Miskonsepsi Keyword: Antara Indeks dan SEO

google index-SEO-keyword research-blog optimization
Sebelum melihat lebih jauh kaitan antara keyword, indeks, dan SEO, ada beberapa pertanyaan mendasar yang perlu digarisbawahi mengenai keyword. Keyword dalam hal ini tentu saja mengacu pada keyword dalam search engine, bukan keyword yang ada dalam bahasa pemrograman computer. Secara sederhana Webopedia, menjelaskan tentang keyword dalam pencarian di search engine (keyword search):
A type of search that looks for matching documents that contain one or more words specified by the user.
Keyword adalah tipe pencarian dokumen-dokumen yang sesuai yang mengandung satu kata atau lebih yang telah dibuat oleh seorang user (pencari di search engine).
Penekanan pada dua kata yang dicetak tebal di atas untuk menunjukkan esensi dari keyword; yaitu kesesuaian, dan paduan kata, baik berupa kata tunggal maupun frase. Dan pada akhirnya, akan berujung pada keyword yang sesuai (matched keyword). Inilah poin dari hasil pencarian yang dilakukan oleh pengguna yang sesuai dengan keinginannya. Maka disini kita berbicara tentang keinginan pengguna/pencari. Sekali lagi, kita berbicara tentang keinginan pencari dokumen di search engine.

Jadi, keyword sebenarnya bukanlah kata-kata yang kita buat dan inginkan saja, melainkan kata-kata yang kita pelajari dari seorang pencari. Kita menjadi, bertingkah, serta berpikir seperti si pencari. Inilah nantinya yang membedakan antara blog yang terindeks (indexed) dan teroptimasi (optimized).

Terindeks belum tentu teroptimasi, sedang sebaliknya, teroptimasi sudah tentu terindeks. Saya sering mendengar istilah "menembak keyword", membidik keyword", dan sejenisnya. Pertanyaannya: apa yang sebenarnya dibidik? Tentu saja anda tidak sedang membidik nama anda sendiri sebagai keyword bukan? Akan sangat jarang sekali dan bahkan musykil jika ada orang yang mencari nama anda untuk rujukan referensi dokumen yang dicarinya, kecuali anda adalah artis, seniman, politisi, atau tokoh terkenal lain, atau orang yang paling dicari oleh polisi internasional. Seperti "Selly, Sang Penipu Cantik" itu misalnya, keyword namanya nangkring berhari-hari di Google.co.id.

Nama blog / website bisa dan pastinya menyumbang keyword density (kelembapan / kepadatan keyword). Namun pastinya anda tidak menggunakan nama anda sendiri sebagai bagian dari pemadatan keyword bukan? Saya tidak sedang berbicara tentang blog yang memakai nama sendiri dan saya tidak bilang itu salah. Tentu saja itu tidak masalah. Namun tidak mungkin kan nama itu kemudian yang dipakai sebagai alat optimasi. Misalnya anda punya blog bernama "bejotukiyo.com" dan akankah anda mengoptimasi nama Bejo Tukiyo di search engine sebagai keyword? Adakah orang yang mencari dengan keyword tersebut kecuali anda sendiri? Kecuali Bejo Tukiyo adalah nama orang yang terkenal, memiliki sensasi di publik, mengandung nilai kebutuhan besar, dan merupakan bagian dari dokumen yang paling dicari, maka sangat mustahil frase atau nama tersebut akan membantu usaha optimasi. Tentu kemudian anda akan mengoptimasi hal lainnya seperti judul blog dan judul artikel, deskripsi blog, meta keyword dan description (meta tags),  variasi frase di dalam artikel, serta cara-cara lainnya. Namun saya tidak akan berbicara tentang 'black hat SEO" ataupun cara-cara lain yang mengambil keuntungan dari popularitas kata kunci tertentu yang sama sekali tidak berhubungan, misalnya tentang hal-hal "berlendir" yang selalu menjadi favorit sejak internet ada.

Dengan demikian, tentunya akan sangat dipahami mengapa "Rahasia Blogspot" menjadi bagian dari nama yang saya pilih. Bukan karena apa yang saya inginkan saja, tapi (semoga) apa yang para pencari inginkan. Jika suatu blog punya nama khas, misalnya Bejo Tukiyo tadi, dan kemudian anda mencarinya di  Google Search Engine, tentu saja dia akan masuk halaman pertama, karena keyword tersebut sangat khas, sangat sedikit sekali frase seperti itu, dan pastinya blog bernama seperti itu akan ada di halaman pertama setelah dilakukan proses indeks/pendaftaran. Pertanyannya: Berapa banyak orang yang mencari dengan kata atau frase tersebut? Jangan-jangan cuma anda sendiri? Tentu saja, anda yang lebih tahu jawabannya. Terindeks adalah awal dari perjalanan/proses SEO, namun menjadi terindeks bukanlah ujung dari SEO itu sendiri; belum lagi jika nanti berbicara mengenai SERP.

Di sinilah letak perbedaan antara blog yang terindeks dan blog yang teroptimasi atau teroptimalisasi (atau teroptimisasi; saya selalu bingung ketika harus menerjemahkan kata optimized dan optimization ke dalam Bahasa Indonesia).

Semoga Bermanfaat.

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Miskonsepsi Keyword: Antara Indeks dan SEO
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 12 Comment(s):

imaginasiqu said...

kunjungan balik sob... afwan belum sempet baca2.. lagi keburu2 nih... :)

ubae said...

follow sukses gan..no.120..
follow back ya..hehehe

mantabs gan info2nya..izinkan ane menyimak bbrpa koleksinya..hehe

JOY said...

Bahasanya lugas dan mudah dimengerti. b(^_^)d

Mas, maaf mau tanya nih, kalau penggunaan tanda cetak tebal, miring, dan atribut lainnya dalam penulisan frasa di postingan berpengaruh terhadap optimasi keyword enggak? Mohon pencerahannya mas..

Trims sebelumnya.. :-)

Ahmad Khoirul Azmee said...

Yup, benar sekali. Google akan memperhatikan bentuk-bentuk penekanan seperti cetak tebal, miring, atau yang berisi link pada frase-frase yg di anggap penting, dengan syarat penekanan tersebut dilakukan dengan tag html, karena Google membaca html. Misal untuk cetak tebal gunakan tag b. Untuk penjelasan lengkap mengenai optimalisasi keyword siahkan baca: Ayo Bermain Keyword: Optimalkan SERP Psting Blog-mu!"

kelaskecil said...

Tengkyu! Bermanfaat buat saya!

Pusat obat herbal alami said...

iya gan tapi optimasi keyword sangat sulit gan,,, apa lagi dengan pengalaman saya yang kurang dalam dunia bloging,,,

hilman arif said...

blog walking :)
artikel yang menarik
visit juga
www.blackmusicks.com

Jamal said...

terimakasih sangat bermanfaat tuk saya. lam kenal gan

Uphil Unyue unyue said...

Assalamuallaikum kak..

saya mo tanya soal meta di header,, cuman gara-gara pingen punya blog yg SEO meta yg ada di header aku ganti,, seperti petunjuk para mastah blogger.. tapi apa efeknya ?? banyak artikel yg dulu di 1 google sekarang jg menghilang.. blog yg sebelumnya punya visitor 500 up skrg menurun tggl itungan jari..

trus untuk mengembalikan apakan sy harus ganti meta yang lama ??
mohon pencerahan ??
alamatnya ini www.uphilunyue.blogspot.com
Help Me...

Ahmad Khoirul Azmi said...

Sebaiknya anda kembalikan pada isi meta tags lama. Dari masalah yang anda sebutkan, jelas meta anda dianggap spammy atau mengandung spam keyword.

Lukil Araya said...

bagus... untung blog ane nukan nama ane sendiri

Putra Adam said...

terimkasih,,artikelnya mudah dii pahami kang

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap