10 Situs Download Gambar Gratis Buat Blog/Web & Desain

Gambar di dalam posting blog memiliki arti penting. Gambar/image (photo or picture) bukan hanya sebagai penghias semata. Jika dipilih secara matang, gambar dapat menjadi ilustrasi isi posting blog, memperkuat nuansa, serta memberikan kesan dan dramatisasi atas tema yg diusung di dalam artikel. Selain itu, gambar juga dibutuhkan bagi halaman web/blog sebagai petunjuk/indikator navigasi, backgroundheader, dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, gambar tidak bisa disepelekan begitu saja oleh blogger.

Memproduksi gambar sendiri sesuai keinginan bagi kebanyakan blogger bukanlah hal mudah. Apalagi bagi blogger yg tidak menekuni bidang desain grafis atau memiliki stock gambar pribadi yg banyak. Solusinya adalah dengan mencari gambar melalui internet. Tapi tahukah bahwa tidak semua gambar dapat secara bebas dipakai? Ada beberapa kasus yg menyebutkan penuntutan/pelanggaran hak cipta atas blog yg memuat gambar tanpa credit atau seijin pemilik asli. Tentu ini bukan hal yg kita kehendaki. Sebagian besar blogger memang lebih sering mencari gambar melalui Google Image Search yg lebih praktis sesuai dengan keyword yg diinginkan. Tapi hal ini berbahaya.

Posting ini sekaligus juga menjadi tanggapan saya dalam komentar di posting pencurian konten yg menyatakan bahwa gambar yg saya gunakan dipertanyakan. Sebenarnya tidak demikian. Saya selalu menggunakan gambar-gambar free license, bahkan gambar-gambar tersebut juga memiliki lisensi gratis untuk diedit ulang bagi keperluan desain blog/web, komersil, dan desain grafis. Apakah benar ada situs download gambar gratis demikian? Ada banyak! Ratusan! Kualitas gambar-gambarnya pun tidak perlu dipertanyakan lagi. Very high quality images for free! Mulai dari photo, vector, ordinary images, icons, sampai very artistic images are ready for free use, sodara-sodara! Dengan menggunakan gambar-gambar demikian, kualitas posting dan originalitasnya pun semakin tinggi. So, lebih baik hentikan pencarian gambar dari Google; gunakan/download gambar sebebas-bebasnya dari situs-situs berikut (short url digunakan semata-mata untuk menghindari link juice):

Situs hosting dan penyedia gambar terbesar. Ratusan foto/gambar berkualitas diupload setiap detiknya. Untuk memudahkan pencarian gambar sesuai tema, Photobucket menyediakan fitur search yg punya akurasi tinggi. Jika ingin melakukan hosting sekaligus, buat akun gratis. Bahkan foto yg diupload pun bisa dibuat private, sehingga tidak muncul di pencarian. Tempat favorit saya untuk berburu gambar bertema apapun!

Ratusan ribu icon web/blog atau komputer siap digunakan untuk memperindah blog. Icon set dapat memperkuat themes/templates blog karena memiliki keselarasan desain dan warna. Iconarchive juga menghosting gmabar-gambar icon tersebut. Jadi jika malas download dan upload lagi, langsung saja gunakan diret url gambarnya!

Foto-foto berkualitas dan beresolusi tinggi serta memiliki kekuatan artistik disediakan oleh situs ini. Salah satu situs favorit saya untuk mendapatkan gambar sebagai penguat tema artikel. Fngsi search nya dapat digunakan untuk mencari gambar lintas situs penyedia gambar gratis.

Situs pecinta foto dengan komunitas besar. Menyediakan banyak foto artistik yg siap dipakai untuk background maupun ilustrasi artikel. Situs ini kini di-handle penuh oleh Getty Images, sebuah perusahaan besar yg me-manage banyak situs image/gambar berkualitas.

5. Flickr
Situs gambar gratis milik Yahoo! yg menjadi favorit para blogger dan interneter untuk mencari gambar-gambar gratis berkualitas tinggi. Sebagian memiliki lisensi. khusus. Namun cukup banyak gambar yg dapat dipakai secara bebas tanpa batasan.

Ribuan foto yg dapat digunakan sebagai inspirasi dan referensi desain grafis. Dapat digunakan secara bebas untuk keperluan desain, baik yg pribadi maumpun komersial.

Freepixels menawarkan banyak foto beresolusi tinggi baik untuk keperluan personal maupun bisnis (komersial). Memiliki kategori yg sangat banyak untuk memudahkan naviugasi serta terdapat fungsi search untuk langsung mencari foto dengan tema tertentu.

Situs penyedia foto/gambar gratis dengan koleksi yg sangat banyak; sekitar 9 juta gambar/foto siap didownload dan digunakan. Terdapat dua jenis foto sebenarnya, yg gratis dan dijual. Url di atas langsung saya arahkan untuk gambar gratis.

Salah satu situs besar favorit saya. Situs ini adalah tempat berkumpul para artis desain grafis dan fotografer untuk bertukar ide dan gambar karya mereka. Gambar/foto yg menjadi koleksi luar biasa besar jumlah, kualitas, resolusi, serta nilai artistiknya. Download gambar tanpa perlu registratis terlebih dahulu. Link di atas langsung saya arahkan ke bagian resources stock image.

10. Picfndr
Yg terakhir ini sebenarnya buka(n) situs penyedia image gratis. Namun situs untuk mencari gambar gratis yg bebas license, baik untuk keperluan pribadi atau komersil. So, ga perlu lagi Google Image Search yg riskan itu! Pencarian dilakukan berdasarkan setting tertentu; terdapat menu setting di sebelah kiri untuk mendapatkan akurasi pencarian, baik setting keyword, jenis lisensi, pembatasan untuk gambar yg butuh atribusi (credits) atau tidak, dll. Gambar-gambar yg dimunculkan di hasil pencarian berasal dari ratusan situs penyedia gambar gratis yg terjamin lisensi gratisnya. Situs ini yg paling sering saya gunakan untuk mencari gambar ilustrasi posting. 

Masih ada banyak lagi situs-situs semacam di atas. Sebagian lain memiliki koleksi yg tidak begitu banyak meskipun tidak kalah kualitas gambarnya. Dalam kesempatan lain, bila memungkinkan, akan ditambah situs-situs lain untuk memperkaya resource kita untuk mendapatkan gambar gratis berkualitas tinggi bagi blog/web, desain, maupun kepentingan lain.

Have a nice blogging, mates!
© buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved.
google

Catatan:
Jika anda menemui tutorial lama, maka perhatikan bahwa untuk masuk ke Edit HTML template tidak lagi melalui halaman "design/rancangan", melainkan dari dashboard > template > klik edit HTML. Masih bingung mencari dan edit kode di Edit HTML Blogger baru? Simak tips trik berikut:
1. Cara Mencari Kode di HTML Editor Blog
2. Fitur di HTML Editor Baru
3. Tips Edit HTML Blogger (artikel lama)
10 Situs Download Gambar Gratis Buat Blog/Web & Desain
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 49 Comment(s):

KuliNgeblog said...

hmmm tapi donlodnya gratis kan bang?

Ahmad Khoirul Azmee said...

gratis-tisss......

Abdul Kholiq Hasan said...

thanks wat infonya gan

amril said...

makasih banyak ya......kalau bisa back-link ok!!

All About KPop said...

Nice Information, brother!
:)

wahyu boez said...

Twenkyu inponya gan... Sangat bermanfaat sekali bagi ane yg baru belajar ngeblog...

alfatahyasin said...

yang shutterstock katanya gratis tapi koq minta bayar gan?
kalo download tanpa bayar tetep ada watermarknya.
trus gimana nih gan?
padahal gambar di shutterstock lumayan bagus tuh.

Agileya said...

numpang sedot thanks.....

Azhar_al_munawwarah said...

blogwalking sob..

Anang said...

Trims, infonya. Visit back ya

ZYAMARENDHA SHOP said...

makasih sangat membantu sy yg pemula

duniapetualang said...

trims gan

indraisme said...

Matur nuwun, Gan... Kebetulan saya newbie dalam hal blogging. Biasanya saya memakai related images yang sudah disediakan provider blog, tapi ya maklumlah, sifat manusia, kurang fuas...hehehe. Saya mencari gambar-gambar lokal (Indonesia) karena blog saya isinya seputar Indonesia saja...

Joe Fatrah said...

teman saya bilang mengambil foto sembarangan di google kemudian masukkan ke blog bisa dikomplain pemilik foto. thanks to buka-rahasia atas infonya.

www.englishstory12.blogspot.com

Portal Berniaga said...

wah... saya jadi bisa punya lebih inspirasi nich untuk membuat artikel dengan gambar yang informatif gratis lagi.
terimaksih.

Monz Osd said...

thanks infonya
mampir2 ya http://informasi-saya.blogspot.com

Batuahku said...

thanks gan kebetulan lagi nyari situs buat download2 gtu...

Gheanovara said...

bagi pemula kaya saya sangat membantu sekali dan semua tutorialdi sini membantu saya yang pemula dan untuk mengaplikasikan nya pun haya mengharapkan bantuan dan pencerahanya..http://antoismanto.co.cc

Wisata Lombok said...

Kalo mengcopy dari situs tertentu tapi menambahkan credit atau source yg live link maupun tidak live link boleh ngga kang??

student corner said...

terimakasih infonya , saya mulai gunakan foto-foto gratis untuk blog saya

iwane said...

Makasih, gan! List yang diatas sangat membantu sekali. awalnya ane lupa situs'a tapi setelah liat list agan apa yg ane cari ketemu juga. :D

DewataNote said...

Makasi gan info nya,, tp ane mau nanya ni,, beneran aman gk si kalo pake foto dari photobucket itu ? ya maksudnya apa beneran gk ada komplin atau tuntutan dari pihak lain pada nantinya? ya soalnya hukuman dari pelanggaran hak cipta itu lumayan berat. atas jawabannya saya ucapkan terimakasi,, nnice banget info nya gan..

Ahmad Khoirul Azmi said...

Semua yang di photobucket yang terlihat bagi publik itu lisensinya adalah GPL (free for editing) dan sebagian share alike atau dibagi sebagaimana gambar aslinya. Yang untuk konsumsi pribadi biasanya dalam bentuk private, artinya hanya bisa dipakai oleh pemiliknya sendiri (hosting gambar di photobucket). Jika anda tidak yakin dengan penggunaannya, saya sarankan langsung saja gunakan gambar tanpa download, artinya gambar tetap dihosting di photobucket dan ambil/copy direct linknya.

Sugab Hermawan said...

tanks ya gan infonya,langsung meluncurrr :D

bio-sanjaya said...

mau coba yg pertama Photo bucket ah

in2bis said...

mantap nih blognya.. numpang intip tips n trik nya ...

id-codecharge said...

Kebiasaan copy image langsung dari google image search memang perlu dikurangi atau lebih hati-hati. nuhun.

afrilla adhitya said...

pake photo bucket ajha lah

dewi Lestari said...

bagus banget infonya...thanks ya

joko murdopo said...

tanks banget gan..

Muhaymin Rifa'i said...

nice blog mas :D

ian lucky said...

thanks gan...

Dzulqarnain Blongkod said...

Makasih sharingnya mas. langsung dicoba dulu

Bunda Shidqi said...

wah info bagus nih bang, makasih ya kebetulan memang masih mencari-cari foto yang bagus tapi gratis :)

papuani raya said...

wahhh kebtulan nie lg nyari2 gamber yg unik2 n gratis pl,,,, hehehe

Su di said...

ini text ijinnya
By making your content public, you are also giving other Members on Photobucket the right to copy, distribute, publicly perform, publicly display, reproduce and create derivative works from it via the Site, third party websites or applications (for example, via services allowing Members to order prints of Content or t-shirts and similar items containing Content, and via social media websites), provided such use is not for a commercial purpose.
http://photobucket.com/terms

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Su di: Thanks untuk kutipan referensinya

Munawir Alfikri said...

Harus daftar dulu ya gan ..

KenapaBuku said...

Makasih banyak yah atas info-nya

Thx berat, membantu sangat

panenfilm said...

gambarnya lengkap sih bang, tp yg dremastime kan harus bayar

mauanda said...

makasih gan informasinya

Afrida Ainur Rifqi said...

kok ga bisa sie ?? :'(

kreasibagus said...

tq gan infonya.., salam kenal

Tahta laksana dewanata said...

mas saya mau bertanya, kalau ambil foto dari google images apakah ada efeknya terhadap blog kita ?

noah jhon said...

gan kalo donlot dari Facebook gimana gan??
apa bisa kena copyright juga?

radhi firsada said...

trimakasih infonya bang,, langsung sedot neh

cimun moses said...

Maksih infonya gan , , , , ,

Mukti Effendi said...

Wah ini info yang bagus, mendidik dan membuat kita harti hati mengambil gambar orang. Terima kasih gan atas infonya

Aek Simorot Nauli said...

Terima kasih infonya.... segera ke TKP

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

Join Our Team!

© 2013 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap