Cara Cerdas Merawat dan Mengembangkan Blog


merawat dan mengembangkan blog
Ada yang bilang merawat dan mengembangkan blog adalah perkara yang tidak mudah. Ini benar, khususnya jika sobat ingin mengembangkan dan merawat blog yang diharapkan menjadi sukses. Ada jutaan blog di dunia, tapi tidak banyak yang bisa mencapai titik tertentu seperti yang diharapkan oleh pemiliknya. Pada kesempatan posting ini, saya akan berbagi beberapa hal sejauh yang pernah saya dapat dalam melakukan blog maintenance & development, baik pada blog ini maupun beberapa blog lain.

Saat ini, kita dapat dengan mudah membuat blog dan melakukan aktivitas blogging. Ada banyak blogging platform yang ditawarkan di Internet, sebagian besar gratis. Semua orang dapat membuatnya dengan mudah tanpa harus mengerti berbagai macam bahasa web dan software web. Bahkan anak SD pun dapat membuat dan menulis blog dalam waktu 5 menit saja. Jika demikian, mengapa setiap blog tidak sama? Mengapa satu blog memiliki pelanggan yang banyak sedangkan blog lainnya sepi? Karena ada sisi lain yang berpengaruh dan bahkan menjadi penentu, namun kadang diabaikan. Mudah membuat blog? Iya! Tapi tidak mudah untuk menemukan blog yang dibangun dengan originalitas, antusiasme, kreativitas, ketekunan, kesabaran, kedisiplinan, dan ketersediaan waktu.

Banyak orang yang membuat blog dan memulai blogging dengan semangat tinggi, namun dalam perjalanannya mereka bosan, melupakan, dan bahkan kehilangan ketertarikan sama sekali. Hanya sedikit yang kemudian terus melanjutkan blogging, menuliskan konten, dan berbagi kepada pelanggan maupun pengunjung. Adakah rahasianya? Jika sobat tertarik, silahkan lanjutkan pada beberapa poin tips di bawah. Jika sobat mulai merasa bosan dengan sedikit "basa-basi" ini, silahkan ditinggalkan. :)

Blogging adalah menulis

Ya, blogging itu menulis. Satu hal yang penting adalah menulis apa yang diketahui dan sangat disukai, atau bahkan digila-gilai. Jangan pernah menulis apa yang tidak dikuasai, apalagi tidak disukai. Banyak yang mulai ngeblog dengan memilih topik-topik yang mengundang ketertarikan banyak orang, namun kadang tidak diketahui atau disukai oleh diri mereka sendiri.

Pastikan memilih topik yang membuat sobat tertarik dan tinggalkan topik-topik yang tidak disukai, bahkan meskipun topik-topik tersebut mungkin dapat menarik banyak traffic. Mengapa? Karena jika sobat memilih topik yang disukai, sobat tidak akan pernah bosan dan berhenti menulis. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menulis sesuatu yang membuat sobat senang ketika menulisnya. Jika sobat belum menjadi ahli atau menguasai topik yang disukai tersebut, sediakan waktu untuk mempelajarinya terus menerus dan memperluas pengetahuan mengenai hal-hal yang berkaitan. Seseorang yang senang akan sesuatu pasti tidak akan bosan mempelajarinya, bukan?

Ketika menuliskan artikel/posting baru, pastikan kandungan isinya adalah hal yang baru, dikemas secara menarik, dan penuh pemikiran. Suatu artikel adalah kandungan informasi dan pengetahuan; keduanya selalu berkembang. Jika sobat mengembangkannya, maka itu adalah nilai plus. Hindari menuliskan hal yang sama yang telah ditulis oleh blogger lain. Kembangkan apa yang sudah mereka tulis, misalnya temuan-temuan baru pada suatu topik atau jadikan tulisan-tulisan tersebut sebagai referensi untuk menuju suatu ide baru. Inilah yang membedakan antara satu blog dengan blog lainnya. Ambil sudut pandang dari sisi pengunjung. Seorang pengunjung blog pasti mencari-cari sesuatu yang baru untuk memuaskan keingintahuannya. Jika dia melihat sesuatu yang menarik dan tidak dia temukan di blog lain, dia pasti akan membuat penilaian khusus, bahkan memutuskan untuk berlangganan. Suatu ketika dia berkunjung ke blog lain dan melihat isi blog tersebut sama  persis seperti yang sudah dia baca, dia pasti juga akan menilai, "Ih, kok sama sih! Jiplak pastinya. Ga banget deh!". Meskipun hanya dalam hati, pengunjung sudah menilai dan membuat suatu keputusan. Ini yang kemudian menentukan suatu blog akan menjadi berkembang dan besar atau tidak.

Kreativitas tidak bisa dipisahkan dari blogging

Sebagaimana banyak hal lainnya, kreativitas sangat penting untuk membuat blog sukses. Setelah memuat suatu artikel dengan ide tertentu, jangan tulis lagi hal yang sama kecuali sebagai sebuah pengembangan atau update/perubahan dari topik sebelumnya. Kualitas lebih penting dari kuantitas. Jangan terfokus pada jumlah posting, tapi perhatikanlah kualitas dari artikel yang hendak disajikan. Mengadaptasi ide atau artikel dari blogger lain tentunya bukan ide yang bagus. Tahan diri jika memang tidak ada ide baru. Jika sobat ingin pelanggan dan pembaca blog yang setia, cobalah untuk menekankan kualitas dan originalitas di setiap posting. Kreativitas itu unik, jadi buat blog sobat menjadi unik, baik dalam desain maupun isi. Meskipun suatu blog memiliki topik atau niche sama, tapi dia akan menjadi berbeda jika dikemas dengan ide yang segar serta original. Desain unik tidak berarti mewah, tapi cukup memberikan ciri yang hanya dimiliki oleh blog sobat. Boleh saja blog lain kemudian meniru desain blog sobat, tapi orang yang melihat bisa membedakan dan menilai.

Bagus juga untuk memikirkan pembaca. Blog sama seperti catatan mengenai apapun yang terjadi atau tersimpan di benak penulisnya. So, pikirkan kebutuhan pembaca. Pastikan melakukan update artikel baru meskipun hanya satu atau dua minggu sekali. Untuk blog baru, pasti ada banyak sekali ide yang tersimpan di benak penulisnya. Oleh karena itu, upayakan update secara rutin.

Sosialisasi dan Komunikasi

Blog sejatinya adalah thread. Cobalah untuk membuat artikel yang bisa menjadi bahan diskusi dan bersosialisasi. Dengan cara ini, pengunjung akan termotivasi untuk berkomentar dan berdiskusi dengan sobat. Pancinglah dengan hal-hal yang membuat mereka bertanya atau berpendapat. Gunakan pula social media sebagai ekstensi untuk mempublikasikan artikel dan berbicara dengan pengunjung/pembaca.

Skill dan Pengetahuan

Apa yang ditulis dan disampaikan melalui tulisan blog sama seperti ketika kita berbicara untuk menyampaikan pemikiran. Suatu blog adalah benda mati, yang membuatnya hidup, berkualitas, berarti, menarik dan berkembang menjadi besar adalah orang yang berada di belakangnya, sang blogger. Sangatlah penting untuk terus mengasah skill dan pengetahuan, baik mengenai blogging maupun topik/tema/atau niche yang diusung oleh blog. Bisa dibilang, blog adalah perwakilan diri sang blogger. Berkelanalah terus dari satu blog ke blog lain dan seluruh media untuk mengasah skill, meningkatkan pengetahuan, melakukan eksperimen, dan menghasilkan isi blog yang bisa diperhitungkan. Misalnya, jika sobat berbicara soal photoshop di blog, tidak mungkin sobat tidak perlu menguasai photoshop, bukan? Tentu wajib mengetahui seluk beluk photoshop, membuat percobaan-percobaan desain, dan menghasilkan penemuan atau trik baru yang bisa disajikan.

Mentalitas

Internet adalah dunia yang sangat luas, sama seperti dunia nyata yang kita tinggali ini. Ada puluhan juta, bahkan ratusan juta blog/web. Persaingan demikian besar. Jika sobat tidak bersabar, tekun, disiplin, serta tidak berusaha menguasai skill dan pengetahuan, otomatis blog tidak akan berkembang.

Selain itu, internet adalah dunia dengan kemungkinan anonimitas terbesar. Siapa saja bisa berbicara, suka atau tidak suka. Dan orang-orang yang ditemui di dunia online sama saja dengan dunia offline, ada yang baik, pengertian, sabar, setiakawan, dan ramah; namun ada pula yang berperilaku buruk, jahat, tidak sabaran, iri, dengki, sirik, dan lain-lain. Pada perjalanan blogging, sobat pasti akan menemui oknum yang menjelek-jelekkan, mengintimidasi, mengancam, memusuhi, menyerang, menikam dari belakang dan sejenisnya. Ini wajar dan sobat harus mempersiapkan mental serta bersikap bijak. Biasanya orang-orang seperti ini iri atau sirik dengan blog sobat. Dan memang demikian adanya. Jika dilihat lebih dalam dari sisi psikologi, orang yang memusuhi atau dendam adalah orang yang memiliki tingkat kecemburuan tinggi. Orang seperti ini cenderung bertindak konyol dan kekanak-kanakan. Hindari sikap atau respon yang sama. Sikapilah dengan jawaban yang tetap logis, ilmiah, dan tidak menuruti emosi. Inilah yang membedakan sobat dengan mereka. 

Blog ini dan saya juga sering mengalami hal demikian, sama seperti beberapa blog sobat-sobat blogger saya yang lain. Biasanya ini terjadi karena saya mengingatkan mereka tentang co-pas dan link sumber atau ada juga yang karena iri dengki. Bahkan ada cara mereka yang lebih esktrim: semua konten beserta seluruh desain blog ini dijiplak dan dipublish pada blog yang (kebetulan) dinamai dengan nama yang hampir sama seperti blog ini (hanya berbeda pada satu huruf "a"). Bahkan bisa dipastikan ketika artikel ini saya publish, beberapa menit kemudian artikel yang sama persis nongol di blog itu. Hehe... Entah... mungkin karena saking iri, dendam, dan konyolnya kali ya. Padahal sekali satu blog unik, ya terus unik selamanya. Blog, isi blog, desain blog, dll bisa dijiplak, tapi si blogger beserta ide dan pemikirannya tidak bisa ditiru, itu yang membuat unik dan dapat dibedakan oleh pembaca/pengunjung.

Intinya, jangan pernah menyerah ketika menemui situasi yang tidak diharapkan seperti: tidak ada ide, blog sepi, bingung, bosan, dimusuhi, dan lain-lain. Ciptakan semangat tinggi dan jangan mudah putus asa dan terprovokasi. Cemungudt!

Kesimpulan

Kesuksesan blog 100% tergantung pada diri sobat. Jika sobat memperhatikan beberapa poin penting dalam blogging seperti yang telah disampaikan di atas, saya yakin blog sobat akan terus berkembang dan sukses. Have a nice blogging, brothers...

Cara Cerdas Merawat dan Mengembangkan Blog
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 118 Comment(s):

Djangkaru Bumi said...

saya pernah mengalami kejenuhan juga dan sempat aku hapus blogku karena membuat postingan itu tidak mudah. tampilan sebelum postingan dan sesudah postingan kadang beda. maka ketahuan mana yang copas dan mana yang asli. Tapi Alhamdulillha saya masih bisa menggunakan alamat blog yang sama, walau ada link yang rusak akibat postingan yang ikut terhapus dulu. Dan Alhamdulillah sekarang saya lebih bisa menghargai postingan orang lain, karena mengalami betapa sulitnya membuat postingan itu.

Djangkaru Bumi said...

oh iya,saya juga pernah mengalami postinganku di kopas orang lain juga, awalnya ingin marah tapi aku tahan dan aku ihklaskan saja.

Unknown said...

buat saya yang masih newbie, memang terasa sangat sulit untuk memikirkan apa yang harus di tulis. :D

Proud said...

nice, keep on writting :D

Zona info blog said...

Bener banget bang. kadang jenuh. tapi kembali kepada niat awal biasanya sangat membantu.

Yadik Hendriyanto said...

Sangat menarik sekali untuk dipelajari. Berguna dan bermanfaat. Semua orang dapat menulis, mencontoh tulisan media-pun mampu. Tapi yang membedakan hanyalah soft skill dari masing-masing.

nita said...

saya juga ingin punya blog, tapi ini toko online. tapinya... temen saya udah memegang usaha itu. dia pasti marah banget sama saya. saya ingin bermental kuat seperti pak azmee.....

ione-bacero said...

terima kasih pencerahannya.......
postingannya menumbuhkan mod, salam sukses selalu, "walau saya belum sukses", tapi ko koment saya nggak pernah direspons

Unknown said...

@All: nice :)
@Anonymous: Hmmm... anda masuk golongan yang mana ya?
Nita: Toko online akan memiliki visibilitas dan otoritas kuat jika didukung dengan blog. Masalahnya bagaimana,kalo boleh tahu?
@Ione: Maaf jika komentar sobat belum mendapat respon. Ada beberapa komentar yang memang tidak atau belum direspon karena kadang memang tidak memerlukan respon atau terlewatkan secara tidak sengaja karena ada banyak komentar masuk per hari dan tidak bisa saya cek setiap saat. Saya ngeblog secara part-time dan tidak 24 jam. Tapi saya selalu berusaha untuk merespon setiap komentar yang membutuhkan respon. Thanks buat koreksinya.

Unknown said...

Setelah membaca artikel ini. Kok, rasanya berat juga ya jadi seorang blogger...
Semoga blog saya yang masih seumur singkong & semangat saya bisa tahan lama seperti sobat.

Mohon bimbingan serta pencerahannya selalu...
ﺸﻜﺮﺍﻜﺜﻴﺮﺍﺠﺰﺍﻜﻢﷲﺒﺄﺤﺴﺎﻦﺍﻠﺠﺰﺍ

BlogDwicell57 said...

Artikel sobat di atas memberi semangat dan mengingatkan saya akan perilaku saya pada awal2 saya membuat blog " http://dwicell57.blogspot.com" ini. Jujur saya akui, saya sering copast artikel saat blog saya itu saya buat, bahkan pd tahun 2012 kemarin hampir 80% artikel blog itu hasil copast. Tapi setelah saya tahu dan belajar di blog ini, saya mulai merasakan malu dan menyesal atas perbuatan saya di waktu itu. Untuk itu, banyak ilmu blogging dan seo yang sy pelajari dr blog sobat ini. Mudah2an mental dan dan semangat sy dlm membuat artikel yg original bs seperti sobat Azmi. Salam!

BlogDwicell57 said...

ralat... tahun 2010 sob.

Limit Komputer said...

Kren gan ,,, Smoga Ane mnjdi Blogger Sperti jduldi atas

www.riko-ikor.blogspot.com said...

mas gimana cara buat

recen pos, comen pos dan popular post jadi satu...

seperti gambar ini

http://i.imgur.com/LZUzw.png

kayanya blum pernah dibahas....

sirna said...

betul sekali kang...keren infonya....

Unknown said...

@Mas Ichsan: Aduh saya jadi malu mas, hehe... Sepertinya saya yang harusnya belajar banyak sama sobat. :)
@Dwicell: Keren. Apa yang sudah sobat sampaikan benar2 sebuah sikap dan mental yang hebat. Lanjutkan sob, and sukses buat blognya.
@Riko: Itu namanya tab widget sobat. Oke nanti kesempatan mendatang akan saya tulis and share.

medan said...

Nice article Bro

Neno said...

satu rahasia lagi terungkap :D nice post

My Laboratorium said...

Masyaallah...benar-benar singka,padat,dan jelas artikel yang dibuat mas Ahmad.Bila ada waktu posting tentang "Cara Mengatasi Blog Agar Tidak di Hack" ya mas....pengen jaga-jaga nih agar tetap aman blognya hehehe :)

antos said...

terimakasih telah menuliskan tips dan informasi berharga ini. salam kenal mas

Fikri said...

Keren sekali nih om...
mantap jaya...

kok cemungudt (-_-") ckckck ini pake bahasa keponakannya ya... eh lho bukan aku lho om...

.
huh memang susah jadi blogger, kehabisan ide, mati gaya dalam blogging huahh... malah saat ini senang coret-coret gak jelas nih om aku... hadeh... ya kesannya cuma update dan mementingkan kuantitas :'(

membaca artikel ini harus "cemungudt!!!" untuk membenahi kualitas dan keunikan :-)

thanks om...
salam semangat

Mad Dalpy said...

Terima kasih ya Mas, postingannya bagus banget...

Unknown said...

@Fikri: Hehe, buat variasi aja, biar agak2 "lebay" gitu. Hahaha... CMIIW.. oke semangat!

@Neno, MyLab, Antos, Medan, BlogOwner: Yup terima kasih and sukses selalu buat semua! Untuk masalah hack, oke ntar saya tak belajar dulu lebih banyak ya :)

Gusbali.com said...

Wah..wah....wah...dari awal sampai akhir, isi dari artikel ini semuanya bersifat sangat membangun termasuk saya sendiri...Ijin nempel artikel di blog saya ya mas!!!

Aflah said...

makasih mas udah mau shear dan berbagi ilmunya..

Unknown said...

cmingdut apa mas?
wkwk
kunjung balek ya :D
blog nya keren, posting saya trinspirasi dr mas bro
http://suhairibewo.blogspot.com/

arliva k said...

waduh mas ini, buat artikel kok bagus2 banget jeh...tapi memang begitulah kali yah... sip-sip, salam dari solo perantau...

rahma said...

keren mas memang blog yang kita punya perlu di rawat, siapa tahu blog saya bisa jadi kayk blog mas ini.

pokoknya saya ajungkan JEMPOL buat mas... :)

Unknown said...

Artikel yang bagus sob ...

http://fmuharram.blogspot.com/

Join ya...

onlineshopo said...

sharingnya bermanfaat gan buat new bie. enak dibaca moga ane bisa nerapin ilmunya

bundakata said...

blogging itu proses jangka panjang dan penuh lika-liku

gatot said...

Thank's infonya, sangat2 bermanfaat bngt gan hehehe . . .

Mohamad Rivai said...

kayak e bener juga nie.
musti memfokuskan diri..

Solichin Toip Musik said...

Ibaratnya, dlm Islam, berilmu ( mengetahui ) serta mengamalkan ( mengajarkan ) nya. Bukan sebaliknya mengajarkan tp dirinya sendri tidak mengamalkannya. Btl bgt y, Sob ?

BLOG DOFOLLOW said...

Makasih gan infonya.

Dedhy Esma said...

Keren gan..
Ane blogger baru, sepi banget -__-

Unknown said...

Beberapa poin yang ditulis pada artikel di atas pernah aku lakukan. yaitu pada poin malas, gak ada ide, dan semangat kerupuk. membaca artikel di atas, sepertinya sy kembali bergairah nih gan? meski blog saya mungkin blog paling jelek di dunia. Tapi, saya mohon sama mas Azmi, teruslah menulis artikel untuk semangat blogger yang karbitan seperti saya. Makasih ya Mas? Kalo sudi dan sempet, tolong caci makilah blog saya di alveroz.blogspot.com.

wildanmusthofa said...

makasih banget buat infonya

blognyakadhenk said...

jenuh itu pasti datang, untuk mensiasatinya saya mencoba hal baru, entah ikut kontes SEO, belajar CSS dan sebagainya. jadi ngeblog itu tak perlu ada paksaan, karena mood itu sifatnya fluktuatif.
saya suka artikel ini, cocok untuk para blogger yang sedang frustasi. hehe

Unknown said...

terima kasih banyak mas, bagus sekali artikelnya. saya jadi termotivasi....

Hary Sinaga said...

Dear Mas Azmi, thanks buat postingnya.

Saya dah lama dan cukup sering mampir ke blog mas Azmi, inspirational posting-postingnya. Cuma memang sering sekali kejenuhan menulis itu datang maklum aktifitas di kantor cukup menguras energi dan pikiran :(

Kadang juga terlalu mikirin disain :p, nah kalo pas jenuh atau butuh inspirasi buat disain ya saya mampir ke blog mas Azmi ini :)

Once again thanks

Madhi said...

infonya menarik banget gan....
keren abis dah :D
5 jempol buat agan...

Eko Yulianto said...

artikel yang bermanfaat

cerdaskom said...

Informasinya menarik sekali untuk disimak para blogger, thanks gan, salam dari cerdaskom

Vertical Take of said...

Postingannya menarik Banget Buat di Contoh

BLOG DOFOLLOW said...

sebenernya kuncinya cuma satu, bikin postingan original..
dan kita akan mendapatkan kasilnya dikemudian hari..
salam blogger..

blog ane dofollow, di follow yaa?
thanks

antarakalbar said...

Naiz info brada, keren asli infonya. Salam kenal dari saya

Mutiara Kehidupan said...

Mantap.. infonya gan, trims

pandaanku.com said...

Makasih infonya sangat inspiratif sekali

Style Blogger Template said...

makasih mas,saya jadikan masukan :)

Nasruddin said...

Saya betul-betul termotivasi pak..

pojok wirausaha said...

konsistensi itu yang sangat sulit untuk dihindari saya juga seperti itu awalnya semangat makanya untuk blog baru saya ini semoga saja tidak patah arang tetap semangat

Irfansays said...

istimewa gan;D

Ilmu Dunia dan Akhirat said...

sangat bagus kak.. :)

ayo semngat buat ngeblog... ><

Unknown said...

ayo lihat rausanulqalbu.blogspot.com

Unknown said...

Makasih atas infonya mas

catatan darmanto said...

Memang lumayan berat agar kita bisa terus bisa merawat blog dan bisa terus berkembang dan kalau saya pribadi bisa suka ngeblog karena melalui blog yang saya muiliki Alhamdulillah saya bisa menambah penghasilan saya.Mohon ijin pak untuk mengcopy artikelnya sebagai penambah motifasi buat saya pribadi dan buat para sobat saya yang baru mulai ngeblog.

Jelajah Dunia Informasi said...

tips yang sangat menarik..

Download Skripsi Gratis said...

sangat mencerahkan postingannya... thx

harismubarak.blogspot.com said...

saya termasuk orang yang asyik dan rutin posting blog tapi gak bisa ukur gimana kualitas tulisan dan lain-lain karena tidak ada komentar dari tulisan saya.

mohon bantuannya yah biar blog bisa lebih banyak mendapatkan saran perbaikan

Media Infonetku said...

dapat pencerahan nih.soalnya lagi sepi pengunjung blog ane..

Unknown said...

mantab banget gan infonya. makasi

DetiK said...

nGeblog itu bukan menulis, ngeblog itu mengetik hihihihi. kalau malas menulis ya mentranslate aja pake google translate terus diedit sendiri. DetiK detik dEtIk

Unknown said...

wah...ternyata ngeblog itu susah juga ya...hehe
dan ternyata postingan blog itu gk harus yang lagi hot di mata public saja..tapi tulisan diri sendiri itu ternyata memang lebih berarti ketimbang Copas :D...kren pak ..dan terimakasih..banyak ilmu yg tersembunyi di artikel-artiel nya pak :D

Flipicious Lonk Off said...

like
nice post

Unknown said...

artike yang menarik :)

faridblog-IT said...

thank gan ,,
artikel yg bermnfaat ..

frynki.com said...

Sosialisasi dan komunikasi.I agree with that idea.

Unknown said...

wooow. keren kakak. betul juga

Anonymous said...

Artikelnya menarik sekali mas.. :)

hipni rohman said...

wah gitu yah saya baru tau sob, ...

rahmat solihin said...

info yang menarik buat saya pelajari lebih jeli

yadi supriadi said...

mantap sob sangat bermanfaat sekali buat saya

Kurniawan said...

lagi nyari inspirasi ...
Belum ketemu drtd ney.

Unknown said...

Izin postingan yang ini jadi referensi saya buat nulis postingan selanjutnya. Btw Nice Info, pikiran saya jadi terbuka lebar

Unknown said...

aku coba bikin amburadul om...maunya beri informasi dan tanya jawb tapi masih kumpul kumpul info biar ada isi tapi keliatannya kacau spt nggak ada arah. step step apa yg has aku jalanin dulu... makasih aku bisa menemukan blognya om..sejujurnya aku pingin bisa tular ilmu yg aku punya keorg lain.

Sepriawan said...

saya msh newbe
moga bisa kyk mas, bagus bnget isi blognya mas,,,
sangat bermanfaat
semamgat trz mas
mohon bimbingannya baru belajar blog

muhamad fais said...

makasih om, tips nya,sangat bermanfaat banget buat saya,yang baru belajar tentang blog,salam kenal y om.

Senly Kecantikan said...

Yang penting sabar dan tidak putus asa....terus berjuang

oritoranku said...

blogging adalah menulis, nah bagaimana jika saya menulis dengan bahasa dan gaya saya sendiri.. apa ada pengaruh sama kualitas blog mas???

muhammad.suprayudi said...

halo,salam kenal mas,ulasan yang sangat menarik dan inspiratif,sukses terus untuk blognya.

Unknown said...

mantap gan tetap menulis dan berkarya :-D

I'M KOMENT said...

Thanks bang... saya jadi semangat lagi untuk mengembangkan blog saya

Unknown said...

Trims Mas Azmi atas masukanya..saya pribadi juga banyak belajar dari tutorial2 yang mas azmi posting di sini seputar masalah Blog..

reyan said...

salam kenal.....ok bgt blognya.....sukses

Anonymous said...

Trimakasih Gand atas Bimbingan dan masukannya
semoga sukses dengan skill yang anda miliki..

Chandra Ace said...

Salam kenal, info yang sangat bermanfaat bagi blogger baru seperti saya. Sukses selalu Bang..(Y)

Unknown said...

terimakasih. ini saya terinfirasi dan tercerahkan untuk urusan blog, sekali lagiterimakasih dan semoga hukum sebab akibat akan membalas segala kebaikan informasi yang terdapat dalam blog yang informativ ini..salam kenal. pemula bloger: http://nasi-pulen.blogspot.com

Unknown said...

enak sekali artikelnya untuk dibaca.... thanks sharenya...

Anonymous said...

nice artikel gan

Unknown said...

betul banget gan..
teman saya juga ada yang putus asa di tengah jalan, kalau saya inysaallah semangat tinggi! meskipun pernah kehilangan blog dg url http://erlangga-yudian.blogspot.com dan kini saya membuat lg dengan url http://angga-ps.blogspot.com

Unknown said...

mantap pak...salam kenal ya :)

Anonymous said...

Intinya, jangan pernah menyerah ketika menemui situasi yang tidak diharapkan seperti: tidak ada ide, blog sepi, bingung, bosan, dimusuhi, dan lain-lain. Ciptakan semangat tinggi dan jangan mudah putus asa dan terprovokasi. Cemungudt!
"bagian ini yang penting untuk di ingat dan di tanam dalam hati agar terus tumbuh dalam jiwa"
terima kasih pak K Azmi,, :D

Anonymous said...

thanks sharingnya

Anonymous said...

Menurut saya kalau buat blog cuma meniru dan copas, walaupun isinya sama tetap saja tidak ada perasaan puas dihati karena blognya dikunjungi banyak orang.Lebih baik artikel hasil ide sendiri walaupun tidak sebagus yang sudah master daripada asli copas

Anonymous said...

artikel yang sangat bagus, dan saya semakin semangat untuk belajar menjadi seorang blogger yang baik.

Unknown said...

terima kasih kawan ini sangat membantu unntuk pemula seperti saya ;)
sekali lagi mohon di bantu yah...
muhammad.dicoxx@gmail.com
forumdicoxx.blogspot.com

Unknown said...

nyari ide buad postingan tu yg pusing XD

Unknown said...

mksih info'y sangat membantu banget bwn pemula sperti saya,

Unknown said...

terimakasih atas informasinya mas,,,, sangat membantu sekali, numpang promosi nih mas ,,, jual permen lolipop murah kunjungi http://jualpermenmurah.blogspot.com/

Unknown said...

WOW, oke juga, blog dng bnyk coment, saya juga iri nich, boleh khan iri dng cara yg baik.

Unknown said...

artikel yang menarik sob

Unknown said...

iya ternyata ngeblok gak gampang,,tp gak boleh menyerah
belajar terus,,,!semangat bloger,,,?

Unknown said...

Info yang bermanfaat.ijin markah alamat blog nya.sehat serta sukses selalu ya sobat

Unknown said...

Wah bagus ni..
Tapi aku masih belum ahli dalam blogger, masih sering kopas_

Blogger Fortune said...

memang blogger yang membangun identitas di dunia maya akan selalu menjaga aturan dan sharing ilmu yg blom pernah ditulis atau dapat menuliskan artikel unik daj blogger sejati senang berbagi.

Anonymous said...

apakah dengan cara periklanan blog kita dapat menaikkan traffik ?

Anonymous said...

menyimak dan berkomentar disetiap postingan blog.. sukses selalu


jangan lupa follow back ya agan

Unknown said...

intinya emang kita mesti rutin ngepost, biar selalu update....

Unknown said...

Assalamu'alaiakum....
Salam loger mas... Ane mau nanya nich.. Bagaimana sih cara menamah teman blogger....? itu aja utk sa'at ini....

Unknown said...

Waalaikum salam.

Caranya kunjungi blog-blog teman blogger sebanyak-banyaknya, baca artikel mereka, apresiasi, dan respon dengan komentar. Banyak2 ikut diskusi, misalnya di G+. Oya, saran saya, jangan pernah mengemis kunjungan balik. Biar mereka datang secara natural, hasilnya akan beda. "Beri" dan jangan "meminta". Good luck.

Unknown said...

mantap bos ............... sangat bermanfaat.

Unknown said...

Terimaksih mas artikelnya sangat bagus sekali saya jadi termotivasi sekali.

Agung Kharisma said...

Ya, saya setuju dengan Anda. Blogging is all about writing. Blogging tidak bisa dipisahkan dari aktivitas menulis, menulis, dan menulis. Saya ingin sedikit menambahkan pada poin mentalitas, ada blogger yang ngeblog karena ingin menghasilkan uang dari blognya, semangatnya menggebu-gebu namun ketika ia tak mendapati apa yang ia dambakan dalam hal ini, uang. Mereka akan mundur secara teratur. Maka dari itu, diperlukan sabar, dan persistenitas yang tinggi supaya dapat bertahan di dunia bloggosphere yang sekarang persaingannya semakin ketat. Oh ya, ini kunjungan pertama saya di blog ini, saya sudah follow blognya. Ditunggu ya follback dan kunjungan baliknya.
http://dailybloggerpro.blogspot.com/
http://rumahcerpenmu.blogspot.com/
Salam blogger :)

Unknown said...

gan klo mau blogger kita ada di daftar prncarian gi gooogle gimana caranya.....?
jawab ea

Unknown said...

gan
gimna caranya supaya blogger kita bisa ada di daftar pencarian google

Saya said...

Nuhun postingannya...

Anonymous said...

emang sifat jenih susah dihilangkan mas kalo lagi ga serek... pa lagi kehilangan inspirasi...

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap