga di blog ini bermanfaat semua :)

tips dan trik

Prediksi Bola said...

makasih mas, kunjungi juga blog adik ya http://prediksibola888.blogspot.com

stony si pucai said...

Ship bang khoirul azmi,.. tapi gua gk praktek,in koq...
tnang aja gk usah curang2an udah tinggi koq trafiknya berkat lintas me dan si forum online KasKus.... ini ni yang patut kalian contoh..
ingat jangan main curang bro..

Willy Prastiyo said...

Nice post kang..

Ali Zakariya said...

Haha, kalo mental kita masih mental COPAS kapan mau majunya Bangsa ini ya Gan, paling tidak COPASDIT lah biar kayak negeri Tiongkok/China yang sekarang pertumbuhan ekonominya paling kuat.

Betul ga?

Rumput Kebar Papua said...

betul-betul curang kalo gini deh..

Fendi teguh cahyono said...

Haha.. Curang

kang febby said...

ternyata yang semua di lihat waw" itu tidak semuaya benar ya.. hehehe

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap