Blogger Update Sitemap XML Baru & Support Custom Domain


Seperti yang kita tahu, Blogger selalu menjadi yang terakhir (atau setidaknya terlambat) dalam melakukan improvement atau peningkatan layanan dan fitur. Maklum sih, Blogger tidak bersifat open source dan hanya mengandalkan mereka yang resmi bekerja untuk Blogger atau Google untuk melakukan pengembangan. Tidak seperti WordPress yang selalu mengalami update dan penambahan fitur baru dalam waktu singkat karena bersifat open source dan didukung komunitas developer yang sangat besar.

Dulu saya pernah bahas tentang sitemap hasil modifikasi dan sitemap XML yang baru bisa digunakan untuk blog-blog yang masih menggunakan native domain-nya Blogger (blogspot.com), sedangkan untuk blog-blog yang sudah menggunakan custom domain, sitemap dalam format XML belum support, sehingga harus melakukan modifikasi sedemikian rupa untuk menciptakan sitemap guna didaftarkan di Google Webmaster Tools. Sekarang?

Sitemap XML untuk Semua Blog


Di 2012 lalu, Blogger rilis format sitemap.xml yang sebenarnya masih bersifat uji coba, dan belum sepenuhnya support custom domain. Nah, baru saja, Blogger rilis sitemap.xml yang support semua blog, baik yang masih menggunakan subdomain blogspot maupun dengan custom domain sendiri. Sitemap ini sepenuhnya otomatis dan diletakkan di root domain, sama seperti rilis sitemap XML sebelumnya. 

Sedikit perbedaan format, jika sitemap XML dulu dikumpulkan dalam satu halaman untuk jumlah post berapapun, kini jika jumlah halamanpost mencapai jumlah tertentu, maka sitemap akan dibagi menjadi beberapa halaman. Ini mirip dengan konsep indeks sitemap-nya Yoast XML Sitemap di dalam plugin WordPress SEO. Sayangnya, saya tidak mendapatkan informasi jelas berapa batasan maksimal dalam satu halaman. Selain itu, jika dilihat sekilas, memang tidak ada perbedaan yang bisa dilihat. Isinya cuma plain atau datar tanpa styling tertentu, karena memang pembaruannya berkaitan dengan beberapa hal tertentu dari sisi backend server, salah satunya adalah support pada custom domain.

Berikut screenshot halaman sitemap untuk blog dengan top level domain atau custom domain sebagai contoh yang saya gunakan (maaf, domain saya blur demi privasi klien, hehe... )
contoh sitemap xml blogger custom domain (TLD)
klik gambar untuk memperbesar
Di dalam sitemap, ada beberapa sub-sitemap, yaitu pecahan dari kumpulan sitemap (indeks) jika jumlah halaman post sudah sangat luar biasa, contoh:
  • www.domain.com/sitemap?page=1
  • www.domain.com/sitemap?page=2
  • www.domain.com/sitemap?page=3
  • dan seterusnya... (jika jumlah post memang sangat banyaaaakkk.,..)
Sayangnya ya itu tadi, tidak diketahui batasan sitemap yang harus dipecah jadi beberapa halaman. jadi mayoritas blog sitemap-nya hanya satu halaman saja (tanpa indeks dan langsung berisi kumpulan/daftar post).

Ini adalah sesuatu yang luar biasa menurut saya, karena (akhirnya) pendukung onpage SEO untuk Blogger benar-benar sudah lengkap.

Lalu Apa?


Lalu jelas sekali bahwa anda, khususnya yang menggunakan custom domain, bisa bernafas lega. Mereka yang pakai subdomain sudah lama menggunakan sitemap.xml sebagai pengganti sitemap modifikasi atau menggunakannya sebagai tambahan dan optimalisasi sitemap. Nah kini, blog Blogger dengan custom domain bisa menggunakan sitemap xml di Google Webmaster Tools sebagai alat pemetaan website Oleh Google. Caranya sama saja. Bagi yang masih baru dengan GWT, cukup buka dashboard situs di Google Webmaster Tools > Pilih "Peta Situs" (atau "Sitemap" jika pakai versi Inggris) dan masukkan nama file sitemap-nya. (Cek screenshot pada featured image di atas post ini untuk jelasnya).

Harapannya?


Jelas, upaya untuk Onpage SEO, khususnya bagi yang menggunakan custom domain, sekarang jauh lebih lengkap. Tapi masih ada satu hal yang menurut saya penting, semoga saja dalam waktu singkat Google/Blogger bisa memberikan fitur tambahan berupa kostumisasi/setting sitemap, misalnya untuk membagi halaman sitemap dalam jumlah post yang lebih kecil, misalnya satu halaman per 50 post, dan lain-lain.

Bagaimana menurut sobat, apakah ini cukup bagus? adakah harapan ke depan untuk fitur sitemap XML ini? Adakah harapan lain terkait fitur SEO lainnya pada Blogger?

© copyright Ahmad Khoirul Azmi, published only for buka-rahasia.blogspot.com.

Blogger Update Sitemap XML Baru & Support Custom Domain
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 16 Comment(s):

joe satria said...

Mantap Kang, Mau nanya ne kalau kita menambahkan format sitemap.xml yang baru ini, format sitemap yang lama seperti atom.xml kalau dihapus saja gpp Kang, terima kasih

Ahmad Khoirul Azmi said...

Tidak perlu dihapus, biarin aja buat tambahan referensi Google. Pada dasarnya sah mendaftarkan lebih dari satu sitemap, baik dlm versi XML maupun feed.
http://www.tautweb.com/cara-terbaik-mengoptimalkan-sitemap-google/

Gunawan Eka Saputra said...

Saya termasuk salah satu yang menunggu sitemap xml nya google unt custom domain, akhirnya datang juga, :)

Mkasih mas infonya, langsung update aja dech kayaknya....

Aldi Rahman said...

menurut saya cukup bagus, jadi lebih bagus wordpress atau blogger, dalam peningkatan layanan dan fitur?

Wahyudi MV said...

peta situs yg benar di kirim ke google webmaster itu seperti apa mas ?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Gunawan: sip sob, akhirnya ini melegakan banyak kalangan khususnya yang pake custom domain :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Aldi: WordPress yang saya maksud adalah yang self-hosted (WordPress.org), kalo yang wordpress.com mah ga da apa2nya dibanding blogger.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Wahyudi: semua yang bisa jadi sitemap (peta situs) itu valid, dalam hal ini ada dua jenis: sitemap dan feed. Feed bisa dalam format atom maupun RSS. Masing-masing punya keunggulan sendiri-sendiri =>
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/cara-membuat-sitemap-google-untuk-blog.html
http://www.tautweb.com/cara-terbaik-mengoptimalkan-sitemap-google/

Imerlina Putri said...

makasih infonya gan, kapan-kapan bisa dicoba

newbietora.com said...

Mantab kang ahmad, bisa langsung dipraktekin nih

Ahmad Wafa Aminudin said...

Keren mas Ahmad... Bisa langsung saya coba nih... Seharusnya memang seperti ini biar lebih enak serpnya... hehe...

Marnes Kliker said...

Kebetulan saya juga udah pasang mas, taunya aja baru semalem saya mah... langsung deh semalem saya update sitemapnya :)

adi academi said...

keren penjelasannya ,saya langsung praktekkan kang..trims

usman CEOart said...

iya gan, kalau model2 kode rss yang bisa kita submit ke google webmaster apa saja ya?

Ahmad Khoirul Azmi said...

simak di sini gan:

http://www.tautweb.com/cara-terbaik-mengoptimalkan-sitemap-google/

http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/cara-membuat-sitemap-google-untuk-blog.html

Muhammad Zaeni said...

bisa langsung di praktekin nih, tak coba lah

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap