Memahami Karakteristik dan Cara Optimalkan Label Blogger

Label pada blog ber-platform Bloggger (Blogspot) memiliki fungsi sebagai pengelompok posting berdasarkan kriteria/kategori tertentu. Dengan adanya label, diharapkan pengunjung/pembaca blog dapat dengan lebih mudah mencari bagian/kategori tertentu dari posting-posting (artikel-artikel) sesuai dengan yang dia inginkan. Akan tetapi ada beberapa karakteristik khusus yang membuat "Label Blogger" berbeda dengan fitur  kategori pada blog berplatform lain (category pada WordPress misalnya). Memahami beberapa karakteristik ini diharapkan dapat memaksimalkan fungsi label dan juga menghindarkan dampak buruk terutama untuk SEO blog Blogger/Blogspot:

 1. Cara Membuat Label Blogger/Blogspot (Basic Step untuk Pemula)

a. Membuat label ketika di halaman new post/buat posting baru (post editor)
(update: 12-7-2013) Ketika sedang membuat posting, anda dapat langsung membuat label. Lihat "post settings di sebelah kanan dan klik "Labels". Masukkan nama label baru dipisahkan dengan koma jika lebih dari satu, atau klik nama label yang sudah ada di bagian bawah.
cara membuat label.kategori artikel di blogger


b. Membuat dan mengedit label di halaman daftar artikel.
Dari dashboard/home Blogger, masuk ke "Posts". Centang satu atau lebih dari satu artikel yang hendak diberi label sama. Klik tanda label di bagian kanan atas. Bagian paling atas adalah untuk memasukkan nama label baru, di bawahnya adalah daftar label yang sudah ada. Jika sudah ada, tinggal pilih nama label yang tersedia.
Jika akan membuat label baru, klik "New Label", akan muncul dialog box, isikan nama label dan klik oke. Done! Lakukan hal yang sama jika ingin menambahkan label lagi.

 2. Karakteristik Umum Label Blogger

a. Susunan label yang ditampilkan pada bagian link label baik di atas atau di bawah posting disusun sesuai abjad, misalnya: Label: Blogging, Cheat, Download, dan seterusnya.

b. Label Blogger bukan lah pengelompokan dengan sistem direktori, namun hanya pengelompokan berdasarkan hasil posting yang ditandai dengan label tertentu dan merupakan perintah pencarian (search label). Ini merupakan kelemahan dan perbedaan Label Blogger dengan category WordPress, dimana category merupakan pengelompokan direktori, sehingga ada parental category, child category, dan seterusnya.

c. Karena url label sebenarnya merupakan perintah search (contoh url-nya: http://buka-rahasia.blogspot.com/search/label/Blog%20Design), maka label bukanlah link permanent (permalink). Atau, lebih mudahnya, bisa dibilang label bukan lah url yang sesungguhnya. Label hanya terbentuk sebagai hasil url perintah pencarian (contohnya seperti url pencarian seach engine). Oleh karena itu, search engine tidak memperhitungkan label sebagai link/url yang sah untuk diindeks. Itulah mengapa ketika anda masuk ke Google Webmaster Tools, ada informasi bahwa link-link label di-restricted oleh robot.txt. Efeknya, label yang terindeks justru malah berdampak buruk pada SEO.

d. Jika anda menggunakan menu/navigasi breadcrumbs (khususnya seperti yang telah saya buat dan beberapa lain yang sejenis), label yang diambil adalah label yang paling terakhir, sehingga apa bila anda membubuhkan lebih dari satu label pada suatu posting, dan karena label diurutkan sesuai abjad, maka label yang ditampilkan di menu breadcrumbs adalah label dengan abjad paling akhir dari posting tersebut. Jika label yang dimunculkan oleh breadcrumbs kurang tepat dan tidak sesuai dengan yang diinginkan, maka optimalisasi SEO pun jadi kurang maksimal.
Contoh: suatu posting memiliki label: "Design, HTML, Trik". maka hasil generating menu breadcrumbs adalah:
Browse >> Home >> Trik >> Judul Posting.

 3. Memaksimalkan Fungsi Label untuk Navigasi dan SEO

a. Pasang label sebagai alat navigasi berdasarkan kelompok posting, baik pada link list label yang sudah disediakan sebagai widget bawaan Blogger/Blogspot ataupun pada menu/navigasi lain, misalnya menu horizontal. Fitur-fitur semacam ini dapat membantu pengunjung/pembaca blog mencari posting yang diinginkan sesuai kelompok/kategori tertentu.

b. Disarankan untuk tidak terlalu banyak membubuhkan label pada suatu posting, sehingga tidak membingungkan pengunjung/pembaca blog. 4 atau 5 label pada suatu posting sudah merupakan batas maksimal yang dapat diterapkan.

c. Karena label bukanlah url yang sesungguhnya (permalink), untuk SEO, maka sebaiknya label tidak diikutsertakan sebagai link yang harus diindeks search engine. Caranya adalah dengan membuat link label bersifat nofollow. Tambahkan rel=nofollow pada setiap link label ketika anda membuat/membubuhkan link label secara manual. Cara ini digunakan apabila anda menambahkan link label secara manual di bagian isi posting atau menu/navigasi tambahan.
Contoh penambahan atribut nofollow pada hyperlink (tag a):
<a href="http://buka-rahasia.blogspot.com/search/label/Widgets" rel="nofollow">Widgets</a>
 Jika anda ingin menambahkan nofollow widget label otomatis bawaan Blogger dan juga label yang muncul di bagian bawah/atasposting, maka atribut nofollow harus ditambahkan melalui edit HTML pada tag xml label. Lihat: Cara Membuat/Mengubah Label Blogger Jadi Nofollow

d. Untuk mengatasi pemunculan urutan breadcrumbs dengan label yang tidak sesuai atau yang tidak diinginkan, maka berhati-hatilah dalam membuat label untuk suatu posting. Pastikan label yang anda ingin munculkan di breadcrums adalah label yang ingin dioptimalkan. Sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan label pada suatu posting dan lihat apakah urutan abjad terakhir pada nama label adalah yang ingin dimunculkan di breadcrumbs. Label yang sesuai dapat berpengaruh baik pada SEO.

Happy blogging, mates!
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Memahami Karakteristik dan Cara Optimalkan Label Blogger
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 54 Comment(s):

Bima Cahya Nugraha said...

Thanks Infonya....
Sangat Berguna.....

Ahmad Khoirul Azmee said...

You're welcome :D

d-quote said...

di webmaster terlihat label label itu dalam kategori crawl error dan jumlahnya sangat banyak sekitar 200-an ada cara menggantinya?

Ahmad Khoirul Azmee said...

Oh tidak perlu. Itu otomatis, dan memang label tidak bisa dicrawl karena di restricted oleh robot.txt. Label memang tidak penting untuk search engine, tapi perlu buat pengunjung sebagai pengelompokan/category dan navigasi tambahan.

Dotnex said...

trimakasih banyak gan... dah banyak membantu dan meringankan . :D

membuat blog gratis said...

lagi mencari pengaruh label terhadap seo, kebetulan ada disini makasih mas

keluarga samara said...

trims pencerahannya..
perlu dirubah semuanya ni..
belajar nulis sekaligus belajar SEOnya biar banyak yang baca..

VERO The MONSTER said...

Thanks buat info'ny sob... sangat membantu

tas artis said...

sy lg belajar bikin toko online pake blogspot yg dicustom domain. Boleh gak sih label sama dengan judul posting? atau sebaiknya gimana? kasih saran ya ....

Ahmad Khoirul Azmee said...

sebaiknya jangan, lebih baik jadikan label sebagai alternatif navigasi. Jika dibuat sama, nanti justru membingungkan pengunjung. buat navigasi sebaik2nya, termasuk menggunakan judul label yg singkat sebagai pengelompok posting/produk.
ex: http://www.obonkobong.com/
Oya, kebanyakan auto link exchange tuh bro, ga bagus buat SEO malah. terlalu banyak link keluar. pilih yg kira2 credible saja.

Anastasyea Aida said...

INFO YANG BAIK !

www.anastasyea.com

Jam Tangan Akurat said...
This comment has been removed by the author.
Kg. zIe cHu'n said...

info yang sungguh Menarik...
tapi apakah Lebel di jadikan menu utama trlihat baik bagi seo,,,..??? terimakasih...

Ahmad Khoirul Azmee said...

bisa saja sebenarnya. tapi jika tidak terstruktur dengan baik justru mengacaukan. conhtoh, silahkan lihat label milik ganool.com, semua label memiliki PR. cukup aneh juga, tapi itu faktanya. saya juga masih terus menyelidiki itu.

Maria Ulfah said...

halo, thanks infonya ya..secara saya adalah new blogger, jd artikel ini bermanfaat banget buat saya.
www.terasmaul.blogspot.com

bazuqe said...

Artikelnya keren2.....
Sangat bermanfaat bagi saya, Terus berjoeang dan terus berbagi Ilmu buat sesama..

Sukses om...

syarif said...

misi mas, perkenalkan saya syarif. ane mau nanyak, kalo cara buat label yg seperti mas punya(kalo ditunjuk trus keluar tulisan2) itu gimana caranya..? (dunia-kita-sunyi.blogspot.com), makasih sebelumnya.... :)

gemscool said...

asik banget deh baca2 artikelnya keren2 banget

Indoking said...

boz label punya sy kok error yah?singkat ceritanya gini, msl sy buat label 'download' dan postingan di label tersebut lumayn banyak, tetapi pas masuk ke blog dan mengklik label tersebut yang terjadi hanya satu atw dua posting saja yang muncul pdhl banyak postingan yang sy kategorikan ke dalam label tersebut. Apabila berkenan Mhn solusinya

gentong-ilmu said...

Artikel yang bermanfaat dan sangat memotivasi saya dalam pengembangan blog lebih lanjut.

saya akan sering berkunjung ke blog ini.

terima kasih. salam blogger.

Ahyar said...

Pencerahan yang bagus sekali. Ketepatan menentukan Label juga dapat berfungsi sebagai kekuatan url Blog atau website yang akan diramban mesin pencari.

Muhamad Jahus Jarzani said...

Maksih bnyk Gan atasa Info2na...
Like This Yooo...

Salam kenal :
http://dapatfilmgratis.blogspot.com/

http://jendelatekniksipil.blogspot.com/

Cara Aqiqah said...

sejak google menggunakan label, navigasi di web emang jadi lebih enak

Bagus Ramadhan said...

nice share

kunjungi jga www.1886.co.cc

Jumansyah Hamid said...

kereeen

wan leades said...

mantap gan,, !!

Berbagi Kreativitas said...

Sangat bermanfaat dan membantu bagi Saya yang sedang menuju optimasi blog. Tidak pernah ada habisnya pasti jika sudah bicara soal SEO, thanks untuk share ilmunya.

Yang ingin saya tanyakan, jika kita ingin merubah atau edit label yang telah terposting adakah pengaruhnya terhadap optimasi blog kita?

Puzzle Al Qur'an said...

kalo kita naruh link dengan label berarti tdk terlalu mempengaruhi blog ya! benar ngk?

Nisa said...

Saya memasang Related Post pada blog saya. Apakah saya juga disarankan untuk pasang label atau bagaimana? Terima kasih.

Blog Mantap Donk said...

punya saya label nya terlalu...
parah banget....,yang Akhir-akhiran....

Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia said...

Mas Khoirul, kalo di blog saya, label itu saya gunakan sebagai tag seperti di word***ss. Dengan cara ini, blog saya dengan mudah bisa terindeks di google dibandingkan dengan menggunakan label sebagai kategori..
Terima Kasih

Putra patiwara said...

Check Blog Sya Ya mAs Bro ' bnyak infp-info blog yang perlu anda ketahui .
CHECK TKP ??? http://putrapatiwara.blogspot.com/
THN'S

ArdShare said...

Terima kasih, artikelnya benar2 sangat bermanfaat mas

Farhad Zamani said...

mas khoirul, mau tanya nih...
gimana cara untuk membuat breadcrumb agar yang ditampilkan multi label.
makasih :)

Gemscool said...

dengan ini label ku makin asik loh

PASTA said...

lebel biar lebih manta kelihatanya gimana tuh??

innestudio.blogspot.com said...

thax infonya membantu banget....

Blogadexme said...

Thanks sobat ats pnjelasannya yg sgt brmnfaat....!
happy blogging

WONDERFULL BLOG said...

keren juga informasinya..
silakan kunjungi blog saya untuk menambah wawasan

Wonderfull Blog

Ramadhan Akbar said...

artikelnya bagus banget mas, tahnk tentang tutorialnya,

Ridwan Ahmad said...

mantab sobat blognya , keren follow back ya..
http://softwareku4u.blogspot.com

Kang Didi said...

Owh begitu ya gan, harus dikasih nofollow....

terima kasih gan....
gan mau tanya dikit kalau kita ubah template agar perubahan cepat terbaca googlr gmn ya gan caranya...

mohon pencerahannya sekalian berkunjung gan

Cecep Hilman said...

Terima kasih banget nih infonya Bung...

Pipit Rika wijaya said...

benar-benar membuka pintu otak saya yang tertutup.
maturnuwun.
-oh, ndesoe aku-

pengurusan tanah said...

gan bagaimana caranya membuat label jika posting tersebut di kirim via email

salam kena;

Yoe One Ariestya Niovitta said...

saudar-audara,,, limit label dlm blog kan hanya 20 label saja, ada yg tahu cara menambah jumlah 20 itu menjadi lebih banyak? mohon bantuannya ya,,, :) terima kasih!

fanny said...

informasi artikel yang sangat bermanfaat, thks

SeaSon said...

mantap nie mas....
trs cara biar google adsense bisa satu blog dengan iklan lain apa aja ya syaratnya?
mohon petunjuknya mas terimakasih

Zaenal Muhlisin said...

maksih
mantab ni infonya

Muehammad Yuezha Andrean said...

Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi menarik tentang Memahami Karakteristik dan Cara Optimalkan Label Blogger adalah merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami... Teruslah berbagi informasi

EDY MARYANTO said...

nice blog salam kenal dari pembelajar.

nursyam septiadi said...

Barmanfaat sekali mas ilmunya, Terimakasih.

alga ivo said...

Thanks infonya, pemula saya.

Firman Fajar said...

Terima kasih infonya.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap