8 Direktori Blog-Blog Dofollow untuk Berburu Backlink

dofollow blog directory

Mengapa saya harus mengulang kata Blog dua kali pada judul di atas? Karena agar tidak ada salah pengertian bahwa yang dofollow adalah direktorinya (bukan hanya dofollow directory saja), tapi direktori yang berisi blog-blog dofollow. 

Seperti kita tahu backlink berkualitas yang paling kita incar. Salah satu syarat link berkualitas adalah yang dapat di-follow, alias tidak mengandung rel="nofollow". So, pasti target utama adalah blog dofollow. Tapi, ada tapinya nih, mencari blog dofollow enggak gampang, sama seperti mencari backlink berkualitas. Nah dengan adanya list direktori blog dofollow ini, sobat dapat memiliki referensi direktori-direktori blog dofollow yang sewaktu-waktu dapat ditengok tanpa memakan waktu panjang.

Berkaitan dengan backlink berkualitas, tentunya perlu diingat bahwa meskipun dengan berkomentar di blog dofollow kita bisa dapat backlink yang memenuhi syarat, namun tidak serta merta demikian. Membombardir dengan komentar sampah alias nyepam, apalagi ninggalin link-link di posting komentar, link yang berada di niche yang tidak sesuai, anchor text yang terlalu berlebihan, dan lain-lain justru hanya akan menghasilkan backlink tidak berguna. Justru dapat merusak SEO blog. Selain itu, isi comment yg tidak sesuai dengan isi/niche posting sering tidak di approve pemilik blog. So, read first, before you drop your comments!

Di masing-masing direktori blog-blog dofollow berikut sobat akan menemui puluhan bahkan ratusan blog dofollow. Masing-masing memiliki kategori, so sesuaikan dengan kategori blog yang tepat. Sebagian besar berbahasa Inggris, so sebisa mungkin gunakan bahasa Inggris. Namun ada pula direktori yang terdiri dari blog-blog berbahasa Indo. So, don't worry. Dan bagi sobat yang punya blog dofollow, silahkan daftar dan dapatkan inbound link berkualitas.

1. WebmasterDeck (PR1)
Subdirektori dari sebuah direktori besar. Bagian ini memuat blog-blog dofollow dengan PR yang cukup tinggi. List yang ada memiliki deskripsi lengkap mengenai PR, niche, platform, dan fitur comment (CommentLuv, IntenseDebate) masing-masing blog. Worth enough to check, nih!

2. YouDofollow (PR3)
Nah, yang ini punya sobat saya, Christian Hollingsworth pemilik SmartBoyDesigns, yang artikelnya pernah saya lansir sebagai referensi tentang asal mula blog. Masih cukup baru. Direktori ini dibuat untuk mendukung dofollow movement dan memang berisi blog-blog dofollow yang sangat berkualitas. Bahkan ada checking berkala untuk mengetahui status atau kondisi blog-blog dofollow yang terdaftar. Ada sekitar 100+ blog dofollow yang sudah masuk list. Ada article submission juga.

3. DofollowMovement (PR3)
Dari namanya sudah sangat jelas. Namun isinya juga tidak begitu banyak. Karena masih lumayan baru juga. Tapi, menurut saya juga banyak blog yang berkualitas.

4. DofollowUs (PR3)
Direktori blog dofollow ini memiliki categori yang ter-manage cukup baik. Ada kategori top ranks, top votes, dan top hits juga untuk mengetahui mana blog yang memiliki konten bagus dan tentunya berpeluang memberi backlink berkualitas.

Untuk yang lainnya download aja PDF-nya ya. Soalnya tadi saya sudah buat dan biar sobat bisa simpan dan menggunakan sewaktu-waktu ketika link building

Oya, ada bonusnya! Dofollow blog search engines.
Fungsinya adalah untuk mencari blog-blog dofollow dengan menggunakan search engine berdasarkan keyword tertentu. Download daftarnya plus tutorial simpelnya.

password: buka-rahasia.blogspot.com
Enjoy!

Have a nice blogging!

8 Direktori Blog-Blog Dofollow untuk Berburu Backlink
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 111 Comment(s):

Digital Baca said...

Blog DoFollow memang tempat praktis gratis berburu backlink, tapi sayang ada saja yang menuliskan komentar hanya sekedar koment saja, yang sepertinya tidak membaca konten yang ada.

Thanks sudah berbagi...

Suwardi Unggit said...

blog dofollow bisa jadi ladang backlink sehingga para pengunjung yang tidak bertanggung jawab membombardir blog tersebut dengan SPAM jadi susah juga yach kalau blog kita di buat dofollow apa lagi kalau kotak komentar tidak dimoderasi.... semakin mantap saja pak blognya, sudah 3 tahun saya membacanya tapi tidak habis-habis juga..

Belajar NgeBlog said...

Oke Brother, gak henti2nya memberikan informasi bermanfaat seperti ini, terima kasih tentunya dari blogger newbie seperti saya.

Geo said...

Thanks buat ifo n link download nya.

Priyadi Anderson said...

asyik banget.... kerenlah pokok e...

Ahmad Khoirul Azmi said...

@all: yup terima kasih banyak. semoga dapat menjadi referensi yang kaya. have a nice blogging :)
Untuk masalah dofollow dan nofollow nanti saya akan bahas di kesempatan ke depan.

Arsipin said...

om azmi , mau tanya nih. berapa lama blog baru idealnya dikasih backlink ya?

sepri yanto said...

makasih mas infonya sangat membantu ne..

system of blog said...

Langsung ke TKP ah

Sumcara said...

Wah... keren amat nieh kang... Saya izin sedot ya... semoga bisa nambah PR semua domain yang saya dapet dari promo $1.7 Godaddy tadi.

tmm999 said...

ga tahu udah berapa x ane mampir kesini, blog nya penuh dengan inspirasi,,,
Terima kasih gan..

Klik Disini said...

info yang kereeeeeeeen

Abed Saragih said...

wow,,thks gan :)

Tips dan Trik unik Terbaru 2012 said...

sangat berguna bagi blogger newbie..
nice info Gan..
salam knal..
skalian blog walkng

reachschools.org said...

Terimakasih sudah berbagi. Memberikan informasi seperti ini juga adakeuntungannya yaitu meningkatkan trafik. luar biasa...

dwarfhammies.org said...

I think this is awesome article. I bookmarked this page for SEO tools

Didi Aris Wijaya said...

wi..........h! tutorialnya sangat membantuku dalam membangun blogku heheh malum masih NEW oh,ya gan! ku persilahkan agan mendatangi blogku ya,......
di http://didi-aris.blogspot.com/

Bambang Riswanto said...

Langsung ke TKP gan...
makasih infonya...

tidung said...

memang benar kata para kometator2 di atas tak berlebihan jika kami memberikan hujan pujian dan standing aplous karena artikelnya sangan berkualitas dan cocok untuk bimbingan bagi para bloger newbie... :) bravo!

K2 Ichsan said...

Syukron katsir sob atas infonya. Mohon ijin untuk mengunduh.
Btw, lama tak jumpa di GTJ. We miss U sob. He..he...

Zetiawan said...

Thx udah share daftar blog do follownya

Jamur merang said...

Makasih sob atas direktory blog dofollownya.Izin download dulu ayh

BlogDwicell57 said...

thanks infonya gan... blognya informatif sekali buat blogger pemula yg kurang lihai tentang SEO, backlink dan tips blogging yg bagus.
saya ingin belajar lebih serius tentang SEO dari blog ini. dan kalo sempet, mampir di blog ane yah, tp sory blognya kurang sedap dipandang mata tampilannya, soalnya kurang lihai desain tampilan.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@arsipin: kalo blog baru menurut saya sama saja, asal rutin tapi tidak terlalu terburu2. katakanlah sehari nyoba bikin 5 backlink sudah cukup.

tjoretan-akoe.blogspot.com said...

thanks infonya,saya banyak belajar dari sini.

tutur said...

Maaf mas, pertanyaan saya ini tidak sesuai dengan topik pada postingan kali ini.

Yang saya mau tanyakan bagaimana cara membuat horisontal menu dengan submenu seperti pada blog jenengan ini.

Seperti: blog tips -->(blog writing, monetize blog,...)

Terima kasih mas atas jawabannya.

camera CCTV avtech said...

Mutar mutar cari free backlink, ehh di google muncul website ini. Isinya sesuai yang dibutuhkan saya. thanks yah info nya

vinsensius said...

nice tips gan....
sangat berguna bagi newbie

numpang promosi blog q ya.. tapi jangan ngejek contentnya ymasi dikit cos baru 3 hari q buat blog hhe..
http://trahsoebenan.blogspot.com

burhan said...

thankyouyah pak... pas bnget

fauzi online said...

kalo bahasa inggris bingung komentnya, mau pake translate google takut salah ejaannya.

Mainan Anak Murah said...

Wah... makasih banget nih infonya.. Langsung meluncur ke tkp gan...

Firman said...

thanks sob.useful banget buat newbie kaya' gue.mampir ya ke blog gue Full Antivirus: http://antivirus-pro.blogspot.com

tutur said...

Mas bagaimana dengan pertanyaan saya yang kemarin mas
"Maaf mas, pertanyaan saya ini tidak sesuai dengan topik pada postingan kali ini.

Yang saya mau tanyakan bagaimana cara membuat horisontal menu dengan submenu seperti pada blog jenengan ini.

Seperti: blog tips -->(blog writing, monetize blog,...)

Terima kasih mas atas jawabannya."

Ahmad Khoirul Azmi said...

itu adalah menu horizontal dropdown. Saya belum punya tutorial dan script yang matang utk. itu, tapi ada banyak yang share. coba aja cari dengan keyword: "menu horizontal dropdown"

tutur said...

Ok kalo begitu. Terima kasih mas. Saya googling aja klo gitu. Nuwun

Fuji's Blog said...

Assalamulaikum,
kk maaf saya mau tanya, apakah kita bisa membuat blog dofollow? trus apa perbedaan antara blog dofollow dengan blog pada umunya?

saya minta pencerahannya, maklum saya masih belajar ngeBlog.

Terimakasih.

UnikPedia said...

Makasih banget kang referensi blog doffolownya..kebetulan saya lagi mau bangun link untuk blog saya. Tapi saya juga masih bingung, apa keuntungan blog doffolow sendiri jika blog tersebut memberikan backlink ke blog-blog lain? Bukannya itu justru merugikan? Makasih..Salam

Bu Ogle said...

mantap kang dofollow blognya...tengkyu

yoedhas flyingdutchman said...

makasih infonya gan

profil pemain said...

Ijin bookmark gan. .

Jaket kulit said...

mantap informasinnya siaap hatur nuhun sukses selalu

Kumpulan Cara said...

makasih infonya, bloh nih dicoba untuk menambah backlink :D

kalabubu note said...

Terima kasih atas infonya, sangat berguna bagi para blogger2 pemula seperti saya...

andika priyanto said...

blog dofollow juga bisa membantu meningkatkan trafic pengunjung dan sangat bermanfaat dalam para netter yang serius di dunia blogging,

Android Blog | Your Android Stuffs said...

sayang masih sedikit dan jarang blog dan website indonesia

Muhammad Yahya said...

terima kasih gan emang sangat bermanfaat

Punggawa said...

Luar biasa... terimakasih atas kemurah hatian sampeyan membagi artikel ini. akan sangat bermanfa'at buat kita semua.

mediss said...

Bermanfaat sekali gan artikelnya terutama buat saya pribadi, salm kenal Gan semoga makin exsist az didunia blogers..!!!!hehehe

sikoplac said...

wah lengkap ya.. TKP om :D :)

Andra Sieseng said...

thanks infonya boss

Nugroho said...

info bagus sob..
terimakasih

Pazzini said...

Hatur nuhun infona kang .

Sandi Malmsteen said...

hampir putus asa nih nyarinya..dimana sih dia.....red: Backling...

http://www.s4ndmotion.com/

Liputan Informasi | Sepak Bola | Gadget said...

maksii infonya gan,,
mantap,,,

Andhika Diskartes said...

terima kasih buat artikelnya..beberapa uda saya kunjungi blog blog tersebut..heheheh

ibnoe.info said...

terimakasih om atas infonya, ini sangat berguna untuk meningkatkan backlink blog saya yang sekarang ini masih no data..........

Aneka Ragam Makalah said...

bagus sekali artikelnya sob, oya ingin sekali saya bertukran link dengan sobat, harap ijinnya

aradsa said...

wah kebetulan lagi nyari backlink ne gan, makasih infonya

and213 said...

semoga dapat link yg bxk, thanks for good article :)

aank budi santoso said...

Wahh bisa juga nihh, sekalian nambah pundi2 backlink blog ane...
thanks mbak..!
happy blogging!

Riki Riki Riki said...

bagus informasinya gan,,,,

edwar said...

nice article,,,,,,,,,

rikosangatkeren blogger said...

tidak sia2 pencarian ane karena nemuin postingan ini membantu tentunya, ada baik ny tukar info jg bagi agan2 yang mau berburu back link mampir ke blog ane dofollow jg. thx

AryKame said...

om yg satu ini emang hebat buatg artikelnya pas sama keadaan :D

pasta said...

oke informasinya sangat mendukung

dian666 said...

berguna buat kita infonya

higoat said...

terima kasih banyak gan untuk infonya,,ini sangat bermanfaat banget untuk menunjang bisnis online saya

zulham said...

setelah dari daftar sosial bookmark tadi artikel yang menarik buatku di related artikel tadi adalah pada halaman ini,namun awalnya aku bingung tapi aku coba memahami,kira2 seperti ini maksudnya :"direktori blog yang memuat daftar blog2 yang dofollow yang dapat menghasilkan backlink berkualitas",apakah seperti itu maksudnya.

alisze said...

mantap pak postingannya. lagi dicari ini...

Automotive said...

Sippp Dach... :))
MAkasih Ya Gan Infonya...
Di Tunggu Kunjungan Baliknya... :D

inovLy Media said...

thanks infonya gan..
update trus tuk direktori dofollow-nya...

Bodin Lingga said...

Wah sangat keren directory blognya,segera mengunjungi TPK Gan buat berburu backlink

suwono said...

Wibsite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih.

pusaka wanita modern said...

8 Direktori blog dofofollow, mudah-mudahan bisa meningkatkan trafik web saya, terimakasih, Mas Bos.

armstrong indonesia said...

List dofollow blog diretory-nya bagus ,kadang2 lupa kalo blog directory adalah sumber backlink gratis yg berkualitas..
Skali lagi makasih gan dan salam sukses :D

Fahmi Setiawan said...

terimakasih atas infonya sangat bermanfaat sekali

laskar awan said...

ini yang saya cari mas,makasih banyak.

agnisuciarini said...

Mantap gan infonya terimakasihnya.semoga sukses selalu.

Pemalang Online said...

blog dofollow temapt paling nyaman untuk tanam backlink, namun demikian juga harus dbarengi dengan teknik SEO yang lain spt social bookmark, arikel submission...dll.

Internet Marketing Sharing said...

sharingnya mantap boss, blog dofollow selalu jadi incaran blogger utk dapat baclink berkualitas. tapi PR-nya harus tinggi pastinya.

RobetSheva said...

Thanks gan. artikelnya sangat membantu. jadi lebih semangat lagi untuk men-SEO-kan blog ane. hehe :)

melanz08 said...

file pdf nya ga bisa dibuka broo

Bang Mul said...

informasinya mantap sob..hee jgn lupa kunjung balik 'bang mul blog'

kangmis said...

Waaahh... Bisa jadi referensi nich,, ijin bookmark boozz...

Putra Dewe Blog said...

wah boleh juga nih gan, mksh infonya

iniblog-koe said...

Gimana sih caranya,... ngak ngerti2 saya...!!

moch fadhil said...

Terima kasih infonya!
Kalau buat related articles gimana cara nya?

elno abenx said...

dari komentar yang ada disini saya yakin kalau blog ini juga adalah blog dofollow :D

Dai 21 juli said...
This comment has been removed by a blog administrator.
centraniaga.com said...

Mau download pdf nya tapi kaspersky IS detect dangerous url tuh mas bro.. by the way blog buka-rahasia ini isinya memang mantap-mantap dan recomended pokoke..

area69cherry2 said...

tar ane coba gan, thanks sbelumnya

Adi Taslim Budhi said...

pak de numpang download PDF nya ya pak de

indotanam said...

makasih gan, izin sedot.

Krisna Widhiyanta said...

Nah itu dia masbro. Sulitnya mencari blog dofollow adalah karena komentar spam. Sekarang jarang dijumpai blog dofollow.

sun bisnis said...

Waaahhh....sippp mas, bis langsung menuju TKP nih...!

King Les said...

Wah bagus bnget infonya gan... isinya brmanfaat.

Lintas Line said...

Makasih infonya, langsung ke tkp dah

kubus said...

Terima kasih atas link yang diberikan. Sebenarnya saya sendiri masih bingung bagaimana membangun link yang baik untuk blog saya. Munkin artikel yang anda berikan akan saya coba juga.

Jey Arni said...

Backlink itu saya sudah pahami fungsinya, yakni dapat meningkatkan kualitas SEO...

Nah pertanyaan saya, apakah dengan berkomentar diberbagai blog sejenis itu tidak membawa dampak negatif trhadap blog / web kita?? soalnya saya takutnya dibilang SPAM kalo rajin komentar disana sini???

Ahmad Khoirul Azmi said...

Simak 2 artikel ini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2013/01/enyah-kau-spammer-komentar-blog.html
http://buka-rahasia.blogspot.com/2013/02/klasifikasi-spam-pada-akun-blog-blogger.html

adi win said...

Benar sekali gan, banyak diantara kita yang mencari backling dengan komentar hanya membuat komentar sampah,

rifki achmad said...

sekarang saya mengerti , makasih om info sama bonusnya sangat berguna

Aang Gunafi said...

Numpang tanya pak, mana yang lebih bernilai di mata Google apakah link dari situs direktori berpage rank tinggi (antara 1-3) atau dari blog berpagerank rendah (4-10) ?

Aang Gunafi said...

Numpang tanya pak, mana yang lebih bernilai di mata Google apakah link dari situs direktori berpage rank tinggi (antara 1-3) atau dari blog berpagerank rendah (4-10) ?

Ahmad Khoirul Azmi said...

bagus tidak nya sebuah backlink tidak ditentukan oleh apakah itu blog atau direktori yang memberi backlink, tapi kualitas dan relevansi,
simak selengkapnya di sini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2012/02/cara-link-building-disukai-google.html

eka bayu said...

permisi saya numpang tanya pa, untuk mengetahui kalo blog direktori saya jadi link bagaimana ya ?? thx

bloggerid ind said...

makasih infonya sob

muhammad ghozali said...

makasih infonya gan

rudy Minority said...

dari blog direktori itu wajib menyantumkan reciprocal link ya gan ? nah pertanyaan saya, apabila kita menerapkan html dari reciprocal tersebut apakah aman untuk adsense ? dan apabila kita menerepkan lalu kita menghapusnya apakah blog kita tetap berada di blog direktori tersebut atau tidak ?

Markus Budiarso said...

gan mau tanya ,, klo blog ane ini http://interiors-ideas.com baru sekitar 2 blan nan, udah bisa dikasi backlink belum?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Boleh saja, asal gak terburu-buru dan hati-hati dalam bikin backlinknya

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap