Apakah Link Nofollow Pada Komentar Mempengaruhi SEO Blog?

Assalamu'alaikum! Setelah sekian lama saya off dari nulis karena sakit yang lumayan "hard" dan pekerjaan offline, akhirnya alhamdulillah, dalam kesempatan ini saya bisa mengawali kehadiran di dunia online dan bisa bikin post lagi. Saya ingin menjawab pertanyaan mengenai "apakah link nofollow di komentar masih mempengaruhi SEO, terutama bagi web/blog dimana link itu ditanam?"
---

Selama sebuah komentar itu relevan, maka menjadi value yang bagus, baik bagi SEO blog maupun bagi pembaca. Komentar adalah ruang "ekstensi", dimana sebuah post/artikel bisa diperluas serta diperdalam pembahasannya, didiskusikan, dan diperjelas apabila ada hal yang belum secara total digamblangkan. Kita sebagai blogger tentu sudah akrab banget dengan istilah komentar spam; komentar yang tidak relevan, dan biasanya berisi link-link yang ditanam dengan tujuan promosi dan SEO. 

Para spammer biasanya menanam link di dalam komentar dengan tujuan meningkatkan jumlah backlink, dan akhirnya tujuan berujung pada upaya meraih peringkat website/blog di Google search engine, baik peringkat halaman utama maupun halaman internalnya.

Fitur komentar yang disediakan oleh berbagai platform blogging dan website terkemuka seperti Blogger, WordPress, TypePad, dll secara otomatis sudah membubuhkan atribut nofollow pada setiap link di dalam komentar, baik pada nama komentator maupun konten komentar.  

Pertanyaannya adalah:
  1. Apakah link-link nofollow dalam jumlah banyak di dalam komentar akan mempengaruhi SEO blog?
  2. Apakah efek bagi backlink yang ditanam di dalam komentar nofollow dan pada website/blog tujuan dalam hal SEO?

Efek Link Nofollow dalam Komentar Blog

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, jika sobat menggunakan platform-platform blogging yang sudah disebutkan, maka ruang komentar blog sobat aman dari link spam, karena atribut rel="nofollow" pada hakikatnya menginformasikan pada search engine bahwa sebuah link tidak usah diikuti atau  tidak usah diperhitungkan sebagai "vote" terhadap halaman website/blog tujuan backlink. Dengan demikian, backlink tersebut tidak akan mempengaruhi ranking website di Google.

Dengan demikian, sebanyak apapun backlink nofollow di dalam sebuah halaman website/blog, termasuk di dalam komentar, tidak akan memiliki efek penerusan rank terhadap backlink-backlink tersebut. Jadi, karena tidak memiliki efek, maka halaman blog sobat aman dari cap spam oleh Google.

Tetapi yang perlu diperhatikan adalah keyword pada backlink. Karena setiap kata yang ada di dalam blog sobat terindeks, maka anchor text pada backlink yang terkesan tidak relevan, vulgar, off-topic, dan tidak sesuai dengan blog sobat pun sama terindeks-nya. Oleh karena itu, meskipun blog aman dari link spam karena dalam bentuk nofollow, tapi sobat tetap harus melakukan scanning terhadap kemungkinan link-link spam yang anchor text nya dapat merusak konten blog.

Efek Pada Website/Blog Komentator

Di mata Google, link pada komentar tidak serta merta menjadi hal negatif, apalagi jika dalam bentuk nofollow. Jadi efeknya tidak bisa diartikan buruk terhadap SEO. Di sisi lain, karena dalam bentuk nofollow, link tersebut juga tidak berefek positif terhadap SERP di Google, karena link itu terabaikan oleh pengindeks. Artinya, efeknya lebih kepada pembaca, dan makna link spam di sini bisa diartikan sebagai spam kepada blog (sebagai media promosi) dan pembaca (target promosi), yang dilakukan dengan cara tidak semestinya (spamming; nyampah).

Ada yang bilang link nofollow masih memiliki efek pada SERP meskipun kecil. Dalam beberapa post, saya pernah menekankan link nofollow sedikit berefek, setidaknya untuk visibilitas (menunjukkan bahwa sebuah website atau halaman website ada, tapi tidak pada ranking). Ini berlaku jika berada di bagian halaman yang bersifat utama, misalnya post, halaman social bookmarking dan bagian halaman utama lainnya. Namun demikian, sejauh ini saya tidak melihat signifikansi link nofollow di dalam komentar berpengaruh terhadap SEO.

Tetapi, ini poin yang mesti diperhatikan bagi sobat yang suka nyepam link di komentar blog. Jika sobat sangat sering melakukan spam link pada komentar, dalam jumlah yang menurut Google sudah keterlaluan, maka potensi penalti baik banning, deindeks, atau penurunan ranking bisa terjadi. Ini artinya Google tetap "mencatat" jumlah backlink sobat meskipun tidak dianggap (nofollow, diabaikan), dan jika banyak backlink sobat sebagian besar didapat dari bagian komentar blog dan jumlahnya luar biasa, maka potensi penalti besar. Jika backlink di dalam komentar dibuat secara rutin dan dengan cara tidak natural (misalnya menggunakan bot) maka potensi penalti akan lebih mudah lagi didapat.

Ini salah satu buktinya.

Saya beberapa kali telah mendapat permintaan via contact form atau email yang biasa disebut "Link Removal Request" oleh webmaster/blogger yang baru saja mendapatkan warning dari Google berupa "unnatural backlinks"; yang biasanya disampaikan via Google Webmaster Tools dan email. Mengetahui info ini, webmaster/blogger pasti langsung panik. Web/blog nya mengalami penalti, baik ringan maupun berat. Di situ ada info halaman apa saja (contoh halaman pemuat backlink) yang memuat backlink tidak natural tersebut. Hasilnya, mereka semakin panik dan membuat surat yang kesannya halus, tapi sebenarnya bernada ancaman; saking takutnya, karena mau tidak mau link harus dihapus, dan yang bisa melakukan hanya pemilik blog/web. 

Jalan terakhir adalah disavow tapi tentu jauh lebih rumit untuk dilakukan.

Email semacam itu biasa saya dapat dengan tujuan penghapusan link di sosbook yang saya kelola (notabene dofollow). Namun, yang membuat saya memberikan perhatian khusus, adalah email permintaan link removal yang ditujukan pada salah satu konten komentar blog ini, yang notabene nofollow. 
klik untuk melihat jelas
Agak kesal, saya kemudian balas dengan nada geram, walaupun saya menyetujui permintaannya.

Ini membuktikan bahwa backlink berupa nofollow, tetap diperhatikan oleh Google dalam konteks jumlah dan cara mendapatkannya; lebih spesifiknya adalah backlink pada komentar. Jadi kategori backlink dalam istilah "unnatural links" tidak semata mengacu pada backlink dofollow, tetapi mencakup semua backlink, baik backlink dofollow maupun nofollow yang didapat dengan cara tidak wajar dan jumlahnya luar biasa.

The Verdict

Saya harap ulasan singkat di atas cukup menjawab pertanyaan sobat mengenai efek link nofollow dalam komentar terhadap SEO blog, baik halaman pemberi maupun penerima backlink. Yang bisa digaris bawahi adalah:
1. Bagaimana sebuah link memiliki efek. Untuk mematikan efeknya (tidak meneruskan link juice), karena link tersebut tidak diharapkan dan tidak perlu memberi "vote", atribut nofollow sangat diperlukan
2. Poin lainnya adalah kehati-hatian dalam memborbardir komentar blog dengan link walaupun hanya nofollow, karena resikonya adalah: jika jumlahnya sangat banyak, dilakukan dalam waktu yang sangat rapat (rutin), dengan cara tidak wajar, resiko sobat mendapat penalti Google menanti di depan mata. Apalagi bila link itu dofollow, bisa dibayangin 'kan efeknya?

Have a nice blogging, as always :)

© copyright Ahmad Khoirul Azmi, published only for buka-rahasia.blogspot.com.

Apakah Link Nofollow Pada Komentar Mempengaruhi SEO Blog?
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 23 Comment(s):

deni trisrian said...

Assalualaikum
Nyimak aja ni gan, maklum newbie.

Ahmad Khoirul Azmi said...

silahkan sob :)

HAM DAN said...

dapat pelajaran baru ...

decky canser said...

Wah. akhirnya update juga, hehe, ilmu seo baru lagi nih mas, jadi backlink nofollow juga punya dampak yang cukup besar bagi seo, baik komentator, ataupun halaman yang dikomentari.

Have a nice blogging....

Hiendrich accid burn said...

mantap gua dapet ilmu baru makasih ya boss .... mampir bos ke blog saya yang sederhana hehhehe http://hiendrich.blogspot.com/

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Hamdan: Sip sob
@Decky: Bukan, pada blog yang dikomentari tidak ada efek buruk apapun, potensi efek buruknya justru ke blog/web komentator jika jumlah dan caranya parah.
@Hiendrich: Sip (y)

decky canser said...

@azmi ooh, salah pemahaman saya mas, hihihi

situs Infloker said...

okelah kalobegitu thank sob.hehe

Dani Siregar said...

Zaman sekarang, lebih recommended contextual link kah?? :D

OPTIMUS group said...

info yang bagus :-) maaf mas, saya baru belajar nih, minta bimbingannya ya, saya baca beberapa artikel anda sepertinya anda sudah paham SEO, boleh saya gabung ke facebook mas?

Ferry Rinaldi said...

Kemungkinan menurut saya yang newbi sedikit banyak link nofollow pasti ada manfaatnya buat sesama... terutama menjalin silaturahmi.. biar umur dan rizki makin banyak... wakakaka.. gak nyambung ya Boz?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Optimus: maksudnya gabung ke fb bagaimana sob?
kunjungi aja profile-profile ini:
facebook.com/azmi.survivor
facebook.com/BukaRahasiaBlogspot
facebook.com/AhmadKhoirulAzmi

Saeful Bahri said...

klo tuk saya pribadi, pakai komentar disqus untuk mengakali banyak link yang keluar

Ujang Kurnia Sandi said...

terima kasih atas informasinya mas, bermanfaat sekali. Apalagi saya masih Newbie dalam hal blogging. Ditunggu kunjungannya ya mas!

Andri Yosia said...

terima kasih infonya

Fikri Suke said...

Ohhh berarti sangat berpengaruh sekali ya mas gan :)

Toko Jati said...

terima kasih atas informasinya pak,saya sangat senang sekali bisa menerima informasi yang anda share

Ciinz Saputra II said...

Oke terima kasih Mas.. Sya ada satu soalan nih mas, kenama posting saya sudah terlihat di searc google, tapi pas saya baca postinganya kok di bawa ke google plus itu gimana cara ngatasinya mas terima kasih..

Prince Wibowo said...

Oh begitu ya pak, terima kasih infonya sangat bermanfaat bagi saya yang masih newbie

Mas Ocid said...

Makasih infonya mas.
Nice artikel.

Didin Ajidin said...

Sebuah pelajaran berharga bagi saya, karena saya pemula ternyata banyak yang harus saya pelajari, thanks gan

Bang Andi said...

btw cara membuat list popular blog post itu bagaimana om ? jquery kah ? bisa bagi ilmu/tutornya

trims :)

ecaknyo.blogspot.com

bisnisku said...

Lebih aman melakukan backlink secara manual.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap