Tujuan
menulis artikel - apapun, termasuk
tujuan menulis artikel blog - adalah menyampaikan isi pikiran, ide, gagasan, pengaruh, wacana, dan beragam lainnya. Salah satu tolok ukur keberhasilan yang paling mudah dilihat adalah jumlah pembaca atau berapa kali artikel karya anda dibaca. Nah berapakah angka yang anda target? Ratusan? Ribuan? Atau bahkan jutaan? Tentu merupakan pertanyaan klise, sebab sudah sangat pasti jawabannya adalah: Sebanyak-banyaknya!
Dalam beberapa kasus, banyak artikel blog cuma mampir publikasi dan akhirnya hanya menjadi koleksi yang sekedar menambah jumlah posting lantaran memiliki daya baca (
readership) rendah. Banyak faktor yang menentukan daya baca tersebut; diantaranya adalah: kualitas isi, kebutuhan pembaca (demand),
format dan gaya penulisan artikel, publikasi (social media, dll), optimasi di search engine (
SEO), dan lain sebagainya.
Ada satu hal yang seringkali luput dari perhatian, namun sebenarnya menyumbang persentase besar dalam hal ketertarikan pembaca. Apa itu? Headline, ya headline, atauuuu... yang biasa kita sebut judul artikel blog. Sedemikian besarkah pengaruhnya? Ya. Ibarat rumah, judul artikel adalah pintu gerbang. Headline atau judul merupakan ringkasan sangat singkat dari apa yang akan diulas di dalam artikel. Pengunjung atau pembaca mengambil keputusan apakah dia akan membaca atau tidak berdasarkan informasi yang dia dapat dari judul artikel tersebut. Banyak sekali artikel berkualitas akhirnya sia-sia ditulis lantaran tidak memiliki headline yang atraktif. Ini karena penulisnya mengesampingkan perancangan judul artikel/headline yang amat sangat penting.
Di artikel sebelumnya,
guest blogger sobat Anas pernah membahas tentang
membuat judul artikel yang tidak membosankan. Poinnya adalah anda harus sekreatif mungkin dalam merancang judul artikel. Pada artikel tersebut, ditawarkan metode
file swapping yang mudah untuk diterapkan. Judul artikel merupakan daya tarik. Sebuah headline yang efektif mampu "menghipnotis" pembaca dengan rasa penasaran tinggi, sehingga dia memutuskan untuk membaca artikel yang ditawarkan.
Ya, benar. Pada poin ini, anda harus memahami bahwa segala sesuatu memiliki efek psikologis. Demikian pula halnya dengan headline. Headline yang membuat penasaran, membujuk, menawarkan sesuatu, memberikan informasi penting, bahkan menimbulkan tanda tanya dan pertentangan bisa jadi merupakan senjata ampuh untuk artikel anda. Namun demikian, sebelumnya saya perlu tegaskan bahwa ini bukan berarti anda hanya fokus pada membuat judul atau headline menarik,
isi artikel yang berkualitas juga tidak boleh dikesampingkan, sebab anda hanya akan membuat
pepesan kosong saja jika diabaikan, dan pada akhirnya hanya menipu pembaca. Bukannya efek bagus yang didapat, bisa-bisa artikel dan blog anda kemudian ditinggalkan.
Jenis Judul Artikel (Headline) yang Mempengaruhi Keinginan Membaca
Dari berbagai jenis artikel yang saya amati, ada beberapa headline yang memiliki efek bombastis dalam merangsang keinginan membaca. Jenis atau format headline tersebut saya amati perkembangannya pada beberapa blog saya serta pada artikel-artikel di blog lain. Melalui hasil pencarian Google search, saya lihat beberapa diantaranya memiliki CTR (click throgh rate, rata-rata potensi klik) cukup tinggi. Artinya, menang di halaman pertama Google saja tidak cukup, tapi bagaimana anda merancang headline juga berpengaruh besar. Jenis headline ini juga bisa memberikan ide apa yang akan anda tulis pada artikel-artikel berikutnya. Berikut adalah 5 dari beberapa jenis judul artikel yang menurut saya menjadi faktor penentu klik serta ketertarikan pembaca:
1. Pro Kontra
Ini merupakan jenis judul artikel serta konten yang mudah dan jelas. Konsepnya adalah pertentangan atau perbandingan. Dalam pelajaran bahasa Inggris (hehehe...), teks di dalam judul ini disebut sebagai discussion text. Untuk artikel blog, biasanya digunakan untuk membandingkan produk atau layanan, tapi tidak menutup kemungkinan untuk hal lain, misalnya baik buruk melakukan suatu aktivitas tertentu.
Ide: Banyak ide yang bisa anda telurkan dari jenis ini, misalnya adalah: kelebihan dan kekurangan, baik dan buruk, keuntungan dan kerugian. Contoh ide penulisan judul yang bisa anda rancang adalah: "Kelebihan dan Kekurangan Platform Blogger", "Dampak Positif dan Dampak Negatif Facebook". Anda juga bisa membandingkan atau mempertentangkan dua hal yang sama dan tidak terbatas pada internal satu hal saja, sebagai contoh: "Blogger Vs WordPress: Sebuah Studi Kasus".
2. Panduan
Sudah bisa ditebak bahwa jenis ini berkaitan dengan panduan, tutorial, cara, atau tips. Isi artikel berkenaan dengan bagaimana cara melakukan sesuatu atau langkah-langkah dalam mengatasi suatu masalah (how to). Konsepnya adalah prosedur atau instruksi. Dalam pelajaran bahasa Inggris (haha, lagi-lagi...) teks di dalam judul seperti ini disebut sebagai procedure text. (Ini sekaligus memberikan gambaran bahwa artikel semacam ini juga laris-manis di dunia internet.)
Ide: Contoh ide dalam membuat judul semacam ini misalnya adalah "10 Tips Ampuh Menghadapi Ujian CPNS", "Cara Paling Mudah Meraih Peringkat Satu di Google", "Panduan Lengkap Merawat dan Mengembangkan Blog Secara Profesional", dan lain sebagainya.
3. Buka Rahasia
Ini sama sekali bukan tentang blog ini loh, haha. Ada banyak headline atau judul artikel yang berkaitan dengan "rahasia-rahasiaan", karena banyak orang menyukai hal-hal penuh rahasia dan memburu hal-hal tentang pengungkapan rahasia itu sendiri. Oleh karena itu, tidak heran jika artikel-artikel dengan judul demikian memiliki CTR cukup tinggi, karena mampu menimbulkan rasa penasaran yang tinggi pula. Meskipun pada kenyataannya, yah... banyak yang sebenarnya sudah
bukan rahasia lagi, dan bahkan sudah dibahas dimana-mana berulangkali (bahkan sekedar artikel copas). Tapi, ya, faktanya "rahasia" memang menjadi kata ajimat. Dalam hal isi artikel dan cara pembahasannya, jenis ini masuk ke dalam kategori
explanation text (hehe, bahasa Inggris lagi).
Ide: Judul demikian saya kira bukan hal yang sulit untuk dirancang, sebab kata "rahasia" sendiri sudah cukup kuat. Contoh: "Rahasia Bisnis Online: Meraup Rupiah Dengan Cepat!", "3 Rahasia Mendapat Traffic Ribuan dalam Semalam!", "Rahasia Meraih Halaman Satu Google Akhirnya Terungkap!". Anda bisa membuat judul-judul yang lebih bombastis lagi, namun perlu diperhatikan bahwa isi artikel harus sepadan dengan judul tersebut sebab jika tidak pembaca akan merasa tertipu karena hanya mendapat pepesan kosong alias bullshit.
4. Humor dan Satir
Jangan salah, anda juga bisa merancang judul artikel yang berbau humor dan bahkan bernada satir (menyindir). Namun, memang judul demikian harus dibuat dengan sangat berhati-hati dan benar-benar disesuaikan dengan target pembaca. Apa alasan dibalik banyaknya judul demikian bisa sukses menarik pembaca? Sebab headline semacam ini bisa membuat pembaca tersenyum simpul dan bahkan mungkin tertawa terbahak-bahak, ada juga yang tersindir. Dalam keadaan seperti ini, sangat besar kemungkinan pembaca merasa terhibur, "agak tersinggung", lalu penasaran ingin membaca isi artikelnya.
Ide: Syarat utama adalah kreativitas dan selera humor (orang yang biasa serius bakalan kagok, sumpah!). Tapi saya sangat yakin siapapun bisa merancangnya jika mau berlatih. Salah satu ide saya, buat judul artikel yang seolah-olah tidak diharapkan untuk dibaca, tetapi kemudian dipertentangkan dengan apa yang bisa membuat pembaca penasaran. Contoh: "
Baca Ini Tidak akan Membuat Kaya, Tapi Anda Akan Tahu Cara untuk Kaya!". Contoh lainnya yang lebih ekstrim, "
Pengen Kaya? Jangan Baca Artikel Ini Ya!". Contoh lain untuk judul artikel satir adalah, "
10 Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Blogging".
5. Negasi (Penggunaan Kalimat atau Frase berbau Negatif)
Selain menggunakan judul yang terkesan mengundang, menarik perhatian, menjawab permasalahan, atau menentramkan (karena adanya solusi), penggunaan negasi di dalam kalimat atau frase di dalam judul artikel juga bisa menimbulkan tanda tanya besar bagi pembaca yang melihatnya. Dengan demikian, rasa penasaran pasti muncul. Taktik ini seolah menimbulkan rasa tidak nyaman, rasa takut, atau rasa tidak menyenangkan kepada pembaca, namun kemudian dijawab, diberikan solusi, atau dijelaskan di dalam artikel. Efeknya, pembaca akan merasakan sebuah urgensi tinggi untuk segera membaca isinya. Taktik ini harus digunakan dengan sangat hati-hati dan isi artikel benar-benar harus dipersiapkan dengan matang.
Ide: Gunakan judul-judul yang memberikan rasa tidak nyaman, tidak aman, takut, menentang, atau mungkin berbeda dari pernyataan atau kenyataan yang sudah didapat/diyakini oleh pembaca sebelumnya. Sebagai contoh, "Mengapa Tanpa SEO Situs Anda Akan Kandas", "Mengapa Blog Gratisan Tidak Akan Menghasilkan Uang", "20 Alasan Kamu Akan Segera Diputusin Pacar", dan sebagainya.
Penutup
Yah, memang, jika ditanya: apakah keberhasilannya besar? Tentu jawaban saya klise: relatif. Tergantung dari bagaimana anda mengkreasikan judul-judul artikel anda, dan pada akhirnya pada bagaimana anda membuat artikel secara keseluruhan. Tapi, setidaknya ada beberapa gagasan yang bisa dipikirkan untuk memperkaya ruang kreativitas anda dalam membuat artikel, khususnya artikel blog. Satu poin penting juga, adanya beberapa gagasan di atas bukan berarti anda serta merta menggunakan semuanya dalam setiap artikel. Ada kalanya sebuah artikel memang harus memiliki judul atau headline yang "apa adanya", dan tidak perlu dirancang terlalu ekstrim, karena bisa jadi malah merusak esensinya.
That's it, and have a nice blogging, folks... as always....
63 Comment(s):
Waw, keren banget pak azmi.. Saya tidak berpikir tentang hal ini sebelumnya. Terima kasih pak!. Akan langsung saya praktekkan sedikit-demi sedikit di blog saya
Saya masih dalam tahap belajar, tipsnya sangat keren mas. Kalau dilihat-lihat, mungkin saya menggunakan yg point no 2, panduan.
Namun saya pernah mendapat saran dari teman saya, dia bilang kalimat kalimat di dalam artikel saya terkesan kaku, kurang komunikatif.
Ada artikel tentang cara menulis dengan kalimat/kata yang komunikatif ngga mas ?
Thanks before....
Kalau saya masih setia dengan postingan yang berbau panduan, Bang dan belum pernah nyoba buat postingan yang berbau pro kontra. Mungkin saya juga belum biasa sih tapi saya rencana mau buat lagi blog tentang koleksi driver PC dan laptop. Kira2 akan melanggar nda Bang jika saya pasangi iklan GA nantinya??
wah dari kelima itu blog saya gak memenuhini,semua kontenya datar aja,justru seperti tempat penyimpanan file database public,terima kasih om atas ilmunya
saya tertarik dengan point ke lima,sepertinya patut untuk di coba apalagi sekarang ini,masyarakat lebih suka dengan informasi yang sedikit memberikan rasa yang tidak sesuai dengan kondisi yang terjadi,
@syakir: Terima kasih. :) dan sukses buat artikel-artikel selanjutnya!
@Hasbi: Silahkan cek kumpulan artikelnya di sini, mungkin ada salah satu yang sesuai dengan kebutuhan anda:
http://buka-rahasia.blogspot.com/p/kumpulan-tips-menulis-artikel-blog-buka_27.html
@Agung: Kalo driver-nya free, bukan produk berbayar ndak masalah, sob.
@Albeit: Yah, sejatinya yang namanya artikel bukan sekedar kumpulan hal-hal seperti itu atau link download saja.
@Bunda: Silahkan dicoba Bun, kali aja bisa terbukti :)
Terima kasih atas tanggapannya mas
Teknis di atas secara garis besar adalah memuat 2 hal:
1. Memenuhi unsur psikologis manusia : ingin kaya, ingin hal-hal yang berbau NILAI LEBIH.
2. Memenuhi teknik DLUAR KOTAK. seperti judul "Baca Ini Tidak akan Membuat Kaya, Tapi Anda Akan Tahu Cara untuk Kaya!"
@ Hasbi: You're welcome.
@Elbuy: Exactly, tepat sekali penyimpulannya! :) terima kasih atas komentarnya.
selamat pagi mas khoirul dan selamat beraktivitas. sambil beraktivitas di kantor pagi ini, saya sudah melahap tulisan mas khirul untuk judul yang ini. :D seputar koran Buka Rahasia
pada blog saya yang lama yang kini sudah ditelan oleh google saya selalu menggunakan judul "Pro Kontra" memang sangat menarik dan asik untuk berdebat sama para komentator. nah kali ini setelah saya melahap tulisan mas khirul, saya juga sudah membuat tulisan yang berjudul Rahasia Gaya Bahasa Nakal Tapi Memikat Untuk Dibaca Pengunjung (Maaf mas tidak saya taruh link untuk menuju blog saya, karena saya tidak mau dianggap SPAM
thanks ilmunya kang Azmi, tapi kita juga tak boleh melupakan bobot dari isi artikel tersebut, supaya tidak mengecewakan pengunjung.
Hal yang paling sulit bagi saya adalah dalam merangkai-rangkai kata..
mas kalo artikel tentang pertanian gimana ya caranya membuat artikel pertanian itu bisa membuat pembaca penasaran ama artikel itu,mohon bimbingannya mas soalnya blogku fokus untuk dunia pertanian,ama isu global warming
Albeit:
Ada banyak cara membuat artikel nonpopuler menjadi menarik. Yang pertama perlu dipahami adalah siapa target pembaca anda. Jika anda ingin informasi pertanian itu dibaca pembaca remaja, tentu anda harus membuat strategi yang pas. Misalnya: gaya bahasa, yang mencakup pilihan kata yang digunakan (diksi), topik-topik yang bisa masuk ke telinga mereka dengan mudah, dan seterusnya. Dalam kaitannya dengan judul, pastikan judul-judul yang anda buat dikurangi nilai "keilmiahannya", meskipun mungkin pertanian dan global warming erat dengan bidang keilmuan yang agak rumit, tapi menurut saya bisa diakali dengan cara seperti itu. Misalnya "Mengapa Efek Global Warming Bisa Mengancam Siapa Saja?", "Beberapa Hal Menarik Dalam Dunia Pertanian Indonesia", dan seterusnya.
oh gitu ya mas,terima kasih mas sama sarannya,ya meskipun membuat gaya bahasa yang mengurangi nilai keilmiannya itu agak sulit sih mas,soalnya kalo judul doang si mudah,tapi kalo dicampurkan sama postingannya itu yang agak sulit,soalnya takut mengurangi nilai ilmiahnya,tapi aka saya coba mas,mas tolong kunjungi blog saya dong mas yang Cara Hijau,minta koreksinya tentang blog saya dong mas,ya meskipun postingannya gak 100% milik saya,soalnya saya comot lalu modivikasi sendiri,soalnya kalo gak gitu takut salah tentang ilmiahnya kalo gak comot sana sini,kalo bisa koreksinya yang pedas gak papa mas,soalnya biar saya koreksi kesalahannya,sekali lagi Thank's ya mas atas sarannya
terima kasih info nya mas..
jadi pengen ngeposting lagi nih.. hehehe
happyv blogging mas..
http://indradp-share.blogspot.com/
Keren infonya..terima kasih.
tnks infonya mampir juga maa di blog saya yg masih new bie ini
http://pelajaransekolahdanmatakuliah.blogspot.com/
info yang bagus, jadi pengen nyoba, terutama point terakhir, thanks infonya
Makasih ilmunya..akan sangat berguna bagi saya..
Masukan yang sangat luar biasa mas, ane dapat ide baru lagi nih. Jadi semangat lagi bikin artikel....
setiap saya kunjungan ke blog buka-rahasia saya selalu dapat pencerahan tentang cara ngeblogg..... thanxs u bangaat mas info2nya bermnfaat sekalii
salam kenall all
salam blogger
Ternyata menulis sebuah artikel blog memang sedikit harus bisa menguasai tehniknya. Kudu belajar lebih giat nih ,,,,,, :)
idem sama agan ini, ga pandai merangkai kata kata :)
Saya masih baru di dunia blog,.. terima kasih buat infonya....
blog ini banyak memberikan motivasi untuk blogger lain...
wah ini... bookmark dulu ah... tengkyu gan
Mas, mau tanya nih.
Gmna caranya agar halaman archieve tidak terindex oleh google??
memang BUKA-RAHASIA nih blog!
Mantap gan
Artikel yang bermanfaat, ijin dicoba nih...... kalo soal widget blogger yang menarik itu bisa diambil di web mana yah??? thx, visit juga www.ipb.ac.id
Trimakasih atas infonya broo.. jangan lupa kunjungannya ya http://grandi-007.blogspot.com/ :-D
Keren gan infonya
teimaksih buat infonya gan..
mampir ya ke blog saya yang bru belajar dunia bolg :)
http://wadi-blog.blogspot.com/
Terima kasih atas infonya, Untuk selanjutnya saya coba pakai ilmunya yah di blog saya
nice pos
umpan balik ya
info nya sangat bagus, saya newbi dan semua artikel sangat berguna buat memperbaiki blog saya.
salam kenal
keep ngartikel gan..bagush info headlinenya :D
Ebook milik Jon Morrow yang berjudul 52 Headline Hack juga saya kira patut dicoba untuk diparktikan oleh blogger mas? Menurut saya bagus untuk variasi gaya menulis blogger yang sejauh ini menurut subyektif saya masih umum-umum saja...plus copyblogger.com juga saya kira bagus untuk dijadikan referensi menulis...salam...
Keren infonya, sangat menarik, bisa mempengaruhi pembaca :)
bagaimana menjadi penulis yang hebat.. hasil karyanya banyak di baca orang...
sip atas perhatianya. Ini berguna mencerdaskan bangsa.
sallam http://avirs.blogspot.com
tips 1-5 semuanya top mas,,,,, :)
Setuju sama poin ke lima tuh kang,soalnya orang indonesia pada seneng dengan berbau2 negatif xD ,yaa tapi terbgantung dari orang itu sendiri sih
thanks gan infonya bermanfaat bagi saya yang masih newbie kunjungi juga blog saya
http://mulapop.blogspot.com
tambahan lagi pak. pembaca biasanya pembaca suka dan banyak dicera mengenai cara menghasilkan uang :)
wah tutorial banyak juga ya.. blogwalking mas
artofcils.blogspot.com
Memotivasi banget :)
wah pencerahan baru ya sb,
salam kenal
Terima kasih atas informasi dan sekaligus menjadi ilmu bagi saya,,,,,
by: http://opakjamsur.blogspot.com/
Salluute buat bung azmi.. membuka wawasan saya sebelum membuat blog. Terima kasih ilmunya..
Ada hal lain yang ingin saya tanyakan. Jika blognya bersifat komersil atau untuk jualan produk apa saja hal yang perlu kita perhatikan dan apa saja tipsnya? Mohon sarannya pak.. terima kasih..
Info nya sangat bermanfaat sekali,dan bisa di jadikan referensi.makasih mas admin.
@Angga: mengenai blog sebagai sarana marketing silahkan simak langsung ulasan-ulasannya di tautweb.com
Judul memang benar-benar punya pengaruh agar menarik pembaca, dan terkadang sulit juga membuat jdul yang menarik
Pak admin, ada yang nak saya tanyakan..
Di blog saya bahasanye lebih kt melayu, saya memang orang indon, tapi karna tebiasa berbuai dengan akak saya yang di malay, jika aku cakap lenggok ku lebih melayu. Ape bhs Di blog saya sudeh temasuk SEO atou tidak??
Ape tu akan pengaruhi blog saya?
Ape pembaca akan sulit untok faham dengan isi blog saya?
Visit:
http://My-bintangmelayu.blogspot.com/
@Arif, jika target anda pembaca dari Indonesia, tentu akan muncul beberapa pembaca, terutama kata-kata yang memiliki arti dan konteks berbeda. Jadi targetkan bacaan sesuai dengan wilayah/asal pembaca.
terimakasih atas informasinya pak,,,, sangat bermanfaat sekali dan akan saya coba praktekin.
Makasih om buat infonya:) sangat bermanfaat...
terima ksih mas atas tipsnya sangat membantu ini :D
pengunjung jadi lebih tertarik :D
dalam tahap uji coba bang (masih sangat mendasar) :D , terima kasih buat tips nya
dan semoga bisa se-keren dan se-rame blognya bang azmi ini heheh
Ilmu yang bermanfaat sekali gan memang susah untuk membuat judul artikel blog yang menarik kalau belum menguasai cara meriset atau mencari kata kunci yang banyak di sukai oleg para pembaca. Makasih Usah share. sangat bermanfaat
Artikelnya keren, Anda memang fabs mas... semoga saja isi artikel mas bisa saya amalkan :)
artikelnya keren gan.. sukses buat artikelnya
nice blogger nya baguz
Info yang sangat berguna.tq
Post a Comment