5 Jenis Judul Artikel Yang Menarik Pembaca Blog (Plus Ide Merancangnya)

Membuat Judul Artikel Blog Menarik

Tujuan menulis artikel - apapun, termasuk tujuan menulis artikel blog - adalah menyampaikan isi pikiran, ide, gagasan, pengaruh, wacana, dan beragam lainnya. Salah satu tolok ukur keberhasilan yang paling mudah dilihat adalah jumlah pembaca atau berapa kali artikel karya anda dibaca. Nah berapakah angka yang anda target? Ratusan? Ribuan? Atau bahkan jutaan? Tentu merupakan pertanyaan klise, sebab sudah sangat pasti jawabannya adalah: Sebanyak-banyaknya!

Dalam beberapa kasus, banyak artikel blog cuma mampir publikasi dan akhirnya hanya menjadi koleksi yang sekedar menambah jumlah posting lantaran memiliki daya baca (readership) rendah. Banyak faktor yang menentukan daya baca tersebut; diantaranya adalah: kualitas isi, kebutuhan pembaca (demand), format dan gaya penulisan artikel, publikasi (social media, dll), optimasi di search engine (SEO), dan lain sebagainya.

Ada satu hal yang seringkali luput dari perhatian, namun sebenarnya menyumbang persentase besar dalam hal ketertarikan pembaca. Apa itu? Headline, ya headline, atauuuu... yang biasa kita sebut judul artikel blog. Sedemikian besarkah pengaruhnya? Ya. Ibarat rumah, judul artikel adalah pintu gerbang. Headline atau judul merupakan ringkasan sangat singkat dari apa yang akan diulas di dalam artikel. Pengunjung atau pembaca mengambil keputusan apakah dia akan membaca atau tidak berdasarkan informasi yang dia dapat dari judul artikel tersebut. Banyak sekali artikel berkualitas akhirnya sia-sia ditulis lantaran tidak memiliki headline yang atraktif. Ini karena penulisnya mengesampingkan perancangan judul artikel/headline yang amat sangat penting.

Di artikel sebelumnya, guest blogger sobat Anas pernah membahas tentang membuat judul artikel yang tidak membosankan. Poinnya adalah anda harus sekreatif mungkin dalam merancang judul artikel. Pada artikel tersebut, ditawarkan metode file swapping yang mudah untuk diterapkan. Judul artikel merupakan daya tarik. Sebuah headline yang efektif mampu "menghipnotis" pembaca dengan rasa penasaran tinggi, sehingga dia memutuskan untuk membaca artikel yang ditawarkan. 

Ya, benar. Pada poin ini, anda harus memahami bahwa segala sesuatu memiliki efek psikologis. Demikian pula halnya dengan headline. Headline yang membuat penasaran, membujuk, menawarkan sesuatu, memberikan informasi penting, bahkan menimbulkan tanda tanya dan pertentangan bisa jadi merupakan senjata ampuh untuk artikel anda. Namun demikian, sebelumnya saya perlu tegaskan bahwa ini bukan berarti anda hanya fokus pada membuat judul atau headline menarik, isi artikel yang berkualitas juga tidak boleh dikesampingkan, sebab anda hanya akan membuat pepesan kosong saja jika diabaikan, dan pada akhirnya hanya menipu pembaca. Bukannya efek bagus yang didapat, bisa-bisa artikel dan blog anda kemudian ditinggalkan.

Jenis Judul Artikel (Headline) yang Mempengaruhi Keinginan Membaca


Dari berbagai jenis artikel yang saya amati, ada beberapa headline yang memiliki efek bombastis dalam merangsang keinginan membaca. Jenis atau format headline tersebut saya amati perkembangannya pada beberapa blog saya serta pada artikel-artikel di blog lain. Melalui hasil pencarian Google search, saya lihat beberapa diantaranya memiliki CTR (click throgh rate, rata-rata potensi klik) cukup tinggi. Artinya, menang di halaman pertama Google saja tidak cukup, tapi bagaimana anda merancang headline juga berpengaruh besar. Jenis headline ini juga bisa memberikan ide apa yang akan anda tulis pada artikel-artikel berikutnya. Berikut adalah 5 dari beberapa jenis judul artikel yang menurut saya menjadi faktor penentu klik serta ketertarikan pembaca:

1. Pro Kontra

Ini merupakan jenis judul artikel serta konten yang mudah dan jelas. Konsepnya adalah pertentangan atau perbandingan. Dalam pelajaran bahasa Inggris (hehehe...), teks di dalam judul ini disebut sebagai discussion text. Untuk artikel blog, biasanya digunakan untuk membandingkan produk atau layanan, tapi tidak menutup kemungkinan untuk hal lain, misalnya baik buruk melakukan suatu aktivitas tertentu.

Ide: Banyak ide yang bisa anda telurkan dari jenis ini, misalnya adalah: kelebihan dan kekurangan, baik dan buruk, keuntungan dan kerugian. Contoh ide penulisan judul yang bisa anda rancang adalah: "Kelebihan dan Kekurangan Platform Blogger", "Dampak Positif dan Dampak Negatif Facebook". Anda juga bisa membandingkan atau mempertentangkan dua hal yang sama dan tidak terbatas pada internal satu hal saja, sebagai contoh: "Blogger Vs WordPress: Sebuah Studi Kasus".

2. Panduan

Sudah bisa ditebak bahwa jenis ini berkaitan dengan panduan, tutorial, cara, atau tips. Isi artikel berkenaan dengan bagaimana cara melakukan sesuatu atau langkah-langkah dalam mengatasi suatu masalah (how to). Konsepnya adalah prosedur atau instruksi. Dalam pelajaran bahasa Inggris (haha, lagi-lagi...) teks di dalam judul seperti ini disebut sebagai procedure text. (Ini sekaligus memberikan gambaran bahwa artikel semacam ini juga laris-manis di dunia internet.)

Ide: Contoh ide dalam membuat judul semacam ini misalnya adalah "10 Tips Ampuh Menghadapi Ujian CPNS", "Cara Paling Mudah Meraih Peringkat Satu di Google", "Panduan Lengkap Merawat dan Mengembangkan Blog Secara Profesional", dan lain sebagainya.

3. Buka Rahasia

Ini sama sekali bukan tentang blog ini loh, haha. Ada banyak headline atau judul artikel yang berkaitan dengan "rahasia-rahasiaan", karena banyak orang menyukai hal-hal penuh rahasia dan memburu hal-hal tentang pengungkapan rahasia itu sendiri. Oleh karena itu, tidak heran jika artikel-artikel dengan judul demikian memiliki CTR cukup tinggi, karena mampu menimbulkan rasa penasaran yang tinggi pula. Meskipun pada kenyataannya, yah... banyak yang sebenarnya sudah bukan rahasia lagi, dan bahkan sudah dibahas dimana-mana berulangkali (bahkan sekedar artikel copas). Tapi, ya, faktanya "rahasia" memang menjadi kata ajimat. Dalam hal isi artikel dan cara pembahasannya, jenis ini masuk ke dalam kategori explanation text (hehe, bahasa Inggris lagi).

Ide: Judul demikian saya kira bukan hal yang sulit untuk dirancang, sebab kata "rahasia" sendiri sudah cukup kuat. Contoh: "Rahasia Bisnis Online: Meraup Rupiah Dengan Cepat!", "3 Rahasia Mendapat Traffic Ribuan dalam Semalam!", "Rahasia Meraih Halaman Satu Google Akhirnya Terungkap!". Anda bisa membuat judul-judul yang lebih bombastis lagi, namun perlu diperhatikan bahwa isi artikel harus sepadan dengan judul tersebut sebab jika tidak pembaca akan merasa tertipu karena hanya mendapat pepesan kosong alias bullshit.

4. Humor dan Satir

Jangan salah, anda juga bisa merancang judul artikel yang berbau humor dan bahkan bernada satir (menyindir). Namun, memang judul demikian harus dibuat dengan sangat berhati-hati dan benar-benar disesuaikan dengan target pembaca. Apa alasan dibalik banyaknya judul demikian bisa sukses menarik pembaca? Sebab headline semacam ini bisa membuat pembaca tersenyum simpul dan bahkan mungkin tertawa terbahak-bahak, ada juga yang tersindir. Dalam keadaan seperti ini, sangat besar kemungkinan pembaca merasa terhibur, "agak tersinggung", lalu penasaran ingin membaca isi artikelnya.

Ide: Syarat utama adalah kreativitas dan selera humor (orang yang biasa serius bakalan kagok, sumpah!). Tapi saya sangat yakin siapapun bisa merancangnya jika mau berlatih. Salah satu ide saya, buat judul artikel yang seolah-olah tidak diharapkan untuk dibaca, tetapi kemudian dipertentangkan dengan apa yang bisa membuat pembaca penasaran. Contoh: "Baca Ini Tidak akan Membuat Kaya, Tapi Anda Akan Tahu Cara untuk Kaya!". Contoh lainnya yang lebih ekstrim, "Pengen Kaya? Jangan Baca Artikel Ini Ya!". Contoh lain untuk judul artikel satir adalah, "10 Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Blogging".

5. Negasi (Penggunaan Kalimat atau Frase berbau Negatif)

Selain menggunakan judul yang terkesan mengundang, menarik perhatian, menjawab permasalahan, atau menentramkan (karena adanya solusi), penggunaan negasi di dalam kalimat atau frase di dalam judul artikel juga bisa menimbulkan tanda tanya besar bagi pembaca yang melihatnya. Dengan demikian, rasa penasaran pasti muncul. Taktik ini seolah menimbulkan rasa tidak nyaman, rasa takut, atau rasa tidak menyenangkan kepada pembaca, namun kemudian dijawab, diberikan solusi, atau dijelaskan di dalam artikel. Efeknya, pembaca akan merasakan sebuah urgensi tinggi untuk segera membaca isinya. Taktik ini harus digunakan dengan sangat hati-hati dan isi artikel benar-benar harus dipersiapkan dengan matang.

Ide: Gunakan judul-judul yang memberikan rasa tidak nyaman, tidak aman, takut, menentang, atau mungkin berbeda dari pernyataan atau kenyataan yang sudah didapat/diyakini oleh pembaca sebelumnya. Sebagai contoh, "Mengapa Tanpa SEO Situs Anda Akan Kandas", "Mengapa Blog Gratisan Tidak Akan Menghasilkan Uang", "20 Alasan Kamu Akan Segera Diputusin Pacar", dan sebagainya.

Penutup


Yah, memang, jika ditanya: apakah keberhasilannya besar? Tentu jawaban saya klise: relatif. Tergantung dari bagaimana anda mengkreasikan judul-judul artikel anda, dan pada akhirnya pada bagaimana anda membuat artikel secara keseluruhan. Tapi, setidaknya ada beberapa gagasan yang bisa dipikirkan untuk memperkaya ruang kreativitas anda dalam membuat artikel, khususnya artikel blog. Satu poin penting juga, adanya beberapa gagasan di atas bukan berarti anda serta merta menggunakan semuanya dalam setiap artikel. Ada kalanya sebuah artikel memang harus memiliki judul atau headline yang "apa adanya", dan tidak perlu dirancang terlalu ekstrim, karena bisa jadi malah merusak esensinya.

That's it, and have a nice blogging, folks... as always....

© copyright Ahmad Khoirul Azmi, published only for buka-rahasia.blogspot.com.

5 Jenis Judul Artikel Yang Menarik Pembaca Blog (Plus Ide Merancangnya)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 64 Comment(s):

Syakir Rahman said...

Waw, keren banget pak azmi.. Saya tidak berpikir tentang hal ini sebelumnya. Terima kasih pak!. Akan langsung saya praktekkan sedikit-demi sedikit di blog saya

Hasby Ash Shiddiq said...

Saya masih dalam tahap belajar, tipsnya sangat keren mas. Kalau dilihat-lihat, mungkin saya menggunakan yg point no 2, panduan.
Namun saya pernah mendapat saran dari teman saya, dia bilang kalimat kalimat di dalam artikel saya terkesan kaku, kurang komunikatif.
Ada artikel tentang cara menulis dengan kalimat/kata yang komunikatif ngga mas ?
Thanks before....

Agung Buton said...

Kalau saya masih setia dengan postingan yang berbau panduan, Bang dan belum pernah nyoba buat postingan yang berbau pro kontra. Mungkin saya juga belum biasa sih tapi saya rencana mau buat lagi blog tentang koleksi driver PC dan laptop. Kira2 akan melanggar nda Bang jika saya pasangi iklan GA nantinya??

Albeit Suryahsyah said...

wah dari kelima itu blog saya gak memenuhini,semua kontenya datar aja,justru seperti tempat penyimpanan file database public,terima kasih om atas ilmunya

catatanbundafirzha.com said...

saya tertarik dengan point ke lima,sepertinya patut untuk di coba apalagi sekarang ini,masyarakat lebih suka dengan informasi yang sedikit memberikan rasa yang tidak sesuai dengan kondisi yang terjadi,

Ahmad Khoirul Azmi said...

@syakir: Terima kasih. :) dan sukses buat artikel-artikel selanjutnya!

@Hasbi: Silahkan cek kumpulan artikelnya di sini, mungkin ada salah satu yang sesuai dengan kebutuhan anda:
http://buka-rahasia.blogspot.com/p/kumpulan-tips-menulis-artikel-blog-buka_27.html

@Agung: Kalo driver-nya free, bukan produk berbayar ndak masalah, sob.

@Albeit: Yah, sejatinya yang namanya artikel bukan sekedar kumpulan hal-hal seperti itu atau link download saja.

@Bunda: Silahkan dicoba Bun, kali aja bisa terbukti :)

Hasby Ash Shiddiq said...

Terima kasih atas tanggapannya mas

Elbuy Zamen said...

Teknis di atas secara garis besar adalah memuat 2 hal:
1. Memenuhi unsur psikologis manusia : ingin kaya, ingin hal-hal yang berbau NILAI LEBIH.

2. Memenuhi teknik DLUAR KOTAK. seperti judul "Baca Ini Tidak akan Membuat Kaya, Tapi Anda Akan Tahu Cara untuk Kaya!"

Ahmad Khoirul Azmi said...

@ Hasbi: You're welcome.

@Elbuy: Exactly, tepat sekali penyimpulannya! :) terima kasih atas komentarnya.

Rizal said...

selamat pagi mas khoirul dan selamat beraktivitas. sambil beraktivitas di kantor pagi ini, saya sudah melahap tulisan mas khirul untuk judul yang ini. :D seputar koran Buka Rahasia

pada blog saya yang lama yang kini sudah ditelan oleh google saya selalu menggunakan judul "Pro Kontra" memang sangat menarik dan asik untuk berdebat sama para komentator. nah kali ini setelah saya melahap tulisan mas khirul, saya juga sudah membuat tulisan yang berjudul Rahasia Gaya Bahasa Nakal Tapi Memikat Untuk Dibaca Pengunjung (Maaf mas tidak saya taruh link untuk menuju blog saya, karena saya tidak mau dianggap SPAM

abanggoyes said...

thanks ilmunya kang Azmi, tapi kita juga tak boleh melupakan bobot dari isi artikel tersebut, supaya tidak mengecewakan pengunjung.

info-kmu said...

Hal yang paling sulit bagi saya adalah dalam merangkai-rangkai kata..

Kaze Kate said...

nyimak sambil nunggu kabar baik datang dari bapak :D

Albeit Suryahsyah said...

mas kalo artikel tentang pertanian gimana ya caranya membuat artikel pertanian itu bisa membuat pembaca penasaran ama artikel itu,mohon bimbingannya mas soalnya blogku fokus untuk dunia pertanian,ama isu global warming

Ahmad Khoirul Azmi said...

Albeit:
Ada banyak cara membuat artikel nonpopuler menjadi menarik. Yang pertama perlu dipahami adalah siapa target pembaca anda. Jika anda ingin informasi pertanian itu dibaca pembaca remaja, tentu anda harus membuat strategi yang pas. Misalnya: gaya bahasa, yang mencakup pilihan kata yang digunakan (diksi), topik-topik yang bisa masuk ke telinga mereka dengan mudah, dan seterusnya. Dalam kaitannya dengan judul, pastikan judul-judul yang anda buat dikurangi nilai "keilmiahannya", meskipun mungkin pertanian dan global warming erat dengan bidang keilmuan yang agak rumit, tapi menurut saya bisa diakali dengan cara seperti itu. Misalnya "Mengapa Efek Global Warming Bisa Mengancam Siapa Saja?", "Beberapa Hal Menarik Dalam Dunia Pertanian Indonesia", dan seterusnya.

Albeit Suryahsyah said...

oh gitu ya mas,terima kasih mas sama sarannya,ya meskipun membuat gaya bahasa yang mengurangi nilai keilmiannya itu agak sulit sih mas,soalnya kalo judul doang si mudah,tapi kalo dicampurkan sama postingannya itu yang agak sulit,soalnya takut mengurangi nilai ilmiahnya,tapi aka saya coba mas,mas tolong kunjungi blog saya dong mas yang Cara Hijau,minta koreksinya tentang blog saya dong mas,ya meskipun postingannya gak 100% milik saya,soalnya saya comot lalu modivikasi sendiri,soalnya kalo gak gitu takut salah tentang ilmiahnya kalo gak comot sana sini,kalo bisa koreksinya yang pedas gak papa mas,soalnya biar saya koreksi kesalahannya,sekali lagi Thank's ya mas atas sarannya

Indra DP said...

terima kasih info nya mas..
jadi pengen ngeposting lagi nih.. hehehe
happyv blogging mas..

http://indradp-share.blogspot.com/

Muhammad Godc said...

Keren infonya..terima kasih.

love mami said...

tnks infonya mampir juga maa di blog saya yg masih new bie ini

http://pelajaransekolahdanmatakuliah.blogspot.com/

Hubertus Budianto said...

info yang bagus, jadi pengen nyoba, terutama point terakhir, thanks infonya

kioshwi said...

Makasih ilmunya..akan sangat berguna bagi saya..

spiderbeat.com said...

Masukan yang sangat luar biasa mas, ane dapat ide baru lagi nih. Jadi semangat lagi bikin artikel....

ferdon baho said...

setiap saya kunjungan ke blog buka-rahasia saya selalu dapat pencerahan tentang cara ngeblogg..... thanxs u bangaat mas info2nya bermnfaat sekalii
salam kenall all
salam blogger

programhamilwanita said...

Ternyata menulis sebuah artikel blog memang sedikit harus bisa menguasai tehniknya. Kudu belajar lebih giat nih ,,,,,, :)

posoke said...

idem sama agan ini, ga pandai merangkai kata kata :)

cintagame.com said...

Saya masih baru di dunia blog,.. terima kasih buat infonya....
blog ini banyak memberikan motivasi untuk blogger lain...

Suryo Wahono said...

wah ini... bookmark dulu ah... tengkyu gan

Indra DP said...

Mas, mau tanya nih.
Gmna caranya agar halaman archieve tidak terindex oleh google??

seomob said...

memang BUKA-RAHASIA nih blog!
Mantap gan

Ray RESTU FAUZI said...

Artikel yang bermanfaat, ijin dicoba nih...... kalo soal widget blogger yang menarik itu bisa diambil di web mana yah??? thx, visit juga www.ipb.ac.id

Grendi Lesmana said...

Trimakasih atas infonya broo.. jangan lupa kunjungannya ya http://grandi-007.blogspot.com/ :-D

narufisub.com said...

Keren gan infonya

Wadi Nuryadi said...

teimaksih buat infonya gan..
mampir ya ke blog saya yang bru belajar dunia bolg :)
http://wadi-blog.blogspot.com/

shendymarlius said...

Terima kasih atas infonya, Untuk selanjutnya saya coba pakai ilmunya yah di blog saya

pengusaha kaskuser said...

nice pos
umpan balik ya

abdul jamil Hamim said...

info nya sangat bagus, saya newbi dan semua artikel sangat berguna buat memperbaiki blog saya.
salam kenal

bBhex BirOe said...

keep ngartikel gan..bagush info headlinenya :D

Ibrahim Sukman said...

Ebook milik Jon Morrow yang berjudul 52 Headline Hack juga saya kira patut dicoba untuk diparktikan oleh blogger mas? Menurut saya bagus untuk variasi gaya menulis blogger yang sejauh ini menurut subyektif saya masih umum-umum saja...plus copyblogger.com juga saya kira bagus untuk dijadikan referensi menulis...salam...

Aldi Rahman said...

Keren infonya, sangat menarik, bisa mempengaruhi pembaca :)

irfansyah avirs said...

bagaimana menjadi penulis yang hebat.. hasil karyanya banyak di baca orang...

sip atas perhatianya. Ini berguna mencerdaskan bangsa.
sallam http://avirs.blogspot.com

pulsalongreload said...

tips 1-5 semuanya top mas,,,,, :)

newmovie-filmbaru said...

Setuju sama poin ke lima tuh kang,soalnya orang indonesia pada seneng dengan berbau2 negatif xD ,yaa tapi terbgantung dari orang itu sendiri sih

Prince Wibowo said...

thanks gan infonya bermanfaat bagi saya yang masih newbie kunjungi juga blog saya

http://mulapop.blogspot.com

peluangbisnis77 said...

tambahan lagi pak. pembaca biasanya pembaca suka dan banyak dicera mengenai cara menghasilkan uang :)

Muhammad Rauuf said...

wah tutorial banyak juga ya.. blogwalking mas

artofcils.blogspot.com

Harlinah Rauf said...

Memotivasi banget :)

albarnation said...

wah pencerahan baru ya sb,

salam kenal

Hendra Gunawan said...

Terima kasih atas informasi dan sekaligus menjadi ilmu bagi saya,,,,,
by: http://opakjamsur.blogspot.com/

Angga Bayu Kusuma said...

Salluute buat bung azmi.. membuka wawasan saya sebelum membuat blog. Terima kasih ilmunya..

Angga Bayu Kusuma said...

Ada hal lain yang ingin saya tanyakan. Jika blognya bersifat komersil atau untuk jualan produk apa saja hal yang perlu kita perhatikan dan apa saja tipsnya? Mohon sarannya pak.. terima kasih..

nehandnews.com said...

Info nya sangat bermanfaat sekali,dan bisa di jadikan referensi.makasih mas admin.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Angga: mengenai blog sebagai sarana marketing silahkan simak langsung ulasan-ulasannya di tautweb.com

Agus Supriyono said...

Judul memang benar-benar punya pengaruh agar menarik pembaca, dan terkadang sulit juga membuat jdul yang menarik

Arief bintang Muhammad ilman said...

Pak admin, ada yang nak saya tanyakan..
Di blog saya bahasanye lebih kt melayu, saya memang orang indon, tapi karna tebiasa berbuai dengan akak saya yang di malay, jika aku cakap lenggok ku lebih melayu. Ape bhs Di blog saya sudeh temasuk SEO atou tidak??
Ape tu akan pengaruhi blog saya?
Ape pembaca akan sulit untok faham dengan isi blog saya?
Visit:
http://My-bintangmelayu.blogspot.com/

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Arif, jika target anda pembaca dari Indonesia, tentu akan muncul beberapa pembaca, terutama kata-kata yang memiliki arti dan konteks berbeda. Jadi targetkan bacaan sesuai dengan wilayah/asal pembaca.

novie jepara said...

terimakasih atas informasinya pak,,,, sangat bermanfaat sekali dan akan saya coba praktekin.

Alfa Suluh said...

Makasih om buat infonya:) sangat bermanfaat...

Maulana Nakashima said...

terima ksih mas atas tipsnya sangat membantu ini :D
pengunjung jadi lebih tertarik :D

riky bantara said...

dalam tahap uji coba bang (masih sangat mendasar) :D , terima kasih buat tips nya
dan semoga bisa se-keren dan se-rame blognya bang azmi ini heheh

Arif Maulana said...

Ilmu yang bermanfaat sekali gan memang susah untuk membuat judul artikel blog yang menarik kalau belum menguasai cara meriset atau mencari kata kunci yang banyak di sukai oleg para pembaca. Makasih Usah share. sangat bermanfaat

Adhy said...

Artikelnya keren, Anda memang fabs mas... semoga saja isi artikel mas bisa saya amalkan :)

Eri Akbar said...

artikelnya keren gan.. sukses buat artikelnya

nandhi kusnandhi said...

nice blogger nya baguz

Norains Sulaiman said...

Info yang sangat berguna.tq

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap