Cara Perbaiki dan Redirect Broken Link (404) untuk SEO Blogger

Baru saja saya tadi berdiskusi dengan sobat Yudi di FB soal redirect. Kebetulan pula, saya ingin mendiskusikan mengenai broken link pada blog Blogger. Jadi pada kesempatan ini, sekalian deh saya post mengenai masalah broken link yang biasa kita temui di Google Webmaster Tools, dan bagaimana memperbaikinya agar SEO blog anda tidak merosot.

Apa itu Broken Link?

kesalahan perayapan broken link blog
Broken link adalah link yang ditemukan di suatu halaman web/blog, baik halaman web/blog internal maupun halaman web/blog lain namun mengarah pada halaman web/blog yang tidak ada (tidak ditemukan). Banyak penyebab halaman tidak ditemukan, misalnya halaman tujuan sudah dihapus, kesalahan server, kesalahan setting url, dan yang paling banyak adalah kesalahan dalam menuliskan URL. Ini biasanya terjadi ketika anda atau pemilik web/blog lain yang ingin memberikan link ke salah satu halaman anda melakukan kesalahan saat menuliskan atau mencantumkan url. Misalnya kurang http://, tidak sengaja menambahkan url di belakang url, white space, dan lain sebagainya. Link tersebut kemudian diklik oleh pengunjung, dan karena halaman dengan URL seperti itu tidak ada, walhasil pengunjung akan diarahkan ke halaman 404 alias Page not Found. Demikian juga yang dibaca oleh Google. Ketika Google menemukan backlink (baik link di halaman blog anda sendiri maupun di halaman website/blog lain), dan menemui bahwa halaman tujuan tidak ada, maka Google akan melihatnya sebagai broken link.

Pengaruh Broken Link Terhadap SEO


Apa ada kaitan antara broken link dengan SEO? Ya, ada pastinya. Jika tidak, maka informasi ini tidak akan anda temukan di Google Webmaster Tools. Broken link atau link rusak adalah satu dari beberapa poin "Kesalahan Perayapan" (Crawl Errors) dan "Kesalahan Situs", lebih spesifiknya lagi "Kesalahan URL", maka memang harus diberikan perhatian penuh. Jumlah broken link yang signifikan akan memberikan penilaian pada Google bahwa sebuah website/blog tidak sehat serta memiliki perubahan konten signifikan namun tidak segera diperbaiki (misalnya jika anda membeli domain yang pernah dimiliki oleh pihak lain dan mengubah kontennya). Semakin banyak broken link, semakin tidak sehat sebuah situs. Di mata Google, broken link sama saja sebuah "suguhan kosong" bagi pengunjung. Oleh karena itu, semakin banyak jumlah broken link ditemukan, Google akan menurunkan nilai penting website/blog anda. Artinya, peringkat web/blog anda di SERP akan semakin merosot. So? Perbaikilah!

Memperbaiki (Redirect) Broken Link di Platform Blogger


Kata "memperbaiki" sebenarnya memang agak kabur dalam konteks broken link, karena sebenarnya yang kita lakukan adalah melakukan redirect pada link yang rusak menuju link/halaman lain; sebab untuk membuat halaman baru dengan url yang sama dengan link yang rusak memiliki ketidakmungkinan sangat besar. Misalnya, bagaimana bisa anda membuat halaman baru di Blogger dengan url: 
http://bloganda.blogspot.com/2013/09/broken-link.hml/blah-blah
Tidak mungkin bukan? Link di atas biasanya ada karena kesalahan penulisan atau ketambahan karakter secara tidak sengaja.

Maka yang harus dilakukan adalah melakukan redirect, dengan tipe permanen, agar link tersebut mengarah ke halaman lain yang "sehat" dan bersifat permanen.

Untuk melakukan cek broken link pada Google Webmaster Tools, buka GWT dan masuk ke dashboard blog anda. Lalu klik "Kesalahan Perayapan". Di situ ada 4 jenis kesalahan utama, "Kesalahan Server", "Tidak Ditemukan", "Tidak Diikuti", dan "Lainnya". Pada platform blogger, yang paling mungkin diperbaiki adalah pada bagian "Tidak Ditemukan" alias not found alias 404. Klik pada bagian itu.
Di halaman itu, lihat pada bagian bawah, ada berbaris-baris broken link (jika ada, hehe). Jika jumlahnya mencapai puluhan bahkan ratusan, maka ini saat yang tepat bagi anda untuk bertindak tegas! Cieeee....

Anda bisa klik bagian url untuk melihat informasi lengkap urlnya (akan muncul pop up window). Tapi saya rasa tidak begitu penting. Untuk langsung memperbaikinya, copy saja url tersebut (yang merupakan bagian belakang dari url domain). Anda perlu cek halaman apa yang sebenarnya harus dituju oleh url yang rusak tersebut, misalnya halaman post apa gitu. Persiapkan juga url post tersebut.

Berikut contoh broken link pada blog ini:
Broken link:
2011/10/blog-design-kumpulan-tips-trik-desain.html/directory/Distributions
Link seharusnya:
2011/10/blog-design-kumpulan-tips-trik-desain.html
Jika broken link ada banyak, maka anda harus melakukan copy paste dan menemukan halaman tujuan seharusnya secara berulang-ulang. Tapi yakinlah, dengan melakukan perbaikan ini, efeknya luar biasa bagi perbaikan SEO blog anda. Oke? jadi masih mau lanjut? Mari gaaan!

1. Buka dashboard blogger > Setting > Search Preferences > Lihat pada bagian "Errors and redirections" > Custom redirect.
2. Klik link "edit".
Blogger Custom Redirect 1
3. Setelah itu, anda akan melihat dua kolom, yang pertama adalah link yang akan  diredirect, dan kedua adalah tujuan redirect. 
Redirect Halaman Blogger
4. Masukkan url yang sudah anda copy via Google Webmater Tools tadi. Sebagai contoh url saya tadi:
2011/10/blog-design-kumpulan-tips-trik-desain.html/directory/Distributions
Masukkan ke kolom di baris pertama, JANGAN LUPA ditambahi dengan "/" di bagian depannya. Jadi urlnya begini:
/2011/10/blog-design-kumpulan-tips-trik-desain.html/directory/Distributions
5. Kemudian masukkan url tujuan redirect, dengan ketentuan sama seperti di atas. Sebagai contoh url tujuan saya berarti:
/2011/10/blog-design-kumpulan-tips-trik-desain.html
6. Centang pada bagian permanen (untuk memberikan perintah permanent redirect, lalu save.

Jika masih ada url yang harus di-redirect, klik "add new redirect" untuk menampilkan kolom baru, dan lakukan cara yang sama. Jangan lupa sesekali klik "Save changes" (tombol warna orange) untuk menyimpan semua setting secara permanen (Jangan lupa bagian ini ya, bro).

Uji coba url yang diredirect tadi dengan memasukkan url lengkap. Jika setting yang dilakukan tepat, maka broken link akan terarah ke link tujuan redirect. Jika tidak cek apakah url dan cara menuliskan redirect sudah benar.

Setelah itu tandai semua broken link di GWT sebagai sudah diperbaiki. Google butuh waktu untuk re-crawl url-url (link) yang sudah diperbaiki, jadi efeknya tidak cepat. Semakin banyak, semakin butuh waktu lebih panjang. But at least, anda sudah melakukan langkah SEO yang tepat pada blog Blogger anda.

Sedikit tips:
Terkadang kita menemui broken link yang aneh, misalnya tau tidak bahwa link "tang dan obeng" itu juga ikut terdeteksi oleh Google? Tapi halaman menuju link tersebut tidak dapat diakses oleh Google. Walhasil, halaman itu juga dianggap broken. Ada juga misalnya broken link yang malas anda carikan tujuan redirectnya. Nah daripada pusing-pusing, lebih baik redirect saja ke homepage. Caranya? Masukkan saja tanda "/" ke dalam kolom tujuan redirect (kolom kedua), yang berarti broken link akan diredirect ke homepage. Beres.

Jika masih bingung soal fitur redirect ini, baca Blogger Custom Redirect. Pengguna Wordpress? Simak cara redirect broken link WordPress untuk meningkatkan SEO. Beres juga yah!

© copyright Ahmad Khoirul Azmi, published only for buka-rahasia.blogspot.com.

Cara Perbaiki dan Redirect Broken Link (404) untuk SEO Blogger
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 64 Comment(s):

abyzahra said...

Ada yang mau saya tanyakan mas,
Selain dengan menggunakan cara yang sudah dijelaskan diatas, saya juga menemukan metode redirect link yang menggunakan script. Pertanyaannya :

Apa perbedaan dan keunggulan dari kedua metode redirect link tersebut?

terimakasih :)

Ary Darma said...

saya memiliki 13 link yang pernah saya hpus...trus sy coba utk menghapus..tp ttp sj gak bisa...gmn tuh mas?

Anonymous said...

thanks share nya master, lebih bagus lagi kalo pas di halaman 404, itu ada kayak daftar kemungkinan url yang dituju gtu, jadi si pengunjung enggk maen tutup tab aje :D

Edi Bitcoin Gratis said...

Saya selalu menggunakan brokenlinkcheck dot com, cara anda akan saya coba juga!.

Unknown said...

@fuji: seperti yang sudah saya bilang di komentarnya status yudi tadi, redirect itu bukan permanent. Javascript hanya berpengaruh pada browser, bukan search engine. Redirect apapun yang menggunakan script hanya berpengaruh pada browser dan pengunjung. Redirect terbaik adalah melalui htaccess.

@Ary: Apakah cuma dihapus saja, tapi tidak anda perbaiki/redirect? artinya anda belum memperbaikinya, maka google menemukan lagi.

Ary Darma said...

owh gitu mas...sdh sy perbaiki di blogger dashboard dengan mgnbh "pesan khusus untuk laman tidak ditemukan"
trus, yg tidak ditemukan itu saya hapus melalui Webmaster,mas...

Unknown said...

ini "pesan khusus untuk laman tidak ditemukan" dimana ya, saya malah baru tahu :)

Ary Darma said...

maaf ...ini maksud sy mas...trpksa sy isi link...:)
https://lh5.googleusercontent.com/-Mgz-3sIqEYs/UjrcYugJq7I/AAAAAAAACFc/oFQjxqI_MWQ/w978-h550-no/pasen+khusus.png

Anonymous said...

hmmmm ... untung saya menemukan solusi di blog ini keren amat....

thanks ... dan salam kenal mas..... :D

Unknown said...

oh itu hanya custom 404, artinya halaman yang ga ditemukan akan diberi informasi 404 yang bisa kita desain sesuka kita. Tapi tetep aja halaman tidak ditemukan/broken link. Harus diredirect ke halaman lain agar tidak broken, seperti cara di atas.

Anonymous said...

alhamdulillah,,kemarin blog saya yang lain broken linknya banyak amet (hampir 500 an) dan butuh 2 jam lebih untuk menghapusnya karena terkendala sama koneksi dan kerjaan sampai-sampai saya ketiduran :D

Ary Darma said...

Owh gitu...ya udh saya coba dan it works...hehehe...top deh mas...thanks ilmunya

Regi Ademoelya said...

Kalau saya ketika muncul broken link pada webmaster tools, langsung saya hapus. Tetapi saya bingung kenapa setelah link tersebut saya hapus, kok selalu saja muncul lagi.
Kunjungi juga Blog sederhana saya http://regibrader-free.blogspot.com/

Bloglazir said...

100% sudah saya coba dan work (y)
terima kasih banyak mas, dan artikel ini sudah saya jadikan bahan refrensi saya serta uji coba langsung di blog pribadi saya. yang saya buat pada tangggal 22 September 2013 Pukul 23.40 (WIB) Waktu Indonesia Bloglazir

Anonymous said...

thanks mampir ke tempat ane sob :)

Anonymous said...

wah akhirnya bisa juga gan, kemarin gw jg bingung saat masuk webmaster tool gimana cara mengganti broken link ini. Thx ya pencerahanya

Unknown said...

@Rizal: bagus sob! Terima kasih sudah mampir dan sukses terus.
@All: Senang juga kalo itu work. Sukses terus!

Unknown said...

Penyebab 404 Not Found itu apa ya ? Kok saya belum pernah mengalami kasus yang seperti ini ..

Jerry Kong said...

Saya sering sekali menemui broken link pada GWT. Walau sudah diperbaiki (redirect) tetap saja akan muncul lagi yang baru. Biasanya berasal dari web AGC yang menyalin dan menampilkan hasil pencarian dihalaman mereka tapi dengan konten yang acak-acakan termasuk menyalin url dari situs lain yang terpotong-potong sehingga kalau dibuka pasti error.

Jadi kita harus rutin cek error di GWT dan rutin juga membuat redirect di blog kita. Karena kalau sudah terlalu banyak akan semakin susah melakukan itu terlebih blogspot tidak punya plugin yang bisa membantu kita. Praktis harus dilakukan manual

GP Consulting said...

Wah ternyata broken link penting baget buat dihilangin ya mas..

Unknown said...

makasih sharingnya , aku juga pernah nemuin hal itu

Anonymous said...

Waaah... artikelnya menarik dan kreatif... salut buat mas...

Nandar said...

Kalau broken link nya banyak capek juga ya bikin satu-satu untuk redirect.

Leanita QQ said...

salam..
klu memperbaiki link yg tidak diikuti bagaimana caranya bung Azmi?
di peta situs saya sellu ada tanda peringatan yg katanya krn ada URL yg di alihkan. Tetapi sy tidak menemukan bagaimana cara kerjanya... krn ketika saya klik URL yg bersangkutan tidak di alihkan keman-mana kok... pling2 klu pki feedproxy bru ada pengalihan. Mohon bantuan dan pentunjuknya.. thx

Anonymous said...

Tetapi biasanya broken link di blog saya ini disebabkan oleh komentar OpenID ^_^.

Unknown said...

terimkasih gan.. sngat brmanfaat

Autocar Engines said...

Ilmu hebat...tks ilmunya guru

Unknown said...

Pagi mas, tutrialnya sangan mantap.. bisa share juga gak meta tag yg cocok untuk situs saya www.zonapelajar.com !! atau kalau bisa share meta tag situs ini ya mas, hehe!

Reachschools said...

artikel ini sangat bermanfaatsekali. Sangat membantu untuk kesehatan blog. thanks

GP Consulting said...

Blog saya banyak sekali broken link dan duplikat kontennya karena diterlantarkan oleh si pembuatnya dulu, untunglah saya bisa menguranginya sedikit demi sedikit dengan memakai plugin WordPress 301 Redirect. Terimakasih bung Azmi

Anonymous said...

wah, ternyata punyaku banyak broken link >.<

makasih banyak untuk tutorialnya mas. Semoga, setelah membaca artikel ini, blogku makin sehat :D

Anonymous said...

makasih banyak mas

Thomas alғa guchy said...

maw nanya mas,, blog saya ngak bisa beropersai sepenuh nya,, tolong minta bantuan nya ya,,

Unknown said...

mas, saya mau nanya, kalo saya ganti sub domain blog menyebabkan broken link g mas? maksudnya begini ikustrasinya :
blog semula saya www.semula.blogspot.com sy mau rubah blog menjadi www.rubahnama.blogspot.com (jadi intinya kontennya tetap sama, inin saya perlukan krn nama sub domain blog sy yg sekarang tdk sesuai dgn isinya) thanx atas pencerahannya master

ryano93 said...

makasih mas info'a saya banayak banget nih 404 nya kemaren diapus cuma 54, pas di cek lg 3 minggu kemudian naek jadi 65..
itu gimana ya mas :D
makasih

Unknown said...

mas, mau tanya apa bedanya broken link 301 sama 404?

Unknown said...

akhirnya sudah saya perbaiki,punya saya ada 26 mas,berkat mas saya bisa lebih tau,soalnya dulu saya hapus begitu aja,tapi mulai sekarang enggak,thank's ya mas

Prisma Try Laksana said...

webmaster memang tool yang sangat membantu

Anonymous said...

Mau nanya nih kang ..
di GWT ane , yg keluar malah broken link yg aneh" ..
contoh nya sprti ini --> /&force=1
itu broken link karena apa ya kang ..?

BTW artikel nya ane copas ya, tenang aja kang bakalan ada sumber nya kok ..
:D

Anton J said...

thanks, daripada pusing nyari gak nemu. saya redirect aja ke homepage

Anonymous said...

mas, cara menghilangkan link komentar yang kita hapus gimana? soalnya saya sudah beberapa kali menghapus melalui webmaster tapi broken link komentar tersebut muncul lagi.

Adhy Suryadi said...

Betul ya mas banyak juga manfaat custom redirects blogger :D Selama ini saya selalu menggunakan removal URL di webmaster tools, tapi kadang ada url yang bandul muncul lagi muncul lagi hehehehe, saya coba trik ini buat url yang bandel tersebut mas... makasih sharing ilmunya :)

yatno id said...

Wah,,, terima kasih banyak mas.. sungguh bermanfaat..

Anonymous said...

trimakasih mas. langsung di praktekin nih. semoga blognya jadi tambah rame

Admin R said...

makasih gan infonya...

nins said...

saya buka blog pake LAN redirect, gagal terus, tapi ganti pas pake wifi enggak..kenapa ya mas?

Anonymous said...

wah tambah lagi nih ilmu saya,. makasih mas

Say No To Drugs said...

Tidak ada cara yang menghapus atau memblokir blog atau halaman nggak...???

DAMZ said...

terima kasih, atas informasi nya, mau saya coba terapkan di website saya.

~ http://www.ponselpedia.com ~

apdm said...

hai

tapi bagaimana caranya jika saya ingin hapuskan error untuk posting yang telah diindeks oleh google kerana telah stop melanggan domain yang dibeli?

atau bagaimana caranya untuk saya directkan url link lama dgn url link baru.. tq

Unknown said...

@Syira:
Hai, problem anda membutuhkan redirect yang cukup berbeda. Kalo domain anda expired, dan ingin mengembalikan ke url lama, cukup buka dashboard > settings > pengaturan domain, dan kembalikan ke alamat subdomain blogspot yang lama. Jika anda ingin redirect ke domain baru, ubah url nya dengan melakukan langkah-langkah seperti dibahas di sini: http://buka-rahasia.blogspot.com/2012/05/setting-blogger-custom-domain.html

Unknown said...

sumpah ni artikel bantuin gue banget. nuhun sobat blogger. khusus nya buat admin blog ini

Anonymous said...

makasih gan infonya sangat bermanfaat

Unknown said...

berhasil saya mas , untuk merdirect crawl error di blog saya, mohon info apakah sebaiknya tetap untuk diajukan remove url di GWT nya dari hasil data url error tadi ? thks sukses...

Unknown said...

setelah melakukan redirect, langsung hapus masing-masing di daftar crawl error, tepatnya broken link (404), biar nanti Google langsung merayapi lagi.

Anonymous said...

kalau memperbaiki Url yang mengarah Ke situs Lain yang sudah tidak ada, bagaimana mas ? Soalnya di postingan saya banyak link yang mengarah Ke Situs lain yang Sudah tidak Ada

Unknown said...

@Thuval: tidak ada cara lain, selain mengedit/menghapus link pada post tersebut. Update post anda secara berkala, karena ini juga berpengaruh pada SEO, link mati yang anda rujuk tidak bermanfaat apa2 bagi pengunjung dan bisa dinilai kurang baik oleh search engine (mengarahkan kepada situs/halaman web yang sudah tidak ada).

https://www.wiryarentcar.com said...

Wah good good ane punya opat broken link bikin era wae nuhun.....

https://www.wiryarentcar.com said...

Oh ya satu lagi tanya klw artikelnya di update atau diperbaharui dengan url yang sama berpengaruh ga ya ? ..

Unknown said...

Kalo mau update artikel yang udah dibuat, ya diupdate aja, tapi permalinknya jangan diubah, biar tidak terjadi broken link. Kalo update-nya panjang dan butuh pembahasan tersendiri, bikin post baru aja

Unknown said...

Kalau kesalahan perayapan dengan url -/ dan S itu url apa? Mohon jawaban. Terima kasih

Unknown said...

makasih info nya om.
dari kemaren saya bingung untuk mengatasi hal ini...
sekarang uda beres..

bredmart said...

blog saya banyak broken link

Adin said...

thanks salam kenal dari newbi dalam
blogging

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap