Google, Penguin, dan Paradigma SEO


Beberapa waktu terakhir ini, kita melihat begitu banyak perubahan Google, terutama di hasil pencarian atau SERPs; semua dimulai karena adanya Panda update hingga Penguin update, sebutan Google untuk perubahan atau update dari WebSpam algorithm changes, perubahan dan penyesuaian algoritma untuk memerangi spam dan memberikan hasil pencarian yang lebih berkualitas. Bulan April adalah bulan super sibuk karena begitu banyak perubahan algoritma, yang kemudian diikuti dengan teriakan kegembiraan bagi mereka yang mendapat "berkah" dari perubahan-perubahan itu dan sebagian lainnya mengumpat-ngumpat karena halaman-halaman situs mereka tenggelam di hasil pencarian bahkan terkena penalti. Terakhir, pada awal Mei ini, ada update pagerank. Lengkap sudah.

Saya pribadi tidak bisa bilang saya sedih dengan perubahan ini karena saya memang mendapatkan hasil yang lebih baik di pencarian daripada 1 atau 2 tahun yang lalu, hasil yang lebih fresh dan berkualitas. Memang ini yang ditekankan oleh Google, content freshness and quality content. Konten yang relevan dengan apa yang berlaku sekarang. Tidak mungkin saya mencari tips SEO di Google dan kemudian menghasilkan list hasil pencarian yang memuat judul "arti penting reciprocal link", yang masih berlaku beberapa tahun lalu, namun sama sekali tidak relevan atau tidak memiliki efek lagi pada SEO saat ini.

Inilah yang kemudian menciptakan pandangan-pandangan baru di dunia SEO. Saya melihat banyak artikel-artikel luar yang mulai memahami perubahan ini dan merubah berbagai macam pandangan dan teknik SEO lama yang sudah usang dan tidak relevan. Namun sayangnya, tidak banyak yang menghiraukan sehingga masih saja saya melihat praktek-praktek SEO usang yang dilakukan.

Hal yang sering ditemui adalah mengenai link building. Link building penting, tapi bukan satu-satunya. Link building dianggap satu-satunya prioritas dalam SEO sehingga banyak yang kemudian mengambil jalan pintas dengan melakukan spam pada komentar-komentar blog, bookmark, dll. Bahkan secara serampangan: mengisi seluruh komentar posting suatu blog dengan link spam, dengan harapan Google akan melirik link-link tersebut dan langsung meningkatkan peringkatnya di SERP. Ini salah. Karena webspam justru akan meliriknya sebagai over-optimized SEO, usaha SEO yang berlebihan, tidak wajar, "terlalu mengada-ada" (Cek google link building tips). Padahal SEO tidak hanya pada itu. Hal penting saat ini justru terletak pada on-page SEO, yaitu bagaimana anda membuat konten berkualitas dan menyusun struktur web/blog seperti navigasi dan internal linking yang membuat pengunjung merasakan kenyamanan dalam menggunakan web anda (user experience). Apa yang berkualitas dan mudah bagi user, mudah pula bagi crawler untuk merayapinya. Sering saya mendapati komentar-komentar yang sama, dengan link yang sama pula, dan diberondongkan secara bertubi-tubi pada blog ini. Ini justru tidak efektif dan dapat melukai usaha SEO yang dilakukan. Alasannya?
1. Over-optimized SEO. Jumlah link yang dibangun di luar batas wajar. Jika konten anda tidak sepadan, jumlah link terlalu banyak dalam medio tertentu, dan link yang anda bangun berkualitas rendah (dari spam), kemungkinan penalti sangat tinggi. Sia-sia saja bukan?
2. Bad Branding. Di mata manusia, suatu brand yang telah memiliki "cap buruk" efeknya jauh lebih terasa daripada cap buruk yang diberikan oleh search engine (penalti). Bayangkan jika spam anda dilihat di berbagai posting blog oleh pembaca: link ditanam terlalu banyak/bertubi-tubi dan isi komentar yang tidak relevan atau asal njeplak, apa yang akan terjadi? Orang yang melihatnya akan menilai bahwa brand tersebut tidak bisa berbuat banyak selain nyepam. Efeknya, tingkat kepercayaan terhadap brand menurun, brand awareness hilang. Usaha promosi yang dilakukan berubah menjadi usaha penghancuran brand.
Jika ini dilakukan untuk melakukan marketing, terlebih lagi jika anda hanya reseller, maka anda sedang melakukan penurunan kualitas brand yang sebenarnya sudah cukup terkenal dan dipercaya masyarakat.

Oleh karena itu, berhati-hati ketika melakukan usaha SEO itu penting, karena apa yang dilakukan tidak semata-mata berefek pada SEO saja, tetapi juga pada target (baca: user/customer/visitor). Jika anda menggunakan jasa SEO, pastikan ada deskripsi jelas dari usaha SEO yang mereka lakukan. Apakah dengan cara link building yang baik atau spam? Apakah mereka memahami struktur dan konten web anda dan melakukan usaha SEO onpage yang matang? Apakah jasa SEO tersebut selalu update dengan perkembangan dunia SEO? Apakah profesionalitas dilibatkan dalam layanan? Selidiki terlebih dahulu sebelum anda memutuskan. Karena keputusan yang salah dapat melukai brand yang sedang anda bangun.

Google telah merilis 52 update dan perubahan yang terjadi pada bulan April. Satu poin yang cukup menonjol adalah "No freshness boost for low-quality content", artinya konten berkualitas rendah tidak akan mendapatkan penaikan peringkat keterbaruan (freshness), karena yang diangkat ke permukaan/top results adalah konten-konten fresh berkualitas dan memiliki relevansi tinggi. Meskipun suatu konten baru atau fresh, Google akan menilainya dulu sebelum memberikan freshness boost. Apakah layak muncul di hasil pencarian teratas atau tidak.

Paradigma usang lain dalam hal SEO adalah mengenai keyword. Penggunaan keyword memang penting karena apa yang muncul di hasil pencarian memberikan deskripsi pada pengunjung mengenai isi konten. Deskripsi yang mengandung keyword akan memberikan kemudahan bagi user untuk melihat apa yang disampaikan oleh suatu halaman. Kemungkinan klik pun akan semakin besar karena pengunjung tertarik. Namun apa yang terjadi jika deskripsi tersebut (baik pada judul maupun snippet) berantakan, hanya berisi keyword tanpa membentuk suatu kalimat atau frase yang jelas? Tentu pengunjung akan bingung dan kemungkinan klik (CTR) justru kecil. Oleh karena itu, keyword stuffing (pembanjiran konten dengan keyword) adalah apa yang diperangi Google. Usaha ini tidak berlaku lagi pada SEO sekarang.
Contoh keyword stuffing yang sangat keterlaluan:
klik utk memperbesar. Image by insidesearch.blogspot.com
Kita lihat pada contoh gambar tersebut, keyword phrase ditulis sangat banyak dan variatif tanpa ada informasi jelas mengenai apa sebenarnya yang disampaikan. Penggunaan keyword seperti itu dimaksudkan untuk mencapai hasil SERP tinggi, namun sekarang hal ini tidak berefek apapun selain penalti. Cara yang dilakukan biasanya adalah menyembunyikan konten seperti di atas dengan menggunakan CSS display atau visibility (display:none atau visibility:hidden, atau keduanya sekaligus) sehingga pembaca tidak melihatnya. Cara lain adalah dengan menggunakan dynamic content, biasanya dengan memanfaatkan XML tagbase64 atau eval (enkripsi) yang memanggil konten otomatis tertentu.

Ada banyak contoh dan praktek SEO lain yang cukup variatif, namun apa yang disampaikan menurut saya cukup memberikan gambaran mengenai upaya SEO yang sudah usang, apalagi praktek-praktek tersebut lebih condong ke black hat SEO yang efeknya hanya sesaat.

Beberapa contoh paradigma SEO dan cara optimasi website/blog di atas semestinya tidak serta merta diterima dengan mentah. Ada banyak perkembangan dan perubahan (update) search engine saat ini. Teknologi terus berkembang, dan search engine terus berupaya untuk melakukan update terhadap algoritmanya, sehingga kita perlu meninjau usaha SEO yang kita lakukan dan berhati-hati dengan petunjuk  atau tutorial SEO yang usang atau tidak up-to-date, bahkan dapat menyesatkan.

© buka-rahasia.blogspot.com

Google, Penguin, dan Paradigma SEO
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 47 Comment(s):

Djangkaru Bumi said...

Dari awal saya membuat blog tidak pernah mengejar SEO, niatku hanya menyalurkan hoby, bagiku sudah merasa bahagia.Ingin mencari teman dan ingin bertukar ide -ide.SEo bagiku nomor berikutnya. Terimakasih atas infonya.Salam sukses !

Blog Keperawatan said...

Terioma kasih sahabat atas berbagi pengetahuan dan juga informasinya ini.
Sangat bermanfaat bagi saya yang sedang banyak belajar.

Terbaru di 2012 said...

kunjungan sore juragan.. artikel yang membangun sekali. akhir-akhir ini memang google berlaku adil untuk konten yang manual, spertinya sudah gak jaman bangun backlink sekarang, kalaupun berlaku, harus dipadukan dengan konten yang original. kalau ane, biasanya posting-posting aja, ngambil konten sana sini dan dipadukan jadi satu artikel yang unik, manual. walaupun lelah, tapi lambat laun membuahkan hasil hehe..

Unknown said...

@Djangkaru: Itu yang sangat penting bro. Kadang2 kita lupa mengapa kita blogging gara2 mengejar SEO, padahal ada yang jauh lebih unik.

@Coconias: Benar, natural SEO sekarang lebih menjadi titikberat. Proses memang lama, tapi hasil juga awet.

Unknown said...

ternyata praktek SEO ada sisi positif and negatifnya ya.
bang, mau tanya nih.
waktu ane search di google ttg meta tag, ane menemukan puluhan meta tag n meta content. apa perlu ane masang itu semua?

tolong solusinya. ane masih belum benar-benar paham ttg SEO

BlogDwicell57 said...

terimakasih penjelasannya gan, tambah lagi pengetahuan saya tentang seo.

Unknown said...

seneng banget sebetulnya denger kabar ini gan, karena seringkali ketika mencari informasi di mesin pencari, hasilnya kadang tidak sesuai dengan apa yang kita cari, mungkin karena banyak yang memaksa kontennya di halaman pertama mesin pencari...

:)

mantap gan infonya,, ane suka dengan artikel agan

Anonymous said...

gan saya udah pasang blog agan di blogroll saya ,mohon agan juga memasukkan blog saya ke blog agan ,untuk menjalin silaturohmi antar sesama blogger

Yadik Hendriyanto said...

Saya Sudah menerapkan SEO Bang Azmee, konten asli tulisan sendiri, namun kalo kualitas gak tau sih.
nah, postingan saya kok gak muncul dihalaman pertama ya? Kalo gak keberatan, Solusinya ditunggu!!

Richardo Situmorang said...

saya kurang paham masalah yg beginian. numpang koment aja laa...
hehee

cardo situmorang said...

blog anda sudah saya follow.
saya harap anda juga demikian.
utk menjalin silaturohmi antar sesama para blogger.
trima kasih :)

Djangkaru Bumi said...

Terimakasih, komentku langsung dijawab.

phone cases said...

klo google dance itu apaan gan artinya? ane g ngerti istilahnya gan.

prepaid android said...

maksih ya mas atas infonya..saya jadi ngerti tentang paradigma SEO

Lentera said...

Google coba menjwb complain dari banyak pihak, sayang upaya yg dilakukan Google utk memperbaiki Algoritmanya jg blm sepenuhnya berbuah hsl sbgmna mestinya.

Unknown said...

ya ampun mesti hati nih, apalagi saya yang masih awam. Harus serng bljar dri om master ...

makasih infonya.

Fikri said...

Wah mantap nih om...
huaah, saya kena nih dipoin terakhir :D

sebenarnya tidak minat di SEO tapi menjaring visitor yang "minus" agar dapat "plus" tapi ya... mungkin itu jeleknya saya,,,..entah juga mungkin malas menulis untuk kasus saya ini om...

hem...
btw sambil tanya om, seberapa penting navigasi breadcrumb?

andipandora said...

hanya satu tujuan panda dan penguin, konten yang relevan dan berkualitas bagi pembaca..

Unknown said...

Saya juga merasakan semenjak ada Google Penguin indeks blog menjadi sedikit lebih baik. O ya sekedar bertanya aja mas, saya menemukan artikel yang sama persis dengan artikel ini. Trus template dan setting lay out halaman blognya juga sama persis dengan blog mas Ahmad Khoirul Azmi ini. Jadi bingung juga apa blog itu blog copas atau gimana ? Ini urlnya mas http://bukaa-rahasia.blogspot.com/2012/05/google-penguin-dan-paradigma-seo.html

Unknown said...

@Fikri pemimpi: Halo Fik. Breadcrumb fungsinya untuk menunjukkan kedalaman halaman sebenarnya. Sehingga bisa memudahkan pengunjung untuk menuju halaman yang paling dalam atau kembali ke kelompok yang menaungi suatu halaman (kategori). Blogspot sebenarnya tidak mendapat pengaruh banyak dengan adanya breadcrumbs dilihat dari search engine karena disusun dari label, tapi cukup membantu buat pengunjung.

@Rayzhan: Ya benar. Panda dan penguin memiliki efek besar bagi blog berkualitas.

Soal blog penjiplak, terima kasih buat infonya. Tapi kebetulan saya juga sudah tahu. Jelas itu bukan buatan saya. Tapi saya membiarkannya. Yah biasa lah, di dunia online ini sama seperti dunia offline, pasti ada juga orang yang sirik, iri, dengki, atau bersikap seperti itu ketika ditegur karena suatu hal. Saya juga tahu orangnya kok. Tapi saya maklum.
Semua hal bisa ditiru dari blog ini, tapi tetap hasilnya akan beda. Yang unik bukan desain, isi konten, traffic, pagerank, dll karena semua itu bisa ditiru. Tapi ada satu hal yang tidak bisa ditiru siapapun, sumber/narasumber serta ilmu yang terus dikembangkan. Itu yang unik. Dan saya bersyukur sobat2 masih sangat percaya dan setia dengan blog ini.
Thanks :)

Unknown said...

Sebenarnya saya menunggu kehadiran sobat di GTJ, karena memang saya ingin bertanya mengenai Google Penguin. Tapi ternyata yang ingin saya tanyakan sudah dijawab secara gamblang & lengkap bin komplit oleh artikel ini. He..he...
Semoga Google Penguin semakin rajin & tegas membersihkan blog-blog Spamer & copaster yang tidak bertanggung jawab...

ﺸﻜﺮﺍﻜﺜﻴﺮﺍﺠﺰﺍﻜﻢﷲﺒﺄﺤﺴﺎﻦﺍﻠﺠﺰﺍ atas informasi serta pencerahannya sob...

Download Game Baru said...

Wah, penjelasannya panjang, lebar tapi jelas padat dan mengena.
pantesan mulai bulan april kemarin ada banyak perubahan di blog saya.
terimakasih Sob.
wah, itu yang "bukaa-rahasia" bhaya tuh. bisa bisa saya kejebak nih. mau ke blognya mas Azam malah ke blog itu.

Pengobatan Tradisional Kanker Otak said...

web saya juga kena tendang gan,,,padahal saya gak ngerti tentang seo,,apa mungkin karena dalam postinga ada copas? tapi copas juga tidak murni copas,,untuk keyword tolong berikan contoh yang baik,,,terima kasih

tetestinta said...

wah artikel yang sangat membantu, jadi optimize focus on quality content nuhun atas sharingannya gan.

Unknown said...

Jelas sekali uraiannya mas, baru dengar apa itu penguin dan disinilah saya temukan penjelasan yang cukup menarik. Huft, mantaps salam buat warga solo perantauan...

tengku said...

mantap om analisanya

FasaPay Layanan Pembayaran Online Indonesia Cepat dan Aman said...

informasi yang bermanfaat. blog berkualitas n terupdate yg pernah sy kunjungi..

gatot said...

Mantaff brOoo . . .

Spesifikasi HP Terbaru said...

Wah lwngkap bgt tutorialnya mas,

Tapi sayanganya walalu gmn pun tetap aja smpe skrg google belom berbaik hati terhadap blog saya. :)

Hanya menunggu hasil yg baik yang akan diberikan google yg bisa saya lakukan.

Eve.web.id said...

Terimakasih kaka, infox bermaanfaat.. ^_^

blognyakadhenk said...

wih, ini artikelnya sangat mendalam, saya sampai menikmati dari kata per kata.
salut untuk admin. semoga berkah ilmunya. amin

foredi said...

benar mas. semenjak dikeluarkannya google panda dan penguin banyak sekali blog yang terlempar dan hilang dari mesin pencari. bahkan punya saya juga banyak yang hilang.

wanz-blog said...

artikel menarik gan...thanks

Gema Santri said...

kembali ke topik @Rayzhan bang....aku heran ya...kog jiplaknya gak sungkan banget....terus yang dicari apa dalam blogging....Aq baru ini melihat kasus COPAS 100%...wah aneh bin ajaib buat pemilik Copas...wesssssss gak duwe wedi blass....salam hangat bang dari http://gemakreasisantri.blogspot.com/

Wisataku said...

Kalau bloging di buat hoby trus hasil kontennya hasil nulis ndiri dari apa yg di pikirkan insyaallah blognya jg ntar rame :D

edi said...

:) pengen sih kalo blog cpet di index sama search engine, tapi kalo saya mah nulis nulis aja dah. kita buat indonesia banyak tulisan yang bermanfaat.

Bayu SPSS said...

ini mah artikel bukan buat newbie kyk saya, slx gak ngerti

Sigodang Pos said...

Ternyata blog ini lengkap semuanya tentang tips nge-blog. pasti sering-sering berkunjung ke sini.

Riki said...

wah,,,, nice posting gan,,,,

myrankmonsters said...

Great blog post to be remembered for a successful blog. Keep updating the blog never fails to rank first.

Arizona seo

kutulis said...

saya juga merasakan hal demikian mas. semula biasanya kunjungan sehari 1.5K kini sekarang hanya tersisa 400 an.. mungkin dulu saya cuma mengejar visitor kali ya masz. bukan melihat hal yang lainya. semoga nantinya saya lebih paham lagi setelah membaca informasi berita ini. makasih masz..

bibitbidara said...

Terimakasih Pak atas informasinya. sangat bermanfaat buat pemula seperti saya

tria said...

terimakasih gan ini sangat bermanfaat
http://laveciasignora.blogspot.com/

IlmuOnline said...

thank tas penjelasannya gan, lumayan bisa menambah wawasan saya ttg teknik SEO terbaru...

Bikin Web Murah beli Hosting Gratis Domain said...

klo cuma blogwalking ajh masih boleh kan heheheh

Ciboy said...

malem gan, maaf ane mau tanya agak keluar sdkt dari topik diatas. Bisa di share ga cara nambahain banyak widget di halaman utama kya blog berita gitu tampilan homepage nya, ditunggu ya makasih,,

Aneh Tapi Nyata said...

Blog saya yang ini adalah blog akibat over optimasi. Mungkin saya lebih cinta panda. Masih belum menemukan cara yang bagus untuk menaikkan situs ini terlebih 100% sius ini blog copas

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap