Google Sitelinks: Apa & Cara Mendapatkan-nya

Google Site Links

Apa itu Google Sitelinks?

Google Sitelinks adalah link-link ke halaman lain dari website, yg ditampilkan dalam hasil pencarian Google (search result). Link-link tersebut digenerasikan secara otomatis oleh Google serta tidak semua website memilikinya. Sitelinks sebenarnya adalah navigasi di dalam website dimana pengunjung dapat dengan mudah menemukan halaman yg diinginkannya. Demikian halnya sitelinks dalam hasil pencarian Google. Google menampilkannya sebagai cara mudah bagi pengguna search engine untuk langsung masuk ke halaman tertentu sebuah website tanpa harus masuk ke homepage terlebih dahulu.

Agar lebih mudah memahami struktur sitelinks search engine Google, perhatikan gambar berikut:
Sitelinks Google di atas menunjukkan dua jenis struktur, link homepage, yg merupakan hasil utama pencarian (search result) dan, di bawahnya, link-link menuju ke halaman-halaman tertentu.. Link-link itulah yg dinamai sitelinks. Bagi para pengguna Google, leberadaan link-link mempermudah mereka untuk langsung masuk ke halaman yg benar-benar ingin dituju. Misalnya, saya ingin membuat email Google, namun saya tidak tahu url yg harusdiketikkan di browser. Kemudian, saya berinisiatif mencari di Google search engine dengan hanya mengetikkan keyword atau nama website utama (Google). Dengan munculnya sitelinks di bagian bawah search result, saya mendapatkan link fitur/halaman layanan email yang seharusnya saya tuju.

Akan tetapi, mendapatkan sitelinks di halaman pencarian Google bukanlah hal mudah; meskipun sekarang ini lebih banyak website yg memiliki Google sitelinks dibanding satu atau dua tahun yg lalu. Google menyatakan,
We only show sitelinks for results when we think they'll be useful to the user. If the structure of your site doesn't allow our algorithms to find good sitelinks, or we don't think that the sitelinks for your site are relevant for the user's query, we won't show them. (Google Webmaster Supports)
Google hanya akan menampilkan sitelinks di hasil pencarian apabila Google menemukannya sebagai navigasi yg bermanfaat bagi user. Jika struktur suatu situs tidak sesuai dengan algoritma Google dalam proses pencarian/crawl sitelinks website yg sesuai kriteria, atau jika Google tidak melihat adanya relevansi di dalam sitelinks dengan hasil pencarian, maka Google tidak akan menampilkannya. Dengan kata lain, semua website sebenarnya memiliki sitelinks, karena tentunya masing-masing memiliki navigasi di dalamnya, akan tetapi, jika sitelinks tersebut, dalam kata lain, susah untuk ditemukan, digenerasikan, serta tidak ada nilai penting di mata Google, maka sitelinks tersebut tidak akan dimunculkan di hasil pencarian.

Bagaimana Sitelinks Ditampilkan Oleh Google?

Dulu, sitelinks hanya ditampilkan dalam bentuk link-link dengan anchor text saja, namun kini sitelinks muncul dengan diikuti deskripsi kecil dibawahnya lengkap dengan potongan tampilan url-nya (jika url panjang, Google akan skip beberapa bagian).
Dalam kasus tertentu, sitelinks yg dimunculkan kadang kurang memuaskan karena keterbatasan dalam membuat struktur yg standar. Hal ini biasanya dialami oleh blog terutama blog yg ber-platform Blogger karena tidak adanya sistem direktori atau folder khusus (kategori) dan hanya mengandalkan label, yg nyata-nyata tidak diindeks oleh Google (restricted by robot.txt). Sebagai contoh, sitelinks milik buka-rahasia.blogspot.com berikut nampak agak aneh karena kadang-kadang sitelink yg dimunculkan berjudul panjang karena awalnya memang tidak ditujukan sebagai sitelinks. (Dokumentasi sitelinks ini diambil ketika buka-rahasia.blogspot.com untuk pertama kalinya mendapat sitelinks dari Google)
Kita lihat banyak anchor text / keywords yg terputus-putus karena itu adalah judul posting yg memang semestinya lebih panjang. 

Sitelinks digenerasikan oleh Google secara terus menerus sehingga sebuah website/blog sebenarnya memiliki ratusan sitelinks. Google akan terus melakukan pengukuran struktur untuk menemukan sitelinks yang benar-benar mewakili isi website tersebut. Proses ini terus berlangsung seiring dengan perubahan isi (konten) dan navigasi suatu website/blog. Sebagai contoh lagi, setelah beberapa waktu dan pembenahan pada menu dan anchor text, sitelink buka-rahasia.blogspot.com berubah seperti ini: (Cek perubahan lain >> Google sitelinks for buka-rahasia.blogspot.com)
Kita lihat sitelinks di dalam hasil pencarian berubah dan beberapa mulai memiliki poin umum yg memang seharusnya dimunculkan.
Di dalam hasil pencarian Google dengan menggunakan mobile internet (Google Mobile), sitelinks justru dimunculkan dengan keyword lengkap sesuai judul posting, hampir mirip dengan sitelinks Google yg lama:
Dan memang, sesuai dengan pembicaraan dan analisis yg dimuat dalam forum-forum webmaster, Google sitelinks sekarang lebih dinamis dan memiliki perbedaan dengan sitelinks terdahulu. Perbedaan mencolok adalah tampilan sitelinks yang kini berjumlah 6 (kecuali google mobile, yg berjumlah 8), berbeda dengan sebelumnya dimana jumlah sitelinks yg ditampilkan mencapai 8 atau bahkan 12 buah. Medio Agustus 2011 kemarin saya sempat melihat sebuah website memiliki 12 sitelinks. Namun sekarang setelah saya cek lagi semua website yg memiliki sitelinks, maksimal hanya 6 buah sitelinks.
Sitelinks juga ditampilkan sebagai sebaris link-link apabila keyword yg diketikkan adalah url blog/web tertentu, seperti contoh milik http://buka-rahasia.blogspot.com berikut:

Manfaat / Keuntungan Google Sitelinks

Website yg memiliki Google sitelinks di hasil pencarian setidaknya memiliki keuntungan/manfaat sebagai berikut:
- Mendapatkan lebih banyak traffic/pengunjung (bahkan berkali lipat) dari Google karena lebih banyaknya link yg dimunculkan di hasil pencarian.
- Meningkatkan dan menunjukkan adanya otoritas website/blog di mata search engine dan pengunjung karena tidak semua website memiliki sitelinks di hasil pencarian.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sitelinks Google?

Seperti yang telah disebutkan di atas, tidak semua website memiliki sitelinks yg ditampilkan di hasil pencarian Google. Perlu digarisbawahi pula, bahwa Google pun tidak menyatakan secara terang-terangan bagaimana algoritma-nya bekerja dalam menentukan sitelinks. Oleh karena itu, poin-poin di bawah ini adalah sebuah usaha saya untuk menerjemahkan pengalaman dalam mendapatkan sitelinks, baik dari pengalaman orang-orang, maupun pengalaman dan analisa saya sendiri.
1. Kekuatan website dan sitelinks adalah ketika website tersebut memiliki jumlah backlink yg signifikan sehingga visibilitas dan autoritasnya tinggi.
2. Ada analisa lain pula yg cukup penting, yaitu branding. Melihat beberapa sitelinks website-website yg dimunculkan di search result, kebanyakan memiliki identitas yg unik dan merupakan brand dari website tersebut. Dapat disimpulkan bahwa sitelinks erat dengan bagaimana kita membuat anchor text dan url. Anchor text yg terlalu generic, atau hanya mengandalkan keyword yg dioptimasikan, justru memiliki kelemahan karena tidak memiliki identitas khusus. Hal ini saya buktikan setelah saya mengoptimasikan "buka rahasia blogspot" sebagai nama unik blog ini, justru otoritas sitelinks semakin kuat. Jadi, setelah anda mengoptimasi website dengan keyword yg dibidik, jagan lupa mengoptimasinya dengan nama unik yg telah dibuat sesuai dengan nama website (url).
3. Stabilitas keyword di hasil pencarian memiliki pengaruh besar. Saya lihat, rata-rata sitelinks memiliki keyword yg sangat melekat dengan website tersebut, yg berarti optimasi link dan keyword sangat kuat. Upayakan untuk terus memperkuat keyword tersebut dengan link building hingga akhirnya keyword tersebut melekat dan menjadi nama identik bagi website.
4. Struktur halaman sangat berpengaruh. Navigasi utama adalah sitelinks penting di dalam website. Gunakan menu-menu yg terstruktur dengan baik dan dapat dibaca dengan baik pula oleh spider. Hindari penggunaan navigasi yg banyak mengandung javascript. Anda dapat menggunakan menu-navigasi dengan struktur HTML untuk mendukung sitelinks website, misalnya:
Menu Horizontal Tabs Sederhana
2 Super Vertical CSS Menu
CSS Horizontal Menu - Stripped Red
CSS Horizontal Menu - Simple Black
CSS Horizontal Menu with 3D Button
dll.
5. Khusus untuk blog Blogger, hindari penggunaan label sebagai bagian utama menu. Gunakan halaman posting atau halaman statis dan pasang url serta anchor textnya, buat kumpulan posting atau sejenisnya. Ini karena Google tidak mengindeks url / link label.
6. Buat anchor text yang deskriptif, jelas, namun singkat. Hindari pengulangan kata.
7. Upayakan untuk terus meningkatkan SEO pada link-link halaman utama/penting hingga mendapat visibilitas yg tinggi di mata search engine.
8. Kekuatan dalam SERP berpengaruh, semakin besar CTR (click through rate) yg menuju website/blog, semakin besar kemungkinan mendapatkan sitelinks.
9.Relevansi meta data di dalam meta tags pun berpengaruh. Gunakan title website/blog yg mengandung keyword (brand) yg sedang dioptimasikan. Susun kembali meta description sebaik mungkin sehingga memiliki keterkaitan dengan nama dan isi website/blog.

Last but not least, happy Blogging!


mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com
Regards,

Google Sitelinks: Apa & Cara Mendapatkan-nya
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 68 Comment(s):

Becks said...

salam.
Kemarin, ketika saya buka blog saya, dengan mengetikkan alamat lengkapnya di kotak pencarian google, tanpa pendahuluan www atau http, ketika selesai saya melihat ada 6 link lagi dibawahnya, apakah itu memang yang dimaksud dengan sitelink..?? dan kebetulan hari ini saya baca tentang sitelink disini, jadi saya sempatkan untuk bertanya, karena saya kurang yakin untuk blog seperti blog saya mendapatkan sitelink dari google..!!

Tukang Pos said...

Oke, blog Saya sudah beberapa kali kecantol Google dan tepat mengenai keyword yang sesuai.
Cuma ya itu. Belum punya pagerank. hehe...

Ahmad Khoirul Azmee said...

@becks: yup itu sitelinks :D Sitelinks pada sebuah website memiliki kekuatan sendiri2 terhadap keywords. jika anda mengetikkan url dan muncul sitelinks, maka itu adalah awal. coba perkuat dengan identitas/keyword yg lain agar blog lebih kuat dalam keyword yg lain (tanpa mengandung url0 sehingga sitelinks tidak hanya dimunculkan pada url/nama domain saja sebagai keyword pencarian.

Becks said...

salam.
wah saran yang bagus tuh mas, yang masalah pada blog saya adalah karena saya jarang buat postingan, tapi sekarang sudah mencoba untuk byk menulis dengan adanya motivasi dari sitelink awal tersebut. thank,s mas atas sarannya.
salam.

Becks said...

salam.
Datang lagi Kang, untuk mengucapkan trima kasih, karena setelah mengikuti sarannya kemarin, dengan menambahkan/memperkuat keyword, blog saya dapat sitelink tanpa menuliskan domain di belakang alamat blog aku, tapi sitelinknya cuma empat, klw lengkap Url-nya, sitelinknya ada 6, sudah ada kemajuan klw begitu ya kang..??
salam.

Ahmad Khoirul Azmee said...

@becks: yup sama-sama. berarti sudah ada progress dan peningkatan kualitas sitelinks. tetap jaga navigasi dan tingkatkan strukturnya serta perkuat halaman-halaman penting. congrats! :D

@Loker: yup mari tetap bersemangat blogging secara sehat :-)

Wibowo Amir Syachputra said...

nice inpo gan

btw kalau untuk web perusahaan apa bisa diterapakan gan....????

mohon pencerahannya gan, soalnya ane lagi buat web untuk usaha kecil ane :D

thank's sebelomnya gan

Ahmad Khoirul Azmee said...

bisa dan justru sitelinks sangat penting untuk website, jauh lebih penting daripada sitelinks blog. karena dengan adanya sitelink customer dapat dengan mudah mendapatkan navigasi ke berbagai jenis halaman layanan. yg saya maksud tentunya sitelinks di web & jg sitelinks di hasil pencarian Google. contoh yg lebih jelas silahkan mas mencoba ketik keyword "bni" di google, dan begitulah kira2 nilai pentingnya.
untuk membuat sitelinks caranya sama saja, buat menu navigasi pasang link2 yg penting serta berkaitan erat dengan web & memudahkan pengunjung. sitelink sebenarnya bisa dimana aja asalakan punya struktur, biasanya dalam bentuk list baik horizontal maupun vertikal. struktur html biasanya adalah HTML list. jika web sobat adalah blogger, bisa coba menu2 di atas. jika wordpress (self-hosted), silahkan cari theme atau plugin menu.

Direktori Blog Indonesia said...

Ada juga info bahwa Google juga tidak akan menampilkan sitelink sebelum suatu website atau blog memiliki struktrur yang Google friendly dan menduduki peringkat teratas Google minimal dengan judul websitenya sendiri. Apa betul begitu gan?

Atjeh ONLine™ said...

Terimakasih..sangat bermanfaat..

idebagus said...

makasih ya gan!!
biarpun rumit.. demi sitelink ane akan lakukan.. hehehe

Blog Internet Tutorial said...

artikelnya sangat bermanfaat bagi saya :)
terimakasih banyak

Berbagi Kreativitas said...

Untuk agan sendiri kenapa belum buat? atau emang belum jadi..?? :D, udah coba buat tapi untuk preview tampilannya belum keliatan. hmm ada yang bilang butuh 5-10 bulan baru bisa jalan, menurut agan bagaimana?

Ahmad Khoirul Azmee said...

belum buat bagaimana maksudnya ya? Google sitelinks kan yg buat Google sendiri. Silakan cek Gooogle dengan keyword: buka rahasia, buka rahasia blog, buka rahasia blogspot, atau url http://buka-rahasia.blogspot.com. ada beberapa perbedaan di hasilnya. tampilan2 seperti itu disebut google sitelinks utk sebuah website.

Arif Pri said...

mantab infonya gan , sitelink dari google memang kebanggaaan tersendiri bagi blogger pemula seperti saya ini..

Backlink otomatis said...

blogwalking

Arip Hertanto said...

Top abis gan... Mantaffff...

mechat said...

mantaap. jadi tertarik nih. di tunggu kunjungannya ya. makasih juga infonya

free download software said...

manteb dah infonya, buat saya yang masih newbie....
di tunggu kunjungannya ya....

Dzakiron said...

Alhamdulillah, blog sekolah saya di http://sdntanggeran.blogspot.com/ sudah memperolehnya. Baru saja sy coba akses via google jumlahnya enam. Kalau tidak salah dulu cuma empat. Lumayan untuk ukuran blog dari sekolah pinggiran (juga untuk adminnya yang masih pemula). Trm kasih untuk tutorialnya. Sangat bermanfaat

Cara Aqiqah said...

dulu saya juga tertarik untuk bikin site link yang di sebutkan di atas ituk tapi ngak bisa bisa,
eh gak taunya habis baca artikel saya coba googling webisite jualan saya. eh ternyata sitelink nya udah jadi, walau gak saya apa apain tuh.

Pramuka Smanab said...

Kemarin sempat tak search di google pake keyword Pramuka Smanab ternyata ada 6 sitelink. anehnya semua sitelink merupakan link not found yang udah dihapus.
hari berikutnya tak cek lagi pake google ternyata udah ga ada lagi sampe sekarang.

mohon bantu dijelaskan apa masalahnya ni???

Fazri said...

alhamdulilah saya juga sudah dapet site linknya setelah mendaftar di webmastertools. 1 minggu langsung jadi. hehe

science manga said...

punyaku " biografiart " udah ada sitelinknya tapi yang satunya belum pedahal yang biografiart itu buwatnya belakangan kira-kira apanya yach om yang salah pedahal optimasina berbarengan...

Tips Simple said...

sulit banget sepertinya untuk memperoleh sitelinbk google nih..

Fauzan maulana said...

terima kasih ya atas informasinya yang sangat membangun. Masih ada g cara yang lebih praktis dan bisa mendorong traffik lebih baik....
www.pmisidrap.co.cc

Juniantobara said...

info yang menarik, dulu saya pernah dapatkan google sitelink, tapi skearang sudah tidak lagi..

Putra patiwara said...

Check Blog Sya Ya mAs Bro ' bnyak infp-info blog yang perlu anda ketahui .
CHECK TKP ??? http://putrapatiwara.blogspot.com/
THN'S

inspirasiku-iq said...

masih belum jelas nih kang ,tapi saya akan coba ..

Pecinta scooter tanah sunda said...

selamet siang...mas brow saya mau jualan obat terlihat oleh banyak orang lewat blog gimana caranya?
http://obat-herbal.rumahxamthone.com
http://rumahxamthone.com

Tim Work MKI said...

sepertinya menarik boleh dicoba nih,..makasih bang azmi

sundaboy said...

keren banget gan, tengkyu

BLOG DOFOLLOW | FULL BACKLINK said...

OH, begitu ya.... Terima kasih infonya gan,,,

aradsa said...

wah makasih tipsnya , kebetulan baru belajar bikin blog, jadi nyari2 tips buat dapatin site link

Alat-alat cuci steam said...

liat blog saya ugha y.
http://alatcucihidrolik.com

edipurwanto said...

makasih tipnya gan

uinsuska said...

info yang sangat menarik

MILITARY TECH said...

Sitelink ane hilang bang, ane nggak ngapa-ngapain cuma rombak ulang semua label artikel dan mengganti beberapa keyword yang ane anggap nggak jelas. Ya mungkin krn itu...

Fuji Agung said...

berarti masih perlu banyak usaha untuk seorang blogger pemula seperti saya untuk mendapatkan google sitelink,...

mesti banyak bersabar dulu hehe

modem telkomsel flash said...

ini yang saya cari-cari dari kemaren....
terima kasih ilmunya....

Raffkhan said...

Sudah di lihat di Google tapi sepertinya blog saya tak ada sitelinknya :(

Coretan Semenanjung Anak Pulau said...

Wah baru tau neh ternyata Google site link yang kayak gitu, hem sayang blog aku belum memiliki site link he,he,

Jaka Bohemian said...

gan maap repotin, mohon cek blog saya gan kok ada orang copas artikel blog saya di search engine mereka malah diatas saya ya? mohon bantuannya

Blogger Galau said...

mantap gan infonya,,, kapan ya blog ane bisa dapat site link google.... :D
yang mau tukar link, silakan :)

Toko Online said...

Ngeri ane gan bacanya, sepertiny memang harus kerja keras nih. makasih ya gan

jasa penulis artikel said...

nah, ini yang kudu punya
memang benar, kalo situsnya rame pasti dapet sitelink

Bisnis Pulsa said...

tipsnya menarik Boss..
Makasih udah share info yang berguna.

bisnis dan motivasi said...

Thanks mas bro..artikelnya maknyuuusss..

TargetBlank said...

Nice Info.. Semoga dalam waktu dekan, saya mendapatkan Site link... Terima kasih masukan dan informasinya

Mangapow | Baca Manga Online said...

artikel yg patut diacungi banyak jempol serta tampilan blog yg sangat serasi dengan tampilan artikel, sungguh membuat pengunjung betah berlama lama disini dan tak heran juga blog ini selalu dibanjiri banyak pengunjung...


#Salam Sehat Selalu

oh iya sob, jangan lupa follow balik ya :)

FAEDAH JAYA said...

Wah ilmu baru nie, Sangat bermanfaat gan tutorialnya.. Makasih

Ahmad Burhani Subhan said...

matur nuwun terima kasih mas informasinya ya...maaf saya permisi...kapan-kapan mampir ya mas...

wisanto said...

Thanks.

Fachrul Akbar Tirtawidjaja said...

kang ahmad:
ko yang saya site link nya cuma dua sih...
mohon pencerahannya di http://blog-fachrul.blogspot.com

Yohooho said...

Mohon pencerahan suhu.
untuk point ke 5 . mengenai halaman posting atau halaman statis. Itu cara buatnya bagaimana ?
apakah sama seperti menu navigasi ( women, men, tips, healthy ) pada website saya www.yohooho.com ??

Terima Kasih.

Ahmad Khoirul Azmi said...

Maksudnya daripada menggunakan label untuk mengelopmpokkan posting, gunakan saja halaman posting atau halaman statis (pages) dan isi dengan daftar isi posting yang ingin dikelompokkan. lalu pasang URL halaman tersebut ke menu

Fauzi Ramadhan said...

sekarang sudah benar-benar paham, tidak tagu benar atau gaknya.. tapi terima kasih mas Azmi sudah memposting artikel yang sangat bermanfaat ini

Auriga Maulana Khasan said...

Mas, yang didemosikan itu link yang nantinya supaya terlihat disitelink apa yang justru jangan ditampilkan ketika mendapatkan sitelink?

kira-kira masukan yang tepat apa untuk link yang ingin didemosikan?

sya dulu malah memasukkan url aurigamaulana.blogspot.com

apakah itu pilihan yang salah?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Itu untuk menghapus dari sitelink. Halaman utama jangan di hapus, kalo sudah terlanjur dan cuma sekali mungkin google akan mengabaikan. Hapus link2 yang bukan halaman utama, atau bukan halaman penting.

Auriga Maulana Khasan said...

Saya masih bingung.
Fungsi dicantumkan ke demosi kan untuk menghapus dari sitelink. Apa halaman utama tidak penting mas kok didemosi?

Kemudian hapus link2 halaman yang tidak penting. Ini berarti kita mendemosikan url yang gak penting2 gitu mas? kita masukkan ke kotak demosi itu?

Kalau artikelnya penting semua berarti cuma link aurigamaulana[.]blogspot[.]com mas yang dimasukkan ke demosi?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Yang saya maksud halaman utama adalah homepage, dan jangan dihapus.
Link2 yang tidak penting itu bukan berarti tidak penting untuk pengunjung, tapi tidak penting untuk dijadikan sitelinks, misalnya halaman contact, privacy, atau halaman-halaman post yang tidak perlu ditampilkan di sitelinks, sehingga kemudian Google mempertimbangkan halaman lain yang lebih penting untuk dijadikan sitelink.

Auriga Maulana Khasan said...

Hehehe, apa gara-gara saya masukkan homepage ya sitelink saya jadi hilang.
Mas, keluar dari topik. blog saya kan justify. tapi judulnya ikut justify pula. untuk membuat judul rata kiri bagaimana? bingung

Ahmad Khoirul Azmi said...

Sudah saya balas di artikel anda tentang conditional sentence.

hanungb said...

wah sangat membantuuuuuu :)

heriyanto saputra mandala said...

wah ternyata begitu yah mas ahmad, berarti klo dapat sitelink kayak dapat anugrah gitu yah mas. saya baru aja dua hari yang lalu dapat sitelinks, meskipun cuman halaman staticpage saja dan jumlahnya cuma 2 hehe. makasih mas atas informasinya :D

Rachmat Tubagus said...

Sitelink blog saya sering hilang muncul. mohon penjelasannya. terima kasih tipsnya, saya akan mencoba mengaplikasikannya

Amang Berangas said...

terima kasih atas TIPS SITE LINK nya mas.

Kelupas Com said...

Bagus artikel nya kang, saya juga lagi usaha buat nampilin site link web aku...

salam
kelupas.com

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap