Mau Bikin Autoblog? Pikir Dua Kali Dulu, Bro!

autoblog
Hmmmm.... Autoblog? Pernah denger istilah ini? Seringkali juga disebut Auto Content Blog, yaitu blog yang menggunakan script tertentu yang dapat mengambil konten/artikel dari blog/website lain. Proses seperti ini kemudian dikenal pula sebagai auto blogging, memunculkan pemiliknya dengan sebutan autoblogger, dan masih banyak lagi istilah lainnya yang identik dengan autoblog. Mari kita lihat beberapa poin mengenai auto blogging:
1. Menghasilkan (generating) konten dari konten milik blog/website lain.
2. Memiliki peluang besar menghasilkan duplikasi konten (duplicate content) meskipun telah menggunakan fitur article spinner (pengacak kata di dalam artikel, berfungsi mengganti diksi, frase, maupun kalimat).
3. Membuat kerugian dan kemarahan besar bagi para penulis blog asli karena tidak memberikan link back terhadap sumber aslinya. Secara etika, blog/website yang mengambil konten (copy-paste) dari website/blog lain harus mencantumkan link sumber.
4. Memiliki kualitas konten yang sangat buruk, tentu saja.

Jangan Posting (Republish) Konten Milik Blog/Website Lain
Mengapa? Karena cara ini tidak bisa lagi menghasilkan keuntungan apapun. Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu alasannya adalah konten yang buruk (tidak berkualitas) dan juga merupakan duplikasi. Memang, alasan ini dulunya tidak akan berpengaruh besar terhadap income. Akan tetapi, ada alasan yang sangat kuat dan masuk akal, yaitu:
"Para pencari di search engine lebih suka mengunjungi dan membaca website/blog yang memiliki konten asli/original daripada website/blog yang berisi konten curian atau copy-an dari website/blog lain."

Hampir seluruh traffic ke autoblog adalah dari search engine, ini logis. Sangat jarang ada pengunjung yang melakukan bookmark atau mengingat-ingat nama blog tersebut karena biasanya mereka hanya berkunjung satu dua kali setelah mereka menemukannya di search engine. Nah, dengan adanya perubahan Algoritma Google tahun 2011 ini (Google Panda Update), kemungkinan untuk mendapat traffic dari search engine yang menuju ke autoblog dan situs-situs semacamnya semakin menurun drastis. Untuk mengetahui secara lengkap bagaimana dan apa tujuan dari perubahan Algoritma Google tahun ini silakan simak "Perubahan Baru Pada Algoritma Google akhirnya Dijalankan". Inti dari perubahan ini, seperti yang disampaikan Matt Cutts, kepala bagian web spam Google:
"Kami mengevaluasi beberapa perubahan yang membantu menekan tingkat spam hingga ke titik terendah, termasuk diantaranya perubahan yang ditujukan pada, khususnya, situs-situs yang meng-copy konten dari situs-situs lain dan situs situs yang memiliki tingkat keaslian konten yang rendah.. Perubahan ini telah disetujui pada pertemuan mingguan Kamis lalu dan dan akan diluncurkan awal pekan ini." Matt Cutts' blog, January 28, 2011.
Kreativitas dan Keunikanlah yang akan Menjadi Pemenang!
Jujur, Mas Tantan Hilyatana, penulis yang artikelnya disarikan, diterjemahkan, dan menjadi sumber utama artikel ini, dan saya tidak menyukai autoblog dan kami sepakat dengan istilah "autobloggers must die". Meskipun dulu, sebelum ada Google Panda Update, autoblog bisa meraup banyak uang, namun kini, tidak lagi. Sebagai bukti, anda dapat melihat pengakuan seorang teman, yang menjalankan autoblog, di dalam komentar pada artikel tentang Panda Update. Meskipun masih ada yang "jaya di udara", yakinlah itu tidak akan lama lagi. Haruslah diyakni dan ditanamkan pula di dalam pemikiran, bahwa kreativitas dan keunikanlah yang akan menjadi pemenang.

Buatlah artikel yang original dan berkualitas, baik untuk pengunjung maupun untuk search engine. Karena kini, apa yang baik bagi pengunjung, pastilah baik untuk search engine, seperti apa yang telah disampaikan oleh Matt Cutts diatas. Untuk mengetahui kriteria serta panduan dari Google tentang konten berkualitas (quality content), silakan simak Panduan dan Kriteria Google Quality Content

Disini, akhirnya kita melihat ada tiga poin inti dalam blogging: kreativitas, keunikan, dan kualitas. Seperti halnya menghasilkan produk yang baik, disukai, dan menjadi favorit masyarakat, begitulah pula blogging. As I ever said on my previous posts, "A good writer masters what he writes". Lebih baik menuliskan sesuatu yang kita pahami betul, membuat sketsa tulisannya dalam pikiran, dan tinggal mengetik dan tinggal mempublishnya dengan enteng, daripada harus membuat autoblog ataupun comot artikel sana-sini tanpa permisi dan tanpa memahami. Apapun tujuannya, termasuk untuk menghasilkan uang, menurut saya itulah cara yang terbaik!

Happy Blogging!

Artikel ini diterjemahkan, disarikan, dan bersumber dari: Don’t Republish Other People’s Content – Rethink to Run an Auto-Blog. Penulis: Tantan Hilyatana, a full time blogger, web (Wordpress) designer & developer and internet marketer. (Thanks for the permission, Mas Tantan!). Beberapa penambahan, pendapat, dan fakta referensial lain oleh Ahmad Khoirul Azmee.

Mau Bikin Autoblog? Pikir Dua Kali Dulu, Bro!
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 11 Comment(s):

Alvian Putra said...

Suka, suka banget baca artikel anda!! tata bahasa yang sangat menarik dan tentunya penuh dengan ilmu dan informasi yang bermanfaat!!
Sukses selalu untuk anda
salam kenal dari newbie madiun

Ahmad Khoirul Azmee said...

wah terima kasih mas Alvian, saya juga sudah mampir di blog sampeyan tadi, isinya juga seru, ada cerita tentang Mbah Google yang lagi ngamuk tadi ^_*. Emang Google lagi extra ketat nih, so kita musti lebih hati2 aja, selama original, unik, dan berkualitas, saya kira akan menjadi untung besar. Makasih buat pujiannya, motivatif. N makasih udah mampir. :D

Yana said...

Mantap Gan Infonya.. dulu ane pernah terfikir utk auto Blog. tapi nggak jadi deh...hehehe :)

www.bloggerclick.com

Ahmad Khoirul Azmee said...

sip, pikir berkali2 dulu bro sebelum buat autoblog....

Yogi Haris said...

"Great niche, i like your article ..."

mangstabbs, tapi para autoblog takkan pernah takut karena mereka pemalas, mucuri tanpa memberikan source sang pemilik artikel. :D

Tapi kalau di COPAS > SPINER > SOURCE (Pemilik) bagaimanakah mas Azmii (Kirim di Inbox FB) ^_^' ditunggu.

Heavy007 said...

ssiiippphhh dach,,.. buat infonya, semoga para autoblogger segera taubat... hehehehe

www.gilangheavy.tk

Fikri said...

Mantap om azmee :)

se7

Admin ModernW4R3 - Imam Jrocks said...

Terima kasih gan atas artikel yg sangat bagus ini,semangat saya utk blogging timbul lagi akhirnya setelah baca artikel diatas :D ...

www.modernw4r3.com

Kusnul Prasetyo said...

iya gan postingan nya bagus bagus...
bissa dicontoh...

Ramzi said...

jadi gitu ya mas bro, untunglah baca postingan anda ni kalau nggak mungkin dah ikutan auto juga ni
hehehe..

ricoademandana.com said...

Ternyata autoblog membuat kita bukan menjadi seorang blogger..!!!

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap