7 Tips Membuat Artikel Blog Menarik & Enak Dibaca

artikel blog kreatif
Ada banyak yang merasa was-was dalam menulis konten atau artikel blog. Banyak juga yang kemudian merasa menulis artikel adalah pekerjaan berat yang menguras tenaga, bahkan pembaca pun akhirnya ikut merasa berat juga ketika harus membaca artikel yang dibuat dengan cara demikian, karena artikel tampak datar dan membosankan. Kemarin ada sobat blogger yang bertanya melalui email mengenai teknis atau format artikel blog yang tampak menarik dan nyaman dibaca. Yah, kuncinya menurut saya sederhana, gunakan motivasi bahwa "artikel itu dibuat untuk dibaca", bukan sekedar menambah jumlah posting. Dalam artikel ini saya akan menyampaikan beberapa tips berkaitan dengan format tulisan artikel blog, jika sebelumnya sobat belum membaca mengenai faktor non teknis dalam menulis artikel, silahkan simak dulu Tips Menulis Artikel Blog Berkualitas dan Penuh Ide

Kembali ke topik. Artikel dibuat untuk dibaca. Dan artikel yang bagus bukan berarti artikel yang berat loh. Bisa jadi berbicara mengenai "buah apa saja yang ada di kebunku" jauh lebih menarik daripada "tips hebat mendapatkan jodoh dalam satu hari". Dimana letak perbedaan yang bisa membuat tema pertama lebih menarik? Pada format penyajian konten. Dan perbedaan format kecil saja bisa membuat tema kedua tersebut dilibas habis oleh tema pertama.

Tentunya, asumsi dasar dari menulis artikel adalah mengenai apa yang diketahui. Iitulah alasan mengapa seseorang memiliki blog atau website: untuk menuangkan apa yang dia ketahui, pelajari, kembangkan, atau bahkan mungkin dibuat. Sobat pasti mengetahui, mempelajari, dan menguasai sesuatu. Berangkatlah dari itu. Ketika sobat menuliskannya, tidak akan ada kesulitan berarti dan justru akan sangat menyenangkan. 

Oke, lanjut lagi ke format artikel. Ini hanya masalah membiasakan dan mengingat format atau bentuk artikel yang user friendly. Seketika sudah terbiasa, pasti akan menyenangkan, dan terlebih lagi akan menghasilkan sesuatu yang menguntungkan, monetisasi. Untuk memastikan artikel sobat dibaca dan enak dibaca, berikut beberapa tips mengenai format penyajian artikel blog:

1. Gunakan paragraf
Paragraf sangat penting untuk membagi pokok pikiran, sehingga isi masing-masing pokok pikiran dapat dituangkan dengan batasan-batasan yang jelas. Pembaca dapat dengan mudah mengikuti setiap pemikiran tersebut karena ada pemisahan. Satu paragraf jangan sampai terlalu panjang, misalnya hingga lebih dari setengah halaman, karena ini dapat menurunkan mood pembaca. Membaca seolah menjadi pekerjaan berat dan tidak menyenangkan. Ingat, paragraf tidak mesti berupa sekumpulan kalimat berjumlah banyak, kadang cuma satu kalimat, bahkan cuma satu kata! Jangan lupa beri jarak antar paragraf / beri ruang kosong, sehingga paragraf-paragraf tidak tampak berdesakan.

2. Gunakan format justify (rata kiri kanan)
Format ini cenderung membuat artikel tanpa rapi di masing-masing sisi, sehingga membacanya pun enak. Gunakan text align justify ini pada bentuk tulisan pada artikel murni. Tentunya, jika ada tulisan yang mengandung bentuk-bentuk lain seperti kode/script, jangan terapkan rata kiri kanan pada bagian tersebut.

3. Gunakan list, baik angka atau bentuk lain (unordered list).
Menggunakan list untuk menekankan poin-poin tertentu membuat pembaca mudah mengingat dan mengambil intisarinya. Jika ada penjelasan tambahan, barulah ditambahkan dalam beberapa kalimat atau sebuah paragraf. Ketika ada format list, pembaca akan tahu ada penekanan point dan ada petunjuk bahwa pada bagian list inilah semua poin penting disampaikan. Ini sangat berguna jika sobat membuat artikel-artikel yang memiliki poin-poin yang ditekankan, misalnya tips, petunjuk, prosedur, manual, jenis-jenis, dan lain-lain.

4. Gunakan heading atau sub-heading
Menggunakan heading dapat memberikan peluang untuk membagi tulisan dalam sub-sub tertentu. Ini akan memudahkan pembaca bergerak dari satu poin ke poin lainnya. Format ini akan sangat bermanfaat bagi artikel yang sangat panjang dan memuat banyak pokok pembicaraan dalam sebuah topik. Heading atau sub heading dalam format HTML menggunakan tag header dari <h1> sampai <h6>. Saran saya gunakan sub heading di bawah level judul artikel. Sobat dapat dengan mudah memformatnya dengan menggunakan text selection pada sebaris kata yang hendak dijadikan sub heading, kemudian lihat ke atas text editor, ada menu dropdown dengan menu utama "Normal", klik dan pilih format heading, sub heading, atau minor heading. Di WordPress, tampilan menu utama adalah "Paragraph", ubah menjadi header1, header2, header3, .... dan seterusnya.

5. Gunakan judul artikel kreatif dan menarik
Judul artikel ibarat mahkota. Apa yang dia tampakkan berpengaruh pada seberapa menarik artikel di dalamnya. Buat judul sekreatif mungkin. Jangan hanya terpaku pada keyword, karena itu justru dapat mengurangi nilai artikel, padahal mungkin artikel di dalamnya sangat bagus. Misalnya, daripada menggunakan "8 Tips Mendapatkan Jodoh", cobalah variasi lain. Contoh, "Dapatkan Jodohmu Dengan 8 Cara Mudah ini!". Gunakan pula format-format yang lebih provokatif, misalnya dengan menggunakan kalimat tanya. Sering loh saya mendapati incoming search yang menggunakan keyword kalimat tanya, misalnya, "Link building itu apa sih?", "bagaimana cara blog saya dikunjungi???", dan lain-lain. Beneran ada tuh, ga bohong. Mungkin orang sudah menganggap Google itu manusia yang bisa jawab kali ya...

6. Upayakan pembaca tertarik dari awal hingga akhir
Dari awal paragraf, gunakan situasi-situasi nyata agar pembaca dapat mengkaitkan dengan dirinya sendiri. "Nah, ini gue banget nih!", "Hmmm, ini yang aku butuhin....", "Oh, gitu ya, jadi gimana cara ngatasinnya?", dst... Gunakan deskripsi dan metafora untuk mengantarkan poin pembicaraan, tapi jangan terlalu berlebihan. Jika dibutuhkan, upayakan gunakan gambar untuk mendeskripsikan suatu situasi atau contoh agar pembaca dapat dengan mudah menyerapnya.

7. Gunakan Pengalaman pribadi sebagai contoh dalam topik
Gunakan pengalaman pribadi anda ketika menemui suatu masalah dan dalam memecahkannya. Ini yang membuat suatu karya tulis bernilai tinggi, karena sobat tidak hanya menuliskan apa yang didengar, atau yang sudah ditulis orang lain saja, melainkan dikembangkan menjadi apa yang dialami sendiri dan dikuasai betul. Sobat tidak akan sekedar berbicara sebagai guru yang mengajar sambil memegang buku pelajaran terbitan luar, tapi seperti seorang narasumber yang memegang catatan pribadi dan menyampaikan apa yang dialami, diteliti, dan dicarikan jalan keluarnya.

Oke, semoga dapat memberikan gambaran buat sobat agar lebih mawas dengan format tulisan pada artikel yang sobat buat. 

Have a nice writing!

7 Tips Membuat Artikel Blog Menarik & Enak Dibaca
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 72 Comment(s):

File Professional said...

Sobat, sebelumnya mohon maaf jika komentar saya diluar topik, saya ingin bertanya sobat, kenapa ya kalau saya melakukan pencarian di google, ya coba masukkan judul posting saya saja. Kalau di Browser yang saya log in akun blogger saya, hasil pencarian-nya ada, tapi kalau saya coba di browser lain atau saya sudah log out, tidak ada hasil pencarian dari blog saya. Sebelumnya saya tanya, kira2 apa ada masalah ? Mohon pencerahannya sobat.

tidung said...

sangat menginspirasi.. jadi semangat lagi nih buat nulis :) thanks

Ahmad Khoirul Azmi said...

@File: Google dan Blogger merupakan satu kesatuan akun, begitu pula dengan Google search. Ketika sobat melakukan pencarian dalam kondisi login, maka pencarian akan masuk pada setting personalize secara otomatis, sehingga pencarian Google menghasilkan list hal-hal yang berkaitan dengan akun sobat, termasuk Google. Dan terlebih lagi jika sobat punya akun Google+, mengklik +1 dan share artikel di G+, maka hasil pencarian akan lebih personal lagi. Ini yang disebut sebagai Google sebagai personalized search. Menitikberatkan pada apa yang berkaitan dengan akun dan apa yang anda share. Untuk analisis pencarian atau hasil SERP, ini tidak bagus, karena hasilnya tidak fair, bukan hasil sesungguhnya. Kalo mau analisis, gunakan browser lain dmn sobat tidak login ke akun Google apapun. Atau kalo pake chrome gunakan "incognito window".
Sesuai dengan apa yg sobat sampaikan, berarti hasil sesungguhnya ada pada yang kedua.

File Professional said...

Ya, terima kasih atas informasi-nya sobat.

Agus Roma said...

Artikel yang bermanfaat. Untuk format justify banyak juga blogger yang tidak menyukainya karena terdapat ruang yang kosong dan menganggu kenyamanan. Tetapi apapun itu yang penting ngeblog. Salam kenal dan sukses.

Pendelz said...

wah terima kasih sob untuk tipsnya bisa buat acuan ane biar betah ngeblog btw follow sukses #784 ditunggu follbacknya ya sob

happy blogging

mumtaz said...

Thanks yah kak,.. mampir balik kak di http://forcester.blogspot.com/

K2 Ichsan said...

Tips yang sangat menarik & penting bagi para newbie sepeti saya.
Syukron atas info & pencerahannya sob...

Dian Elysa P said...

nice info :)

Jefry said...

dari ke-7 tips di atas yang belum saya lakukan adalah pada poin ke-7, yaitu menggunakan pengalaman pribadi. Ini pasti akan sangat menarik bila dapat diterapkan
trims atas ilmunya

CounterPulsa said...

Memang membuat artikel yang enak dibaca itu penting supaya pengunjung betah membacanya

Apar said...

saya perlu koreksi lagi tulisan-tulisan di web saya. takut salah soalnya baru tahu.

Fikri said...

Tipsnya mantap sekali nih om...
dan saya sudah mencoba untuk menggunakan sejak awal, tapi masih acak-acakan... hehe

dan dengan ini saya nyatakan bahwa saya kan berusaha untuk lebih baik...

terimakasih om...
dan juga dari pertanyaan sobat professional dengan jawaban om azmee sangat memuaskan :-)

Nabih Bawazir said...

Saya akui bahwa anda seorang master dalam dunia blogging terutama pada aspek tulisan, benar jika blogging adalah sarana bersosialisasi di dunia maya.

Terimakasih atas inspirasi yang telah anda berikan, ternyata blog yang ALexa-Ranknya kuat justru dengan artikel yang panjang.

masrukin said...

tipnya bagus banget mksh ILMUNYA boz.

PHOENIX 45' said...

Oh iya kak.......
Kalau untuk membuat blog yang menarikkan harus penuh dengan gambar dan iklan!!!!
Tapi kalau kebanyakan iklan dan gambar nati kan bisa menjadikan blog menjadi lebih berat dan lama jika di buka dengan koneksi internet yang lambat!!!
jadi solusinya bagaimana kak???? Tolong ya kak!!!!!

Lab-Informatika said...

memang konten itu no 1 :D .

makasih buat tips nya min.
sangat bermanfaat sekali buat saya pribadi.

thumbs up (y)

Irfan said...

Istimewa sekali..

Anomali Dunia said...

Langsung ane praktekin gan.... artikelnya menarik n bermanfaat.

Baca artikel unik dan menarik di
http://anomali-dunia.blogspot.com/

Artikel Komputer said...

Tq mas.. sangat membantu

Info sehat said...

Akan kita pahami dulu boss. dan mudah2an bisa dipraktekin

Aoutomotive Web Blog said...

Thanks bro jadi tau kekurangan ane hehe... jaya terus blognya :D

Mr.yasir said...

infonya yang sangat menarik thx

opiektidung said...

jaya terus blognya,karna memberikan manfat yg sangat besr

zikha said...

makasih pak infonya.

thankskonsep said...

betul sekali kalau ditulis seperti itu kayaknya jadi lebih menarik....thanks

Obric said...

Makasih sob sudah mau berbagi tipsnya .

siapa aja boleh said...

wah kheren nih bang bwat sya yg pemula hehehe

m. yunus said...

beruntung saya meng-click link ini, kerena di artikel yang sangat hebat ini saya mendapat ilmu yang sangat bermanfaat, terimakasih atas ilmunya......

Kang Soegie said...

Ilmu yang sangat bermanfaat sekali, terutama buat saya yang lagi belajar menulis.. salam ^-^

edy koplaks said...

thx infonya ya.

Bali Jegeg said...

makasih masukannya... ^_^

Juru Indra Download said...

makasih sarannya gan

Topik said...

Terima kasih sudah berbagi ilmunya.... sangat bermanfaat sekali...

Bambang gaspoll said...

penulis dan pembacanya mantap dan berkualitas
http://bambanggaspoll.blogspot.com

ilandhost said...

thank tips

inspirasi said...

terimakash infonya, sangat berguna..

Asep Komba said...

Thank's banget tips nya... sangat bermanfaat..

Rakha PB said...

Terimakasih infonya.....
http://gratisapasaja.blogspot.com

Misbah Hiday said...

trimaksih atas info nya,,, bisa tidak kapan2 kita berbincang2 lwat fb.. sya ingin menanyakan lebih banyak tentang blog...

jangan lupa berkunjung balik k blog gudang artikel eaaa

Lampit said...

terima kasih artikelnya sangat membantu saya sebagai newbie... ditunggu tulisan2 berikutnya salam sukses selalu

ANDRE said...

Mas makasih atas sharenya..
bermanfaat bgt bagi saya yang newbie ini
ditunggu artikel selanjutnya..
banyak belajar SEO nih di blog panjenengan..
makasih mas..
dari
http://keskanling-lampung.info

Ruang Musik Planners said...

Terimakasih arahannya yah..

Jadi tertantang untuk buat artikel yang menarik nih..

Anonymous said...

good article,,,,mampir ke blog ane ya gan..
http://blogfirefly.blogspot.com/

Tesar Ramadhan said...

Thanks infonya ya. Salut buat pemilik blog ini

icy ramadlani said...

thanks tipsnya,saya baru belajar jadi bisa kritik dan saranya saya tunggu.
opensourceindo.blogspot.com

Asih Pujiariani said...

Thx 4 sharing. Bermanfaat bgt.
Salam kenal dan tolong kasih pendapat tentang blog ku dong! Apakah sudah cukup oke? ( http://artikel-kependidikan.blogspot.com/ )
thx b4

Mohamad Seruji said...

thanks ...
banyak ne ,,,

Yanto Biggoss said...

info nya sangat bermanfaat, mampir ke blog ane, ane butuh saran and masukan dari ente gan...
yantobiggoss84.blogspot.com
Trima kasih.

Sitro said...

Makasih artikelnya.. Jadi, pengen perbaikan format blog saya.. hehehe

endanesia said...

yang paling seru, yg poin 7 tuh.. :)

Rahmat's Blog said...

mantap untuk admin.,., thankz.,. untuk motivasi.,.,
salam Rahmat's Blog

sartono said...

sukron mas salam> rafandakhansanailah.blogspot.com

Ahmad Zakaria said...

saalam kenal dulu ya friend...........q blogger debutan, share ilmunya yoooooooooooooooo........good2. teach me...........

Mardianto Z said...

Salam kenal gan :)
mohon mampirnya

hotcake tugumuda said...

juozzz... selain memberikan tips bagaimana agar artikel blog enak di baca, admin juga membuktikan bahwa tulisan admin emang enak di baca... hahahahahaha

Bika said...

Wah..wah.....Inspiring banget buat saya! Artikel-artikelnya sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang pemula. Folbek ya: http://ikadekbikakurniawan039.blogspot.com

ara koswara said...

Thx 4 sharing. Bermanfaat bgt.
Salam kenal dan tolong kasih pendapat tentang blog ku dong! Apakah sudah cukup oke? ( http://artikel-kependidikan.blogspot.com/ )
thx b4

sadha yeasa said...

thanks very much....

marijon yono said...

tips yang bagus nehh,
perlu dicoba juga ni,.yang lg butuh duit klik aja disini, dengan sedikit usaha dan tidak males blajar Insyaallah bisa sukses.

Toko Online Kalistajaya said...

trims infonya bos, sangat bermanfaat

Ratu Apriliyanti said...

Yah....masih banyak kekurang dalam mebuat blog. Susah-susah gampang.
Tapi keren tips nya, banyak manfaat yang bisa diambil. Makasiiiih

mizwar kaswari said...

makasih gan atas ilmu nya...! sangat bermanfaat bagi kita kita yang ingin blog nya berkualitas dan bnyak di baca sama orang orang...!

ngeblog07 said...

Terimakasih gan atas tipsnya akan saya terapkan pada saat membuat artikel . . .

Nindy Astyandari said...

Terimakasih tips-tipsnya bermanfaat sekali untuk bagi yang pemula di blog.

Agus Supriyono said...

oke bos, numpang belajar dari artikel ini, masih latihan pemula bukannya enak dibaca malah bingung pembaca nya.

fblogame said...

keren sekali kak tutorialnya......kalau ada yang baru dishare lagi....

moeclazh said...

sippppp maz ;)

tuti arny said...

trmksh pak akmad telah membuat tulisan yang sangat bermanfaat terutama utk yang sepertti sy yg masih sanget awam di dunia internet, mhon ijin y pak tadi sy kopi dan simpan di komputer sy agar bisa sy baca lagi..moga makin sukses, salam

Husni M Fauzi said...

wahh artikel nya very good mas,, membantu banget. saya blogger newbie. makin tertarik dah sama blogging.hehe

Yobel Radioo said...

sangat sangat menginspirasi :D

Yuliono Gundul said...

cukup lengkap banget deh infonya, sangat menginspirasi, thanks gan.... kunjungan malam
sukses selalu baut agan.bisa menjadi bahan evaluasi blog saya yang ini kabardekatcom

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap