Flixya Di-Banned dari Google Adsense

 Google terminated Flixya from Adsense
Sudah 4 hari, hingga malam tadi, saya tidak berkunjung ke Flixya. Biasanya saya menyempatkan mampir ke Flixya paling tidak dua hari sekali.

Eit... sebentar, sebelum melanjutkan cerita, ada baiknya saya bicara sedikit mengenai Flixya buat sobat yg belum kenalan dengan Flixya....

Flixya adalah layanan Social Networking dimana user dapat berbagi konten berupa artikel, video, dan gambar, disebut sebagai blogs. Masing-masing user memiliki sub page sendiri-sendiri. Bahkan alexa ranknya pun independen. Flixya memberikan imbalan berupa revenue sharing melalui Google Adsense. Sebelum 4 November sharing tersebut sebesar 50-50, setelah 4 November, hebatnya nih, 100% revenue diserahkan ke user. Slogan terbarunya adalah "Share Everything". Dalam Google Case Study, FLixya disebut-sebut sebagai partner besar bagi Advertiser Adsense dan Google. Kerjasamanya tidak lagi sebagai publisher kecil seperti kita, namun dalam bentuk yg jauh lebih besar dengan menggunakan media Google Host API.

Nah, kelanjutan ceritanya nih, ketika mau ngecek beberapa progress dan juga mau submit artikel berbahasa Inggris, ada informasi maha penting & mengejutkan dipasang di bagian atas halaman Flixya,

"Due to unforeseen circumstances, Google has terminated Flixya From the Google AdSense API. We will no longer serve Google AdSense ads around your content. Flixya Support

Dikabarkan bahwa Google telah menghentikan Flixya dari API Google Adsense. Flixya tidak lagi menjadi publisher Google Adsense. Tepatnya, sejak 3 hari yg lalu. Saya terkejut karena memang tidak menduga sebelumnya. Selain itu, telah disebutkan tadi bahwa Flixya adalah publisher Adsense besar yg telah mendapatkan kepercayaan penuh dari Google, seperti yg telah disebutkan dalam Google Case Study. Selain itu, saya cukup penasaran karena Flixya tidak memberikan alasan jelas, sekedar kata-kata "unforeseen circumstances" yg jelas sangat ambigu maknanya. Keterkejutan ini tentu saja tidak berlebihan karena salah satu sumber pendapatan saya yg kontribusinya cukup signifikan hilang secara tiba-tiba. 

Saya kemudian surfing dan browsing menelusuri lebih jauh mengapa bisa terjadi kasus demikian. Setelah mempelajari beberapa artikel, kesimpulannya mengerucut pada hal yg sama, persis seperti yg telah saya duga sebelumnya, permasalahan originalitas konten. Saya memang melihat ada banyak konten yg dishare secara serampangan, video-video dari youtube, foto-foto yg bahkan sudah ada watermark-nya, serta artikel-artikel yg diduplikasi dari web-web lain. Pernah saya menemui artikel saya Tutorial Dasar: Cara Mengoptimalkan SEO Blogspot serta beberapa artikel lain di-translate ke dalam bahasa Inggris dan di-publish oleh seseorang di Flixya. Hampir bisa dipastikan, faktor-faktor tersebut merupakan alasan mendasar Google memecat Flixya sebagai publisher Adsense. 

Sebenarnya Flixya sudah memiliki TOS yg salah satunya menyebutkan larangan pemuatan konten yg tidak original. Namun tampaknya pihak manajemen Flixya kurang jeli atau terlalu malas untuk melakukan moderasi atas konten yg di-publish di Flixya. Sekarang Flixya memuat iklan dari pihak jasa iklan lain namun belum melakukan revenue sharing. Entah karena masih coba-coba, atau untuk memperkenalkan media iklan baru, atau karena memang belum ditemui jalan keluar lain.

Terlepas dari kasus Flixya, sebenarnya Google akhir-akhir ini memang sedang gencar me-review para publisher Adsense. Ada banyak publisher mengeluh karena acccount Adsensenya di banned oleh Google. Alasan banning account tersebut sama: konten yg dipertanyakan originalitasnya. Sebuah pelajaran berharga tentunya bagi kita, website sekelas Flixya, yg jelas-jelas merupakan partner besar Google saja bisa di-banned dari Adsense secara tiba-tiba, apalagi kita, para Blogger yg merupakan publisher kecil-kecilan...  hehehe.

Sebenarnya ada banyak alternatif website social networking lain yg memberlakukan sharing revenue bagi membernya. Meskipun kecil namun dapat menjadi pengganti, setidaknya untuk sementara. Yah, walaupun persentase pembagian revenuenya juga ga sebesar Flixya (yg 100% itu), tapi setidaknya cukup lah sebagai pengganti. Salah satu situs lain, sebut saja seekyt. Meskipun hasil yg didapat tidak sebesar di Flixya, namun saya lihat situs ini memiliki aturan yg cukup kuat untuk menjaga kualitas dan originalitas konten yg dishare. 

Saya sendiri sudah menghapus dan backup beberapa konten di Flixya, entah mau dipublish di blog sy yg lain atau dipindahkan ke social networking sejenis. Bagaimana dengan sobat yg punya account di Flixya?

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Flixya Di-Banned dari Google Adsense
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 38 Comment(s):

ghost said...

wah bakal banyak tu rekan blogger yg kena imbasnya !! nice info ,,.,.,.!!

Unknown said...

yup pastinya bro, tapi mudah2an segera ada social networking yg punya keunggulan sejenis :) tq

Agus Munawar said...

Ya ampun.... takut takut takuuut.. gini deh gan, bagi Sobat yang mau di-approve GA dalam sehari (pangalaman ane), baca artikelnya diblog ane ya. Trims :)

Download Aplikasi Full Version said...

ampun ni si embah tega nian,. memang iya juga konten ori itu mesti diperhatikan

royansableng said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Gaptek said...

lah kemaren yang ribut ribut di banned kan, semua account adsense yang di bikin di flixya..

nova13 said...

wah saya ketinggalan informasi,, malah baru tau ttg flixya :hammer

Anonymous said...

Gak usah kawatir gan, masih banyak yang bisa diandalin, agan bisa gunain jasa dari docstoc, blogger, dan ada beberapa yang lain atau beli di kaskus.

kunci yg harus diperhatikan untuk bisa di approve oleh Adsense adalah content2 yang orisinil, dan kesiapan mental para blogger yg pengen monetize webnya

Unknown said...

@ all: thanks for your comments
Aanon: yup terima kasih buat sarannya sob. saya sudah ada account adsense kok, tapi saya pake di blog lain. soal media lain, saran yg hebat tuh. sy belum pernah nyoba docstoc. thanks buat saarannya :D

gadgetinnova said...

apakah account di flixya harus di disable monetize nya??...

iezul said...

wahhh pantesss,,,itu ternyata sebabnya...mkasih infonya...jdi tau ni hehe

digital magazine said...

Untungnya ga pernah punya akun seperti itu..

Info kontes berhadia said...

di indya rocks kayaknya masih bisa gan?

aikyu said...

wah sama gan saya juga kaget pas saya login ke flixya hari ini ada tulisan yang seperti di tulis di atas.

gan ijin copas dikit

donlot mediafire said...

Wah,,, padahal barusan saya baca artikel tentang cara cepat daftar google adsense di suatu blog. caranya ya melalui flixya ini, oh ternyata sudah gak bisa toh??? :D

ajun said...

nice share gan.. :)sukses buat blognya.. uda kunjung balik gan..

Teuku Panglima said...

ane kena disbale adsense karn daftar lewat flixya

Viralkan said...

ane juga kena tendang dari adsense gara2 ndaftar via flixya :nasib

paceko said...

ia nech,.. bener-bener apes,.. tapi menjadi plajaran yg sangat berharga buat kita smua, klo gugel benar-benar serius,.

Grafis 71 said...

ooo... baru tahu nih.. soalnya kemarin daftar flixya biar bisa ikut adsense... hasilnya gagal...

deduaer said...

ane udah berkali kali daftar adesense langsung, hasilnya selalu ditolak, pas daftar ke flikya, datang juga itu GA, eh baru euporia seminggu, dah ilang lagi.
Hidup memang penuh perjuangan,

agus topa said...

waduh makin sulit aja yah klo pengen cari duit lewat adsense..aku punya akun adsense aja ngga jadi2 hik3..

elok said...

sayang banget...
pdhal tinggal monetize aj..

arum said...

memang bukan jalannya.... Flexya di ban GOOGLE

YH said...

saya sdh pernah coba docstoc.com dengan sharing 50% : 50%, tapi akhirnya akun docstoc saya dibatalkan karena dianggap uploud tulisan hasil plagiat. Kesimpulannya docstoc lebih tegas dari Flixya shg docstoc masih tetap menjadi publisher Google Adsense.

Bayu said...

terima kasih bang buat infonya, pantesan perasaan saya nggak enak tentang tulisan yang ada di bagian atas page Flixya.com dan sekarang berkat artikel yang abang posting saya sudah mudeng apa yang sebenarnya sedang terjadi, hehe

Tugas Akuntansi said...

Padahal dulu flixya lg jaya2nya aq bs dapetin $8 dari tuh site ,tp skrg da ketat sih :(

Radio Online said...

Terpaksa cari alternatif lain de bwt dftar GA

budi said...

google adsense memang ketat ternyata dalam aturannya ya

galaxy young said...

dulu ane daftar GA pake flixya. gak tau nasibnya sekarang seperti ini

pulsa elektrik said...

flixya sudah gak bisa. alternatif lainya apa, ya,?

Unknown said...

wah padahal saya baru baca buku di gramed baru baru ne katanya flixylia sangat bagus untuk memiliki akun GA google adsense ternyata buku itu da kadarluarsa infonya.
makasi ya gan buat infonya

pricrimbun said...

waduh ternyata gara-gara itu ya mas, adsense saya juga dibanned..

sang ENTREPRENEUR Cilik said...

jadi gimana kalau tidak lewat flixya ,pasang g.adsense malah lebih susah...mohon saran nya gan...thanks

tomi said...

wah ternyata aq ketinggalan informasi....mas izin copas nya ya,,
terimakasih !

Dwi said...

baru tau ane..

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

aduh,, barusan bikin akun disana karena pnegen GA..

Unknown said...

wah kburu banned :D

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap