Kenali Lebih Jauh Dunia Ads Network

Penuh trik dan intrik, serta dibalut dengan kebebasan yang kadang suka bikin kebablasan!


Pernah lihat iklan-iklan nyeleneh di situs-situs? Atau justru iklan yang bikin mata pria terbelalak waktu lagi asyik di Facebook?

Nah kadang iklan-iklan kayak gitu memang menggoda banget buat diklik. Harus diakui kalau gambar dan tulisan yang ada di iklan itu memang bikin penasaran luar biasa! Soalnya nggak jarang, pesan di judulnya itu berhubungan sama sensasi yang lagi beredar dan lagi hits banget!

Kadang, kita langsung sebel sama pihak seperti situs atau brand yang namanya tertulis di iklan nyeleneh itu. Tapi sebenarnya, itu belum tentu salah mereka lho! Bisa jadi nama mereka cuma dipakai saja dan disalahgunakan oleh pihak yang nggak bertanggung jawab.

Dari baca-baca dan tanya sana-sini, saya akhirnya paham juga nih soal permainan ads network (begini sebutannya) ini. Memang nggak sampai dalam banget sih, tapi paling nggak, saya jadi ngerti, “begini toh cara main dunia ads network itu…”.

PLATFORM BEBAS


Dari yang saya dapat, ads network ini punya platform khusus untuk memasarkan atau mempromosikan sesuatu. Baik itu situs atau aplikasi untuk gadget. Nantinya iklan itu akan dipasang di situs atau aplikasi atau bahkan media sosial.

Lewat sistem rumit yang mereka miliki, si pemasang iklan bisa langsung memasukkan kampanye atau promosi yang mereka inginkan. Cuma dengan daftar, login, kamu langsung bisa jadi si pemasang iklan, yang bisa dengan bebas membuat iklan sesuai dengan keinginan.

Dalam membuat iklannya, kamu harus memasukkan APK atau link URL ke situs yang ingin kamu promosikan. Gampang banget kan?

KEBEBASAN YANG KEBABLASAN

Sayangnya, dengan semua kebebasan itu, masih ada kebablasan yang harus dihadapi. Parahnya lagi, kebablasan ini bisa melibatkan nama dan pihak lain yang juga menggunakan layanan ads network ini.

Gimana kebablasannya?

Dari info yang saya dapat, sekali kamu tergabung dengan salah satu platform ads network, kamu bisa bebas melihat beragam APK atau promosi lain yang juga ada di ads network itu! Lebih parahnya lagi, semua yang tergabung di platform ads network bisa menggunakan semua materi promosi yang ada di sana!

Kamu bisa mempromosikan produk kamu, dengan memakai nama brand lain yang kamu inginkan, dan dengan judul yang kamu inginkan. Ditambah lagi, kamu juga bisa memakai foto atau gambar apa pun yang kamu inginkan! 

Jadi, jangan heran kalau ada iklan yang berjudul bombastis, dengan foto atau gambar yang sangat menggoda, dan dengan embel-embel salah satu brand. Padahal, kalau kamu klik iklan itu, belum tentu kamu diarahkan ke situs atau aplikasi brand tersebut!


Kusut? Memang seperti itu kurang lebih kusutnya ekosistem ads networks ini. Siapa pun bisa mendompleng nama besar, bahkan menyalahgunakan nama besar yang ada. 

Kalau saya rangkum secara singkat, siapa pun yang tergabung di platform ads networks bisa membuat promosi dengan menggunakan materi, nama, link URL, APK, dan gambar seperti apa pun. Semua demi tujuan yang mungkin kita sama-sama tahu, keuntungan. Atau bahkan kejahatan, untuk menjatuhkan pesaing bisnis misalnya.

ADA ATURANNYA NGGAK SIH?


Kalau memang ekosistem ads networks itu segitu bebasnya, masa iya nggak ada peraturannya? 

Kayak yang kita sama-sama tahu, sebuah bisnis pasti punya Syarat dan Ketentuan yang tentunya berlaku di bisnis itu. Begitu juga ads networks. Setiap platform ads networks punya regulasinya masing-masing.

Lalu, kenapa mereka nggak menurunkan iklan yang nggak sepantasnya, atau iklan yang cenderung misleading dan menipu? Mereka bisa kok menurunkan iklan itu. Dengan catatan, ada pihak yang mengadu atau protes ke mereka

Kalau nggak ada yang mengadu bagaimana? Ya iklan itu akan terus beredar di berbagai situs dan media sosial. Karena memang ekosistem ads networks ini susah sekali untuk dikontrol dengan detail.

BELAJAR DAN LEBIH TAHU


Jujur, setelah tahu lebih banyak soal ekosistem ads networks ini, mata saya jadi lebih terbuka sih. Saya jadi bisa lebih paham lagi kalau melihat iklan-iklan aneh di dunia maya. Saya nggak serta merta menuding bahwa itu adalah kesalahan brand yang namanya dijadikan judul iklan, atau brand yang situsnya terbuka saat saya mengklik iklan tersebut.

Seluk beluk ekosistem digital dan ads networks memang luar biasa rumit. Mari sama-sama belajar, dan jadi lebih tahu soal semua trik dan nggak gampang percaya kalau menemukan iklan-iklan penuh tipuan seperti ini.

Kenali Lebih Jauh Dunia Ads Network
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 11 Comment(s):

Aldi Rahman said...

memang seharusnya ada pihak yang mengadu atau melayangkan protes, jika iklan itu menipu. Sebenarnya di media sosial, terkadang saya menemukan iklan penipu, tapi mau bagaimana lagi? Yang penting belajar dari pengalaman

Ahmad Khoirul Azmi said...

bener sob. yang paling memprihatinkan memang di medsos. Contohnya facebook, banyak sekali iklan yang menjerumuskan (misleading), biasanya via judul iklan yang bombastis agar pengunjung tertarik klik, walapun ketika sampai di halaman tujuan iklan, ternyata judul berita tidak sama.

Contoh terbaru adalah kasus iklan yang merusak nama baik Tokopedia terkait iklan yang mengatasnamakan Tokopedia dan sangat berkesan memanfaatkan momen wafatnya almarhum Olga. Persaingan bisnis semakin kejam di dunia online, kalo tidak dikontrol. Bagi yang belum tahu bisa simak di sini:

link >> Klarifikasi Tokopedia atas Iklan Mendiang Olga

Ini yang sangat memprihatinkan.

Rienz Barienzta said...

Bagus nih gan, numpang nyimak ya :-D

Ahmad Khoirul Azmi said...

silahkan sob :)

Ikhsanudin din said...

terima kasih, posting ini sangat membantu

Cepi Ali Anwari said...

Iya mas, memang begitu adanya jika kitanya yg tidak belajar dan ga mau tahu.. Wah malah akan memperparah dunia advertising dumay yg makin bablas.. Hehe
Thanks uda membuka rahasia dan memelekkan mata saya sbg pemula di dunia online khususnya blogging for sharing u/ extra hati2 dan tetap berinovasi positif.. Situs BR ini salah satu situs favorit saya lho.. Sukses selalu

Ahmad Khoirul Azmi said...

Benar sob, banyak yang kebablasan, dan yang kebablasan itu bisa bikin runyam, apalagi dunia online. Terima kasih sob untuk kesetiaan dan kunjungannya. Sukses selalu untuk blognya

richfer ombuh said...

Benar sob banyak iklan yg bergentayangan di dunia medsos khusus nya fb.
Iklan yg gambar(foto), nama judul, dan lain sebagainya sama sekali tidak karuan dan tidak sesuai dengan isi konten yang ada di dalamnya bahkan sering sekali memakai nama seorang artis dengan judul yang menjatuhkan harga diri orang trsebut hanya agar menarik bnyak orang untuk mengklik iklan trsebut ...,miris

Ahmad Nuruddin said...

Iya nih Kang, Kadang kita dibikin bingung oleh ad network,. dari pada bingung q biarin ja yang penting menghasilkan klik kang. hehe

Alquddus Ku said...

Al-Qur'an AL Quddus, tentang al quran, Jual Al Quran, jual alquran, jual al-qur'an, jual al quran murah, jual al quran terjemahan, jual al quran utsmani, quran, alquran indonesia, quran dan terjemahan, al quran terjemahan indonesia, al quran murah, jual alquran grosiryang benar gomana sob

Ahmad Khoirul Azmi said...

Pertanyaannya:
Jual Al-Quran pun mesti nyepam ya pak??
Ga saya hapus buat contoh.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap