List Pencuri Konten Buka-Rahasia.Blogspot.com

Post ini dintensikan sebagai bagian dari daftar lengkap blog-blog yang memuat artikel-artikel buka-rahasia.blogspot.com tanpa memberikan linkback / tidak me-linkback dengan benar. Apapun tujuan dan alasannya, memuat dan mengakui karya orang lain adalah pelanggaran hukum dan norma. Secara etis, blogging ditujukan untuk menyampaikan kreativitas menulis. Saya sangat memerangi copas tanpa link sumber karena dapat mematikan kreativitas, baik bagi si pemilik sah artikel maupun bagi oknum tukang copas. Kematian kreativitas menulis bukanlah hal yg kita harapkan bersama dan kita (saya secara pribadi) tidak ingin Blogger Indonesia tercoreng dan lebih terkenal dengan "kemahiran" copas artikel dibanding terkenal dengan kemahiran menulis dan menguraikan pikiran dalam bentuk tulisan. Blogging adalah menulis. If a blogger doesn't like writing, it is better not to BLOG at all!

List blog yg telah memuat artikel / konten milik buka-rahasia.blogspot.com tanpa sumber/link yg benar:
l4st-empire[.]blogspot[.]com
berantas-ooncom[.]blogspot[.]com
sutry95.blogspot.com[.]blogspot[.]com
eccobyte[.]blogspot[.]com
erphanpoenya[.]blogspot[.]com
xx-template[.]blogspot[.]com
bisnisku76[.]blogspot[.]com
r44angga[.]blogspot[.]com
yukberilmu[.]blogspot[.]com
merasaunique[.]blogspot[.]com
andikwin[.]blogspot[.]com
idedigital[.]blogspot[.]com
betal-boyz[.]blogspot[.]com
lintaskebumen[.]blogspot[.]com
aditya-info[.]blogspot[.]com
243naldz[.]co[.]cc
victorgaspersz[.]co[.]cc
cinangka-site[.]co[.]cc
x-sonz[.]blogspot[.]com
kirimwarta[.]blogspot[.]com
meivalby[.]blogspot[.]com
starkey25[.]blogspot[.]com
area-belajar[.]blogspot[.]com
zedmaru[.]blogspot[.]com
kbl58[.]blogspot[.]com
artikelzoneb[.]blogspot[.]com
kbl58[.]blogspot[.]com
bermacam-tips[.]blogspot[.]com
www[.]nienpaper[.]co[.]cc
syamspedia[.]blogspot[.]com
bakatremaja[.]blogspot[.]com
mashasih[.]blogspot[.]com
blognyaandrie[.]blogspot[.]com
aputhjosh[.]blogspot[.]com
saidoto[.]blogspot[.]com
betal-boyz[.]blogspot[.]com
nuim21[.]blogspot[.]com
seribuansatu[.]blogspot[.]com
bakatremaja[.]blogspot[.]com
secez[.]blogspot[.]com
experiencework[.]blogspot[.]com
saidsukses[.]blogspot[.]com
adhitezt12[.]blogspot[.]com
belajar-blogdanseo[.]blogspot[.]com
belajaronline23[.]blogspot[.]com
judulkoplak[.]blogspot[.]com
hellboyriyanto[.]blogspot[.]com
modif-blogmu[.]blogspot[.]com
wahidblogger[.]blogspot[.]com

adhitezt12[.]blogspot[.]com
id[.]wongsolo[.]org
WahidFadhillah@id.shvoong.com


Sebagian dari blog di atas sudah dan sedang melalui proses DMCA Blogger.
Contoh bentuk DMCA complaint yang terproses bisa dilihat di chillingeffects.com
List akan terus diupdate seiring pertambahan blog yang mengambil konten tanpa permisi, tanpa etika, link back, bahkan juga mengaku-ngaku bahwa konten tersebut adalah tulisannya.

Bagi yg nama blog nya ada disini karena kesalahan pencantuman atau karena konten telah dilinkback secara benar / dihapus, silahkan hubungi saya melalui contact form dan kita selesaikan dengan diskusi dan korespondensi.

  Regards,

List Pencuri Konten Buka-Rahasia.Blogspot.com
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 206 Comment(s):

Aplikasi Hp dan Komputer said...

Mungkin mereka pada males untuk bikin artikel yg unik. padahal artikel unik sangat disarankan untuk SEO. :)

RASAIDONLINE.TK said...

menurut saya copast dri artikel yg hasil copas jg ,ga apalah, saling berbagi..kalau ga mau artikelnya di copast pasang code javascript anti copast....smoga blog buka rahasaia slalu sukses ..salam blogger

Ahmad Khoirul Azmee said...

masalahnya adalah, artikel saya bukan hasil copas, itu intinya. Semua melalui proses uji coba (trial & error) dan bukan sekedar mengambil dari blog orang lain dan mempublishnya. itu perbedaanya. Sayangnya, pemikiran yg sekarang adalah, kode2 dan sgala tetek bengek blogging itu hanya sekedar copy paste semata, termasuk ketika membuat script. Jika anggapan demikian, maka saya sangat menyayangkan, bagaimana kemudian Kang Rohman, sang coder handar, dengan kolom-tutorial.blogspot.com nya kemudian dianggap copas? pasti dia sangat tersinggung. Begitu juga dengan saya. Bedakan antara blog yg hanya share artikel dan blog yg bnr2 menulis. Masih ada byk blog original dimana penulisnya melalui banyak proses research sebelum publish artikel, apapun temanya. Dan saya mendukung blog2 seperti itu.

Bog Teknik IT said...

Bener mas, beda kok antara artikel murni ngetik dengan bahasa sendiri dibandingkan kopas mentah2. Mungkin saja blog ini dengan blog lain memiliki artikel yang intinya sama, punya ide sama, tapi jika diketik dengan bahasa sendiri kan alangkah lebih bagus dan ini bukan termasuk pencurian.

Tapi kalo asal kopi paste mentah2 kemudian tanpa mencantumkan sumber link back jelas ini pencurian. Apa salahnya sih nyantumin link back, orang jg kopi paste mentah2., tanpa tenaga. Malu ya kalo nyantumin linkback? Ya jangan kopi paste lah, cari ide lain.

Tidak ada larangan kopas, asal nyantumin linkback, gitu aja. Hargai hasil jerih payah orang lain.

Cybersearch said...

Pusing Pusing kalau kita mengurusi yang sering Copas, sebenarnya secara tidak sadar kita sendiri sudah copas, dengan contoh : Konten Image pada tulisan kita apakah sudah 100% hasil kita sendiri, kalau di pikir-pikir susah kan, Pada saat kita membuat tulisan sendiri saja sudah makan banyak waktu apalagi mau buat Gambar sendiri, okey kalau sekedar info-info singkat, tapi pada saat kita membuat tulisan yang konten tutorial, software, Dll yang buat kita makan banyak waktu dan tenaga cuma buat satu tulisan saja


ya pada intinya relakan saja, hilang satu buat yang baru, ketika saya merasan ini pertamanya marah, jengkel, yang parahnya jadi malas buat nulis, saya rasa para visitor tidak memperdulikan ini, yang penting dia sudah melihat & dpt apa yang dia cari

trima kasih Pak sudah memberikan Kesempatan saya berkomentar disini

iezul said...

artinya tulisan anda bagus-bagus donk........tapi kalau tanpa dicantumkan sumber itu sama aja dengan kejahatan yooo.....sabar ya mass

Bog Teknik IT said...

@Cybersearch
Saya yakin pemilik blog ini tidak sesadis itu, cuma kopi gambar aja langsung diadukan. Gambar bisa diedit, dikasih watermark alamt blog. Bahkan sebenarnya situs2 luar yang cukup populer jika mereka mengambil gambar dari blog lain pun dicantumkan image credit.

Harus bisa membedakan konten yang kopi paste mentah2 dengan yang ditulis/diketik dengan bahasa sendiri. Untuk script/kode mungkin bisa sama, tapi apakah iya suatu blog membuat posting cuma berisi script aja tanpa ada embel2 basa basi kata2 yang lain? Dan saya kira pemilik blog yang dikopi scriptnya (hanya script) tidak akan marah.

Dipikir lagi, kelihatan kok blog yang kopi paste mentah2, bahkan jika pemilik konten asli salah menulis kata misal kata 'seumparma' di blog plagiat juga tertulis seperti itu, keliatan kalo malas banget asal kopas.

Oke, intinya boleh kopas asal nyantumin link back.

Rain said...

wew,,sadis..

Lukman Khakim said...

bagus gan, perangi copas, masalahnya aku ingin tau bagaimana sobat mengetahui biang copas, setau ku ada web yg menampilkan copaser-copasser, tapi cuma 3 blog, gak bisa banyak, kalo mau tampil banyak harus bayar, hahhhh,, repot dah,

mungkin ada tanggapan atau jawaban, saya tunggu di blog saya (http://lukmankhakim.blogspot.com/)

sekian, wassalam..

Ahmad Khoirul Azmee said...

@Bog Teknik IT:
Terima kasih buat dukungannya. Sobat sudah menjelaskan semuanya tuh, jadi saya tidak perlu menjelaskan lagi hehe...

@ Lukman Hakim: Saya biasa melakukan searcgh dengan menggunakan judul yg sama persis, atau menggunakan bagian artikel tertentu (kalimat ata beberapa kalimat), nah biasanya di Google akan banyak muncul hasil beberapa blog yg menggunakan kalimat yg sama persis. bahkan puluhan.
gunakan juga Google Alert.bro. Di search aja di Google. Setelah masuk di Google Alert tentunya setelah publish artikel, masukkan beberapa kalimat unik di dalam posting. ketika Google selesai mengindeks suatu blog yg memiliki isi sama dengan kalimat-kalimat tadi, kita akan mendapatkan alert melalui email.

Cybersearch said...

@Bog Teknik IT : trima kasih banyak Pencerahan nya yang sudah di wakilkan ,Disini, :)

@Ahmad Khoirul Azmee : Trima kasih diberi Kesempatan nya saya Dalam Berkomentar

Ahmad Khoirul Azmee said...

@Cybersearch:
Yup terima kasih sudah menyumbangkan pendapatnya juga. sebuah diskusi yg sangat menarik :)

copstod said...

saya sudah melakukan cara-cara untuk mengoptimalkan SEO di blog saya Tapi masih belum juga berhasil

Berbagi Kreativitas said...

Wah-wah sungguh bukan tindakan yang pantas untuk dilakukan. Bagaimana mau dibilang Blogger Indonesia yang baik kalo seperti itu caranya. Dengan cara ini setidaknya buat calon-calon Asal Copas sadar dan kapok! :D

Jackysan Lombok said...

Mudahan nama saya tidak akan pernah muncul di daftar pencurian konten-nya gan...
heehheee :D

Irma said...

om tolong cariin copas conten saya dong , .. nanti saya akan memperbaiki copas kl memang ada.. saya liat pengalaman banyak sekali.
mampir yah tolong revisi..
trim's..

Ahmad Khoirul Azmee said...

@Berbagi: Thanks buat dukungan n semangatnya. mari budayakan menulis dengan penuh kreativitas, seperti nama blogmu tuh :D

@Jackysan: wahahahaa, ga bakalan masuk bro :-P

@irma: maksudnya bagaimana ya, Irma. Saya kurang ngeh nih. Dijelasin yak

Anak Elang said...

admin@ MAs... Kalo maksud Irma itu abang bantuin dia liat apa content dia ada yang kelihatan copas ato tidak ato liat apa ada yang ngopas dia punya.

Irma@ kan udah dikasih tau buat cek copas artikel kita pake google alert toh

Admin@ Mas ... terus berjuang perangi COPAS (waduh... jangan2 gue tukang ngopas juga yah??? mudah2an nggak deh) n moga2 www.beritaduniaku.com gak akan pernah terlist seperti diatas yoooo hehehehe

Arman said...

copas asal mencantumkan sumber atau memasang linkbacknya gpp lah, itu kan juga sama saja mereka menyebarluaskan postingan anda di blog mereka, banyak juga lo org2 yang nyasar ke blog mereka

Arman said...

Oh iya kunjungi blog saya bos http://j064n9.blogspot.com/ mohon kritik dan sarannya maklum newbie
alexa punya saya ranknya no data gmna tu bos????

Ahmad Khoirul Azmee said...

apakah saya belum menyebutkan jika pakai link sumber itu memang sebuah keharusan dan jika memang demikian saya ijinkan?
no data berarti blog anda belum memiliki traffic rank karena masih baru.

dotcom said...

maaf ,,, saya ingin bertanya tentang arikel((Cara Membuat Halaman Daftar Isi (Sitemap) Blogger)) yg anda posting,, script nya sama dgn beberapa blog yg sejajar blog anda,,, sekali lg maaf,,mana yg asli. nama nama blog tsb ada pd saya. maklum saja , saya ini PEMULA. salam.

Ahmad Khoirul Azmee said...

halo sobat, masalah script itu selalu ada perkembangan. selain tentu saja ada banyak ribua script yg sama bukan lantaran memiliki sumber sama, tapi karena dasar2 pembuatan script itu (terutama javascript dan php) sama. poin pentingnya ada pada pembuatan artikel, selama dipahami benar dan ditulis dengan pemahaman sendiri saya kira tidak masalah. jadi jika ada yg posting script tertentu, asalkan tidak dengan copy artikel dan dengan memahami penggunaan script itu saya rasa tidak masalah. di dalam script itu sebenarnya sudah ada credit milik si pembuat script.silahkan saja anda lihat direct url external script pada "script source=...." yg ada pada artikel blog-blog tersebut. dan kira2 mau anda arahkan kemana credit attribution nya, itu terserah sobat.

KuliNgeblog said...

Wo iiya ituh... copas memang tradisi negatif... omong omong copas opo to yo? semacam lontong gitu? hehe just killing my stupid time.... ups lupa ituh link kbl58[.]blogspotnya ada dua tuh apa emang dia copasser sejati yah?

dotcom said...

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MEMBERI MASUKAN DI BLOG SAYA,,, INSYA ALLAH, SAYA AKAN PERBAIKI,,

MAAF APABILA ADA KATA YG TAK MENGENAKKAN ,,, ATAU MUNGKIN KESALAH PAHAMAN,,,
JUJUR ,, BAGI SAYA,,, SAYA LEBIH SUKA MENCOBA N MENCOBA,,, ADAPUN MASALAH KONTEN WIDGET ATAU APAPUN,, ITU NOMOR PALING BAWAH,,, YG PENTING BAGI SAYA,, BAGAIMANA MEMBUAT SESUATU, YG BELUM PERNAH SAYA LALUI,,,WALAUPUN ITU DGN CARA YG TAK LAZIM, DAN DILUAR DARI TEORI,,,,
SALAM BUAT SAUDARAKU KHOIRUL,, ASSALAMU ALAIKUM.

dotcom said...

SAYA SALUT AKAN KECERDASAN SAUDARAKU,,,MOGA KEDEPANNYA MAKIN SUKSES.

ADAPUN YG BERKAITAN KONTEN INI,
ALHAMDULILLAH,, SAYA BUKAN TERMASUK DARI YG DI ATAS,,,

DAN INSYA ALLAH, KALAUPUN SAYA AKAN MEMAKAI SUATU WIDGET,, ATAU MENYEBARKAN KONTEN BLOG LAIN,, MAKA SAYA PASTI MEMINTA IZIN,,ITU ETIKA SAYA,,

MUNGKIN SAUDARAKU MELIHAT ADA BEBERAPA BLOG DI SANA,, ITU HANYA BLOG PERCOBAAN,,,

ADAPUN 1-2 TRIK YG SAYA TAMPILKAN,, ITU MURNI HASIL JERIH PAYAH,
KARNA SAYA ORANGNYA,,SUKA MENCOBA N MENCOBA,,
SALAM SAUDARAKU.

ASSALAMU ALAIKUM .

DiaN BuDi pRaBoWo said...

...kalau sya.. lebih ska memposting artikel sya sndri...
..tetapi aku mau tnyk nih om ..
maklum masiih newbie..
..kalau semisal kita ingin memposting sebuah artikel. dan di blog-blog lain sudah banyak.. tetapi itu hasil karya kita sendiri.

hukumnya gimana om.....?????

semisal, saya memposting sebuah artikel. Artikel tersebut artikel sya buat dri pengalaman sya. Sya bsa membuat postingan trsbut dri plajaran tiap hari yg diajarkan bapak ibu guru di sekolah..
..dan postingan tersebut sya buat untuk bekal masa depan, jika sya lupa, mka sya dpt membcanya di blog sya itu..
postingan tersebut sya buat dengan bahasa saya sendiri..
,,tolong bantuannya iyyaa om..
trma ksh..

Ahmad Khoirul Azmee said...

halo.
bagus kalo sobat sudah beritikad baik untuk benar2 menghasilkan posting karya sendiri. :)
Ada perbedaan antara memposting suatu topik yg sama dengan memposting artikel yg sama. Yag pertama tentunya karena merupakan hasil belajar sendiri yg dituangkan dalam bentuk tulisan. sedangkan yg kedua sama sekali bukan penuangan hasil belajar sendiri, karena itu adalah posting/artikel milik orang lain yg merupakan hasil belajarnya. So, jelas kan perbedaannya?
Ilmu tidak bisa dicuri dan bisa disebarluaskan secara bebas karena dia bersifat abstraktif dan berbagi ilmu adalah kewajiban. jadi ketika sobat membuat posting sendiri dan membagikan ilmu yg sobat dapat, itu adalah hal yg sangat bagus. tapi kalo kemudian ada orang yg mengcopy dan memposting artikel tanpa ijin sobat serta tanpa menyebutkan, itulah yg disebut sebagai mencuri. Karena artikel itu adalah karya, dan suatu karya tidak boleh dijiplak semena2.
Ada perbedaan jelas kok antara artikel copas dan tidak, meskipun beberapa blog mengklaim suatu posting yg isinya sama persis, kita bisa tau mana yg copas dan mana yg merupakan sumber aslinya. Penulis menguasai isi posting, sedang tukang copas kebanyakan tidak menguasainya. Mereka asal copas dan posting artikel copas dengan harapan traffic, mereka sama sekali ga mikir tentang komentar pembaca apabila ada pertanyaan berkaitan dengan tulisan itu, karena mereka tidak kompeten.
So, sudah jelas kan maksudnya :).
Good luck and happy blogging

Dwi Nurcahyo said...

wah , trnyata copas tu trmasuk kejahatan y .. sya kira d dunia blogg sah" ajj .. hhe ..
thnx infony y kang .. :)

DiaN BuDi pRaBoWo said...

,thanks infonya om..
cara mengetahui postingan kita di curi dan dipublikaskn, itu gmana,,
&DMCA itu berfungsi untuk apa??

Edy Baskoro said...

Suatu kehormatan bertemu dengan suhu seperti anda meskipun secara tidak nyata.. saya memang bukan penulis tulis tulen tapi saya juga bukan copaser murni yang tak bertanggung jawab hehehe..

aduh bingung ni mau panggil apa.. -.-"
Ustadz aja ya.. :-)
Ustadz jujur neh, saya adalah modifikator artikel.. apakah itu juga termasuk Copaser?

Ahmad Khoirul Azmee said...

saya tudak tahu bagaimana menyebutnya. coba anda tanya pada diri sendiri sejujur-jujurnya, "apakah sebutan yg tepat untuk saya?" Gampang kan?

KOS KOMPUTER BLOG'S said...

Saya tidak peduli mereka mau copas atau tidak artikel anda mas, haha yang saya tau blog anda ini memang mantep. banyak trik yang saya ikuti dari blog ini. seperti memasang widget follow twitter misalnya. jangan pernah malas untuk membuka rahasia rahasia yang baru yah mas. saya suka berkunjung ke blog anda.

Deden Rizki said...

Maaf mas tapi saya dapetnya bukan dari blog ini saya juga baru sekali(intinya baru tahu) berkunjung ke sini mungkin dari mas di copy paste oleh orang lain dan saya copy paste ke orang lain tersebut berarti saya tidak copas di blog ini(intinya coy) hehe. . . . . By http://mashasih.blogspot.com

Ahmad Khoirul Azmee said...

berarti anda sekarang sudah tahu dan wajib mencantumkan credit ke posting yg anda copy paste.

Deden Rizki said...

Y nanti saya akan cntmkan mas soalny ampir2 ini sy jrng k wrnet ng'update blog saya mas ini juga pake hp sy ngblzny!

Ahmad Khoirul Azmee said...

sorry, buat yg komentarnya ga enak, marah2, serta pake anonymous saya hapus, itulah resiko anda jika copas besar2an. jika gentle, berkomentarlah dengan nama dan link blog anda yg jelas, dari mari kita berhadapan secara terang2an.
regards.

Ahmad Khoirul Azmee said...

Oh jadi anda yg punya mashashih ya? Woy, saya kasih tahu ya, saya belum melaporkan blog anda. SO, bisa dipastikan bukan saya yg melapor. Selain itu, blog akan ditutup jika dilaporkan berkali2, jadi telah jelas bahwa laporan yg masuk mengenai blog anda itu banyak sekali. Meskipun anda berumur 14 tahun, tapi tidak ada alasan apapun bagi Blogger untuk mempertimbangkannya. Jika anda terbukti bersalah atas laporan berkali2 dari banyak orang, maka Blogger dapat menutupnya. Jelas??

Deden Rizki said...

Mas kenapa anda marah2 kpda sya sya salah apa!('-') bingung nih

Ahmad Khoirul Azmee said...

karena barusan ada komentar yg mengatasnamakan blog anda dan misuh2, marah2 hingga 5 komentar isinya umpatan semua. bukan anda?

Deden Rizki said...
This comment has been removed by the author.
Deden Rizki said...

O. Jadi gitu! Mas mau tnya bgaimana cara menurunkan alexa rank dngn cepat menurut pngalaman mas?

Ahmad Khoirul Azmee said...

silahkan cek disini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/cara-mudah-meningkatkan-alexa-rank-blog.html
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/10/alexa-rank-semakin-turun-whats-problem.html

desain grafis mas fadil said...

mohon 5f sekali apabila selama ini saya pernah copas hasil2 tulisan para blogger...q g bermaksud tidak menghargai hasil karya...(tp stlh sering baca2 artikel mas akhmad kyknya sy jadi pikir berXX...untuk copas,,,)kasihan banget kalo sampe orang ky mas akhmad dg susah payah membuat tulisan malh cuma di copas tanpa izin...(salam blogger)

My World said...

nice blog.. :) visit back http:agilzero.blogspot.com

Deden Rizki said...

saya sekarang Udah Tobat Mas! Ternyata Membuat Artikel Sendiri Itu menyenangkan Dan bisa Menambah Kemampuan Kita Mas!

AE. Yahya Mappaerang said...

ijin kopas mas bro ;) tahnks b4

Deden Rizki said...

http://mashasih.blogspot.com/2011/12/cara-membuat-otomatis-membuat-link.html
Baca Cara Membuat Otomatis Link Sumber Jika Artikel DiCopas

eryx said...

GAN kok bisa tau caranya gimana tutor dong


http://fullgamegratis.blogspot.com/

parikesitade@cristiano.com said...

yahh elahh gwa aja di copas sma y laen biasa aja tuhh...kaga ampe lebay gtuu...klo ga mua di copas mnding brenti ngblog aja gann!

Ahmad Khoirul Azmi said...

itu kebijakan anda sendiri, jadi terserah anda. dan saya punya kebijakan sendiri juga, bahwa sebuah karya tulis tidak bisa seenaknya diambil dan dipublish serta diakui sebagai milik orang lain tanpa sepengetahuan penulis.
Oya, saya akan berhenti ngeblog jika saya menemui 10 alasan berhenti ngeblog: http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/08/alasan-kuat-berhenti-blogging.html dan bukan karena masalah copas. got it?
saya yakin anda membenarkan kebijakan bebas copas karena anda sendiri memuat artikel copas? betul tidak?

Bloggerpas said...

suka deh ama komentnya mas azmi yang ini :
"itu kebijakan anda sendiri, jadi terserah anda. dan saya punya kebijakan sendiri juga, bahwa sebuah karya tulis tidak bisa seenaknya diambil dan dipublish serta diakui sebagai milik orang lain tanpa sepengetahuan penulis.
Oya, saya akan berhenti ngeblog jika saya menemui 10 alasan berhenti ngeblog: http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/08/alasan-kuat-berhenti-blogging.html dan bukan karena masalah copas. got it?
saya yakin anda membenarkan kebijakan bebas copas karena anda sendiri memuat artikel copas? betul tidak?"

ganas euy... hehhe piss mas

Anonymous said...

Aplikasi Hp dan Komputer said...

Mungkin mereka pada males untuk bikin artikel yg unik. padahal artikel unik sangat disarankan untuk SEO. :)
November 1, 2011 11:32 AM
RASAIDONLINE.TK said...

menurut saya copast dri artikel yg hasil copas jg ,ga apalah, saling berbagi..kalau ga mau artikelnya di copast pasang code javascript anti copast....smoga blog buka rahasaia slalu sukses ..salam blogger
November 5, 2011 5:56 PM
Ahmad Khoirul Azmee said...

masalahnya adalah, artikel saya bukan hasil copas, itu intinya. Semua melalui proses uji coba (trial & error) dan bukan sekedar mengambil dari blog orang lain dan mempublishnya. itu perbedaanya. Sayangnya, pemikiran yg sekarang adalah, kode2 dan sgala tetek bengek blogging itu hanya sekedar copy paste semata, termasuk ketika membuat script. Jika anggapan demikian, maka saya sangat menyayangkan, bagaimana kemudian Kang Rohman, sang coder handar, dengan kolom-tutorial.blogspot.com nya kemudian dianggap copas? pasti dia sangat tersinggung. Begitu juga dengan saya. Bedakan antara blog yg hanya share artikel dan blog yg bnr2 menulis. Masih ada byk blog original dimana penulisnya melalui banyak proses research sebelum publish artikel, apapun temanya. Dan saya mendukung blog2 seperti itu.
November 5, 2011 6:10 PM
Bog Teknik IT said...

oto-trendz said...

percuma gan marah2...?
mending di copas dari pada di plagiat copas lalu edit..?

Sundriana said...

Maaf Mas, sy newbi di blogger. kalau cukup mencantumkan sumber di bawah artikel, misalnya:
Source:http://buka-rahasia.blogspot.com

Sudah benarkah?

arfi said...

mas saya biasaya nyari referensi blog luar, biasanya dari problogger atau dari shoeymoney. Nah dari artikel mereka saya artiin ke bahasa kita. Apakah itu juga termasuk pelanggaran walaupun saya tidak mencantumkan linkback nya?
mohon pencerahannya

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Sundriana:
Tentunya dalam dunia blogging akan sangat penting memberikan sumber link sebagai bentuk penghargaan terhadap penulisnya, itu pun seharusnya link posting, bukan link homepage saja. jadi jangan hanya url, tapi link lengkap dgn urlnya.
@Arfi: akan lebih elegan bila kita mengakui itu sebagai tulisan orang lain yg kita terjemahkan, justru dapat memberikan nilai lebih bagi kita yg sudah menerjemahkan dan menginterpretasi artikel orang lain kemudian memberikan rujukan sumbernya. Anda bisa melihat contoh nya disini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/04/bikin-autoblog-autoblogging-pikir-dua.html
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/sejarah-blog-blogging-blogger.html

arfi said...

makasih mas atas sarannya

Rozi Saptiyan said...

salam blogger..
dunia maya memang punya cerita unik tersendiri.
Semua konten yang ada di internet berstatus maya, bayang-bayang bahkan kepalsuan. Siapa saja bisa memposting artikel, entah itu darimana, punya siapa, kita juga tidak tahu.
Yang pasti, tidak ada ilmu yang baru, semuanya melalui proses pengembangan. termasuk try and error.
Okelah blog mereka termasuk dalam blacklist, tapi yang saya khawatirkan hal tersebut berdampak pada pembunuhan karakter mereka sebagai blogger indonesia yang mungkin memperbanyak posting dengan tujuan2 tersendiri, selain ingin berbagi dan menyebarkan ilmu praktikal seperti blogging.

Rasa Hati said...

wah...
bener tuh...
masa copas ga dikasi sumber'a..
tega tuh...

keep post boss..
mantabs nih artikel disini...

BC said...

saya dukung bos..kalau mau copas cantumin link dong..
memang sih, sulit bikin posting asli butuh waktu lama..
seperti konten saya semuanya asli, apalagi yang bahasa inggris, walaupun kata-katanya banyak yang ga pas..he.eh..
maklum lagi belajar blog..

Muhammad irfan said...

eeeuuuu yang benar terus berjaya. LANJUTKAN !!

Micky Gerald said...

bos saya mau tanya cara copaznya gimana,trus cara cantumkan linkback gmn ...
mohon pencerahannya,saya masih pemula mw blogger itupun cuma dorongan buat have fun,cuma ngepost yang buat gw menyenangkan aja..and gw uda posting 2 sekarang..tadi aja sampe 1 minggu gw otak atik template..selalu aja error,ke hapus kata 1,error terus..
gw mohon bimbingannya dari paara master bloger,biar gw ga di bilang pencuri(maksudnya pencerahannya cara mencantumkan link blog yang saya copy paste)
thank you . . .ini blog saya micky-arts.blogspot.com

Nuraisah said...

Wah.... komentar yang beragam dan sangat unik apalagi keunikan itu disalurkan untuk mendaftarkan Google Adsense akan mendatangkan uang...heheh peace
terus terang ane masih newbie.... new comer di dunia blog... artikel anda sangat unik.... bagus... pure... kunjungi blog ane yang masih seumur bawang.... dibahas tuntas masalah "unik content" seperti apa sih?
tukar link mas.. boleh gak? onlines-system.blogspot.com jangan lupa review blog saya soalnya masih banyak kekurangan!

Ngurah Dhika said...

gan .. saya setuju itu , , tapi saya pernah mengkopas artikel orang waktu itu saya belum tahu apa-apa mengenai blog, sampai sekarangpun saya masih bisa dblang newbie, coba kunjungi blog sya gan ...

tengku said...

laporkan aja ke google biar di hapus hehehe review donk om klo boleh blog saya www.lufisdeat.com

Irfan said...

Bener gan kalo mas azmi marah2. Artikel saya memang gak begitu berbobot seperti artikel bang azmi. Tapi yang namanya coppas artikel kita tetap saja menjengkelkan. Ngomong2, saya minta totorialnya mengetahui peng coppas tanpa sumber link donk bang. Biar visitoe tahu kebenaranya, soalnya blog saya bersaing ketat dengan blog peng coppas tadi. Salam blogger!!

Devina Cleodora said...

mantap gan... lanjutkan.
saya juga newbie...tlg kasih masukan kalo blog saya kurang segerr...
http://devinacleodora.blogspot.com

Grupiklan said...

Ada yang bilang bikin artikel sendiri butuh waktu lama, loh kan g harus tiap hari anda buat artikel, kan g harus seminggu sekali, sebulan sekali atau bahkan setengah taun sekali, g harus kok.

Kadang emg banyak blogger yang pengennya instan, cepet, sgala cara dihalalkan, bahkan kalo ada cara instan cepet kaya pasti pada tertarik.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Groupiklan: Benar sekali itu. Terima kasih buat urun pendapatnya.

kucob@berbagi said...

Mantaf deh ni blog, terus berkarya pantang menyerah. banyak berbagi tidak akan rugi.

Galang said...

Banyak banget yang kena razia, untung bukan saya salah satunya.

Irwan Heriyanto said...

pertama saya minta maaf bila ada salah kata,menurut saya peribadi semua karya yang ada adalah evolusi dari karya sebelumnya . yang pastinya tidak ada satupun karya murni yang di buat.
tidak ada yang salah dengan copy paste itu sendiri toh kita manusia seringkali meng copy paste karya mahluk lain baik itu alam,hewan ataupun kejadian yang kita alami.
walaupun sumber pemikiran itu berasal dari otak kita tetapi tetap inspirasi yang kita dapat dari yang lain.
saya ingin menanyakan dimana letak kesalahan seorang copy paste-plagiat -peniru.
salut aja bagi yang suka menjudge seseorang sebagai copy paste atau yang lainya.
hanya "pemikiran yang bersih dan akal yang baik yang menerima setiap tindakan yang ada,karena setiap kejadian merupakan keseimbangan"
semoga dia pun siap di hakimi didunia atau di akhirat.
mohon maaf bila ada salah kata dan saya mohon ampun kepada yg maha kuasa.

Ahmad Khoirul Azmi said...

Dari diskusi2 sebelumnya di atas sudah dijelaskan semuanya. Anda merancukan antara ilmu dan karya tulis. Bedakan antara keduanya, dan anda akan tahu yang saya maksudkan. Ilmu itu gratis, diturunkan dan dikembangkan, diteliti dan diperbaiki, semua bebas menggunakan. Apa yang saya bicarakan disini adalah tentang karya tulis, jadi tolong jangan dirancukan dan diperlebar hingga ke landasan filosofis yang indah namun kurang tepat digunakan. Alih2, justru malah menjadi alasan apologis yang menurunkan nilainya. Oke sobat? Saya bicara tentang pencurian konten dan bukan pencurian ilmu, so harap dipahami dan ditelaah lebih jauh sebelum melakukan judgement.

jrengkong said...

ikut nyimak saja sekalian blogwall

Facebook said...

Saya heran, para blogger seringkali menggunakan slogan sharing, berbagi atau apalah yang sejenisnya. tapi ketika artikelnya dimanfaatkan (copas) kok bisa marah? kenapa ya, apa sharing dan berbaginya tidak ikhlas. ingat. ikhlas itu tanpa batas. lagi pula kerugiannya apa ketika artikel kita di copas? apakah PR kita turun ? hemmm,... tapi maksud saya bukan blog buka rahasia ini ya. thanks

CPM,CPC,PPI,CPA Reviews said...

copas yah hmmm emang yang instant menggiurkan

DownloadActive said...

nice post gan...
sekarang memang banyak para pengcopas ngk bertanggung jawab (tanpa menyebutkan sumber linknya), kalau di bilangin melalui comment, malah comment kita yg di hapus.

oh ya gan boleh minta kode script yang "Featured Posts & Tutorials", soalnya bagus dan kode script sharing tweeter, fb dan G+ yg terletak di bagian atas kanan widget translate this page. terima kasih sebelumnya....

Cappucino Cincau said...

mas itu layanan DMCA bayar gak mas? menarik juga tuh buat antisipasi copas.kasih pencerahan dong mas, bisa lewat email andreas.jrs@gmail.com

Sakahayang Kang Asep said...

Hahahaha ,,,
BAGUS sob ditampilin list blog pencuri,,,,
Itu semua blog copas nggak kreatif banget, nyari mudahnya doang ,,, nggak mau mikir, nggak pingin pitar, cuma pingin dipuji doang ,,, wkwkwkwkw,,,

wilujeng ngeblog

Ridwan said...

Hmmmmmmm Listnya banyak juga ya...,,support selalu kawan... :)

Dapur Tutorial Blogspot said...

trik yang bagus saya sangat mendukung dan blog saya mengikuti jalan sobat sekarang menrapkan sistem ini juga

wasit solo said...

Saya salut sama mas, harus melalui trial dan error terlebih dahulu, sebelum mempostingnya, tapi bagaimana kalau mereka juga mencantumkan link ke blog mas pastinya dengan sedikit gubahan atau malah diubah, namun topik intinya sama, ,tapi memang saya akui pernah melakukannya, tapi dari pemiliknya sendiri membolehkan, makasih sharingnya, saya Insya Allah juga akan menerapkan seperti punyanya mas, semangat n salut buat mas

Ilma Ilmu said...

ijin copy script ya masnya,,
tapi g' tak pablish cuma minta script.. Haram g' nie???
ealah tapi kog g' tampil n gagal, sajake g' ikhlas nie tak copy hehehehe

Amri Blog said...

weh serem jg smpe dlaporin..
kriteria mencuri artikel blog itu apa aj gan?
thx gan

Putra patiwara said...

Check Blog Sya Ya mAs Bro ' bnyak infp-info blog yang perlu anda ketahui .
CHECK TKP ??? http://putrapatiwara.blogspot.com/
THN'S

Asdot said...

memang dongkol, jengkel, marah, ngamuk, dan sebagainya ketika melihat konten kita dikopas tuntas org lain.

kalau mau jujur, konten yg kita bikin kebanyakan juga terinspirasi dari sana - sini, comot sana comot sini meskipun kita rubah dengan bahasa dan cara tulis khas kita masing2.
konten yg berupa tutorial yg notabene kita praktekkan sendiripun saya yakin tak lepas dari comot info sana-sini utk kemudian kita buat tutorial sesuai bahasa blogger masing2.

kalau mau lebih jujur lagi, tempel tuh semua sumber yg membantu kita bisa membuat suatu konten.

sekian, wasalam :)

Soendasch said...

wew keren kk... bisa y gini @_@...
tapi bagus juga... setidaknya harus tau diri postingan milik siapa klo emang nyontek ~_~!

Nassef Risman said...

Hidup.....!!!
buka-rahasia.blogspot.com

My Laboratorium said...

Mas Ahmad Khoirul Azmee yang pintar dan baik,saya mau tanya nih.Bagaimana cara kita tahu orang2x yang mencuri konten kita ???
Misalnya artikel kita copas terus kita posting dengan menyertakan sumbernya,tiba-tiba ada orang yang mengambil artikel persis dari blog kita.Apa boleh kita komplain ke DMCA padahal artikel kita kan di copas juga.Mohon bantuannya ya mas karena jawaban mas sangat berarti bagi saya.
Terimakasih :)

dani santana said...

udah udah jangan pada ribut ahk :D , tinggal pasang linkback sumber aja repot amat, kebangetan kalo gak pasang linkback.

eh bro AZMI , ayo HANGOUT :D G+

Andrea Suyoko said...

wah banyak juga yang copas ya... btw kalo nyari tukan copas artikel kita bisa pake tool apa saja mas..
Salam Kenal....

(Newbie Blogger)

Andrea Suyoko said...

oiya mas minta follow backnya yah, Q follower ke 836.. thanks

Ants Kaka said...

kok bisa tau cara pencuri list dari blog ini?
gimana cara taunya,hasil copas juga nih ya?
link backnya mana...?
nih ilmu kaya gini dapet dari mana gan,tolong kasih link backnya,saya mau kesitu langsung.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@All: thanks. Kalo tertarik caranya, ada beberapa tahap yang mesti dilakukan termasuk menggunakan google. akan saya posting selengkapnya pada kesempatan mendatang.

@Ants: Komentar dan pertanyaan anda cukup membingungkan, yang copas siapa, yang dicopas blog siapa dan apa yang dicopas, yang dimaksud linkback juga apa?

Widji ume auliafatih said...

mas ane jadi pengen ketemu dengan mas ahmad jika ke solo,mantap kaleeeeeeeee...

Belajar Komputer said...

Klo baca2 copas blog gini, saya jadi ikut marah juga rasanya... Pernah punya pengalaman dicopas...

Pokoknya babat habis copaser lah... Ga menghargai karya orang. Ini masalah karya, bukan ilmu,...

Babat habis, laporin sana sini, serang dengan ini itu... Biar kapok... :D

Mesin Cutting Sticker said...

Waah canggih juga neh ya yang COPAS bisa terdeteksi Gan

JSS Tripler (WebBlog Support) - Advertising - HYIP info! said...

wiw, mantap.....hati2x ni buat yg sering Copas2x...wkwkwkwkkwk

Bahrul Ulum Al Husein said...

Mending dipasang script anti copas aja gan., nanti yang pengen copas ijin dulu

Supriadi said...

gimana cara lapornya klo posting kita dicopas sama blog lain?

ArwildoSHOW said...

Setuju gan, blogger indonesia harusnya kreatif bukan tukang kopas. blogwalking ke blog saya ya klik di sini

Eflianda said...

Menurut aq segala sesuatunya pasti selalu ada yang menginspirasikan.
walau pun orang yg paling jenius dimuka bumi ini pun pasti dia akan mecari tau dan kadang bertanya (bagaimana sih caranya..??)
aku kurang yakin mas dari sekian banyak artikel mas ahmad murni hasil karya pemikiran mas ahmad sendiri pasti mas juga mencari tau juga kan (bagaimana sih caranya) betul ga mas..?
karna menurut aku setiap tulisan d dunia maya dari 10 tulisan murni 3 pasti tulisan yang PLAGIAT
jujur mas terkadang aku buat post yang aku kurang tau dan aku pengen tau pasti aku selalu mencari tulisan dari pemikiran orang lain..
lalu aq tulis lagi dengan tulisan sendiri dan ga jarang aku ambil gambar dari google untuk tulisan aku.
pertanyaan aku mas apa perlu kita memasukan semua link yang membantu kita untuk membuat tulisan..?

sorry mas klo ada salah kata manusia ga pernah lepas dari yg namanya kesalahan
semoga dari semua artikel mas ahmad buat murni hasil pemikiran sendiri..amin
dan komen saya jgn di hapus ya mas..
terima kasih..

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Elfianda:
Memang itu benar adanya. dan saya tidak menyangkal. Namun bukan hal itu penekannya, bukan pada bagaimana kita belajar, menyerap ilmu, dan kemudian menerapkannya. Dan memang itu bukan konsep dari belajar? Ilmu darimana saja, semua terkumpul dan terolah. Sebagian lainnya menjadi referensi. Saya berbicara mengenai konten dan bukan pada poin ilmu. Jika sobat membaca komentar-komentar di atas, saya yakin anda paham yang saya maksudkan. Menuliskan sendiri apa yang kita serap berarti sebuah pemahaman, sebuah statemen atas hal praktis yang sudah kita pahami betul dan praktekkan. Nah, bagaimana dengan konten? Berbeda. konten adalah karya, dari hasil jerih payah kita mengolah ide, membuat sintesis atas beberapa ilmu yang kita dapat, dan kemudian menghasilkan tulisan yang disebut sebagai karya unik. Tentu kita semua butuh referensi agar tulisan kita valid bukan? JIka kita mengutip suatu perkataan atau ide secara persis nyata, tentu orang yang punya berhak atas credits. Tetapi ketika kita telah mengolahnya menjadi bentuk baru, tentu itu adalah olahan baru pula. JAdi kalo masalah membuat suatu konten, dengan berbagai macam ide, memang tidak sesederhana itu. Tetapi yang saya bahas di atas jelas bukan? Pencurian konten, artinya konten kita, tulisan yang sudah kita olah, kita susun, kita uji validitasnya kemudian diambil mentah2 semuanya tanpa kredit sumber. Beda bukan?
Kecuali anda membuat artikel hanya untuk menulis kembali sebuah artikel yang sudah ada, ini yang perlu dipertanyakan. Apakah anda menulis (dalam artian membuat karya tulis), atau tidak? Karena tentu berbeda antara membuat tulisan dan menuliskan kembali (memparafrasekan). yang pertama disertai pemahaman yang mendalam, menghasilkan sebuah karya yang valid. yang kedua hanya menuliskan kembali suatu artikel lama hanya dengan bermodal ilmu grammar (tata bahasa) serta kemampuan mengungkapkan ide yang sama dengan kata berbeda. Saya harap sudah ada gambaran mengenai jawaban saya ini.

kikils said...

parah banget ya banyak blog yang asal copy paste tanpa menyebut sumbernya

Gubuk Berita said...

Dari sekian lama saya membaca artikel-artikel di dunia maya, saya hanya salut pada blog ini. karena blog ini sepertinya memang melalui proses uji cob terdahulu sebelum menerbitkan artikel.
saya perna mencari artikel trentang memasang icon yahoo di net, tetapi cara yang saya dapat hanyalah cara kosong yang tak terbukti, karena memang tidak ada demo / hasil coba dari pembuat/penerbit artikel. tetapi berbeda di blog ini, semua tutorial yang saya praktekan dari blog ini semuanya berhasil. thanks mas.

oh ya, saya ingin mengakui kalau saya sebenarnya juga sering copas, meski dengan link sumber tetapisaya sudah menyadari bahwa 1 kata yang tak berarti tapi karya sendiri lebih bermakna daripada 1000 kata-kata indah tetapi karya orang lain. semoga kedepannya saya bisa lebih baik. amin

OEN-OEN said...

tambah sangar bang blognya, terutama yang bagian ini, mo belajar dmca ah bang, inspire bangett :D

Sigodang Pos said...

Saya setuju bangat, karena menulis juga butuh waktu dan pikiran. kalau di copy seenaknya saja tanpa membuat link sumber, apa kata dunia?

totok said...

wow nice blog sob

eflianda said...

tapi seperti yang mas ahmad bilang
(Kecuali anda membuat artikel hanya untuk menulis kembali sebuah artikel yang sudah ada,ini yang perlu dipertanyakan.)
betul mas aku menulis kembali artikel yang sudah ada. tapi dalam artian yang berbeda.
aku menuliskan kembali selalu memahami betul secara mendalam apa yang ingin aku tulis dan di sertai kemampuan mengungkapkan ide yang sama dengan kata-kata yang berbeda.
kalau menurut mas aku salah gak..?
"kan yang sudah ada tu sebenarnya kan banyak mas jadi ga ada salahnya dong kalau menuliskan kembali"
betul ga mas..?
aku ga pernah menulis, yang sebenarnya aku tidak mengerti mas terus sok" mengerti,itu sama saja seperti aku membohongi atau membodohi diri aku sendiri dan orang lain.
apalagi untuk tulisan tutorial.
bisa-bisa jadi tutorial sesat tu..

makasih mas atas jawabannya,aku salut sama mas ahmad..
jawaban mas ahmad sangat jelas mas.
sekarang aku percaya sama mas ahmad,kayaknya aku perlu berguru ni sama mas.
mampir tmpat aku dong mas,sekalian tolong beri masukkan untuk blog aku,apa yang perlu d benahin.
thanks mas.

ridwan rizqi said...

ya elah sob. klau ga mau di copas pake lah anti copas buat blog.
mesti di laporin segala ke CDMA

Belajar Internet said...

wah!!! kalau mas coba liat blog aku, jika ada content yang sama atau hal lain tolong di koreksi, solanya aku blogger newbie. Terima Kasih mas,,, semoga aja, url blogku tak pernah muncul disitu, aminnnn

hyden06 said...

kayaknya harus ada polisi internet nih..untuk menangkap pencuri-pencuri itu..

AsikIndo said...

padahal di dalam pikiran kita masih banyak ide ide pantas untuk di bagi kepada orang lain, lantas kenapa mereka tak mau berpikir panjang. mungkin mereka gengsi kali gan. yaa sudahlah yang penting junjung sportifitas hidup blogger indonesia...

Anestya Pradita said...

Salam sejahtera Semua
Menurut saya ini ya oum, tante, pak, buk, bro, sist, selagi banyak provider memberikan tempat posting yang gratis begini, copas itu akan tetap ada, alasanya, *pertama seseorang ingin belajar membuat blog trus ga ada bahan yang akan di posting, akhirnya copas suatu artikel milik orang., *yang kedua seseorang ingin copas untuk dirinya sendiri, maksutnya begini, dia buat sebuah blog (dikarenakan gratis) hanya untuk dibacanya sendiri, browsing di google, dapat hal yang menarik dan ga ingin dilupakan. * ke tiga ini mungkin juga salah, karena ingin cari uang dengan iklan, nah ini juga tidak kesalahan penuh dari mereka, karena tidak ada hak paten sebuah blog untuk di kopas, tidak ada sertifikat, tidak ada tanda tangan pak SBY atau apa, lagian yang di copas oleh mereka juga dari blog blog gratis. Jadi kesimpulan saya oum ! " Biarkanlah mereka copas us blog blog anda, toh disini sesama gratis, sesama tidak membayar, kalo takut di copas, pake siaran TV aja, Tingkatkan saja SEO blog anda jika itu asli artikel yang anda buat sendiri tampa ambil dari koran, lihat di TV, atau baca di buku, ilmu untuk saling kita bagi, artikel yang anda dapat juga dari ilmu yang di dapat dari seseorang bukan hasil ciptaan anda sendiri ! sekali lagi, COPAS lah blog itu sebanyak mungkin, hahahaha, hidup copasus"

kunjungi blig saya ya, dan silahkan copas,!!
Puisi Cinta

Alika Detha said...

Wahhh....sadis amat pakai melaporkan segala..
Diblog ini artikelnya murnikah hasil karya cipta sendiri? (ente pasti tau apa itu KARYA CIPTA)
Atau cuma mengembangkan artikel/ilmu yang didapat?
Kalau emang itu blog gak mencantumkan alamat sumber, ya dimaafin aja, gak harus melaporkan segala...kalau emang tu hasil karya ente sendiri, bukankah ente yang dapat pahalanya karena telah berbagi ilmu sesama umat.
Mana lebih penting menurut ente, mendapat pahala karena telah membagikan ilmunya atau hanya sebuah nama agar dikenal banyak orang?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Tentu akan sulit untuk berbicara dengan anda mengenai esensi dari pembicaraan mengenai karya cipta. Oleh karena itu, saya menyarankan anda menulis artikel2 terlebih dahulu, ingat menuliskannya secara benar2, dengan ide, referensi, analisis, sintesis, dan lain2 kemudian tawarkan artikel2 anda tersebut untuk dicopas siapapun. setelah itu, silahkan kembali dan anda ceritakan bagaimana pengalaman dan perasaan anda. Oke?
Regards

Ahmad Khoirul Azmi said...

@elfianda: sip :) terima kasih buat komentarnya yang sangat berkualitas.

Anestya Pradita said...

buat maz Alika dheta, saya mau tau anda jika punya blog untuk apa ? membaca 'Hak Cipta' saya baca di wikipedia begini "Hukum yang mengatur hak cipta biasanya hanya mencakup ciptaan yang berupa perwujudan suatu gagasan tertentu dan tidak mencakup gagasan umum, konsep, fakta, gaya, atau teknik yang mungkin terwujud atau terwakili di dalam ciptaan tersebut. Sebagai contoh, hak cipta yang berkaitan dengan tokoh kartun Miki Tikus melarang pihak yang tidak berhak menyebarkan salinan kartun tersebut atau menciptakan karya yang meniru tokoh tikus tertentu ciptaan Walt Disney tersebut, namun tidak melarang penciptaan atau karya seni lain mengenai tokoh tikus secara umum" nah Hak cipta tersebut ada patennya © dan di blog yang telah di copy paste apakah mereka sudah memiliki paten ? dan satu lagi, Al-quran, Injil, dan Kitab lainnya adalah suatu sumber Ilmu bagi agama masing masing siapa penciptanya ? apakah mereka melarang untuk memperbanyak copy annya ? jadi jika Artikel anda yang anda buat dengan bercucuran keringat darah seharusnya anda bangga pada diri sendiri, lagian orang juga tau mana artikel mana yang pertama kali dibuat kug, toh di postingan juga ada tanggal post nya... kapan lagi artikel artikel yang tidak terindek diketahui orang jika ga ada copyannya, sekali lagi, jika ga ingin blog anda di copas caranya gampang, masuk di 'setelan' atur aja blog disembunyikan.. hehehe Hidup Copas !!

Ahmad Khoirul Azmi said...

Tambahan buat @alika: kadang-kadang kita membawa2 konteks religius untuk hal yang sebenarnya tetap tidak benar bukan? Misalnya, "semoga hari ini aku menang judi"...
Sama halnya dengan "pencurian artikel akan mendatangkan pahala bagi penulisnya"
Saya di atas tidak berbicara mengenai artikel yang dibagi, bukankah dengan menulis artikel untuk orang lain itu sudah berbagi?
Saya disini berbicara mengenai sebuah pekerjaan, artikel, yang diambil dan diakui sebagai milik orang lain. Apapun alasannya, saya tidak setuju dengan pengambilan artikel tanpa izin. Segala sesuatu ada etikanya. Apa jadinya kita hidup tanpa etika (yang saat ini etika benar2 menjadi sesuatu yang langka)?
Setiap orang punya idealisme, dan ini salah satu idealisme saya.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@anestya: Pernyataan anda terhadap para bapak ibu ini bersifat "apologis" jadi kami tidak akan memberikan tanggapan panjang, karena sudah jelas maksud dari statemen-statemen tersebut.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Anestya: Anda telah salah mengartikan makna hak cipta, hak cipta dipatenkan atau tidak dipatenkan itu tetaplah hak cipta. Hak cipta bukan trademark dan tidak harus didaftarkan.
Anda melewatkan satu bagian esensi penting dari halaman wikipedia tersebut:
Perolehan hak cipta
Setiap negara menerapkan persyaratan yang berbeda untuk menentukan bagaimana dan bilamana suatu karya berhak mendapatkan hak cipta; di Inggris misalnya, suatu ciptaan harus mengandung faktor "keahlian, keaslian, dan usaha". Pada sistem yang juga berlaku berdasarkan Konvensi Bern, suatu hak cipta atas suatu ciptaan diperoleh tanpa perlu melalui pendaftaran resmi terlebih dahulu; bila gagasan ciptaan sudah terwujud dalam bentuk tertentu, misalnya pada medium tertentu (seperti lukisan, partitur lagu, foto, pita video, atau surat), pemegang hak cipta sudah berhak atas hak cipta tersebut. Namun demikian, walaupun suatu ciptaan tidak perlu didaftarkan dulu untuk melaksanakan hak cipta, pendaftaran ciptaan (sesuai dengan yang dimungkinkan oleh hukum yang berlaku pada yurisdiksi bersangkutan) memiliki keuntungan, yaitu sebagai bukti hak cipta yang sah.
Pemegang hak cipta bisa jadi adalah orang yang memperkerjakan pencipta dan bukan pencipta itu sendiri bila ciptaan tersebut dibuat dalam kaitannya dengan hubungan dinas. Prinsip ini umum berlaku; misalnya dalam hukum Inggris (Copyright Designs and Patents Act 1988) dan Indonesia (UU 19/2002 pasal 8). Dalam undang-undang yang berlaku di Indonesia, terdapat perbedaan penerapan prinsip tersebut antara lembaga pemerintah dan lembaga swasta.
Ciptaan yang dapat dilindungi
Ciptaan yang dilindungi hak cipta di Indonesia dapat mencakup misalnya buku, program komputer, pamflet, perwajahan (lay out) karya tulis yang diterbitkan, ceramah, kuliah, pidato, alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan, lagu atau musik dengan atau tanpa teks, drama, drama musikal, tari, koreografi, pewayangan, pantomim, seni rupa dalam segala bentuk (seperti seni lukis, gambar, seni ukir, seni kaligrafi, seni pahat, seni patung, kolase, dan seni terapan), arsitektur, peta, seni batik (dan karya tradisional lainnya seperti seni songket dan seni ikat), fotografi, sinematografi, dan tidak termasuk desain industri (yang dilindungi sebagai kekayaan intelektual tersendiri). Ciptaan hasil pengalihwujudan seperti terjemahan, tafsir, saduran, bunga rampai (misalnya buku yang berisi kumpulan karya tulis, himpunan lagu yang direkam dalam satu media, serta komposisi berbagai karya tari pilihan), dan database dilindungi sebagai ciptaan tersendiri tanpa mengurangi hak cipta atas ciptaan asli (UU 19/2002 pasal 12).
(sources, credited to: id.wikipedia.org/wiki/Hak_cipta_
Jelas bahwa beberapa karya, termasuk karya tulis, sudah termasuk sebagai karya cipta yang dilindungi uu hak cipta/kekayaan intelektual secara otomatis, tanpa harus mendaftarkannya. Meskipun mendaftarkannya itu lebih baik.
Dan untuk hak kekayaan intelektual digital (DMCA) sudah ada banyak layanan DMCA gratis bertebaran, saya mendaftarkannya juga, misalnya di:
myfreecopyright.com
dmca.com
digiprove.com
dll
Semua itu untuk bukti hak ciptanya.
Berhati-hatilah untuk berbicara sebelum semua sumber dibaca dengan lengkap, agar tidak ada salah penafsiran bagi yang lainnya.
Jelas bahwa statemen2 dan argumen lemah anda adalah apologi agar dapat melegalkan copas.

Anestya Pradita said...

hehehe... sebenarnya saya ga setuju juga sich maz tentang copy pate itu sebenarnya, cuma sedikit saran saya mas, kata "pencuri" itu terlalu kasar kita memfonis mereka, akan lebih malu lagi kita dimata dunia jika sesama bloger indonesia kita saling menghujat, biarlah google sendiri yang memfonis mereka, jangan karena rumor ini kita panas panasi Indonesia masuk menjadi bloging no 1 copy paste di dunia,,, blog nya mas ini sudah bagus saya rasa, walaupun conten nya di copy tetap blog mas di nomor 1 di pencarian, buktinya saya mencari tuterial nyasar nya sini trus,,, makasi maz Ahmad Khoirul Azmi ( Pemimpin yang memberi pembelajaran dan mempunyai keteguhan hati ) hehehe

a said...

oke dech maz,
kalo kita bahas ga ada habiz nya tuch, blogger menginginkan sebanyak banyaknya orang membuat blog, tempat mendaftarkan hak paten juga dibuat gratis, jika google menanggapi ini serius, knapa ga blogger sendiri yang membuat hak paten itu, trus kalo ada konten yang sama otomatis tidak bisa dipublikasikan, kalo saya berpikir negatif ya mas, seakan akan kita diadu domba oleh mereka, mungkin lebih profesional lagi jika mas berprinsip, " biarkanlah anjing menggonggong kafilah tetap berlalu " tampa memfonis mereka yang merusak citra kita semua di publik yang lebih besar...
makasi masih mengizinkan saya berpendapat.

NB: Jika sudi kasih saran Blog saya maz.. hehe

Darmawan Saputra said...

saya telah membaca semua komentar dari mas "Ahmad Khoirul Azmi" yg berkomentar secara bijak dan tegas.

menurut saya pembuat artikel (tanpa copy-paster) sekarang serba salah, kita menegur sicopaser, kita juga dimarahi oleh orang lain, saya juga pernah dimarahi oleh sobat blogger yg lain, dia berkata :
"Woi, kalau artikelnya gak mau dicopas, gak usah dipublish dong, copaser itu udah biasa di dunia blogging, dan didunia blogging inikan saling memberi ilmu"
setelah itu saya menjadi bingung, gak menegur copaser salah, menegur copaser salah.
Jadi serba salah pokoknya mas, yg terpenting Happy blogging, dan ciptakan karya menarik lainnya, sekarangkan google udah tambah pintar untuk mendeteksi artikel (copas/ buatan sendiri)


*Happy Blogging & Salam Sehat Selalu

Anindya Yumika Dewi said...

Klo aku mah jangankan backlink, biasanya langsung aku tambahin canonical link..

Susah emang bikin artikel, satu artikel yang bagus butuh waktu sampe 1 jam, itu klo aku ngajar les udah dapet 30 rb.. lol

Tapi iya juga, kalau ga mau dicopas, tambahin script biar ga bisa select, biar lebih repot dikit..
Copas emang ga bisa dihindari dan itu hal yang wajar, dan adalah tugas kita untuk bisa menjaga diri agar ga bisa dicopas, dan tugas google untuk memilah mana blog copas dan enggak..

Jangan terlalu fanatik anti copas, wikipedia nulis juga copas dari buku, saya juga, dan tahu bahwa itu melanggar, tapi gimana lagi, lha wong banyak yang ngerasa terbantu sama blog kita daripada harus beli buku yang harganya ratusan ribu..

Satu hal yang harus disadari..
Batasan mana yang boleh dicopas dan enggak itu subjektif alias berbeda2 pada tiap orang..

Wammy said...

Saya setuju jika memerangi copas tanpa menulis sumber. Dan nevermind jika di copas tapi sumber tetap dicantumkan.

irawan said...

mmm,setelah capek saya membacanya.saya jadi tau,diperlukan tenggang rasa antar sesama blogger ya om azmi?
ya klo ngerasa copas,ya nyantumin link sumber lah..
saya ga malu copas,ya itu,cantumin link sumber..tapi yo jangan keterlaluan.mksdnya,copasnya mentah2 gt.yang bagus mnurut saya,baca dulu artikelnya.baru ditulis ulang dengan bahasa sendiri trus tambahin tu link sumber.bagaimanapun link sumber tersebut adalah inspirasi artikel yang kita tulis.
Semoga tambah sukses om azmi..

Joe Fatrah said...

good. tolong kasi tahu caranya mendeteksi blogger yang mengcopy isi blog kita tanpa menulis sumbernya. mohon di kirim ke email ini (joefatrah@yahoo.com)

dorokdoc said...

banyak banget yang copas nya gan.
artikel saya juga banyak yang di copas gan,tapi untungnya link ane juga di pampangin di sono. :D

BTW,apa efek nya buat blog kita dari artikel yang di copas tapi di sertain link sumber nya??
(selain Backlink)

Vickry Husain said...

list buat CDMA.. di sini untuk saya >> http://www.dmca.com/Protection/Status.aspx?ID=d586bfcd-4e7d-4d6a-8d2a-cc525b2f39fc&PAGE_ID=aHR0cDovL3ZpY2tyeS5jeWJlcjRydC5jb20v0

dhen anjrah said...

Mas,,aku habis copas lis dofollowmu,, udah aku sertakan linknya juga..

Habis, kalau nggak dicopas, satu satu, lama ngetik webnya di google. jadi tak kopas tak masukin browser dan sebagainya..

Siap, tenang aja, aku ikutan menghargai para penulis blog bertangan dingin. ikut nimbrung saran kayak diatas, mending dipasang script anti kopas aja/ no right click. Lagian kan privasy orang mbolehkan dicopas ama nggak..

Oke, makasih,, dan salam blogging sehat indonesia.

solusi luka bakar said...

wah gan gimana caranya mengetahui siapa aja yang udah nyuri konten blog kita,,,,,,,,,???

bolabro said...

wah, gawat kali itu mas. seharusny pake link sumber setidaknya.. uda capek2 berkarya malah dicuri seenaknya

Muhammad Aldi said...

wah saya jadi sangat salut sama blogger buka-rahasia.blogspot ini... salam blogger mas.. :)

Rhoedz said...

Bang sy baru mncoba menjalankan bog dan masih minim pengalaman...
sy tertarik dengan keaslian sebuah artikel, namun biasanya yang sy lakukan dalam mencari bahan artikel adalah dengan menerjemahkan situs asing ke dalam bahasa sendiri, dan juga memadukan beberapa kalimat atau paragraf dari beberapa sumber (trmasuk dri sumber indonesia)....

1. yg ingin sy tnyakan kira2 bahan yg sy ambil dari sumber lain itu harus memiliki perbedaan kata brp persen?

2. apakah misalnya ktika sy menuliskan sebuah 'paragraf' yg sama persis dgn sumbernya (tdk sy ubah krn sy anggap kalimatnya cocok dan pnting), namun sy padukan dgn paragraf lain (baik dri sumber lain atau tulisan sendiri) apakah trmasuk mlanggar hak cipta atau tdk...?

3. dan ktika sy slsai mnulis artikel, sumber yg sy tuliskan misalnya hnya alamat web/blog utama sj,
contoh:
www(dot)sumberku(dot)com saja atau harus dengan link lengkap misalnya
www(dot)sumberku(dot)com/bulan/judul-artikel


dan kalau tidak memberatkan, bolehkah anda melihat blog sy apakah penulisannya melanggar hak cipta atau tidak...atau mungkin ada yang perlu diubah...
www(dot)koleksi-unik-dunia(dot)blogspot(dot)com


mohon pencerahannya....

blog duit said...

Gan, saya sebelumnya kurang begitu memperhatikan pencurian kontent, tak tahunya ketika saya cek di SERP google, eh ada judul sama persis berikut descriptionnya.

Penasaran saya buka, eh Masya Allah, dikira cuma satu, ternyata artikel2 saya dikatergori lain dijambret juga persis dengan gambar2nya. trus link didalamnya udah pada dihpus. Silahkan kunjungi situs saya, disitu ada nama websitenya siapa tahu blog yang lain kena jambret juga. Karena banyak sekali saya menemukan artikel lain yang nongkrong di situ. Thanks kawan!

Beck said...

Salam semua.
Jika menulis merupakan pekerjaan berat, ya susah untuk bisa ngeblog, tetapi adakalanya seseorang memulai ngeblog, tapi pada saat blognya sudah jadi, mereka jadi bingung mau posting apaan, biasanya copas jalan pintasnya. saya kira kita bisa mentoleransi yang ginian, tapi jika sudah berbulan-bulan ngeblog masih saja copas tanpa mencantumkan link, wah yang begini yang memang hoby copas, karena tipe begini yang bisa mematikan kreatifitas. karena mereka sebenarnya sadar kalau mereka Copas habis. bagi saya memang tipe begini tak bisa di toleransi.
dari komentar terdahulu yang saya amati, ada bertanya tentang tulisan original, saya kira kita mesti memahami bahwa tak ada yang sepenuhnya original/asli tulisan kita sendiri, kita pasti punya rujukan/referensi/inspirasi, yang di cela sebenarnya oleh yang punya blog ini, adalah orang-orang yang menduplikat tulisan dari blog ini yang persis sama dengan tulisan aslinya, yang tidak mencantumkan link aslinya, saya kira itu yang mesti kita pahami dari keberatan empunya blog ini.
salam.

bodinlingga said...

Memang meng copas adalah tindakan yang kurang terpujilah ...kalau kita mengaku sebagai blogger mendhing kita bikin dnegan bahasa kita sendiri setelah kita mempelajarinya dari kawan lain, itu lebih mantab dan lebih gentle...Akan tetapi saya rasa itupun belum cukup, kita tetap mesthi mencantumkan sumber sdauran artikel tersebut sebagai etika blogger yang beradab.

Bahtera Muhammad Adi said...

Keren gan, mantap lah...
Lanjutkan! Perangi para copasser...:)

Dena Arta Putra said...

semoga bisa diselesaikan dengan baik baik deh,
kalo saya biasanya cari referensi di wikipedia itupunsaya rewrite lagi

Belajar Komputer said...

banyak juga ya gan yang copasan dari blog ini

Cara Praktis said...

tanks gan infonye baut lindungi tulisan,....

Odhzar said...

Sebuah artikel & diskusi yg sangat menarik.,

Memberi banyak pembelajaran berharga tentang arti dari sebuah kreatifitas yg di tuangkan dalam bentuk artikel berdasarkan pola fikir & wawasan berpandangan seseorang yg beda antara satu dengan yg lainnya sesuai dengan tingkat kecerdasan & intelektualnya.,

Sangat di sayangkan memang.,
Apabila seseorang yg belum mampu mengurai kata" dengan baik, harus menempuh cara" yg tidak terpuji dengan copas/mengambil hak cipta orang lain tanpa izin.,
Ini jelas" sangat merugikan pemiliknya yg telah bersusah payah banting keringat membuatnya.,

Tetapi terkadang, segala macam keterbatasan juga yg membuat mereka melakukan itu.,
Baik itu keterbatasan fikiran..waktu & uang dll.,
sementara di satu sisi mereka juga ingin membuat sebuah web/blog yg bagus dengan artikel" yg menarik supaya mendapatkan traffik & popularitas seperti anda atau webmaster" lainnya.,

Lalu bagaimana ya pak solusi atau jalan keluar terbaiknya..?
thankz.,

nb.mohon maaf jika ada salah" kata & penyampaiannya kurang berkenan.,
*baru belajar blogging & menulis*

Tapi terlepas dari masalah ini, saya sangat salut dengan ide" jeniusnya anda.,
Seseorang yg luar biasa.,

Smoga makin sukses & tetap berbagi ilmu.,

Dedy Kustianto said...

bagaimana kalo link sumbernya saya singkat menggunakan adf.ly

samael said...

saya suka blog ini. saya hargai blog ini. saya akan hormati penulis blog ini. NICE ARTIKEL SOB

visit and follow me sob

Adie Konoe Poetra Dyanaz said...

Bang blog ini juga telah mengimpor semua artikel anda

md-share.blogspot.com/2012/06/membuat-kotak-permalink-di-bawah_8.html

Segera di pajang

adheens said...

Salam kenal Mas Ahmad Khoirul Azmi (AKA).

Waah,.. saya sampai menghabiskan waktu lebih kurang 1 jam untuk membaca semua komentar pengunjung dan tanggapan dari Mas AKA, ada beberapa point kesimpulan dari sisi pandang saya pribadi.

1. Mempertahankan Hak kita dari orang lain memang butuh perjuangan.

2. Yang merasa menggunakan Hak orang lain, tetap berusaha melakukan " pembenaran " atas sikapnya.

3. Pro dan Kontra itu biasa, asal jangan menggunakan argumen (alasan / pembelaan ) yang asal di saat berbicara (diskusi).

4. Di dunia maya kita memang sangat susah untuk mempertahankan sesuatu yang kita rasa sebagai hak / milik kita.

5. Hanya Konten / Tulisan) yang bisa mereka "Kutip", tetapi Kecerdasan & ide tetap 100% milik anda ( Mas AKA)

Jujur, saya juga pernah membuat sebuah blog yang isinya hampir semua COPAS walaupun ada mencantumkan sumber tetapi tidak semuanya.. Mengapa saya melakukannya ? ada 2 alasan ( bukan untuk pembenaran ) karena saya pribadi tau menggunakan karya orang lain tanpa izin dan tidak memberikan sumber merupakan perbuatan yang tidak baik, dan hingga sekarang saya tetap merasa bersalah.

Alasannya:

1. Itu adalah website saya yg pertama, jadi semua yang akan saya lakukan saat itu semuanya serba pertama. Intinya, saya lebih fokus pada belajar cara menggunakan Blog Engine (wordpress) dan itu telah menyita banyak waktu, sehingga saya mengambil keputusan untuk mengisinya dengan Konten Copas dan hanya melakukan sedikit perubahan pada tulisannya.

2. Karena saya pribadi tidak punya Ilmu ( keahlian) yang bisa saya tuangkan kedalam blog tersebut.


Akhirnya keputusan yang saya ambil akan menutup dan blog yang pertama tersebut bila telah habis masa aktif Domain nya, dan akhir bulan mei kemaren saya telah memulai sebuah blog baru, karena tidak punya ilmu yang akan di tulis maka isi blog tersebut adalah Pengalaman saya sendiri selama proses belajar membuat sebuah blog. Mungkin isi blog tersebut tidak berharga, tetapi setidaknya saya akan tampil dengan diri saya sendiri " apa adanya ".

Ini point yang paling penting untuk saya sendiri, semuanya yg saya lakukan karena kebodohan saya sendiri dan akhir-akhir ini baru saya menyadarinya. Ternyata tidak mau berpikir (kreatif) dan berusaha itu akan membuat kita semakin malas dan terjebak dalam kebodohan.

Untuk Mas AKA teruslah berkarya, mungkin sekarang anda merasa hak anda tidak anda peroleh sepenuhnya. Tapi saya yakin begitu banyak yang butuh ilmu yang anda miliki, sedikit berkorban (bersabar) demi sobat-sobat kita yang ingin menjadi cerdas dan ber-etika semoga mereka kelak menjadi blogger masa depan indonesia yang berkualitas..Amin.

Terima Kasih telah menampilkan komentar sederhana ini.. Salam..

Suhendri Mr said...

Biar semakin kreative dan dapat berkaliborasi dengan sehat teman-teman blogger yang lain ini.. Saya setuju dengan cara kang ahmad. Soalnya kena imbasnya kalo sudah mengerti nanti melakukan kesalahan dalam urusan hak cipta dapat merugikan diri sendiri! Semoga makin sukses saja buat kang ahmad dari sini Saya banyak belajar. ^_^

Portal Berita Online said...

wah itu cara ngeceknya gimana mas? kok bsia tau ya

seratusplus said...

Mungkin saya orang yang telat untuk komen posting ini :D, Maklum dah lama ga update para blogger. Anw Buka rahasia blog nya OK jg, dan sempetnya mencari blog lain yang copas dari sini... Memang kesel juga klo artikel yang cape2 dibikin pake otak, dan harus kreatif malah di Copas.

Ane jg kesel Muka ane banyak di COpas ama Artis Korea :D

Semangat gan...

Limit Komputer said...

Buat apa cba membuat blog klau males mengetik jd malah mencuri koneten blog orng lain ....

Ayo berantas pencurian konten

Ageng Muhammad Mukti said...

makasih software and scirft blog nya

Manga Busungbiu said...

Gampang aja buat para blogger khsusunya yang suka copas artikel orang lain MOHON cantumkan sumbernya, untung saya pribadai selama ini (kurang lebih 3 mingguan ngeblog) belum pernah copy paste artikel orang lain. Saya pribadi mendukung dengan adanya tindakan tegas macam ini.

NovanPeace said...

mas permisi mau nanya saya newbie ni didunia blogger.. nah gimana mas klo mau mengetahui siapa saja yang sudah mencopy artikel kita tanpa mencatumkan link dari sumbernya..

Ahmad Khoirul Azmi said...

Cukup copy beberapa kalimat dalam artikel anda, lalu search di Google. Anda akan menemukan dengan mudah jika memang di copas.

Deden Rizki said...

gan yang posting mas sudh di hpus skrang sya blajar tuk buat posting sendiri by Mashasih

Sohibul Habib said...

syukurlah blog ku nggak ada di list... he..he..
sip lah...

Kurnia Tuhadi said...

Terlebih dahulu saya ucapkan salam kenal. Membaca artikel tentang pencuri konten ini memang sepertinya menakutkan. Dalam beberapa hal ide dan gagasan memang bisa sama, tetapi tentu dalam implementasinya berbeda. Tetapi jika memang harus menulis topik yang sama, setidaknya praktekkan dahulu, dan hasil praktek itulah yang diuraikan dalam bentuk tulisan. Kita memang butuh referensi dengan cari sana sini di SE, memang banyak yang saya temui bahasa tulisan yang sama, hampir sama dan ada juga yang copas murni. Barangkali ini karena kebiasaan makan mie instant, sehingga menulis suatu topik juga maunya instant. Alangkah baiknya jika ingin menulis di blog untuk suatu konten itu dipraktekkan dulu hasil tulisan orang lain, dan hasil praktek sendiri itu dijadikan tulisan sehingga jika ada topik yang sama tetapi bahasanya berbeda, termasuk juga title posting. sebaiknya survey dulu di SE untuk menghindari title yang sama. Semoga blog ini semakin bagus. Salam

Yudhik Gj said...

Siapa sih yang nggak kecewa bila konten blog di curi oleh pengguna lain.Bayangkan saja jika konten mereka peringkatnya lebih bagus dari pada konten blog sendiri..padahal kan hasil copy paste..

Wajar sih kalau cuma copy paste Script dan kode kode yang lain..karena memang yang namanya blog tutorial ya membagikan konten...tapi kalau semua konten di copy macam mana?

indolaron said...

Blog sy masuk dalam Black-list gak ya...??? Mudah2an sich kga.
Sy se-7 sama koment diatas,wajar jika kita menjiplak konten code script TAPI YA PAKAI ATURAN (y) krn memang yang namanya share tutorial ya membagikan konten itu sendiri.
TAPI ADA JUGA BLOGGER YANG KEBABLASAN DALAM COPAS ARTIKEL.
Sy akui,saya juga sering copas artikel dari beberapa blog tapi kita wajib minta izin terlebih dahulu sama Authornya.
LANJUTKAN KAN SOBAT....!!!!

membuat.info said...

kalau mencantumkan link tapi nofollow gimana tuh mas???
saya merasakan trafik yg cpt naik ktika tdk copas..

Ahmad Khoirul Azmi said...

Ya seharusnya dofollow....

fajri arfi said...

Intinya kalau mau jadi penulis yang baik, harus rajin-rajin membaca, dari sana akan muncul sumber inspirasi untuk menulis.

kalau ngeblog cuma ngarepin penghasilannya doang tanpa kerja keras dan isi blog kebanyakan copas, ya gak bakal dapat apa-apa.

Kalau alasan bingung mau nulis apa, ya tinggal kumpulin misalnya 5 artikel yang sama, baca dulu ke lima-limanya, pahamin intisari nya, trus tinggal tulis kesimpulannya dengan bahasa kita sendiri. Paling tidak kita mengerti dengan apa yang kita tulis.

Apple Corleon said...

I think it is not allowed to copy and paste, but if you want a reference may be allowed but should not be confused with the original content

Musyafir Cinta said...

Amazing.
Banyak sekali yang copas..???

Yogie G. Kurniawan said...

hebat mas .. (y)
memang copas boleh . tapi jangan di paste , harusnya jadikan lah sumber inspirasi untuk posting jangan asal pencet CTRL + C --> CTRL + V

Prabu Helau Dinata said...

kalau di Copy tanpa Paste sih saya kurang setuju, Tapi Kalw Copy Paste saya setuju, Asal Mencantumkan Link Aslinya

Soer Chan said...

Salam kenal gan :)
Ngeri juga kalo mendengar kata "copas". Namun sepertinya (saya liat) sekarang malah banyak artikel yang hasil copas dari blog selain bahasa indonesia. Di translate pakai google, trus di copas. Salah satu cirinya, kalimat atau kata yang di gunakan sulit di pahami atau di mengerti, sangat jauh dari kaidah bahasa indonesia (seperti kalau kita translate di google).
Intinya, seperti kutipan di atas " If a blogger doesn't like writing, it is better not to BLOG at all!".

Indra Gunanda said...

Hmm BlogWalkinG Datangggg Taraaaaaaaaaaaaaa

Agung Car said...

Pada awalnya saya menulis hanya karena kesenangan semata, namun sekarang karena sudah belajar sedikit masalah SEO jadi tulisan saya pakai (sdikit) riset dan memakan waktu. Jika awalnya saya masa bodo dengan copas sekarang saya sangat memeranginya, namun seperti halnya profesi pelacuran sama halnya dengan profesi copas yang umurnya ada sejak dunia maya ini ada. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan, Salam bloger Indonesia

Ahmad Manarul said...

salam blogger..
dunia maya memang punya cerita unik tersendiri.
Semua konten yang ada di internet berstatus maya, bayang-bayang bahkan kepalsuan. Siapa saja bisa memposting artikel, entah itu darimana, punya siapa, kita juga tidak tahu.
Yang pasti, tidak ada ilmu yang baru, semuanya melalui proses pengembangan. termasuk try and error.
Okelah blog mereka termasuk dalam blacklist, tapi yang saya khawatirkan hal tersebut berdampak pada pembunuhan karakter mereka sebagai blogger indonesia yang mungkin memperbanyak posting dengan tujuan2 tersendiri, selain ingin berbagi dan menyebarkan ilmu praktikal seperti blogging.

Auriga Maulana Khasan said...

kayaknya perlu juga nih. biar menambah malu. ternyata jengel juga ya artikel kita dikopi paste.
oh iya mas, kalau semisal ada yang memberi keuntungan kepada kita (mencantumkan live link) apa anda juga melaporkannya? saya dilema, dilaporkan apa enggak ya.

Yung Jefri said...

Gan.... Backlink itu apaan? Maaf ane masih nubie....

Ahmad Khoirul Azmi said...

Silahkan baca di sini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/04/link-building-penting-untuk-seo-blog.html

Edi Wibowo said...

Belum ada sistem royalti atau lisensi untuk penulis artikel di blog sih ya?
Makanya usulin dong gan ke pihak yang berwenang... hehehe...
Ayo rame-rame dukung "Jurnalisme Rasa"

helmi junior said...

gimana mengetahui pencuri konten diblog ....?

diwaktu luang said...

Seru banget nih om sampai 1 jam saya baca commentnya wkkwkw

mas lasno said...

Saya setuju
Salam

marlonalamo.com said...

Agar tidak salah melangkah, terus masuk daftar diatas, sementara saya bangun fikiran saya, pemahaman saya tentang Hak-Cipta, dan sekedar menyimak dulu. Mohon ijin menyimak ya pak?.

Pelajaran bagi semua blogger Indonesia. Bagi saya setuju dengan Admin, mari kita bangun citra blogger Indonesia, perangi Copaster.

Terima kasih. Salam.

kabul arif said...

SETUJU : setiap orang punya hak-nya agar karya (asli milik pribadi) tidak akui orang lain. karena memang membuat sebuah karya (artikel) itu sangat sulit sekali.

TIDAK SETUJU : ini adalah dunia maya. kalau memang artikelnya tidak mau di (copy-paste), maka janganlah kau buat artikel di blog yang bersifat umum. buat saja sebuah buku yang besar dan lalu kemudian simpanlah dibawah tempat tidurmu. maka tidak akan ada yang tau/ copas artikelmu. ilmu yang baik itu disebarluaskan dan bermanfaat bagi orang lain. bukannya menyimpannya sendiri. manusia itu tidak berilmu. yang berilmu hanyalah TUHAN saja.

"akan selalu ada pro dan kontra"

Budi Setiawan said...

saya kira menjadi pro dan kontra karena mencari money dari lapak yg sama..
copas dgn link sumber pun sebenarnya hanya sbgai upaya memaklumkan/ memaafkan krn pengcopas melakukan dgn etika yg sedikit ebih sopan, walaupun sempat menelan ludah bila posisinya di serp brada lebih di atas..
So, copas menjadi baik jika : tidak berniat mencari keuntungan, tanpa adanya iklan di blog atau tanpa adanya upaya mengoptimasi artikel anda, begitulah cara yg benar jika anda murni memang untuk berbagi..

yopi dadan said...

Salam kenal mas, boleh tidak saya copas script dari artikel mas yang saya butuhkan, karna saya belum bisa bikin script mas..
mohon bantuannya ya mas :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

salam kenal juga.
Silahkan, asalkan ada informasi atribusi/sumber jelas di dalam artikel.

Yobert Parai said...

Terus terang saya masih agak rancu masalah copas ini, dan saya pikir ini kadang yang membuat para blogger sulit untuk mencari ide, coba bayangin aja untuk pembuatan satu judul artikel saja bisa membutuhkan waktu yang sangat lama karna mungkin semua judul udah masuk ke google, apalagi untuk membuat satu Artikel yang murni bukan hasil copas.

Tapi saya sih beberapa waktu ini setiap kali menulis Artikel walaupun saya ambil dari blog lain kemudian saya tulis dengan cara saya sendiri saya tetap akan mencantumkan sumber ide penulisan artikel tersebut.

Mungkin nanti bisa di bagikan buat yang lain bagaimana cara membuat satu artikel dari sumber lain untuk di jadikan artikel asli.

Salam kenal mas Ahmad dan para blogger lainnya.

bagus abrianto said...

Kalu menurutku sih Copas nggk masalah. asal copasnya cuma Script atau conten yang Paten. asal Nggak %100 COpas ajah. Nggak mungkin smua blogger nggak copas.

Nggak ada manusia yang sempurna sekalipun dia BAYI yang baru lahir. Yang menciptakan kita ajah nggak nglarang kita untuk belajar. Asal tidak MENCURI.

Kalau COPAS %100 itu namanya mencuri.

Salam Blogger.

ferdon baho said...

waaahhh...info yg sangat menarik mas broo... sayangnya saya blm mampu memberikan masukan atas artikel ini..maklum mas saya masih "pemula". mohon mampir all di :
http://baho-punya.blogspot.com
saya minta pencerahannya dari mastah-mastah sekalian
salam kenall all...salam blogger
maju terus buka-rahasia.blogspot.com

MAZNI LAILA Lela said...

kalau menurut saya pemilik konten yang di curi tidak dirugikan/ justru si pencuri yang rugi/ karena blognya akan tenggelam akibat duplikat konten. terima kasih

John Margen said...

ijin share blognya om...boleh kan???

Ikhsan Iskandar said...

kang azmi saya boleh izin copas list tersebut, untuk saya bahas di artikel blog saya. tapi jika keberatan nanti akan saya hapus, artikelnya sudah saya terbitkan (maaf kang menautkan link mati) http://blogisscenter.blogspot.com/2013/12/daftar-blog-pencuri-konten.html

Daeng Erhil said...

Mohon ijin menyampaikan pendapat.
Sy kira mengenai masalah copas/replika tulisan itu sudah jelas dari sudut pandang hukum, dalam pandangan legalitas hal ini dianggap melanggar aturan yg berlaku mengenai "hak cipta".

Namun pada pengaplikasiannya penyakit copas jg sulit untuk diberantas, mengapa sy katakan demikian ? karena pada semasa anda sekolah saja secara tidak sengaja maupun disengaja pihak guru sendiri yg memberikan bahan ajaran melalui fotocopy modul/materi pembelajaran dari buku yg jelas tanpa sepengetahuan dr pemilik hak cipta itu sendiri. Hal-hal seperti itulah yg menjadi kebiasaan yg sulit dilepaskan, jadi intinya segala hal apapun yg ingin di copas harus melalui permohonan ijin kepada pemilik hak cipta, yg dalam artian anda harus mencantumkan "link pemilik hak cipta", karena sesungguhnya dalam pandangan hukum menilai bahwa tidak akan ada seorangpun yg rela haknya direnggut oleh orang lain.
Terima kasih.

Ahmad Khoirul Azmi said...

Saya sepakat dengan pendapat dan alur logika bro @Daeng

openid said...

emans susah yahmemberantas copaser di indonesia

Labbay Modjo Lelo Idjas said...

hhaha. jadi ketawa ane bacanya. :)

Labbay Modjo Lelo Idjas said...

tapi jelas copas itu ane juga benci sob. kita capek2 nulisnya malah orang lain seenaknya mencopy nya.

Zel Afriadi said...

musnahkan aja om yg sukak copas tu, biar jadi pelajaran buat dia dan orang lain, betapa penting nya menghargai karya tulis orang lain.

Gaosur Rohim said...

Buaaanyak amat mas! Waduuhhh...

abdulrouf said...

hukum aja kang biar kapok tuh !

Ferry Rinaldi said...

Wah... berati artikel yang Mas buat sangat bagus sehingga dicopas sama mereka... mudah2an kita bisa membuat artikel karya kita sendiri amin...

sulaiman budi yulianto said...

Heemm..saking noob nya, barusan capek2 nulis panjang gk masuk komen.

Intinya, saya mohon maaf apabila terdapat kekeliruan pada postingan saya tanpa mencantumkan link asli dari COPASan saya. karena saya masih belajar jadi masih ngacak2 smua sumber yg ada untuk diterapkan pada blog saya. Mohon masukan/saran/info apabila terdapat kekeliruan atau saya tidak mencantumkan siapapun karena tidak sempat dan terlalu fokus ke edit template blog.

Saya reposting cara atau yg berkaitan dengan blog atau berita hanya sebatas share aja klo ilmu yg saya peroleh berhasil, tidak ada maksud lain.

Karena fokus saya tidak pada penulisan yg berkaitan blog atau berita....

thank's dan mohon maaf kepada siapapun apabila terdapat postingan yang telah saya COPAS.

oh, iya..ini blog saya yg sedang saya kerjakan (masih mencari tampilan template yg pas..masih ancur-ancuran)

http://pusatanalisisdata.blogspot.com/
http://doctor-analisis.blogspot.com/

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap