Google Pagerank Update May 2012 (Minor Update)

pagerank update may 2012
Quick News, buka-rahasia.blogspot.com. Setelah konfirmasi sana-sini, akhirnya dapat dipastikan bahwa hari ini, 3 Mei 2012 Google Pagerank Update benar-benar terjadi. 

Beberapa forum manca yang sempat saya cambangi tadi menyebutkan bahwa Pagerank Update kali ini memang agak "silent" karena tidak banyak diketahui lantaran tidak banyak situs yang mendapat imbas update pagerank. Sebagian besar (mayoritas) homepage situs tidak mengalami perubahan pagerank, dan bahkan beberapa mengalami penurunan. Sedangkan sebagian kecil pun hanya mengalami update dalam skala rank yang kecil pula. Sebagian besar menyampaikan bahwa pada update pagerank Mei 2012 ini,  sebagian besar update terjadi pada internal page, seperti halaman posting dan halaman statis lain selain homepage.

Bisa disimpulkan update kali ini masuk ke kategori minor pagerank update, secara mudahnya bisa dipahami sebagai sedikit update penyesuaian dari capaian rank yang sudah dilakukan pada update pagerank sebelumnya (Google Pagerank Update February 2012).

Homepage blog tidak mengalami perubahan, masih di PR3. Setelah saya cek beberapa halaman internal blog ini, memang mengalami perubahan pagerank, beberapa halaman baru, seperti 3 Template Blogger dengan Desain Unik & CanggihTips Menulis Artikel Blog Berkualitas dan Penuh IdeMemperbaiki Gambar & Deskripsi Posting/Blog di FacebookCara Buat & Redirect Feed Blog ke FeedBurnerDaftarkan Feed Blog Ke RSS Directories, dan seterusnya mendapat pagerank 1. Beberapa halaman lama mendapat PR 1, 2, dan bahkan ada yang 3. Ini menunjukkan bahwa minor update kali ini difokuskan pada tuning pagerank pada halaman internal.

Bisa diartikan bahwa Google sedang memberikan fokus pada konten, dan menyimbolkan ranking dari halaman-halaman internal tersebut dengan penyesuaian pagerank baru, meskipun, seperti yang sudah saya sampai pada banyak posting sebelumnya, pagerank toolbar (pagerank yang ditampilkan pada toolbar, dan bukan pagerank sesungguhnya pada SERPs), tidak 100% menunjukkan rank sebenarnya.

Mempelajari minor pagerank update seperti sebelum-sebelumnya, dapat diperkirakan bahwa update minor ini adalah awal dari major pagerank update berikutnya yang waktunya tidak begitu jauh dari sekarang.

Bagaimana dengan blog sobat, apakah homepage blog mendapat kenaikan pagerank? Cek juga halaman-halaman internal untuk mengetahui perubahan ranknya. Cari aja tool untuk mengecek pagerank sobat di Google, atau bisa juga gunakan google pagerank checker ini.

Have a nice blogging.

Google Pagerank Update May 2012 (Minor Update)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 85 Comment(s):

Yogi H said...

Siikk asikk si google emang mantep. ini yang saya suka. update minor yang memang sedang saya cari, original post yang unik dan bermanfaat bisa mendatkan pr, thanks info-nya mas azme :) cool. Go Google Penguin

Unknown said...

Sip. Bener banget yog, ini sepertinya Penguin juga ngaruh,,, karena baru2 ini banyak web spam yang dilibas..

Uwan said...

Benar mas, itu web saya yg sebelumnya Pagerank 0, naik jadi 1.
Maaf karena saya belum paham PR2an ini, apa bedanya minor pagerank dengan major pagerank? dan apa hubungannya?

Trims
Salam Kenal

Unknown said...

Pinguin memang rada-rada aneh mas, apalagi Argoritma-nya tidak menentu dan susah di tebak. sekarang saya sudah mulai malas nulis artikel lagi mas jadi yach nyoba hobby baru belajar HTML Dan CSS dan tidak peduli lagi dengan SEO blog saya. saya dengan isu sekarang Lebih seo kalau mengunakan Tag HTML5 mas semoga bisa jadi ideas di tulis di blog ini..

Ajeng said...

wah masih tetep nih mas,stabil2 aja :)

wisnu said...

ane kaget gan... ternyata updatenya dadakan gitu yah... ane baru 2 bulan ngelola blog ane... tiba2 PR udah 2 ajah... lumayan kaget bercampur senang.. hehehe.....

btw ane mau berpatner sama blog ini boleeh???
klow boleh contact blog aku yah :D

pulau tidung said...

wah matep donk...... tapi agak ngeri juga ya ,,,,,

File Professional said...

Allhamdulillah mas, blog saya jadi dapat PR1

antono said...

yesss ane belum pernah dapat pr :D
Moga bulan ini dapet dah

Unknown said...

informasi yang sangat membantu bang

saya pecah telur ni

Thanks untuk info nya bang

Ilmu Komputer dan Teknologi said...

Saya belum juga mendapatkan tingkatan Page rank mas bro
tetap bertengger di PR 1

Nice sharing sobat

Kontes Indonesia said...

woalah, pantesan kemaren sempet kaget blog kontes indonesia di PR5 gitu gan, setelah di cek tnyata masih tetap 1 :)

Unknown said...

Selamat buat yang dapat PR baru atau yang naik :), yg belum tetap berjuang :)

Unknown said...

@Wisnu: boleh aja. maksudnya berpartner gimana nih? :P
Silahkan dikonfirmasi dulu lebih lanjut

zhi cun lee said...

Rezeki dari om google belum terasa menusuk hati... haha

promo iklan gratis said...

google memang mempunyai banyak kelemahan menurut saya...terbukti ada beberapa blog hasil copypaste malah dapat pagerank 2 dan blog yang asli malah dapat pagerank 1, aneh memang

fauzi online said...

kayaknya blog saya kali ini kurang beruntung, tidak ada perubahan di halaman internal saya

MILITARY TECH said...

PR ane tetap "jebut" alias 0 besar gan. Ya nggak apa-apalah, suka-suka Google.

Tapi kemaren dapet site link untuk blog ane (walau gak penting he..). Kayaknya diupdate juga tuh bareng update PR.

Unknown said...

GPR saya juga belum berubah sob.
Harus makin giat dong ya. He..he...
Btw, ﺸﻜﺮﺍﻜﺜﻴﺮﺍﺠﺰﺍﻜﻢﷲﺒﺄﺤﺴﺎﻦﺍﻠﺠﺰﺍ atas infonya sob...

deder said...

deg degan brow....blog sy dapat pr berapa ya...

Reggy said...

bener juga ya gan azmee, beberapa postingan ane PRnya berubah :)

oiya, ane boleh request tutorial gk gan? tutorial cara di approve google adsense seperti gan azmee?

Ry said...

Sobat, selain saya bahagia karena PR saya jadi 1 dari 0. Sy mau tanya juga nih soal alexa. Blog sobat mybloggerzone, kok bisa alexa-nya sangat bagus? gimana caranya Sob?

AbduGreen-Blog said...

iya sob.... punya ane PRnya sekarang jadi 2,, hehehe

Unknown said...

kang, bisa batu gak cara blokir blog yang mencuri conten blog kita, blogku banyak yang dicopas
tolong bantu..

Anonymous said...

Saya pikir, blog ini adalah blog dengan perkembangan terbaik. Ternyata saya salah. berdasarkan tulisan di http://bimablogunik.blogspot.com/2012/05/cara-curang-meningkatkan-kualitas-blog.html anda telah memanipulasi jumlah pembaca feed anda. dan setelah saya cek pun demikian. Tolong jelaskan...........
dan jika komentar ini dihapus, berarti memang benar dan sobat ketakutan atas komentar ini.
Jujur saya kecewa pada admin blog ini.

Unknown said...

Pertama, saya kecewa anda berkomentar tanpa nama.
Kedua, saya kecewa anda membaca sebuah posting di blog lain yang notabene adalah posting saya yang di copas, sehingga kemudian anda salah tafsirkan.
Ketiga, saya bahagia, karena jumlah feed readers blog saya TIDAK PALSU.
Keempat, saya heran bagaimana anda bisa salah menafsirkan arti suatu posting, di mana poin pertama di katakan, "ini jumlah pelanggan feed buka-rahasia.blogspot.com", itu berarti JUMLAH ASLI pelanggan blog buka-rahasia.blogspot.com, baru dibawahnya ada "contoh cara curangnya"....
Kelima, bagaimana anda tidak melihat dulu sumber posting sesungguhnya sehingga anda tidak salah menafsirkan? Apakah anda sudah baca tulisan aslinya??
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/11/cara-curang-meningkatkan-kualitas-blog.html
Keenam, saya tidak pernah ketakutan, takut, atau marah dengan adanya komentar seperti ini. Sudah banyak dan itu wajar buat blog agar hidup dan komunikatif.
Saya justru heran, bagaimana seseorang bisa dengan cepat menarik sebuah kesimpulan tanpa mempelajari, melakukan research, melakukan cross check atas kebenaran atau ketidakbenaran suatu hal? Apakah anda hanya berangkat dari suatu informasi sempit dan secara serampangan menafsirkan?
Ketujuh, bukannya anda yang takut? Dengan menggunakan Anonymous, bukankah berarti anda tidak berani mempertanggungjawabkann isi komentar anda?
Jika anda kecewa dengan saya, itu hak anda.
Tapi, yang pasti, saya tidak pernah mengecewakan atau menipu 950+ pelanggan blog ini serta semua pembaca yang lain dengan informasi palsu dan pembohongan. Jika anda bertanggungjawab dengan isi komentar di atas dan bersedia berdiskusi, seharusnya anda menggunakan NAMA anda sebagai ID. Saya tunggu konfirmasi anda.

Salam.

Unknown said...

itu karena saya pakai bahasa inggris pada mybloggerzone, jadi pengunjungnya lebih luas cakupan negaranya. kalo pengunjung cakupan lebih luas, traffic bagus dan lebih besar, maka alexa jadi menilai dengan mudah.

Unknown said...

@Reggy, itu adsense sudah lama saya punya. Dulu saya daftar pake website saya, TLD. namun baru sekarang saya pasang di bukarahasiablogspot. Oke, nanti akan saya coba kasih tips2nya.
@Mas Ichsan: Jazakallah mas,... terima kasih sekali mas Ichsan sudah sering berkunjung. Saya malah jarang, di GTJ juga udah gak pernah. Afwan mas :)
@Hapehatelo: Sayangnya selain dengan menggunakan anti klik kanan, text selection, dan mematikan Ctrl+U dengan javascript. tidak ada cara lain lagi. Tapi untuk mengetahui dan memiliki bukti hak cipta, silahkan pake blogcopy, anda akan tahu konten yang dicopas. setelah itu cari di google dengan sebagian kalimat atau kata-kata yang dicuri, pasti ketemu. untuk bukti hak cipta gunakan myfreecopyright dan dmca.com ketika melayangkan complaint dmca ke Blogger.

Unknown said...

Mohon ijin untuk ikut gabung...
Menurut saya tidak sulit untuk men-check asli tidaknya sebuah widget. Tinggal klik widget tersebut & kita lihat lari kemana ia.
Setelah saya coba, widget reader di sini, jelas sekali semua perginya ke blog ini.
Sekian & terima kasih...

Unknown said...

@Mas Ichsan: Terima kasih mas buat cross checknya :)
Nanti saya akan buat posting untuk mengklarifikasinya, lengkap dengan bukti gambar yang saya ambil di feedburner, sehingga sobat Anonymous bisa mengerti yang dimaksudkan dan TIDAK secara sembarangan membuat asumsi yang bisa membuat orang lain menyalah artikan juga. Makasih banyak mas :)

File Professional said...

Menurut saya benar kata k2 ichsan. Dan Anonymous seharusnya bisa lebih berhati - hati dalam berkata.

Sayapun sempat tanya jawab di gtj bersama k2icsan mengenai ini dan ternyata memang benar bahwa itu memang jumlah pembaca asli bukarahasia.

Saya sarankan, Anonymous lebih berhati - hati saat berkomentar.

Dan untuk sob Azmi, benar kata k2icsan di gtj yang berbunyi saya tidak menerima komentar dari Anonymous, karena memang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Sebaiknya, tutup saja komentar dari anonymous. Saya juga akan demikian mulai hari ini.

Adhi Ibra said...

infonya sangat membantu gan, PR saya jadi naik 2 yang mulanya 0.

Unknown said...

@Filepro: Terima kasih sudah mendiskusikannya dengan Mas Ichsan. Soal Anonymous, sebenanya saya mengijinkan karena fungsinya untuk privacy, tapi karena banyaknya komentar tidak bertanggungjawab dengan menggunakan Anonymous, usul sobat akan saya pertimbangkan.
BTW, soal siapa anonyomous di atas, saya SUDAH TAHU berdasarkan analisis IP dan beberapa hal lain yang tidak bisa saya sebutkkan disini. Orang GTJ juga, dan juga sering berkomentar di blog ini. Tetapi tidak perlu saya sebutkan. Banyak yang ditiru (kalo tidak dikatakan "dijiplak") dari blog ini. Tapi it's okay. Thanks.

Anonymous said...

Ya, saya minta maaf kalau komennya bikin heboh. Dan kalau bisa jangan dihapus deh, saya kan malu kalau komen dan bahasanya kaya gini.

Aflah said...

untuk kali ini blog saya beruntung mendapatkan page rank 3 dari embah google...
dan link blog anda telah terpasang d blog saya....

Unknown said...

@Sepri: Selamat! dan terima kasih.

@Anonymous(or f..): Oh, komentarnya tidak akan saya hapus kok :) Sayangnya, anda tidak mengklarifikasi lebih lanjut bagaimana anda melakukan cek feed readers sehingga bisa menyimpulkan itu palsu? Metode apa yang anda gunakan? Setahu saya, tidak ada yang bisa melakukan cek pelanggan feed dengan detil kecuali admin. Oleh karena itu saya mewakili anda melakukan cek feed readers blog ini langsung ke akun feedburner saya dan saya rekam screenshotnya di url di bawah:
http://i.imgur.com/csGWw.jpg
Thanks.
Salam.

FP Team said...

Kenapa dihapus ?

Saya write ulang ya, moga2 masih ingat.

-> Begini mas, saat saya coba follow dengan email saya, angka-nya tetap.
-> Saya pikir itu tulisannya si bimablogunik, dan benar2 hasil analisanya.

Saya langsung perjaya gitu aja karena pada saat saya coba follow angkanya tetap. Tapi, saya lupa tidak klik angka-nya.

Jadi jika ada kesalahan saya mohon maaf. Tapi 1 yang saya bingung, kok pas saya follow angka nya tetap 951 gak jadi 952. ? Padahal sudah saya konfirmasi.

Dan yang membuat saya secara khilaf menulis komentar demikian, karena saya kaget, masa seorang master blogger kita memanipulasi jumlah pembaca feed hanya untuk membuat pengunjung terkesan.

Mohon maaf sebelumnya. Semua itu tidak lain ganya karena ke-khilafan saya saja. Apa lagi anda sudah tahu siapa saya.

Mohon maaf yang sebesar besarnya. Jangan sampai ini mengotori persahabatan kita. Karena, bukannya menyuarakan pendapat adalah Bebas?

Salam,
File Professional.

Unknown said...

Menyuarakan suara adalah bebas? Tentu!

Sebentar2, sepertinya kok kata-katanya mulai aneh lagi ya.
Dua pesan anda sebelumnya masuk spam semua secara otomatis.

Oya, berhati2 dan bedakan antara menyuarakan pendapat dan menilai sesuatu secara gegabah. Saya harap ini menjadi pelajaran, sehingga TIDAK lagi menjadikan seseorang mudah ber-syak wasangka. Dab ber-syak wasangka itu BUKAN menyuarakan pendapat.

Trust doesn't come twice.
Thanks in advance.

File Professional said...

Ya sudah, yang pasti saya hanya minta maaf saja. Memang saya yang salah kok.

Jadi, sekarang mari kita berdamai dan lupakan semua yang tlah berlalu.

Mari kita ibaratkan bahwa kita sudah bersalaman, dan sudah tidak ada perdebatan antara kita.

Yang pasti, mari kita ambil hikmahnya saja dari perdebatan ini. Saya menjadi banyak belajar dari sobat, dan sobat sendiri semoga lebih baik dan lebih baik lagi.

Dan untuk para reader blog ini juga semoga bisa semakin belajar akan adanya perdebatan ini.

Have a nice blogging

Unknown said...

Tetap semangat mas Ahmad Khoirul Azmi, saya percaya anda 100% postingan asli dengan riset dan project yang mendukung. saya pelangan lama dengan muka baru kerena kerena domain .co.cc bermasalah dan emailnya kena heck jadi saya buat email baru dan blog baru. sudah bertahun-tahun saya mengikuti blog mas tapi Alhamdulillah pada blog saya yang sekarang ini dengan tampilan yang sederhana mas masih menyempatkan diri mampir dan berkomentar. saran saya untuk mas Ahmad Khoirul Azmi cuma satu thread commentnya di perbaiki supaya ada tobol balas/replay. Terima kasih.

Unknown said...

Oh, ternyata begitu toh ceritanya. Ckck...
Back to the topic,
Soba saya mau tanya, menurut sobat ranking mana yang lebih penting & lebih bisa dipercaya, Google PR atau Alexa?
Sekian, mohon sharing & pencerahannya...

Unknown said...

Wah, saya masih blogger pemula, jadi masih harus gigit jari aja kali ya,... hihihih


ajarin saya ngeBlog lah.... :)

Unknown said...

@Mas Ichsan: Google pagerank dan Alexa rank adalah dua dunia yang benar2 berbeda. Jadi tidak bisa dibandingkan. Pagerank Google berarti nilai atau value popularitas dan visibilitas suatu website di search engine, sedangkan Alexa rank adalah ranking traffic, seberapa besar traffic, dikombinasikan dengan beberapa hal, yang ada di suatu website. Dua2nya ada bagusnya, tapi kadang memang tidak akurat.

Unknown said...

@Suwardi: Thanks sobat. Makasih buat motivasi dan dukungannya. Saya jadi merasa terharu dan semangat. Saya suka ke blog sobat, meskipun jarang komentar, karena saya suka artikel2nya, jadi tidak memandang masalah desain dll. Desain tidak ada apa2nya dibanding isi artikel. Untuk thread reply, itu masalahnya. Template blog tua ini selalu mengalami masalah jika diberi hack reply atau pun diberi fitur reply bawaan blogger. Semoga nanti bisa segera saya benahi biar bisa diberi fitur reply :)

ione-bacero said...

gan baik manakah membuat postinga dengan bahasa inggris, atau bahasa indonesia, masalahe kadang kalau kita buat postingan dengan bahasa indonesia, kayaknya familiar banget dengan kita, kita yang nulis bacanya juga enak, paham betul. terus kalo dengan bahsa inggris apa ya mau dibaca sama mereka. kan mereka lebih pinter dari kita. terima kasih

ione-bacero said...

sori gan....

"create a link" dibawah koment....ko larinya ke postingan blog saya. walupun kalo diklik larinya ke blog panjenengan. seperti itu kategori pencuri bukan, kalau iya nanti tak hapuse. terimakasih.

AYAHE MELA said...

Alhamdulillah blog saya yang satunya (Semar Bingung's Weblog) dapat imbasnya Sob. Dari yang sebelumnya belum dapat PR, gak tahunya kemarin ternyata dikasih bonus PR sama Mbah Google.

arie5758 said...

Saya baru ngeh sekarang tentang update minor. Jika blog saya memang tetap bertengger di PR-2, tapi setelah baca ulasan ini, saya coba cek per halaman ternyata memang ada yg mengalami kenaikan.

Terima kasih masbro atas ulasannya :)

Syamsul Bahri said...

good,klo cara upload file ke blogspot caranya gimana?

Yadik Hendriyanto said...

Kalo boleh tau, kapan ya google update pagerank lagi? saya buat blognya pas 3 mei itu. dan kalo boleh tau, suatu blog bisa berpagerank karena apa saja?

medan said...

Nice sharing Bro

Unknown said...

@Tjoretan: Tidak bisa. Pengguna blogger tidak bisa upload file ke hosting blogger. Gunakan file storage dari pihak ketiga

@Yadik: Google update pr 4 kali setahun. kira2 3 atau 4 bulan sekali.
Soal pagerank, panjang. Nanti akan saya post di kesempatan posting berikutnya

eko said...

wah masih tetep nih masih bertahan di 1 kali ini ane belum beruntung

lombokilovu aja said...

wah-wah,,,panjang skali koment diatas mas azmie,,,hehe
alhamdulillah blog saya jg mendapat pr 2 mas...

alfin fathurrahman said...

Terima Kasih ...

Mesin Cutting Sticker said...

Senang menyimak tulisan Anda :-)

Salam,

Penerjemah LPBTS Jakarta said...

Pantes aja 2 blog saya berubah PRnya. Lumayanlah lah, yang satu PR 2 dan satu lagi PR 3.
Makasih infonya mas.

puisi perpisahan sekolah said...

domain baru sebulan, belum berharap banyak buat dpt PR tinggi..heuh

yayas said...

horee. udah 2 bulan blog gw blum ada apa"nya :P

penerjemah bahasa mandarin said...

iya sob...walaupun kita sudah maksimalkan blog kita dengan promosi, tapi kalau konten blog kita kosong sama saja...salam

Informasi Dunia Samaran said...

semoga blog aku dapat PR

Free Movie For Us said...

blog nya bagus banget mas, nambah info ttg SEO bagi pemula..salam kenal :)

obat herbal stroke said...

makasih sob atas infonya.. salam bloger

obat herbal penykit jantung said...

tanks ya sobb sangat bermanfaat sekali

blognyakadhenk said...

yang ngga dapet PR jangan bersedih.
blog udah hampir setahun belum dapet PR juga, google rada sensi sama blog saya kayaknya.

nice info gan.

ridwan said...

mantap mas
tapi saya sulit sekali naik pagerank
bagi2 tipsnya

Unknown said...

yah newbie ini belum berharap banyak sama PR mastah, :)

suparyanto said...

ngikut nyimak aja gan.....
belum terlalu pinter buat blog..
tq

numz said...

Masih belum pecah telur . . PR0

Fokus Kita said...

denger2 update pagerank google ke 2 pada 30 juni,apa benar itu bg?
makasih infonya ya..

oiya.. tukeran link mau ga bg?

myhafiezers said...

terimakasih banyak atas infonya sobat
ditunggu kunjungan baliknya

#Follback ya

rahasia blogger seo said...

Bagus banget infonya... makasih

reprogramming cell said...

thanks gan atas infonya.. semoga ane bisa pecah telur hehe.. susah gan naikin pagerank....

Unknown said...

saya cuman bisa ngucapin terimakasih dan wieh bagus tenan artikelnya sama blog ini hehe

pulau tidung said...

tapi page rank apakah menjamin akan menaikan ranking artikel ke halaman 1

Aldio Blog said...

mantap sob pokoknya :)

puput said...

Klo punya ane blum ada kenaikan pr gan tp mishap infonya walaupun msh bingung update minor tu pa mailing newbie hehehe
Salam kenal ditunggu silahturaminya showed selalu buat blog agan

Unknown said...

@Pulau Tidung: Tidak, sama sekali tidak, search ranking (real pagerank) dan pagerank toolbar sama sekali beda. Bisa jadi halaman ber pr (toolbar) 0 bisa mengalahkan halaman ber-PR 6 di SERP. simak artikel saya yang lain disini:
Apa itu Pagerank?

Bikin Web Murah beli Hosting Gratis Domain said...

web saya turun derastis T^T
sedang berusaha bangkit lagi

yasir said...

thx infonya

pulau tidung said...

ok terimaksih pak atas infonya thx ya pak infonya saya ingin berlanganan artiket bapak sepertinya

Area Infoku said...

Mas kasih tips tipsnya dan bagi triknya biar pagerank cepet naik. saya tunggu jawabannya terima kasih

Anonymous said...

keren gan blog ente ane like n follow ya


wah yang komentar anonim emang ga bertanggungjawab , blog dengan alexa rank dibilang melakukan manipulasi

puput said...

blog ane malah kena gan yang tadi PR2 turun jadi PR0 trus ane crwal lagi lewat google web master alhamdulilah jadi PR2 lagi sob
salam kenal

sorya said...

google update kemaren (agustus) ada tida blog ane yg naik pagerank nya,, (bersyukur),, :-)

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap