10 Alasan Kuat untuk Berhenti NgeBlog (Blogging)

Judul di atas memang agak menggelitik. Apa ada alasan orang berhenti ngeblog? Ada! Bener? He'em! Blogging merupakan aktivitas yang sarat dengan berbagai aspek dan blogger akan menghadapi banyak hal serta tantangan yang tidak terduga. Ada titik di mana seorang (calon) blogger akan menemui suatu kondisi reflektif untuk menentukan apakah blogging adalah dunianya atau bukan. I promise this will be a very quick post. :-)

Ketika alasan/kondisi berikut muncul, saat itu pulalah perjalanan blogging harus dipertimbangkan, berhenti atau jalan terus? Let's see:
  1. Setelah sekian waktu ngeblog, masih tidak tahu apa itu blog dan blogging.
  2. Benci menulis. Jika menulis bukanlah hal yang disukai dan digeluti, untuk apa membuat blog?   Blogging is writing. Blog adalah online journal dan blogger adalah penulis (author).
  3. Masih terus berpikir bahwa blogging adalah sekedar copy paste konten blog lain dan mengisi blog dengan konten seperti itu.
  4.  Tidak punya waktu. Jika ngeblog hanya dipandang menghabiskan dan menyia-nyiakan waktu, maka ini adalah alasan paling kuat untuk berhenti ngeblog.
  5. Tidak memiliki keinginan belajar dan merasa tidak butuh mempelajari berbagai macam teknik blogging, baik dalam hal menulis maupun aspek-aspek penting lain.
  6. Menulis hanya untuk search engine, membanjiri blog dengan keyword-keyword tanpa isi posting yang berguna atau pantas dibaca pengunjung.
  7. Berpikir bahwa blog hanya tentang mencari uang.
  8. Stress, merasa tidak enjoy dengan blog dan ngeblog (blogging), tidak sabar dalam mengikuti proses.
  9. Tidak mau dan tidak mampu mencari ide dan referensi, tidak berusaha menguasai apa yang dituliskan, serta takut menyampaikan pendapat pribadi. A good writer masters what he writes.
  10. Berpikir bahwa blogging adalah sekedar aktivitas biasa dan bukan kreativitas yang menuntut pemikiran lebih.
Masih ada banyak alasan lain tentunya yang dapat menjadi pertimbangan untuk tidak meneruskan blogging. Ini hanyalah sebuah insight dari saya.

Happy Blogging!
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

10 Alasan Kuat untuk Berhenti NgeBlog (Blogging)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 84 Comment(s):

Rizki Fawqo said...

plus karena komentar pada artikel blog sepi.

kunjung balik ya....?????

ningsyafitri said...

Mantap artikelnya, Kk Azmi...
Hohohoho..

Senyamsyum sndiri ngebaca artikelnya... >.<

Suwardi unggit said...

mantap nich pak....
kalau saya cuma hobi oprek2 templete dan ganti2 templete doank kalau postingan saya tidak suka apa lagi copas punya orang mending copas link ajalah biar lebih terkenal thu yang empunya blog..jadi orang yang berkunjung juga ndk banyak tanya, tinggal tulis info jelas kunjungi link sumber.... hehheheeee
maaf kalau commentnya mirif kayak cerpen....
maklum masih semangat nulis hehehheeeeee

agussupri said...

Saya kira tidak ada alasan untuk berhenti ngeblog ternyata ada juga alasannya trims informasinya jd tahu alasannya.

Unknown said...

@all: thanks buat komennya. Posting di atas semoga menjadi cambuk bagi kita untuk nge-blog dengan lebih semangat...keep on blogging! :D

Mame Sancang said...

mangstab gan...
baru belajar ngeblog & masih teknisnya,,itu aja nyambi..pengennya pensiun besok udah ada kegiatan menanti meski belum tau apa yg harus ditulis :D

bloger indonesia said...

hehehe....
smoga para bloger indonesia makin hari makin semangat aja dalam nge-blog....

Gede Astawan said...

pas banget tuch bang... yuk semangat lagi :D

e-lyricsmode.blogspot.com said...

sangat beralasan sekali yang disebutkan di atas

Beck Inspiration said...

Salam.
Postingan yang mantap bro, memaut point2 penting tentang cara saya ngeblog pertama kali, tapi sekarang saya sudah mulai happy dalam aktivitas blogging, walaupun tidak setiap hari membuat postingan.
Salam.

Hasimas said...

ini yang menyadarkan saya akan arti blogging :D

Aradea said...

Hya mas...artikelnya Gw banget tuh,hal-hal seperti di atas itu memang tidak bisa dihindari oleh para blogger,apalagi kita tidak mempunyai arah dan tujuan dalam aktifitas ngeblognya,mau dibawa kemana tujuan kita...?Dan untuk yang bertujuan menghasilkan uang juga harus bersabar bila dalam 6 bulan pertama belum menghasilkan apa-apa

Carlo Fransisco said...

Wew...

Gejala2 berhenti ngeblog sudah muncul nih...

Masalah utama : Belum terbiasa menulis artikel!!

fransnoel said...

tepat! berarti saya harus tetap ngeblog :D

yoyokhartoyo said...

setuju gan...
bagus tuch buat pencerahan.
klo ak sendiri ngeblog karena pada dasarnya suka nulis dan berbagi..utamanya tentang internetmodem
GAK terlalu mikir apa yang namanya SEO..MENULIS laksana air yang mengalir...tanpa ada embel embel apapun

cakkandas said...

Bagus banget...sangat inspiratif...Lanjut terus ya pak!
kita seneng banget dengan motto Anda :

Unknown said...

Alhamdulillah saya tidak tersindir mas, hanya saja perasaan nggak sabaran pengen cepet-cepet dapet gaji dari blogging hehehe

Andre Primaries said...

1 Alasan Kuat untuk Berhenti NgeBlog (Blogging)
1. Lupa Alamat email pada waktu mendaftar blogspot (pengalaman pribadi he he...)

Unknown said...

sangat memotivasi untuk terus nge blog mas..meski harus belajar step by step :)

Ф дфѕдғфдғ Ф said...

kalo saya sih, alasannya yaa sia-sia karena tidak menghasilkan apapun (uang) mubah coyy...

Admin said...

wah nonjok banget artikelnya mas.. :) lagi terus belajar nich. meski menulis bukan merupakan hobi saya, namun klo terus di asah mungkin bisa sedikit berkembang. so never give up ah,,

Aris Kurniawan said...

Bisa - bisa... Tapi Bayar speedy bos + Nyolong - nyolong waktu. Buat nggak bisa konsen Bloging

Darma said...

aduh saya hampir prustasi blogging, karena blog saya sepi, tapi setelah membaca blog ini, saya menjadi semangat kembali. thx pak artikelnya

ARAS Andisetya said...

Yang jelas sekali blogging tetep blogging. Mau sepi kek, rame kek, dikomentari kek, dicuekin. Emang gue peduli, kek. hehehe. Yang pasti: Keep Blogging Forever. Salam Blogging, kek. Hehehehe ^_^

Fitri said...

Lagi fokus belajar cari traffick, bagi saran donk...!!!

Dasar Seo Blog said...

Hahaha...bener gan, memang boleh cari duit lewaT Blog tapi kalau cuma itu tujuannya akan cepat bosan. Dan akan mudah tertipu oleh jalan ngawur. Tanks infonya, good alias apik.....

Arifin said...

maknyuz dueh artikelnya

Venny said...

Ane kira memang harus berhenti karena ada peraturannya, but nice inpoh

sweethy_amore said...

semangat aja dech, jangan berhenti.

Cara Aqiqah said...

yang nomor 9 itu pasti banyakyang ngalamin, termasuk saya juga. tapi semangat pada tujua awal itu selalu membantu bangkitkan gairah ngeblog lagi.

Anonymous said...

bener juga nich..sip....

Galang said...

merasa juga nih saya, memang saya blogging mengejar hasil, tapi belum berhasil.

kiki said...

Mantap Walau Baru 3bln Blogging, baru sekarang ane niat ngeblog, Walau hanya Share PC Games.. ^_^

Metal Blog Ku said...

Seps Infonya Boss

Sidikalang Dairi said...

yang terpenting seseorang bisa sukses dikarenakn dia mengerjakan apa yg dia sukai ya gan?? salam kenal

Unknown said...

seneng deh bisa tmbah ilmu baru
link lain nih juga kasih ilmu tips dan news http://aero7world.blogspot.com/

ryan said...

kadang faktor uanglah yang membuat blog berhenti, ketika orang sudah satu tahun berusaha mencari uang dari blog dan tidak berhasil, maka pikiran seperti itu pasti datang..

Agus Munawar said...

Kalau saya dulu berhenti blogging karna lebih pada ketidaktahuan tentang tema apa yang akan diangkat pada blog saya :)

Unknown said...

hmptt setuju tpi bloging menurut saya itu mnyengankan
ikut promosi blog yaa mas
http://uccend.blogspot.com
banyak gratisanya lohh !:D

Nasruddin said...

Menyenangkan artikelnya..
ikut promosi pak
http://beliilmu.blogspot.com/

masruriisme said...

menulis itu menenangkan dan menyenangkan

upacara said...

good nice well hehe

Limit Komputer said...

Kren" Bnget ,,,,

Pnyemangat ngeblog

Sebuah Pelarian said...

Sip. ..

iklan gratis said...

kayaknya blogger harus banyak2 belajar menjadi penulis neh...

antos said...

betul sekali apa yg mas tulisakan diatas..

Unknown said...

Ini dia baru Blog.
mantap om mimin (admin) :-)

ben77 said...

point nmr 7 yang gw alamin,,mantap artikelnya...di tunggu artikel selanjutnya

Goez ini said...

Masuk akal tu alasannya,.hehe.....
http://melangkahdenganhati.blogspot.com

numz said...

hmmm alasan2nya kadang2 ada di ane :)

Unknown said...

Betul..betul..betul...

Sgiant said...

Banyak tuh point yang nyangkut

Unknown said...

betul kali tu gan :D
http://tipsdantrik-umun.blogspot.com/

Satrio.Komputer said...

Mas, knapa Ko blog saya Ga bisa Posting ya??
slu trjadi kesalahan saat menyimpan atau mempublikasikan post..

sy minta tlg bantuannya,
krna sya g bisa posting lagi :(

Susan Lolo Bua said...

AKU SUKA NGEBLOG, SEJAK KLAS 1 sMK.. SAMPE SKARG TETAP SUKAA :)

SALAM

Anonymous said...

no.9 itu masih suka jadi kendala.

Unknown said...

Bosen kayaknya jg salah satu seseorang berhenti dari dunia Blogging mas atau mbisa jadi karna padatnya jadwal kerjaan kantor jg salah satu penyebabnya aku rasa. nice share

sugeng wijaya said...

betul banget

Unknown said...

Tingkatan tertinggi atas pemahaman sesuatu hal adalah kalau kita bisa menulis ulang apa yang kita pahami, lakukan sehari - hari.
Tingkat dibawahnya adalah Mengajarkannya

Dibawahnya lagi Melakukan

Paling bawah, menurut saya kalau kita baru melihat, mendengar atau merasakan.

Jadi wajar kalau menulis itu susah (menulis yang original), dan akhirnya berhenti ngeblog ...CMIIW

Anonymous said...

Mudah-mudahan saya ga ketemu dengan alasan-alasan untuk berhenti blogging. Padahal baru mulai.. hehe thanks mas.

Unknown said...

keren ni, blogging itu enak. menulis sambil belajar. melatih pembicaraan yang sopan. tulisan kita dilihat dan dibaca oleh beribu-ribu masyarakat. bayangin aja tanpa menjadi artis di TV kita dapat terkenal karna blog kita yang tenar dengan artikel yg brkualitas. mereka yang berhenti blogging pastinya belum mengerti pasti tentang kelebihan yang ada di blog dibalik jeripayah kita menulis artikel. :)

sya jg punya blog ni di
www.penggunacerdas.blogspot.com

Ibu Sunny said...

yupsss saya pernah ada di nomor 1.. tapi untung ngga samapi berhenti ngeblog

Ahmad Mu'azim Abidin said...

semoga aku enggak ada keinginan lagi buat berhenti ngeblog

Dwi Pratama said...

semangat blogging bloger indonesia...:D

suwandi said...

entah gw rasa tu point2 yang di sebutin gw banget...... jadi gw harus berhenti ????

sulimuji said...

waduh, musti siap siap ......

Ahtar said...

ya ngeblog sekedar hobi ,itu yang mungkin blognya bisa sukses ..... dari poin 7.Berpikir bahwa blog hanya tentang mencari uang. ketika blognya sepi pengunjung tamat lah ngeblog .....heheh.

Unknown said...

bener banget om, alasan lainnya koneksi internet yang lemot mot mot...

Anonymous said...

semenjak kenal blog saya jadi berkeinginan untuk menjadi seorang web designer walaupun kemampuan saya masih jauh dibawah bawahnya lagi rata-rata.. :)
thanks infonya..

Unknown said...

yup benner banget mas, apalagi terkadang saya melihat ada sebagian orang langsung mau nyari uang lewat blog. pahadal belum tau bikin blog. hemm... miris banget. pengen dapat duit tapi buat blognya aja blom bisa. n bukan blom bisa karena ga tw, emg gak mau tau. maunya dapat uangnya aja... hahaha

org kayak gitu banyak banget disekitar saya... :D

Cepy HR said...

LOL. ngakak :D
kalo saya mah sih, buat curhat aja kang, belom bisa serius kayak blog ini :D
salam!

Unknown said...

Memang benar sobat untuk alasan dalam tulisan artikel yang sobat posting tentunya bila seorang blogger tidak memiliki banya ilmu dan malas untuk menulis atau apa lah itu yang membuat citra bloggernya itu jelak dimata pembaca, sebaiknya jangan buang buang waktu untuk melakukan blogger itu hanya akan merugikan dirinya sendri, acungi jempo untuk artikel sobat semoga tulisan sobat dalam artikel ini menjadi salah satu motivasi yang akan membawa mereka kepada kesuksesaan seorang blogger. salam blogger sobat

Anonymous said...

bbrp alasan berhenti ngeblog menurut sy krn sepi pengunjung, dicuekin (no comment), dan juga kesibukan di real life. Ujung2nya blogger malas update content apalagi mengiklankan blog nya.

Unknown said...

Ada satu lagi sepertinya mas Ahmad, alasan orang berhenti ngeblog, : khawatir tulisan kita dicopas melulu sama orang lain daripada dicopas melulu mending kita buat buku dan serahkan ke penerbit. Kalau saya terus terang anti copas begituan. Tulisan adalah hasil perjuangan, pengalaman dan pengetahuan seseorang selama masa hidupnya. Sehingga tulisan seseorang itu sangat bernilai harganya. Saya cuman geleng geleng heran lihat tulisan pak Ahmad ini banyak di blog lain ditulis, baik dengan bahasa lain atau copas murni. Kalau menurut saya mau ditulis lagi atau copas jelas itu ide penulis, hargailah ide penulis aslinya. tetap semangat mas Ahmad nulis blognya, dan kunjungi blog saya ya mas Ahmad, bisnis-trading-saham.blogspot.com (blog baru)

Syakir Rahman said...

Wahaha, benar sekali mas, saya dulu juga seperti itu. Berhenti ngeblog karenan beberapa poin diatas. Tapi alhamdulillah, sekarang saya sudah enjoy dengan aktifivas ngeblog saya.. :D

Anonymous said...

Terkadang saya punya refrensi seperti itu, tetapi saya tidak ingin memutus jalan blogger saya :)
karena blog saya sudah lama saya buat

Ichi Hikaru said...

Kemaren akun blogger saya kena suspend dan semua blog yang saya rawat setahun terakhir dengan kualitas yang udah lumayan dihapus . Sebenernya itu udah jadi alasan paling masuk akal untuk saya berhenti ngeblog . Tapi sampe hari ini saya tidak berhenti dan malah justru lebih gencar lagi ngeblognya .

Yah semoga saja hal itu gak keulang seiring saya memperbaiki kualitas ngeblog saya , dan semoga saya gak berhenti ngeblog dan berakhir jadi pecundang .

Teruskan berkarya gan , artikelnya inspiratif dan mantep2 . Salam

Unknown said...

Tetap semangat sob. Itu tantangannya. semakin kuat cobaan, semakin besar hasil yang diperoleh jika mampu bertahan dan melawan. keep up the good work!

Anonymous said...

betul betul ... karena ngeblog itu adalah hobby .. kalau tidak enjoy dan bukan karena hobby .. harus berhenti .. hehehe

Anonymous said...

benaaaaarrrr bangeettt tu mas... yang namanya BELAJAR itu tidak mengenal kata USIA/UMUR.... saya jd semakin semangat ni ngeblogg...thanxs bangeettt motivasinya,,,,
salam kenal all

Anonymous said...

Semoga 10 Alasan Kuat di atas tidak mampir ke otak saya...
hehehe... Ayo Lebih Semangat!!!

Produksi Sukabumi said...

yap betul sekali, hihi
tapi saya masih copas-copas dikit, hihi
ya semoga aja ke depan nya saya juga bisa buat artikel sendiri amin..

Anonymous said...

tambahan kang, faktor internet super lelet juga mempengaruhi :D

Sri Patmi said...

Saya setuju kak, rasa malas lah yang paling membuat seseorang tidak akan maju dalam segala hal, terutama untuk memajukan blog nya. :D

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap