Sejarah Singkat Blog dan Blogging

sejarah blog
Sobat, tentu saja sejarah blog dan blogging ini tidak akan dituliskan dengan panjang lebar, meskipun sebenarnya ada proses yang tidak bisa dibilang singkat. Garis besar artikel ini adalah untuk memberikan gambaran bagaimana blog dan dunia blogging bisa terbentuk. Paling tidak kita bisa tahu apa latar belakang dan motivasi blogging pada waktu itu dan juga bisa bertanya pada diri sendiri tentang apa sebenarnya motivasi kita untuk nge-blog.

Siapa yang pertama kali nge-blog?
Justin Hall, seorang siswa Swarthmore, AS, memulai blog pertamanya pada Januari 1994.

Bagaimana Proses Terbentuknya Blog?
Proses dan liku-liku sejarah blog adalah hal yang menarik. Istilah Blog sendiri merupakan singkatan dari weblog, yaitu penggabungan dari kata 'web' dan 'log'. Maknanya adalah web yang berisi informasi rentetan peristiwa yang terus berlangsung, oleh karena itu blog selalu identik dengan kontennya yang terus di-update.

Weblog memiliki banyak link, baik link internal (yang biasanya berupa artikel dari bagian weblog itu sendiri) maupun link eksternal (yang berasal dari weblog maupun website lain). Link-link ini ditampilkan dalam sebuah list  yang berdasarkan urutan kronologis ataupun kategori. Kata Blog dipopulerkan oleh Peter Merholtz pada bulan April atau Mei 1998. Peter Meholtz sendiri adalah founder dari Open Diary yang merupakan diary online dari para penulis di seluruh dunia, yang kemudian juga memiliki layanan blog. Open Diary juga memberikan kontribusi besar dalam sejarah blog dan blogging.

Mulanya, weblog terdiri dari beberapa komponen manual seperti halnya website pada umumnya. Dalam perkembangannya, terdapat penambahan fitur-fitur baru yang berbeda dengan website, misalnya artikel-artikel web yang diposting secara reverse (dari yang paling lama hingga baru) dan kronologis, dan memungkinkan adanya thread yang ditujukan untuk mendiskusikan suatu postingan artikel. Publikasi artikel pun menjadi semakin mudah dan tidak terlalu membutuhkan skill teknis.

Apa itu Blogger?
Blogger orang yang menulis blog. Dalam bahasa aslinya, kata "blog" adalah verb (kata kerja) dan noun (kata benda). Sehingga ketika ada seorang blogger berkata, "I blog", itu artinya pekerjaan atau hobinya adalah menulis blog. Sesederhana itu, namun besar makna intrinsiknya. Penggarisbawahan pada kata 'menulis'  untuk menunjukan bahwa seorang blogger adalah seorang penulis (author/writer). Jadi, blogger bukan berarti pemilik blog saja, melainkan orang yang aktif mengisi blog tersebut dengan karya tulisnya. Bahkan, belum tentu seorang blogger memiliki blog, tetapi ia tetaplah blogger meskipun ia menulis untuk blog orang lain. Sebaliknya, seseorang yang memiliki blog namun tidak melakukan aktivitas menulis, maka ia bukanlah blogger.

Apa itu Blogging?
Blogging adalah aktivitas menulis, baik di blog maupun ketika menulis komentar (comment) pada topik dan artikel tertentu.

Sedangkan Blogger.com adalah situs layanan gratis pertama kali (1999) yang memberikan fasilitas pembuatan dan perawatan jurnal pribadi (blog). Berdirinya Blogger inilah yang kemudian disebut-sebut sebagai awal terciptanya blogosphere. Google membelinya pada tahun 2003.

Para Blogger Bergerak Lebih Cepat
Blogging menjadi aktivitas yang semakin banyak peminatnya sehingga bertambah pula jumlah blogger di dunia. Hal ini berimbas pada pesatnya arus informasi serta luas dan cepatnya proses publikasi informasi tersebut. Sehingga, terkadang media mainstream berbalik mengikuti perkembangan informasi di dunia blogging dan juga menjadi pengikut (followers) para blogger. Namun terkadang blog juga menyampaikan kembali apa yang sudah disampaikan oleh media mainstream dan memberikan komentar-komentar tertentu.

Blog menjadi alat untuk menyampaikan ekspresi dan informasi yang disampaikan dengan cara yang mudah dan simpel, sehingga memudahkan orang-orang untuk mendapatkan informasi secara singkat. Mayoritas pembaca melakukan scanning (memilah dan memilih, terkadang disebut pula fast reading) daripada intensive reading (membaca tekun, menyimak).

Blogging sebagai Sebuah Pekerjaan?
Blog dan blogging semakin berkembang. Sebagian blogger menjadi terkenal karena banyaknya penggemar artikel mereka, bahkan hingga ke seantero dunia. Hal ini menarik minat banyak perusahaan komersial untuk mempromosikan produk mereka, baik berupa iklan yang ditampilkan maupun tulisan. Hasilnya, tidak sedikit pula blogger yang mendapatkan uang melimpah dari blogging dan menjadikannya sebagai sebuah pekerjaan. Saat ini, pendapatan pun tidak lagi hanya dari iklan dan promosi, melainkan juga ketika menjadi guest blogger yang dibayar, mengisi seminar, program-program bisnis online, dan sebagainya.

Ada pula yang berpandangan dan melakukan aktivitas blogging sebagai sebuah hobby . Blogging adalah sarana ekspresi dan komunikasi yang paling efektif, karena dapat menyebar ke seluruh dunia dan tanpa batasan apapun. Banyak pula dari mereka yang kemudian menjadi terkenal dan menjadi pembicara dalam berbagai bidang, selain karena memang background mereka adalah orang-orang yang pandai dan berpengalaman pada bidangnya.

Apapun itu, baik untuk uang, hobi, atau ketenaran, selama blogging adalah menulis dan menyampaikan informasi, pengalaman, dan pemikiran, maka semua sah-sah saja.

Kesimpulan
Blogging telah menjadi aktivitas online yang semakin banyak peminatnya. Weblog, atau lebih singkatnya dikenal sebagai blog, telah menjadi sarana informasi dan networking yang paling besar dampaknya, baik bagi dunia media informasi, dunia industri dan pemasaran, serta untuk para blogger itu sendiri.

The Question I return to you now is: Why do you blog?
______________________________________________________________________________________
Sebagian ide penulisan artikel ini diambil dari smartboydesign.com dengan seizin penulisnya, Christian. Pengkopian dan publikasi isi artikel ini di media lain harus dengan membubuhkan link tersebut dan link posting ini. 
Bukan Rahasia Lagi! © 2011. All Rights Reserved.

Sejarah Singkat Blog dan Blogging
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 2 Comment(s):

Kallu Juzan said...

Wahaha saya jadi malu sendiri nih..
Ternyata saya baru tau skr sejarah blog seperti apa.
Dari dulu saya bisanya cuma make doang..hehe

Info yg bagus mas bro..Thanks.

Ahmad Khoirul Azmee said...

hehehe, sama aja kaya saya dulu bro :D thanks udah mampir ya :D

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap