Mengembalikan Post Blog yang Terhapus Lengkap dengan Permalink Aslinya

artikel terhapus cara recovery

Selamat pagi, siang, sore, malam, sobat Blogger semua. Senang rasanya bisa balik lagi di dashboard Blogger setelah lebih dari dua bulan saya off lantaran pekerjaan offline dan segudang problem di dunia nyata (Cieee...). Tapi beneran nih, ga boong, full! Dan sekarang liburan semester kuliah sudah tiba, jadi sementara gak lagi berurusan dengan dunia ajar mengajar, bisa bebas berbagi lagi dengan sobat semua. Sebagai pembuka, saya akan menyajikan tips ringan mengenai bagaimana cara recovery posting/artikel blog yang terhapus, baik sengaja maupun tidak, lengkap dengan permalink dan komentar sebagaimana dulu sebelum terhapus, alias utuh.

Tentang Post yang Terhapus di Blogger

Sebagaimana beberapa layanan blogging dan microblogging, dengan berbagai macam platformnya, bermacam file yang tersimpan sebenarnya memiliki cache atau sebenarnya masih tersimpan di database sehingga tidak benar-benar hilang setelah terhapus. Meski tidak sama, ibaratkan ini seperti file-file tertentu yang terhapus dari disk komputer, namun masih bisa kita recovery atau dikembalikan seperti semula karena masih "meninggalkan jejak" di disk. 

Di Blogger demikian juga. Posting yang dihapus atau terhapus sebenarnya tidak benar-benar terhapus. Namun secara periodik cache atau konten database dibersihkan (optimize) dalam jangka tertentu, dan biasanya jaraknya lama. Sehingga kita masih memiliki kesempatan untuk mengembalikan posting/artikel yang pernah dihapus atau terhapus dan ingin kita kembalikan lagi.

Berbagai Metode Recovery Posting/Halaman Web

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan post atau halaman web yang dihapus. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan google cache, copy isinya, dan membuat halaman baru dengan konten yang sama. Kita juga bisa memanfaatkan cache browser (selama belum dibersihkan, tentu). Saat anda membuat post atau membuka halaman post, browser menyimpan secara periodik apa yang anda tulis atau lihat. Nah ini bisa kita telusuri di dalam cache browser.

Namun demikian, contoh dua cara tersebut memiliki kelemahan jika digunakan pada platform Blogger, setidaknya ada dua. 

Pertama: permalink. Bagi yang menggunakan platform self-hosted seperti WordPress, anda bisa memodifikasi permalink sedemikian rupa sehingga post baru sebagai pengganti post yang terhapus bisa memiliki permalink yang sama. Namun tidak di Blogger. Fitur Custom permalink di Blogger sebatas digunakan untuk memodifikasi nama file, bukan direktori keseluran. Padahal jelas permalink di Blogger mengandung direktori tahun dan bulan. Kalo tahun dan bulan post yang terhapus masih sama dengan post yang akan dibuat sebagai pengganti, tidak masalah. Tapi bagaimana dengan post lama? Tentu mustahil. Di SEO, post pengganti butuh crawl dan proses ranking dari awal. Sebenarnya bisa juga menggunakan fitur Blogger Custom Redirect (dengan metode permanen, 301 redirect). Tapi butuh proses juga untuk mengenali.

Kedua: komentar. Kita tidak bisa mengembalikan komentar-komentar lama jika menggunakan metode-metode di atas. Sayang bukan. Padahal di antara isi komentar pada post yang terhapus mungkin memiliki muatan dan diskusi penting, dan juga cukup membantu dalam upaya SEO. 

Recovery Posting/Artikel Blogger Lengkap dengan Permalink dan Komentar

Setelah memahami bahwa sebuah post yang ter-delete sebenarnya masih ada di dalam database, yang kita butuhkan adalah mengambil data post tersebut dan menampilkannya kembali ke dalam post editor, lalu menerbitkannya kembali. Cara untuk memanggilnya tentu saja dengan menggunakan ID post yang terhapus. Bagaimana caranya? Tentu adalah dengan mengetahui apa ID yang terhapus tersebut. Nah, bagaimana juga caranya? Manfaatkan google cache. Sebuah halaman post Blogger, dan juga halaman platform-platform lainnya, diciptakan dengan generator. Sehingga di dalamnya pasti memiliki ID-ID khusus yang digunakan untuk menampilkan seluruh isi halaman. Misalnya ID post, ID widget, dan seterusnya.

Langkah yang harus dilakukan adalah:

1. Cari post anda di Google dengan menggunakan keyword judul atau permalink (jika masih ingat). Setelah itu klik menu dropdown di sebelah kanan dan klik menu "Cache".
2. Setelah itu, anda akan masuk ke halaman cache postingan anda.

3. Cari ID posting/artikel (postID) dengan melihat source code halaman. Klik kanan pada halaman dan klik menu "view source" atau "page source", atau sejenisnya sesuai dengan browser yang digunakan. Atau bisa gunakan shortcut key Ctrl+U.

4. Setelah masuk ke halaman source, cari nomer ID posting dengan menggunakan fitur search browser (Ctrl+F), dan gunakan keyword "postID". Tapi hati-hati dengan post ID pada bagian permalink "delete comment", karena itu bukan permalink posting artikel, melainkan permalink posting komentar (untuk delete komentar). Letak ID posting biasanya ada di paling atas, paling bawah, atau pada permalink feed (biasanya di bagian bawah juga). Berikut contohnya pada bagian paling atas, ID di dalam kotak merah:

6. Setelah itu copy dan paste ID posting tersebut ke dalam notepad atau sticky note. Pokoknya simpan di tempat aman dulu, atau biarkan tab halaman cache tadi tetap terbuka.

7. Setelah itu masuk ke dashboard blogger lalu tuju halaman "Posts". Setelah itu anda akan melihat daftar post/artikel. Pilih sembarang artikel, arahkan kursor, dan klik kanan menu edit yang ada di bawah judul, copy linknya. 

8. Paste link ke tab baru di browser. Perhatikan pada bagian postID=12345678910, ganti ID tersebut dengan ID post terhapus yang sudah tersimpan tadi.

9. Klik "enter" untuk masuk ke halaman post editor lengkap dengan konten post terhapus yang ingin anda terbitkan lagi. Klik publish.

Anda akan melihat bahwa permalink dan komentar pada post yang pernah tersebut akan kembali seperti semula. That's it and have a nice blogging, as always. :)

© copyright Ahmad Khoirul Azmi, published only for buka-rahasia.blogspot.com.

Mengembalikan Post Blog yang Terhapus Lengkap dengan Permalink Aslinya
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 28 Comment(s):

M. Rizal said...

menarik untuk disimak, sudah cukup lama menunggu buka rahasia membuat posting akhirnya munculah dengan postingan cara menampilkan konten yang terhapu.

semangat malam mas azmi hahaha

unduhdroid said...

makasih sob sangat berguna banget :D

Ardian Tokotua said...

menarik bang... trus kalau chahe pada hasil pencarian itu mengalami Error, apa tidak bisa lagi di kembalikan postingannya?

terima kasih

share-all-time said...

mas kalo untuk blog zombi yang kita bangkitkan kembali, kira2 cara diatas bisa kita praktekkan gak,, hehehe.. saya pernah dapat satu blog zombi kebetulan alexa nya lumayan bagus...
terima kasih

yerie haryadi said...

mas,sy pernah baca,ktnya yg bisa dibalikin cmn yg ke hapusnya gak lebih dr 30 menit,gimana tuh

Agus Sriyana said...

kapok hapus post ?? mending di edit isinya ... pengalaman setelah hapus postingan, beberapa hari kemudian alexa down he he ... padahal trafik utama, mulai awal lagi jadinya ...

Agus Sriyana said...

tanya: klo hapus post alexa juga berpengaruh ya ? setelah hapus pos beberapa hari kemudian alexa down ... nyesel juga, padahal itu post sumber trafik utama / terbanyak

Doky Asde said...

kalau cache nya sudah dihapus dari google webmaster apakah bisa di kembalikan om... tks

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Rizal: Makasih sudah berkunjung sob :)

@unduhdroid: sama-sama :)

@Ardian: sayangnya satu-satunya sumber untuk mengetahui PostID adalah halaman yang sama persis :) Jadi kalo error kita akan kesulitan mendapatkannya.

@share: saya tidak yakin bisa, karena kemungkinan cache artikel di database juga sudah ikut terhapus.

@yerie: saya kurang tahu pastinya, tapi saya pernah sekali mengembalikan post yang sudah terhapus satu bulan.

@Agus: Kalo postnya punya andil besar bagi traffic, maka berpengaruh besar terhadap rank alexa. Jadi ya, kalo dihapus bisa menurunkan.

@Doky: Sayangnya tidak bisa sob, sebab itu satu-satunya sumber untuk melacak postID, kecuali kita masih punya cache nya di browser atau pernah menyimpan halaman itu dengan HTML lengkap di komputer.

sammy hanhan said...

terimakasih atas informasi diatas, dapat menambah pengenalan akan dunia blog.

Abu Kholid said...

Maaf, tetapi kami tidak dapat menyelesaikan permintaan Anda.

Bila melaporkan kesalahan ini kepada Dukungan Blogger atau di Grup Bantuan Blogger, harap:

Uraikan apa yang Anda lakukan ketika menemui kesalahan ini.
Berikan kode kesalahan berikut.

bX-w43ki8

Informasi ini akan membantu kami melacak dan mengatasi masalah Anda! Maaf atas ketidaknyamanan ini.

Lavesto Amaradenta said...

Wah menarik banget, ternyata bisa ya mas :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

@abu: kemungkinan itu karena error internal yang lazim terjadi ketika edit post akhir2 ini, atau karena cache post di database sudah terhapus dan tidak dapat ditemukan lagi.

wits bams said...

thanks gan....infonya.....

Nanda ordersekarang said...

ilmu yang bermanfaat mas, terimakasih, salamkenal

Nunu el Fasa said...

Bos... blog saya semua data gambarnya hilang gimana ngakalinya... udah banyak bangeet hiks bantu dooong

Qurrota A'yun said...

kak... kok pada langkah terakhir > publish, permintaan tidak terpenuhi itu kenapa?

mohon bantuannya, sebab postingan di blogger aku semua terhapus...

Ahmad Khoirul Azmi said...

Itu karena post sudah tidak ada lagi di server. Nah, kalo semua terhapus secara total pasti ada sebabnya? kira-kira kenapa?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Nunu: itu berarti ketika delete post, anda juga mencentang perintah untuk menghapus gambar. Tidak ada cara lain selain mengedit dan menambahkan gambar baru lagi.

Kerjapan said...

thanks gan artikelnya, postingan ane yang gak sengaja terhapus bisa selamat

Aufa Maya said...

akhirnya muncul juga.. saya yg biasanya 1000/hr ilang deh gra2 post favoritnya kehapus :'(

Ikhsan Fakhruddin said...

Akhirnya Postingan saya muncul lagi,
Terimakasih Mas.

soekahardja lalang said...

tq, gan infonya. cuma aku sedikit hambatan,,,?

BPS2 MAKASSAR RT005 said...

trimakasih teman atas bantuannya

Haykal Satria Panjeraino said...

Mau tanya, kalo misalnya kita bikin draft dulu, setelah beberapa lama baru diedit-edit terus di post. Nah, sehari setelahnya, post saya itu malah kembali lagi ke tulisan di draft, itu kenapa ya? Post nya udah saya hapus soalnya temen saya pada liat yang udah utuh (yang belom baca takut heran liatnya).

Bisa dikembalikan lagi ke awal gak Mas (yang udah utuh di post, bukan yang di draft). Saya on lewat HP, laptop lagi rusak soalnya hehehe. Makasih sebelumnya :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

Saya kurang yakin kalo itu bug Blogger mas. Sudah coba ganti template?

Artikel Internet said...

Saya tahun kemarin menghapus postingan diblog saya. tetapi saya punya backupannya. nah sekarang saya mengaktifkan blognya lagi dengan upload backupannya. semuanya ada tapi permalinknye jadi berubah, ada contoh 2013/12/cara-mengembalikan-posting-blogger-terhapus.html jadinya 2013/12/cara-mengembalikan-posting-blogger-6.html, ketika search digoogle karena tidak sesuai dengan permalink yang dulu jadinnya selalu page not found, padahal banyak artikel saya di page 1, saya udah coba ngehapus index di webmaster nah mas azmi apakah seiring berjalannya waktu permalink baru akan bisa menggantikan yang lama ketika searching di search engine. sehingga tidak ada page not pound ketika ada yang searcing digoogle dan menemukan artikel saya.

Ahmad Khoirul Azmi said...

solusinya adalah dengan diredirect dari url lama ke url baru dengan blogger custom redirect. nanti semua rank akan dialihkan ke yang baru jika sudah diredirect dengan metode redirect 301 (permanent). simak selengkapnya di sini:

Cara Perbaiki dan Redirect Broken Link (404) untuk SEO Blogger
Redirect Halaman Blogger Dengan Custom Redirect

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap